Pug 306 N5

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pug 306 N5

Post by JESKONENG »

FortunerMan wrote:Mesin kondisi prima adalah yg bisa dihandalkan untuk operasional harian tanpa masalah - tarikan masih enak dalam range performance yg masuk akal, nggak harus 18,6 :mrgreen:
setuju om ! ciri2 fisiknya : enggak ada rembesan apalagi tetesan oli dari cyl head/cyl block/crankcase mesin, semua fungsi lampu peringatan di dasbor masih normal (terutama engine check), suara mesin halus dan mesin tidak mudah overheat, tapi jugak jangan terjadi overcooling oleh sistem engine cooling yg dijumper sehingga high speed fan menyala sejak mesin nyala...

18,6 dtk itu adalah standar yg digembor2kan oleh owner EBA (mobil2 garapannya ada yg mencapai 17 detik-an, dan mobil dia sendiri, 306 dengan engine XU10 2000cc mencapai 16,2 detik)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pug 306 N5

Post by JESKONENG »

sejak event internal komunitas Pug yaitu Pug Fun Drag (PFD), November 2011 y.l. si om Hadi Taruna owner EBA slalu ngompor2in aku : "Om, mobil om ini kondisinya oke loh.. pasti bisa mencapai 18,5 dtk"... lalu hanya sehari seblum acara kejurnas drag race kmaren, mobil kubawa ke EBA utk disiap2in (seblumnya saringan tengah knalpot sudah diilangin oleh om Hadi Taruna).. dan memang omongan si boss EBA itu cukup terbukti sih...

sebagai gambaran, dari 40-an mobil 306 peserta PFD, mayoritas mencatat waktu di atas 20-an detik... hanya ada 8 mobil yg mencatat di bawah 20 dtk, dan dari 8 mobil itu (termsk mobilku), ada 3 mobil yg "non-std" yaitu udah Port 'n' polished, ada yg ganti custom cam, dan modded valves, dan engine swap dng mesin XU10 yg 2000cc...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
FortunerMan

Re: Pug 306 N5

Post by FortunerMan »

JESKONENG wrote:artinya std : non Port 'n' Polishing dan non custom camshaft dan non custom valve, om.... kalok cuma by-pass sistem engine coolilng dan borosin supply bbm itu mah trick yg biasa dilakukan peserta drag, termasuk copot bangku blakang, dan bumper blakang (aku gak sampai copot bumper sih)...
Kalo saya standar ya standar - keluar dr pabrik/spesifikasi pabrik. Dimana mana pun arti standar ya itu - tidak ada bypass, tidak ada macem2in ECU. Kalo bikin definisi sendiri ya silahkan, negara bebas kok :mrgreen:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Pug 306 N5

Post by Nightster Guy »

Definisi 'standar' nya om Jes versi anak drag om FM.... :mky_01:

Ane duluuuuuuuu juga ngedrag liar dan resmi di Manado, definisi bebas 'kondisi standar' ala anak drag, AFAIK CMIIW adalah:

- Jeroan blok dan jeroan head gak diganti
- P and P, 3 angle valve jobs, kalibrasi clearance piston dan bobot antar piston, kalibrasi kruk as, custom dial cam, semua poin itu allowed
- Pemasok BBM bawaannya masih sesuai penampakan bawaan (mobil karbu) dan enjin management OEM (injeksyen)
- Apgred jeroan drivetrain (kopling), sistem pengapian, exhaust, dan FG allowed.

Semua poin di atas dijalanin, masih dibilang estede mah ama anak drag wkwkwkwkw wonk yang jeroan utama macem klep, piston, setang, cam, pemasok BBM, dll masih bawaan.

Perspektif anda ber 2 gak sama, makanya gak ketemu. Sama2 bener dari pandangan masing2. :)
Das Beste oder nichts.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pug 306 N5

Post by DOHC »

mirip2 ajang di sentul donk om gay...

yg ane tau sehh kelas N/A gt, musti pake enjin blok ampe jeroan std pabrikan, kaga bole diganti aftermarket punya... mreka cuman bole maen di settingan management mesin, suspensi dan exhaust doank...

btw, ntuh waktu turun di drag race jaman dl itu, om gay pasang boneka imut2 dan unyu gt ga di mobil nya ??... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Pug 306 N5

Post by Nightster Guy »

:big_smoking:

Boneka luwak mods..........................

:big_weee:

Jaman masih kere sok ngedrag (sekarang juga masih rada kere kok), jadinya gitu dah. Gak mampu beli Weber IDF (Espass cocoknya IDF doank) jadinya ngobok2 jeroan karbu dah pake spuyer kit buat jip FJ. Header bikin di bengkel abal2. Koil Crane Cams PS92 minjem. Kabel busi Blue Thunder kudu nabung mati2an, busi Beru (lagi top2nya Beru).

Gak kenal jaman itu '3 angle valve jobs' adanya cuman skir klep, ane bantuin si mekanik sampe subuh 'memilin2-klep-di-head-silinder-entah-maksudnya-buat-apa-sih' wkwkwkwkwwk........ CDI kudu nyabut dari Espass CDI temen (rela dia mobilnya gak jalan 2 hari wkwkwkwkw....), kalo platina jamin jebol dah.

Oli Fina 10W-40, dapetnya super susah di Manado belasan taun lalu kudu order 2 bulan (sekalian nabung dulu).

:mky_03:

Tuas persneling dipotong 10 cm (biar 'QUICK SHIFT') :wkkk: Belakang pake adaptor ganti ke PCD 114 nya Kijang biar bisa pake velg OEM Maestro ban 195 (biar gak spin karena output power kan 'udah gede' BWUAAAAAAAHAHAHAHAHAHA.........)

Yang parah, salah kaprah bin ngawur, oli di mesin dikurangin seperempat, di gardan dikurangin setengah, kata mekanik 'biar enteng'.

:big_slap:

Satu lagi, biar bobot makin enteng, cabut pintu samping tengah dan belakang. Kapok dah, nyabutnya gampang, masangnya lagi mo nangis setengah hari baru beres dan udah 'lari' gak presisi lagi. Bumper belakang dan semua jok cabut juga.

Gak lupa, KHAS jaman jadul/anak daerah ngedrag/balap, headlamp disilang pake lakban kertas, mangsudnya apaaaaaa coba?!?! Biar kesan 'racing' makin menguat, pake net Sparco abal.

:wkkk:

Maaf2 curcol dikit di trid Pug, senyum2 sendiri kalo inget jaman susah tapi sok ngeksis gitu.
Last edited by Nightster Guy on Sun Jun 10, 2012 12:49, edited 1 time in total.
Das Beste oder nichts.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pug 306 N5

Post by DOHC »

mengenai oli meisn di kurangin seperempat dipstick itu ga spenuh nya salah lohh... beberapa komunitas otomotif aja menyarankan cara tsb malah... asal sering2 dicek aja... tapi kalo gardan perseneling stengah doank sehhh jelas itu bunuh diri namanya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Pug 306 N5

Post by Nightster Guy »

Yang mesin, seperempat dari total kapasitas sesuai buku manual, mods. Ngerinya sih 1, kalo salah takar/salah ngira2 ketinggian oli di karter, si bandul kruk as takutnya gak mampu 'menciduk' si oli, mods. Gak terlumasinlah si dinding silinder.

Yah, namanya juga balap kagak pake mikir bwuahahahaha....... Yang penting kenceng dululah, jebol belakangan.

Terbukti, si Espass dijual dalam kondisi ngebul asap putih. :big_slap:

Ada kejadian, temennya temen girboksnya pecah mods, gara2 roda gilanya pecah karena terlalu tipis dibubut kali yak? Potongan roda gilanya mencelat keluar menembus rumah girboks. Bused. Itulah kalo pake trik tanpa disertain skill/pengetahuan mekanik yang memadai.
Das Beste oder nichts.
FortunerMan

Re: Pug 306 N5

Post by FortunerMan »

Nightster Guy wrote:Definisi 'standar' nya om Jes versi anak drag om FM.... :mky_01:

Ane duluuuuuuuu juga ngedrag liar dan resmi di Manado, definisi bebas 'kondisi standar' ala anak drag, AFAIK CMIIW adalah:

- Jeroan blok dan jeroan head gak diganti
- P and P, 3 angle valve jobs, kalibrasi clearance piston dan bobot antar piston, kalibrasi kruk as, custom dial cam, semua poin itu allowed
- Pemasok BBM bawaannya masih sesuai penampakan bawaan (mobil karbu) dan enjin management OEM (injeksyen)
- Apgred jeroan drivetrain (kopling), sistem pengapian, exhaust, dan FG allowed.

Semua poin di atas dijalanin, masih dibilang estede mah ama anak drag wkwkwkwkw wonk yang jeroan utama macem klep, piston, setang, cam, pemasok BBM, dll masih bawaan.

Perspektif anda ber 2 gak sama, makanya gak ketemu. Sama2 bener dari pandangan masing2. :)
Definisi standard anak drag Peugeot ama definisi standard Manado aja udah lain - karena emang bukan definisi "standar" yg bener, alias definisi sendiri2 aja. Bedanya om NG jelas, ini "standar" versi anak drag Manado.

Kalo bikin pernyataan - mobil saya bisa 18,6 detik STANDAR TING-TING - dan gak takut kalah ama mobil2 taun sekarang....yahhhh ntah nipu diri atau menghibur diri namanya. Akhirnya semua jelas
- lawannya harus 1500 cc
- kondisi mobil lawan gak tau
- skill driver gak tau
- "standar"nya adalah standar anak drag Peugeot :mrgreen:
JESKONENG wrote:soal akselerasi sudah terbukti bisa mencatat 18,6 dtk utk 402m (spec mesin standar ting-ting)
Statement aslinya begitu - makanya saya kasi angka2 0-402m mobil2 jaman sekarang - dimana 306 dapat dilibas dengan mudah. Kalo ada yg bilang perawan ting-ting...ehhhh...taunya perawan versi lokalisasi....ya suseh... wkwkwkwkwk
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pug 306 N5

Post by asudarsono »

Emang regulasi setiap tahun bisa berubah, tapi selama di lingkungan IMI, secara nasional akan sama. Berdasar skrut di seri I kejurnas drag 2012 di Sentul, mobil om Jes ini standard ting-ting.

Mau protes silahkan, tapi bayar dulu ke IMI sono.
Ready to Race
FortunerMan

Re: Pug 306 N5

Post by FortunerMan »

asudarsono wrote:Emang regulasi setiap tahun bisa berubah, tapi selama di lingkungan IMI, secara nasional akan sama. Berdasar skrut di seri I kejurnas drag 2012 di Sentul, mobil om Jes ini standard ting-ting.

Mau protes silahkan, tapi bayar dulu ke IMI sono.
Itu gunanya diperjelas, standar drag race, bukan standar dalam arti umum. Belajar baca yg bener asu darsono :mrgreen:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pug 306 N5

Post by asudarsono »

Halah, alesan
Ready to Race
FortunerMan

Re: Pug 306 N5

Post by FortunerMan »

asudarsono wrote:Halah, alesan
Halah, asu darsono kepergok lagi :mrgreen:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pug 306 N5

Post by VanzMatic »

Master Espass barusan mengeluarkan elmu nya...

Menyimak... menyimak...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Pug 306 N5

Post by dieselkiki »

hail to om om di atas. ramein tretnya....
beneran kalo gak ada anda anda sepi bgt sm ini :upss:
- faith humanity freedom -
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pug 306 N5

Post by JESKONENG »

ngikutin bahasan di thread2 Pajero Sport & Captiva Diesel, kok jadi pingin punya salah satu ... Kayaknya suspensi lebih nyaman Captiva Diesel ya.. kalok kapan2 ada rejeki, kemungkinan besar beli CD atau PS .. hehehe.... dan bbm nya enggak susah, walau pake solar busuk, akan tertolong oleh Norival Diesel ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pug 306 N5

Post by htannis »

FortunerMan wrote:1997 BMW 528i (Auto) 0-60 mph 7.4 Quarter mile (0-402m) 15.6 http://www.zeroto60times.com/BMW-Bimmer ... Times.html
:e-whistle:
Thx infonya bro fm, ane jadi tau, ps dakar bisa nyaingin bmw 528i 1997
Image
:e-whistle:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pug 306 N5

Post by asudarsono »

Pajero Sport di jalur lurus emang kenceng, om. Dulu pernah dibuktikan bisa 200 kpj.

Saya sampai suka lupa kalau ini mobil diesel.
Ready to Race
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pug 306 N5

Post by JESKONENG »

asudarsono wrote:Pajero Sport di jalur lurus emang kenceng, om. Dulu pernah dibuktikan bisa 200 kpj.

Saya sampai suka lupa kalau ini mobil diesel.
dan utk upgrade performa mobil diesel kayaknya gak ribet2 amat .. cukup tutup EGR, pasang piggyback (ada yg abal2 tapi sakti), pasang air filter K&N element replacement, pake Norival Diesel (dosis 1 ml utk 15 liter solar).. beres, mobil jadi kuenceng....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
FortunerMan

Re: Pug 306 N5

Post by FortunerMan »

htannis wrote:
FortunerMan wrote:1997 BMW 528i (Auto) 0-60 mph 7.4 Quarter mile (0-402m) 15.6 http://www.zeroto60times.com/BMW-Bimmer ... Times.html
:e-whistle:
Thx infonya bro fm, ane jadi tau, ps dakar bisa nyaingin bmw 528i 1997
Image
:e-whistle:
nyaingin? disuruh belok dikit jungkir balik tuh PS :wkkk: Angka dari publikasi resmi mana itu :mrgreen: ...
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pug 306 N5

Post by JESKONENG »

mgkn PS perlu lowering kit utk menambah kestabilan saat menikung
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pug 306 N5

Post by asudarsono »

Pakai doa aja om
Ready to Race
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pug 306 N5

Post by VanzMatic »

Begitulah kira2 yang terjadi disini....

Mobil power gede, dikirana pasti juga bisa langsung hajar gas pol..lupak kalo itu mobil tinggi. Dikiranya pasti stabil yak?! :mky_03:
Ilmu darimana lagi itu, mobil tinggi besar bisa stabil?

Overpedenya persis ama Avania user, yang banggain setengah semaput ampe ujung langit, apanjasinia nya bisa tembus 160kpj.. :mky_03: :mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pug 306 N5

Post by JESKONENG »

kalok PS pake lowering kit, mgkn bisa lebih stabil di tikungan.. moga ada review dari pengguna PS yg pake lowering kit ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Pug 306 N5

Post by JESKONENG »

btw, udah duamingguan ini ada masalah di SS1 :

- jarum indikator spido, tacho, volume tanki bbm, dan angka2 odometer sering tiba2 mati alias menunjuk angka nol... lalu setelah beberapa saat, kembali normal...

- pintu kanan depan bermasalah : pake kunci dari luar mobil, enggak bisa membuka atau mengunci... bisanya harus dari pintu kiri depan....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999