Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Tue Aug 18, 2009 15:09
Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Siang semua,
ngelanjutin #curcol di trit electric door cars di subforum MPV, kayaknya lebih enak bikin trit sendiri aja disini
Sekarang gw pake captiva diesel untuk sehari2, untuk antar jemput anak sekolah ada Grand Livina Ultimate A/T yg umurnya udah 2 taon lebih.
Berhubung anak 4 dan jam sekolah ga sama, mobil GL ini tiap hari harus bolak balik & rata2 jalan 150 KM - 200 Km per hari, daily sih ada supir yang nyetirin GL ini.
Saat ini sih basically GL masih mencukupi untuk aktifitas antar jemput itu, walaupun udah agak sempit yah.
Kalo weekends biasanya paling dipaksa2in naik ke captiva gw untuk jalan ke mall etc, so basically keinginan nyari mobil baru untuk ganti/upgrade GL masih 80% "wants" & cuman 20% "needs"
Dengan jarak tempuh tiap hari seperti itu, yang kebayang sekarang adalah nyari mobil diesel, kalo mpv baru seperti Biante (atau Serena C26 / Toyota Noah yg katanya udah mo masuk Indo), kayaknya bakalan berat di konsumsi BBM sehari2, apalagi mesinnya kudu tenggak Pertamax. Gw tinggal di Makassar btw, untuk diesel disini cuman ada solar pertamina, ga ada biosolar-pertadex, untuk bensin cuman ada premium & pertamax aja.
Waktu ngobrol ama bini, versi ideal bini adalah mpv dengan model captain seat di 2nd row, dan udah ada built in monitor/dvd player untuk anak2 seperti yg ada di GL sekarang.
Kalo dikerucutkan, nyari mpv diesel + captain seat + ICE yg udah lumayan, berarti ga ada pilihan laen selain Hyundai H1 ya ?
Taon 2001-2007an gw pernah pake Hyundai Trajet, mobil sih not bad untuk kondisi saat itu, dimana innova lom rilis. Masalahnya cuman di konsumsi bbm yang mahal (kudu kelas pertamax, dipakein premium jelek banget jadinya) dan maintenance yang berat. Dealer Hyundai saat itu ga banyak ready spareparts etc, jadinya gw terpaksa hunting sendiri ke Jakarta & Surabaya. Pengalaman ini yang membuat nyonya jadi males pake Hyundai lagi (well, selain saat itu resale value emang terjun bebas banget )
Dealer Hyundai disini sekarang udah ganti perusahaan lagi, tempat yg dulu gw beli udah tutup, ganti perusahaan baru yg jadi dealer, lom tau juga sih gimana kondisi dealer/beres yang sekarang, udah mulai keliatan ada Grand Avega etc di jalan disini, tapi masih ga banyak.
Segi + kalo ngambil H1, yah berarti kondisi ideal yang sesuai keinginan gw + nyonya bisa diakomodir, mudah2an H1 CRDi bisa tenggak solar biasa
Segi - kalo ngambil H1, harga yang tinggi lompatnya dari kelas GL (Pricelist H1 dealer sini @488jt, beda ama pricelist H1 di Jkt yang @431jt, kondisi masih lom nego apa2 yah, baru harga pricelist doang). Selain itu ada sedikit unsur "gambling" untuk memberikan kepercayaan lagi ke dealer/Hyundai untuk segi after sales service.
Lom check juga apakah dealer Hyundai sini juga menawarkan opsi 3 years guaranteed fixed price untuk buyback. Kalo misalnya ada, sempet kepikiran untuk maksain diri ngambil H1 ini dan dipakai 3 taon, abis itu jual balik ke dealer. Masih dapet sekitar 70%an dari harga beli awal kan ya ?
Kalo misalnya ngambil mpv diesel non captain seat, berarti pilihannya lari ke Innova kayaknya. Dari daya muat vs GL, kayaknya beda2 tipis doang, tetep kudu ditambahin macem2 untuk ICE.
Yah itu aja sih sebenernya curcol gw, makasih udah mampir, sukur2 kalo ada rekomendasi dan/atau input dari yang baca.
Thanks for reading
ngelanjutin #curcol di trit electric door cars di subforum MPV, kayaknya lebih enak bikin trit sendiri aja disini
Sekarang gw pake captiva diesel untuk sehari2, untuk antar jemput anak sekolah ada Grand Livina Ultimate A/T yg umurnya udah 2 taon lebih.
Berhubung anak 4 dan jam sekolah ga sama, mobil GL ini tiap hari harus bolak balik & rata2 jalan 150 KM - 200 Km per hari, daily sih ada supir yang nyetirin GL ini.
Saat ini sih basically GL masih mencukupi untuk aktifitas antar jemput itu, walaupun udah agak sempit yah.
Kalo weekends biasanya paling dipaksa2in naik ke captiva gw untuk jalan ke mall etc, so basically keinginan nyari mobil baru untuk ganti/upgrade GL masih 80% "wants" & cuman 20% "needs"
Dengan jarak tempuh tiap hari seperti itu, yang kebayang sekarang adalah nyari mobil diesel, kalo mpv baru seperti Biante (atau Serena C26 / Toyota Noah yg katanya udah mo masuk Indo), kayaknya bakalan berat di konsumsi BBM sehari2, apalagi mesinnya kudu tenggak Pertamax. Gw tinggal di Makassar btw, untuk diesel disini cuman ada solar pertamina, ga ada biosolar-pertadex, untuk bensin cuman ada premium & pertamax aja.
Waktu ngobrol ama bini, versi ideal bini adalah mpv dengan model captain seat di 2nd row, dan udah ada built in monitor/dvd player untuk anak2 seperti yg ada di GL sekarang.
Kalo dikerucutkan, nyari mpv diesel + captain seat + ICE yg udah lumayan, berarti ga ada pilihan laen selain Hyundai H1 ya ?
Taon 2001-2007an gw pernah pake Hyundai Trajet, mobil sih not bad untuk kondisi saat itu, dimana innova lom rilis. Masalahnya cuman di konsumsi bbm yang mahal (kudu kelas pertamax, dipakein premium jelek banget jadinya) dan maintenance yang berat. Dealer Hyundai saat itu ga banyak ready spareparts etc, jadinya gw terpaksa hunting sendiri ke Jakarta & Surabaya. Pengalaman ini yang membuat nyonya jadi males pake Hyundai lagi (well, selain saat itu resale value emang terjun bebas banget )
Dealer Hyundai disini sekarang udah ganti perusahaan lagi, tempat yg dulu gw beli udah tutup, ganti perusahaan baru yg jadi dealer, lom tau juga sih gimana kondisi dealer/beres yang sekarang, udah mulai keliatan ada Grand Avega etc di jalan disini, tapi masih ga banyak.
Segi + kalo ngambil H1, yah berarti kondisi ideal yang sesuai keinginan gw + nyonya bisa diakomodir, mudah2an H1 CRDi bisa tenggak solar biasa
Segi - kalo ngambil H1, harga yang tinggi lompatnya dari kelas GL (Pricelist H1 dealer sini @488jt, beda ama pricelist H1 di Jkt yang @431jt, kondisi masih lom nego apa2 yah, baru harga pricelist doang). Selain itu ada sedikit unsur "gambling" untuk memberikan kepercayaan lagi ke dealer/Hyundai untuk segi after sales service.
Lom check juga apakah dealer Hyundai sini juga menawarkan opsi 3 years guaranteed fixed price untuk buyback. Kalo misalnya ada, sempet kepikiran untuk maksain diri ngambil H1 ini dan dipakai 3 taon, abis itu jual balik ke dealer. Masih dapet sekitar 70%an dari harga beli awal kan ya ?
Kalo misalnya ngambil mpv diesel non captain seat, berarti pilihannya lari ke Innova kayaknya. Dari daya muat vs GL, kayaknya beda2 tipis doang, tetep kudu ditambahin macem2 untuk ICE.
Yah itu aja sih sebenernya curcol gw, makasih udah mampir, sukur2 kalo ada rekomendasi dan/atau input dari yang baca.
Thanks for reading
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Hanya urun bicara aja...
