kode ban

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

kode ban

Post by Boomz »

salam kenal sebelumnya buat senior2 semua..
sy mau tanya ttg kode ban.. gimana cara bacanya?
trus untuk menyesuaikan antara lebar ban dg lebar pelek.. biar cocok gimana? maksud sy batasan2 nya..

thx b4
Triple-D
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Jan 23, 2005 8:51

Post by Triple-D »

Contoh 215/50 R16
215 = Lebar / Telapak Ban
50 = Profil / Ketebalan Dinding Ban
R 16 = Diameter Ban / Velg 16"

Tolong DitambahKan ...
Karena Saya Pernah Baca Tentang Kode Ban, Tapi Saya Lupa Lagi ...
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

saya coba jawab ya bung Boomz dgn bahasa awam ya...tapi kalo ada yang salah mohon rekan2 yang lebih pintar bisa memperbaikinya....CMIIW

Kode dari ban itu ada perhitungannya: misalkan: 185/60 VR14

185 adalah lebar dari ban.
60 (=o,6)adalah ratio dari perbandingan antara tinggi ban (tinggi ban ini adalah bagian ban yang menempel pada bagian luar velg sampai bagian ban yang menginjak tanah) dgn lebar tapak ban

Jadi kalo dilihat dari 186/60 VR14 berarti tinggi bannya adalah 111 , dihitung dari ( tinggi ban / lebar ban = aspect ratio)

Makin tinggi aspect ratio, berarti ban itu akan makin empuk ,dan kerja shockbreker akan lebih ringan, karena dibantu dgn daya redam itu sendiri.
Makin kecil aspect ratio, kerja shockbreker makin berat.

Contoh umum ya biasanya mobil yang diceperin sudah tentu aspect rationya kecil, karena tinggi bannya sangat minim sekali. dan kalo mobilnya juga bisa ajrut ajrutan kalo lagi kena jalan gak rata......he...he......he....

kalo VR14 ,
> VR menandakan kode kecepatan. Maksudnya kecepatan maksimal yang boleh diterapkanb pada ban itu, kalo melebihi batas kecepatan tertentu sudah berbahaya.
Kode ini ada macam tergantung dari jeni bannya. misalkan SR (semi radial) dll, masing2 ada batasan kecepatannya.
> 14 adalah ukuran dari ban itu diukur dari titik pusat dari ban itu sampe bagian terdalam dari ban itu.

untuk ukuran velg dan ban harus sama, misalkan velg 14 harus pake ban yang 14 juga. dan lebar tapaknya juga disesuai kan dgn lebar tapak ban.

Dgn kalo lebar ban melebihi lebar velg akan berbahaya pada saat kecepatan tinggi dan belokan, ban bisa sampe lepas dari velgnya.he...he..he...
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

oo begitu yah.. thx yah informasinya.
trus misal ganti velg dari ukuran 18" ke 17", efeknya apa saja? (menguntungkan / merugikan) kah?

thx ya maaf kalo bnyk nanya macam2
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

kalo dari ganti velg 18" ke 17" , tentu harus diikuti dgn penggantian ban yang 17". dgn penggantian velg ke lebih kecil otomatis memperbesar tingginya ban(tinggi ban adalah jarak dari bagian velg terluar yg menempel dgn ban ke bagian terluar dari ban yang menempel dgn tanah)

Dgn catatan ban yg kamu ganti tetap besar, maksud saya tetap mempertahankan jarak dari bagian terluar ban ke bagian bumper/bodi mobil, seperti sebelum kamu ganti velg dan ban).
Dengan bertambahnya tinggi ban otomatis mobilnya jadi empuk, dan kerja shockbreker lebih ringan karena dibantu dgn daya redam dari ban.

Satu hal lagi positif lagi yaitu bila kamu memilih ban dgn tapak yang lebih kecil, akan memperingan kerja stir kamu jadi lebih ringan.
Boomz wrote: thx ya maaf kalo bnyk nanya macam2
kalo ada yang salah mohon dibetulkan rekan2 yang lain... thanks juga
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

