(SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untung ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

(SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untung ?

Post by solar_kerosen »

Image


Image



Banyak angkot maupun bus yg sudah tidak layak pakai tapi masih dipaksakan , mulai dari yg boros bahan bakar sampai asapnya ngotorin mobil orang . sebenarnya apa yg menyebabkan hal seperti itu terjadi berbeda terbalik dengan saudaranya jasa Taksi Blue bird yg mana bisa rutin untuk peremajaan mobil setiap 6 tahun
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by doq »

jawaban nya simple; kebanyakan bayar uang siluman :upss:
masuk terminal-keluar terminal-ngetem-naikin penumpang bayar semua itu.............dan bukan cuman disatu titik aja lho
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2289
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by ilhami »

Kalau sekarang kalah murah sama motor, penumpang nya sepi.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by solar_kerosen »

kadang sopir angkot dan bus gak manusiawi bahkan terkesan melecehkan penumpang

- metro mini dan angkot udah sesak masih dipaksain Sesak :mky_07:

- pura pura berhenti lama bikin emosi penumpang

- ngetem sembarangan membahayakan jiwa pengendara lain
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by y_anjasrana »

Siapa bilang ga untung? Dasarnya apa? Mana laporan keuangannya?

Bicara ga untung jelas bohong bgt. Kalu rugi, pasti ga ada yg mw berkecimpung di bisnis angkot. Kenyataannya makin byk jumlah angkot dari hari ke hari. Pertambahan angkot jg terasa sekali. Yg jelas sengaja dibuat gelap, supaya ga ketauan untungnya.

Dengan tidak ada pembukuan yang jelas, otomatis sulit bagi Ditjen Pajak untung menarik pajak dari mereka. Namun kerugiannya adalah tanpa manajemen yg baik dan didukung administrasi yg layak, jelas tidak akan bisa berkembang seperti layaknya taksi BB. Selama manajemennya masih manajemen warung, hasilnya ya tetap seperti warung. hari ini dapet, hari ini juga masuk perut.
Accurate V5 Accounting System Consultant
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7454
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by newrubble »

krn angkutan umum di indo adalah bancaan bersama ...ibarat tumpeng

majikan / bandar akan menarik sewa yg tentunya lbh besar dari cicilan yg hrs dia bayar ke leasing / bank ...gap antara nilai cicilan dgn total setoran adalah untung dia

supir (tembak atau bukan) akan mengisi kantongnya lebih tinggi dari setoran plus biaya hidup sehari hari plus biaya kesenangan dia ...masa bodoh dgn kondisi kendaraan ...kalo jebol ya cari majikan baru ...kalo rusak sebisa mungkin repair kalo masih ada parts OEM yg terpasang ...tukar dgn KW bekas ...toh majikan ga tau

aparat resmi jalanan (apapun dia) ...mana yg melanggar hrs damai ...mana yg tidak melanggar hrs pengertian
preman jalanan ...awas kalo tdk kasih uang ...

semua sifat serakah manusia mengelilingi tiap unit yg di sebut angkutan umum
sebagian yg masih "positive thinking" akan bilang "tdk semua begitu" ... sy akan bilang ke mrk ...silakan jalan jalan sendiri n hitunglah sendiri brp yg masih mulus (krn baru beli ?) n brp yg sekedar jalan tanpa mogok n brp yg tdk terlalu sering mogok

ini diluar grup besar bluebird n gamya ...yg melihat dunia angkutan umum sbg industri ...berkat mrk citra angkutan umum (khusus nya taxi meter) tertolong di dunia luar ...sy yg langganan taxi di negri mana pun masih bisa bilang ...grup taxi bluebird n gamya punya kualitas layanan yg terbaik di jalanan yg terburuk ...bahkan mrk adalah terbaik di asean (apalagi taxi KL yg sering jalan tanpa argo ...atau berputar putar krn dikira ...semua org asing tdk tau jalanan KL)
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by Tjiewei »

Yang untung kenek dan supirnya,yg buntung yg punya mobil
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by imsus2c »

newrubble wrote: ini diluar grup besar bluebird n gamya ...yg melihat dunia angkutan umum sbg industri ...berkat mrk citra angkutan umum (khusus nya taxi meter) tertolong di dunia luar ...sy yg langganan taxi di negri mana pun masih bisa bilang ...grup taxi bluebird n gamya punya kualitas layanan yg terbaik di jalanan yg terburuk ...bahkan mrk adalah terbaik di asean (apalagi taxi KL yg sering jalan tanpa argo ...atau berputar putar krn dikira ...semua org asing tdk tau jalanan KL)
jangan2 sopir taxi KL yg sering tanpa argo/putar2 asalnya juga dari sini :mky_01:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2960
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by Salvanost »

ada yg bilang,
kalau mau peremajaan disertai perkembangan kualitas angkot

dilakukan peremajaan + jadikan aset pemerintah

ntar sopir angkot digaji pemerintah,
peremajaan juga tanggung jawab pemerintah

cuma ya kita tunggu aja, beneran terealisasi apa ga

bicarain blue bird, akhir2 ini banyak sopir gokil...
daerah senayan... tapi masih no problem :) masih top
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by y_anjasrana »

memang sharusnya angkutan umum ditaroh dlm satu manajemen perusahaan. klu cuma asosiasi, koperasi dan semacamnya, akhirnya seenaknya aja.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by kaos_oblong »

mungkin bukan tidak bisa untung.
tapi sudah untung dan dari keuntungan'nya beli mobil lagi buat nambah armada tapi mobil lamanya tetap dipertahankan.
jadi akan sering ketemu mobil tua yang sudah capek sering istirahat ngambil napas seperti foto yang diposting TS diatas.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7454
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by newrubble »

Saya mau cerita panjang dikit ttg taxi di perancis, khususnya paris ...yg menjadi inspirasi alm ali sadikin dlm menyatukan semua taxi ilegal kedalam president-taxi (kemudian jadi prestasi dan terahir "pe-taxi") dan bus mini ilegal kedalam metromini di DCI Djakarta thn 1972 dan 1973 ...sayang konsepnya blm tuntas keburu dia diganti thn 1977 krn golkar kalah di DKI dlm pemilu

Yg namanya "taxi parisene" atau taxi kota paris (TP) itu bukan mobilnya tapi supirnya.

Supir punya mobil sendiri atau kredit sendiri ...datanglah dia ke kantoor otoritas angkutan umum (semacam DLLAJ) ujian sbg supir taxi...bgt lulus ( hasil nya diketahui pd hari yang sama) ... Dia dapat alat alat kerja sbg supir taxi

Argometer sticker, GPS, autotracking locator dan TAXI PARISIENE roof sign ...satu sama lain terhubung argometer hidup....TAXI PARISIENE sign mati, argometer mati maka sign akan hidup...mereka itu satu set n bila salah satu saja tdk tepasang..maka semua tdk bs hidup

Mau tiap hari ganti mobil atau pakai mobil pinjaman boleh ...call saja ke kantoor otoritas n dgn verifikasi by phone u VIN mobil maka semuanya itu (taxi-set istilahnya) akan hidup dlm bbrp detik n
autotrack locator akan secara realtime memberitau kantoor otoritas ttg keberadaan taxi sekaligus
mendengar/ merekam penbicaraan dlm kabin

Setoran mingguan adalah biaya sewa taxi-set dgn cara autodebet rekening bank supir taxi...Nah krn
sbgn besar mobil yg dipakai taxi itu kreditan...maka bank/ lease company juga nimbrung autodebetnya (karena cicilan mobil itu mingguan)

Supir taxi yg ketahuan nakal ...apapun salahnya termasuk nunggak cicilan akan langsung di cabut taxi-set nya oleh patroli polisi yg lewat atau mmg diperintah u menyita

Oh ya per 2012 taxi-set bertambah 1 perangkat baru ...wireless satellite interactive CCTV

Krn itu umumnya taxi di perancis dari berbagai brands n warna tdk seragam ...kalo pun ada yg
seragam ...itu tergabung dlm koperasi atau serikat tertentu ...tapi prosedurnya tetap sama spt diatas

Bus kota dan MRT juga begitu ...RATP dan SNCF punya perijinan yg melekat pada supirnya...bedanya ... bus dan unit kereta disediakan oleh pemerintah serta CCTV menempel permanen di tiap ruang kemudi serta kabin penumpang dan tiap supir bus serta machinist ...punya working-set ( saya tdk tau istilahnya ) berupa nametag, eyescan identificator serta uniform n password yg tiap hari berubah ubah ...bus tdk bisa hidup bila supir tdk datang ke kantoor u ambil password n melakukan eyescan protocol ...password dipakai u hidupkan mesin mobil

Supir digaji minim plus bonus berupa 40% pendapatan bus yg dia kendarai tiap minggu ...machinist di gaji berdasarkan standar gaji per tahun kerja yg semua org di paris tau tabel nya

Inilah contoh sukses transportasi umum yg memberdayakan org kecil ...meski standar kemiskinan prancis dgn indo beda ...tapi intinya sama ...ada sistem yg hrs dipelihara agar sukses ...tanpa sistem yg diawasi terus menerus pasti apapun akan berantakan

PS: thanks bang Ramses Sitanggang, langganan sy di Paris ...nama anda sdh sy tulis spt kita bicara tadi. Tanpa anda tdk mgkn sy bisa tulis ini
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by y_anjasrana »

kyk di film taxi yaa...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by nugroho bagor »

:e-think: menurut pengalaman ane sih,kalau sudah minim punya 3 angkot baru bisa buat restorasi,yang 1 buat masuk ke boss,yang 2 buat reparasi,beli ban,jatah preman wereng coklat dan karena ane gak sistem setoran ya tergantung sopir aja mau setor brp,kejujuran sopir lebih berperan,tapi karena lama2 gak nguntungin ( makin sepi penumpangnya), gw jual ganti truck aja,bisa buat angkut barang sendiri,n pulangnya bawa pasir :e-whistle:
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by fur10usx »

coment dikit aja deh...

kebetulan dl bokap jg main angkutan bus jd tw sdkit bnyk.. memang jujur klo dahulu kala itu usaha angkutan macem bus gtu untung master2 smua.. karna sparepart pun msh murah2 yah contoh nya aja yg simple deh ban dl itu ban bus itu yg bagus plg ga sampe 1jt tapi skrg waduhh jgn harep deh.. n msh bnyk spareparts2 lain nya spt filter, oli, dll yg skrg itu hrga nya menggila.. well klo setoran nya naik sih ga masalah yah untuk sparepart lah ini setoran naik 10rb aja demo supir2 alesan ini itu.. jd yh klo skrg jgn harap deh untung gde gtu.. memang msh untung blum minus gtu yah tapi msh sangat tipis dan dri untung tipis itu kita harus nabung th kepikiran ga sama master2 klo ada musibah kaya nabrak gtu sapa yg nanggung biaya nya?? yup sudah pasti kita yg nanggung walopun sopir yg salah misal ngantuk yah tu sopir tgl pasang badan nah dr situ lah yg bisa jd minus master2 skalian.. so jgn blg main angkutan itu gampang n jgn mikir segampang itu gan bnyak hal2 yg mesti dipikirkan n dsni ga kaya di luar negri... blom lg polisi n ngurus2 surat2 kir dll itu smua pasti ad jatah nya msg2.. jd amat sangat ga gampang main mobil itu klo skrg ini..
blom lg bicara soal peremajaan yah kepikiran ga harga bus coltdiesel yg taon 80an brapaan? yap ga mgkin sampe 40jt.. ada yg 40jt pun kondiai superb bgt.. trus beli 1 mobil bus buat peremajaan brapa duit?? 10 mobil bus lama di jual pun lom tentu kebeli 1 bus baru... pemerintah mw bntu peremajaan?? duh jgn harepp deh hahaha...

sgtu aja sih coment ane yg mgkin punya sdkit pengalaman main angkutan..
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7454
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by newrubble »

saya malah ga punya pengalaman sama sekali di angkutan umum manapun di dunia ini trmsk di indo ...

tapi anehnya mrk yg punya bgt banyak pengalaman di angkutan umum di indo maupun (dlm scope lbh compact) jkt ...
tdk pernah mencontoh yg sukses di angkutan umum ... grup bluebird contoh nya ...dari taxi meter hingga bus bigbird (dari 15 hingga 54 seats) serta semi-trailer (iron bird) ...semua resiko kecelakaannya di alihkan ke pihak asuransi (saya tanya sendiri ke dokter poer) ...sehingga kalo ada supir (dlm hal ini taxi meter) bilang bahwa dirinya punya utang 15 juta rupiah ke perusahaan krn mobilnya total loss ...itu lbh berupa "punishment" dari perusahaan ke dia ...krn mana bisa dgn uang segitu mobil yg nyaris total loss bisa di repair n siap operasi ...bgt juga cerita yg sama u armada mrk

itu baru 1 contoh lokal ttg bagaimana antisipasi kalo terjadi kecelakaan ...skrg saya kasih pengalaman yg cuma "bertanya' ke supir minibus carteran di ostrali (trayek brisbane airport - goldcoast pp) ...bagaimana cara dia untung padahal (spt di jkt) harga parts (fast maupun slow moving) naik terus ga pernah turun ...