Bukannya Grand New Innova yg sekarang itu ada 12 varian yah,...? Kalo ngga salah inget, tipe 2.5 V (Diesel) adalah spek paling tinggi dari mesin Dieselnya, sudah captain seat, dan rear roof monitor.
Kalo menurut sy, Innova lebih lega dibanding GL, apalagi mesinnya masih tahan kalau diminumin biosolar. Apalagi posisi di Makassar. Tapi handling, jangan terlalu berharap bs diajak manuver lincah di kecepatan tinggi ya. Nanti adanya limbung doang..
Monggo sesepuh SM lain nambahin lagi...
Bukannya Grand New Innova yg sekarang itu ada 12 varian yah,...? Kalo ngga salah inget, tipe 2.5 V (Diesel) adalah spek paling tinggi dari mesin Dieselnya, sudah captain seat, dan rear roof monitor.
Kalo menurut sy, Innova lebih lega dibanding GL, apalagi mesinnya masih tahan kalau diminumin biosolar. Apalagi posisi di Makassar. Tapi handling, jangan terlalu berharap bs diajak manuver lincah di kecepatan tinggi ya. Nanti adanya limbung doang..
Monggo sesepuh SM lain nambahin lagi...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Setau ane versi captain seatnya Innova itu yg beremblem Luxury, dan tidak ada mesin diesel innova yg beremblem Luxury even tipe V. CMIIW.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Oh iya ya... bener, om... Maaf ya...Belphegor wrote:Setau ane versi captain seatnya Innova itu yg beremblem Luxury, dan tidak ada mesin diesel innova yg beremblem Luxury even tipe V. CMIIW.
Thanks for correction...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
wah kalo di UPG mending cari MPV yg kaki2-nya kuat dah + ban AT-S kayak Yokohama Geolandar......secara jalanan di sana yg spt itu......
Di UPG sih utk MPV ya pilihan paling tepat ya Ipah (D4 D preferably), yg udah terbukti kaki2-nya kuat, mo pake jalan ke Bili2 / Pare2 / Malino / Pantai Bira monggo dah.......cuman kalo mau sering keluar kota sgt direkomen :
- Shock ganti yg bagus / heavy duty
- Ban pakai AT-S spt Yokohama Geolandar AT-S or semacamnya, uk 215 / 70 R15 dah cukup.
MPV Monocoque dgn EPS (Electric Pow Steering) sih yah tinggal tunggu waktu EPS nya jebol aja kalo sering dipake ke Bili2 + kaki2 amsiong dan akhirnya bunyi2........
Di UPG sih utk MPV ya pilihan paling tepat ya Ipah (D4 D preferably), yg udah terbukti kaki2-nya kuat, mo pake jalan ke Bili2 / Pare2 / Malino / Pantai Bira monggo dah.......cuman kalo mau sering keluar kota sgt direkomen :
- Shock ganti yg bagus / heavy duty
- Ban pakai AT-S spt Yokohama Geolandar AT-S or semacamnya, uk 215 / 70 R15 dah cukup.
MPV Monocoque dgn EPS (Electric Pow Steering) sih yah tinggal tunggu waktu EPS nya jebol aja kalo sering dipake ke Bili2 + kaki2 amsiong dan akhirnya bunyi2........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2285
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Berarti avanza juga nggak cocok untuk di Ujung Pandang / Makassar ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
sepertinya harus upgrade sendiri klo mau jadi captain seat di D4D... di brosurnya sih ada accessories captain seat type V.. tp ya pastinya klo accessories resmi harganya lumayan mahal... (mendingan buat beli chip buat mesin d4d jadi ngacir aja deh klo gw hhahahaha)Belphegor wrote:Setau ane versi captain seatnya Innova itu yg beremblem Luxury, dan tidak ada mesin diesel innova yg beremblem Luxury even tipe V. CMIIW.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Kijang 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Yang ane tau tipe Luxury cuma ada di Innova bensin, even yg G juga ada Luxury, kebalikannya, even diesel yg V tdk ada yg tipe Luxury. CMIIW.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Loh EPS tu tetep jauh lbh lemah dr PS hidrolik ya? apanya yg plg gampang kena di jlnan buruk? Motornya?
motor EPS yg mobil2 kelas gini harganya berkisar brpan?
motor EPS yg mobil2 kelas gini harganya berkisar brpan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Melihat kebutuhannya, ane vote for Innova Diesel A/T. Kaki-kaki kokoh, kabin cukup kedap suara & jauh lebih lega dari GL, mesin bandel, spare part & bengkel tersebar. Soal captain seat, kalau jok orisinal toyota mahal, bisa pesan ke tukang jok. Harganya di Jakarta sekitar 2jt komplit dgn arm rest dgn garansi 5 th.
Soal suspensi, handling & kestabilan, bisa minta advis om Turbo, mungkin pasang stabilizer/sway bar/ganti sobreker dsb.
Soal power mesin, cukup ganti chip ECU sudah maknyos...
Soal hiburan, tinggal tambahkan monitor head rest, monitor plafon & perangkat pendukung lain.
Memang sayang sekali Toyota mendefinisikan luxury itu harus bermesin bensin, jadi semua innova diesel saat ini belum ada yg berjok captain seat. Tapi mau gimana lagi? Kekurangan innova di soal jok & hiburan masih bisa diatasi, kalo kekurangan GL di volume kabin & mesin lebih susah lagi kan?
Memang perlu sedikit upaya, tapi hasilnya adalah mobil yg (diharapkan) bisa memenuhi semua kebutuhan.
Soal suspensi, handling & kestabilan, bisa minta advis om Turbo, mungkin pasang stabilizer/sway bar/ganti sobreker dsb.
Soal power mesin, cukup ganti chip ECU sudah maknyos...
Soal hiburan, tinggal tambahkan monitor head rest, monitor plafon & perangkat pendukung lain.
Memang sayang sekali Toyota mendefinisikan luxury itu harus bermesin bensin, jadi semua innova diesel saat ini belum ada yg berjok captain seat. Tapi mau gimana lagi? Kekurangan innova di soal jok & hiburan masih bisa diatasi, kalo kekurangan GL di volume kabin & mesin lebih susah lagi kan?
Memang perlu sedikit upaya, tapi hasilnya adalah mobil yg (diharapkan) bisa memenuhi semua kebutuhan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Mantab om.. ijin save pict nya ya.dream_theater wrote:Melihat kebutuhannya, ane vote for Innova Diesel A/T. Kaki-kaki kokoh, kabin cukup kedap suara & jauh lebih lega dari GL, mesin bandel, spare part & bengkel tersebar. Soal captain seat, kalau jok orisinal toyota mahal, bisa pesan ke tukang jok. Harganya di Jakarta sekitar 2jt komplit dgn arm rest dgn garansi 5 th.
Soal suspensi, handling & kestabilan, bisa minta advis om Turbo, mungkin pasang stabilizer/sway bar/ganti sobreker dsb.
Soal power mesin, cukup ganti chip ECU sudah maknyos...
Soal hiburan, tinggal tambahkan monitor head rest, monitor plafon & perangkat pendukung lain.
Memang sayang sekali Toyota mendefinisikan luxury itu harus bermesin bensin, jadi semua innova diesel saat ini belum ada yg berjok captain seat. Tapi mau gimana lagi? Kekurangan innova di soal jok & hiburan masih bisa diatasi, kalo kekurangan GL di volume kabin & mesin lebih susah lagi kan?
Memang perlu sedikit upaya, tapi hasilnya adalah mobil yg (diharapkan) bisa memenuhi semua kebutuhan.
Ane sependpt soal penyesuaian2 yg dilakukan sebaiknya yg memang memugkinkan aja alias possible dan simpel.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
+1 innova diesel
kalau gak salah Innova yang paling mahal bukannya ada Innova Luxury Diesel?
kalau gak salah Innova yang paling mahal bukannya ada Innova Luxury Diesel?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
1. Sejauh ini hidrolik scr umum masih lebih kuatandy1800 wrote:1. Loh EPS tu tetep jauh lbh lemah dr PS hidrolik ya?
2. apanya yg plg gampang kena di jlnan buruk? Motornya?
motor EPS yg mobil2 kelas gini harganya berkisar brpan?
