
SEJARAH
udah lah gwe ga perlu terlalu banyak ngomong disini...yang jelass semua orang indonesia udah tau sejarah ni mobil.... apalagi suhu2 di smers..... gwe mah lewat ilmunya.
EXTERIOR
well... udah banyak banget ni mobil sejuta umat berkeliaran di bumi pertiwi taercinta ini,,termasuk type veloz ini...namun karena ini adalah versi terbaru yang belom di review d SM,,maka saya tambbahkan hal baru di sisi EX yaitu lampu reflektor belakang (tepetnya di bemper) yang bisa menyala baik di senja maupun ketika di rem....ato mungkin ini variasi yang dikasihkan oleh beress

yang lain masih sama seperti gen sebelumnya...
INterior
menurut kabar yang beredar baik dari sales counter ataupun iklan xenia di tipi yang menyebutkan bahwa jok lebih tebal...ternyata hasilnya tidak begitu kelihatan di Veloz ini...malah yang di tipe G lebih kerasa tebelnya .
HU masih seperti veloz lama... yang "cukup" bisa diandalkan HANYA DARI SISI KONEKSIFITAS..yang bisa dicekokin AUX ato USB....sisanya jauh dari harapan seperti suara yang dihasilkan (walopun udah dikasi tweeter di pilar A juga kurang membantu


material dash+door trim yang yang digunakan....haduh miris sekali meliahatnya ....full plastic...kualitasnya juga masih jauh dibawah sangat tidak layak untuk duit hampir 200 yang kita keluarkan....warnanya hitam pekat masih jauh lebih baik LGx saya 2kali lipat ya diwaktu baru...
dan sekarang ada plastik bercongol kayak innova (SRS airbag nya) yang seperti ala kadarnya
sisi positif di interior juga masih ada yaitu tidak ditemukannya bunyi2 an seperti plastik saling berdesak ...kursi....

PERFORMANCE
mesin 3sz ini lumayan bisa diandalkan sih menurut saya....pencapaiann 120 KPH cukup mudah

JEDA terasa sangat ,,,saat mobil ini dibejek dari rpm standar ke rpm putaran tinggi.....memang mesin meraung dengan cepat ..namun kecepatan mobil malah masih stag...setelah 1 detik baru kerasalah tarikannya,,ataukah mungkin ini dari trans A/T saya masih belom bisa memperhatikannya....tidak seperti LGX ataupun innova yang sigap untuk shift down ketika dibejek penuh...

jadi menurut terawangan saya....transmisi A/T ini masih perlu dikembangkan agar lebih baik...kalo bisa dikatakan seperti ga pake super ECT

SAFETY
walah ...paling terkenal nih mobil safety nya........
yang jelas gen terbaru ini udah pake ABS,dual AIRBAG, EBD mungkin


walopun udah pake SRS,,namun tetap saja gak pengaruh2 amat kalo ringsek ya tetep aja ringsek... wong ringan gitu bodynya...jadi berpikirlah 2x sebelum mbejek nih mobil >120 atau bahkan 100 karena keluarga anda menunggu dirumah...jangan sampe menunggu di rumah sakit

kemaren iseng cruise sampe 110 ...udah agak mau terbang dikit sih...udah tobat ane

tokinov juga sama sih...tp masih mendingan...LGX malah ga terlalu ngeri...namun sedan is twice better jika anda seneng ngebut.
HANDLING
nah ini dia... nih mobil memiliki handling seperti 2 koin.....di satu sisi EPS nya sangat enak(ENTENG) untuk puter balik/belok sana sini....disisi lain setir tidak bisa kembali lurus dengan cepat sepeti di mobil tampa EPS
dari sisi limbung...ya cukup limbung seeh tp masih bisa d toleran
dan 1 hal yang gwe suka adalah jarak puter/beloknya yang tidak banyak memakan ruang jalan (maklum lebay biasa pake mpv4,6 m ato sedan 4,9m

yang jelas gwe suka spionnya .... udah recatable kaya kemri ndesooo

udah ah cape gwe repiu banyak2
kalo masalah worth...masih mending sekalian ambil tokinov sehh yang tipe E A/t yah nambah sekitar 50 jeti
