nah kan komen kyk gini enakResale Value wrote:Yang gue perhatiin, yang di foto ama yang di powerpoint bagian belakangnya agak beda. Entah mana yang benar. Itu foto entah sudah final atau ngak bentuknya, karena meskipun streamline, tapi takutnya belakangnya jadi sempit karena seperti bentuk atap juke yang menurun ke bawah.
Tapi anyway, ini adalah chance besar honda untuk ambil mahkota avanza yang sudah 8 tahun ngak ada saingan. Dan jika benar interior cabinnya best in class, dan jelas designnya jauh lebih bagus banding avanza, yang langsung mirip design 1950s in comparison, saya rasa peluang ni mobil jadi no.1 best seller di Indonesia ada.
Saya cuman ingin kasih berapa himbauan untuk jonfis dan para direksi hpm :
1. Side Door Impact Beam TOLONG jangan di sunat. Ertiga aja ada, sangat sayang jika honda hapus. Dari pada tanam pohon sebagai tanda corporate social responsibility, mending ngak usah tanam pohon, namun urusan SDIB tetap di pertahankan. Nanti ratusan ribu konsumen ni mobil akan dapat perlindungan yang lebih aman, angka kematian dari kecelakaan bisa di minimalkan, jelas dari segi corporate social responsibility sudah jauh lebih memadai !
Karena tanam berapa pohon efek ke lingkungan toh minim sekali, tapi jika angka kematian bisa di turunkan say 70% saja karena ada SDIB (dan semoga hasil NCAPnya juga bagus), JAUH lebih OK !
2. Peredam untuk mobil se-class < 200 juta saya tau jangan harap terlalu hebat, tapi for your own sake, DO THE BEST YOU CAN ! Jangan terlalu tipis sampai terlalu berisik nanti. Mending fitur lain seperti audio ngak usah terlalu mewah (karena gampang konsumen upgrade sendiri), tapi peredam saya rasa ngak makan ongkos terlalu banyak, jadi urusan ini semoga jonfis ngak terlalu pelit.
3. Fitur macam ABS, EBD, BA, 2 airbag sudah wajib deh. Jaman sekarang Ertiga juga udah ada. Jangan coba coba di copot.
4. Fitur kecil kecil seperti engine hood insulator, kasih aja deh. Ngak seberapa duit kok. Memang saingannya mayoritas juga ngak ada, tapi jika saya jadi hpm, ya ini kesempatan untuk bedakan ama saingan ! Gituan kan nanti orang juga pasti perhatiin ! Dan appreciate.
Sudah terlanjur di lakukan di crv, ya sudah, untuk proyek besar ini, my advise, jangan di ulangi. Mau serius ambil posisi avanza, effort wise jika lebih " berani ", lebih generous, saya rasa hasilnya pasti ada nanti !
Gue sih curiga kadang team marketing sengaja awalnya agak miskin dulu fiturnya, nanti dengan berjalannya waktu, di tambah ini itu, untuk maintain sales growthnya. Banyak sekali ATPM yang lakukan begini. Supaya ngak di tegor bossnya kali kok salesnya turun ?
Namun saya rasa ngak ada salahnya, jika dari HARI PERTAMA, langsung GO ALL OUT ! Karena jika batch berikutnya 2-3 tahun ke depan lebih well equipped, ngak fair juga untuk pembeli awalnya.
Toh saya rasa lebih baik jika karena all out dari awal, sales ni mobil langsung naik ke 10,000 sebulan, meskipun stabil terus 6 tahun ke depan, dari pada karena awalnya fiturnya lebih miskin, cuman laku say 4000 sebulan, dan benar, karena tiap tahun nambah dikit ini itu, naik terus ke 8000, dan boss pasti senang ada growth terus,
Tapi bukannya lebih enak jika dari tahun pertama dah langsung menikmati sales 10,000 sebulan, meskipun growthnya pelan ? After all, growth dari 4000-8000 / bulan dalam waktu 6 tahun, tetap kalah jauh jika tiap tahun 120,000 dan NO GROWTH kan ? Dari segi profit, mending dari awal sangat besar, meskipun very slow growth. Or even NO growth.
Jika Suzuki Ertiga bisa nyalip xenia, saya rasa jika honda main kartunya dengan cerdik, chance untuk bisa ambil mahkota avanza jelas ada. Dan jika ngak terlalu kecil dan harga < 200 juta, saya rasa ni mobil jelas adalah CLEAR AND PRESENT DANGER untuk tam dan avanzanya !
Siap siap aja di black campaign lagi, apakah temanya akan mirip kasus GL nanti ? Karena kayaknya mpv honda ini mirip GL, yaitu, FWD, monocoque.
Cuman untuk calon pembeli ni mpv, saran saya, jangan percaya omongan sales saingan yang terus jelek jelekin mobil fwd, monocoque chassis ! Lihat aja mobil yang lebih high class toyota sendiri : alphard, camry, crown, rav4, dll, SAMA AJA KAN FWD dan monocoque juga ?!
Jika memang mobilnya mau tiap hari di pakai untuk di daerah macam pertambangan, toh mobil macam avanza juga kurang optimal, seharusnya beli double cab aja macam ford ranger gituan !
Banyak alasan kenapa hampir semua mobil mewah / mahal / untuk kaum berduit, adalah MONOCOQUE ! Jangan terus percaya bahwa mobil ladder frame lebih tangguh banding monocoque ! Tanya aja toyota sendiri, lexus mereka chassisnya yang mana ?
Toh mayoritas pembeli mobil saya yakin mayoritas aktifitasnya di dalam kota, jalan yang mulus / semi mulus. Ngak seperti di pertambangan gitu. Dan untuk kasus gini, mobil fwd, monocoque jelas LEBIH DARI CUKUP !
Dan chassis monocoque / fwd jelas ada poin positivenya sendiri yang bisa di nikmati tiap hari, jika tidak, kenapa kombinasi ini banyak di pakai di mobil aneka merek, termasuk toyota SENDIRI !?
Pelan Pelan wrote:Ditilik bentuknya, sangat menarik, sepertinya buat Avanza-Xenia siap2 keluar dari zona nyaman penjualan,
minimal 2-5 th kedepan. Entah dgn Ertiga yg kadang masih main ayunan, atau Spin yg masih merangkak.
Kalau MPV Honda bisa dibungkus dgn kisaran 170an jt, bisa banyak yg pindah ke lain hati ..
...
Mantap om RV