2. Shaft worm gear ke electro motor, lama2 KO shaft-nya
3. Tahun lalu yaa siapin aja dah 9 jt., krn hrs ganti assy dgn motor dan worm gear, ga bisa beli shaftnya aja
So far yg ane lihat sendiri Merc B Class dan Alphard gen.2 itu gak gitu tahan dihajar lewat jalan jelek.
kalo di CRV gen.3 milik ane dah 5 taun en jalan 55 rb. Km sih EPS nya so far baik2 aja.......jadi kayaknya kekuatan EPS tiap mobil ada beda2.
Konon yg kasus suka KO yg posisi Motornya di sisi atas / lebih dekat ke steering column, krn berarti dia nge-drive shaft lebih panjang, kerjanya jadi lebih berat drpd yg motornya di bawah, menurut analisa teman ane dari bengkel FAM - Gerlong.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Turboman wrote:1. Sejauh ini hidrolik scr umum masih lebih kuatandy1800 wrote:1. Loh EPS tu tetep jauh lbh lemah dr PS hidrolik ya?
2. apanya yg plg gampang kena di jlnan buruk? Motornya?
3. motor EPS yg mobil2 kelas gini harganya berkisar brpan?
2. Shaft worm gear ke electro motor, lama2 KO shaft-nya
3. Tahun lalu yaa siapin aja dah 9 jt., krn hrs ganti assy dgn motor dan worm gear, ga bisa beli shaftnya aja
So far yg ane lihat sendiri Merc B Class dan Alphard gen.2 itu gak gitu tahan dihajar lewat jalan jelek.
kalo di CRV gen.3 milik ane dah 5 taun en jalan 55 rb. Km sih EPS nya so far baik2 aja.......jadi kayaknya kekuatan EPS tiap mobil ada beda2.
Konon yg kasus suka KO yg posisi Motornya di sisi atas / lebih dekat ke steering column, krn berarti dia nge-drive shaft lebih panjang, kerjanya jadi lebih berat drpd yg motornya di bawah, menurut analisa teman ane dari bengkel FAM - Gerlong.
ic.. penjelasan yg sungguh mengena
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Tue Aug 18, 2009 15:09
Re: Curcol - Family MPV 7 seaters untuk ganti Grand Livina
Makasih om2 semua yang udah mampir baca & ngasih saran
Setelah dipikir2, emang kayaknya untuk kondisi Makassar (jalanan / reliability kendaraan / jaringan after sales etc), yang paling makes sense saat ini adalah ngambil ipah D4D
Berhubung emang saat ini juga lom butuh2 banget ganti GL nya, gw akan nunggu sampai awal taon depan sebelon pull the trigger & akuisisi ipah nya.
Btw,
so far lom ada bocoran bakal ada penggantian model besar2an untuk ipah D4D di taon 2013 nanti kan ?
Soalnya baca2 di subforum SUV, gw takut ntar dikerjain toyota kayaknya yg ngambil 42ner di awal taun ini, tau2 tengah taon nongol versi VNT yg totally new.
Bisa stress berat itu kalo gw jadi ngambil ipah D4D awal taon depan trus kena kejadian yang sama
Again, udah mampir & ngasih saran semuanya
Setelah dipikir2, emang kayaknya untuk kondisi Makassar (jalanan / reliability kendaraan / jaringan after sales etc), yang paling makes sense saat ini adalah ngambil ipah D4D
Berhubung emang saat ini juga lom butuh2 banget ganti GL nya, gw akan nunggu sampai awal taon depan sebelon pull the trigger & akuisisi ipah nya.
Btw,
so far lom ada bocoran bakal ada penggantian model besar2an untuk ipah D4D di taon 2013 nanti kan ?
Soalnya baca2 di subforum SUV, gw takut ntar dikerjain toyota kayaknya yg ngambil 42ner di awal taun ini, tau2 tengah taon nongol versi VNT yg totally new.
Bisa stress berat itu kalo gw jadi ngambil ipah D4D awal taon depan trus kena kejadian yang sama
Again, udah mampir & ngasih saran semuanya