Kunci Grip Gas, Satu Lagi untuk Maling

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Kunci Grip Gas, Satu Lagi untuk Maling

Post by handling »

Selasa, 01 Maret 2005

Jakarta, Otomotif

Kasihan banget kalau maling berniat nyolong Kymco Cevira. Soalnya, meski dia bisa buka kunci setang dan kunci rahasia, masih ketemu satu pengaman lagi. Motor sih bisa dihidupkan, tetapi begitu mau diajak kabur, enggak bisa ngegas. Yaahh.. keburu kepergok deh! Rasain!

KUNCI SETANG
Pengaman grip gas sebenarnya sudah diaplikasi pabrikan Kymco pada skutik Easy. Namun belakangan dipasang pula pada bebek Cevira (110 cc dan 125 cc). "Awalnya kunci grip gas di skutik Easy untuk pengaman teknologi TPFC. Yakni semacam pompa akselerator," bilang Mujizat, dari divisi education & workshop PT Kymco Lippo Cikarang Indonesia (KLMI), selaku ATP Kymco tanah air.

Pada teknologi TPFC, saat grip gas dipelintir, maka bensin akan menyembur ke ruang bakar untuk membantu pembakaran pada tarikan awal. Sialnya, kala mesin mati, pompa akselerator tetap akan bekerja menyemburkan bensin jika grip gas dipelintir. "Makanya dipasang kunci pengaman grip gas tersebut. Mencegah orang iseng mainin grip gas (saat mesin mati). Sebab ruang bakar bakal banjir. Motor jadi susah hidup," tambahnya.

Tetapi di Cevira (versi 110 cc cakram dan Grand Cevira 125) yang tidak menganut teknologi TPFC, pengaman grip gasnya kok dipasang? "Kasusnya di Cevira lain. Sekarang kan banyak pencurian kendaraan bermotor. Kami melengkapi pengaman tersebut untuk faktor security," tutur Mujizat.

Mengoperasikan pengaman tersebut simpel saja. Ketika motor selesai diparkir (grip gas dalam keadaan menutup), masukkan anak kunci ke rumah kunci di ujung grip gas. Lalu putar anak kunci searah jarum jam sampai mentok. Setelah itu tarik anak kunci keluar. Beres deh, putaran grip gas bakal tertahan.

"Kontruksi mirip kunci setang. Pada selongsong grip gas terdapat lubang buat dudukan pin pengancing yang ada di rumah kunci," terang Mijizat. Saat anak kunci diputar ke kanan, maka pin pengunci tersebut akan nongol keluar dari rumah kunci dan masuk ke lubang di selongsong grip gas. (DiC)
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Motor biasa mungkin bisa pake Grip Lock buatan New Zealand......mengunci grip gas dan tuas rem/kopling
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
jimmylay87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01

Post by jimmylay87 »

gauss wrote:Motor biasa mungkin bisa pake Grip Lock buatan New Zealand......mengunci grip gas dan tuas rem/kopling
belinya dimana bro gauss, en harganya berapa ya? :o
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

yup bagus tuh bung gauss, di jual di Indo gak ya barang gituan...

tapi kelemahan sistem begini yaitu ...maling dorong dulu motornya ketempat yang aman...setelah itu baru diakalin deh kunci grip nya...ha..ha.ha..ha.....
Image
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Sorry harganya nggak tau...soalnya saya ambil dari website luar negeri.

Bro handling, kalo mau didorong kan sulit juga. Tuas rem kan dikunci jadi otomatis rem depan juga mengerem.
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Ya, sama aja kayak disk brake lock. Resepnya ya ban depan diangkat terus dijalanin, deh. Kalau motornya gede, pake skateboard.

Enaknya sih nggak bakalan lupa, lain dengan disk brake lock yang kadang lupa, terus bisa sampai ngerusak garpu.
Image
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

Bro handling, kalo mau didorong kan sulit juga. Tuas rem kan dikunci jadi otomatis rem depan juga mengerem.
selama perkir.. rem depan selalu kerja...
ada efeknya nggak sama sistem pelumasan rem (minyak rem)
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Menurut saya sih nggak papa kalo cuma 1-2 hari, asal jangan seminggu / sebulan penuh aja...hehehe....ntar bisa2 kampas rem nempel di disk....
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

WAh sepintar2nya kita, masih lebih pintar maling....

coba deh kalo malingnya buang minyak rem, atau gunting selang minyak rem atau kabel rem....cerita nnya langsung ending deh....tinggal dorong ketempat yang aman, dan baru akalin gripnya....

akhirnya balik lagi ke cara yang lebih safe, pake cara manual, gembokin roda depan...ha..ha...ha......ha......
Image