dia bilang ...saat dia beli unit bus nya (brand new n sdh di karoseri) dia tdk cuma sekedar beli ...tapi dia lihat (kerjasama dgn dealer toyota tempat dia beli) utk 7 tahun ke depan (dgn dasar manual book serta service repair n replacementschedule resmi toyota) ....parts apa saja yg akan di ganti krn umur....dia beli semua n harga total unit bus plus belanja parts sebanyak itulah yg dia kredit ke bank

sehingga dia sdh dari awal antisipasi harga parts naik n turun ...n alhasil bus nya saat di jual kelak ...tetap laik operasi krn tdk ada parts yg di kanibal

saya tdk tau situasi di jkt n sy tdk mau komentar apa yg terjadi di angkutan umum jkt ...apalagi indo ....akan banyak para "ahli" yg tersinggung bila "bidang keahliannya" di komentarin ...tapi hal hal itu bisa di lakukan ....mudah atau tdk mudah bukan urusan saya

tapi yg saya tau ...org usaha itu cari untung ...tdk mungkin org usaha itu cari rugi ...memang kalo semua resiko di tanggung sendiri ya berat ....mengharap subsidi pemerintah bole aja ...tapi fakta nya ada angkutan umum di jkt yg survive, berkembang biak, malah jadi contoh di dunia ttg ...bagaimana bisnis angkutan umum bisa dikelola dgn sangat menguntungkan ....tanpa dukungan subsidi pemerintah dan di jalankan di slah satu sistem lalulintas terburuk di dunia dgn situasi bisnis yg dikepung korupsi ...manila, tashkent (uzbek), kuala lumpur serta ho chi minh city dan lagos (nigeria) pun sedang kirim para ahli nya ke mereka untuk belajar benahi perilaku para supir angkutan umum yg bobrok n doyan mencuri parts n kabur bila tabrakan

maaf kalo saya salah ...namanya juga nihil pengalaman ...siap jadi target kritik paling pedas tanpa membalas ...
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by solar_kerosen »

di tempat gue sekarang nasib sopir angkot sial bener , berhubung sudah murahnya harga motor dan mobil kredit maka jasa mereka semakin dipinggirkan mana mall lagi mempersulit akses masuk ke daerah mereka , gue ingat pas jaman jaya jayanya mereka masukin orang seenaknya dan suka foya foya banyak cerita supir angkot doyan ke lokalisasi jadi uang mereka yg sehari didapat habis di tempat begituan yah resiko mereka sih.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by fur10usx »

solar_kerosen wrote:di tempat gue sekarang nasib sopir angkot sial bener , berhubung sudah murahnya harga motor dan mobil kredit maka jasa mereka semakin dipinggirkan mana mall lagi mempersulit akses masuk ke daerah mereka , gue ingat pas jaman jaya jayanya mereka masukin orang seenaknya dan suka foya foya banyak cerita supir angkot doyan ke lokalisasi jadi uang mereka yg sehari didapat habis di tempat begituan yah resiko mereka sih.
nah ini dia nih yg sbenernya mereka sndiri yg bkin ssh idup mereka... sebenernya jd sopir angkutan itu klo org nya bner pasti mantep penghasilan nya... sayang nya bnyak yg pemikiran nya pendek yg hari ini dpt duit yah hari ini abis...
n lg2 yg di slhin yg punya angkutan, setoran kemahalan lah sewa sepi lah... trus di blg ke th supir "ya ud klo gmw narik gpp, narik bus pemilik lain aja" lgsg deh ciut nyalinya... ya wong setoran dh murah ap2 tgl ganti spareparts penhhasilan dia dpt mayan bsa 100rb shari klo rajin bhkan lebih.. eh duutnya itu yg gtw kmna...
tapi ga sdkit jg loh yg sukses yg td nya supir skrg jd pengusaha kecil2an hahaha
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: (SGP) kenapa sih angkutan umum Indonesia tidak bisa untu

Post by fur10usx »

newrubble wrote:saya malah ga punya pengalaman sama sekali di angkutan umum manapun di dunia ini trmsk di indo ...

