Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
YK16
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28

Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by YK16 »

Hello semuanya, ane balik lg nih dengan short review Renault Duster 1.5 Turbo Diesel Manual

Kebetulan tadi siang lagi ada arah ke cawang sekalian deh mampir ke wisma indomobil buat test drive nih mobil

Oke deh pertama kita coba bahas eksteriornya dulu. Eksterior sih ga terlalu menarik dgn desain patah patahnya ala india. Bagian depan dilengkapi dgn grill 3 baris yg untungnya bukan crum cruman.

Tampilan depan sih ya bisa dibilang keren tp setelah pilar c ke belakang ga ada keren kerennya sama sekali malah terkesan aneh. Desain samping juga keliatan kaku karena ya itu td desain patah patahnya. Untung sedikit tertolong dengan adanya roof rail di bagian atap

Pelek yg digunakan ring 16 lumayan membuat tampilan si duster ini sedikit macho. Klo diganti dgn pelek yg lebih gede kayanya keren nih.

Oh ya duster ini ada 2 tipe yakni RXE dan RXL. Yg RXE itu bener bener standar, belom pake pelek racing, belom ada fog lamp, belom ada rear wiper, dan belom pake audio, belom ada electric mirror ya pokoknya standar banget dah. Nah klo yg tipe RXL udah lengkap semua.

Nyok skarang kita masuk ke interior. Interiornya ampun dah plastiknya ga jauh beda sama ertiga (tp bukan kw8 ya kaya punya nya moot kucing). Cuma ini dua warna, grey dan beige. Coba klo beige semua kayanya lebih keliatan elegan deh. Salesnya sendiri yg ngomong klo renault pasti kalah di interior dibandingin kompetitornya. Tp ya dimaklumin deh karna duster yg dijual di indonesia kan buatan india.

Bangku masih serba manual pengaturannya dan masih bahan fabric warna grey. Posisi duduk ya lumayan nyaman cuma posisi pundak kurang bisa disangga dengan sempurna sama jok nya jd kaya ngenganjal di punggung. Desain lubang ac serba membulat kaya nissan march. Posisi central lock ada di bagian tengah dasbord dan sudah dilengkapi dengan audio double din yg suaranya lumayan

Posisi tombol power window jg sedikit kurang ergonomis, agak susah dijangkau tp tombol tombolnya mudah dioperasikan walu belom ada auto up dan auto down nya. Setir palang tiganya mirip ma punya kia rio transcab :D dan sudah dilengkapi dengan pengaturan audio di bagian belakang setir. Sedikit masukan nih buat renault tolong perhatikan juga suara klaksonnya, masa mobilnya dah gagah gini tp klaksonnya ga karuan bunyinya, kaya punya motor bebek.

Mesin 1.5. Turbo dieselnya mempunyai tenaga sebesar 85 ps @3750 rpm dan torsi 200 nm @1900 rpm dan menurut si sales turbo sudah berjalan dari 1400rpm. Baik varian RXE dan RXL semuanya hanya dilengkapi dengan transmisi manual 5 speed tp menurut info si sales akan keluar versi matic di iims 2015

Suara dari mesin turbo dieselnya lumayan halus bahkan jauh lebih halus drpd ipah diesel. Klo ga di dengerin secara seksama mungkin ga ada yg nyangka klo ini mobil diesel. Di dalam kabin pun ga kedengeran nih suara mesin, cuma suara luar masih terdengar. Apalagi klo ada motor alay dengan knalpot yg super berisik masih kedengeran.

Sayang sekali mesin yg bertenaga ini kurang di imbangi dengan transmisinya. Tuas transmisi terasa sangat kaku dipindahkannya malah cenderung keras, begitupun dengan koplingnya yg cenderung berat. Radius putar nya juga lumayan gede, pas mau keluar dr indomobil sempet agak maju mundur karna ada mobil parkir.

Saatnya turun ke jalan merasakan langsung sensasi berkendaranya. Respon pertama dr mesin ketika kita lepas kopling cukup mengagetkan karna mobil serasa mau loncat. Tenaga juga tersalur sempurna di setiap posisi gigi.

Enak banget deh nih mobil tenaganya walaupun hanya 1500cc tp serasa bawa forti atau pajero sport. Start pakai gigi 3 pun tetap bisa berjalan tanpa kesusahan. Td sempet nyoba narik di jalan lurus dan hasilnya sangat memuaskan dan dengan gigi 3 sempet menyentuh 100km/jam di jalanan halim. Itupun kayanya masih bisa lebih lagi cuma karena terkendala arus lalin yg ramai aja makanya cuma bisa dapet segitu, oh ya itu dicapai dengan rpm sekitar 2500 an.

Dengan harga 269 juta utk tipe RXL rasanya cukup menarik utk dimiliki sebagai alternatif pilihan selain ruster, juke dan ecosport. Cuma sayang utk layanan after salesnya baru ada 2 dealer saja di jakarta ini yakni di mt haryono dan PIK. Mungkin klo ke depannya bisa makin banyak dealernya makin banyak pula yg pake nih mobil. Menurut si sales sih udah sekitar 60an unit yg terjual dr launching di IIMS tahun kemaren.


Oke mungkin itu sedikit short review dari ane, mohon maaf jika ada kata kata yg salah dan kurang dimengerti.

Foto fotonya bingung gimana mau uploadnya, ini ngetiknya aja pake bb. Laptop ketinggalan di kantor jadi fotonya nyusul ya
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual

Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by madcat015 »

Ahayyyy... very very nice ripiu, om YK16... :mky_02:

Ane bs membayangkan bijimane torsi 200nm di pasangkan ke MT... mantab! :mky_02:

Yg ane sayangkan, seharusnya MT memberikan sensasi easy shifting dan fun, alih2 kopling keras dan berat... hmmm... ini yg bs jadi pengganjal calon pembeli.


Harga menyenangkan yak. Cukup oke untuk sebuah SUV kompak diesel.

Ane tunggu poto2nya om, pengen tau kualitas interiornya... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by ChZ »

hoho nice review om YK :mky_02:

ane blm pernah liat mobilnya langsung... tapi dari luar... kok kurang menarik yak :ungg:

sederhana dan hambar banget tampilan luarnya... :big_slap: knp spek indiahe yg masuk kesini :off_no:
YK16 wrote: Dengan harga 269 juta utk tipe RXL rasanya cukup menarik utk dimiliki sebagai alternatif pilihan selain ruster, juke dan ecosport. Cuma sayang utk layanan after salesnya baru ada 2 dealer saja di jakarta ini yakni di mt haryono dan PIK. Mungkin klo ke depannya bisa makin banyak dealernya makin banyak pula yg pake nih mobil. Menurut si sales sih udah sekitar 60an unit yg terjual dr launching di IIMS tahun kemaren.
bukannya renault bisa servis di nissan om?

1 lg hambatan nya untuk bisa survive di Indonesia : AT ! :big_slap:

apalagi di Indonesia, yang berani beli mobil dengan merek aneh-aneh cuma di Jakarta yang macet....
Last edited by ChZ on Tue Apr 01, 2014 12:29, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by billyd1773dz »

YK16 wrote: Oke deh pertama kita coba bahas eksteriornya dulu. Eksterior sih ga terlalu menarik dgn desain patah patahnya ala india. Bagian depan dilengkapi dgn grill 3 baris yg untungnya bukan crum cruman.

Mesin 1.5. Turbo dieselnya mempunyai tenaga sebesar 85 ps @3750 rpm dan torsi 200 nm @1900 rpm dan menurut si sales turbo sudah berjalan dari 1400rpm. Baik varian RXE dan RXL semuanya hanya dilengkapi dengan transmisi manual 5 speed tp menurut info si sales akan keluar versi matic di iims 2015
mantapp.. :D

grill depan bukan krum? ada putunya om? ini yg preFL kan yah?

btw itu versi ATnya baru ada taun depan ? :big_slap: :big_slap:


ngarep 110ps 4x4 6spd masuk :mky_01:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by artoodetoo »

Ditunggu fotonya :big_exellent:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by VanzMatic »

Nice short repiuw, om YK.. bisa kebayang dikit lah, dari gaya bahasa yg lugas dan jelas. Niceee..!!!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by ricz »

Nice review om YK...

Blm ad matic yak... Klo ad matic manteb tuh

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by VanzMatic »

Fotonya man....naa...?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by ween »

bro, mau tanya nih:
:big_think:
simpel aja
1. tipe rxl sudah pakai velg alloy atau masih kaleng?
2. tipe rxe sudah ada power window, dual airbag & abs?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by montirangin »

nice review om..tapi kurang gigit tanpa fotonya nih omm..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Short Review Renault Duster RXL 1.5 Turbo Diesel Manual

Post by billyd1773dz »

baru ngeh dan inget ada yg pernah bikin review duster... :D :D *dan gw pernah post disini*


klw berkenan gw nambahin aja ya short impresion versi 4x4 6MTnya. copas dri treat duster dgn sedikit revisi, mungkin di sini room review lebih tepat.

================================================================

setaun setelah di luncurkan pertama kali di indon...................
akhirnya yg 4x4 keluar juga, disertai dgn beberapa perubahan cukup besar dibanding versi 4x2 '13.

first..tentu sistem 4x4 ala xtrail,ESP + TCS, VGT engine with 110ps 240 nm, kemudian transmisi 6MT *still no auto*, suspensi belakang kini jadi full independen multilink mcpherson, cluster meter baru, HU dengan display, stir baru, headlamp kini smoke hitam... dan err minor perbaikan di kualitas interior bisa dibandingin di unit show dan unit TD yg versi lama..

Image
Image

dashboard sudah ngambil dari dacia duster versi FL terakhir, tapi Trim, headlamp dan grill blm...

iims kemarin nyempetin TD yang 4x4.. tentu niat iseng aja... no auto, dan masih g yakin ama komitmen renault di indon kedepanya gmn...

well this is a short driving impression di jalur TD iims yg barely 1km.... :frm_bang_head:

Image

engine duster ternyata halus saat idle.. suara krrrkrrr khas diesel minim sekali dan getaran rasanya selevel dgn spin diesel.. sekalipun peredam jelas dibawah spin diesel *bahkan karet pintu hanya ada di body g ada di pintu*. kualitas kabin sih full plastik seperti suv sekelas dan err ladder suv yang +100jt lebih mahal. clutch terasa..berat slightly lebih berat dari kebanyakan mobil jepang, untung transmisi 6MTny terasa tight dgn trow pendek, Stir ringan dgn lock to lock baik 3x layaknya small hatchback radius putar juga hanya 5.2m, cek rem.. ok notbad empuk dgn feel kerasa tdk seperti trio imv dan spin... okay lets roll........

gigi 1 langsung angkat kopling tampa d idle neken gas.. good mobil lansung jalan effort less.. beberapa meter melewati speed grid tebal dan jembatan2an.. dep-dep.. wuihh.. empuk bener... mbl mengayun dgn tenang.. stroke compress terasa panjang, beuh.. beberapa waktu lalu TD forester di jalur sama lumayan ngocok lewat situ... lewat jembatan biarkan mbl dpn menjauh... saat nya nyoba powerband.......... gigi 1 rpm 1.5K.. flat out... a bit lag dan terdengar spool turbo 1.7k .. zuuuttt ngejambak dgn amat kuat.. blm beberapa detik rev sudah 4.5K, shift kedua masih ada sisa overboost langsung nyentak dan.. harus rem... keluar gerbang. belok kiri masuk jalan utama.berhenti tunggu kosong lucunya tachometernya ga ada redlinenya... jadi ntah rev brp mesin ini bisa diputar maksimal.. yang pasti sampai 4K masih kuat dan mulai asma di 4.5k.

ok jalan kosong, kini soft start di gigi 2 lalu bejek lagi d range turbo, punch masih kuat.. kini sprint sampai gigi 3, poldur disana di hajar semua.. kerasa nya geli-geli saja impressive suspensinya.. :D blm juga khatam gigi 3 uda harus masuk gate lagi.... :frm_bang_head:

bokap yg awalnya skeptis dan memilih jd penumpang aja, jadi penasaran untuk coba.. untung tidak ada antrian.. jadi kita langsung keluar lagi dan jadi round 2.

he notice that went i drove, the All-mode 4x4 its on 4x4-Auto.. jadi skrng di pindah ke 4x2.. singkatnya.. kini saat bejek pertama yg sebelumnya ngejambak kuat kini jadi spin panjang ga karuan.... wkwkwk :D dan.. no power cut dari espnya somehow atau sudah powercut tp tetep spin. :big_chicken:

so we really impresive from its suspension.. really comfortable dgn stroke panjang, its soften every speed barrier.. pasti enak di pakai di jalan ancur... begitu juga mesinya.. halus dengan tenaga yang impressive..... 110ps 240nm is not much.. but with a body only 1.1-1.3T... its sure feel powerful. 6MT dengan gigi 1 yang pendek untuk crawl, dan sistem 4x4 dgn 3 mode. suara mesin d rev atas mulai masuk.. meski tetep ok ya errr at least di banding miras yg uda dtambah peredam....

unit TD adalah duster type lama, konon di versi baru yang di deliver ke konsumen selain kosmetik ada perubahan mechanical juga, yang pertama kini torsi puncak di dapat di 1750rpm, versi lama 2250rpm. kemudian clutch jadi lebih ringan... yg ini kerasa bngt mbl unit TD dgn showcar clutchnya terasa berbada beratnya. ratio jg dibikin lebih low, untuk memudahkan crawl offroad.

Image

swaybar blkng berukuran kecil.... orientasinya lebih kenyamanan di jalan jelek.

harga yang di minta 324jt otr jkt ini adalah suv diesel awd termurah.. memang plastik dri mulai doorhandle diluar sampai kabin terasa murahan, merk renault yg blm jelas kedepanya gmn makin bikin ilfil, baru setelah TD meski sangat singkat.. its got potential :D

seandainya minimal di bdg beres nissan sudah nempel branding renault ala datsun... apalagi ada AT.. i could chose this as alternative over a few more expensive awd suv...

konon tahun depan duster akan mulai CKD,*katanya* harga jg bisa turun dan *katanya* mulai expand ke kota2 lain beresnya, ntah berdiri sendiri atau nyatu nissan ala datsun. still wait and see... dari taun lalu masih *katanya*

dan apalagi klw ada terrano nanti... wkwk :big_exellent:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz