Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by Andrian »

bokong belakang...

entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.

di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya? :big_think:

ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.

*cuma opini pribadi lho ya... :big_peace: *
Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by VanzMatic »

Andrian wrote:bokong belakang...

entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.

di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya? :big_think:

ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.

*cuma opini pribadi lho ya... :big_peace: *
Basis desainnya dari negeri accha accha...geser geser kepala.... :mky_04:
Ane juga masi djadoel bin cupu lah, ngga bisa ikutin bahasa desain seperti itu... belum tercerna dengan baik oleh mata tua ane...
Maklumlah, namanya juga selera.... Macem macem yang sukak...

:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

Andrian wrote:bokong belakang...

entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.

di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya? :big_think:

ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.

*cuma opini pribadi lho ya... :big_peace: *
Saya yg msh muda "ehm" juga gak ngerti maksudnya dari design bokong macam ini.. Kayak buah pear nggak juga hha, sebetulnya sih selera aja, tapi saya termasuk nggak selera dengan model yg seperti ini.. :big_blushing:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by Andrian »

VanzMatic wrote:
Andrian wrote:bokong belakang...

entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.

di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya? :big_think:

ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.

*cuma opini pribadi lho ya... :big_peace: *
Basis desainnya dari negeri accha accha...geser geser kepala.... :mky_04:
Ane juga masi djadoel bin cupu lah, ngga bisa ikutin bahasa desain seperti itu... belum tercerna dengan baik oleh mata tua ane...
Maklumlah, namanya juga selera.... Macem macem yang sukak...

:mky_01:
hehehehe...

jadi inget pas pertama liat briyo di jalan. dari depan ane suka. begitu ane liat belakangnnya ane perlu waktu lama untuk mencerna maksud designnya. dan ternyata sampe sekarang ane belom ngerti kenapa tu bokong dikasih kaca segede gaban. kalo seandainya *amit2 jabang bayi* disundul dari belakang ongkos ganti bokong bisa 1 part sendiri.


*mohon maap untuk pemilik briyo. ini murni pendapat sotoy ane lho... :mky_01: *
Image
crazyjoe
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Feb 05, 2014 8:03

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by crazyjoe »

mohon maap,piyik mau berpendapat...ane waktu belom beli nih sotoy juga jijik liat bokong brio sotoy...tapi setelah ane beli dan rasain dua minggu jalan daily usage kok berubah pikiran, malah desain unik menurut ane...imho,klo beli brio kyknya perlu siapin budget buat peredam sama upgrade velg &ban...iVTEC bikin driver kurang "intelligence"...cmiiw
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by axala »

crazyjoe wrote:mohon maap,piyik mau berpendapat...ane waktu belom beli nih sotoy juga jijik liat bokong brio sotoy...tapi setelah ane beli dan rasain dua minggu jalan daily usage kok berubah pikiran, malah desain unik menurut ane...imho,klo beli brio kyknya perlu siapin budget buat peredam sama upgrade velg &ban...iVTEC bikin driver kurang "intelligence"...cmiiw
Salam kenal :mky_01:

Nampaknya piyik bertambah anggota lagi :mky_03: :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by billyd1773dz »

mantap reviewnya bro nyoman :D :D



soal i-vtec nih, di L15 GD3, L13Z1 dan mungkin di adiknya satya L12 juga... :D

setelah noobs sotoy ini baca2...
sepertinya i-vtec di kedua mesin ini cukup unik dan sederhana implentasinya.. yaitu dia bisa matiin 4 buah intake valve di tiap silinder saat low to mid rev.... jadi dari 16valve hanya jalan 12 valve, 1 valve intake 2 valve exhaust.... bgtu sampai rpm tertentu.. di rockerarm nya ada pin yang akan gerak dan ngunci valve intake sehingga sekarang jalan full 16valve.

bagusnya bisa naikin efisiensi dgn ngebatasin udara hingga 50% dri kapasitas head seharusnya yang masuk ke ruang bakar hanya dari 1 valve sekaligus terjadi swirl effect less air less fuel to burn juga... :D saat low rev... di highrev.. 1 valve lagi aktif dan kini jalan full 16v ngeluarin performa optimalnya.. :D

nah pendekatan yg berbeda dengan valve variable lain di i-vtec ini tidak ada mekanisme retard advance camphasing seperti VVT-I/CVVT/Vanos,Honda VTC dll valve variable konvensional, juga tidak ada perubahan durasi cams serta lift seperti kakanya di vtec classic b/fseries dan i-vtec L15 di GE8, R18/20 hingga Kseries

ini ilustrasi yg enak diliat cara kerja head i-vtecnya
http://www.youtube.com/watch?v=ReGDJbYKXtg