tapi anehnya mrk yg punya bgt banyak pengalaman di angkutan umum di indo maupun (dlm scope lbh compact) jkt ...
tdk pernah mencontoh yg sukses di angkutan umum ... grup bluebird contoh nya ...dari taxi meter hingga bus bigbird (dari 15 hingga 54 seats) serta semi-trailer (iron bird) ...semua resiko kecelakaannya di alihkan ke pihak asuransi (saya tanya sendiri ke dokter poer) ...sehingga kalo ada supir (dlm hal ini taxi meter) bilang bahwa dirinya punya utang 15 juta rupiah ke perusahaan krn mobilnya total loss ...itu lbh berupa "punishment" dari perusahaan ke dia ...krn mana bisa dgn uang segitu mobil yg nyaris total loss bisa di repair n siap operasi ...bgt juga cerita yg sama u armada mrk

itu baru 1 contoh lokal ttg bagaimana antisipasi kalo terjadi kecelakaan ...skrg saya kasih pengalaman yg cuma "bertanya' ke supir minibus carteran di ostrali (trayek brisbane airport - goldcoast pp) ...bagaimana cara dia untung padahal (spt di jkt) harga parts (fast maupun slow moving) naik terus ga pernah turun ...

dia bilang ...saat dia beli unit bus nya (brand new n sdh di karoseri) dia tdk cuma sekedar beli ...tapi dia lihat (kerjasama dgn dealer toyota tempat dia beli) utk 7 tahun ke depan (dgn dasar manual book serta service repair n replacementschedule resmi toyota) ....parts apa saja yg akan di ganti krn umur....dia beli semua n harga total unit bus plus belanja parts sebanyak itulah yg dia kredit ke bank

sehingga dia sdh dari awal antisipasi harga parts naik n turun ...n alhasil bus nya saat di jual kelak ...tetap laik operasi krn tdk ada parts yg di kanibal

saya tdk tau situasi di jkt n sy tdk mau komentar apa yg terjadi di angkutan umum jkt ...apalagi indo ....akan banyak para "ahli" yg tersinggung bila "bidang keahliannya" di komentarin ...tapi hal hal itu bisa di lakukan ....mudah atau tdk mudah bukan urusan saya

tapi yg saya tau ...org usaha itu cari untung ...tdk mungkin org usaha itu cari rugi ...memang kalo semua resiko di tanggung sendiri ya berat ....mengharap subsidi pemerintah bole aja ...tapi fakta nya ada angkutan umum di jkt yg survive, berkembang biak, malah jadi contoh di dunia ttg ...bagaimana bisnis angkutan umum bisa dikelola dgn sangat menguntungkan ....tanpa dukungan subsidi pemerintah dan di jalankan di slah satu sistem lalulintas terburuk di dunia dgn situasi bisnis yg dikepung korupsi ...manila, tashkent (uzbek), kuala lumpur serta ho chi minh city dan lagos (nigeria) pun sedang kirim para ahli nya ke mereka untuk belajar benahi perilaku para supir angkutan umum yg bobrok n doyan mencuri parts n kabur bila tabrakan

maaf kalo saya salah ...namanya juga nihil pengalaman ...siap jadi target kritik paling pedas tanpa membalas ...
walah ud nulis panjang2 ga masuk post nya saya hahaha...

ya intinya ga segmpang itu mas... saya pun asuransi jasa marga tapi klo ud kecelakaan ga akan sampe 20% total loss nya.. klo disruh asuransi full sih harus brapa duit mas? ga akn nutup itu setoran..
pasti beda mas sistem nya dengan blue bird dia itu lgan group..

trus klo soal spareparts rekanan bengkel resmi dulu itu mana ada gtuan?? adapun harga spareparts nya ga akn semiring kita beli di agen2 mas bisa bengkak harga spareparts klo di beres...

ya memang ada kok tmn bkp jg yg dr punya bus sedang kaya saya sampe punya bus pariwisata tapii utang dia pun ga kira2 mas tiap hari dikejar2 kreditor wah2 ga deh...
utang nya pun ud di ats 10M... tiap kli ktmu ama bokap saya crita nya sambil tepok jidada trus mas hahaha... ga gmpng itu mas yg kaya gtu liat muka nya aj bkn happy mlah murem bgt jd saya n bkp sih say no aja deh klo mw yg kaya gtu mh..

bkn kritik kok ini mh mas cman sekedar sahre bagi pengalaman n tuker pikiran aja.. klo yg kaya gtu tuh ga gampang hehe..