3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by asunu »

Halo juragan sekalian para petrol heads

Kali ini saya mau share field report 3 hari 2 malam bersama Toyota Corolla Ascent (aka Altis kalau di Indonesia) Hatchback menelusuri rute paling cantik di Australia yaitu the Great Ocean Road (GOR).

Disclaimer
Penilaian dilakukan berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan mobil rental yang udah jalan 30ribuan kilometer dengan kondisi standard. Penumpang 3 orang dewasa, 1 anak kecil, 1 cabin luggage dan 1 stroller :big_grin:

Rute
The Great Ocean Road, Melbourne - Port Campbell sejauh 500km pulang pergi. Sebagai referensi, GOR merupakan rute wajib bagi any driving enthusiasts kalau kebetulan sedang di Oz dan termasuk rute tercantik di dunia seperti halnya Napoleon Route di Prancis atau Hohenschwangau to Oberammergau di Jerman. Hei...kayaknya ada peluang bisnis nih organize travel buat yang hobby nyetir.

GOR kick off dari Torguay - Bells Beach - Anglesea - Aireys Inlet - Lorne - Apollo Bay - Port Campbell. Total waktu perjalanan kalau ga berhenti sekitar 3.5 jam one way tapi kalau bener-bener mau menikmati jalan dan pemandangan mesti siapin waktu sekitar 5 jam. Jadi sebaiknya nginep semalam di Port Campbell.

Di rute ini mata, tangan, dan kaki agan akan terpuaskan bak mendapatkan multiple O. Pemandangan pantai, hutan, bukit, pertanian, small towns.....dan sometimes koala ada sepanjang perjalanan menyegarkan mata yg udah butek liat macet Djakartah. Kaki kiri dan kanan bergantian injak rem dan gas melahap tikungan tanjakan dan turunan yang menantang (I wished I had a manual car :big_childish: ). Lebih mantap lagi tentunya kalau pas summer dan pake convertible...beauhhh... :big_comfort:

Great Ocean Road in 3 minutes: http://www.youtube.com/watch?v=wG8f4d4SpoI

Mobil
Toyota Corolla Altis kalau di Oz dikenal dengan nama Ascent buat yang basic dan Levin untuk yang lebih luxury/advanced. Tersedia dalam bentuk sedan dan hatcback. Kebetulan mobil yang saya sewa jenis hatcback standard buatan tahun 2013.

Diluncurkan pertama kali tahun 2013 dengan kode E170 sebagai generasi ke 11 dari line corolla yang selalu jadi ujung tombak penjualan seperti halnya Seri 3 di BMW or A4 di Audi. Di Indonesia All New Altis udah keluar di awal tahun ini dan lumayan mendapat sambutan hangat...ya iyalah...secara orang udah bosen liat facelift altis yg kayaknya ga ada abisnya :big_biglaugh:

Eksterior
Secara umum terlihat sangat menarik dengan unsur sport yang kental. Berbeda dengan Golf mk7 yg bak gadis jelita, Ascent lebih terlihat "cowok". Headlight dengan projector lamp terlihat menyipit ke samping dengan tarikan tegas seperti mata cowok (atau kucing?) yg jaim tp suka jelalatan kalo liat nonik. Upper grill dengan logo triple elips di tengah (jadi inget SLK R171) seperti sedang menyeringai plus lowered bumper design membuat tampilan depan corolla ini terlihat agresif. Juga kalau diperhatikan ground clearance terlihat lebih dekat ke bumi dibanding model sebelumnya.

Overall design sangat jauh berbeda dari seri corolla sebelum-sebelumnya yang menurut saya sangat fatherly (baca: kebapakan). Sepertinya Toyota melakukan pergeseran sasaran tembak dari sebelumnya om tenang ke om senang :mky_03:

Dilihat dari samping terlihat bersih tanpa ada tarikan-tarikan model alay dengan pantat dibuat agak sedikit nonggeng. Bagian buritan juga didesign dgn aroma sport yang sama seperti bagian depan. Di sini juga ga ada macem-macem kyk overkilled chrome yg lg ngetrend belakangan ini :big_biglaugh: Untungnya designer corolla ini bukan dari golongan pemalas (atau idiot) yg berpikir resep mobil keren adalah dengan memperbanyak chrome :big_slap: Sayang, penempatan knalpot agak nanggungn sehingga terlihat tidak menyatu. Kalau aja dibuat rumah di bemper buat tempat naruh knalpot...akan terlihat jauh lebih sippp dan sporty.

Velg standard 16" dikasih dop model baling-baling. Ban kalo ga salah yokohama tapi lupa apa seri-nya.

All in all, me laik it.

Interior
Sayangnya hal yg sama ga bisa dikatakan buat interior. Kemungkinan besar designernya lagi musuhan sama designer exterior sehingga hasilnya jaka sembung gini. Menurut saya kemungkinan lebih banyak orang yang ga suka daripada suka...mirip kasus toyota 86. Dashboard bagaian muka dibuat vertically flat yg walaupun membuatnya terlihat clean tapi ga sejalan dengan exterior yg modern dan sporty.

Di sisi lain pengerjaan cukup detail dan rapi. Dikasih softpad di bagian atas dashboard dan pintu bagian dalam. Selebihnya hard plastic dengan kualitas mediocre yg pastinya di bawah Golf. Gak banyak tombol-tombol di sekitar pengemudi, standard aja.

Setir model sport yg cukup nyaman digenggam, udah dilengkapi dengan tombol pengaturan volume audio dan hands-free buat telpon. Tempat duduk driver sepertinya lebih rendah dari model sebelumnya ditopang oleh kursi model bucket yg nyaman dari bahan fabrik. Menurut saya posisi menyetir di Ascent sedikit lebih enak daripada Golf mk7.

Audio system ga istimewa seperti audio standard toyota umumnya. Dilengkapi 6 speaker termasuk tweeter di dekat spion menghasilkan suara yg just ok. Lumayan buat daily use, kalau mau serius jelas harus diupgrade.

Kabin cukup lega menampung 4 orang dewasa. Ruang kaki bagian belakang juga ok sayang sandaran agak terlalu tegak. Nah kalau di Ascent ga dikasih jalur ac khusus buat penumpang belakang :big_peace:


Keamanan
Features keamanan sangat lengkap meliputi airbag buat pengemudi, penumpang depan, sisi kanan kiri, curtain, dan knee airbag. ABS with force distribution, ED, BA, Traction Control, dan VSC udah menjadi standar. Ga heran kalau diganjar dengan 5 Star ANCAP safety rating.

Mesin
Nothing spectacular di bagian mesin. Memakai mesin 1800cc 4 cylinder dual vvti DOHC yang udah digunakan engineers toyota bertahun-tahun. Mungkin prinsipnya di toyota adalah kalo ga rewel ngapain mesti diganti :big_biglaugh: Menggelontorkan 138hp dan 173Nm di sekitaran rpm 6000 dan 4000. Sangat cukup buat city bustling harian dengan berat sekitar 1300kg. Akselerasi 0 - 100km/h secara textbook dapat diraih dalam 10s. Sayangnya kekurangan tempat bermain buat mentes klaim yg dibuat Toyota :big_smoking:

Buat tranny, Ascent sudah menggunakan 7-speed CVT yg dapat diset mode Eco dan Sport yg katanya total improvement dari transmisi otomatik di corolla sebelumnya. Terus terang saya ga begitu merasakan bedanya Eco and Sport kecuali suara ngeden di mode sport ketika terus menerus mencoba mempertahankan high rev :big_think:

Driving Experience
Terus terang awalnya saya skeptis Ascent bisa mengimbangi kenikmatan berkendara Golf Mk7. But oh boy, I was totally wrong. Membawa hatchback ini sangat menyenangkan dan satisfying. Simply outstanding.

Setir terasa akurat dan natural menerjemahkan kemauan supir. Berbagai macam bentuk tikungan, tanjakan, turunan mau yang santai maupun extreme dapat dilahap dengan percaya diri. Jalan yang bervariasi di Great Ocean Road menjadi sangat nikmat untuk dilewati...what a driving pleasure.. Oh ya, sekadar tips aja buat yg mungkin berencana ke GOR, mending start dari pagi dan ambil weekdays jadi jalan ga ramai.

Goncangan di mobil juga sangat decent, tidak terlalu lembut atau keras. Suspensi cukup handal melewati jalan jelek dan lubang di jalanan (amazingly 200an km rute GOR ga banyak lubang jalan dijumpai, kalaupun ada paling di kawasan terpencil seperti di tengah national park). Mesin dan transmisi CVT juga bisa ngobrol dengan baik. Mobil ga pernah terasa kekurangan tenaga ketika berakselarasi even di tanjakan. Rem juga terasa meyakinkan untuk menghentikan mobil di saat diperlukan secara halus atau mendadak. Ada tombol sport yang secara teori membuat mobil menjadi lebih beringas tapi pada kenyataannya ga begitu terasa perbedaannya kecuali suara kasar mesin menjaga high rev yg keras terdengar di mode Sport.

Mobil dilengkapi dengan cruise feature yg sangat berguna buat jaga kecepatan di jalan tol. Secara kaki maunya injek gas terus, masuk ke cruise mode adalah pilihan aman buat ga ngelewatin max speed limit. Sayangnya agak sedikit ribet cara setting cruise-nya. Akselerasi dan deakselerasi menggunakan cruise stick juga terasa kurang responsif.

Road noise obviously lebih buruk dari Golf Mk7 walaupun masih tolerable. Suara luar terdengar cukup nyaring terutama kalau hitting bumps or holes di jalan.

Dengan variasi jalan sepanjang 500km disertai mode mengemudi yang agresif :mky_03: , konsumsi bahan bakar dapat di 1:13. Not bad. Oh ya, masih bisa pakai Ron 91.

Verdict
Penilaian subyektif: 8.5/10

Sangat pantas buat mobil dinas harian. Dengan harga awal di sekitaran AUS20K tentunya termasuk salah satu best bang for the bucks. Memang secara estetika, teknologi, dan built quality masih di bawah Golf Mk7 tapi sepertinya pemilik Ascent akan bisa jauh lebih lama menikmati semua features yg ditawarkan.

Pertanyaan, apakah hal yg sama bisa dikatakan untuk All New Corolla Altis di sini?

Demikian field report disampaikan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by evolution21 »

Nice.review um
Interiornya bener2 menyedihkan ya
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by carl »

Hmmm interiornya mirip Altis tipe yang bawah ya om.. Tapi udah pake cruise control.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by madcat015 »

Bravo om asunu... mantab review nya... :mky_02:


Corolla Ascent, muncung oke, bokong: meh :big_slap:

Dan ane ga nyangka interiornya ancur total... what have you done Toyota! :frm_bang_head:

Ane tertarik dgn CVT di mode SPORT yg whining like a spoiled brat... apa om asunu merasakan perbedaan di rpm saat shifting? biasanya embel2 SPORT identik dengan rpm setinggi2nya sampe valve kabur dari enjin head...

CVT mmg masih belum bisa memuaskan hasrat ane... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by NYoman »

I like this toyota, no gimmick chrome! Interior kalo bisa di buat seperti altis yg tipe tertinggi akan jadi mobil yang sangat menarik!
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by ricz »

Nice review om...

Ini mah di jepun namanya Autis...eh Auris...

HUnya menyedihkan... ngalah2in ipah tipe J... :big_chicken:
2021 Fortuner VRZ
asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by asunu »

iya emang kesan pertama interior menyedihkan...perlu waktu cukup lama sampai mata terbiasa hehehe.

om madcat, seingat saya pas narik napas memang agak panjang di mode sport tp ga sampai red line. Pas turun juga harusnya lebih cepet down shift tp kalau yg saya rasakan minimum bedanya dgn mode non sport.
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by artoodetoo »

Nampaknya sudah betul target saya, kalo beli mobil lagi mesti Corolla. :big_smoking:

.... masalahnya kapan bisa terlaksana :big_childish:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by ricz »

artoodetoo wrote:Nampaknya sudah betul target saya, kalo beli mobil lagi mesti Corolla. :big_smoking:

.... masalahnya kapan bisa terlaksana :big_childish:
Secepatnya!! :mky_02:
2021 Fortuner VRZ
asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by asunu »

ricz wrote:
artoodetoo wrote:Nampaknya sudah betul target saya, kalo beli mobil lagi mesti Corolla. :big_smoking:

.... masalahnya kapan bisa terlaksana :big_childish:
Secepatnya!! :mky_02:
Setuju, kan blm ada yg review all new altis e170 :)
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by VanzMatic »

No temp gauge...plain interior... :big_childish:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by artoodetoo »

asunu wrote:
ricz wrote:
artoodetoo wrote:Nampaknya sudah betul target saya, kalo beli mobil lagi mesti Corolla. :big_smoking:

.... masalahnya kapan bisa terlaksana :big_childish:
Secepatnya!! :mky_02:
Setuju, kan blm ada yg review all new altis e170 :)
Yach, doakan teman2, tiba2 saya bisa dapat proyek yg nilainya miliaran, untungnya cukup buat beli All New Altis ini :big_exellent:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by vp920b »

Ah.. Boring car.. And not liking it.. Ampir 6 bulan pas dulu kerja di Hertz Tullamarine airport, tiap hari naik mobil ini dan sangat boring..

Nambah 3000-5000AUD uda dapet entry level Golf.

Dan seperti saya bilang, beli altis di indo juga ga worth it, di aussie cuma 200-300juta rupiah(kalau dirupiahkan dari entry level-full option).

Just my 2 cents though..

Thanks
asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by asunu »

vp920b wrote:Ah.. Boring car.. And not liking it.. Ampir 6 bulan pas dulu kerja di Hertz Tullamarine airport, tiap hari naik mobil ini dan sangat boring..

Nambah 3000-5000AUD uda dapet entry level Golf.

Dan seperti saya bilang, beli altis di indo juga ga worth it, di aussie cuma 200-300juta rupiah(kalau dirupiahkan dari entry level-full option).

Just my 2 cents though..

Thanks
Yah namanya commuter car om ... Susah cari yg ga "boring" hehehe

Kalo menurut om di rentang harga segitu kira-kira pilihan apa yg lebih baik?

Sama nitip direview dong mobil2 yg lain macam hyunday i20, holden, camry, etc . Mantappp
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by campoeran »

Setuju , corolla altis is a very boring car . Beneran deh boring. Interior boring, eksterior boring (gen11 mendingan dikit krn sporti ) .

Tp entah dengan keboringannya ane lumayan jatuh cinta , nyaman lumayan , irit lumayan. Ga ada rewelnya setelha pake 3th 60k km . Keluhan bini ga enak sempit krn anak dua udah mulai mau sd , barang bawaan banyak hehe.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by JESKONENG »

Corolla terbaru apakah ada yg versi 2000 cc ? ada yg sudah punya ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by vp920b »

asunu wrote:
vp920b wrote:Ah.. Boring car.. And not liking it.. Ampir 6 bulan pas dulu kerja di Hertz Tullamarine airport, tiap hari naik mobil ini dan sangat boring..

Nambah 3000-5000AUD uda dapet entry level Golf.

Dan seperti saya bilang, beli altis di indo juga ga worth it, di aussie cuma 200-300juta rupiah(kalau dirupiahkan dari entry level-full option).

Just my 2 cents though..

Thanks
Yah namanya commuter car om ... Susah cari yg ga "boring" hehehe

Kalo menurut om di rentang harga segitu kira-kira pilihan apa yg lebih baik?

Sama nitip direview dong mobil2 yg lain macam hyunday i20, holden, camry, etc . Mantappp
Haha.. Dulu kerja di hertz kagak foto2 sih.. Kalau nyetir macem2 disana udah, holden, ford falcon, camry baru, i40, i20(belum keluar yang baru), BMW fleet, Merc fleet, Mini cooper, toyota hiace yang 12 seat ampe semi bus juga udah.. Hahaha.. cuma mau review gimana? Ane ga pernah nyetir jauh2 unless i40 yang pernah dikasih kantor sebulan penuh.. Wkwkwk..

Harga segitu beli golf aja lah, di aussie laku keras, harga jual nahan. Features bagus, model apik, kualitas mantep, sayang di indo harganya 400juta lebih. Padahal di aussie cuma 25rb AUD.. Jauhhh.. Tapi sekarang diesel aja lah.. hehehe dan udah ga di aussie lagi.. But it is a nice experience kerja di car rental luar negri. Gaji bagus, harus kerja secara team work kalau lagi rame ditambah boleh test drive mobil macem2(di straight tullamarine ane pernah ngedrift dan lari 120, untung kagak di tangkep atau di pecat..).. wkwkwk.. Jadi curhat..

Dah ah, corolla kalau mau dibayar ya harga 200juta, ga kaya di indo 400++juta, mending ambil Mark X diskonan.. hehehe.. Peace :big_peace:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by axala »

Biarpun lebih keren...sayang corolla indo gak nyambung warna jok putihnya dengan black interiornya....kenapa gak jok coklat tan :mky_03:

dikasi jok item kaya ini malah makin murahan :big_slap: mending jok tan aja :mky_03:

dan kasi piano / darkwoodpanel.... :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by imingwahyudi »

:mky_02: :mky_02: cakep oom asunu :big_exellent:

ini corolla yang kaya Clarkson pake ya? Bedanya di hire servicenya, dia pake Avis :big_biglaugh: lebih murah Europcar memang om?

Interior sama menyedihkannya dengan Mobilio :big_chicken: :big_slap: :upss:

CVT nya berasa static atau stepped ga om kalo di mode Sport?

Overall, I dont like how it looks, interiornya, demen desain AC ventnya :big_grin:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by walid_007 »

Bakar cvt

Hidup geared at


:ngacir:
engine roaring!
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by madcat015 »

asunu wrote:iya emang kesan pertama interior menyedihkan...perlu waktu cukup lama sampai mata terbiasa hehehe.

om madcat, seingat saya pas narik napas memang agak panjang di mode sport tp ga sampai red line. Pas turun juga harusnya lebih cepet down shift tp kalau yg saya rasakan minimum bedanya dgn mode non sport.
Nah, itu dia...

CVT antara mode biasa dan sport nyaris ga ada beda nya om... cuman rpm lebih tinggi dan mesin menjerit lebih mengenaskan... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by asunu »

Gimana selain review mobil juga dibuat satu topic sendiri mengenai review rute / jalan? Jadi temen2 yg hobby nyetir bisa tau letak dan karakternya. Pasti banyak hidden gems yg bisa dishare di sini.
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 3 Hari 2 Malam bersama Toyota Corolla Ascent

Post by artoodetoo »

asunu wrote:Gimana selain review mobil juga dibuat satu topic sendiri mengenai review rute / jalan? Jadi temen2 yg hobby nyetir bisa tau letak dan karakternya. Pasti banyak hidden gems yg bisa dishare di sini.
Ada kok bro, di sini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3SG8cv-LqA
Tapi memang itu rute jawa bali, bila memang diperlukan, mungkin akan dibuat trit baru untuk rute lain misal lintas sumatra.
Gimana momod yg lain?
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net