Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26926
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

josomba wrote: Mon Jul 17, 2023 0:42 Just sharing, busi juga diperhatikeun ujung2nya kalau dah mbulet walaupun kilometer masih ga tinggi2 amat (bahkan ga sampe setengah dr klaim pabrikan-nya) juga dah bisa consider buat ganti. Pas dah kek gini, gejala yg saya alami (1) mesin kek agak tersendat2 abis distarter (no CE nyala) dan (2) paling berasanya fuel economy ngedrop. Setelah 8 bulan ngalamin gini, baru ganti :big_biglaugh: :big_biglaugh:

20230111_072923.jpg
Kiri busi lama (bosch), kanan baru (denso twin tip).

Konsumsi bbm sebelum ganti
20220508_180657.jpg


Konsumsi bbm setelah ganti baru, avg speed lebih rendah tapi malah lebih irit. Rute yg sama aja seputaran tangerang, tangsel, ke jakarta.
20230717_064845.jpg
buang duit itu mbah

masi bsa dipake koq, ngana tinggal bawa aj ke padepokan mbah ono

suru ybs getok kpala busi nya pake batu biar celah nya agak rapet sikit

beres dehh , biasa kita orang di asemreges musatek kaya gt koq

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

DOHC wrote: Mon Jul 17, 2023 3:41
buang duit itu mbah

masi bsa dipake koq, ngana tinggal bawa aj ke padepokan mbah ono

suru ybs getok kpala busi nya pake batu biar celah nya agak rapet sikit

beres dehh , biasa kita orang di asemreges musatek kaya gt koq

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Terus tetiba ada crack di keramiknya juga, makin mantep....
fannykuncoro wrote: Mon Jul 17, 2023 2:32 Enak mana om, bosch vs denso tt, pas sama2 baru?
Sama2 aja rasanya keknya om, rasanya sesama busi baru cuman bisa dibuktiin naik dyno ya, sisanya agak2 bias/sugesti. haha.

Durability-nya aja yg beda2. Sebelum2nya pernah pake ngk ilkar7l11, ini gap gampang berubah setelah sekian ribu KM -- persis sama kek bawaan mazda.

Brisk premium evo, ini 25k udah mulai brebet.

Lanjut pake bosch, ini kepake sampe 50-60KM tanpa sering2 setel gap.

Baru 10ribuan km terakhir pake si denso tt.
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11329
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

josomba wrote: Mon Jul 17, 2023 4:03
DOHC wrote: Mon Jul 17, 2023 3:41
buang duit itu mbah

masi bsa dipake koq, ngana tinggal bawa aj ke padepokan mbah ono

suru ybs getok kpala busi nya pake batu biar celah nya agak rapet sikit

beres dehh , biasa kita orang di asemreges musatek kaya gt koq

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Terus tetiba ada crack di keramiknya juga, makin mantep....
ga bakal crack pake batu itu keramik, tenang aja mbah proven method kok itu :big_weee:

bukan katanya katanya .... percayalah .... kerasss bangettt


destruction test (May 2021)
IMG_20210527_200622~3.jpg
IMG_20210527_200737~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

Omnibus wrote: Mon Jul 17, 2023 7:35

ga bakal crack pake batu itu keramik, tenang aja mbah proven method kok itu :big_weee:

bukan katanya katanya .... percayalah .... kerasss bangettt


destruction test (May 2021)
IMG_20210527_200622~3.jpg


IMG_20210527_200737~2.jpg
Buset sempet uji coba sendiri :big_biglaugh:
Image
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Serba Serbi Busi

Post by fannykuncoro »

Suryaputra wrote: Sun Jul 16, 2023 13:17
fannykuncoro wrote: Sun Jul 16, 2023 12:07
Suryaputra wrote: Sun Jul 16, 2023 5:38

Klo di beres 22 Nm / 2,2 kgf.m
Dan lihat setelan kunci tohnici beres jg segitu 2,x kgf.m

Emg harus kenceng, gak bakal doll segitu, karena derat panjang buat force segitu yg aman :mky_03:

Emg panjang kuncinya brp?
Klo makin panjang terasa enteng, jd force nya ke tengah pas.
Ok deh om, nanti saya kencengin lagi, soalnya kemaren pasangnya di rumah saudara yg punya kunci torsi nya.. Sebenernya kondisi skr ini ga ada tanda2 brebet atau apa sih.. Udah dicoba tarik2an pake mode manual sampe rpm 5000 di tol juga aman.. Tapi ya baiknya dikencengin lagi ya.. :big_exellent:
Iya ikut s.o.c nya ngk dan/atau beres ajah :big_peace:
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Suryaputra wrote: Sun Jul 16, 2023 13:17
fannykuncoro wrote: Sun Jul 16, 2023 12:07

Ok deh om, nanti saya kencengin lagi, soalnya kemaren pasangnya di rumah saudara yg punya kunci torsi nya.. Sebenernya kondisi skr ini ga ada tanda2 brebet atau apa sih.. Udah dicoba tarik2an pake mode manual sampe rpm 5000 di tol juga aman.. Tapi ya baiknya dikencengin lagi ya.. :big_exellent:
Iya ikut s.o.c nya ngk dan/atau beres ajah :big_peace:
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:
Klo di beres
Itu sampai kisaran 22 nm beneran mbah (2,2 kgf.m)

Yah sama spt nambah power 0,4 kg pakai besi panjang 1 meter

Fine tuning istilahnya
:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Serba Serbi Busi

Post by fannykuncoro »

Suryaputra wrote: Tue Jul 18, 2023 8:36
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Suryaputra wrote: Sun Jul 16, 2023 13:17
Iya ikut s.o.c nya ngk dan/atau beres ajah :big_peace:
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:
Klo di beres
Itu sampai kisaran 22 nm beneran mbah (2,2 kgf.m)

Yah sama spt nambah power 0,4 kg pakai besi panjang 1 meter

Fine tuning istilahnya
:big_biglaugh:
Hmm... Ya coba deh, kan bntr lagi jadwal gantol.. Sekalian fine tuning ke 22 nm atau 20 nm deh om.. Beneran takut dol saya om.. :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:48
Suryaputra wrote: Tue Jul 18, 2023 8:36
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28

Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:
Klo di beres
Itu sampai kisaran 22 nm beneran mbah (2,2 kgf.m)

Yah sama spt nambah power 0,4 kg pakai besi panjang 1 meter

Fine tuning istilahnya
:big_biglaugh:
Hmm... Ya coba deh, kan bntr lagi jadwal gantol.. Sekalian fine tuning ke 22 nm atau 20 nm deh om.. Beneran takut dol saya om.. :big_peace:
saya dah nyoba aman koq
pakai kunci torsi ekonomis pula

Image

11 12 kencengnya mirip beres tohnici punya.
pasti ada deviasi paling bbrp persen dan masih masuk tolerance.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:


cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Serba Serbi Busi

Post by fannykuncoro »

marmut wrote: Tue Jul 18, 2023 11:30
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:


cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
Pertama tama, dilepas dulu semua businya, trus dimasukin lagi, lalu dikencengin ulang dengan ukuran 18nm.. Gitu om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26926
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote: Tue Jul 18, 2023 11:30
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:


cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
manggil si ujang atau asep yg saban ari kerjaannya minum ciu mulu di pengkolan gang kebon tjeruk 3 ampe badan kurus ceking

trus kasi dia orang pipa besi 60 senti hasil colongan dari toko bangunan koh aseng di deket kemurnian sana, suru kencengin ampe ngek ngek 3 kali tjukup
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Jul 19, 2023 5:08
marmut wrote: Tue Jul 18, 2023 11:30
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:


cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
manggil si ujang atau asep yg saban ari kerjaannya minum ciu mulu di pengkolan gang kebon tjeruk 3 ampe badan kurus ceking

trus kasi dia orang pipa besi 60 senti hasil colongan dari toko bangunan koh aseng di deket kemurnian sana, suru kencengin ampe ngek ngek 3 kali tjukup
Itu kira" 70 kgf.m
700 nm plus ngek ngek :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26926
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Jul 19, 2023 6:32
DOHC wrote: Wed Jul 19, 2023 5:08
marmut wrote: Tue Jul 18, 2023 11:30



cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
manggil si ujang atau asep yg saban ari kerjaannya minum ciu mulu di pengkolan gang kebon tjeruk 3 ampe badan kurus ceking

trus kasi dia orang pipa besi 60 senti hasil colongan dari toko bangunan koh aseng di deket kemurnian sana, suru kencengin ampe ngek ngek 3 kali tjukup
Itu kira" 70 kgf.m
700 nm plus ngek ngek :upss:
ga kenceng kl blom ngek ngek namanya :mky_04: :mky_04:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Busi

Post by blloewy »

fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 20:31
marmut wrote: Tue Jul 18, 2023 11:30
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 8:28
Akhirnya barusan udah saya kencengin lagi om... Walaupun cuma tega sampai 18nm.. Lumayan lah dari yg tadinya 12nm om... :big_peace:


cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
Pertama tama, dilepas dulu semua businya, trus dimasukin lagi, lalu dikencengin ulang dengan ukuran 18nm.. Gitu om
Ngencengin nya bertahap aja Om.
Jangan langsung tebas 18 Nm atau 20-22 Nm.
Mulai ke 10 Nm trs 15 trs 20 Nm.
Terakhir ya 22 Nm u final torque nya.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

blloewy wrote: Thu Jul 20, 2023 0:31
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 20:31
marmut wrote: Tue Jul 18, 2023 11:30



cara "kencengin lagi"nya gimana? boleh dijelaskan?
Pertama tama, dilepas dulu semua businya, trus dimasukin lagi, lalu dikencengin ulang dengan ukuran 18nm.. Gitu om
Ngencengin nya bertahap aja Om.
Jangan langsung tebas 18 Nm atau 20-22 Nm.
Mulai ke 10 Nm trs 15 trs 20 Nm.
Terakhir ya 22 Nm u final torque nya.
Foreplay ya mbah
hahahahahha
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Serba Serbi Busi

Post by fannykuncoro »

Suryaputra wrote: Thu Jul 20, 2023 2:13
blloewy wrote: Thu Jul 20, 2023 0:31
fannykuncoro wrote: Tue Jul 18, 2023 20:31

Pertama tama, dilepas dulu semua businya, trus dimasukin lagi, lalu dikencengin ulang dengan ukuran 18nm.. Gitu om
Ngencengin nya bertahap aja Om.
Jangan langsung tebas 18 Nm atau 20-22 Nm.
Mulai ke 10 Nm trs 15 trs 20 Nm.
Terakhir ya 22 Nm u final torque nya.
Foreplay ya mbah
hahahahahha
Siap om.. Terimakasih.. :big_deal:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

blloewy wrote: Thu Jul 20, 2023 0:31

Ngencengin nya bertahap aja Om.
Jangan langsung tebas 18 Nm atau 20-22 Nm.
Mulai ke 10 Nm trs 15 trs 20 Nm.
Terakhir ya 22 Nm u final torque nya.


dr 15 ke 20 bergerak dikit bngt dan final-nya nggak mungkin jd 20, palingan 15,5 atawa mentok di 17.
dr 20 ke 22?

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Busi

Post by blloewy »

marmut wrote: Thu Jul 20, 2023 3:49
blloewy wrote: Thu Jul 20, 2023 0:31

Ngencengin nya bertahap aja Om.
Jangan langsung tebas 18 Nm atau 20-22 Nm.
Mulai ke 10 Nm trs 15 trs 20 Nm.
Terakhir ya 22 Nm u final torque nya.


dr 15 ke 20 bergerak dikit bngt dan final-nya nggak mungkin jd 20, palingan 15,5 atawa mentok di 17.
dr 20 ke 22?

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
wah salah...maafekeun nubie ini mastah :big_sorry:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Thu Jul 20, 2023 3:33
Suryaputra wrote: Thu Jul 20, 2023 2:13
blloewy wrote: Thu Jul 20, 2023 0:31

Ngencengin nya bertahap aja Om.
Jangan langsung tebas 18 Nm atau 20-22 Nm.
Mulai ke 10 Nm trs 15 trs 20 Nm.
Terakhir ya 22 Nm u final torque nya.
Foreplay ya mbah
hahahahahha
Siap om.. Terimakasih.. :big_deal:
Gass mbah.
Malah di web ngk minimal 25NM
Di blok mesin iron atau allu sgitu.

Klo iron malah lbh kuat.

Soalnya klo kurang kenceng, takut mencolot businya dan kompresi jg gak maximal

Bedanya cuma nambahin power 1,4 kg klo pk trelek 50cm
:big_peace: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Busi

Post by wicaksono99 »

Repiew busi denso nikel twin tip running 11rb km pakai bahan bakar gas CNG.
Warnanya sempurna sekali dan kinclong (padahal gak dibersihin).
IMG_20230728_122203.jpg
Ujung elektroda juga ga terkikis warna merah bata :big_exellent:
IMG_20230728_122049.jpg
Sudah tidak ada lagi namanya corona stain pada busi, karena karet boot koilnya saya kasih dielectric grease permatex beli repack 4gram (buat 4tahun juga ga habis ini), dikasih tipis2 aja dibagian boot yg nyentuh keramik busi (jangan sampai kena per coilnya ntar gak ngalir itu arus listriknya). Makanya kinclong itu keramik businya. Ngelepas businya aja udah kaya perawan, rapet bener sampe bunyi plok lepasnya :big_biglaugh:
IMG_20230728_122117.jpg
IMG_20230728_122126.jpg
Greasenya ada di tempat balsem kiri busi tuh :upss:
IMG_20230728_122156.jpg
Tidak lupa busi dikencangkan pakai kunci torsi sebesar 18Nm :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Serba Serbi Busi

Post by t105erd »

ada yang bisa kasih info ga umur busi itu berapa km biasanya? untuk busi jenis biasa, platinum dan iridium, dan apakah yg model denso twintip itu lebih lama umurnya? thx.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

t105erd wrote: Tue Aug 01, 2023 5:41 ada yang bisa kasih info ga umur busi itu berapa km biasanya? untuk busi jenis biasa, platinum dan iridium, dan apakah yg model denso twintip itu lebih lama umurnya? thx.
Biasa cooper 25-30rb
Platinum 40rb-50rb
Iridium 100rb

Denso tt sama aja 100rban kmkayanya

Cmiiw

Tp itu iridium cek per 50rbkm aja :big_biglaugh:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Serba Serbi Busi

Post by qushay20019 »

Mohon info kondisi busi ini dong:
1BAC0B5C-61F2-42F6-9529-96ACDC15055C.jpeg
FAF4A83E-A24A-46D8-94D3-1EB9BABA92B6.jpeg
Pemakaian 24 bulan, 8600 km aja (iya itu gak salah ketik, rute dalkot 95% anjem anak + pasar doang, pertalite, oli Ams.SS 5w-30.

Busi di atas adalah NGK BKR5E-11 dipakai di SX4 lawas (keluaran 2012), mulai Agustus 2021-Agustus 2023 ini. Bukman minta BKR6E-11 tapi ane iseng pake BKR5E-11 yg rada “panas” dikit krn pemakaian mobil hampir selalu di rpm rendah (kurang dari 3000). Tujuan dipasangin busi yg lebih panas krn katanya fitur self-cleaning itu terjadi pada kondisi busi panas (rpm tinggi). Karena pemakaian selalu di rpm rendah, maka ane pikir pake heat range yg lebih panas aja

Apa businya masih layak pakai ato emang udah perlu ganti? Apa bisa tetep di heat type 5 ato harus balik sesuai bukman ke heat type 6?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11329
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

qushay20019 wrote: Mon Aug 14, 2023 11:28 Mohon info kondisi busi ini dong:
1BAC0B5C-61F2-42F6-9529-96ACDC15055C.jpeg
FAF4A83E-A24A-46D8-94D3-1EB9BABA92B6.jpeg

Pemakaian 24 bulan, 8600 km aja (iya itu gak salah ketik, rute dalkot 95% anjem anak + pasar doang, pertalite, oli Ams.SS 5w-30.

Busi di atas adalah NGK BKR5E-11 dipakai di SX4 lawas (keluaran 2012), mulai Agustus 2021-Agustus 2023 ini. Bukman minta BKR6E-11 tapi ane iseng pake BKR5E-11 yg rada “panas” dikit krn pemakaian mobil hampir selalu di rpm rendah (kurang dari 3000). Tujuan dipasangin busi yg lebih panas krn katanya fitur self-cleaning itu terjadi pada kondisi busi panas (rpm tinggi). Karena pemakaian selalu di rpm rendah, maka ane pikir pake heat range yg lebih panas aja

Apa businya masih layak pakai ato emang udah perlu ganti? Apa bisa tetep di heat type 5 ato harus balik sesuai bukman ke heat type 6?
udah hrs ganti mbah. dpt hampir 9k busi std udah lumayan dgn kondisi extended low rpm.

next jangan pake std lagi. upgrade ke bkr5egp (G power) atau kl ada dana xtra ke bkr5eix-11. pastikan orikintil. kl kata sy stay di heat range 5 krn itu aja msh carb fouling. apalagi di 6.
trus yg penting bersihin lubang busi di cyl head nya, make sure mating surface yg kena ring gasket busi bersih total jd ga ada combustion gas yg bocor evidenced by ulir busi lama ngana agak basah/kotor. jangan lupa torqued to 25Nm regardless what fsm say. ngk mintanya 25Nm. tp pastikan mating surface dan drat di cyl head clean n at room temp when torquing.

just info, sy pake ngk ix udah jalan 12rb, terakhir diinspek at 10k msh layak pakai bgt trus lanjut pake lg. sampe skrg 12rb msh jreng cold start nya, no ngelitik, fuel cons normal. beda sm busi std yg ga sampe 5k udah hard start.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Aug 14, 2023 12:46

just info, sy pake ngk ix udah jalan 12rb, terakhir diinspek at 10k msh layak pakai bgt trus lanjut pake lg. sampe skrg 12rb msh jreng cold start nya, no ngelitik, fuel cons normal. beda sm busi std yg ga sampe 5k udah hard start.


:frm_salut: