Mesin NSR

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Mesin NSR

Post by Handy »

Mau tanya mesin NSR saya kok bunyi tok-tok kalau mesin dimatikan? Kalau mesin pada kondisi dingin bunyi tok-toknya lumayan jelas terdengar, tapi kalau mesin panas atau setelah dipakai lama trus dimatikan, suara tok-tok ngak begitu terdengar. Katanya sih itu bunyi dari stang piston (conrod). Trus kalau benar itu dari stang piston yang oblak, apakah masih bisa dipakai terus? Soalnya performa mesin masih bagus, cuma kalau diRPM tinggi getaran mesin lumayan terasa. Apa penyebab stang piston bunyi atau oblak? Saya pernah baca penyebabnya kalau mesin belum panas trus di ditarik sampai brebet diRPM tinggi adalah salah satu penyebabnya ya? Kalau stang piston yang oblak itu dipakai terus bisa merusak kurk as ngak? Trus kalau jarak clearance piston dgn dinding cylinder sudah reggang bunyinya seperti apa sih, Soalnya saya pakai piston B sedangkan cylindernya A.
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Kemungkinan bisa setang piston, jika lama dipakai terus bisa menyebabkan clearence bertambah terutama bagian atas dekat head silinder. Karena pada posisi piston diatas paling besar goyangannya.

Kalau jarak clearence bunyinya, didengarkan saat digas trus dilepas terdengar suara ketukan ter...ter... jika suaranya keras berarti memang jarak clearencenya longgar.

Tapi NSR memang suaranya relatif lebih kasar dari Ninja, lebih baik tanyakan kebengkel dulu.
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

Apa ngak merusak kurk as dan banduknya?
Justru Kata bengkel bunyi dari stang piston dan utk mengetahui kerusakannya hrs di buka cylindernya, tapi wkt itu saya ngak sempat.
Btw thank bung Indy.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

er.... 2 tak bukannya nggak ada kruk-as?
CMIIW, tapi kruk-as itu camshaft, kan?

Tapi kalo misalnya pistonnya sampe oblak, mending dibenerin. KAlo misalnya sampe itu piston kenapa2 dan sampe copot dari setang piston, blok mesin bakal wassalam.
Image
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

Camshaft bukanya noken as yang menggerakkan buka tutup klep pada mesin 4tak? Kalau kruk as setahu saya adalah crankshaft tempatnya di crankcase yang dipasangi stang piston, magnet, dan terhubung ke rumah kopling. Kalau salah tolong dikoreksi ya
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

OOOOooooohhhhhhhhhhhh......... *nepok jidat*
Noken as = Camshaft
Kruk as = Crankshaft

Gini2 kok dibilang dedongkot sama temen2 :P
Image
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

Yang saya tahu sih gitu, tapi ngak tau bener apa salah
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Bener, kok. Kruk = Crank.
Image