Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

yoki78
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Oct 04, 2013 8:30

Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by yoki78 »

halo teman,

perlukah memasang current stabilizer (kaya XCS 3, http://www.professional-motorsports.com ... ystem/?o=z) dan turbojet accelerator (http://forum.detik.com/mobil-anda-kuran ... 32072.html) ?

Mobil saya MPV biasa. Kalau dipasangi alat2 itu kira2 ngaruhnya apa ya ? tarikan enteng ? listrik stabil ? lebih bertenaga ? seberapa persen kenaikan performanya ? Kalau disuruh milih, pasang current stabilizer dulu atau turbojet ?

Mohon sharing bagi yg pernah menggunakannya...

trims
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by Turboman »

yg terakhir sih lupakan aja.....itu sih tipu2-an

Voltage stabilizer liat2 dulu mobilnya apa

Dlm kond mesin idup, coba cek pakai Voltmeter atau OBD2 reader, trus geber gasnya sampi 80 -90% Redline, jika voltase melonjak jauh di atas 14V maka boleh pasang, tapi kalo voltase main di range 13 sampai 14 V aja sih gak usah pake voltage stabilizer

mending duitnya buat bikin ground cable aja kalo ECU nya ada di balik dasbor / kick panel.
yoki78 wrote:halo teman,
Kalau disuruh milih, pasang current stabilizer dulu atau turbojet ?

Mohon sharing bagi yg pernah menggunakannya...

trims
* Bukan ajakan Beli *
yoki78
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Oct 04, 2013 8:30

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by yoki78 »

yg terakhir sih lupakan aja.....itu sih tipu2-an >> bener sepertinya. alatnya cuma baling2 bamboo biasa tanpa ada mekanisasi apapun utk nyedot udara... hihihi. untung saya nanya2. sebelumnya saya udah curiga sih.

Voltage stabilizer liat2 dulu mobilnya apa >> Avanza 1300 gan.. perlukah ?

Dlm kond mesin idup, coba cek pakai Voltmeter atau OBD2 reader, trus geber gasnya sampi 80 -90% Redline, jika voltase melonjak jauh di atas 14V maka boleh pasang, tapi kalo voltase main di range 13 sampai 14 V aja sih gak usah pake voltage stabilizer >>> Voltmeter di taruh dimana ? di kutub2 aki kah ? Maksudnya digeber 80-90% Redline ? Digeber sampai RPM nya 80-90 % ?

mending duitnya buat bikin ground cable aja kalo ECU nya ada di balik dasbor / kick panel. >>> bisa masang sendiri kah atau harus ke bengkel ? Biayanya berapa, jasa dan cable nya ?

Maaf gan, banyak nanya. ane nubie soal mobil dan lagi belajar2
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by dream_theater »

Turbojet Accelerator yang berupa baling2 di saluran masuk? Kata pakar2 tuning mesin, alat ginian justru menghambat aliran udara saat putaran mesin tinggi.

Kalo Voltage stabilizer, ikuti saran om Turbo. Mobil adik ane, xenia Mi 1000cc pake XCS Hurricane sih berasa enteng dikit tarikannya (tau sendiri xenia 1000cc napasnya pendek banget), tapi tentunya harus dites dyno dulu apa memang beneran nambah tenaga/torsi seperti di brosurnya.

Ground cable bisa pasang sendiri, coba googling deh. Tinggal beli kabel tebal, sepatu kabel, cable shrink, mur baut & pelat tembaga. Di forum ini juga ada yg jual + pasang GC, coba aja kontak. Voltage stabilizer seperti pivot raizin sudah bonusin ground cable.

Mungkin boleh coba kasih ferrite di kabel-kabel busi, koil & injektor. Harganya paling 15rb/bh. Temen ane pasang di taruna karbu, nambah enteng akselerasi & ngurangin getaran mesinnya. Ane pasang di motor, jd berasa enteng, tapi di tavera kayaknya gak ngaruh
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by htannis »

1 kata : TIDAK :mky_04:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6024
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by BADAK »

htannis wrote:1 kata : TIDAK :mky_04:
Alasannya knapa ya om htannis? :ungg:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by kompresorz »

semua kembali ke sugesti masing2..mknya bisa terjadi perdebatan panjang sekali sambil ngotot..

pernah ada yg pasang turbojet di bmw terus dicopotin..
klo voltase saya ngobrol dgn mekanik resmi n spesialis mereka bilang gak ada pengaruh..



skdar masukan klo mau berasa mobil kencang pasang turbo/super tp rajin bolak balik bengkel risetnya ato mau instan ganti mesin..ato paling gak pusing duitnya kumpulin beli mobil yg mesinnya kencang..

intinya klo saya punya pikiran kolot n malas bolak balik bengkel klo emang barang begitu bermanfaat pasti pabrikan pake tuh barang..jd apa yg udah dibuat oleh insinyur pembuat mobil itu yg udah bagus standarnya..emang insinyur disini sudah bisa bikin mobil..
tp ya ada orang yg senang kutak katik n nongkrong dibengkel..tp cobain aja sendiri biar puas..kepuasan orang kan beda2..biar gak jd penasaran..

itu sih opini saya aja..maaf klo tidak berkenan..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by andy1800 »

Current stabilizer atau voltage stabilizer sih?
Serius, current?

Apa aja sih yg bs membuat voltage mobil tu jd gak stabil?...krn kapasitas kapasitor dr accumulatornya krg gede atau gmana?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by y_anjasrana »

ga perlu 2-2nya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by asudarsono »

Current stabilizer gue cukup aki aja. Khan aki fungsinya buat kapasitor penstabil arus.

Kecuali kalau kurang massa shg apinya kecil ya bedalah, cuma gimana tahu gejala kurang massa aku gak ngerti sih. Khan bisa aja tegangan 12 V cakep, tapi setrum gak sampe ke busi. Untuk itu, current stabilizer juga gak bantu banyak, mending urut kabel.

Masang voltmeter juga aku gak paham yg bener gimana ya. Umumnya khan di aki, tapi kalau koh Atek yg galeri alternator Haji Nawi masangnya di alternator ya. Akhirnya aku pasang dua aja, soalnya bacaannya beda banget.

Aku bukan mau promosi ya tapi turbo2an dan current stabilizer, terbukti gak efek. Mending pasang coil, kabel busi dan busi yg bagus. Kalau aku sih, urusan listrik cuma percaya ama MSD. Bukan promosi ya.

Kalau urusan angin, aku pasang kantong udara di depan throttle body. Jadi pas akselerasi pasokan udara ambil dari kantong reservoir itu..... Di beberapa mobil Eropa, terpasang semacam kitiran turbo juga. Waktu pertama kali nemu, aku bingung tapi dijelaskan dari Paris, itu buat anti salju. Gak efek ama performa.
Ready to Race
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by htannis »

yg diperlukan pada mesin kendaraan anda : turbo dan intercooler :big_smoking:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by aspsilver »

turbojet accelerator, adalah omong kosong.

itu tabung dengan kipas ditengahnya.
trus dengan udara yang tersedor masuk, dia akan memutar baling2 kipas (gunanya apa????)

benar malah terhambat aliran udara karena ada benda dijalurnya.

berbeda sama TurboCharger/SuperCharger yang menggunakan tenaga mekanis untuk menggerakkan baling2 untuk Menyedot udara.

kata yang jual turboJet accelerator ini, kipasnya buat memutar udara supaya teraduk sempurna dengan BBM, emangnya es cendol? haha

soal Current Stabilizor, saya gak tau ada gunanya apa gak.

saya pakai Volt Stabilizer dari Raizin, intinya itu cuma kapasitor yang menangkap kelebihan daya, dan pas kurang daya, dia yang bantu supply.

saya pakai itu, karena hadiah dari teman, ya sudah ada ya saya pasang aja, saya pasang di
Honda Jazz i-Dsi
Honda City VTEC
Honda Accord 3.5L
Mercedes Benz E250 CGI
Mercedes Benz C280
Mitsubishi Pajero Sport
Toyota Innova 2.5L diesel

semuanya tidak memberikan perubahan apa2 di performa, dan konsumsi BBM
walaupun tujuan si pemberi adalah supaya suara audio lebih baik. tapi ya sama aja, saya gak berasa bedanya, cuma itu karena telinga saya belum terlatih aja.


saya setuju sih, bahwa pabrikan mobil sudah memberikan design yang terbaik untuk mobil yang kita pake sehari2 itu.

cuma gini, pabrikan kan mengambil jalan yang ditengah, memberikan kompromi terbaik, dari performa, konsumsi BBM, kenyamanan, keamanan, umur pakai mobil, keinginan dari konsumen dsb

nah kita sebagai end user, kan punya pendapat sendiri untuk hal diatas.
misalnya
saya mau performa terbaik (Horse Power, akselerasi, top speed) dimana saya gak masalah kalau Konsumsi BBM meningkat,
saya mau mobilnya lebih gigit dijalan, keras dikit tidak masalah.
saya mau audio nya lebih baik
dsb.

nah hal2 diatas kan membuat kita sebagai pencinta mobil, untuk memodifikasi mobil kita untuk mencapai keinginan kita tersebut

contoh
kita semua tau
Mercedes Benz SLS 63 AMG adalah mobil mewah yang kenceng

tapi ada aja yang merasa kurang wah, jadi masuk di Brabus, untuk ditambah mewah dan sedkit kencang

VW Golf GTI juga sama mobil keceng
tapi ada aja yang merasa kurang, dan memodifikasi mobilnya jadi makin kenceng lagi
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2530
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by ilhami »

Kalau dibandingkan dengan turbo beneran, turbojet itu nggak ada apa-apanya. Saya setuju belilah ford ecoboost atau vw yang sudah ada turbonya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by Turboman »

Yup

Baling2 kinetic tambahan yg utk di intake itu = buang aja ke tong sampah

Lalu drpd voltage stabilizer lebih baik pake aki yg CCA nya gede

CCA = Cold Cranking Amp
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by ecco »

aduh, ane jadi malu...di yaris ane ada tuh kitiran :mky_01: ...segera bongkar dan cuci dah...buat mainan anak ane aja deh...kalo air filter replacement ada guna? sorry kalo oot...2 bulan lalu beli soalnya yang jaring baja...700rb...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by andy1800 »

Klo K&N sedikit meningkatkan performa, yaa 0.5 smpai 2 hp aja siih. Hanya jika dlm kondisi bersih selalu. Jd srg2lah cek dan cuci/bersihkan.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by ZombiEE »

Nubie nyimak aaahhh
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by nescafe »

andy1800 wrote:Klo K&N sedikit meningkatkan performa, yaa 0.5 smpai 2 hp aja siih. Hanya jika dlm kondisi bersih selalu. Jd srg2lah cek dan cuci/bersihkan.
itu juga hanya terasa di rpm tertentu :roll:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by y_anjasrana »

klu listrik stabil mending pasang kabel grounding diy. pilih kabel yg diameter tembaganya besar. pasang 3-5 titik udah bagus. tp baru terasa utk mobil2 yg mulai berumur yg kualitas groundnya menurun
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by andy1800 »

nescafe wrote:
andy1800 wrote:Klo K&N sedikit meningkatkan performa, yaa 0.5 smpai 2 hp aja siih. Hanya jika dlm kondisi bersih selalu. Jd srg2lah cek dan cuci/bersihkan.
itu juga hanya terasa di rpm tertentu :roll:
Bahkan klo yg feelingnya bukan feeling emas, malah gak merasakan peningkatan apa2. Yg bs merasakan peningkatannya cm dyno meter. :roll:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by ecco »

wadoh, buang duit doang dong ane :(...beli dulu 1 set, kitiran, replacement, sama satu lagi yang mirip tanda + pasang di ujung intake. Kalo nggak guna ane balikin lagi pakai filter standar dah...he..he...dulu beli karena sepertinya byk testi yg bilang bagus...merek yg identik dengan warna biru...trus karena karatan itu replacement, ane beli lagi yang stainless...pemain baru...warna merek ijo :mky_01: udah abis byk neh main2 ginian...mending duitnya buat beli apa itu...dastek yah
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by andy1800 »

iya



.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by Turboman »

Kalo free flow air filter sih pasti kerasa bedanya, cuman result tiap2 mobil ya beda2

Cuman sih kalo sy pribadi tetep pilih yg cotton gauze drpd wire mesh, consider daya filtrasi thd debu lebih baik, juga kalo utk street use pilih yg tingkat flow menengah spt cotton gauze, kalo yg kelewat plong ada resiko bawahnya jadi ngempos dikit.

Percobaan saya dr Corolla GL, Accord Cielo, Ipah D4 D semua hasilnya terasa bedanya (Cotton gauze)

@ecco:
Kalo yg anda rasakan sendiri bagaimana ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by asudarsono »

Dastek atau piggyback boleh juga tuh, karena mesin modern sebetulnya tenaganya banyak dikebiri. kalau bisa distel yg bener, tenaganya baru deh keluar aslinya. Tapi pilih ECU replacement / piggyback juga kudu yg bener, krn banyak yg cuma akal2an juga.

Replacement filter sejenis K&N gak akan menambah tenaga, cuma tenaga itu akan lebih cepat didapat. Ini krn udara masuk tidak terhambat / dicekik. Cari filter yg free flow.

Selain itu, coil juga bisa cari yg gedean, biar apinya makin gede. Kalau berani, pakai MSD kotak, tapi bengkelnya kudu paham pemasangannya, kalu gak bisa jebol tuh busi atau malah arusnya kick back.

Edit :
Ya betul, kalau pakai free flow filter ada resiko debu masuk, untuk itu perlu dicari yg aman jangan salah pilih. Dan mesin perlu setting ulang kalau ganti filter. Kalau gak ya ngempos. Ganti knalpot juga perlu setting ulang juga, kalau gak ya ngempos. Banyak Ninja yg pakai aftermarket knalpot Akrapovic tanpa piggyback, ya aneh2 deh.
Last edited by asudarsono on Wed Oct 16, 2013 2:40, edited 1 time in total.
Ready to Race
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlukah current stabilizer dan turbojet accelerator

Post by ZombiEE »

Mantap nih masukan master2....gak jadi beli aahhh