Hands on review FIAT Abarth 500

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Hands on review FIAT Abarth 500

Post by Turboman »

Tadi siang pas jalan2 bareng keluarga ke Kemang village ngeliat ada booth Abarth 500 (Fiat 500 Turbo), tanya bentar sana sini en ternyata bisa test drive, then ane isi kupon Test drive

Lucunya ini skg di Indo ada 2 ATPM FIAT, yaitu Garansindo utk Fiat yg normal dan MRA group utk ABARTH nya, si Abarth ini provide free maintenis selama 5 tahun or 50.000 KM (katanya), parts yg dicover sekitar fast moving aja

Then ane menuju mobil Test drive....mobil yg dicoba yg variant paling bawah yg harganya 528 jt., mesin 1400 cc Turbo dengan transmisi Automated Dry Clutch alias Automatic tapi dengan kopling kering

Kontrol transmisi mobil ini dengan TOMBOL yaitu 1 / N / R dan A/M......serta paddle shift di setir

Mobil yang ane coba masih menggunakan kunci sistem tusuk dan putar konvensional......xixixixixixi......setelah sesuaikan posisi spion2, ane pencet 1 pada tombol transmisi, jika gak di gas mobil tetap diam, begitu di gas sedikit mulilah dia bergerak perlahan.

Mengendarai pada Mode Normal :
yang ane rasakan tarikan awal agak lemot, ditambah lagi suatu karakter yg "aneh" pada saat pergantian gigi dimana spt-nya ECU melakukan "throttle down" atau lepas gas saat mau shifting, sehingga terasa oleh kita mobil mendadak slowdown bbrp saat dan sesudah masuk gigi baru mesin narik lagi...........dugaan ane mungkin saja ECU & TCU nya sengaja diprogram sedemikian rupa agar supaya pergantian gigi terasa smooth dan tidak menghentak, tapi rasanya malah jadi aneh.

Mengendarai pada Mode Sport :
ketika tombol Sport pada dashboard kita pencet dan tulisan SPORT pada boost meter menyala, tarikan awal lgs berubah menjadi powerfull, dan ketika sudah meluncur dan pedal gas kita bejek, si Abarth ini lgs melejit dengan cukup ganas.

Pada mode Sport ini karakter perpindahan gigi yg "aneh" memang gak separah pada mode Normal, tapi masih tetap ada terasa kalau ECU "lepas gas sedikit" saat perpindahan gigi


Interior :
Interior mobil ini sangat kompak, bangku belakang hanya muat utk anak kecil saja

yang ane sayangkan disain kursi-nya itu kurang nyaman bagi orang berbadan besar atau yang memiliki paha / kaki yang besar. Saat duduk ane merasa lower padding (bagian yang menahan pantat / paha) kursinya kurang lebar, jadi bagian tepi2-nya yang naik spt bukit terasa kurang nyaman di sisi luar paha ogut.

Lalu blind spot pada pangkal pillar A juga cukup lebar.


Kesenyapan kabin :
Kesenyapan kabin mobil ini juga agak pas2-an / agak kurang, yang terasa saat melewati aspal kasar suara gesekan ban Pirelli P-Zero dengan jalanan sangat terasa di dalam kabin


Setir :
Setir mobil ini adalah EPS, tidak terlihat reservoir di ruang mesin

Pada mode normal dan parking speed, setir sangat ringan

Ketika masuk mode Sport, setir jadi lebih berat


Transmisi :
Sekalipun terasa karakter "aneh" pada mode Automatic (spt D pada matic biasa), tapi saat kita mainkan paddle shift terasa cukup responsif.....ane juga saat deselerasi dengan downshift / engine brake

Tapi kekurangan lain, saat kecepatan rendah, bunyi mekanisme transmisi samar2 terdengar saat pindah gigi......ceklek....ceklek gitu.........


Rem :
Rem baik, tapi enggak superb2 amat juga


Suspensi :
Suspensi mobil ini terasa sangat "firm"....walau ane gak sempat coba nikung dengan kecepatan tinggi, tapi saat merasakan karakternya yg firm, kemungkinan besar body roll mobil ini cukup kecil saat dibawa bermanuver.


Kelengkapan :
Mobil ini enggak dilengkapi ban serep, hanya ada pompa ban dan kelengkapan2 spt halnya mobil tanpa ban serep


Impression :
Frankly speaking, this car is not my type.........not suit my preference


PRO :
- Performa mesin saat mode Sport
- Handling ability (dugaan pribadi)


CON :
- Karakter transmisi yang "aneh" saat perpindahan gigi di kecepatan rendah
- Kursi jok depan yang kurang nyaman bagi orang berbadan besar
- Kesenyapan kabin yang pas2-an / agak kurang


Utk foto foto :
Duh maap berhubung BB tuwir ane udah penyakitan, foto2 gak ke save ke memory card :frm_bang_head: , tapi penampakan mobil ini bisa di google or lihat lgs ke showroomnya di Jl. RS Fatmawati No.188


DISCLAIMER :
Penilaian ini berdasarkan penilaian pribadi semata

Jika ada rekan berminat dengan mobil ini, silakan lakukan test drive dan mungkin saja anda mendapatkan impressi yang berbeda or mobil ini sesuai dengan expetasi anda
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 709
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by azu »

ini mobil kalau liat gambarnya di inet kayanya lucu banget.. cuma harganya aja yg mahal banget :mky_01:
ada foto-fotonya om turbo? :big_blushing:
Turboman wrote:
Mengendarai pada Mode Normal :
yang ane rasakan tarikan awal agak lemot, ditambah lagi suatu karakter yg "aneh" pada saat pergantian gigi dimana spt-nya ECU melakukan "throttle down" atau lepas gas saat mau shifting, sehingga terasa oleh kita mobil mendadak slowdown bbrp saat dan sesudah masuk gigi baru mesin narik lagi...........dugaan ane mungkin saja ECU & TCU nya sengaja diprogram sedemikian rupa agar supaya pergantian gigi terasa smooth dan tidak menghentak, tapi rasanya malah jadi aneh.

Mengendarai pada Mode Normal :
ketika tomobil Sport pada dashboard kita pencet dan tulisan SPORT pada boost meter menyala, tarikan awal lgs berubah menjadi powerfull, dan ketika sudah meluncur dan pedal gas kita bejek, si Abarth ini lgs melejit dengan Powerfull.

Pada mode Sport ini karakter perpindahan gigi yg "aneh" memang gak separah pada mode Normal, tapi masih tetap ada terasa kalau ECU "lepas gas sedikit" saat perpindahan gigi
karakter perpindahannya sama seperti mobil manual yg saat akan shifting maka engine akan throttle down karena transmisi yang digunakan adalah MTA (Manual Transmission Automated), jadi karakter shiftingnya juga seperti Manual biasa..

mungkin mirip Smart Fortwo ya yg pakai AMT? sama Proton Savvy juga AMT kalau ga salah :mky_01:

CMIIW :big_peace:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by jason28 »

Nive review om turbo :mky_02: gak ada foto-fotonya om? :big_blushing:
Fiat sama smart masih besaran fiat ya? :big_think:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by madcat015 »

Abarthhhh! :cupss:

Mobil unyu utk para nonik yg tidak mengerti otomotip tapi mengerti fashion...

Betul om azu, dari deskripsi om turbo, kayaknya mirip AMT Smart... yang berarti: menyedihkan. :ungg:

Fashion statement on wheels dengan price tags 500jeteng? Kayaknya Mini Cooper masih lebih masuk akal, menurut oendapat sotoy ane. :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by ola_comoesta »

Kualitas interior gimana om turbo? Ini harga naeknya koq banyak ya..kapanan liat pas iims masih dibawah itu
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by ola_comoesta »

madcat015 wrote:Abarthhhh! :cupss:

Mobil unyu utk para nonik yg tidak mengerti otomotip tapi mengerti fashion...

Betul om azu, dari deskripsi om turbo, kayaknya mirip AMT Smart... yang berarti: menyedihkan. :ungg:

Fashion statement on wheels dengan price tags 500jeteng? Kayaknya Mini Cooper masih lebih masuk akal, menurut oendapat sotoy ane. :ungg:
Nonik...xixixixixixi
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by madcat015 »

Ane pernah liat sebuah Fiat Abarth keliaran di Sby Barat, bro ola... :ungg:

Yang nyetir nonik unyu...

Abarth putih, kursi merah maroon, dan lambang kalajengking di depan... oh my... :mky_02:

Yang nyetir semakin unyu... :cupss:

:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by jason28 »

Ane juga pernah liat fiat berkelana di surabaya, lupa tempatnya tapi :mky_01: tapi ane kagak liat yg nyetir tu fiat :big_chicken: om ane juga ada yg punya fiat, fiat uno :big_slap:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by imingwahyudi »

:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: good review om Turbo

BTW, ini masih single atau multiple clutch om?

Menurut neubie pun setuju akan keanehan automated clutch system, berasa boongan banget saat creeping mode si pelepasan koplingnya. Ga sampe kaya orang ga lulus ngopling, tapi berasa err...apa ya :big_think: ,jauh lebih prefer torque converter/cvt untuk daily use daripada automated clutch, semoga Fiat Indo menawarkan 6mt clutch option :big_smile]
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Hands on review FIAT Abarth 500

Post by artoodetoo »

Fotonya mana oom?

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net