Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

madcat015 wrote:Om Turbo, kalo CBU Jepang oli nya tahan banting ga? Ane lupa di manual book nya kapan harus ganti oli pertama. :mky_01:

Odo sekarang di 700an km.
oo itu sih gak pa pa, pakai terus aja nanti ganti nyantai2 di 2000 - 3000 Km.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by g4ndalf »

Turboman wrote:
ilhami wrote:Melihat pengalaman Om turbo yang ganti oli kurang dari 10000 km, berarti standar pabrikan ganti oli di 10000 km perlu dipertanyakan, terutama untuk kondisi jakarta ya?
hal itu memang membuat tanda tanya, tapi kalo ane pribadi sih percaya ada "unsur politis".....ya gimanapun pabrikan mobil pasti berharap orang ganti mobil "jangan lama2 dah"..........mudah2-an pandangan saya salah..........heheheheheheheh

Khusus utk mobil2 yg karter-nya besar spt Ipah / 42ner, ganti oli di atas 5000 Km gak masalah, tapi kalo oli mineral std ya berat juga dihantam sampe 10 rb Km, di 6000 Km aja oli mineral udah drop kinerjanya

Kalau si Honda lebih realistis, di buku servis R20A disuruh ganti tiap 5000 Km, walau di negara maju pasti ganti tiap 10.000 Km.

IMO & CMIIW
Iya betul... honda lebih realistis, saya sempet nanya2 mekanik beresnya. Karena pemakaian di indonesia lain dengan luar negeri. Jadi sebetulnya ukuran odometer utk ganti oli itu agak kurang tepat. Misal kendaraan A digunakan utk ber macet2 ria, kecepatan rata 10km / jam, sedangkan kendaraan B relatif digunakan di rute2 yg lancar, kecepatan rata2 20 kpj. Dengan asumsi sama2 menempuh jrk 5000km maka mesin kendaraan A telah menyala selama 500 jam, sedangkan mesin kendaraan B hanya 250 jam.

Utk mekanik2 genset mereka semua patokannya brp jam mesin tsb nyala. Jadi secara teknis biarpun km baru 5000 tapi kalo kendaraan dinyalain terus (misal parkir dinyalain buat idupin AC) - kualitas oli kemungkinan sudah menurun.

Sebetulnya lebih realistis kalau mesin menyala terus menerus, terlepas dari brp km yg sudah ditempuh seharusnya ganti oli. Tapi masalahnya, nanti kalau satu pabrikan melakukan ini, bisa jadi 'dipolitisir' mesinnya gak awet, dll.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by madcat015 »

Turboman wrote:
madcat015 wrote:Om Turbo, kalo CBU Jepang oli nya tahan banting ga? Ane lupa di manual book nya kapan harus ganti oli pertama. :mky_01:

Odo sekarang di 700an km.
oo itu sih gak pa pa, pakai terus aja nanti ganti nyantai2 di 2000 - 3000 Km.
Makasih atas jawabannya om Turbo... :thanks:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by freeza »

Turboman wrote:
freeza wrote:Kalo saya kebetulan pake chevy yg CBU dari KORSEL.
Begitu terima kendaraan, saya langsung masukin ke BERES lagi untuk ganti oli mesin + filter, dan kuras oli transmisi maticnya.
Utk Captiva konon oli bawaan aslinya udah pake Total, berarti ganti nyantai2 aja di KM 2000 & 3000 gak pa pa

Oli Matic gak perlu diganti, nanti gantinya di 20 - 25 rb Km aja.


Soalnya saya tanya BERES, gak pada tau dari pabrik pake oli apa. kebetulan oli transmisi maticnya kurang, daripada ditambah sama yg tidak sejenis, mending sekalian dikuras.

Di BERES chevy pake DEXOS (SN 5W-30) dan Q8 DEXRON 6 untuk oli transmisi maticnya
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by y_anjasrana »

wahhh td udah 1000km aja. cepet bgt kyknya..... ganti oli ga ya......
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by nugroho bagor »

y_anjasrana wrote:wahhh td udah 1000km aja. cepet bgt kyknya..... ganti oli ga ya......
Emang simalakama,tapi saya kemarin ganti juga brooo
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Salvanost »

ayo2 yang mau ganti oli km 1000
sekalian dibuktiin banyak gram apa ga...
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by ferryset »

wah bisa seperti gambar itu? berarti 1000 km tuh terjadi banyak terjadi friksi atau gesekan. mungkin karena mesin baru. jadi kalau membeli mobil baru harus seperti itu ya? saya membeli mobil baru baru servis kadang-kadang sekitar 2000 km, setelah melihat gambar diatas betapa menakutkan kl mesin macet gara-gara banyaknya gram. thanks udah sharing hal-hal yang menurut saya penting seperti ini. semoga agan-agan bisa memberi oipini atau pendapat yang penting yang kadang kita tidak sadari. thanks
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Salvanost »

Image

ga ada gram
ganti pas km 1100
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Hansen »

kirain kopi tubruk... :big_slap:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26941
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by DOHC »

no pic = hoax...

subjek kali ini adalah sainz gear GL-5, 75W-90...

penampakan oli stelah dipake jalan 4000 km utk rute lintas pantura selama sbulan ini.. sebenernya ini oli yg uda ane endapkan slama sminggu... karena swaktu baru di tap, oli nya persis sperti postingan di atas ane yg mirip kopi tubruk itu.. stelah diendapkan, ngendaplah itu sedimen warna item.. entah masuk dari mana..
P1080454.JPG
ini penampakan oli waktu masi baru...
P1080455.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
biospeed
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Feb 10, 2013 10:27

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by biospeed »

Turboman wrote:As subject

Khususnya oli mesin dan gardan utk mobil2 baru yg CKD / assembling / produksi Dalam negeri

Yuk kita lgs saja lihat gambarnya

Yg di baskom = oli Gardan bawaan pabrik yg dibuang di 600 Km, Ipah D4 D, lihat ada busa-nya.

Yg satunya = oli gardan bawaan pabrik yg dibuang di 1100 Km, 42ner VNT.

Note = kondisi tiap mobil ada berbeda beda, tapi memang utk jaga2 ada baiknya oli2 bawaan pabrik diganti secepat mungkin or at least KM 1000 (khusus mobil CKD), kecuali ATF matic.

:frm_tumbright:
ih ngeri kotornya

apa itu utk mbl baru saja kan 1000km penggantian olinya?
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Yusaku »

Kemarin nurutin saran Pak TurboMan,

mobil aku Innova 2.0 Bensin

sewaktu ganti oli Gardan memang sempat kejadian seperti Gambar Pak Turbo yang ini, dengan kondisi kilometer 500KM

Image


tetapi setelah oli keluar tidak ada busanya, dan warna oli biru biru gelap gitu.
Image

diganti pakai FK Gear LSD GL5 75w-90 kalau ndak salah smoga bisa ikut aku sampai lama
chox
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Nov 13, 2012 6:28

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by chox »

Turboman wrote:
Penikmat_Kopi wrote:
kalau saya sih sampe 5000 Km pake mineral, tapi kalau ente mau lgs sintetis ya monggo aja
Kalo buat gardan sih sy nyaranin tetep yg sedang2 dulu aja, pakai aja yg SAE 80W90 / 85W90 / 90 yang penting API GL-5
Buat mesin kalau mau mineral pakai yg 15W40 khusus Diesel API CI-4 (merek bebas), tapi kalau mau lgs semi synth bisa pakai Shell HX-7 Diesel atau HX7 API SN 10W40.
Pak Turbo.... mohon bantuan, saya pengguna PS Dakar, waktu service 1000km saya ganti oli gardan cari API GL 5, dapet merk elf,
sedangkan buat mesin saya cari yg 15W40 Diesel API CI 4, dapet Pertamina Fastron Diesel.
Setelah dirumah saya perhatikan Fastron Diesel ini synthetic yah? waduuh efek jangka panjangnya gimana Pak, soalnya saya baca penjelasan pak Turbo juga untuk rekomendasi oli mesin pake mineral based sampe 5000km.

Mohon bantuannya yah pak, apakah saya harus ganti oli mesin lagi (sekarang baru jalan +/- 50 km sejak ganti oli), kalo ada rekomendasi merk yang mineral based 15W40 Diesel API CI 4 (sekalian toko penjual olinya yah pak :ungg:

Terima kasih atas bantuannya
chox
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Nov 13, 2012 6:28

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by chox »

Salvanost wrote:ayo2 yang mau ganti oli km 1000
sekalian dibuktiin banyak gram apa ga...
@ bro salvanost, pas saya ganti banyak gram nya bro nempel di baut buat ganti oli gardan
User avatar
Merovingian
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Fri Apr 14, 2006 9:53

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Merovingian »

Turboman wrote:kalo mobil CKD sih ane dah terbiasa sesegera mungkin oli bawaan pabrik dibuang........malah dulu waktu bawa R20A keluar showroom lgs ke toko oli, buang oli mesin en masukkin Mobil Drive Clean 5W30 buat break in :mrgreen:

Yg dipake sampe agak jauh cuman oli Matic, biasa ATF bawaan pabrik ganti di 20 - 25 rb Km.

