Proton Exora - PART 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Sekedar sharing, tadi seharian diajak direktur marketing perusahaan ane untuk ke tempat kastemer...
Si oboss ini tunggangannya Proton Exora. Engga ngerti tipe apa, tapi yang pasti matik, ada balonnya dua biji. keluaran 2010 katanya.
Yang bikin menarik di Exora ini, space kabinnya yang mirip2 Innova.
audionya Clarion, integrated dengan tombol2 di setir. Ada gigi biru nya juga dan tombol pick up/hang up the phone.
Desain tengah dasbornya menarik. Tapi begitu sampai di desain tombol2 AC..
Terlalu plain..
Posisi space kaki, luas. Saya lebih memilih memajukan kursinya dibanding duduk terlalu selonjor,engga biasa sih duduk dengan setting kaki selonjoran di mobil..
kombinasi meter di dasbor, menarik. Sudah aplikasi....apa tuh namanya....? Optitron? Yang kalo dikontak On, dia nyala. Desain nya bagus, enak dilihat. Indikator opened pintu, ada terlihat by pieces yang terbuka.
Tadi hanya jadi navigator aja..Kualitas jok, baik. Empuk dan lumayan tebal. Sayang, suara kipas fan radiator masih terdengar samar nguuuuungng nya dari dalam kabin.
Peredaman thd noise dari luar, lebih baik sedikit dibanding Avania. Suara truk tronton masih mudah terdengar. Suara gesekan ban dengan tol, masih terdengar. Mungkin suara gesekan ban ini sama tingkat noise nya dibanding Avania. Tapi noise thd suara lingkungan jalan, lumayan lebih baik.
Peredaman suspensi, cukup baik, bukannya empuk. Gejala limbung, lumayan terasa seperti Avania. Tapi menghadapi jahanamnya jalan rusak di BSD tadi, cukup mumpuni. Satu jempol!
Perpindahan gigi matiknya, saya nilai setingkat saja lebih baiknya dibanding Avania dalam hal jerking.
Satu hal yang kurang disuka oleh si oboss, FC nya. Boros. Dia itung2, dalam sehari, biaya tol dan bensinnya bisa 100rb untuk pp rumah kantor. Kantor di Cakung, rumah di bekasi timur.
Udah segitu dulu, ntar disambung lagi, engga pandai merangkai kata dalam review seperti master tester om Djay... besok masih ada agenda lagi jalan bareng mobil si Malon ini..
Si oboss ini tunggangannya Proton Exora. Engga ngerti tipe apa, tapi yang pasti matik, ada balonnya dua biji. keluaran 2010 katanya.
Yang bikin menarik di Exora ini, space kabinnya yang mirip2 Innova.
audionya Clarion, integrated dengan tombol2 di setir. Ada gigi biru nya juga dan tombol pick up/hang up the phone.
Desain tengah dasbornya menarik. Tapi begitu sampai di desain tombol2 AC..
Terlalu plain..
Posisi space kaki, luas. Saya lebih memilih memajukan kursinya dibanding duduk terlalu selonjor,engga biasa sih duduk dengan setting kaki selonjoran di mobil..
kombinasi meter di dasbor, menarik. Sudah aplikasi....apa tuh namanya....? Optitron? Yang kalo dikontak On, dia nyala. Desain nya bagus, enak dilihat. Indikator opened pintu, ada terlihat by pieces yang terbuka.
Tadi hanya jadi navigator aja..Kualitas jok, baik. Empuk dan lumayan tebal. Sayang, suara kipas fan radiator masih terdengar samar nguuuuungng nya dari dalam kabin.
Peredaman thd noise dari luar, lebih baik sedikit dibanding Avania. Suara truk tronton masih mudah terdengar. Suara gesekan ban dengan tol, masih terdengar. Mungkin suara gesekan ban ini sama tingkat noise nya dibanding Avania. Tapi noise thd suara lingkungan jalan, lumayan lebih baik.
Peredaman suspensi, cukup baik, bukannya empuk. Gejala limbung, lumayan terasa seperti Avania. Tapi menghadapi jahanamnya jalan rusak di BSD tadi, cukup mumpuni. Satu jempol!
Perpindahan gigi matiknya, saya nilai setingkat saja lebih baiknya dibanding Avania dalam hal jerking.
Satu hal yang kurang disuka oleh si oboss, FC nya. Boros. Dia itung2, dalam sehari, biaya tol dan bensinnya bisa 100rb untuk pp rumah kantor. Kantor di Cakung, rumah di bekasi timur.
Udah segitu dulu, ntar disambung lagi, engga pandai merangkai kata dalam review seperti master tester om Djay... besok masih ada agenda lagi jalan bareng mobil si Malon ini..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Wong asli ndeso ngompreng mobil bagusan dikit dari kaleng, reviewnya udh langsung katro abis, om...FortunerMan wrote:Mantap - mulai banyak reviewer di SM
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Proton Exora - PART 02
Wahh... setelah baca review dari part 1 sampe ke part 2, kyknya bagus juga ya. Soalnya lg nimbang2 utk cari pengganti apanja S, sebagai mobil keluarga yg udah mulai berumur. alasannya lebih karena anak2 makin gede. badan makin besar, bawaan jg otomatis makin banyak. klu si ipah kyknya udah mahal bgt. klu emprit udah mahal, ga begitu lega kyknya.
klu boleh minta saran, mana yg lebih bagus, exora baru atau ipah/serena seken?
note : baru sekedar pertimbangan aja ya. realisasinya sih belum tau kapan.
klu boleh minta saran, mana yg lebih bagus, exora baru atau ipah/serena seken?
note : baru sekedar pertimbangan aja ya. realisasinya sih belum tau kapan.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Proton Exora - PART 02
wah, critanya diajak jalan2 anak buah nihVanzMatic wrote:Sekedar sharing, tadi seharian diajak direktur marketing perusahaan ane untuk ke tempat kastemer...
mungkin ada solusi dng konsultasi ke bengkel yg udh nemu racikan Gen.2 persona ,Satu hal yang kurang disuka oleh si oboss, FC nya. Boros. Dia itung2, dalam sehari, biaya tol dan bensinnya bisa 100rb untuk pp rumah kantor. Kantor di Cakung, rumah di bekasi timur.
Udah segitu dulu, ntar disambung lagi, engga pandai merangkai kata dalam review seperti master tester om Djay... besok masih ada agenda lagi jalan bareng mobil si Malon ini..
Beauty Power di Hang Jebat Jkt.
info dari:
http://www.facebook.com/notes/beauty-po ... 2454832768
http://oto.detik.com/read/2012/05/07/10 ... rsona-club
http://www.beautypower.co.id/about-us/contact-us
http://personaholics.wordpress.com/2012 ... uty-power/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Proton Exora - PART 02
bos besar lg kontrol langsung kinerja anak buah dilapangan.........mantaaabbbyoyoyo wrote:wah, critanya diajak jalan2 anak buah nihVanzMatic wrote:Sekedar sharing, tadi seharian diajak direktur marketing perusahaan ane untuk ke tempat kastemer...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Sableeeengngng...doq wrote:bos besar lg kontrol langsung kinerja anak buah dilapangan.........mantaaabbbyoyoyo wrote:wah, critanya diajak jalan2 anak buah nihVanzMatic wrote:Sekedar sharing, tadi seharian diajak direktur marketing perusahaan ane untuk ke tempat kastemer...
Woi, ntu direktur marketing woy... ane mah masih kunyuk kunyuk tukang bikin repot direktur...
Ternyata tipe nya CPS.
Space untuk kaki di row dua:
Pas balik dari balaraja, kesempatan nyobain tu mobil... secara, tiba2 si boss langsung kasih kunci ke ane,"Van, supirin ya, gue ngantuk nih.."
Kesan pertama, mobil ini lebarr seperti Innova.. Bahkan ruang kaki penumpang yang nyaman nampaknya menjadi senjata utama Exora ini.
Saat kunci kontak diputar untuk menyalakan, suaranya Brrrrmmmmm macam ngebas khas mobil sedan. First impression, ini mobil nampaknya menganut rasio gigi yang halus. Karena, saat lepas rem, meluncurnya ini mobil di posisi D tanpa injek gas, kurang selincah Kaleng matik. Kalau pedal gas diinjak dikit, suara mesinnya seperti berat gitu, baru naik kecepatan dan rpmnya.
Dan ini terbukti, di jalan tol merak, kecepatan 110kpj, putaran mesin hanya 2.800 rpm. Berhubung nyupirin si boss, engga berani bejek lagii..
Injekan rem, terasa agak agak lebih dalem dibanding Apanjah-Siniah. Kalau di kaleng ane cukup injek dikit rem nya udh terasa efek braking nya, kalo di Exora, agak dalam. Entah mungkin karena kampas rem mobil ini sudah tanda2 minta diganti...
Kerasa banget kalau mobil ini memang special untuk keluarga. Kelincahan agak kurang, akselerasi agak berat, menuntut urut gas yang halus2 aja, bukan untuk selap selip diantara kemacetan parah.
nanti disambung lagi ya, kudu report perjalanan kemarin nih...
Salam!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Proton Exora - PART 02
Muantaabssss
Kesimpulannya berarti oke ya ni mobil? Ada minor glitch?
Kesimpulannya berarti oke ya ni mobil? Ada minor glitch?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
sing underlined, opo kuwi, mod?AD74YA wrote:Muantaabssss
Kesimpulannya berarti oke ya ni mobil? Ada minor glitch?
Riding impression, jempol. Ruang kaki kanan buat driver, cukup luas... Dengkul ke doortrim masih cukup luas. Rada2 mirip dengan ruang kaki kanan honda Civic Nouva.
Aftersales service...auk....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Proton Exora - PART 02
Stabilitas gimana om? Limbung kek Ipah? Limbung parah kek Ispan? Moderate? Penasaran aja, ni brand kan hobi nyeret2 nama Lotus.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Engga separah Avania. Kira2 kayak Ipah deh, secara juga, nyupirin boss lahh....mana berani ane bikin manuver2... adanya sih kalo bisa, oboss gue bikin terlelap mlulu selama gue supirin...Nightster Guy wrote:Stabilitas gimana om? Limbung kek Ipah? Limbung parah kek Ispan? Moderate? Penasaran aja, ni brand kan hobi nyeret2 nama Lotus.
Sialnya, ntu notifikasi BBM beliau yang always vibrate yang bikin beliau bangun.. Kamseupay tuh yg bbm...
Yang pernah sih waktu oboss masih belum ngantuk, dia keukeuh nyupirin, pernah manuver belok, limbung khas mpv jelas susah dieliminasi, bro.. Terasa. Tapi nda separah Ispan atau Avania.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Re: Proton Exora - PART 02
Itu kulitnya bukan ori kan? elek :p Kalo ini mobil ditangan ane, tak kasi spacer biar bannya nongol dikit keluar, cari pelek yg 1 inci diatas standar. Ama itu wing belakang buang (MPV kok pake wing)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Beraat dah lepel modif nya om FM.....FortunerMan wrote:Itu kulitnya bukan ori kan? elek :p Kalo ini mobil ditangan ane, tak kasi spacer biar bannya nongol dikit keluar, cari pelek yg 1 inci diatas standar. Ama itu wing belakang buang (MPV kok pake wing)
banyak nih MPV pakai spoiler disini.... termasuk kaleng ane, udh bawaannya... Pantesan driver kaleng jadi putus semua urat takutnya gegara ada spoiler ...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Re: Proton Exora - PART 02
Hehe...maksud ane, bannya Exora emang keliatan terlalu masuk ke dalem....kalo extremenya kaya metromini....bannya ke dalem banget, body lebar. Kalo dikasi spacer..pasti lebih cakep.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Hihihi, iya, jeli juga om FM... ane juga baru ngeh setelah liat potona... kok mendelep (masuk) gitu bannya dari penampakan belakang...FortunerMan wrote:Hehe...maksud ane, bannya Exora emang keliatan terlalu masuk ke dalem....kalo extremenya kaya metromini....bannya ke dalem banget, body lebar. Kalo dikasi spacer..pasti lebih cakep.
Tuh mobil tarikan depan apa belakang ya....?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Proton Exora - PART 02
@VM: fwd brooo... ruang kaki nya kalah sama L300
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Kalau leg room:ak4ng wrote:@VM: fwd brooo... ruang kaki nya kalah sama L300
1. Depan, ane emang kebiasaan kalo duduk, engga terbiasa di posisi kursi sedemikian sampai kaki selonjor, even di Exora, itu bisa banget penumpang depan mundurin kursinya ampe selonjor. Kalau posisi kaki depan begitu, karena memang ane majuin dari setelan si oboss. Makanya waktu oboss disupirin, dia bilang,"Kamu ga kesempitan nih dimajuin? Bukannya kaki ente panjang?"
2. Posisi seat belakang (row 2) IMO cukup luas, walaupun seat depan dimundurin. Masih sisa banyak.
Kalo bandingin row 2 nya Exora, silakan you bandingin ama Papanjah. Sama2 mesin depan, bro, jadi imbang. Kalo space tempat kaki untuk kursi depan dan row 2 ente bandingin ama L300, ya ngga bisa bandingin. Bandinginnya ama Futura atau Zebra, gitu. Antara Futura ama Zebra, lebih nyaman futura lah, walaupun leg room Zebra terlihat luas, tapi terganggu dengan 'punuk' onta tempat mesinnya yang bikin posisi duduknya ngga nyaman, karena posisi kaki kita malah menaik..
Kalau L300, posisi kaki di row 3 malah ketahan seperti dinding tegak dibelakang kursi depan kan?? Kalau kaki di penumpang depan.........jadi bemper juga kan.....?
...........................
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Proton Exora - PART 02
apanja rwd brooo... ada selokannya... ntu exora ga ada... jadi masi ga apple to apple...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Trus maksud kalimat ini apa coba?ak4ng wrote:apanja rwd brooo... ada selokannya... ntu exora ga ada... jadi masi ga apple to apple...
Ruang kaki itu Leg Room bukan?ak4ng wrote:-cut-
ruang kaki nya kalah sama L300
Setau ane sih, yang namanya leg room tu ruang untuk menjulurkan kaki kita sampai maksimal ke depan.
Bukan tentang ada atau tidaknya tonjolan di dek tengah sebagai tempat propeller shaft.
Kalau mau sama2 RWD dan tonjolan, Mitsu Kuda juga lebih lega dibanding Papanjah, karena walaupun Kuda menganut Rwd, tapi dek lantai di row 2 TIDAK ada tonjolan sama sekali.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Proton Exora - PART 02
lha kan ane cuma bandingin ruang kaki exora VS L300.. ntu aja.... ga bawa2 apanja....VanzMatic wrote:Trus maksud kalimat ini apa coba?ak4ng wrote:apanja rwd brooo... ada selokannya... ntu exora ga ada... jadi masi ga apple to apple...
Ruang kaki itu Leg Room bukan?ak4ng wrote:-cut-
ruang kaki nya kalah sama L300
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Itu lebih ngga apple to apple donk....
Ruang kaki row ke 2 untuk L300, flat sesuai struktur chassis tangga nya, dan ada di atas poros roda.
Ruang kaki row 2 untuk mobil2 mesin depan dan chassis monokok (cmiiw), tidak setinggi ruang kaki L300.
Sudah gitu, ruang kaki row 2 L300 kan dibatasin 'wall'.
Sedangkan ruang kaki mobil mesin depan, kaki bisa selonjor di bawah kursi depan.
Tinggal seberapa jarak antara kursi depan dengan lantai dek, agar tulang sendi telapak kaki engga kayak kejepit kursi depan gt..
Kecualiiii...kalau konfigurasi kursi L300 dibikin hanya 3 baris, nah, ntu ente bisa gelar kasur di depan kursi row 2.
Tapi sepengalaman ane dengan mobil pesek, kurang nyamannya kaki di row 2 bukan karena tidak luas, tapi posisi tungkai kaki kita yang kalo duduk di row 2 mobil pesek, posisinya kayak menekuk ke atas.
IMHO sihh.,.
Ruang kaki row ke 2 untuk L300, flat sesuai struktur chassis tangga nya, dan ada di atas poros roda.
Ruang kaki row 2 untuk mobil2 mesin depan dan chassis monokok (cmiiw), tidak setinggi ruang kaki L300.
Sudah gitu, ruang kaki row 2 L300 kan dibatasin 'wall'.
Sedangkan ruang kaki mobil mesin depan, kaki bisa selonjor di bawah kursi depan.
Tinggal seberapa jarak antara kursi depan dengan lantai dek, agar tulang sendi telapak kaki engga kayak kejepit kursi depan gt..
Kecualiiii...kalau konfigurasi kursi L300 dibikin hanya 3 baris, nah, ntu ente bisa gelar kasur di depan kursi row 2.
Tapi sepengalaman ane dengan mobil pesek, kurang nyamannya kaki di row 2 bukan karena tidak luas, tapi posisi tungkai kaki kita yang kalo duduk di row 2 mobil pesek, posisinya kayak menekuk ke atas.
IMHO sihh.,.
Last edited by VanzMatic on Mon May 14, 2012 8:41, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Proton Exora - PART 02
Eaaaaaaaaaaaaaaaa............
Terus-terus. Mosok segini doang ributnya????
Hajar K4ng (skali2 lawan ortu gapapa gak kualat kok) !!!!
Hajar om (masak punya anak gak mo diatur gak takut kualat apa) !!!!
Terus-terus. Mosok segini doang ributnya????
Hajar K4ng (skali2 lawan ortu gapapa gak kualat kok) !!!!
Hajar om (masak punya anak gak mo diatur gak takut kualat apa) !!!!
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Proton Exora - PART 02
Nightster Guy wrote:Eaaaaaaaaaaaaaaaa............
Terus-terus. Mosok segini doang ributnya????
Hajar K4ng (skali2 lawan ortu gapapa gak kualat kok) !!!!
Hajar om (masak punya anak gak mo diatur gak takut kualat apa) !!!!
Cipok gosong nih om?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Proton Exora - PART 02
om VM blm nyoba limousine L300 5 seater special edition ya??? cb duduk di blakang trus masukin revo ente... gimana??