Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Jose »

Halo2 ketemu lagi, :beer:

Kali ini saya akan review mobil penghuni baru garasi rumah, yaitu Daihatsu Terios TX A/T Adventure model 2014 yg baru di launching ADM bulan September ini. Sebetulnya tadinya ga ada niat utk beli ini mobil, namun karena kebutuhan ya beli aja. Keputusan utk beli trim paling mahal krn saya ga doyan repot cari variasi sana-sini dari selisih harga setiap trim, yaudah deh beli aja yg paling komplit..beres  :mky_08: 

Background

Honestly, dulu..semenjak si kembar ini lahir sampai sebulan lalu saya tidak pernah ada ketertarikan dengan mobil ini, bagi saya mobil ini serba nanggung, ukuran nanggung, karakter nanggung, fitur nanggung, performa nanggung, dll. Anggapan saya, klo mau SUV kota ya ambil CRV, CX5, OS dkk,, SUV ladder ada Fortie & PS,, klo mau bawa penumpang banyak ambil innova/Freed, klo kemahalan ya beli avanza atau ertiga, simple. Namun saya heran mengapa populasi Terios-Rush ini sangat banyak dijalanan, dilihat dari data penjualan, pada tahun2 awal launching rata2 bisa tembus 4000-an unit sebulan, dan saat ini pun menginjak tahun kedelapan penjualannya masih sekitar 2000-an unit sebulan. Saya gak habis pikir kok banyak orang mau beli mobil yg menurut saya nothing special with it, malah menurut beberapa testimoni bilang bantingan tidak nyaman, limbung, boyo, mahal dll, lha kenapa masih dibeli..??  :e-think: 
Jawaban dari pertanyaan tsb akhirnya saya temukan sebulan lalu dimana untuk kebutuhan extent networking, mobilitas saya mulai menjangkau daerah2 yg tidak bersahabat bagi Brio & Accord CM5 saya, daerah2 seperti Cacing (cakung-cilincing), tapos, jonggol, parung yg kondisi jalannya sempit & rusak harus saya lalui tanpa memperlambat laju mobil sampai seperti siput ketika melewati rangkaian lubang2 tsb, oleh karena itu saya membutuhkan sebuah Light SUV berukuran compact. Disini saya mulai melirik SUV dgn price range max Rp.300jt based on budget. Keluarlah opsi spt OS tipe base, Sportage, Tucson, Duster dkk. Namun ada satu hal yg mengganjal, kebutuhan saya adalah high & quick mobility even in light offroad route, jujur saja klo saya pakai mobil2 diatas saya tidak akan tega krn ada perasaan sayang thd mobilnya sehingga tetap saja saya harus memperlambat laju sampai seperti kura-kura ketika melewati jalan rusak, in the end  goal saya tidak tercapai. Disinilah saya mulai melihat kelebihan Terios-Rush, karena saya butuh mobil yg mampu menghalau jalan rusak tanpa ada rasa "tidak tega/sayang" terhadap mobilnya. Akhirnya saya membuat suatu kesimpulan bahwa, "Terios/Rush bukanlah mobil yg diinginkan, tapi dibutuhkan".  Setelah meng-compare price & spec, akhirnya saya putuskan utk memboyong Daihatsu Terios TX A/T Adventure yg mana lebih fit dgn kebutuhan saya. :big_peace: 

Origin
Terios yg ada saat ini adalah generasi kedua, generasi pertama di indonesia lebih dikenal dgn nama Taruna. Setelah sukses dengan kolaborasi Avanza-Xenia, pada thn 2006 Toyota-Daihatsu kembali mengusung proyek kolaborasi dengan meluncurkan Terios dan Rush. Semua pengembangan dan produksi Terios maupun Rush dilakukan oleh Daihatsu dengan menggunakan basis Toyota Rav4 generasi 2. Walaupun dipasarkan secara global, namun terdapat beberapa perbedaan spesifikasi di setiap region, utk pasar eropa yg dipasarkan adalah tipe Short Wheel Base dan full time 4WD, sedangkan utk pasar Asia & Afrika terdapat pilihan Long Wheel Base dan 4x2. Khusus ASEAN hanya LWB 4x2 dan juga dipasarkan Toyota dgn nama Rush. Terios diciptakan sebagai small offroader dgn harga terjangkau, menggunakan sistem suspensi 5-link Rigid Axle dengan front diff lock (versi 4x4) yg menjadikannya full time 4WD. Banyak review positif akan kemampuan off road nya, walaupun mengorbankan kenyamanan on road.  :off_good_job: 
Di Indonesia Terios sudah mengalami 2x minor change, yg pertama di tahun 2010-2011 dimana ADM mengeluarkan versi  TX Adventure, mirisnya tagline Aventure hanya sekedar nama, krn yg terjadi di tipe Adventure malah disematkan side skirt & foot step ikut-ikutan saudaranya Rush tipe S yg memang konsepnya mengarah ke style small SUV perkotaan. Akibatnya ground clearance justru turun dari 225mm menjadi 200mm. Pada bln Agustus 2013 ini ADM akhirnya melakukan minor change kedua, kali ini ADM  mempertegas perbedaan segmen market Terios dgn Rush, dimana Terios lebih berkonsep Family Adventure, tampilan terios yg sebelumnya sok elegan diubah menjadi lebih maskulin. :big_smoking: 

Exterior
Image
Minor change pada Terios 2013 merupakan perubahan paling signifikan yg dilakukan ADM, seperti yg saya ulas diatas perombakan dilakukan utk membuatnya terlihat lebih maskulin, ubahannya meliputi foot step dihilangkan, side skirt diganti side body moulding warna hitam sampai over fender, bemper depan pun kini berkelir hitam dengan lis silver, sehingga kini body Terios bercorak two tone. Pada tipe Adventure ADM menginstall skid plate di sekujur depan-belakang dan samping sbg protektor body bagian bawah, dimensi ban pun diubah dari 215/60/R16 menjadi 235/60/R16.  :frm_tumbright: 
Image
Hasilnya ground clearance meningkat jadi 250mm, siap utk menerabas berbagai kondisi jalan. Ubahan ini juga seakan menegaskan bahwa Terios sudah kembali ke ranah segmennya yaitu Family Adventure, berbeda dgn rush yg lebih kearah stylish city commuter. Oh iya, desain cover ban serep pun kini berubah menjadi lebih manis dgn lis chrome ditengah.  :off_good_job: 

Image

Overall saya suka tampang barunya, benar2 refreshment dari tampangnya yg sudah mulai usang, walau pada bagian tertentu agak over tapi blm sampai tahap norak, seperti lis yg memanjang dan melingkari foglamp yg bentuknya mirip orang nyegir.  :mky_08: 


Interior
Image
Dari dulu interior Terios terkenal simpel, desainnya cenderung boring, terutama center console yg mengotak dan minim tombol, semua konventional. Pada minor change ini, perubahan signifikan juga menjamah interior, yg paling kentara adalah warna interior yg dulunya beige kini diganti dark grey, ubahan ini walaupun mengurangi kesan mewah dan lapang, sisi positifnya warna interior kini lebih fit dan selaras dengan plate2 berkelir silver yg menghiasi interiornya. Ubahan yg cukup terasa juga hadir di sektor entertainment dgn hadirnya audio touchscreen with DVD in dash plus Aux-in & USB slot, include GPS. Oh iya, GPS hanya hadir di trim Adventure. Fitur2 HU nya cukup menarik dan proses lock satelit pada GPS nya cukup cepat, proses pairing device utk telpon juga lancar, sayang kualitas suaranya (SQ) parah, HU nya Brio lebih bagus SQ nya.  Penambahan lainnya adalah hadirnya Dual SRS Airbag & pretensioner seatbelt pada setiap line up. Kelebihan lainnya adalah headroom & legroom yg lapang utk row 1 dan 2, sedangkan row 3 saya anggap space nya hanya utk anak2.  :mky_01: 


Image

Image

Features
Sedangkan Fitur2 lainnya ada :
- retractable mirror
- kamera mundur
- parking sensor 
- ABS 
- Dual SRS Airbag & pretensioner seatbelt
- projector headlamp
- EPS
- Chrome Garnish 
- Driver Seat Height adjuster 
- 2nd row separate sliding seat
- 3rd row seatbelt 

Image

Image

Cukup lengkaplah utk ukuran terios. 
Ok, sekarang poin2 yg negatifnya. Banyak juga hal2 konyol di mobil ini :
1. Kekonyolan pertama & paling parah, tidak adanya tilt steering. Come on ADM...ini bukan armada angkot & mobil niaga yg supirnya hanya bisa pasrah tidak bisa merubah driving position,,ini adalah passenger car seharga >200 jt, harusnya tilt steering adalah fitur basic. Minimal utk meyakinkan bahwa kita bukan sopir angkot/mobil box yg pasrah pada keadaan. Udah tilt steering ga ada, posisi fixed setirnya gak enak krn terlalu rendah sedangkan posisi duduk jok tinggi. Jadi posisi tangan saya harus agak turun ketika menggenggam setirnya. Saya yg biasa drive Brio & Accord yg driving positionnya superb seketika langsung tersiksa. :mky_04: 
2. Kedua, Chrome garnish di exterior oke, tapi di interior malah bikin rusak. Coba perhatikan gambar dibawah, pemasangan chrome di door handle-nya maksa, dan gak nyambung sama basic plate berkelir silvernya. Jujur aja bukannya bagus ini sih udah Failed dan noraak, jeleknya minta ampun.  :mky_07: 
Image

3. Ketiga, hilangnya kontrol audio di setir, dimana pada varian yg sama sebelum minor change justru ada. No comment deh, ini sih downgrade namanya. Okelah HU nya diupgrade dan tidak kompatibel dgn steering switch nya, tapi masa sih divisi electrical sebuah ATPM besar gak bisa ngakalin...?? Malah dihilangin....capedeehh...  :off_no: 

Image

Ride & Handling
Putar kunci, engine start, suara cukup halus dan ketika idle hampir tidak terdengar dari kabin. Pindah tuas tranny ke D, mobil jalan dgn halus menyusuri jalan komplek, perpindahan gear 1-2-3 cukup smooth dengan tekanan accel standar, tidak seperti Brio saya yg perpindahan gear 1-2 nya kasarnya minta ampun. Disini saya cukup appreciate dengan peredaman Terios, suara mesin hampir tidak terdengar saat low speed, ternyata klaim ADM bahwa mereka sudah melakukan improvement thd peredaman kabin itu benar adanya. Bantingannya pun "sedikit" lebih empuk dgn adanya perubahan spring rate & shock absorber. Terios menggunakan mesin 1500cc serupa Avanza Veloz namun settingan gear ratio diset utk low-end torque, tarikan bawahnya berisi banget tapi tetap smooth, which is good, membuatnya cukup lincah utk pindah2 pindah lajur. Maticnya benar2 diset utk comfort cruising, dimana perpindahan gear dilakukan di rpm rendah namun tidak sampai terasa kekurangan power krn ketersediaan torque sudah ada di low rpm. Cruising 80-100 kpj di tol masih terasa hening tanpa ada rasa kekurangan power jika tiba2 dibutuhkan utk overtaking.  :mky_02: 
Naah minusnya...transmisinya langsung terasa "idiot" ketika diajak agresif, injakan full throttle seketika membuat maticnya seperti stunned sementara, setelah itu baru merespon, ibarat orang ber-IQ jongkok dikasih Persamaan Integral (Matematika). Hal ini diperparah dgn feedback setir yg minim lantaran sudah EPS, plus raungan mesin yg seakan kehabisan napas dan bengek di high Rpm.  :big_chicken: 
Handling...nope...body tinggi plus body roll juga tinggi. Menurut saya mengendarai Terios berasa aman hanya sampai 120 kpj, diatas itu rada mengerikan karena sedikit flick pada setir langsung bikin bodynya goyang dombret. Untunglah sedikit tertolong dengan karakter rem yg lumayan bagus, smooth tapi akurat, membuat injakan rem mendadak tidak begitu terasa nyentak dan terlempar kedepan. 
Bahasan handling cukup deh karena mobil ini memang bukan utk itu. Saya lebih tertarik utk membahas keluhan banyak orang mengenai suspensi terios yg katanya "sudah keras, limbung & goyang pula"  :mky_03: .Ternyata hal itu berasal dari penggunaan sistem suspensi pada Terios yg menggunakan 5-link Rigid Axle, saya kurang bisa jelasin secara teknis tapi saya pikir gambar ini cukup membantu menjelaskan :

Image

Itulah penyebabnya karena berbeda dgn sistem independen maupun torsion beam, penggunaan Rigid Axle membuat posisi body dan ban fixed dengan batang axle, akibatnya pergerakan body selaras dgn kontur jalan, jadilah jalanan bumpy sedikit saja langsung terasa.  :e-wall: 
Naah, positifnya konfigurasi ini sangat2 kokoh dan durable plus tidak banyak component & parts yg rumit sehingga maintenance cost pun lebih rendah. Krn itulah Konfigurasi ini banyak digunakan juga pada Truck & D-Cab. Hal ini saya buktikan sendiri, setelah STNK jadi langsung saya pakai utk operasional harian ke daerah2 yg saya sebutkan diatas, jujur mobil ini bisa menerabas medan jalan yg bergelombang dan berlubang tanpa ada rasa sayang & gak tega sama mobilnya, ini juga dibantu oleh redaman suspensi (damper) yg empuk, sehingga ketika menghantam lubang hanya bersuara dung..dung..walaupun guncangannya berasa bgt. Goal saya benar2 tercapai, untuk rangkaian rute yg sama misal : Cakung-tapos-bogor-parung, saya bisa menghemat waktu sampai 25-30 menit dibanding menggunakan Brio (diluar traffic, krn rute itu jarang padat ketika saya melintas). Itu karena ketika pakai sedan / mini hatch, kita harus melambatkan kendaraan sampai seperti keong ketika melintasi lubang, sedangkan klo pake Terios sih ya terabas aja (like Clarkson on Top Gear) hahaha...  :big_biglaugh: 

Conclusion
Image
Definitely not a great car, this is a tough car for tough task. Mobil ini tidak menawarkan power, ride, handling & comfort, tapi kebutuhan & rasa aman akan durabilitas dan ketersediaan spare parts, terutama utk melakukan tugas2 berat dengan melintasi berbagai kondisi jalan. Kebutuhan quality work time yg seringkali habis krn kondisi jalan, sehingga harus melambat atau memutar. On the other hand, ada beberapa highlight yg jika di improve pasti akan lebih baik, contohnya hal2 kecil & basic seperti absennya tilt steering & placing chrome garnish yg super maksa.  :mky_02: 

Demikianlah review asal2an saya, semoga bermanfaat bagi warga SM sekalian  :beer: 
Last edited by Jose on Sun Oct 13, 2013 4:42, edited 1 time in total.
Increase speed = increase Risk
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by artoodetoo »

Nice review dan HU nya itu yg bikin ngiri ... di mobil ane ndak ada :cry: :cry: :cry:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by madcat015 »

Nice ripiu om Jose... :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Felixz_Yaris »

Nice repiou om jose.
Teri emang ga ada audio disetir ya?
Gen lawas masi ada..
Tilt streering ga ada? Yasir tuwir ane aja ada.
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Jose »

Thanks ya :beer:

@R2D2
Hehehe, sodara kembarnya, Rush aja masih pake 2Din biasa :D

@om metket
Ah, saya baru bisa review mobil2 kelas tengkulak, beda kelas dgn om metket yg digarasinya berjejer sprotcar :upss:
Increase speed = increase Risk
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Jose »

Felixz_Yaris wrote:Nice repiou om jose.
Teri emang ga ada audio disetir ya?
Gen lawas masi ada..
Tilt streering ga ada? Yasir tuwir ane aja ada.
Iya om, padahal terios 2011-2012 ada steering switch nya. Tilt steering beneran ga ada om, kebangetan bgt nih ADM, fitur basic malah absen

Btw, thanks om :beer:
Increase speed = increase Risk
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by ak4ng »

EPS?? baru tau ane klni terios pake eps, dari 215 ke 235 makin nambah beban yak? GC tinggi juga bikin nambah hambatan angin jga kan? makin boros dong?? btw good repiew brooo :off_good:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by madcat015 »

Ah, itu mobil teman ane om Jose... :mky_01:

Berarti, Teroris ini uda lebih empuk dari non FL ya om Jose?
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Jose »

@bro akang,
Masalah konsumsi kurang tau om. Saya termasuk orang yg malas ngitungin konsumsi BBM dan juga teroris ini gak ada MID :D

@om metket
"sedikit" lebih empuk dari versi sebelumnya, peningkatan yg rada kerasa itu justru peredaman kabin om :D
Increase speed = increase Risk
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by walid_007 »

mantap reviewnya omm

memang enak boil beginian buat perang.... suspensinya ga bikin sakit hati kaya sedan lg off road... :ngacir:
engine roaring!
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by kariage »

rate bintang lima
top riviewnya oom :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Image
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by hitutbaw »

Mantap reviewnya om jose...sangat informatif dan lugas. So...Begitulah kekuatan duo rush terios..utility, style, simple, value..
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by amfibi »

Good review, om :mky_02:

Feelingnya sama kyk ane ya, tega melibas jalan jelek pake RAV4, begitu pake camry lsg pelan2 seperti kura2 :mky_01:

BTW, emang RushTer dikembangkan dari basis Toyota RAV4 Gen-2 om? kok ride feeling-nya jauh bener ya, & RAV4 monokok + FWD, sedangkan RushTer ladderframe + RWD? :mky_01:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by walid_007 »

terios semi monokok kok omm......
:mky_01:
engine roaring!
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by amfibi »

Ooh semi monokok, sori ane salah kalo gitu :upss:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Nightster Guy »

Jose wrote:Saya lebih tertarik utk membahas keluhan banyak orang mengenai suspensi terios yg katanya "sudah keras, limbung & goyang pula"  :mky_03: .Ternyata hal itu berasal dari penggunaan sistem suspensi pada Terios yg menggunakan 5-link Rigid Axle, saya kurang bisa jelasin secara teknis tapi saya pikir gambar ini cukup membantu menjelaskan :

Image

Itulah penyebabnya karena berbeda dgn sistem independen maupun torsion beam, penggunaan Rigid Axle membuat posisi body dan ban fixed dengan batang axle, akibatnya pergerakan body selaras dgn kontur jalan, jadilah jalanan bumpy sedikit saja langsung terasa.  :e-wall: 

-
1) Mantep bro, komprehensif.

2) Yg dibold, skali lg spt udah sy kemukakan di trid 1 nya lg, soal limbung dan kerasnya suspensi Terios lama bukan salahnya si konstruksi 5 link rigid axle, gak da hubungannya. Lebih ke soal material dan spek per, shock, dan geometri suspensinya.

Imho, cmiiw.

:ungg:
Das Beste oder nichts.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by ricz »

Nais repiu om Jose...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15584
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by ChZ »

nice review om :mky_02:

benernya terios baru ini keren... cuma sayang dia kasih bemper depannya maksa bgt... :frm_bang_head: maksa biar keliatan kaya mobil offroad beneran

kalo emang mau dikasih bemper dan overfender kaya gitu bagusan dibikin kaya captiva / CR-V gen 3 FL :mrgreen: ... minimalis tapi dapet kesan classy nya :mrgreen: :big_blushing:

coba terios beneran dipasarin yang tipe 4x4 yah...
sayang pajak mobil 4x4 disini terlampau kejam... bisa2 ntar harganya nyentuh angka 350jutaan :frm_bang_head:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by M90 »

Mantaaf ripiunya Bro Jose,

Oh ya Teriosnya jgn terlalu sering menghajar lobang, shockbreakernya nggak setangguh Ipah. Nanti kayak Rush 2012 S A/T ane, baru jalan setaun atau 20 rb km, Rush ane rear shockbreakernya udah bocor. Untung masih garansi dan langsung diganti oleh Beres Toyota.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by VanzMatic »

Very nice review, om..! :e-clap:

Memang untuk penggunaan seperti itulah ditelurkan nya SUV tanggung seperti rushter.
Buat yang masih belum sanggup bayarin pajaknya rushter, bias downgrade ke avania.

Selain itu, dimensinya yang lebih kompak dibanding SUV pejantan yang lain, membuatnya tidak berasa ngeresehin pengendara lain dari arah lawan. Ibaratnya, dimensinya bersahabat, dan ga berasa kayak kita yang pengendara lain di-angkuh-in dengan dimensi yang gambot.

Sekedar perasaaan pribadi aja yang sangat subjektif tentunya.

Oh iya, jadi keinget mantan bos ane di perusahaan yang lama. Setengah semaput dia maki maki ngga enaknya avania dan rushter milik kantor...tapi dia bandinginnya dengan Carnival punya dia...
:big_biglaugh:

Akhirnya pada saat dia harus ke Cakung, ke Priok, yang mana pas jam macet gila, kudu ambil potong kompas lewat jalan jalan tikus yang ngejubileh ancurnya, akhirnya dia nyerah ngga mau pakai carnivalnya... Selain sayang shock nya dan menyebabkan mobilnya jadi kura kura di jalan saat lewat lobang, dimensinya juga kelebaran, jadi tatkala harus adu nyali dengan trailer trailer container dari arah lawan, malah bikin stuck arus karena mobil dia ngga bisa lewat.


:big_blushing:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Jose »

@om walid
Thanks om, iya enak buat mobil tempur

@om kariage
Tengkyu om :beer:

@om hitutbaw
Thanks om, yup mobil utk mengejar kebutuhan, bukan kenikmatan :D
Increase speed = increase Risk
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Jose »

amfibi wrote:Good review, om :mky_02:

Feelingnya sama kyk ane ya, tega melibas jalan jelek pake RAV4, begitu pake camry lsg pelan2 seperti kura2 :mky_01:

BTW, emang RushTer dikembangkan dari basis Toyota RAV4 Gen-2 om? kok ride feeling-nya jauh bener ya, & RAV4 monokok + FWD, sedangkan RushTer ladderframe + RWD? :mky_01:
Betul kata om walid, terios Itu semi monokok atau unibody. Jadi chassis Rav4 cuma dioprek dikit aja :D
Rav4 sendiri awalnya pake platform corolla :D
Increase speed = increase Risk
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by Penikmat_Kopi »

Om Jose, ini yang paling gue suka

"Terios/Rush bukanlah mobil yg diinginkan, tapi dibutuhkan".

Setuju sekali Om, pilihan utama konsumen didasari atas kebutuhan, bukan sekedar apa yang diinginkan
:off_good_job:

Kebetulan gue pernah punya mobil ini, memang bener mobil ini biasa-biasa aja, cenderung limbung kalau di tol nembus 120 kpj. Tapi emang kebutuhannya adalah kebutuhan yang biasa-biasa aja, buat nerobos jalan yang rusak agak parah, sanggup nembus banjir, nggak boros bbm dan 3 baris pulak, jadi bukan buat balapan.
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by ecoy »

nice review om

setuju sm mod gay eh guy ya, enak nggaknya ya trgntg per sm SAnya. klo gk slh dlu wkt prtama keluar klaim all new avania per sm SA nya sdh d racik ulang biar gk trlalu mentul2.

apa eksterior terrios sm d semua tipe, om?beda tipe ts, ts extra, tx apa om?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Review Daihatsu Terios TX A/T Adventure 2014

Post by kompresorz »

wah mantap sekali reviewnya bro jose...pintar2 member sm reviewnya..