LMPV Honda

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: LMPV Honda

Post by Jambangan »

Resale Value wrote:Yang gue perhatiin, yang di foto ama yang di powerpoint bagian belakangnya agak beda. Entah mana yang benar. Itu foto entah sudah final atau ngak bentuknya, karena meskipun streamline, tapi takutnya belakangnya jadi sempit karena seperti bentuk atap juke yang menurun ke bawah.



Tapi anyway, ini adalah chance besar honda untuk ambil mahkota avanza yang sudah 8 tahun ngak ada saingan. Dan jika benar interior cabinnya best in class, dan jelas designnya jauh lebih bagus banding avanza, yang langsung mirip design 1950s in comparison, saya rasa peluang ni mobil jadi no.1 best seller di Indonesia ada.



Saya cuman ingin kasih berapa himbauan untuk jonfis dan para direksi hpm :



1. Side Door Impact Beam TOLONG jangan di sunat. Ertiga aja ada, sangat sayang jika honda hapus. Dari pada tanam pohon sebagai tanda corporate social responsibility, mending ngak usah tanam pohon, namun urusan SDIB tetap di pertahankan. Nanti ratusan ribu konsumen ni mobil akan dapat perlindungan yang lebih aman, angka kematian dari kecelakaan bisa di minimalkan, jelas dari segi corporate social responsibility sudah jauh lebih memadai !



Karena tanam berapa pohon efek ke lingkungan toh minim sekali, tapi jika angka kematian bisa di turunkan say 70% saja karena ada SDIB (dan semoga hasil NCAPnya juga bagus), JAUH lebih OK !



2. Peredam untuk mobil se-class < 200 juta saya tau jangan harap terlalu hebat, tapi for your own sake, DO THE BEST YOU CAN ! Jangan terlalu tipis sampai terlalu berisik nanti. Mending fitur lain seperti audio ngak usah terlalu mewah (karena gampang konsumen upgrade sendiri), tapi peredam saya rasa ngak makan ongkos terlalu banyak, jadi urusan ini semoga jonfis ngak terlalu pelit.



3. Fitur macam ABS, EBD, BA, 2 airbag sudah wajib deh. Jaman sekarang Ertiga juga udah ada. Jangan coba coba di copot.



4. Fitur kecil kecil seperti engine hood insulator, kasih aja deh. Ngak seberapa duit kok. Memang saingannya mayoritas juga ngak ada, tapi jika saya jadi hpm, ya ini kesempatan untuk bedakan ama saingan ! Gituan kan nanti orang juga pasti perhatiin ! Dan appreciate.



Sudah terlanjur di lakukan di crv, ya sudah, untuk proyek besar ini, my advise, jangan di ulangi. Mau serius ambil posisi avanza, effort wise jika lebih " berani ", lebih generous, saya rasa hasilnya pasti ada nanti !



Gue sih curiga kadang team marketing sengaja awalnya agak miskin dulu fiturnya, nanti dengan berjalannya waktu, di tambah ini itu, untuk maintain sales growthnya. Banyak sekali ATPM yang lakukan begini. Supaya ngak di tegor bossnya kali kok salesnya turun ?



Namun saya rasa ngak ada salahnya, jika dari HARI PERTAMA, langsung GO ALL OUT ! Karena jika batch berikutnya 2-3 tahun ke depan lebih well equipped, ngak fair juga untuk pembeli awalnya.



Toh saya rasa lebih baik jika karena all out dari awal, sales ni mobil langsung naik ke 10,000 sebulan, meskipun stabil terus 6 tahun ke depan, dari pada karena awalnya fiturnya lebih miskin, cuman laku say 4000 sebulan, dan benar, karena tiap tahun nambah dikit ini itu, naik terus ke 8000, dan boss pasti senang ada growth terus,



Tapi bukannya lebih enak jika dari tahun pertama dah langsung menikmati sales 10,000 sebulan, meskipun growthnya pelan ? After all, growth dari 4000-8000 / bulan dalam waktu 6 tahun, tetap kalah jauh jika tiap tahun 120,000 dan NO GROWTH kan ? Dari segi profit, mending dari awal sangat besar, meskipun very slow growth. Or even NO growth.




Jika Suzuki Ertiga bisa nyalip xenia, saya rasa jika honda main kartunya dengan cerdik, chance untuk bisa ambil mahkota avanza jelas ada. Dan jika ngak terlalu kecil dan harga < 200 juta, saya rasa ni mobil jelas adalah CLEAR AND PRESENT DANGER untuk tam dan avanzanya !



Siap siap aja di black campaign lagi, apakah temanya akan mirip kasus GL nanti ? Karena kayaknya mpv honda ini mirip GL, yaitu, FWD, monocoque.



Cuman untuk calon pembeli ni mpv, saran saya, jangan percaya omongan sales saingan yang terus jelek jelekin mobil fwd, monocoque chassis ! Lihat aja mobil yang lebih high class toyota sendiri : alphard, camry, crown, rav4, dll, SAMA AJA KAN FWD dan monocoque juga ?!



Jika memang mobilnya mau tiap hari di pakai untuk di daerah macam pertambangan, toh mobil macam avanza juga kurang optimal, seharusnya beli double cab aja macam ford ranger gituan !



Banyak alasan kenapa hampir semua mobil mewah / mahal / untuk kaum berduit, adalah MONOCOQUE ! Jangan terus percaya bahwa mobil ladder frame lebih tangguh banding monocoque ! Tanya aja toyota sendiri, lexus mereka chassisnya yang mana ?



Toh mayoritas pembeli mobil saya yakin mayoritas aktifitasnya di dalam kota, jalan yang mulus / semi mulus. Ngak seperti di pertambangan gitu. Dan untuk kasus gini, mobil fwd, monocoque jelas LEBIH DARI CUKUP !



Dan chassis monocoque / fwd jelas ada poin positivenya sendiri yang bisa di nikmati tiap hari, jika tidak, kenapa kombinasi ini banyak di pakai di mobil aneka merek, termasuk toyota SENDIRI !?



Pelan Pelan wrote:Ditilik bentuknya, sangat menarik, sepertinya buat Avanza-Xenia siap2 keluar dari zona nyaman penjualan,
minimal 2-5 th kedepan. Entah dgn Ertiga yg kadang masih main ayunan, atau Spin yg masih merangkak.
Kalau MPV Honda bisa dibungkus dgn kisaran 170an jt, bisa banyak yg pindah ke lain hati ..

Image

...
nah kan komen kyk gini enak :mky_02:
Mantap om RV :off_good_job:
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: LMPV Honda

Post by mbah_sby »

nabung ahh buat yg ini..gantiin jazz skr..bakalan menjanjikan kayake nih mobil..
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: LMPV Honda

Post by madcat015 »

Very well noted om RV...

Good advise though...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: LMPV Honda

Post by Turboman »

ada kemajuan dr komentar om RV, cuman tetep aja ada sotoy-nya

Soal monocoque VS ladder frame....nah om RV mending belajar dulu dah ama um Anto MM dari IC......kalau beliau sudah kenyang punya mobil steel ladder dan Monocoque dr dulu sampai skg, monocoque-nya yg kelas2 atas pula, bisa tanya ke beliau masing2 plus - minusnya apa aja.
* Bukan ajakan Beli *
Resale Value

Re: LMPV Honda

Post by Resale Value »

Tentu saja saya tau. Tapi yang di sayangkan adalah sebagian pemilik mobil ladder frame yang nadanya selalu nuduh mobil non ladder frame itu seperti kerupuk, gampang rusak, ngak tahan banting. Itu jelas BS.



Karena di dunia, entah berapa puluh juta mobil monocoque tiap hari aktifitas, dan ngak cuman di negara maju yang jalannya mulus, tapi juga di banyak negara lain yang banyak jalannya semi mulus. Mana ada berita banyak mobil monocoque mengalami kerusakan parah gitu ?



Jika iya, udah pasti mobil monocoque ngak bakal laku lagi.



Gue bukan expert otomotif, tapi yang sering di bahas adalah, katanya mobil ladder frame, its said, lebih jago untuk ngangkut beban, seperti kata siapa tuh, truk truk kenapa ladder frame. Sounds fine in theory.



TAPI yang saya mau koreksi adalah, jangan sampai karena berita bias gini, seolah beli mobil monocoque siap lebih cepat rusak gitu.



Mobil monocoque siapa bilang ngak bisa bawa banyak barang ? ASAL max payloadnya tidak di langgar ! Dan jangan samakan ladder frame innova sama kuatnya ama truk gitu. Sangat misleading ! Kenapa ?



Baca aja spek innova, udah jelas max payloadnya sekitar 560-600 kg, lupa angka persisnya. Yang perlu di sadarkan orang adalah, banyak juga mobil monocoque yang max payloadnya juga segitu. Some even higher ! Jadi jika mobil A monocoque max payloadnya SAMA ama mobil B ladder frame, valid ngak di bilang mobil A kemampuan angkut barangnya jauh di bawah mobil B ?



Gue sih sukanya pakai hitam atas putih. Rekomendasi pabrik sebenernya berapa gitu. Dan ngak percaya just because banyak truk ladder frame, artinya kemampuan bawa beban mobil chassis frame selalu jauh di atas mobil monocoque.



Kecuali toyota sendiri tulis hitam di atas putih, innova / fortuner max payloadnya sejago truk, bisa 2000 kg or more, nah saat itu OK mau ngomong apa ?



Dan karena mayoritas orang beli mpv ginian toh emang tiap hari bawa beban berapa kg ? Yang sering bawa 750 kg seperti vanz (itupun dia udah langgar max payload toyota sendiri) berapa orang ? Jangan sampai orang takut beli mobil monocoque karena mitos yang tidak valid macam ini, yang sering di sebarkan orang seperti vanz, yang sering jagokan mobil ladder frame, seolah jauh lebih superior banding monocoque.



Jika avanza benar sangat jago dalam hal bawa beban, KENAPA toyota sendiri cuman berani rekomen 540 kg max load untuk avanza ? Dan compare this ama mobil monocoque seperti New Santa Fe yang malah max payloadnya sekitar 650 kg ?



Itulah himbauan saya, mau tau mobil apa sekuat apa dalam hal ngangkut beban ? Cek hitam di atas putih kata pabriknya berapa, dan bukan mitos yang di jagokan para fanatik mobil ladder frame. Malah kebiasaan pemakai mobil seperti vanz yang terlalu over-estimate kemampuan mobil sendiri, dengan yakinnya bahwa sering bawa beban 750 kg OK OK aja, jelas akan rugikan banyak orang di kemudian hari nanti.



Jika ngak percaya, nanti kita bisa buka topic baru yang jelaskan, max payload macam macam mobil seperti apa. Ini baru cara benar, dan tidak abaikan keselamatan pemakainya. Dan orang lain juga di jalan.



Turboman wrote:ada kemajuan dr komentar om RV, cuman tetep aja ada sotoy-nya

Soal monocoque VS ladder frame....nah om RV mending belajar dulu dah ama um Anto MM dari IC......kalau beliau sudah kenyang punya mobil steel ladder dan Monocoque dr dulu sampai skg, monocoque-nya yg kelas2 atas pula, bisa tanya ke beliau masing2 plus - minusnya apa aja.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: LMPV Honda

Post by mr_mytplx »

Resale Value wrote:Yang gue perhatiin, yang di foto ama yang di powerpoint bagian belakangnya agak beda. Entah mana yang benar. Itu foto entah sudah final atau ngak bentuknya, karena meskipun streamline, tapi takutnya belakangnya jadi sempit karena seperti bentuk atap juke yang menurun ke bawah.