handling wrote: kalo VR14 ,
> VR menandakan kode kecepatan. Maksudnya kecepatan maksimal yang boleh diterapkanb pada ban itu, kalo melebihi batas kecepatan tertentu sudah berbahaya.
Kode ini ada macam tergantung dari jeni bannya. misalkan SR (semi radial) dll, masing2 ada batasan kecepatannya.
> 14 adalah ukuran dari ban itu diukur dari titik pusat dari ban itu sampe bagian terdalam dari ban itu.
...
Wah, emangnyanya cara penulisannya gitu ya?? Saya ambil contoh dari ban aerio saya.. 195/55 R15 82V.. Semuanya sesuai sama yang dibilang bung handling..Tapi batas kecepatan ditulisnya di belakang..
Dari petunjuk yang saya baca V itu batasnya sampai 240km/jam..CMIIW
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

bung datsu, ya...semua kode ada batas kecepatan masksimalnya , saya gak hafal betul batas max masing2 kode...so sorry saya gak bisa tulis disini...mungkin rekan2 yang yang lain bisa menambahkan...
Image
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

waduhh kayaknya saya posting di forum sepeda motor deh..
kok contoh2nya malah di terapkan pada mobil sih?!
yah.. mungkin walaupun cara baca kode ban itu sama antara mobil ama motor.. tapi kan jadi kurang sipp :roll:
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Saya setuju sama bung Boomz. Tapi, thanks juga buat bantuannya bro Handling.

Kalau untuk aplikasi ke motor, memang ada sedikit beda. Dalam beberapa hal, ban yang berbeda sedikit dari velg yang direkomendasikan mungkin masih bisa muat, walaupun nggak bisa banyak2 (IMO, paling banter juga 10 mm, dan inipun saya pernah coba pakai motor besar) dan akan berpengaruh pada handlingnya. Dengan ban yang tapaknya lebih kecil, tentu saja motor akan belok lebih cepat. Nanti kalau saya pas nganggur, kalau misalnya ada yang mau, saya bisa coba gambar pakai Paint.

Terus, yang paling nyata, diameter pasti harus sama, velg 17 inch harus dipasangin ban 17inch (like, d'oh).

Tapi, kalau saya boleh tahu, bro Boomz ini rencananya mau ngapain? Mungkin kalau lebih spesifik jawabnya juga bisa lebih spesifik.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

> Bung Boomz, sorry saya terpengarug dgn topik yang di "Recent Topic", saya langsung masuk dan tidak melihat topik itu ada di foruym sepeda motor. Sampe bung boomz kasih tahu baru saya sadar.....Kalo tidak saya masih kirain bung boomz tanya ttg ban mobil....ya jelas berbeda jawabannya.... so ...sorry aja....

> Bung Crash terima kasih untuk membantu menjawab pertanyaan bung boomz yang tentu lebih pintar dalam hal motor...ha....ha...ha....
Image
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

hahahah keasikan ngobrol sana sini lupa deh.
ini teman saya pernah nanya2.. ya semacam tukar pikiran. dia mau ganti ban+velg motornya..
katanya ukuran standar motornya serasa terlalu kecil.. kurang mantap. dia mau lebih lebar.
trus kalo lihat motor2 yg di modif.. kan kebanyakan pakai yg 17" gitu lohh
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Moge yang sport/sport tourer/tourer itu rata2 pakai 17inch, jadi gue rasa juga orang2 kalo modif jadi pake 17.

Hanya saja, velg lebih besar kan berarti lebih berat, sehingga bisa berpengaruh pada tarikan. Mungkin ini juga harus dipertimbangkan.
Image
Bajing
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Feb 02, 2005 1:04

Post by Bajing »

Jadi maksudnya ban motor (misalnya) ukuran 80/90 39S itu apa yah?

Wah, langsung nylonong nanya aja.
Maap semuanya, saya orang baru nih. :oops:
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Welcome to the forum, bro bajing.

Itu maksudnya, lebar tapak 80mm, tinggi sidewall 90% dari lebar tapak (yang dalam hal ini 80mm), dan yang terakhir saya nggak tahu.

Cuma, 39? Masa ada ring 39 inch? :-? Anyone pls helep.
Image
Bajing
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Feb 02, 2005 1:04

Post by Bajing »

Sorry, salah bukan 39 S tapi 38S, seperti yg saya dpt dr bbrp website :

Karisma X 125 D
Ukuran ban depan 2,50 - 17 38L
Ukuran ban belakang 2,75 - 17 41P

JUPITER Z Cast Wheel
Ukuran ban depan 70/90-17-44 P
Ukuran ban belakang 80/90-17-38 P

Suzuki Satria F150
Ukuran Roda Depan : 70/90 - 17 38S
Ukuran Roda Belakang : 80/90 - 17 44S

Segitu dulu, thx.