Mobil yang irit dan gagah?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by ChZ »

ricz wrote:Kalo soal Z biarkan master Medket kucing sableng ama master dewa mod Kelelep yamg bersabda...
cityZ = mantra pemanggil bos medket :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by madcat015 »

ChZ wrote:
ricz wrote:Kalo soal Z biarkan master Medket kucing sableng ama master dewa mod Kelelep yamg bersabda...
cityZ = mantra pemanggil bos medket :ngacir:
Ada yang sebut cityZ??? :cupss:

Susyeh bin shulit kalo nyari CityZ standar. Rata2 uda dioprek sama ababil... atau uda digunakan untuk hal2 yang menyenangkan...

Mesin kecil tapi gahar dan cukup bertenaga, karakter rpm bersemangat, dan suara mesin bikin ketagihan.

Bentuk long lasting ever after forever ala Ahond medio 2000an... one of the best looking compact sedan ever! :cupss:

Oh, satu lagi, ada heater nya di sistem AC... :mrgreen:

:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by Nightster Guy »

W124 Boxer memenuhi semua kriteria TS kcuali di poin irit bbm heeehehehe..

Nyaris gak ada yg bs ngalahin kharisma Mercedes youngtimer/semijadul.

Model bapak2? Ceperin dikit, ring 18. Selese perkara.

Bicara soal 'gagah', size does matter, susah dapat kesan gagah dr sedan compact/midsize, jadinya kesan sporty/fun aja yg keluar.

Dan seperti dibilang rekan2 di atas, be yourself aja. Kl mmg diri gak nyaman pake mobil mikro aka boom2car, oke cari lain, tp kl hanya krn 'diketawain satpam kompleks' tp anda sndiri sebenernya gak masalah, ya gak usa repot lah. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11053
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by marmut »

Turboman wrote:Ganti fuel pump ND apa soketnya sama persis atau bikin soket baru ?

sekiranya berkenan bikin trit : Perawatan Volvo & parts2 alternative utk Volvo

Mungkin bisa di share komponen kaki2 spt Ball joints / tie rod ends, trus gimana harga komponen2 AC, timing belt dll
nggak pake soket oom, waktu itu males belinya. cuma pasang "terminal kabel perempuan" di ujung kabel, beli merk utilux biar nggak gampang mangap ujungnya. fuel pump aslinya pakai terminal kecil, untuk yang baru (denso) ya saya sesuaikan.
kalo mau bikin trit baru saya seneng2 aja, dan masalah perawatan menurut saya 100% sama dengan mobil lainnya. mungkin untuk parts alternatif saya bisa sedikit bantu sesuai dengan yang sudah pernah saya kerjakan di mobil sendiri (seperti penggantian FP dengan milik baleno dan thermostat dengan milik suzuki forsa).

untuk ball joint, seinget saya harganya 200ribuan (harga tahun 2009. harga 2013 saya belum tanya lagi karena sampe sekarang belum ada gejala rusak). kalau ditanya asli atau palsu, jujur saya nggak bisa jawab karena di kemasan genuine part-nya tertera "made in germany", dan yang bukan genuine part pun ada tulisan "made in germany". begitupun untuk tie rod ends, kisaran harganya seperti ball joint.

komponen ac, kalau kompresor ac bawaan mobil sudah ngadat bisa ganti dengan sanden atau denso. begitupun untuk tabung dryer yang aslinya berukuran besar seperti yang dipakai opel blazer (itu tabung dryer atau termos es mambo?), bisa diganti dengan tabung kecil seperti layaknya yang terpasang di mobil-mobil keluaran jepang.
timing belt beserta tensioner-nya cukup masuk akal kok harganya, sekitar 250-300ribuan.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11053
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by marmut »

Nightster Guy wrote:W124 Boxer memenuhi semua kriteria TS kcuali di poin irit bbm heeehehehe..

Nyaris gak ada yg bs ngalahin kharisma Mercedes youngtimer/semijadul.

Model bapak2? Ceperin dikit, ring 18. Selese perkara.

Bicara soal 'gagah', size does matter, susah dapat kesan gagah dr sedan compact/midsize, jadinya kesan sporty/fun aja yg keluar.

Dan seperti dibilang rekan2 di atas, be yourself aja. Kl mmg diri gak nyaman pake mobil mikro aka boom2car, oke cari lain, tp kl hanya krn 'diketawain satpam kompleks' tp anda sndiri sebenernya gak masalah, ya gak usa repot lah. :)

itulah kelebihan injeksi K-Jetronic ketimbang injeksi L-Jetronic (EFI kalau di mobil jepang), sedikit lebih boros bbm tapi tenaga yang dihasilkannya sangat jauh lebih dahsyat.
terus terang saya nggak terima ada 1 atau beberapa jenis mobil yang masuk kategori atau bahasa kasarnya "dikatain" bapak2 lah, ibu2 lah, anak muda lah....
fakta di lapangan, saya melihat hanya 1 dari 20 bapak2 yang memakai volvo 940 ataupun boxer w124, sisanya yang 19 berumur antara 20-40 tahun (40 udah masuk kategori bapak2 apa belum ya? :mky_01: )
dan 19 dari 20 bapak2 menggunakan kendaraan yang tidak seharusnya mereka kendarai (gaya nyetir dan mesin yang tertanam di mobil mereka bertolak belakang).
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by puskas »

Betull itu, sejak pake w124 rasanya saya jadi terlihat muda dan berseri2 :D haha..

kalo masalah irit, mau seirit apa om? terbayar kok sama performa dan kenyamanannya...dan, rasakan bedanya saat parkiran hotel atau mall penuh :) itu namanya kharisma..
siluman knalpot
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by grandis_GT »

marmut wrote:
Nightster Guy wrote:W124 Boxer memenuhi semua kriteria TS kcuali di poin irit bbm heeehehehe..

Nyaris gak ada yg bs ngalahin kharisma Mercedes youngtimer/semijadul.

Model bapak2? Ceperin dikit, ring 18. Selese perkara.

Bicara soal 'gagah', size does matter, susah dapat kesan gagah dr sedan compact/midsize, jadinya kesan sporty/fun aja yg keluar.

Dan seperti dibilang rekan2 di atas, be yourself aja. Kl mmg diri gak nyaman pake mobil mikro aka boom2car, oke cari lain, tp kl hanya krn 'diketawain satpam kompleks' tp anda sndiri sebenernya gak masalah, ya gak usa repot lah. :)

itulah kelebihan injeksi K-Jetronic ketimbang injeksi L-Jetronic (EFI kalau di mobil jepang), sedikit lebih boros bbm tapi tenaga yang dihasilkannya sangat jauh lebih dahsyat.
terus terang saya nggak terima ada 1 atau beberapa jenis mobil yang masuk kategori atau bahasa kasarnya "dikatain" bapak2 lah, ibu2 lah, anak muda lah....
fakta di lapangan, saya melihat hanya 1 dari 20 bapak2 yang memakai volvo 940 ataupun boxer w124, sisanya yang 19 berumur antara 20-40 tahun (40 udah masuk kategori bapak2 apa belum ya? :mky_01: )
dan 19 dari 20 bapak2 menggunakan kendaraan yang tidak seharusnya mereka kendarai (gaya nyetir dan mesin yang tertanam di mobil mereka bertolak belakang).
benar om , toh kita sendiri yg ngerasain dan menikmatinya , enjoy aja :mky_08: :mky_08:

vote for Civic ES VTIS , :big_peace:

merk honda = awet , irit , dealer banyak ,
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11053
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by marmut »

puskas wrote:...dan, rasakan bedanya saat parkiran hotel atau mall penuh :) itu namanya kharisma..
been there, done that.

:big_smoking:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by walid_007 »

ga ada yg rekomendasi galant????

hahahaaha..... abis semua itu accord,civik city, bom 2 car :wkkk: ababil vtec

suara inline mah ga ada apa2 nya.....
:mky_03:
engine roaring!
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by ricz »

madcat015 wrote:
ChZ wrote:
ricz wrote:Kalo soal Z biarkan master Medket kucing sableng ama master dewa mod Kelelep yamg bersabda...
cityZ = mantra pemanggil bos medket :ngacir:
Ada yang sebut cityZ??? :cupss:

Susyeh bin shulit kalo nyari CityZ standar. Rata2 uda dioprek sama ababil... atau uda digunakan untuk hal2 yang menyenangkan...

Mesin kecil tapi gahar dan cukup bertenaga, karakter rpm bersemangat, dan suara mesin bikin ketagihan.

Bentuk long lasting ever after forever ala Ahond medio 2000an... one of the best looking compact sedan ever! :cupss:

Oh, satu lagi, ada heater nya di sistem AC... :mrgreen:

:ngacir:
Cocok buat yang "iya2" di dlm mbl...


:ngacir:
2021 Fortuner VRZ
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by djia »

apakah maxutnya budgetnya adalah duit hasil penjualan rush?
klo gitu lumayan lebar juga rangenya. bisa2 sedan 90 bisa dapat 2 :e-think:

dengan budget segitu dan nyari sedan, tahun2 2000+ tentu masih cukup banyak pilihan. awal tahun kmarin ada tetangga dpt city (tanpa-z) 2003 di surabaya harga 100jt pas. kondisi mint & tanpa perbaikan. katanya fc malah lebih irit dari avanza (mobdin dia avanza model lama). tampilan juga gagah lah. dia tinggi kurang lebih 170 ato lebih dikit.

bukannya saya merekomendasikan city ya, cuma mo bilang pilihannya utk tahun muda juga banyak.
utk masalah irit, jangan lupakan juga akumulasi perawatan & perbaikan. klo ada beberapa pilihan coba dicompare kira2 yg bakal lebih sedikit menyita duit & waktu selama 1-2 tahun ke depan yg mana. irit kan bukan hanya dari bensin saja. temen saya ada yg pernah ambil ferio 90'an dibikin pusing krn masuk bengkel & minta duit mulu.

#just my 5 cents
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by Godwill »

Buat ane kata "GAGAH" itu lbh cocok buat Mobil2 SUV/Jeep... Sedan itu lbh ke Elegant/Charismatic/Prestige...

Model GAGAH itu seperti X-Trail, CR-V, Outlander, Pajero, Fortuner, Cherokee, BMW X type dsb
Maunya "SEDAN" tapi "GAGAH" itu sedikit lbh cocok buat mobil2 ber-CC dan body besar.. spt BMW seri 5, Mercy seri E, Audi seri A6, Camry, Galant dsb .

Tapi mobil2 kayak gitu gak ada yg irit kalau iritnya di compare dgn ke-iritan kelas Low Class < 2000 cc...

Tp klo budgetnya terbatas, dan ambil mobil2 umur > 6 thn so mesti hitung2 biaya spareparts & ongkos kerjanya tiap mobil yg diincar... plus harus kenal montirnya yg ngerti klo pilihannya ke mobil eropa...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7415
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by newrubble »

buat sy, sedan gagah design, kuat spt brandkaas itu cuma ada di mobil mobil ex soviet yg aesthetically dirancang oleh otak (30%) n vodka (15%) n strict commanding order (55%). dluar cat itu ada mobil mobil aneh ex korea awal th duaribuan wkt mrk sering belanja blueprint berdebu di bbrp italian designers

selain mrk adalah mobil mobil normal dgn feminine n streamline dg low cooficient of drag

jgn sebut para chinese clones ya. mrk bkn mobil
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil yang irit dan gagah?

Post by amfibi »

newrubble wrote: dluar cat itu ada mobil mobil aneh ex korea awal th duaribuan wkt mrk sering belanja blueprint berdebu di bbrp italian designers
Hmm... jadi kyk Hyundai Matrix yg rancangan Pininfarina itu jg desainnya mungut dr blueprint yg ga kepake lg sama pininfarina? :mky_01: