Perkenankan ane yang biasanya menjadi silent reader mencoba sotoy mereview sebuah mobil

Kali ini mobil yang coba saya review bukan berasal dari golongan "wah", bukan juga luxury SUV atau sebuah sports car.
Ketika sedang bosan berada di sebuah mall Surabaya Utara maka saya iseng berjalan menuju ke atrium mall tersebut untuk melihat-lihat pameran mobil yang ada disana.
Sepintas nampak Ertiga, Avanza, Juke, Ayla & CX-5, ah sepertinya tidak ada sesuatu yang baru & menarik, dan sebelum saya memutuskan pulang ada sekelebat mobil yang tidak begitu familier di mata nyubi sotoy ini..
Wah ternyata ada pabrikan dari India yang tumben ikut pameran, yeap Tata Motors

Sebelum memulai review mari nyubi suguhkan sedikit latar belakang Tata Motors yang ane dapat dari internet:
--------------------------------------------------------------------
Bermarkas di Mumbai, Tata Motors mempunyai basis produksi di Jamshedpur, Lucknow, Pune, dan Singur di India, serta Argentina, Afrika Selatan, Thailand, dan Britania Raya di Inggris. Pusat penelitian dan pengembangannya berada di Pune, Jamshedpur, Lucknow dan Dharwad, India, dan Korea Selatan, Spanyol, dan Britania Raya. Divisi utama Tata Motors adalah produsen mobil mewah Inggris Jaguar Land Rover dan produsen kendaraan komersial Korea Selatan Tata Daewoo. Tata Motors juga memiliki pabrik bus joint ventura dengan Marcopolo S.A. (Tata Marcopolo), perusahaan konstruksi joint ventura dengan Hitachi (Tata Hitachi Construction Machinery) dan joint ventura dengan Fiat di India.
Tata Motors didirikan pada tahun 1945 sebagai produsen lokomotif. Produksi kendaraan komersial dimulai pada tahun 1954, berkolaborasi dengan Daimler-Benz AG , yang dilakukan sampai 1969. Tata Motors memasuki pasar mobil penumpang pada tahun 1991 dengan peluncuran Tata Sierra, menjadikannya produsen India pertama yang dapat memproduksi mobil sendiri. [6] Tahun 1998 Tata meluncurkan mobil penumpang yang "benar-benar India", Tata Indica. Pada tahun 2004 Tata membeli unit truk Daewoo yang kini dinamakan Tata Daewoo Commercial Vehicle. Pada Januari 2008, Tata memperkenalkan Tata Nano, yang menjadi mobil termurah di dunia. Pada Maret 2008, Tata Motors mengakuisi Jaguar dan Land Rover.
Ternyata bukan pabrikan ecek-ecek yang memproduksi mobil dengan kualitas antah berantah

------------------------------------------------------------------------
Kembali ke Tata Vista yang ane jumpai, tanpa banyak cing cong berikut ekteriornya: Desain yang susah diterima oleh masyarakat Indo sepertinya, antara tarikan headlamp & pilar A benar-benar tidak nyambung IMHO..
Grill chrome.. List fog lamp chrome.. List bumper chrome.. oh my.. Chrome dimana-mana..
Bergeser ke samping...

Ada tarikan garis lurus dari depan ke belakang yang seolah-olah seperti 2 mobil yang berbeda, dipotong dan ditempel oleh isolatip..
List window chrome (again), Door list chrome (again)
Melongok kebawah, ban menggunakan ring 14 inch dengan ban bridgstone, entah ukuran berapa.
Rem depan sudah menggunakan ventilated disc

Ada yang mengganjal di hati, jika kendaraan lain meletakkan lampu sein tambahan di pinggir spion agar pengendara dari samping dapat melihat arah kendaraan akan berbelok, di mobil ini malah diletakkan di depan spion

Ane membayangkan jadi pengendara disampingnya & ga akan pernah bisa ngelihat LED ini berkedip karena tertutup spion.
Pindah ke belakang... Lagi-lagi ane susah mencerna desain-nya..

Kaca belakang sudah ada defogger-nya, yang lain? Silahkan nilai sendiri deh, menurut ane hambar sekali design-nya
-------------------------------------------------------------------------
Interior: Begitu masuk ke kabin inilah yang dijumpai.
2 atau lebih tepatnya 3 tone colour dashboard dengan penempatan clutser meter di tengah.
Coklat muda di bagian bawah menimbulkan kesan bersih, sedangkan warna hitam agar pantulan dashboard tidak mengganggu pengemudi ketika siang hari.
Silver? Eerrrr sungguh tidak nyambung, apalagi kualitas cat terkesan asal.
Namun panel gap sudah lumayan lebih baik daripada duet ahond LCGC & Geely

Ada 2 airbag, satu di kiri dan 1 lagi ada di stir
Head Unit bermerk TATA dan sudah bisa dihubungkan dengan HP melalui Bluetooth

Untuk sound quality belum ane test karena unit dalam keadaan off, dibawah HU ada tombol untuk fog lamp, defogger, hazzard dan yang paling kanan ane juga bingung itu tombol apa

Dibawah tombol-tombol tersebut ada 3 knob untuk AC, yang kiri untuk mengatur arah semprot #ups hembusan AC, yang tengah kecepatan fan dan yang kanan adalah pengatur suhu, ada heaternya juga ternyata

Meter clutser berbentuk unik, dimana diameter antara Fuel meter dengan RPM meter sama besarnya. Ditengah sppedometer terdapat MID yang ane lupa nyalakan

Bagi driver seperti ane jujur bentuk ini akan sangat menyusahkan, karena angka RPM lompat-lompat dari 2 4 6 8 dan red line berada di angka 6ribu RPM
Jujur ane rasa ini stir diameternya kegedean, ditambah bentuk 4 spoke yang aneh jadi mengingatkan ane ke film kartun shaun the sheep.
Di sebelah kiri ada tombol untuk memutus telpon & mengubah track lagu, sedang di sebelah kanan ada tombol untuk menelpon serta untuk menambah & mengurangi volume audio.
Berikut fungsi-fungsi yang ada di tuas belakang stir, ane rasa lumayan komplit dibanding tipe LCGC tertinggi yang sedang tidur di garasi
