Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

Selamat malam rekan - rekan SM'rs.. Tak lupa para kewan SM, mau kucing, macan, badak luwak dsb nya (apasih)

Perkenankan saya org baru di SM yang mau mereview sebuah small car..
Honda Brio S A/T Polish Metal
Perlu diketahui reviewer tidak mendapatkan apapun dari pihak ATPM seperti materi atau lainnya, mobil ini murni milik pribadi dan biaya perjalanan ini merupakan biaya perjalanan pribadi yang di tanggung reviewer, dan bila saya pernah me review mobil ini pada salah satu thread, mohon maaf ternyata mobil tersebut bukanlah mobil yg saya review dan saya baru sadar mobil tersebut adalah Honda Brio 1.3 A/T jadi kali ini hasilnya bisa sedikit atau sangat berbeda dari review saya sebelumnya..

Setelah 2 minggu menunggu (rakitan 2014, pembelian bulan desember akhir datang bulan januari awal) datanglah sebuah Honda Brio S A/T ke rumah, dengan hati - hati membuka pintu, ok aroma anti karat serta peredam semprot yang cukup keras hi~~
Dikatakan bahwa di perlukan waktu 10 hari untuk registrasi kendaraan dan jadinya plat mobil, ternyata yang terjadi justru sebaliknya nomor tanda registrasi kendaraan baru jadi satu bulan setelah kendaraan sampai di tangan pemilik, cukup menggelikan karena dari pihak dipenda jatim belum mengetok pajak th 2014, sempat sering bertanya kepada sales dan sepertinya kasep atau terlambat sales baru memberikan nomor sementara seminggu sebelum nomor resmi jadi, akhirnya selama 3 minggu mobil hanya ngendon di garasi saja..
Sedikit foto (maaf jelek dari kamera handphone)
Sebelumnya saya agak terkejut dengan kenaikan harga yang cukup signifikan, 7 juta rupiah! Untuk sebuah mobil kecil seperti ini kenaikan nya dramatis, berarti saya harus membayar sekitar 144jt (harga awal otr sby 137jt) dan saya harus menambah pajak progressive lagi (saya pernah membeli mobil dengan progressive tetapi di bayar oleh dealer)

Foto dari depan
Image

Foto mesin, kebiasaan mobil kecil Honda, sangat rapat dan terkesan penuh..
Image

Interior
Image
---------------------
Ok kita bicara kelengkapan, apa saja yang di dapat? Bonus berupa kaca film 3M full (sepertinya kaca belakang tidak), sensor parkir, talang air dan karpet dasar cukup menarik.. Setelah sebulan menunggu akhirnya nomor registrasi asli keluar dan saya langsung memasang nya. Tidak sampai seminggu setelah plat datang, saya harus membawa mobil ini ke bali untuk di delivery ke kakak saya di denpasar. Nah, kebetulan saya memiliki niat untuk test ride secara mendalam, karena banyak dari para member yang sepertinya sangat antusias dengan "real test ride". Ini adalah long term test selama 2 hari dari tanggal 13 dan 14 Februari 2014 yang saya lakukan sendiri. Kota yang di tuju adalah Surabaya - Singaraja dengan jarak 380km. Berikut report review dari saya.

---------------

Interior
Masuk ke interior akhirnya mendapatkan interior dengan one tone color, berupa warna beidge pada kursi dan warna hitam pada dashboard. Bahan yang di gunakan merupakan plastik glossy yang terlihat cheap, tidak biasanya Honda memberikan interior seperti ini. Setir menggunakan bahan sintetik glossy, cukup empuk tetapi licin di tangan. Setelah mencoba mengetuk bagian tengah dashboard, saya merasakan sesuatu yang agak aneh karena bagian tersebut lunak sehingga saat di tekan-tekan agak penyok.. Head unit saya tidak mengerti ini merek apa, warna hitam doff dan kualitas suara? well kita lihat nanti. Honda memberikan tipe single din dan sebuah laci untuk tipe ini.

Setir yang cukup licin saat di gunakan
Image

Salah satu yang dipermasalahkan oleh member tapi ada juga yang berusaha untuk tidak melakukannya.. Saya termasuk yang mempermasalahkan nya.
Image

Sangat tidak presisi, ini tempat dimana SRS airbag untuk penumpang diletakkan.
Image

Dashboard yang terlihat cheap ditambah penampilan HU yang sangat sederhana.. Abaikan kardus di bawah, itu bekal saya selama perjalanan, hehe :mky_01:
Image

Exterior
Untuk bagian ini spertinya sudah banyak direview

Bagian depan cukup [cencored], spertinya cocok untuk mobil wanita
Image

Bagian belakang, dan seperti kata om miauw, bagian yang terhujat, uuh bagian yang paling tidak saya suka dari Brio adalah kaca penutup bagian belakang yang saya sebetulnya ngeri saat menutupnya. Oh iya bagi yang tidak tahu bagian ini hanya bisa di buka dari dalam dan bila ingin membuka dari luar harus menggunakan kunci, tidak praktis
Image

Rims menggunakan tipe alloy 14" di balut roda dari GoodYear (saya tidak paham jenisnya)
Image

-----------------------------
Cukup chitcat nya, kita menuju ke "real test ride" (katanya)

Long Term Test, 2 days with Honda Brio S A/T
Day 1
Tanggal 13 Februari 2014 tepat pukul 06.00 saya berangkat dari rumah menuju SPBU untuk mengisi bensin kebetulan sekali fuel meter menunjukan 3 bar, dengan sekitar 28,xx liter tangki telah penuh. Saya awalnya pesimis bahwa dengan bahan bakar yang cukup sedikit ini saya mungkin harus mengisi di beberapa SPBU di Jawa Timur, bagaimana hasilnya? ok silahkan di nantikan.

Setelah mengisi saya langsung membawanya menuju jalan tol yang memang jaraknya hanya sekitar 4km dari rumah, dengan trip meter berada pada posisi 0.
Image

Setelah membayar tol saya mencoba untuk selalu pada ECO mode saat di jalan Tol dari Pintu Tambak Sumur menuju Porong. Entahlah saya juga kurang paham dengan ECO indicator ini, karena hanya bisa menginjak gas dengan jempol kaki saya, bila menggunakan seluruh telapak kaki ECO indicator tidak pernah menyala. Saat di tol ini, road noise sangat terasa dalam taraf yang cukup menggangu, suara mesin masuk kedalam kabin, bisa di tebak peredaman mobil ini buruk! Transmisi 5 A/T terasa cukup nyaman disini, tapi sangat malas untuk naik ke RPM tinggi, shifting selalu pada RPM 2000-2500. Dengan 2300 RPM sudah mendapat kecepatan yang cukup di jalan tol, sekitar 80km/h
Image

Selama perjalanan saya mencoba untuk mencoba beberapa lagu dengan format M4A. Dengan bermodal kabel AUX saya memainkan musik dari iPhone saya (ada flashdisk dan kebetulan HU mobil ini hanya bisa membaca format MP3 dan sayangnya tidak semua flashdisk bisa terbaca, beberapa flashdisk yang saya coba 2 dari 5 flashdisk yang saya coba tidak terbaca hanya tertulis huruf E). Audionya mendem alias tidak terlalu mantap, suara treble terdengar tidak lepas, bahkan sedikit fine tuning tidak membantu. Ada beberapa yang menggangu kualitas audio, terutama adalah kekedapan kabin yang sangat buruk, saya harus menaikkan volume hingga sekitar 25-30 untuk mendapatkan sedikit detail suara. Beberapa lagu yang saya putar sebagai patokan dalam menguji audio, maaf kalau tidak berkualitas karena hanya itu yang bisa saya beli di iTunes (Kenny G - The Moment, ALEXA - Milikmu, DaftPunk - Doing It Right, serta beberapa lagu lama seperti Now and Forever).

Cukup dengan audio selama perjalanan, akhirnya sampai di daerah Taman Nasional Baluran Jawa Timur, inilah rute yang saya tunggu. Rute ini lengkap, mulai dari rute naik turun, tikungan panjang, tikungan patah serta jalur lurus yang menantang. Disini kekuatan mesin, transmisi, rem dan grip ban bisa di expose seluruhnya di jalanan sepanjang kurang lebih 30km.

Masuk jalan taman nasional sudah bertemu dengan antrian kendaraan disebabkan truck yang berjalan sangat pelan karena muatan, tetapi tidak berjalan lama, setelah semua berhasil di lewati, test kembali berjalan. Dengan mesin 1.2l dan transmisi 5 A/T saya memacu kecepatan dan mengikuti jalur tersebut. Seperti yang saya duga sebelumnya, transmsisi tidak terlalu pintar dalam hal dimana harus downshift dan up shift, suara raungan mesin yang cukup keras, serta saya harus sangat bersabar dalam hal peredaman, di jalur ini ada aspal lama yang agak tajam, hal ini menyebabkan suara roda masuk kedalam kabin, rasanya seperti membawa mobil dengan ban MT.. Good news, pengendalian sangat baik, tajam serta grip baik di jalan kering, saya serasa melekat pada jalan. Satu yang saya sayang kan adalah penggunaan EPS, setir jadi kelewat ringan, walau saat kecepatan tinggi setir menjadi berat, saya sama sekali tidak merasakan ban saat berbelok feel setir serasa hilang.
Image

Semua berjalan baik, hingga akhirnya saya harus menyerah kepada hujan deras di km 15an, saya harus melaju perlahan karena jarak pandang minim serta jalanan yang licin, disini saya merasakan grip dari ban yang di berikan Honda sangat minim di jalanan basah.. Saya agak ngeri saat mencoba bermanuver dengan mobil ini di jalanan basah.
Image

Selesai melewati hutan saya harus menyerah pada laut, jadi saya harus menyebrang dengan menggunakan ferry. Memakan waktu sekitar 1 jam. Karena mobil ini pendek saya sedikit khawatir mobil ini tidak bisa naik/turun dari kapal dengan mudah, ternyata tidak terjadi, front bumper sama sekali tidak menyentuh dermaga atau landing craft ferry. Lanjut perjalanan saya bertemu dengan salah satu pesaing berat Brio, ya Agya dan Ayla serta saudara tua Sirion..
Image

Lanjut perjalanan, saya menuju ke arah rumah saya di Singaraja jadi berbelok ke arah Taman Nasional Bali Barat. Disini rutenya hampir sama dengan alas baluran, tikungan panjang, berkelok dan tikungan menanjak ringan.
Image

Tidak lama saya sampai di rumah saya pukul 17.00 WITA, perjalanan 10jam membuat saya ingin beristirahat terlebih dahulu karena pegal terutama bagian pinggang (damn you seat!) sekalian persiapan untuk acara esok hari yaitu melaspas, biasa dilakukan orang bali saat memiliki sesuatu yang baru, sebagai bentuk rasa terimakasih kepada tuhan.
Oh ya, disini saya mengisi bahan bakar lagi di SPBU di daerah singaraja, tripmeter menunjukkan angka 371km dan saya mengisi fuel tank sebanyak 26,07 liter sehingga bisa di dapatkan pengukuran yang sangat berbeda dari MID yang tertulis 16 km/l hasil real yang saya dapatkan adalah 14.23 km/l
Image
-------
Last edited by madcat015 on Thu Feb 20, 2014 0:26, edited 2 times in total.
Reason: Trit ane pindah ke Review Corner... :)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

Day 2 Hill Test

Hehe, ini upacara yg dimaksud..
Image

Ok setelah acara kecil selesai saya membawa mobil ini menuju denpasar, dengan jarak sekitar 65km dari rumah saya. Disini saya terpaksa memindahkan transimisi secara manual yaitu di shifting 1-2 dikarenakan posisi D sudah sangat tidak memungkinkan, mengapa? saat saya menanjak pertama transmisi harusnya berada di gear 2 transmisi secara otomatis memindahkan ke gear 3 pada RPM 2800an sehingga saya kesulitan menanjak. Saya sertakan rute melalui citra GPS
Image

Tanjakan yang harus dilalui cukup sulit, sehingga harus bermain di putaran atas. Disini terasa sekali suara mesin meraung-raung pada RPM 4000, saya pernah membawa Freed pada rute yang sama dan berisi muatan 4 orang suara mesin tidak sampai masuk kedalam kabin. Rute ini terus naik hingga ketinggian 1700 MASL (saya lupa menyertakan foto di barometrik altimeter Garmin saya) tepat di depan Pura Penulisan.
Image

Sialnya saat turun saya harus menemui yang namanya kabut tebal di ketinggian, saat turun saya meletakkan tuas transmisi pada posisi D3 untuk menjaga agar transmisi tidak naik sampai ke gear 5.
Image

Hari kedua tidak sepanjang hari pertama karena hari kedua hanya menempuh perjalanan sejauh 65km yang di tempuh dalam 3 jam. Karena memang pada hari kedua ini saya mau mencoba kekuatan mesin dan transmisi saat di bawa menanjak. Mungkin ada pertanyaan, ini kan city car, mengapa harus di bawa keluar kota? Karena ada pertimbangan seperti ini, banyak yang membeli citiy car sebagai first family car sehingga tidak sedikit yang menanyakan apakah memenuhi akomodasi, apakah "economical" apakah mudah perawatan, apakah bisa di gunakan untuk perjalanan jarak jauh dll.

Setelah menimbang dengan timbangan beras saya memiliki kelebihan dan kekurangan dari mobil ini

Kelebihan
-Radius putar yang sangat kecil, sangat baik untuk bermanuver di dalam kota
-FC untuk luar kota baik 1:14km/l
-5 A/T!
-Mesin 1.2L yang bertenaga
-Pengendalian tajam, sangat baik
-Akomodasi ruang yang sangat baik, untuk sebuah city car interior sangat lapang
-Kelengkapan baik

Kekurangan
-Cheap material for dash
-HU mendem
-Jok yang kelewat tipis rawrr
-Driving exp, big no!
-Transmisi yang "kurang pintar"
-Kekedapan yang sangat buruk! Perbedaan suara dari menutup jendela dan membuka jendela beda sangat tipis hanya sekitar 1dB (saya tidak menyertakan foto di ukur dengan dB kantor) suara roda yang berisik mengganggu kenyamanan berkendara
-Tidak terlalu irit di dalam kota, hasil terbaik yang saya dapatkan adalah 1:10km/l
-Di beberapa bagian body terdapat bagian yg agak lunak, seperti kaleng saat di tekan terutama pilar C
-No tilt steering!

Kesimpulan
Nice small city car, akomodasi sangat mumpuni untuk city car, pengendalian baik, cocok untuk mobil perkotaan dan cocok sebagai first family car. Tapi dengan harga 144 juta, harga yang sangat mahal untuk sebuah city car. Bayangkan dengan harga semahal itu kita bisa mendapatkan mobil lain dengan kelengkapan serta kenyamanan yang lebih layak. Di rentang harga, Brio S A/T tidak cocok bila di sandingkan dengan duo Agya-Ayla/Suzuki Wagon R, melainkan lebih pantas di setarakan dengan Sirion,Picanto,Splash ataupun Etios dengan harga sekitar 140-160juta..
Perlu di ketahui, ECO indicator akan menyala hanya pada posisi tuas D, saat posisi tuas di D3-2-1 anda tidak akan menemukan lampu ECO indicator menyala.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by DDR »

Kereeeeennn hehe... Ini cukup masuk kedalam in-depth review, soalnya perjalanan yg ditempuh udh ratusan kilometer nih... Mantap bro, thread bisa dilanjutkan sebagai long term review selama kepemilikan mobil... Thanks review nya...
User avatar
SilverK610i
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by SilverK610i »

Nice review om nyoman.

Bener2 in depth hehheheh
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by Jambangan »

Mantap reviewnya om :mky_02:
Hebat jg ya masuk kapal feri ga gasruk :mky_01:
Btw itu jalan lintas bali sepi bgt ya. Mulus lagi. Asik jg kyknya nyetir disitu :D
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by omsafety »

Dalkot cuman 1ltr / 10km ?? :e-think:
Lumayan boros juga yah
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by madcat015 »

Wah, ripiu yg sangat bagus om Nyoman... :mky_02:

Sangat menyenangkan untuk dibaca... :mky_02:

Nah, kaca belakang yg berfungsi sebagai pintu bagasi mmg agak "aneh" mekanisme membukanya. Dan lucunya, hanya diberi 1 hi-pressure tube utk menahan pintu saat terbuka di sisi kanan, sementara kebanyakan mobil memiliki 2, dan malah ada yg punya 4 biji (seperti Mazda8).

Errr... tapi ane tidak membandingkan dgn M8 yak... :ngacir:

Yg jd perhatian ane dari ripiu ini adalah meski 5sp AT, tapi rasio gear keliatannya terlalu besar ya. Mesin di 2300rpm saat 80kpj... hmmmm, apa 100kpj di 2500-2600rpm?

Tipikal mobil mid-rev dan terbukti dengan kesulitan om nyoman yg harus menahan gear untuk tidak upshift saat meliuk2 di jalur lukot.

Kekedapan kabin, EPS, MID tidak akurat, jenis ban dan kualitas interior (termasuk kursi) mmg sudah bawaan orok... it's inevitable... semakin menegaskan Brio sebagai city car... karena mmg habitat nya di sana.


Anyway, a very very nice and decent review om... well done. :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by B1335AM »

Saya juga heran mengapa di beberapa review Brio suka dapat juara 1, sementara Mirage dibawahnya, eh malah Etios di posisi paling bawah? Padahal IMO Mirage punya beberapa kelebihan dibanding Brio, bahkan ada beberapa keistimewaan Etios yang pantas dihargai. :big_childish:

Bli juga berpendapat bahwa no driving satisfication there yang juga disebabkan nggak adanya tilt steering.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
ridwanhr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Mar 13, 2013 7:09

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by ridwanhr »

tipe S? tanya dong om :mky_01:

power windownya cuma depan dan diaturnya sendiri-sendiri nggak om?

sun visor cuma sebelah (pengemudi doang)?

no grab rail?

thank you ya omm
Yuk mampir ke AutonetMagz dan subscribe video review di channel Youtube AutonetMagz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by imingwahyudi »

:mky_02: :mky_02: :mky_02: well done bli Nyoman!!

beneran in depth review, mantap 2 hari :big_exellent:
bukan kabin yang sangat mengundang mata kalo boleh jujur, diselamatkan sama shiftknob Jazz yang terus terang enak dilihat :big_grin:

:big_chicken: memang ga boong kolongnya berisik kalo lagi jalan kenceng, tapi rasanya yang 1.3 ga terlalu kenceng suaranya, entah kuping saya yang rusak :mky_01: :big_think:

Audio...errr :big_weee: taulah Honda :mky_03:


Overall, goooooooddddddd :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

Jambangan wrote:Mantap reviewnya om :mky_02:
Hebat jg ya masuk kapal feri ga gasruk :mky_01:
Btw itu jalan lintas bali sepi bgt ya. Mulus lagi. Asik jg kyknya nyetir disitu :D
Hehe, bisa aja.. Itu jalur yang mengarah ke Singaraja, jalur yang mengarah ke Denpasar agak ramai tapi lebih lebar..
omsafety wrote:Dalkot cuman 1ltr / 10km ?? :e-think:
Lumayan boros juga yah
Di MID malah terlihat 9.2 km/l.. Hasil terbaik yang saya dapatkan dan itu selalu berusaha untuk berada di ECO mode entah apa karena masih inreyen ya?
madcat015 wrote:Wah, ripiu yg sangat bagus om Nyoman... :mky_02:

Sangat menyenangkan untuk dibaca... :mky_02:

Nah, kaca belakang yg berfungsi sebagai pintu bagasi mmg agak "aneh" mekanisme membukanya. Dan lucunya, hanya diberi 1 hi-pressure tube utk menahan pintu saat terbuka di sisi kanan, sementara kebanyakan mobil memiliki 2, dan malah ada yg punya 4 biji (seperti Mazda8).

Errr... tapi ane tidak membandingkan dgn M8 yak... :ngacir:

Yg jd perhatian ane dari ripiu ini adalah meski 5sp AT, tapi rasio gear keliatannya terlalu besar ya. Mesin di 2300rpm saat 80kpj... hmmmm, apa 100kpj di 2500-2600rpm?

Tipikal mobil mid-rev dan terbukti dengan kesulitan om nyoman yg harus menahan gear untuk tidak upshift saat meliuk2 di jalur lukot.

Kekedapan kabin, EPS, MID tidak akurat, jenis ban dan kualitas interior (termasuk kursi) mmg sudah bawaan orok... it's inevitable... semakin menegaskan Brio sebagai city car... karena mmg habitat nya di sana.


Anyway, a very very nice and decent review om... well done. :mky_02:
Kmrn sih nyoba 100-120km/h RPM berada di sekitaran 2500-3000an.. Kemarin juga sempat ingat sepertinya CRV gen 1 juga menggunakan kaca sebagai pintu bagasi?
ridwanhr wrote:tipe S? tanya dong om :mky_01:

power windownya cuma depan dan diaturnya sendiri-sendiri nggak om?

sun visor cuma sebelah (pengemudi doang)?

no grab rail?

thank you ya omm
Power window ada di semua pintu tapi yang saya bingung, untuk di sisi pengemudi hanya ada auto down tidak ada auto up.. Sun visor ada di kedua sisi drive side atau non drive side.. Grab rail adanya ya di sisi penumpang, kalo di sisi pengemudi ada ya kayak pikap dong.. hhe
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

imingwahyudi wrote::mky_02: :mky_02: :mky_02: well done bli Nyoman!!

beneran in depth review, mantap 2 hari :big_exellent:
bukan kabin yang sangat mengundang mata kalo boleh jujur, diselamatkan sama shiftknob Jazz yang terus terang enak dilihat :big_grin:

:big_chicken: memang ga boong kolongnya berisik kalo lagi jalan kenceng, tapi rasanya yang 1.3 ga terlalu kenceng suaranya, entah kuping saya yang rusak :mky_01: :big_think:

Audio...errr :big_weee: taulah Honda :mky_03:


Overall, goooooooddddddd :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Yup saya juga melihat shift knob nya.. Persis seperti milik ANJ, tapi bedanya di ANJ ada Posisi S atau manual 7 speed mode..
Oh iya, saat memindahkan transmisi kok terasa agak keras ya? Saya biasa menggunakan shift gate seperti di CRV, Fortie dan beberapa mobil eropa..
Yang 1.3l atau CBU peredaman lebih baik, berbeda dengan seri CKD.. Tapi tetap suara road noise nya keras, pengaruh ban mungkin ya om iming, pasang peredam semprot tidak terlalu berpengaruh, kecil sekali pengaruhnya.. Kekedapan kabin kalau memang dari asalnya sudah tidak baik mau di beri peredam setebal apapun tidak akan membantu kecuali design rangkanya yang di ubah..

Audio di Honda sih sebetulnya ok kok, CRV gen 3, Jazz/ANJ, odys.. Kalo gak salah std menggunakan Kenwood semua, kecuali old Jazz pakai JVC..

Sebetulnya mobil ini highly recomended yg cuma butuh mobil agar gak kehujanan dan bisa denger musik selama perjalanan dan satu lagi brand Honda pastinya.. Tapi dengan 144jt apa gak keterlaluan? Jeroan mobil kopong, finishing sealant dan tentunya tanpa peredam di firewall.. Lebih baik membeli mobil dengan harga yang sedikit lebih mahal seharga 150jt an seperti Splash atau Picanto..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

Sedikit tambahan, suspensi sangat nyaman meredam jalanan tapi kembali lagi selera setiap orang berbeda.. Suspensi sangat baik saat melakukan manuver di Alas Baluran, saat melewati jalan yang berlubang suara DAAAK, sangat terasa kembali lagi ke peredaman.

Posisi duduk di baris kedua cukup nyaman, asal si pengemudi tidak memundurkan kursi depan sampai batas sih..

Perubahan lagi mungkin untuk Gen 3 nantinya
- Perubahan desain rangka yang lebih baik agar peredaman baik
- For god shake, berikan peredam di firewall!
- Interior di perbaiki, sangat terlihat cheap dengan harga yang cukup mahal harusnya bisa memberikan kualitas interior lebih baik..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by Tomiko_Van »

Mantab reviewnya bli NYoman, baru kali ini ane melihat review yg benar2 komperhensif & long-term. :big_exellent: :big_exellent:

Kalau dilihat dari review om, ada beberapa point yg jadi highlight :
- Jika mobil ini benar2 baru masih gress langsung luar kota, seharusnya nanti setelah 1000-an km keatas (atau paling tdk setelah servis 5000), sudah lebih enak secara tarikan & konsumsi bbm
- Tilt steering kelihatnnya memang tdk terdapat di type-S, hanya ada di type-E
- Apakah nggk ada Diskon om?? karena seharusnya utk type laris seperti Brio ini sudah bisa "dinego"
- Type-S dapat velg alloy ya?? tidak dapat velg kaleng + dop..
- Speaker belakang apakah ada om, setahu saya Brio lawas 1.3 tidak ada speaker blkg

Overall, nice review. Ditunggu juga update untuk kondisi real dalam kota (macet2 ria). :big_peace:
アイドリング!!!
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by ternakblog »

Jika waktu bisa berputar kembali,aku akan mengurungkan meminang brio sotoy dan lebih milih miras or swift:-))
tambahan:tilt stering hanya ada di series E
ban memang gripnya jelek.peredaman apalagi
tapi hanya satu yg tak suka dari brio.tampangnya n pengendalian ya yg mayan,wis itu tok:-D
oh iya om,kira2 hbs brp liter om dari SBY ke bali?mau nyoba ke bali naek mobil
User avatar
peace
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by peace »

mantab bener jalurnya um nyoman :mky_02:
sepanjang jalan jawa-bali 2 jalur taman nasional sama singaraja-denpasar itu 2 jalur favorit ane.
review yang mantap um :onfire:
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by loadeddiapers »

NYoman wrote: Audio di Honda sih sebetulnya ok kok, CRV gen 3, Jazz/ANJ, odys.. Kalo gak salah std menggunakan Kenwood semua, kecuali old Jazz pakai JVC..
Kl yg doubledin JVC jg om, mungkin yg single din JVC jg hanya beda tipe aja #komensotoy abaikan :mky_01:
Nice review om btw :big_exellent:
Image
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by HouseOfDetailing »

Overall ride experiencenya di shake bukan di kocok yah om Nyoman... :ngacir:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

Tomiko_Van wrote:Mantab reviewnya bli NYoman, baru kali ini ane melihat review yg benar2 komperhensif & long-term. :big_exellent: :big_exellent:

Kalau dilihat dari review om, ada beberapa point yg jadi highlight :
- Jika mobil ini benar2 baru masih gress langsung luar kota, seharusnya nanti setelah 1000-an km keatas (atau paling tdk setelah servis 5000), sudah lebih enak secara tarikan & konsumsi bbm
- Tilt steering kelihatnnya memang tdk terdapat di type-S, hanya ada di type-E
- Apakah nggk ada Diskon om?? karena seharusnya utk type laris seperti Brio ini sudah bisa "dinego"
- Type-S dapat velg alloy ya?? tidak dapat velg kaleng + dop..
- Speaker belakang apakah ada om, setahu saya Brio lawas 1.3 tidak ada speaker blkg

Overall, nice review. Ditunggu juga update untuk kondisi real dalam kota (macet2 ria). :big_peace:
- Harusnya sih setelah servis 10000km karen 1000km cuma pengecekan saja..
- Tilt Steering hanya ada di tipe E dan Sport
- Diskon? Justru mobil baru akan susah untuk dapat diskon kecuali mobil lama seperti ANJ, CRV, Freed yg dapat diskon gila - gilaan sampai 35jt bahkan lebih karena sisa
- Type S A/T saja yang mendapat alloy tipe S M/T velg baja+dop
- Speaker ada 4
ternakblog wrote:Jika waktu bisa berputar kembali,aku akan mengurungkan meminang brio sotoy dan lebih milih miras or swift:-))
tambahan:tilt stering hanya ada di series E
ban memang gripnya jelek.peredaman apalagi
tapi hanya satu yg tak suka dari brio.tampangnya n pengendalian ya yg mayan,wis itu tok:-D
oh iya om,kira2 hbs brp liter om dari SBY ke bali?mau nyoba ke bali naek mobil
Saya gak bilang Brio jelek ya, tapi begini dengan biaya segitu alangkah mulia kepada dompet kalau beli mobil lain yang memiliki kelengkapan lebih baik..
Ban sebaiknya ganti dengan yg lebih baik.. Sangat membantu mereduksi suara ke kabin, ban yang di berikan Honda ke saya adalah GoodYear (entah tipe apa) kadang ada yang Dunlop.
Kalo ke Bali nya daerah Singaraja habis sekitar 26 literan.. Saya kemarin isi fuel tank 28 liter dan ini hanya berlaku pada single seater, jadi kalau tambah muatan mungkin bisa lebih boros.. Awalnya pesimis bakal sering ngisi karena tangki Brio hanya 35 liter.
loadeddiapers wrote:Kl yg doubledin JVC jg om, mungkin yg single din JVC jg hanya beda tipe aja #komensotoy abaikan :mky_01:
Nice review om btw :big_exellent:
Kalau yang double din JVC, kalau yang single din, ada lambang seperti telkomsel, saya pernah lihat logo itu dimana ya.. Thk's hhe
HouseOfDetailing wrote:Overall ride experiencenya di shake bukan di kocok yah om Nyoman... :ngacir:
Hehe, dikocok? :big_slap:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
wargabaru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Oct 28, 2013 23:04

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by wargabaru »

NYoman wrote:
Sebetulnya mobil ini highly recomended yg cuma butuh mobil agar gak kehujanan dan bisa denger musik selama perjalanan dan satu lagi brand Honda pastinya.. Tapi dengan 144jt apa gak keterlaluan? Jeroan mobil kopong, finishing sealant dan tentunya tanpa peredam di firewall.. Lebih baik membeli mobil dengan harga yang sedikit lebih mahal seharga 150jt an seperti Splash atau Picanto..

Nice review bro. Disyukuri aja mobil yang udah dibeli.Kelengkapannya udah lumayan untuk harga segitu. Splash aja gak ada air bagnya lho apalagi picanto gak ada airbag ama abs+ebd.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by VanzMatic »

Beeryy nais repiuw, om... mantabb! Longtrip review begini yang ane cari...!

Awesome..!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ridwanhr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Mar 13, 2013 7:09

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by ridwanhr »

NYoman wrote:
Jambangan wrote:Mantap reviewnya om :mky_02:
Hebat jg ya masuk kapal feri ga gasruk :mky_01:
Btw itu jalan lintas bali sepi bgt ya. Mulus lagi. Asik jg kyknya nyetir disitu :D
Hehe, bisa aja.. Itu jalur yang mengarah ke Singaraja, jalur yang mengarah ke Denpasar agak ramai tapi lebih lebar..
omsafety wrote:Dalkot cuman 1ltr / 10km ?? :e-think:
Lumayan boros juga yah
Di MID malah terlihat 9.2 km/l.. Hasil terbaik yang saya dapatkan dan itu selalu berusaha untuk berada di ECO mode entah apa karena masih inreyen ya?
madcat015 wrote:Wah, ripiu yg sangat bagus om Nyoman... :mky_02:

Sangat menyenangkan untuk dibaca... :mky_02:

Nah, kaca belakang yg berfungsi sebagai pintu bagasi mmg agak "aneh" mekanisme membukanya. Dan lucunya, hanya diberi 1 hi-pressure tube utk menahan pintu saat terbuka di sisi kanan, sementara kebanyakan mobil memiliki 2, dan malah ada yg punya 4 biji (seperti Mazda8).

Errr... tapi ane tidak membandingkan dgn M8 yak... :ngacir:

Yg jd perhatian ane dari ripiu ini adalah meski 5sp AT, tapi rasio gear keliatannya terlalu besar ya. Mesin di 2300rpm saat 80kpj... hmmmm, apa 100kpj di 2500-2600rpm?

Tipikal mobil mid-rev dan terbukti dengan kesulitan om nyoman yg harus menahan gear untuk tidak upshift saat meliuk2 di jalur lukot.

Kekedapan kabin, EPS, MID tidak akurat, jenis ban dan kualitas interior (termasuk kursi) mmg sudah bawaan orok... it's inevitable... semakin menegaskan Brio sebagai city car... karena mmg habitat nya di sana.


Anyway, a very very nice and decent review om... well done. :mky_02:
Kmrn sih nyoba 100-120km/h RPM berada di sekitaran 2500-3000an.. Kemarin juga sempat ingat sepertinya CRV gen 1 juga menggunakan kaca sebagai pintu bagasi?
ridwanhr wrote:tipe S? tanya dong om :mky_01:

power windownya cuma depan dan diaturnya sendiri-sendiri nggak om?

sun visor cuma sebelah (pengemudi doang)?

no grab rail?

thank you ya omm
Power window ada di semua pintu tapi yang saya bingung, untuk di sisi pengemudi hanya ada auto down tidak ada auto up.. Sun visor ada di kedua sisi drive side atau non drive side.. Grab rail adanya ya di sisi penumpang, kalo di sisi pengemudi ada ya kayak pikap dong.. hhe
baguslah, yang versi sebelumnya nggak ada loh om.... yang thailand punya padahal
Yuk mampir ke AutonetMagz dan subscribe video review di channel Youtube AutonetMagz
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

wargabaru wrote:
NYoman wrote:
Sebetulnya mobil ini highly recomended yg cuma butuh mobil agar gak kehujanan dan bisa denger musik selama perjalanan dan satu lagi brand Honda pastinya.. Tapi dengan 144jt apa gak keterlaluan? Jeroan mobil kopong, finishing sealant dan tentunya tanpa peredam di firewall.. Lebih baik membeli mobil dengan harga yang sedikit lebih mahal seharga 150jt an seperti Splash atau Picanto..

Nice review bro. Disyukuri aja mobil yang udah dibeli.Kelengkapannya udah lumayan untuk harga segitu. Splash aja gak ada air bagnya lho apalagi picanto gak ada airbag ama abs+ebd.
Hehe, untung nya sih ini di beli bukan untuk saya pakai sehari2.. Jadi aman2 saja..
Kalau saya yg pakai saya udah tuker sama mobil lain, saya juga tidak terlalu memikirkan abs-ebd dan airbag.. Karena selama ini saya pakai mobil abs dan ebd hampir tidak ada bedanya saat melakukan pengereman..
VanzMatic wrote:Beeryy nais repiuw, om... mantabb! Longtrip review begini yang ane cari...!

Awesome..!
Iye sekarang pinggang gw masih sakit gegara long trip pake Brio :big_slap:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by artoodetoo »

Baca review ini saya ndak jadi menyesal ambil Mirage daripada Brio

*eh :big_slap:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15609
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by ChZ »

review yang mantap om nyoman :big_exellent:

berio S AT CKD velgnya udah alloy ya? ane kira masih velg dop... :mky_01:

setuju... joknya bikin pegel... dan bantingan ekstra keras, ga cocok buat cruising luar kota emg :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7