Image

dulu mekanisme ini pernah ada di vtec-E untuk Dseries, berguna untuk menghasilkan leanburn... ada juga versi yg di gabung dengan camchangin ke wild/hotcam :D

jadi tidak semua i-vtec itu sama *malah jelimet tiap seri mesin honda bnyk yg beda2* ivtec juga sangat berbeda degan valve variable lain.

camphasing seperti vvti vanos vvt dll di honda namanya VTC. Lseries g ada VTCnya.

jadi mungkin itu udang di balik batunya i-vtec d kasta entry level honda....dan tentu nilai akhir seberapa efektif sistem ini tentu di tangan konsumen saat testdrive hehehe :D :D

cmiiw banget klw salah mohon di koreksi n didiskusiin :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
learnn
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 31, 2013 12:28

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by learnn »

nice review .... untuk kekedapan suara mungkin bisa pakai app sound meter trus dibandingkan dgn hasil test mobil lain yg dianggap bagus sound proof nya :)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

Untuk kekedapan saya menggunakan dB meter bukan sound app meter karena apps tergantung dari seberapa baik microphone hp.. Di dB meter saat iddle menunjukkan angka 43dB dengan AC menyala, saat di kecepatan 80-100kph naik ke 50-62dB meningkat ke 70 dB saat melawati jalan agak keriting.. Paling berisik di kolong memang, untuk suara lain seperti suara motor/mobil dari luar bisa di minimalisir dengan peredam lembaran di pintu (saya pakai automat di innova/terios ngaruh di brio kmrn pakai dynamat entah kenapa gak ngaruh sama sekali)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

billyd1773dz wrote:mantap reviewnya bro nyoman :D :D



soal i-vtec nih, di L15 GD3, L13Z1 dan mungkin di adiknya satya L12 juga... :D

setelah noobs sotoy ini baca2...
sepertinya i-vtec di kedua mesin ini cukup unik dan sederhana implentasinya.. yaitu dia bisa matiin 4 buah intake valve di tiap silinder saat low to mid rev.... jadi dari 16valve hanya jalan 12 valve, 1 valve intake 2 valve exhaust.... bgtu sampai rpm tertentu.. di rockerarm nya ada pin yang akan gerak dan ngunci valve intake sehingga sekarang jalan full 16valve.

bagusnya bisa naikin efisiensi dgn ngebatasin udara hingga 50% dri kapasitas head seharusnya yang masuk ke ruang bakar hanya dari 1 valve sekaligus terjadi swirl effect less air less fuel to burn juga... :D saat low rev... di highrev.. 1 valve lagi aktif dan kini jalan full 16v ngeluarin performa optimalnya.. :D

nah pendekatan yg berbeda dengan valve variable lain di i-vtec ini tidak ada mekanisme retard advance camphasing seperti VVT-I/CVVT/Vanos,Honda VTC dll valve variable konvensional, juga tidak ada perubahan durasi cams serta lift seperti kakanya di vtec classic b/fseries dan i-vtec L15 di GE8, R18/20 hingga Kseries

ini ilustrasi yg enak diliat cara kerja head i-vtecnya
http://www.youtube.com/watch?v=ReGDJbYKXtg

Image

dulu mekanisme ini pernah ada di vtec-E untuk Dseries, berguna untuk menghasilkan leanburn... ada juga versi yg di gabung dengan camchangin ke wild/hotcam :D

jadi tidak semua i-vtec itu sama *malah jelimet tiap seri mesin honda bnyk yg beda2* ivtec juga sangat berbeda degan valve variable lain.

camphasing seperti vvti vanos vvt dll di honda namanya VTC. Lseries g ada VTCnya.

jadi mungkin itu udang di balik batunya i-vtec d kasta entry level honda....dan tentu nilai akhir seberapa efektif sistem ini tentu di tangan konsumen saat testdrive hehehe :D :D

cmiiw banget klw salah mohon di koreksi n didiskusiin :D
:beer:
Wah pencerahan yang bagus akhirnya membuka mata tentang apa itu i-vtec di honda.. Berarti i-vtec tiap mesin teknologinya beda2
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by HouseOfDetailing »

Dynamat yang aluminum om Nyoman?Gelo...300rb an per pcs itu sekarang kan?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by NYoman »

nope, dynamat yg biasa, original apa ya? kalo yg aluminium mah yg extreme.. hha mahal euy
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by loadeddiapers »

billyd1773dz wrote:mantap reviewnya bro nyoman :D :D



soal i-vtec nih, di L15 GD3, L13Z1 dan mungkin di adiknya satya L12 juga... :D

setelah noobs sotoy ini baca2...
sepertinya i-vtec di kedua mesin ini cukup unik dan sederhana implentasinya.. yaitu dia bisa matiin 4 buah intake valve di tiap silinder saat low to mid rev.... jadi dari 16valve hanya jalan 12 valve, 1 valve intake 2 valve exhaust.... bgtu sampai rpm tertentu.. di rockerarm nya ada pin yang akan gerak dan ngunci valve intake sehingga sekarang jalan full 16valve.

bagusnya bisa naikin efisiensi dgn ngebatasin udara hingga 50% dri kapasitas head seharusnya yang masuk ke ruang bakar hanya dari 1 valve sekaligus terjadi swirl effect less air less fuel to burn juga... :D saat low rev... di highrev.. 1 valve lagi aktif dan kini jalan full 16v ngeluarin performa optimalnya.. :D

nah pendekatan yg berbeda dengan valve variable lain di i-vtec ini tidak ada mekanisme retard advance camphasing seperti VVT-I/CVVT/Vanos,Honda VTC dll valve variable konvensional, juga tidak ada perubahan durasi cams serta lift seperti kakanya di vtec classic b/fseries dan i-vtec L15 di GE8, R18/20 hingga Kseries

ini ilustrasi yg enak diliat cara kerja head i-vtecnya
http://www.youtube.com/watch?v=ReGDJbYKXtg

Image

dulu mekanisme ini pernah ada di vtec-E untuk Dseries, berguna untuk menghasilkan leanburn... ada juga versi yg di gabung dengan camchangin ke wild/hotcam :D

jadi tidak semua i-vtec itu sama *malah jelimet tiap seri mesin honda bnyk yg beda2* ivtec juga sangat berbeda degan valve variable lain.

camphasing seperti vvti vanos vvt dll di honda namanya VTC. Lseries g ada VTCnya.

jadi mungkin itu udang di balik batunya i-vtec d kasta entry level honda....dan tentu nilai akhir seberapa efektif sistem ini tentu di tangan konsumen saat testdrive hehehe :D :D

cmiiw banget klw salah mohon di koreksi n didiskusiin :D
:beer:
Nice info om billy :mky_02:
Kl lg bawa emang terasa sih, kl udah 16 valve tuh mesinnya jd menjerit :big_biglaugh:

Setelah baca penjelasan om billy, apa ini versi murah kasta low level dari i-VTEC VCM yg bisa matiin silinder di kecepatan rendah :e-think: :big_slap:
Image
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by Tomiko_Van »

billyd1773dz wrote:mantap reviewnya bro nyoman :D :D



soal i-vtec nih, di L15 GD3, L13Z1 dan mungkin di adiknya satya L12 juga... :D

setelah noobs sotoy ini baca2...
sepertinya i-vtec di kedua mesin ini cukup unik dan sederhana implentasinya.. yaitu dia bisa matiin 4 buah intake valve di tiap silinder saat low to mid rev.... jadi dari 16valve hanya jalan 12 valve, 1 valve intake 2 valve exhaust.... bgtu sampai rpm tertentu.. di rockerarm nya ada pin yang akan gerak dan ngunci valve intake sehingga sekarang jalan full 16valve.

bagusnya bisa naikin efisiensi dgn ngebatasin udara hingga 50% dri kapasitas head seharusnya yang masuk ke ruang bakar hanya dari 1 valve sekaligus terjadi swirl effect less air less fuel to burn juga... :D saat low rev... di highrev.. 1 valve lagi aktif dan kini jalan full 16v ngeluarin performa optimalnya.. :D

nah pendekatan yg berbeda dengan valve variable lain di i-vtec ini tidak ada mekanisme retard advance camphasing seperti VVT-I/CVVT/Vanos,Honda VTC dll valve variable konvensional, juga tidak ada perubahan durasi cams serta lift seperti kakanya di vtec classic b/fseries dan i-vtec L15 di GE8, R18/20 hingga Kseries

ini ilustrasi yg enak diliat cara kerja head i-vtecnya
http://www.youtube.com/watch?v=ReGDJbYKXtg

Image

dulu mekanisme ini pernah ada di vtec-E untuk Dseries, berguna untuk menghasilkan leanburn... ada juga versi yg di gabung dengan camchangin ke wild/hotcam :D

jadi tidak semua i-vtec itu sama *malah jelimet tiap seri mesin honda bnyk yg beda2* ivtec juga sangat berbeda degan valve variable lain.

camphasing seperti vvti vanos vvt dll di honda namanya VTC. Lseries g ada VTCnya.

jadi mungkin itu udang di balik batunya i-vtec d kasta entry level honda....dan tentu nilai akhir seberapa efektif sistem ini tentu di tangan konsumen saat testdrive hehehe :D :D

cmiiw banget klw salah mohon di koreksi n didiskusiin :D
:beer:
Yup bener om, ane sudah bisa nebak kalau di L-series honda ini type vtec yg kyk gini.

Kalau di forum sebelah, sebutannya "vtec banci", tujuan utamanya buat efisiensi, terutama buat optimize FC di rpm rendah. Kalau yg "Real VTEC" itu yg ada 2 durasi cam, di rpm rendah profile cam rendah, rpm tinggi baru profil cam tinggi. Sayangnya di indonesia kelihatannya belum ada official car yg pakai "real vtec", kecuali satu mobil legendaris : Honda City Type-Z SX8 :big_exellent: :big_exellent:
アイドリング!!!
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by madcat015 »

Ahhhhhhh... D-series enjin...

Mesin yg menyenangkan dan bersemangat. Yg versi non-VTEC aja karakternya menyenangkan... :mky_02:

Apalagi yg VTEC... :cupss:

What a remarkable little enjin! :cupss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by billyd1773dz »

Tomiko_Van wrote:
Yup bener om, ane sudah bisa nebak kalau di L-series honda ini type vtec yg kyk gini.

Kalau di forum sebelah, sebutannya "vtec banci", tujuan utamanya buat efisiensi, terutama buat optimize FC di rpm rendah. Kalau yg "Real VTEC" itu yg ada 2 durasi cam, di rpm rendah profile cam rendah, rpm tinggi baru profil cam tinggi. Sayangnya di indonesia kelihatannya belum ada official car yg pakai "real vtec", kecuali satu mobil legendaris : Honda City Type-Z SX8 :big_exellent: :big_exellent:
di indo.............. jangan salah om L15 yang di ANJ GE8 itu Camswitching dia punya mild cam dan hot cam seperti yg bro bilang "Real Vtec" seperti di vtec classic B-Series....

honda R-series juga ada Mild dan Hotcam, bedanya urutan engage nya terbalik... hehe :D ntar deh bareng ripiu sipik FB hehehe :D
Honda K-series DOHC lebih kumplit Camphasing VTC ada. Camchanging dgn mild dan hot cam ala "Real Vtec" juga ada......

salah satu beda i-vtec dan vtec... switch over ke high profile cam nya skrng computer controlled ga perlu nunggu rpm tertentu utk kickin, yg transisiny jd g sejelas bseries yg fix di rpm tertentu.

Sistem Vtec 12v/16v ini pertama kli justru di D15B vtec... bedanya saat 12v camnya rubah jg jadi super low cam profile untuk leanburn...... saat 3000rpm 16v baru valve jalan ke normal dan masih ada 1 wildcam utk highrev kick d6000rpm hehe.. jadi deh 3stage vtec 130hp @7000rpm

ada juga yang ga punya wildcam.... D15 Vtec-E biasanya sekitar 90-118hp jd kaya Lseries..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by Tomiko_Van »

^^ Udh pernah "bongkar" L-series om?? L-series kyknya mesin lebih "manusiawi" daripada D & B series, pwr & torque distribution lebih merata, dibanding D & B yg lebih ke tengah-atas pwr & torquenya.

Ohya, untuk K24 DOHC i-vtec setau ane cuma di intake, bukan di intake-exhaust (atau di toyota namanya dual vvt-i, di intake & exhaust). Makanya K24Z Odyssey Absolute 200 PS kelihatannya sudah dual i-vtec ya, beda dgn K24 biasa (di accord/CRV atau Odyssey biasa)
アイドリング!!!
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by billyd1773dz »

Tomiko_Van wrote:^^ Udh pernah "bongkar" L-series om?? L-series kyknya mesin lebih "manusiawi" daripada D & B series, pwr & torque distribution lebih merata, dibanding D & B yg lebih ke tengah-atas pwr & torquenya.

Ohya, untuk K24 DOHC i-vtec setau ane cuma di intake, bukan di intake-exhaust (atau di toyota namanya dual vvt-i, di intake & exhaust). Makanya K24Z Odyssey Absolute 200 PS kelihatannya sudah dual i-vtec ya, beda dgn K24 biasa (di accord/CRV atau Odyssey biasa)
baca2 aja bro... :D
Image
d pic presentasi L15Z1 city dan mobilio juga di sebutin deh keberadaan mild cam dan wildcam nya.... :D

kyanya L ngeganti tempat D engine deh.... di D juga ada versi econobox leanburn..... d L ada idsi....

ya kayanya wildcam nya tidak sedasyat bseries.... skrng sih berkat standar emisi jg pasti ngebatasin explorasi highrev dan butuh cost lebih tinggi bwat naikin performa sambil jaga emisi.... dan err L series klw ganti exhaust catless dan idrive rev liiter di unlock rate dynonya 140-160hp an.


haha gtw K series uda ada yg dual VTC blm.........................
dan err camphasing fungsinya tidak ngerubah lift atau durasi bukaan cam... hanya maju mundurin phase buka valve agar overlap saat sedang terjadi surge pembuangan sehingga fresh air ikut tersedot dan lebih banyak masuk ke ruang bakar. atau scavenging effect. dual camphasing bearti overlap bisa makin banyak... karna intake cam maju dan exhaust cam mundur.

camphasing harus di DOHC

valve overlap gini mestinya bisa di buat juga oleh camchanging di SOHC, hanya tidak continuous

imho benefit ke performa atau irit, rasanya lebih besar dari perubahan valve lift dan cam durasi deh.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by HouseOfDetailing »

SX8 Indo pakai D15B7 atau mutant D15 engine?Powernya hampir setara D15B 3 stage
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by madcat015 »

HouseOfDetailing wrote:SX8 Indo pakai D15B7 atau mutant D15 engine?Powernya hampir setara D15B 3 stage
Ada dua versi om...

D15B1 dan D15A1... punya ane D15A1... :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by billyd1773dz »

madcat015 wrote:
HouseOfDetailing wrote:SX8 Indo pakai D15B7 atau mutant D15 engine?Powernya hampir setara D15B 3 stage
Ada dua versi om...

D15B1 dan D15A1... punya ane D15A1... :mrgreen:
d15A1?
D15A1
Found In:
1984–1987 Honda CRX
Displacement : 1,488 cc
Bore and Stroke : 74.0 x 86.5 mm
Compression : 9.2:1
Power : 76 hp at 5,500 rpm
Torque : 84 lb·ftf at 3,500 rpm
Valvetrain : SOHC (3 valves per cylinder), non VTEC
Fuel Control : OBD-0 12/v PGM-CARB
Redline : 6,500 rpm
Economy : 31/38 mpg
Head code : EW-1
ECU : –
Transmission : DA48
Gear ratios : 2.38/ 1.76/ 1.18/ 0.85/ 0.71
Final drive ratio : 4.27
D15B1
Found in:
1988–1991 Honda Civic Hatchback
Displacement : 1,493 cc (91.1 cu in)
Bore and Stroke : 75 mm × 84.5 mm (2.95 in × 3.33 in)
Compression : 9.2:1
Power : 70 hp (52.2 kW, 71.0 PS) at 5,500 rpm[10]
Torque : 73 lb·ft (11.4 kgm, 112 Nm) at 3,000 rpm[10]
Valvetrain : SOHC (4 valves per cylinder) non-VTEC
Head Code : PM3
Fuel System : Dual Point injection (PGMFI)
ECU Code: PM9
bukan enjin ini kli yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by madcat015 »

Errrr...

Enjin SX8 ane D15A1, 1,497cc, 110hp, 16valve SOHC, non VTEC, PGM-FI, redline 6,700 rpm, fuel cutoff 7,450rpm.

*jadi bingung...* :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by billyd1773dz »

madcat015 wrote:Errrr...

Enjin SX8 ane D15A1, 1,497cc, 110hp, 16valve SOHC, non VTEC, PGM-FI, redline 6,700 rpm, fuel cutoff 7,450rpm.

*jadi bingung...* :ungg:
haa.. gtw bingung juga


:big_childish: :big_childish:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
saleshonda
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Apr 24, 2008 5:13

Re: Indepth Review Honda Brio S A/T (2 Days Review)

Post by saleshonda »

baru kmrn dpt kesempatan bawa mirej
tp kok ane malah suka bawa mirej drpd brio 1.2 :big_childish:

tp klo dibanding versi cbu, ane tetep vote brio 1.3
ini mobil enak bener walau disuruh telen ron 88 plus full muatan :mky_01: