Mengapa Perlu ganti Gear & Rantai???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sheva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35

Mengapa Perlu ganti Gear & Rantai???

Post by Sheva »

Pada saat mengganti ban battlax dan velg daytona pada tiger 2000, mengapa saya di anjurkan untuk ganti gear dan rantai yang lebih panjang...???,apakah tujuannya tsb...???

Trus apa ada masukan buat rantai dan gear yang bagus...???

Mohon masukan rekan²....
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Ganti gir belakang dengan yang lebih besar berarti rasio gigi lebih pendek, sehingga tarikan juga menjadi lebih kuat.

Nah, apabila gir belakang dibesarkan, tentu saja rantai harus lebih panjang, apalagi kalau misalnya sudah nambah 2-3 gigi belakang.

Lalu, apakah kekurangan dengan mengganti gir belakang?

Pertama, spidometer akan ngaco. Spidometer akan menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi dari yang sebenarnya.

Kedua, umumnya, top speed akan berkurang. Tentu saja ini dengan beberapa catatan. Kalau misalnya rasio gir terakhir terlalu berat atau hanya didesain untuk cruising, maka mengganti sproket belakang (gir belakang) akan membuat top speed lebih tinggi, karena beban mesin akan berkurang. Ingat, rasio semakin pendek berarti beban mesin semakin ringan.

Merek rantai dan gir..... Wah, kalau ini saya ngak tahu kalau buat Tiger 2000. Saya biasa pakai Renthal, dan saya selalu puas dengan kualitasnya.
Image
User avatar
yoonantz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Nov 25, 2004 8:16
Location: Jakarta

Post by yoonantz »

Crash wrote:
Lalu, apakah kekurangan dengan mengganti gir belakang?

Pertama, spidometer akan ngaco. Spidometer akan menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi dari yang sebenarnya..
bukannya SPIDOmeter diukur dari putaran roda depan bro ? [pada kebanyakan motor]
kalopun diukur dari roda belakang, tetap aja tidak diukur dari putaran gir ?!? :?
------------------------
i don't ride a fast bike
but i ride a bike fast
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

yoonantz wrote:bukannya SPIDOmeter diukur dari putaran roda depan bro ? [pada kebanyakan motor]
kalopun diukur dari roda belakang, tetap aja tidak diukur dari putaran gir ?!? :?
Hmmm.... setahu saya sih biasanya Spidometer itu diukur dari kecepatan perputaran final gear (sprocket depan, yang kecil). Jadi, kalau gir dirubah, speedo juga jadi nggak akurat.

Pengalaman saya tapi hanya dengan motor besar. Waktu itu saya menambah 2 gigi di gir belakang, dan hasilnya kecepatan tidak lagi akurat.

Mungkin kalau mau pastinya, kita ambil logikanya saja. Kan spido itu digerakkan secara mekanik, sehingga perlu ada penghubung. Jadi, kalau misalnya diukur dari ban depan atau belakang, harusnya sih kelihatan. Asal jangan ketukar sama kabel rem, lho. :D
Sheva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35

Post by Sheva »

Bro Crash thanks atas penjelasannya.... :e-clap: :e-clap: :e-clap: