Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
HuGo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Aug 08, 2011 7:31

Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by HuGo »

Dear rekan-rekan SM-ers, saya mau nanya nih tentang VW Beetle (kodok) klasik karena ada rencana beli dalam waktu dekat ini.
1. Untuk yang beredar di Indonesia yang setir kanan ada berapa tipe ya, apa ciri khusus, perbedaan dan tahun beredar dari setiap tipe tsb?
2. Gimana untuk perawatannya, biaya, bengkel dan ketersediaan spare part-nya? Kata sorang teman VW kodok mesinnya agak rewel karena sudah tua dan rentan overheat, tapi ada yang lain bilang mesinnya awet dan gampang perawatannya karena masih sederhana. Gimana menurut rekan-rekan yang lain? :ungg:
3. Kira-kira berapa ya dana yang dibutuhkan untuk dapetin VW Kodok dengan kondisi layak jalan (surat-surat hidup, mesin sehat, body ga keropos, interior ga berantakan) plus perbaikan-perbaikannya?
4. Saya belum pernah punya ataupun ngerawat mobil sediri, layak ga VW ini jadi mobil pertama saya? (saya kurang paham masalah mesin sih, sebelumnya cuma pake motor n service di bengkel resmi sesuai jadwal aja :big_slap: )
Demikian pertanyaan saya, mohon bantuannya ya. :big_peace:
Thanks
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by doq »

vw beetle sebagai kendaraan pertama yg mana calon pemakai nya kurang paham masalah mesin?
wahhh.......imho lebih baik balik kanan aja oom, imho bakal mentok nanti nya dalam ngerawat karena vw itu mesin nya berbeda dengan kebanyakan kendaraan jepang. bukan nakutin ya, hanya berusaha memberi pandangan realistis aja menurut saya :ungg:
kecuali klo sebagai kendaraan ke 2 atau ke 3 dst dst mungkin gpp

other than that, mesin nya potential buanget utk digali kemampuan nya.......klo ga salah inget ada salah satu mods kita yg pernah diasepin beetle saat lagi ngebut 200kph :upss: :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
Welly2008
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Welly2008 »

Betul kata om Doq.
VW kodok termasuk mobil hoby, jadi pemiliknya harus punya waktu lebih utk merawat mobil ini.
Coba gabung di komunitasnya bro, atau bisa baca2 dulu di forum sebelah ( k*s**s).

Memang nih mobil kalo sudah dirapihin...Gaul banget, nggak kalah dg mbl baru. :mky_04:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

HuGo wrote:- CUT -

1. Untuk yang beredar di Indonesia yang setir kanan ada berapa tipe ya, apa ciri khusus, perbedaan dan tahun beredar dari setiap tipe tsb?
Om, dari taun 40an akir si Beetle ini udah beredar, yang kaca belakang pisah 2 alias split window. Itu '49-'53. Lalu oval window (kaca belakangnya) yang '53-'57. Lalu periode 60an masuk tipe 1200, 1300, 1302, 1303, 1302LS, 1500, Super beetle, dll.

Berapa tipenya kurang jelas saya om. Banyak. Ciri kusus hafal sepintas2 aja, yang pasti fisik luarnya obvious kok antara tipe2 itu. Maaf gak mendetail, akan sangat amat panjang.
HuGo wrote:2. Gimana untuk perawatannya, biaya, bengkel dan ketersediaan spare part-nya? Kata sorang teman VW kodok mesinnya agak rewel karena sudah tua dan rentan overheat, tapi ada yang lain bilang mesinnya awet dan gampang perawatannya karena masih sederhana. Gimana menurut rekan-rekan yang lain? :ungg:
- Perawatan? Kalo udah direbuilt total, VW ini bandel mesinnya, simpel meliharanya.
- Biaya? Relatif. Ini bicara mobil hobi bro. The sky is the limit. :)
- Bengkel? Tergantung domisili anda. Kota2 besar di Jawa gak masalah, ada aja bengkel spesialis VW.
- Parts? Sama dengan jawaban di atas. Untuk spare parts bodi dan interior aja yang agak sulit. Kalo bodi dan kaki dan elektrikal gak terlalu masalah.
HuGo wrote:3. Kira-kira berapa ya dana yang dibutuhkan untuk dapetin VW Kodok dengan kondisi layak jalan (surat-surat hidup, mesin sehat, body ga keropos, interior ga berantakan) plus perbaikan-perbaikannya?
Sekitar 50 juta uda dapet Beetle 1303 kondisi layak jalan, dan sesuai deskripsi anda kurang lebihnya. Tapi MASIH JAUH dari kondisi layak event hehehe....

Bro, Beetle ini amat sangat gelap. 30an juta pun ada, nyaris 300 juta pun ada (biaya resto total, no hoax). Ini 30 vs 300 bicara sama2 bisa jalan dan sama2 bersurat.
HuGo wrote:4. Saya belum pernah punya ataupun ngerawat mobil sediri, layak ga VW ini jadi mobil pertama saya? (saya kurang paham masalah mesin sih, sebelumnya cuma pake motor n service di bengkel resmi sesuai jadwal aja :big_slap: )
Demikian pertanyaan saya, mohon bantuannya ya. :big_peace:
Thanks
TIDAK LAYAK. :) Kecuali anda punya maximum effort untuk biaya, tenaga, waktu, emosi, passion, dedikasi. Banyak kok kejadian orang yang melihara mobil berkategori hobi sebagai mobil pertamanya lalu putus asa dan rontok di tengah jalan. Ujung2nya trauma, kapok, dan sinis terhadap mobil klasik.
Das Beste oder nichts.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by asudarsono »

Kalau mau punya mobil klasik, jangan dijual sepeda motornya ya. Karena dijamin 6 bulan pertama akan masalah terus. Karena sering mogok, harus selalu bawa tali tambang dan jumper kabel. Nanti berguna, tinggal cegat pickup lewat, kasih duit buat tarik mobil ke bengkel.

Dalam mencari, yang paling hrs diperhatikan kelengkapan interiornya, karenawalau pun ada yg jual, pernak pernik itu harganya mahal sekali. Mesin dan bodi gampang banget, banyak yg jual.

Sebetulnya saya juga ragu, mungkin TS apa nggak sebaiknya lebih mempersiapkan diri. Tapi kalau TS menang sudah bulat niatnya, kenapa tidak? Kodok bukan mobil yg sulit. Saya dulu sering bongkar mesinnya sendiri.
Ready to Race
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

:wkkk:

'DIJAMIN 6 bulan pertama masalah terus'. Yup, soal berapa bulan sih relatif IMO. Tapi soal masalah terus, BENAR. Adaaaaa aja. Diperbaikin sini, besoknya sana rusak. Benahin sana, eh lusanya situ rusak.

Tapi kalo uda 'kenal' ama maunya mobil klasik itu dan mobil itu uda jadi, well, imaji pake mobil klasik terawat dan mulus akan dapet apresiasi maksimum dari audiens, yang gak akan anda dapet kalo naek (misalnya) Jazz kinyis2 berumur sehari sekalipun. :)

Sekarang kembali ke TS. Siap gak mental, dedikasi, emosi, dompet, waktu, dan tenaga anda?

Perlu saya tanya berulang2 karena jujur aja, dalam pandangan saya, ini lompatan ekstrim bagi anda.
Das Beste oder nichts.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by doq »

Nightster Guy wrote::wkkk:

'DIJAMIN 6 bulan pertama masalah terus'. Yup, soal berapa bulan sih relatif IMO. Tapi soal masalah terus, BENAR. Adaaaaa aja. Diperbaikin sini, besoknya sana rusak. Benahin sana, eh lusanya situ rusak.

Tapi kalo uda 'kenal' ama maunya mobil klasik itu dan mobil itu uda jadi, well, imaji pake mobil klasik terawat dan mulus akan dapet apresiasi maksimum dari audiens, yang gak akan anda dapet kalo naek (misalnya) Jazz kinyis2 berumur sehari sekalipun. :)

Sekarang kembali ke TS. Siap gak mental, dedikasi, emosi, dompet, waktu, dan tenaga anda?

Perlu saya tanya berulang2 karena jujur aja, dalam pandangan saya, ini lompatan ekstrim bagi anda.
buakakakakakakakak kok bisa persis banget sama ane dan baenol ane?? :big_slap: :big_slap:
padahal ga termasuk mobil klasik lho :frm_bang_head: :e-wall: :mad: :evil:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
HuGo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Aug 08, 2011 7:31

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by HuGo »

Waduh maap ya Om NG n om2 lain...baru sempat bales nih...jarang online... :big_peace:
Yup maksud saya sih gitu...ini mobil mau saya jadiin mobil pertama sekalian buat belajar2 mesin...soalnya saya seneng banget ama mobil klasik, tapi bener2 minim pengetahuan tentang mesin mobil. Nah menurut temen saya ini mobil klasik yang paling gampang buat pemula...gitu.... gimana menurut rekan2 lainnya?...mohon sarannya.... :ungg:
Nightster Guy wrote::wkkk:

'DIJAMIN 6 bulan pertama masalah terus'. Yup, soal berapa bulan sih relatif IMO. Tapi soal masalah terus, BENAR. Adaaaaa aja. Diperbaikin sini, besoknya sana rusak. Benahin sana, eh lusanya situ rusak.

Tapi kalo uda 'kenal' ama maunya mobil klasik itu dan mobil itu uda jadi, well, imaji pake mobil klasik terawat dan mulus akan dapet apresiasi maksimum dari audiens, yang gak akan anda dapet kalo naek (misalnya) Jazz kinyis2 berumur sehari sekalipun. :)

Sekarang kembali ke TS. Siap gak mental, dedikasi, emosi, dompet, waktu, dan tenaga anda?

Perlu saya tanya berulang2 karena jujur aja, dalam pandangan saya, ini lompatan ekstrim bagi anda.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

Om Hugo....

Y itu tadi, perhatiin pertanyaan2 kami di atas. Siap gak mental, dompet, waktu, emosi, dedikasi anda? Miara mobil klasik itu 'capek yang menyenangkan' bagi para dieharder, namun 'capek yang menyiksa' bagi orang yang cuman ikut2an. :)

Hanya anda yang bisa menjawab, anda sekiranya di golongan mana. Plus hanya anda yang bisa ngejawab dengan jernih pertanyaan di atas.

Memang, miara VW air cooled ini gak sesulit, misalnya, Willys MB yang memang jauh lebih tua. VW ini terutama Beetle adalah mobil klasik terpopuler di dunia. Nyaris semua partsnya ada, apapun itu, asal kita tau di mana nyarinya. Parts bodi, interior, kaki, mesin, elektrikal.

Komunitas VW seluruh dunia adalah komunitas paling solid dan paling luas merata jangkauannya, bro.

Kalo mo lebih gampang sih miara Jepangan bro, kayak Corolla KE30 (Corvet) gitu. Tapi memang kesan klasiknya, IMHO maaf, kurang. Kesannya baru sebatas 'retro'. Blom vintage.
Das Beste oder nichts.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by AD74YA »

Sudah sangat setuju dengan master-master diatas...
:mky_06:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by asudarsono »

Maaf ya, jangan tersinggung, tapi banyak orang yang senang pelihara Vespa. Maksud saya cuma menyampaikan alternatif lho.

Tapi kalau udah niat mau pelihara VW juga bagus. Saya juga dulu masih muda gak punya pengalaman udah mulai pelihara Peugeot. Malah badan saya kurus, diet terpaksa.
Ready to Race
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

:wkkk:

Om Dar sampe kurus.... Kalo saya dulu mahasiswa kere sampe dompet gak pernah ada 'konten'nya lagi, abis buat repair ama BBM si CJ.

Tapi kebayar ama apa yang diberi oleh si CJ. Suaranya, imaji, plus tatapan orang. Walau akirnya toh tetep harus mengalah ama realitas. Sold. Lalu miara motor Inggris saat uda mulai 'pegang duit', itupun banyakan di bengkelnya ketimbang dipake....

Image

Justru makin dia nyusahin makin kita kenal maunya dia gimana. Mulai dipaksa belajar mesin, minimal troubleshooting level awal sekedar nanganin agar bisa jalan sejenak minimal nyampe bengkel kalo dia mogok mendadak. Plus makin sering nongkrong di bengkel makin jadi banyak temen. Plus jadi sering internetan agar tau channel2 cari parts.

Di situlah seninya miara tunggangan klasik, bro Hugo. Hanya para dieharder yang akan ngertiin. Are you one of us? :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by pradit_d »

Hallo salam kenal semua. Ane udah lama ngikutin seraya motor tapi baru buat akun nih. Menarik juga tritnya.
Buat agan hugo, ane sebenarnya setuju ama agan. Klo pendapat ane pribadi, klo misalnya agan mau belajar mesin cocok siy ambil VW Bug. Pertimbangannya gini gan, agan misalnya punya duit taruhlah 50-60 jeti n agan mau beli mobkas. Klo agan mau keliatan agak keren, mentok agan dapetnya sedan tahun 90-an jepang or beberapa eropa atau mobkas korea th 2000an awal. Tapi klo agan mau praktis kan bisa pilih mobkas gampang perawatan kayak feroza, katana or kijang tapi ini kan lain cerita. Sekali lagi ini misalnya ya gan. Trus gini gan, agan beli sedan tadi kondisi bekas n cukup berumur, yakin kah kondisinya bakal bebas masalah? Ane yakin pasti banyak masalah. Tentunya bakal sama ribetnya klo agan beli Bug bekas atau mungkin bisa lebih ribet, karena masalahnya mobil sedan tahun 90-an up udah dibekali perangkat elektrik yang lumayan rumit. Bandingin aja ama Bug yang masih elektriknya n mesinnya masih simpel. Menurut ane cocok sih klo dijadiin objek buat yang baru belajar mesin. Pengalaman ane sih dulu gitu gan, ane pakek mobil pertama Toyota Corona TwinCam, kena di masalah ECU klo ga salah waktu itu gara2 salah lepas kabel pas service AC di tempat service pinggir jalan, berubung ane ga ngerti mesin banyak banget yang ane keluarin buat benerinnya, itu pun gak bisa sembuh total padahal udah ngabisin lebih dari separuh harga beli mobil itu. Akhirnya ane jual deh karena nyerah ngobatinnya. Beda pengalaman ama sepupu ane. Mobil pertamanya dia pake VW Klombi, awal2 emang banyak part mesin yang diganti, tapi sampe sekarang masih dipake n sehat2 aja. Lagian gan klo bisa mobil pertama dipake selamanya aja, jangan dijual, itung2 buat kenangan lah. Karena itu gan mending pilih mobil klasik. Ane sendiri rencananya mau nyoba juga n sekarang lagi nyari2 informasi tentang Mercy W123, kali aja ada agan2 lain yang bisa bantu. Gitu gan pendapat ane
:big_peace:
jip_kecil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 10, 2011 2:23

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by jip_kecil »

keluarga vw lama ini memang pasarannya agak2 gelap, termasuk kombi nya;
kalau masalah mesin kayaknya selama saya punya banyakan nyenenginnya daripada nyusahinnya, :)
jadi akrab sama orang bengkel; dan banyak pengalaman baru selama pake nya; sayang banget; sekarang beetle nya udah pergi; hiks..... karena kata istri, kalo yang baru mau masuk yang lama harus keluar,,,,,,,, :ungg:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by asudarsono »

W123 enak banget bos. Komunitasnya santai, pemiliknya mapan2, bengkelnya profesional, mobilnya tidak mahal, perawatan mudah. Cuma ya itu, karena barangnya berkualitas semua, harga satuan onderdilnya lumayan.
Ready to Race
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

W123.

Singkat aja: Passengers car Mercedes paling sukses sepanjang masa. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:W123.

Singkat aja: Passengers car Mercedes paling sukses sepanjang masa. :)

W123, paling suka kalo tampilannya sutandar2... dan paling [cencored] (IMO) adalah model ini:
Image

Modif (maaf) katro (IMO) :
Image

Good looking:
Image

Jempol empat:
Image
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

Foto paling atas, kalo C123 a.k.a. 'Tiger coupe' mah nyerah dah. harganya gila, unitnya terdeteksi gak sampe 5 unit sejauh ini di Indo.

Foto no 2, velgnya sih sama sekali gak katro, IMO. :) Brabus Monti. Salah satu the most sought-after wheels.

Foto no 3 dan 4, yup velg kaleng dan velg alloy OEM (merk Intra) adalah style paling kalem kalo maen W123. Walau, IMO, Tiger ini termasuk luwes dipakein sepatu rada modern masih masuk, vintage juga oke.

Iming2 buat TS biar semangaaaaad....

Volkswagen Beetle 1303:

Image

Volkswagen Beetle 1500:

Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by pradit_d »

wuih ternyata banyak juga agan-agan pecinta klasik n khususnya W123. Emang sehhh selama ini ane kebanyakan dapet info plus ketimbang minus tentang tuh mobil. Tambah semangat aja ngincernya. sekarang mau jual Genio ane dulu dah. BTW ada info tentang komunitas W123 yang di Bali gag yah? Ane soalnya domisili di Bali nih....
:big_peace:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

Jelas, kalo omong soal Tiger SANGAT mayoritas bilang positif pastinya bro Pradit. Ni macan gak da matinya. Bandel, nyaman, parts gampang, harga relatif terjangkau, dan satu hal: Image berkelas-konservatif-mapan-klasik ala Mercedes tetep akan didapat.

Ngerawatnya gak susah pula. Diversuskan ama Genio jelas ada plus minus masing2. Tapi yang pasti, parkir di hotel berbintang, si 'macan tua' ini masih bisa ngelawan jajaran mobil baru. Predikat sebagai mantan mobil termahal pada eranya masih tersisa.

Markir Genio di hotel? Hmmm, just an aging-ordinary Jap's compact sedan.

Bali? http://www.mtc-w123ina.org/
Das Beste oder nichts.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by pradit_d »

Bung Nightster, bengkel langganan ane juga lebih recommend melihara MB Tiger W123 daripada Genio. Klo dipake dalam jangka waktu 5 tahunan denger2 lebih untung pake MB (kata orang bengkel siyy), alasannya part-nya lebih awet dibanding jepang, lebih jauh dibilang part ori MB harganya 2x part ori Honda or merek jepang lainnya, tapi 1x ganti part MB, part mobil jepang udah 3x gantinya. Bener kah bung? Bung Nightster pecinta MB juga kah? Klo boleh tau tunggangannya pake apa?

Lagian pernah juga denger orang bengkel bilang klo sedan2 jepang keluaran +/- th 90 (Grand Civic, Genio, Maestro, Corona & Corolla TwinCam, Mazda Capella, Interplay, Astina, Mitsibishi Eterna, Lancer DanGan, Nissan Cefiro) agak ringkih di elektriknya dibanding Eropa (terutama MB). Itu yang bikin ane pengen berpaling ke MB
:big_peace:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

Pernah miara W116 'Barong' bro. :)

Soal kalkulasi murah mahalnya ketimbang Jepangan dalam jangka waktu tertentu, gak pernah ngitung bro, karena memang gak pernah tertarik miara sedan Jepangan. Sebatas suka aja ama beberapa sedan Jepang tapi y sebatas itu aja,gak untuk dibeli.

Bukan berarti jelek loh y? Hati dan pikiran gak ke Jepangan, simple aja.

Komponen apapun, termasuk elektrikal di Mercedes memang lifetimenya lebih panjang ketimbang Jepang, bro.

Banyak sekali yang bilang, kalo udah pernah ngerasa nyamannya naik Mercy tua, gak akan mau naik merk lain lagi hahahaha.............

Eh ini kan trid VW kodok? :big_slap:
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:-cut-

Eh ini kan trid VW kodok? :big_slap:
Yahh...itung2 kita lagi nyebarin 'aliran sesat' lah om, biar pindah ke aliran W123.... :mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by pradit_d »

ups...salah trit. Tapi TS-nya kayaknya maklum, belum ada mincul nih gan.
Lagian kan VW Bug ama MB W123 sama2 mobil laris n ikonik. Gapapa kayaknya klo disatuin aja :ungg: :big_peace:
:big_peace:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ask: VW Beetle Klasik (kodok)

Post by Nightster Guy »

Kalo pake kodok, kesannya ringan, lucu, fun, hepi2, muda. Bisa juga seh dibawa ke klasik vintage yang rada serius, namun berada di liga yang berbeda ama Mercedes.

Kalo pake si macan, kesannya serius, berat, konservatif, older, mapan. Klasiknya dapet banget. Mo dibawa ke unsur fun berwarna ceria juga susah. Kesan aristokrat Mercedes udah menempel terlalu lama.

Habit bersosialisasi di 2 komunitas di 2 brand ini juga beda, walau esensinya sama: BERSAHABAT TANPA BATASAN. Di Mercedes, banyak OKL nya hehehe.... Di VW, lebih membumi.

Just listen to ur heart.... :)
Das Beste oder nichts.