Tapi anyway, ini adalah chance besar honda untuk ambil mahkota avanza yang sudah 8 tahun ngak ada saingan. Dan jika benar interior cabinnya best in class, dan jelas designnya jauh lebih bagus banding avanza, yang langsung mirip design 1950s in comparison, saya rasa peluang ni mobil jadi no.1 best seller di Indonesia ada.



Saya cuman ingin kasih berapa himbauan untuk jonfis dan para direksi hpm :



1. Side Door Impact Beam TOLONG jangan di sunat. Ertiga aja ada, sangat sayang jika honda hapus. Dari pada tanam pohon sebagai tanda corporate social responsibility, mending ngak usah tanam pohon, namun urusan SDIB tetap di pertahankan. Nanti ratusan ribu konsumen ni mobil akan dapat perlindungan yang lebih aman, angka kematian dari kecelakaan bisa di minimalkan, jelas dari segi corporate social responsibility sudah jauh lebih memadai !



Karena tanam berapa pohon efek ke lingkungan toh minim sekali, tapi jika angka kematian bisa di turunkan say 70% saja karena ada SDIB (dan semoga hasil NCAPnya juga bagus), JAUH lebih OK !



2. Peredam untuk mobil se-class < 200 juta saya tau jangan harap terlalu hebat, tapi for your own sake, DO THE BEST YOU CAN ! Jangan terlalu tipis sampai terlalu berisik nanti. Mending fitur lain seperti audio ngak usah terlalu mewah (karena gampang konsumen upgrade sendiri), tapi peredam saya rasa ngak makan ongkos terlalu banyak, jadi urusan ini semoga jonfis ngak terlalu pelit.



3. Fitur macam ABS, EBD, BA, 2 airbag sudah wajib deh. Jaman sekarang Ertiga juga udah ada. Jangan coba coba di copot.



4. Fitur kecil kecil seperti engine hood insulator, kasih aja deh. Ngak seberapa duit kok. Memang saingannya mayoritas juga ngak ada, tapi jika saya jadi hpm, ya ini kesempatan untuk bedakan ama saingan ! Gituan kan nanti orang juga pasti perhatiin ! Dan appreciate.



Sudah terlanjur di lakukan di crv, ya sudah, untuk proyek besar ini, my advise, jangan di ulangi. Mau serius ambil posisi avanza, effort wise jika lebih " berani ", lebih generous, saya rasa hasilnya pasti ada nanti !



Gue sih curiga kadang team marketing sengaja awalnya agak miskin dulu fiturnya, nanti dengan berjalannya waktu, di tambah ini itu, untuk maintain sales growthnya. Banyak sekali ATPM yang lakukan begini. Supaya ngak di tegor bossnya kali kok salesnya turun ?



Namun saya rasa ngak ada salahnya, jika dari HARI PERTAMA, langsung GO ALL OUT ! Karena jika batch berikutnya 2-3 tahun ke depan lebih well equipped, ngak fair juga untuk pembeli awalnya.



Toh saya rasa lebih baik jika karena all out dari awal, sales ni mobil langsung naik ke 10,000 sebulan, meskipun stabil terus 6 tahun ke depan, dari pada karena awalnya fiturnya lebih miskin, cuman laku say 4000 sebulan, dan benar, karena tiap tahun nambah dikit ini itu, naik terus ke 8000, dan boss pasti senang ada growth terus,



Tapi bukannya lebih enak jika dari tahun pertama dah langsung menikmati sales 10,000 sebulan, meskipun growthnya pelan ? After all, growth dari 4000-8000 / bulan dalam waktu 6 tahun, tetap kalah jauh jika tiap tahun 120,000 dan NO GROWTH kan ? Dari segi profit, mending dari awal sangat besar, meskipun very slow growth. Or even NO growth.




Jika Suzuki Ertiga bisa nyalip xenia, saya rasa jika honda main kartunya dengan cerdik, chance untuk bisa ambil mahkota avanza jelas ada. Dan jika ngak terlalu kecil dan harga < 200 juta, saya rasa ni mobil jelas adalah CLEAR AND PRESENT DANGER untuk tam dan avanzanya !



Siap siap aja di black campaign lagi, apakah temanya akan mirip kasus GL nanti ? Karena kayaknya mpv honda ini mirip GL, yaitu, FWD, monocoque.



Cuman untuk calon pembeli ni mpv, saran saya, jangan percaya omongan sales saingan yang terus jelek jelekin mobil fwd, monocoque chassis ! Lihat aja mobil yang lebih high class toyota sendiri : alphard, camry, crown, rav4, dll, SAMA AJA KAN FWD dan monocoque juga ?!



Jika memang mobilnya mau tiap hari di pakai untuk di daerah macam pertambangan, toh mobil macam avanza juga kurang optimal, seharusnya beli double cab aja macam ford ranger gituan !



Banyak alasan kenapa hampir semua mobil mewah / mahal / untuk kaum berduit, adalah MONOCOQUE ! Jangan terus percaya bahwa mobil ladder frame lebih tangguh banding monocoque ! Tanya aja toyota sendiri, lexus mereka chassisnya yang mana ?



Toh mayoritas pembeli mobil saya yakin mayoritas aktifitasnya di dalam kota, jalan yang mulus / semi mulus. Ngak seperti di pertambangan gitu. Dan untuk kasus gini, mobil fwd, monocoque jelas LEBIH DARI CUKUP !



Dan chassis monocoque / fwd jelas ada poin positivenya sendiri yang bisa di nikmati tiap hari, jika tidak, kenapa kombinasi ini banyak di pakai di mobil aneka merek, termasuk toyota SENDIRI !?



Pelan Pelan wrote:Ditilik bentuknya, sangat menarik, sepertinya buat Avanza-Xenia siap2 keluar dari zona nyaman penjualan,
minimal 2-5 th kedepan. Entah dgn Ertiga yg kadang masih main ayunan, atau Spin yg masih merangkak.
Kalau MPV Honda bisa dibungkus dgn kisaran 170an jt, bisa banyak yg pindah ke lain hati ..

Image

...
Kl harapan saya belum sejauh itu om rv untuk menyalip avanza..

Cm kl mobil ini memang bagus dengan fitur yg oke paling enda akan memanaskan persaingan dan akan mendorong kompetitor utk menjadi lebih baik jg..

Contohnya seperti dimasukkannya fitur airbag dan bbrpb upgrade lain untuk duo avxen..setelah penjualan xenia terganggu oleh ertiga..

Kl untuk menyalip xenia dan ertiga saya rasa mobil ini punya peluang cukup besar..honda gt loh..
Resale Value

Re: LMPV Honda

Post by Resale Value »

Gue sebenernya have nothing against honda. Gimana pun juga sifat corporate honda secara worldwide much much better than toyota, yang sudah ketangkap berapa kali macam macam.



Cuman yang di Indo aja (cabang negara lain ya ngak tau) saya rasa konsumen belakangan agak mulai sering " dapat raw deal ". Menurut saya agak sayang. Cuman karena mereknya dah lama, tetap bisa do well.



But my advise to jonfis, for your own sake sebenernya, its time to stop sunat yang berlebihan, you are fine now, tapi you'll do even better jika ngak demikian ! I tell you why. Jangan hitung comot insulator hood yang nilainya say 400,000, X produksi crv sebulan 1500, dapat uang extra 600 juta.



Yea, 600 juta lumayan, tapi think about this :



Seharusnya pikirnya adalah, years down the road, JIKA fitur ngak di sunat seperti gitu, perhaps sales growth crv akan makin kencang ? Just 10 % growth aja, assume tiap crv jika ngak sunat gila masih untung say 40 juta, X 1500 sebulan = 60 M, Naik 10% aja dapat extra income 6 M.



So 6 M vs 600 juta ? See my point ?



Apalagi sekarang crv perlu diskon banyak, karena saingannya makin kuat, fitur makin banyak. Kalau udah gini, apakah ngak sayang ? Coba dari awal jika fiturnya full load, plus ngak sunat kecil kecilan gitu, perhaps diskon 20 juta pun tidak perlu, malah JAUH lebih untung kan ?



IMO, sunat berlebihan, jangka pendek memang untung, tapi jangka menengah, its going to cost you ! You are going to have to fight diskon vs saingan baru yang mulai ganas pula. Dan tau sendiri, diskon puluhan juta toh juga costnya lumayan in lost profits.



Itulah, mumpung ada proyek baru yang sangat gemuk ini, semoga jonfis dan hpm sadar, jauh lebih profitable DO THE BEST YOU CAN, generous in feature dan ngak pelit, Tiap tahun bisa sales growth 10-20% aja JAUH lebih untung, banding jumlah duit yang di peroleh dari sunat kecil kecilan gitu.



Dan jika hpm pikirnya, ya sekarang aja sunat gue tetap jago, kenapa ngak pikirnya, JIKA ngak sunat gituan, siapa tau LEBIH JAGO lagi ?!!



Juga another suggestion, learn from Spin's mistake. Itu urusan ergonomics, hati hati, jangan terlalu spekdown. Hasilnya nanti jika kurang enak, bangku terlalu keras, size bangku terlalu kecil, nanti cuman laku 1000 sebulan, apakah ngak sayang ? Comfort juga penting, karena Ertiga have done a good job !



In this respect, hpm better coba beat Ertiga's seats, yang relatively BIG size, empuk, enak !



Jika hpm bisa samakan atau melebihi kenyamanan interior ERTIGA, dan di tambah design exterior yang kelihatannya lumayan advance, dan mesin honda yang sudah terkenal advance, I guess mau target jadi no.1 bukan hal yang berlebihan.



Yang penting jonfis, saat keluarkan calculator, see the BIG picture, jangan hitung kecil kecilan seperti copot hood insulator dll X sales per bulan bisa extra profit sekian. Itumah uang KECIL banding jika bisa grow dan bisa laku 10,000-15,000 sebulan !



Setuju ngak ? Ngak mungkin mobil honda ginian yang udah CKD, untungnya udah tipis sampai perlu spekdown banyak lagi. Mending marginnya kurus dikit, tapi JAUH lebih di kompensasi dengan volume yang bikin saingannya geleng geleng kepala nanti.
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: LMPV Honda

Post by Felixz_Yaris »

ya gapapa toh...
[TYCI 917]
[YKC]
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: LMPV Honda

Post by ricz »

Barusan gue terbitkan peraturan baru kalo si autis RV nongol... (Atas titah dari komandan matcad)

1. Budayakan "ya gapapa"
2. Jgn diladenin serius, kalo bisa diputarbalikkan kata" dia
3. Buat detasemen Bomber, silakan bom, tp krn ini trit org lain, bomnya harus yg terkontrol ya...
4. Buat om VM dkk, tahan emosi om2... Si autis yg satu ini jgn diladenin...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: LMPV Honda

Post by madcat015 »

Yah, meski ane sakit mata liat font di bold segede gaban... tp ane apresiasi posting RV kali ini...

Makes sense...

If only he/she could improve his/her manner and words...

If only...

@bro ricz: itu juklak Densus OOT yang tidak boleh dilupakan. Tp bisa disesuaikan... :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: LMPV Honda

Post by ricz »

Postingan RV? Gue gak baca tuh... Onlen dari blackberry jadul gue aja susah" gampang, apalagi baca post RV...

Ntar dah kalo ud pegang S4 / iPad...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: LMPV Honda

Post by Bueuk_32 »

madcat015 wrote:Yah, meski ane sakit mata liat font di bold segede gaban... tp ane apresiasi posting RV kali ini...
Makes sense...
If only he/she could improve his/her manner and words...
If only...
@bro ricz: itu juklak Densus OOT yang tidak boleh dilupakan. Tp bisa disesuaikan... :big_smoking:
ente jadi ya ngehubungi om RV? tumben ngasih masukan ke jonpis,,, wah jadi neh cerita sukses penjualan toyota menjalar sampe honda :frm_tumbleft:




:ngacir: :ngacir: :ngacir:
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: LMPV Honda

Post by dieselkiki »

Resale Value wrote:Yang gue perhatiin, yang di foto ama yang di powerpoint bagian belakangnya agak beda. Entah mana yang benar. Itu foto entah sudah final atau ngak bentuknya, karena meskipun streamline, tapi takutnya belakangnya jadi sempit karena seperti bentuk atap juke yang menurun ke bawah.



Tapi anyway, ini adalah chance besar honda untuk ambil mahkota avanza yang sudah 8 tahun ngak ada saingan. Dan jika benar interior cabinnya best in class, dan jelas designnya jauh lebih bagus banding avanza, yang langsung mirip design 1950s in comparison, saya rasa peluang ni mobil jadi no.1 best seller di Indonesia ada.



Saya cuman ingin kasih berapa himbauan untuk jonfis dan para direksi hpm :



1. Side Door Impact Beam TOLONG jangan di sunat. Ertiga aja ada, sangat sayang jika honda hapus. Dari pada tanam pohon sebagai tanda corporate social responsibility, mending ngak usah tanam pohon, namun urusan SDIB tetap di pertahankan. Nanti ratusan ribu konsumen ni mobil akan dapat perlindungan yang lebih aman, angka kematian dari kecelakaan bisa di minimalkan, jelas dari segi corporate social responsibility sudah jauh lebih memadai !



Karena tanam berapa pohon efek ke lingkungan toh minim sekali, tapi jika angka kematian bisa di turunkan say 70% saja karena ada SDIB (dan semoga hasil NCAPnya juga bagus), JAUH lebih OK !



2. Peredam untuk mobil se-class < 200 juta saya tau jangan harap terlalu hebat, tapi for your own sake, DO THE BEST YOU CAN ! Jangan terlalu tipis sampai terlalu berisik nanti. Mending fitur lain seperti audio ngak usah terlalu mewah (karena gampang konsumen upgrade sendiri), tapi peredam saya rasa ngak makan ongkos terlalu banyak, jadi urusan ini semoga jonfis ngak terlalu pelit.



3. Fitur macam ABS, EBD, BA, 2 airbag sudah wajib deh. Jaman sekarang Ertiga juga udah ada. Jangan coba coba di copot.



4. Fitur kecil kecil seperti engine hood insulator, kasih aja deh. Ngak seberapa duit kok. Memang saingannya mayoritas juga ngak ada, tapi jika saya jadi hpm, ya ini kesempatan untuk bedakan ama saingan ! Gituan kan nanti orang juga pasti perhatiin ! Dan appreciate.



Sudah terlanjur di lakukan di crv, ya sudah, untuk proyek besar ini, my advise, jangan di ulangi. Mau serius ambil posisi avanza, effort wise jika lebih " berani ", lebih generous, saya rasa hasilnya pasti ada nanti !



Gue sih curiga kadang team marketing sengaja awalnya agak miskin dulu fiturnya, nanti dengan berjalannya waktu, di tambah ini itu, untuk maintain sales growthnya. Banyak sekali ATPM yang lakukan begini. Supaya ngak di tegor bossnya kali kok salesnya turun ?



Namun saya rasa ngak ada salahnya, jika dari HARI PERTAMA, langsung GO ALL OUT ! Karena jika batch berikutnya 2-3 tahun ke depan lebih well equipped, ngak fair juga untuk pembeli awalnya.



Toh saya rasa lebih baik jika karena all out dari awal, sales ni mobil langsung naik ke 10,000 sebulan, meskipun stabil terus 6 tahun ke depan, dari pada karena awalnya fiturnya lebih miskin, cuman laku say 4000 sebulan, dan benar, karena tiap tahun nambah dikit ini itu, naik terus ke 8000, dan boss pasti senang ada growth terus,



Tapi bukannya lebih enak jika dari tahun pertama dah langsung menikmati sales 10,000 sebulan, meskipun growthnya pelan ? After all, growth dari 4000-8000 / bulan dalam waktu 6 tahun, tetap kalah jauh jika tiap tahun 120,000 dan NO GROWTH kan ? Dari segi profit, mending dari awal sangat besar, meskipun very slow growth. Or even NO growth.




Jika Suzuki Ertiga bisa nyalip xenia, saya rasa jika honda main kartunya dengan cerdik, chance untuk bisa ambil mahkota avanza jelas ada. Dan jika ngak terlalu kecil dan harga < 200 juta, saya rasa ni mobil jelas adalah CLEAR AND PRESENT DANGER untuk tam dan avanzanya !



Siap siap aja di black campaign lagi, apakah temanya akan mirip kasus GL nanti ? Karena kayaknya mpv honda ini mirip GL, yaitu, FWD, monocoque.



Cuman untuk calon pembeli ni mpv, saran saya, jangan percaya omongan sales saingan yang terus jelek jelekin mobil fwd, monocoque chassis ! Lihat aja mobil yang lebih high class toyota sendiri : alphard, camry, crown, rav4, dll, SAMA AJA KAN FWD dan monocoque juga ?!



Jika memang mobilnya mau tiap hari di pakai untuk di daerah macam pertambangan, toh mobil macam avanza juga kurang optimal, seharusnya beli double cab aja macam ford ranger gituan !



Banyak alasan kenapa hampir semua mobil mewah / mahal / untuk kaum berduit, adalah MONOCOQUE ! Jangan terus percaya bahwa mobil ladder frame lebih tangguh banding monocoque ! Tanya aja toyota sendiri, lexus mereka chassisnya yang mana ?



Toh mayoritas pembeli mobil saya yakin mayoritas aktifitasnya di dalam kota, jalan yang mulus / semi mulus. Ngak seperti di pertambangan gitu. Dan untuk kasus gini, mobil fwd, monocoque jelas LEBIH DARI CUKUP !



Dan chassis monocoque / fwd jelas ada poin positivenya sendiri yang bisa di nikmati tiap hari, jika tidak, kenapa kombinasi ini banyak di pakai di mobil aneka merek, termasuk toyota SENDIRI !?



Pelan Pelan wrote:Ditilik bentuknya, sangat menarik, sepertinya buat Avanza-Xenia siap2 keluar dari zona nyaman penjualan,
minimal 2-5 th kedepan. Entah dgn Ertiga yg kadang masih main ayunan, atau Spin yg masih merangkak.
Kalau MPV Honda bisa dibungkus dgn kisaran 170an jt, bisa banyak yg pindah ke lain hati ..

Image

...
good opinion omm..
terutama yang poin SDIB dan CSR. Berikan yang terbaik yang kamu bisa untuk konsumenmu.setju juga buat all out dari awal sales (toh kalo naikin fitur pasti juga naik harga, sekalian saja gak usah gak usah ditahan)

tapi..balik lagi ke goodwillnya masing-masing apm-nya
- faith humanity freedom -
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: LMPV Honda

Post by ricz »

Koreksi dikit ya RV, Ertiga blm ad BA, cuman ad ABS ama EBD...

Yah, semoga Honda gk terlalu nyunat fitur neh LMPV... Jangan ampe kejadian Freed terjadi lg di LMPV ini :e-pray:
2021 Fortuner VRZ
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: LMPV Honda

Post by xtr40rd1n4rym4n »

M90 wrote:Gini dong Bro RV,
Sebenarnya kalo ente mau, bisa kasih postingan yg bergizi kok.... :mky_02:
Resale Value wrote:Yang gue perhatiin, yang di foto ama yang di powerpoint bagian belakangnya agak beda. Entah mana yang benar. Itu foto entah sudah final atau ngak bentuknya, karena meskipun streamline, tapi takutnya belakangnya jadi sempit karena seperti bentuk atap juke yang menurun ke bawah.

...CUT...

Dan chassis monocoque / fwd jelas ada poin positivenya sendiri yang bisa di nikmati tiap hari, jika tidak, kenapa kombinasi ini banyak di pakai di mobil aneka merek, termasuk toyota SENDIRI !?



Pelan Pelan wrote:Ditilik bentuknya, sangat menarik, sepertinya buat Avanza-Xenia siap2 keluar dari zona nyaman penjualan,
minimal 2-5 th kedepan. Entah dgn Ertiga yg kadang masih main ayunan, atau Spin yg masih merangkak.
Kalau MPV Honda bisa dibungkus dgn kisaran 170an jt, bisa banyak yg pindah ke lain hati ..

Image

...

Setuju sekali om, kl begini kan jadinya berguna postingannya.
totumtotum
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Jun 14, 2013 14:26

Re: LMPV Honda

Post by totumtotum »

@ bro ricz : jgn dibom dong bro ricz, om RV lg baek nih di trit gw..

@om RV : good advice om..
kalo menurut om madcat sih fitur safety udah jd standar di LMPV ini..
baguslah buat modal lavan avania & ertiga..
ogoboy
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 28, 2012 2:23

Re: LMPV Honda

Post by ogoboy »

dreaming I-dtec jeroannya... perhaps :e-pray:
User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

Re: LMPV Honda

Post by Bhanaspati »

indah nya SM..... :mky_08:
semua harap tahan diri, usahakan utk tetap berdiskusi dengan sehat :cupss:
pendam dendam anda :frm_salut: :frm_salut:
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: LMPV Honda

Post by ricz »

totumtotum wrote:@ bro ricz : jgn dibom dong bro ricz, om RV lg baek nih di trit gw..
Tenang om...

Kalo RV lagi anteng, gak bakal dibom koq...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: LMPV Honda

Post by Bueuk_32 »

Bhanaspati wrote:indah nya SM..... :mky_08:
semua harap tahan diri, usahakan utk tetap berdiskusi dengan sehat :cupss:
pendam dendam anda :frm_salut: :frm_salut:
master has spoken :frm_salut:



--------------------------

btw anyway busway, agak aneh gak sih modelnya? kalo dari samping liat bagian belakang kok kayanya lebih cocok jadi bokong suv ya?
"The Power of ren-Dreams"
Image
totumtotum
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Jun 14, 2013 14:26

Re: LMPV Honda

Post by totumtotum »

hooh bro buluk, kok kyknya overhang belakangnya kepanjangan gitu ya, coba wheelbasenya ditambahin dikit, pasti jd lebih ganteng...
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: LMPV Honda

Post by dream_theater »

Resale Value wrote:Tentu saja saya tau. Tapi yang di sayangkan adalah sebagian pemilik mobil ladder frame yang nadanya selalu nuduh mobil non ladder frame itu seperti kerupuk, gampang rusak, ngak tahan banting. Itu jelas BS.

Karena di dunia, entah berapa puluh juta mobil monocoque tiap hari aktifitas, dan ngak cuman di negara maju yang jalannya mulus, tapi juga di banyak negara lain yang banyak jalannya semi mulus. Mana ada berita banyak mobil monocoque mengalami kerusakan parah gitu ?

Jika iya, udah pasti mobil monocoque ngak bakal laku lagi.

Gue bukan expert otomotif, tapi yang sering di bahas adalah, katanya mobil ladder frame, its said, lebih jago untuk ngangkut beban, seperti kata siapa tuh, truk truk kenapa ladder frame. Sounds fine in theory.

TAPI yang saya mau koreksi adalah, jangan sampai karena berita bias gini, seolah beli mobil monocoque siap lebih cepat rusak gitu.

Mobil monocoque siapa bilang ngak bisa bawa banyak barang ? ASAL max payloadnya tidak di langgar ! Dan jangan samakan ladder frame innova sama kuatnya ama truk gitu. Sangat misleading ! Kenapa ?

Baca aja spek innova, udah jelas max payloadnya sekitar 560-600 kg, lupa angka persisnya. Yang perlu di sadarkan orang adalah, banyak juga mobil monocoque yang max payloadnya juga segitu. Some even higher ! Jadi jika mobil A monocoque max payloadnya SAMA ama mobil B ladder frame, valid ngak di bilang mobil A kemampuan angkut barangnya jauh di bawah mobil B ?

Gue sih sukanya pakai hitam atas putih. Rekomendasi pabrik sebenernya berapa gitu. Dan ngak percaya just because banyak truk ladder frame, artinya kemampuan bawa beban mobil chassis frame selalu jauh di atas mobil monocoque.

Kecuali toyota sendiri tulis hitam di atas putih, innova / fortuner max payloadnya sejago truk, bisa 2000 kg or more, nah saat itu OK mau ngomong apa ?

Dan karena mayoritas orang beli mpv ginian toh emang tiap hari bawa beban berapa kg ? Yang sering bawa 750 kg seperti vanz (itupun dia udah langgar max payload toyota sendiri) berapa orang ? Jangan sampai orang takut beli mobil monocoque karena mitos yang tidak valid macam ini, yang sering di sebarkan orang seperti vanz, yang sering jagokan mobil ladder frame, seolah jauh lebih superior banding monocoque.

Jika avanza benar sangat jago dalam hal bawa beban, KENAPA toyota sendiri cuman berani rekomen 540 kg max load untuk avanza ? Dan compare this ama mobil monocoque seperti New Santa Fe yang malah max payloadnya sekitar 650 kg ?

Itulah himbauan saya, mau tau mobil apa sekuat apa dalam hal ngangkut beban ? Cek hitam di atas putih kata pabriknya berapa, dan bukan mitos yang di jagokan para fanatik mobil ladder frame. Malah kebiasaan pemakai mobil seperti vanz yang terlalu over-estimate kemampuan mobil sendiri, dengan yakinnya bahwa sering bawa beban 750 kg OK OK aja, jelas akan rugikan banyak orang di kemudian hari nanti.

Jika ngak percaya, nanti kita bisa buka topic baru yang jelaskan, max payload macam macam mobil seperti apa. Ini baru cara benar, dan tidak abaikan keselamatan pemakainya. Dan orang lain juga di jalan.
Turboman wrote:ada kemajuan dr komentar om RV, cuman tetep aja ada sotoy-nya

Soal monocoque VS ladder frame....nah om RV mending belajar dulu dah ama um Anto MM dari IC......kalau beliau sudah kenyang punya mobil steel ladder dan Monocoque dr dulu sampai skg, monocoque-nya yg kelas2 atas pula, bisa tanya ke beliau masing2 plus - minusnya apa aja.
Bagi ane, monokok & ladder frame bukan utk dipertentangkan. Masing2 punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Juga punya penggemar sendiri2. Tidak ada yg lebih superior karena kekurangan di satu sisi ditutup kelebihan di sisi yg lain. :frm_salut: Jadi bagi ane, sama aja, tergantung keperluannya. Mobil-mobil sedan dan MPV mewah biasanya menggunakan sasis monokok, tentunya pabrik sudah punya pertimbangan tersendiri, bahwa sasis terbaik utk mobil jenis itu adalah monokok, termasuk toyota. Kayaknya ane blom liat ada alphard blusukan masuk jalan2 desa yang cuma terbuat dari batu makadam... :e-naughty: memang itu bukan habitatnya. Tapi utk sebuah low MPV, bukan hal yg tidak mungkin, malah bisa jadi itu makanan sehari-hari, kalo yg beli rumahnya masih di daerah seperti itu. Ini belum sampai ke masalah payload, baru sampai masalah reabilitas. MPV jadul macam hijet-zebra-espass, carry-futura, T120, T120ss, kijang, kuda, panther & L300 dsb bisa tahan dihajar kondisi berbagai jalan di Indonesia, sementara sedan2 kecil jadul seperti charade, classy, forsa sudah harus ganti as roda depan utk medan seperti itu. Dan itulah yg terjadi dgn GL temen ane, dia gak muatin mobilnya macam2, cuma buat penumpang aja...mobil bukan utk 'kulakan' barang2, gak sampai overload...tapi akhirnya as roda depannya menyerah juga. Jangan bayangkan kota vs pertambangan, ini hanya daerah di pulau jawa diluar jakarta, di desa-desa yg jalannya belum diaspal seluruhnya. Masih banyak yg berupa jalan tanah, batu makadam dan aspal rusak. Ane sendiri juga sering bawa sedan monokok FWD lewat jalan beginian, (tp bukan GL loh..) & tidak ada masalah berarti, paling ya gesrot karena GCnya minim. Mungkin karena bukan makanan sehari-hari sih, atau mobilnya yg reliabel, ane gak tau. Menurut logika ane sih, orang beli GL, ertiga itu utk dinikmati kenyamanannya, bukan utk keperluan usaha yg dimuatin macam2 sampe melebihi payloadnya. Untuk keperluan itu, orang akan pilih APV atau Granmax-luxio. Dan mungkin juga ada orang yg punya GL di daerah yg jalannya jelek tsb masih aman2 aja...who knows? Ane cuma share cerita temen ane, cuma satu diantara sekian banyak pengguna GL. Kalo ane sih seneng liat lapangan aja om...karena kita jadi tahu, apa yg tertulis diatas kertas itu terbukti atau tidak. :e-whistle:

Harus dipahami juga bahwa tidak semua orang butuh kenyamanan mobil monokok. Walau tidak dipungkiri bahwa selera orang makin lama akan makin meningkat. Perbaikan kesejahteraan, meningkatnya kualitas hidup, akan membuat tuntutan akan kenyamanan bermobil semakin tinggi. Namun sebagian orang yg lain butuh mobil sebagai alat transportasi yg bisa diandalkan, bisa muat banyak, tidak rewel, mudah dirawat dan multiguna. Bagi orang awam otomotif yg merasa handling & kenyamanan mobil ladder frame sudah cukup, mengeluarkan biaya perbakan as roda depan (seperti contoh diatas) adalah hal yg mengherankan & menyusahkan. Bisa jadi bukan karena biayanya, tapi karena tergangggunya aktivitas karena mobil harus dibengkelin. Disini bukan karena mobil monokoknya rusak parah terus beralih ke merk lain (jangan terlalu ekstrim lah...), tapi walau rusak ringan tapi pemiliknya punya bayangan bahwa nantinya dia akan sering mengeluarkan biaya2 perbaikan lagi, itu sudah cukup untuk membuatnya menalak-tigakan mobilnya & beralih ke mobil yg menurutnya lebih memenuhi kebutuhannya, walau harus menukarnya dgn kekurangnyamanan. :shrug: Bukan karena cuma baca2, bukan karena denger mitos, tapi karena sudah mengalami sendiri.

Ane bukan bermaksud menakut-nakuti calon pembeli mobil monokok, apalah daya ane yg nubi ini...tapi hanya berharap bahwa setiap calon pembeli mobil mendapat informasi yg benar tentang barang yang akan dibelinya. Tidak semua orang expert dlm otomotif & tau bedanya sasis monokok dan ladder frame. Ane cuma berharap kalau orang pilih monokok, sudah tau plusnya adalah bla..bla..bla....namun punya minus di bla..bla..bla... Jadi orang yg pilih monokok sudah bisa membayangkan kelebihan apa yg akan dinikmati, namun juga siap dgn resiko yg akan dihadapi, seandainya suatu hari nanti hal minus tsb terjadi. Dia tidak akan kaget lagi. Kalo sales mobil kan hanya akan membandingkan hal positif dagangannya vs hal negatif mobil kompetitor. Disinilah fungsi forum seperti ini diperlukan, agar master2 bisa memberikan pencerahan kpd nubi2 macam ane ini.

Fenomena ertiga adalah hal yg positif, karena toyota-daihatsu langsung kebakaran jenggot dgn menambahkan airbag pada avania. Lha ABS-EBD-nya mana? :e-snooty: Kelihatan sekali hal ini bukan karena kesadaran pabrikan, hanya langkah reaktif agar pangsa pasar tidak tergerogoti. Persaingan memang perlu agar konsumen mendapatkan produk yg terbaik dgn harga yg paling pantas.

Waktulah yang akan membuktikan ketangguhan dan reabilitas MPV monokok disini. Jika dia memang bandel, tentunya masyarakat akan memilihnya, sejalan dgn meningkatnya tuntutan kenyamanan. Tentunya kita semua juga berharap agar kondisi jalan di seluruh pelosok tanah air bisa semakin membaik agar semua lapisan masyarakat bisa menikmati mobil2 sesuai harapannya & mengurangi biaya perbaikan yg tidak perlu. Harus dipahami juga bahwa kondisi tiap negera itu berbeda-beda, baik fisik maupun sosialnya. Di luar negeri memang ada juga jalan yg nggak mulus, tapi mungkin masyarakat disana sudah memilih SUV utk mobil hariannya. Disini masih banyak orang yg hanya punya 1 mobil utk semua kegiatan dan semua medan. Habit sosial di luar negeri, mobil tidak dimuati orang sekampung seperti disini. Bahwa duet avania bisa sukses selain karena tidak ada saingan yg setara, harga masih masuk, juga karena mobil ini memang didesain sesuai permintaan konsumen & kondisi alam disini. Jangan bandingkan payload avanza vs santa fe dong....kelasnya udah beda om...MPV vs SUV...mesinnya aja 1300/1500 cc vs 2700 cc...powernya, torsinya? :wkkk:

Bagi ane, kehadiran low MPV Honda ini patut ditunggu, agar masyarakat bisa mencicipi MPV dgn kualitas Honda namun dgn harga yg lebih terjangkau. Banyak orang yg ingin punya MPV seperti iprid namun terganjal harganya sehingga harus puas dgn pilihan lainnya. Apakah MPV yang katanya sudah disurvey sesuai kondisi tanah air ini benar2 bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, waktu yang akan membuktikan. Diharapkan juga pabrikan lain akan meningkatkan kualitas produknya sehingga masyarakat punya banyak pilihan yg setara. :e-dance:
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: LMPV Honda

Post by xtr40rd1n4rym4n »

@ om dream_theater: mantap penjelasannya dan totally make sense.. :e-clap:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: LMPV Honda

Post by ricz »

Image

Bagus pake 1.5 :off_good_job:

Smoga Freed baru pake 1.8 ED :e-pray:
2021 Fortuner VRZ
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: LMPV Honda

Post by ricz »

http://autos.okezone.com/read/2013/07/1 ... abs-airbag

F: Low MPV Honda (Azwar F/Okezone)
JAKARTA- Berstatus sebagai low Multi Purpose Vehicle (MPV), yang memiliki harga lebih terjangkau, varian low MPV yang akan dihadirkan Honda Prospect Motor (HPM), masih menerapkan keamanan maksimal mobil.

HPM sudah mengumumkan akan merilis low MPV terbarunya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, September mendatang. Low MPV Honda ini akan bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga Nissan Grand Livina, dan Chevrolet Spin.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM menjelaskan, kendati berada di segmen low MPV, produk Honda ini tetap menjunjung tinggi faktor keselamatan pada mobil.

“Low MPV Honda ini sudah mengadopsi fitur keselamatan. Sudah pasti ada airbag dan sistem pengereman ABS. Dua komponen keamanan itu sudah menjadi standar Honda,” jelas Jonfis Fandy kepada wartawan.

Jonfis melanjutkan, Honda tidak akan meninggalkan tradisi merancang mobil dengan desain dan kualitas terbaik. “Meski ini low MPV, kami tidak membuat mobil dengan kualitas rendah. Ini desain Honda dengan kualitas Honda, bukan merek lain yang kita beli,” lanjut Jonfis.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Honda Prospect Motor akan meluncurkan low MPV ini pada IIMS 2013 mendatang. Harganya masih belum bisa dibocorkan, namun sudah ditegaskan ada di bawah angka Rp200 juta.
Positif bakal airbag + abs di seluruh tipe...

.
2021 Fortuner VRZ