Kalo mobil2 CBU kayaknya oli mesin bawaan pabrik mungkin dah sesuai kali yah (mungkin), tergantung CBU asal mana juga mungkin. CMIIW
Nice info om turboman

Apa pendapat om turbo tentang oli Honda Factory-fill? Di us konsumen sering diberi info kalo oli honda yang dari pabrik khusus untuk break in, karena ada additif2 dan kadar moly nya jauh lebih banyak
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

Merovingian wrote: Nice info om turboman

Apa pendapat om turbo tentang oli Honda Factory-fill? Di us konsumen sering diberi info kalo oli honda yang dari pabrik khusus untuk break in, karena ada additif2 dan kadar moly nya jauh lebih banyak
AFAIK:
OLi break in yg ideal ya spt Break In Oil nya Royal Purple, mineral based & high Zinc content (antiwear)

Di US sana gak tahu deh mobil2 barunya diisi oli apa

Kalo mobil CKD di Indo sih diisi oli biasa lah, pabrik kan mau tekan cost.......
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by NYoman »

Gw kapan itu ganti oli bukan di KM 1000 sih, tapi di 2789 (3bulan) not bad sih.. item dgn sedikit busa.. cuma gak sempat kefoto.. untuk gardan dan transmisi sih belum ganti..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by PlantFoot »

fiuh utg ada nih thread..mobil ane br 300 km..rcn mau gt di km 1000, tp stlh bc ni thread mgkn lbh cepet(akhir bulan ini lah) :mky_01: ..ada saran enaknya ganti pk oli apa? budget max 150rb/ltr..oh y ada srn jg utk oli kopling manual gl 4? :thanks:
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by soraksorai »

ikutan sharing yak...

CRV Gen4, diganti oli mesin pas 2000 km, menurut bengkel tempat gantinya (shop & drive) olinya masih encer & bagus gak ada gram2-nya. Teknisinya sempet bilang, kayaknya sudah dikasi oli encer dan bagus.
Gw ganti pake oli Castrol Edge, 5W-40, rasanya masih sama sama oli orisinilnya, susah ngerasain bedanya.

Kalo rekomendari BeRes Honda sih digantinya pas 10.000 km.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
RaphaelRF
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Apr 01, 2013 15:58

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by RaphaelRF »

Turboman wrote:As subject

Khususnya oli mesin dan gardan utk mobil2 baru yg CKD / assembling / produksi Dalam negeri

Yuk kita lgs saja lihat gambarnya

Yg di baskom = oli Gardan bawaan pabrik yg dibuang di 600 Km, Ipah D4 D, lihat ada busa-nya.

Yg satunya = oli gardan bawaan pabrik yg dibuang di 1100 Km, 42ner VNT.

Note = kondisi tiap mobil ada berbeda beda, tapi memang utk jaga2 ada baiknya oli2 bawaan pabrik diganti secepat mungkin or at least KM 1000 (khusus mobil CKD), kecuali ATF matic.

:frm_tumbright:


om turbo, kalau utk captiva diesel FL itu termasuk CKD ga ya ? apa aja ya yg harus diganti dari awal?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by nugroho bagor »

Broo Ricz................. :ngacir:
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by sepatupuma »

Lhaaa telat bacanya. Tempo hari ganti oli pertama ayla di 2000km, sayang ga kepikiran buat didokumentasikan.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by ricz »

nugroho bagor wrote:Broo Ricz................. :ngacir:
Hadir kapitennn.... :frm_salut:
2021 Fortuner VRZ
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by AGSA »

Om Turboman telat baca thread ini. Akhirnya saya siang td ganti oli garden innova matic saya dgn Mobil 1 GL 5 80/90. Apakah oli yg saya pakai Sudah betul? Sama mau nanya juga td pas gt oli kan butuh 2,5 liter kt org bengkel nya di rumah saya ada sisa 500 ml Mobil 1 GL 5 80/90 jd saya beli d bengkel 2 ltr trus sy campur dgn oli yg saya punya 500 ml. Yg mau saya tanyakan Apakah aman men campur oli semerk dan setype tp yg 2 ltr baru dan 500 ml nya uda buka segel kira2 setaun. Thx Om Turboman