Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by madcat015 »

Meowww... ehem... uhuk...! :ngacir:

Halauuuwww para silent readers, kamen riders, member, momod, dan piyikz SM... :mky_01:

Perkenalkan nubie untuk kembali meripiu sebuah mobil setelah... cukup lama bertapa...

Kali ini, ane menyentuh sebuah mobil Inggris setelah bertahun2 mencerca kucing... errr... mobil Inggris ini akibat reliabilitas yang ga lebih baik dari tusuk gigi.

===========================

Seminggu kemaren benar2 minggu yang menyebalkan bagi ane karena harus bolak balik ngurus dokumen ke salah satu developer terbesar di Surabaya Timur... :off_no: Dan tepat di hari terakhir kerja mereka, hari jumat, tiba2 ane dapat undangan.

"koko kucing, ada undangan dari kami, mohon datang ya..."

Image

Begitu membuka undangannya... ane bengong... dan otomatis lgs melakukan RSVP ke nonik... :big_chicken:

M: "Halo, ini kucing, saya RSVP untuk event hari minggu ya"
P: "Silahkan ko, kebetulan kita ada acara TD juga"
M: *pura2 bego* "Oh ya?"
P: "Iya ko, ada Range Rover Evoque dan Jaguar XF"
M: *pura2 tidak tertarik* "Evoque... dan Jaguar XF?"
P: "Iya ko, yang XF display"
M: *pura2 bingung* "Owh, display aja ya?"
P: "Ada unit TD nya, XJ-......" *pause* "R"
M: "I am in!"

Gegara nonton National Geographic, ane penasaran dengan Jaguar XJ... dan alih2 Jaguar XF, malah ditawarkan sebuah XJ... waow. :big_comfort:

Kita lihat saja...

Akhirnya setelah penasaran dan penderitaan dua hari karena penasaran, bro ChZ dan bro Nyoman datang sesuai jadwal, mereka segera carpooling, masuk ke kapal, dan melesat ke perumahan elit di Surabaya Timur...

Dan... ada sesi jogging. Begitu melihat sebuah R3 putih GX di sisi kiri mobil yang zig zag mengebut bagai touring racer jejadian, ane segera meratakan pedal gas, enjin L3-VE meraung, dan dalam sekejap, R3 orisinil itu tertinggal jauh dan menjadi noktah kecil di spion... :big_smoking:

Siapa bilang barang orisinil itu bagus? :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Anyway, setelah tiba di lokasi dan parkir, dari jauh ane melihat... Ow yeah, the rite car... dan ada emblem di side gill nya... Ane langsung berpikir "hmmm... ini V enjin!"

Sebelum memastikan mobil tersebut, ane dan gerombolan melihat2 rumah contoh dulu, ngobrol bentar, dan 5 menit kemudian sudah nongkrong di pelataran...

Confirm, ada sebuah Range Rover Evoque PURE...

And behold you mere miserable mortals... :big_smoking:

Sebuah Jaguar XJ LWB 3.0 Supercharger 2013 :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Oh my cat, this is like my wettest dream comes true...! :cupss:

==============================

Eksterior

Jujur, ane terpana dengan siluetnya... Majestic! Sebuah Luxury Saloon sepanjang 5,2m+ dengan wheelbase nyaris 3,2m... A proper Saloon it must be...

Muncung agresif dengan gril model baru, muncung panjang, bonnet berotot dan bahu lebar... Cantik sekali... bagaikan kucing siap menerkam ikan asin nganggur! :big_smoking:

Image

Aksen headlamp XJ yang iconic sudah diadopsi oleh XF yang baru, memberikan level baru dari krisis identitas di antara para kucing... :mky_03:

Image


Dan tentu saja, di tengah gril tersemat lambang kebanggaan para kucing...

Image

Siluet samping memberikan kesan mobil coupe... dan emblem Jaguar...

Image

... dengan busur atap yang meluncur ke belakang dengan begitu cantik nya.

Image

Image

Image

... dan tersambung ke bokong nya yang sederhana... tetapi sangat karismatik...

Image

Dan tentu saja, twin tail pipes yang mampu mengintimidasi saloon lainnya...

Image

Image

Image


Penampilan kucing ini juga terbantu dengan ban berukuran besar...

Image

Yang ane lupa liat tipe dan ukuran nya... :big_slap:

Nah, lampu belakang XJ ini yang jadi perhatian ane. Dengan 3 bilah LED memanjang bagaikan cakar kucing, desain ini disebut dengan Cat's Claw oleh perancangnya, Ian Callum.

Image

Dan logo kucing ngibrit... untuk menegaskan ini XJ baru...

Image

XJ reborn! :mky_02:

===============================

Interior

A healty dose of British craftmanship at its best... :off_good_job:

Image

Dashboard terbalut kulit halus berkualitas tinggi... dengan aroma khas yang menghibur hidung ane... very nice...! Dan dengan desain klasik yang tercermin dari airvent nya berpadu apik dengan desain setir modern minimalis dan aksen kayu cantik... bahkan hingga ke door trim yang terlihat begitu mewah dengan balutan kulit dan kayu redwood.

No faux wood panel and plastic please... this is Jaaaaaag... :big_smoking:

Image

Setir nya sendiri cukup besar, dengan logo kucing di tengahnya. Sederhana, tidak berlebihan, dan empuk.

Image

Sementara sebuah jam analog di tengah vent tengah memberikan nuansa... analog... :ungg:

Image

Tapi tentu saja, center console menjadi pusat perhatian. Tidak ada tuas transmisi dari jaman batu, melainkan semua rotator chrome untuk memilih gear. Center dash sendiri dirancang cukup rendah sesuai dengan posisi duduk, dan berisi layar segede gaban, HU, dan konsol AC digital.

Image

Dan tidak ada footbrake atau handbrake, terlalu jelata di Jag. Akhirnya digunakan rem parkir elektrik dengan tuas chrome.

Image

Instrument cluster benar ajib... ane pertama berpikir jika ini analog, begitu cluster di sisi kanan berubah2, ane lgs tersentak... My Cat! Ini high definition LCD panel... full cluster baby! :mky_02:

Image

Its all about chrome in Jaaaaag...

Image


Berpindah ke belakang...

Legroom dewa, kursi mewah dengan aksen kontras putih, dan lantai berlapis beludru halus. Jag is for mahakitteh...

Image

Dan semakin lega dengan panoramic roof segede gaban di atap...

Image

Image

Plus semburan maut AC 4-zone yang individual untuk tiap kursi...

Image

Image

Dan bagasi elektrik powered super luas.

Image


Nah, berhubung XJ adalah mobil untuk para mahakitteh, Jag tidak melupakan meja di belakang kursi depan, yang mendapat begitu banyaknya aksen redwood dan chrome...

Image

Benar2 menyenangkan... dan bonus nya:

Image

Speaker dari Meridian, 380W dengan 14 speaker yang dapat diupgrade hingga 1300W dan 26 speaker Bower&Wilkins untuk para Psychopaths... errr... para Psychoacoustics. :upss:


All in all, nuansa kabin yang sangat mewah, begitu kuat aura gentlemen's club nya yang hanya bisa ditandingi oleh Royces dan Bentleys. Karena Jag adalah kucing dari Inggris...

===================================

Under the Cup!

Sebuah mesin 3000cc V6 plus Supercharger dengan output 340hp dan 450nm di 3500rpm... menjanjikan performa buas di low hingga mid rpm dan bertugas menghelas mobil seberat 2500kg ini.

Image

Image

Dipadukan dengan transmisi ZF 8sp AT dan RWD, XJ benar2 menjadi trah saloon sejati.

===================================

Driving Impression

Segera setelah sang kucing siap untuk ane, sang mahakitteh, ane masuk ke kabin dan duduk di kursi pengemudi...

Ambient yang familiar... ane segera memperhatikan beberapa posisi tombol penting dan memegang setir. Grip bagus dari setir dengan kulit berkualitas baik. Posisi duduk nyaman, kursi menyenangkan, dan pandangan ke luar kabin yang begitu baik. Nyaris tidak ada blind spot.

Injak rem, tarik tuas krom untuk melepas rem parkir elektrik. Putar selector ke mode D dan layar instrument di sisi kanan berubah menjadi tacho meter...

Mobil menggelinding... keluar dari gerbang dan ane belok kiri... untuk kemudian berputar balik ke kanan karena jalan buntu. :big_slap: *warning, GPS and common sense failure imminent*

Respon setir sangat baik, apalagi setelah mengetahui setir masih menggunakan hidrolik. Ane memberikan tekanan pada pedal gas dan mesin mendengkur pelan ke 1700rpm dan dengan lembut, mobil berakselerasi...

Kekedapan kabin luar biasa... sangat baik. Deru ban tidak terlalu terdengar. Ane mengarahkan mobil ke kanan, bersiap2 melewati jembatan dalam kecepatan rendah... sekitar 25-30kpj.

Suspensi dengan begitu baiknya meredam kontur jembatan dan sekali lagi, suara ban begitu senyap. Well done!

A proper saloon...











*bentar, pegimane dengan superchargernya?* :ngacir:








Nah, ane segera membejek pedal gas rata lantai dan dalam sekejap... XJ berubah dari kucing mendengkur menjadi jaguar mengaum... Akhirnya ane sadar mengapa Jag memutuskan XJ harus mendapatkan full LCD monitor untuk instrumen cluster...

Karena hanya dalam satu detik, rpm melesat dari 2000rpm menjadi 5000rpm. Seakan2 jarum tacho melakukan teleport... Dan bersamaan dengan itu, terdengar siulan supercharger "Whiiiiieeeeeeerrrrrr!!!" dan 450nm torsi melesatkan mobil ke depan. Tanpa hentakan, tanpa opera sabun berlebihan... seakan2 dunia yang bergerak mundur, bukan mobil yang bergerak maju...

Wafting like a proper Jag, she does indeed. :big_exellent:

Dari jauh ane melihat beberapa mobil Apanja dengan tulisan "BELAJAR"... aha! Waktunya menganggap mobil itu sebagai cone... :big_grin: ane mengarahkan setir ke arah bokong mobil tsb, langsung mem flick setir ke arah kiri, mobil bergeser ke kiri, dan tekan pedal gas untuk sensasi supercharger... dalam sekejap, kecepatan 120kpj tercapai dan ane harus mengerem karena ada perempatan... Body roll dan sway begitu minim, wind noise benar2 minimum, dan respon rem benar2 sangat baik meski agak agresif... formula yang menyenangkan dan membuat sebuah mobil worthy of next madcat test.

Ane kembali memacu saloon LWB ini melewati 2 cone... errr... 2 mobil kursus mengemudi sebelum ane bertanya ke sales...

"Errr... tombol DSC mana ya?" *masih dalam kecepatan tinggi* :drinking:

Sales segera menekan tombol DSC di sisi kanan bawah selector, bunyi ding sekali, indikator DSC off muncul, dan layar menunjukkan pesan: "Please drive carefully"

Ohohohohoho... :big_grin:

Bro Nyoman segera mengingatkan ane, track hampir habis dan hanya tersisa satu putar balik ke kanan...

Lepas pedal gas, enjin brake, kecepatan turun ke 70kpj, segera banting setir ke kanan dan berikan 100% tenaga via pedal gas...

Bokong segera membuang ke arah kiri, ban belakang kanan berdecit dan berasap... I am doing a goddamned drift on LWB Luxury Saloon on 2.5billion price tag! Dan tentu saja mesin mengaum dengan siulan supercharger yang makin meracuni ane... :mky_02:

Body roll minimum, ane masih menambah kecepatan sementara ban belakang berdecit, slide sebentar, koreksi setir dan mobil segera melesat lurus...

Ane tidak memperhatikan para penumpang belakang yang kelihatannya berantakan setelah manuver itu... :mky_03:


Kemudian bro Nyoman mengusulkan untuk menghitung 0-100kpj. Stopwatch siap, DSC masih OFF *tapi ane ga mw burn out*, selector masih di posisi D alias mode Dumb, lepas pedal rem dan berikan 3/4 tekanan ke pedal gas. Mesin supercharger mengaum sekali lagi, rpm melesat ke 4000 dan ane segera membejek penuh pedal gas...

"Clock! 100!" :big_smoking:
"7.4s ko kucing..."

Very, very impressive. :mky_02:

Dan setelah menghajar tes track jejadian sepanjang 4km, ane menyerahkan mobil ke bro Nyoman dan bro ChZ untuk sesi swinging...

Waktunya menikmati tugas ane sebagai mahakitteh di kabin belakang yang begitu nyaman dan lega... :big_comfort: :big_comfort: :big_comfort:

===================================

Verdict

Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Sebuah reinkarnasi dari generasi XJ sebagai flagship mobil termewah Jaguar yang dimulai dari 1968. X351 meninggalkan bentuk aristokrat X350 dan X358 tetapi membuatnya menjadi pusat perhatian karena kesederhanaan tampilan eksterior nya. Arogansi yang terpancar hilang berganti dengan fleksibilitas dan optimisme dalam generasi baru ini. Tidak heran PM Inggris dan anggota kabinet menggunakan XJ sebagai mobil dinas mereka...

XJ menunjukkan begitu agresifnya desain baru Ian Callum dengan sapuan garis tegas di muncung dan sapuan kurva di belakang mobil dengan desain Cat's Claw di lampu belakang. Aroma modernisme diberikan dengan full LCD dashboard dan sistem elektronik baru sekaligus mempertahankan aristokrasi gentlemen's room dengan sentuhan wood panel dan jam analog dan chrome dimana2...

Sayangnya, Jag masih harus berjuang untuk menepis sejarah kelam masalah reliabilitas nya yang cukup menyedihkan. :ungg:


Pro: :off_good_job:
- Desain cantik luar dalam
- Enjin bertenaga, transmisi cerdas, dan raungan superchargernya bikin ketagihan
- Sistem on dan off nya menyenangkan. Begitu segar rasanya melihat drive selector yang perlahan2 muncul/terbenam.
- Posisi mengemudi nyaman, blindspot minimal, handling baik, suspensi benar2 istimewa...
- Kabin belakang benar2 lega dan nyaman, dengan akses yang mudah
- Mewah
- Mewah
- Driftable

Cons: :off_no:
- Brand Jag yang masih harus berjuang memperbaiki prestasinya
- Power lift gate belakang yang sepertinya hanya dapat di aktifkan via konsol dashboard. Ane ga memperhatikan keyless nya sama sekali.
- Rem terlalu baik hingga agak terlalu agresif
- A bit too much chrome on the interior
- Reliability issue?
- Reliability issue?
- Reliability issue?

==============================

Lucunya, sesaat sebelum menculik XJ, ada sepasang suk2 dan ai yang sedang melihat Evoque dan malu2 melirik XJ... Sementara ane, bro nyoman, dan bro ChZ melesat bagai anak panah tidak tahu malu menuju XJ dan berhasil menculik sang kucing. :ngacir:

Suk2 dan ai tersebut melongo melihat trio kwek2 yang membuat sebuah XJ LWB menggelinding pelan... Dan setelah sesi TD ala SM selesai, XJ tersebut segera di TD oleh mereka...

Hihihi... meski masih muda, tapi trio kwek2 lah yang membuat sebuah XJ bangun dan mengaum hari ini... :big_smoking:

==============================

Terima kasih untuk bro Nyoman dan bro ChZ atas hari yang menyenangkan ini... :mky_02:

Dan mereka mendapatkan bonus, sesi TD Range Rover Evoque PURE

Image


Ane masih menikmati sensasi luar biasa dari sebuah Jag XJ... jadi, ane nongkrong di kursi belakang Evoque dan kebingungan karena tidak ada grab rail nya... :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by detektifkonan »

Berry Berry Nice Ripiu Om Kitteh :mky_02:

Ane sprti merasakan masuk kedalam dunia Ke Sempurnaan JAG :big_blushing:



Enjin Ruar biasa, Interior Mewah ,Feature melimpah Tapi...

Chrome? Why Chrome? :frm_bang_head:

Sht! My eyes! Bagian belakangnya ganyambung :off_no: Apa grill JAG ini termasuk Dono Version? :big_weee:

Saloon sepanjang 5.2 M? :big_chicken: Betapa leganya legroom kursi buat para mafioso :ungg:

Komparasi nya mana om kitteh? :big_smoking:

Will this JAG be The Boring Car? :off_bored:

Om Chz and om Nyoman Ditunggu ripiu evoque nya :upss:
Last edited by detektifkonan on Sun May 25, 2014 12:54, edited 1 time in total.
Sheer Driving Pleasure

Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait

Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah :big_love:
Outlander Sport
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Aug 18, 2012 13:29

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by Outlander Sport »

Halo om dhar
Ayo cari inspirasi modifikasi kendaraan anda disini
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by ricz »

Nice ripiu mod...

Anyway, ini ceritanya kucing menunggangi kucing? :ngacir: :ngacir:
2021 Fortuner VRZ
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by jason28 »

Nice review koh kucing :mky_02:
Baca dulu :ngacir:
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by carl »

Nice review om madcat, XJ pake vacuum door ga om?
Kayanya tuas persnelingnya udah jadi ciri khas JLR ya..
Last edited by carl on Sun May 25, 2014 12:45, edited 1 time in total.
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by Andrian »

Ninggalin jejak dulu baru baca.
Image
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by imingwahyudi »

wowowowowoowowowow Jaaaaaaggggg

Image


Errr, ini bukan lagi ngomongin Alfa Romeo kan? :big_slap:


XJL :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: supeeeerrrbbbb koh Meong :big_grin:

Dapetnya V6 pula :mky_02: hoki ga dapet i4 nya :mky_03: not a proper Jag kalo i4 nya hehehehe


Drifted? :big_chicken: pantes si ai ngomong ke si suksuk,
A:"lau kung, kita bisa ngepot ngepot pake ini, aku ra mau Evoque, yang ada guling kalo dikepot kepot sama ni la"
S:" :big_chicken: *inget masa pacaran sama si ai*" :wkkk:
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by Felixz_Yaris »

nice reviewer nice repiu nice XJL
kucing bawa kucing :upss:
[TYCI 917]
[YKC]
antekakio
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 400
Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
Location: Di atas genteng
Daily Vehicle: CX-5

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by antekakio »

nice review om kucing...

kucing review kucing nih.. :mky_01:

british cat..

om, itu seat belakangnya bisa adjustble ngga? kalau bisa elektrik ngga? macam di s class atau 7 series..? udah ada gps indo blm nih om? yg di range rover blm ada..


masih penasaran kenapa GAD ngga msukin range rover v6 dengn engine yg sama dg jag ini. malah masukinn 4.4 TDV8 atau 5.0 superchrd.. *eh tapi ini bahasanny jadi lain ya*
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by madcat015 »

Outlander Sport wrote:Halo om dhar
Halo bro OS... :mky_01: :mky_01: :mky_01:

detektifkonan wrote:Pertamax baca dulu
:ngacir: :ngacir: :ngacir:


ricz wrote:Nice ripiu mod...

Anyway, ini ceritanya kucing menunggangi kucing? :ngacir: :ngacir:
Errr... antara kucing menunggangi jaguar, atau kucing di dalam perut jaguar... :big_slap:

jason28 wrote:Nice review koh kucing :mky_02:
Baca dulu :ngacir:
Thank you bro jason... :mky_01:

carl wrote:Nice review om madcat, XJ pake vacuum door ga om?
Kayanya tuas persnelingnya udah jadi ciri khas JLR ya..
XJ ga pake Vacuum Door... seperti halnya Royces...

Betul om, "tuas persneling" atau Driver Selectornya uda benar2 jadi ciri khars JLR skr... :mky_02: Cakep!

Andrian wrote:Ninggalin jejak dulu baru baca.
:e-snooty:

imingwahyudi wrote:wowowowowoowowowow Jaaaaaaggggg

Image


Errr, ini bukan lagi ngomongin Alfa Romeo kan? :big_slap:


XJL :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: supeeeerrrbbbb koh Meong :big_grin:

Dapetnya V6 pula :mky_02: hoki ga dapet i4 nya :mky_03: not a proper Jag kalo i4 nya hehehehe


Drifted? :big_chicken: pantes si ai ngomong ke si suksuk,
A:"lau kung, kita bisa ngepot ngepot pake ini, aku ra mau Evoque, yang ada guling kalo dikepot kepot sama ni la"
S:" :big_chicken: *inget masa pacaran sama si ai*" :wkkk:
Nah, gegara dengar "XJ" saat RSVP, ane histeris dua hari...

Jaaaaaaaaag... Jaaaaaaaaagggg... :big_chicken:

Meski uda siap dengan XJ I4, eits, ternyata dapat V6, dan begitu buka Cup! Busyet dah! Double jackpot! Supercharged baby! :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane drift di ujung kok bro mingky... sekitar 2km dari lokasi... :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Felixz_Yaris wrote:nice reviewer nice repiu nice XJL
kucing bawa kucing :upss:
Terima kasih bro wasir... :cupss: :cupss: :cupss:

antekakio wrote:nice review om kucing...

kucing review kucing nih.. :mky_01:

british cat..

om, itu seat belakangnya bisa adjustble ngga? kalau bisa elektrik ngga? macam di s class atau 7 series..? udah ada gps indo blm nih om? yg di range rover blm ada..


masih penasaran kenapa GAD ngga msukin range rover v6 dengn engine yg sama dg jag ini. malah masukinn 4.4 TDV8 atau 5.0 superchrd.. *eh tapi ini bahasanny jadi lain ya*
Halo om antekakio... lama ga keliatan di SM... :mky_02:

Nah, ane ga memperhatikan adjustable nya seat belakang, posisi default nya nyaman bener dan sangat supportive. GPS juga belum coba, karena keterbatasan waktu dan gegara kami sukses ngesot pake XJL, banyak yang nungguin tuh mobil buat digilir... :e-doh:

Rangieeeee... errrr... ane coba nyari korban dulu dah om... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by imingwahyudi »

The luscious sound from those screeching doomed tyres are never been wrong, at least on ai's ears :mky_03:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by madcat015 »

detektifkonan wrote:Berry Berry Nice Ripiu Om Kitteh :mky_02:

Ane sprti merasakan masuk kedalam dunia Ke Sempurnaan JAG :big_blushing:



Enjin Ruar biasa, Interior Mewah ,Feature melimpah Tapi...

Chrome? Why Chrome? :frm_bang_head:

Sht! My eyes! Bagian belakangnya ganyambung :off_no: Apa grill JAG ini termasuk Dono Version? :big_weee:

Saloon sepanjang 5.2 M? :big_chicken: Betapa leganya legroom kursi buat para mafioso :ungg:

Komparasi nya mana om kitteh? :big_smoking:

Will this JAG be The Boring Car? :off_bored:

Om Chz and om Nyoman Ditunggu ripiu evoque nya :upss:
Makasih bro... :mky_01:

Memang urusan krom ini agak berlebihan... di eksterior pas... ga terlalu banyak. tetapi sampai bocor ke interior itu yg kurang pantas. :ungg:


Hmmm... menurut ane. bokong nya cakep abisssssss... apalg tarikan tiga garis di dalam brake lamp nya. Cat's Claw design iz good... :big_smoking:


Nah, komparasi nya ribet... ane butuh W222 Sonderklasse, 7-serie, dan Audi A8. Ane harus ngubek di mana ya? :ungg:

@mingky: handbrake turns and a well executed drift always wins a girl's undivided affection... :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by WongZo »

Nice review om cat :big_exellent: , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport :big_slap: :big_slap: , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver :frm_bang_head: .
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by maastricht889 »

Nice review koh kucing :big_exellent:
What a beautiful British car!! :off_good_job:

Nambahin kekosongan info, bannya pake Dunlop SP Sport Maxx ko :mrgreen:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by artoodetoo »

Medket memang pandai mendongeng ya, rasanya seperti sungguhan lho :upss:

:ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by ChZ »

nice ripiu mod kitteh... :mky_03:

this jaggy gives me nuts..... what an awesomeeeeee car..... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

It's truly a work of art.... material berkualitas khas mobil Inggris.... British Craftsmanship.... ane norak di dalemnya karena nggak pernah naik mobil sekelas ini....

betul kata bro Nyoman, ketika kita lihat S-Klasse... ya udah gitu doang... it's a proper saloon indeed. tapi ketika kita lihat XJ,.... seakan ada "Setan" yang berbisik dari belakang "ayolah dicoba...." :mky_03:

OK, a little impression from me

As the passenger
Mahakitteh yang pertama nyetir, dengan bro Nyoman di depan, ane duduk di belakang. Hmm... legroom dewa. saking dewanya legroom dan saking rileksnya kabin belakang, ane sampe bilang "ini kalo majikannya pendek susah mau ngejawil supirnya" :upss:

highly detailed luxuries, no play-play. Nggak ada cheapy chrome atau faux wood panel disini. Chrome nya benar-benar chrome, bukan plastik dikrom.
no cheap plastics also. dan yang ane notice, sooooo mucho tulisan JAGUAR dan logo JAGUAR meskipun cuma di kabin.... :mky_03:

Luxury details at its best. makanya mod kucing bilang this is not Brits engineering, this is Brits craftsmanship.

Mahakitteh menjalankan mobil, ane masih menikmati sambil mengabadikan beberapa detail di Mobil 2,5 eM-ber ini.... sangat nikmat duduk di belakang, bahkan ane masih bisa fokus megang kamera waktu mobil berjalan. Suspensi serasa mengikuti kontur jalan... this is perrfektooo....

Waktu mahakitteh bicara "DSC OFF ada nggak yah" hmm.. ane menebak akan terjadi sesuatu.... dan benar, waktu putarbalik, slideeeeee....... ane langsung menindih salesperson di sebelah ane.... CRAZY! THIS CAR CAN DRIFT! :big_slap:

selesai round pertama, mahakitteh balik ke "markas". round kedua oleh ane dan bro Nyoman.

As the Driver.
Selesai bro Nyoman ngebawa Jag ini, giliran ane.... :mky_03: mahakitteh sudah bersabda

"ente jangan coba manuver berbahaya pake mobil ini.... bring it like proper Jag"

sepertinya mahakitteh sudah membaca pikiran ane.... :ungg: ya sudah... ane jalankan. gear selector menyenangkan, tinggal diputar-putar. adjust posisi duduk dengan Eseat, yang sangat sunyi.... berbeda dengan ESeat di CR-V RE yang ribut bener "ngeeeeek...ngooookkk" (ya iyalah, Jag nya aja dapet 6 biji RE ane waktu baru :big_slap: )

jalan santai... hmm... menyenangkan.... dibawa rileks masih nyaman, not jerky at all. dan ane jalankan 60 km/h pun nggak berasa 60 km/h... seperti cruising di 30 km/h.... sangat kedap dan sangat senyap.... :big_slap:

okay, ketemu lurusan, ane langsung flat-out..... WOOOHOOOOOO!!!!! THIS JAGUAR REALLY CAN RUN!!!! tau-tau udah 120 km/h.... :big_slap: seperti yang bro Nyoman bilang, kalo agak pagian dan lebih sepi lagi, 200 km/h dapet. tapi sudahlah.... what's the point.... :upss: not every car can run like this. handling pun sangat menyenangkan, nggak seperti bawa speedboat. padahal mobil ini sangat panjang :big_slap: . seperti bawa sedan sport. gila! this is MadJag.... dan gila nya, dibawa kebut pun nggak serem... masih halus dan tidak mengobrak-abrik penumpang belakang... hmmm....

beda dengan Camry... kalau Camry seakan kita di"jambak".... kalau Jag seakan mobilnya diem, jalannya yang gerak.... :ungg:

plus, radius putar yang kecil untuk saloon sepanjang ini....

dan sesi TD selesai, kita balik ke markas.... ane mencoba mundur, langsung kaget "wheee... panjang amat mobil ini :big_chicken: "

back to Jaggy's home... ngeliat XF di display, dan dapat brosur Jag! :big_grin: lumayan, nggak punya mobilnya, punya brosurnya. karena brosurnya ini nggak semua orang bisa dapet secara gratis-tis-tis... :big_grin: ditaroh di bawah bantal biar kebawa ngimpi :upss:

ketika ane ngomentarin XF di display... ane bilang ke bro Nyoman
"compared to XF, Camry kemaren berasa sampah."
"ya iya, masa ente bandingin sama Jag 1,3M" :big_slap:

dan dengan bodohnya ane ngebuka outlet AC XF secara manual dgn tangan ane sendiri... pardon me, Jag... :ungg:

crazy... crazy indeed.... my dream car is no longer Germans... my dream car now is just a Jaaaaaaaaaaaaggggggggg.....

berasa seperti trio TopGear tadi... yang berhasil ngeluarin XJ ini bukan orang tua.... tapi 3 orang petrolheads.... dan dibawa kebut... while the others drive it slowly and smooth...

who else drifts a Jaguar? XJ pulak! :upss:

beberapa foto dari kamera butut ane, how lucky i am! :cupss:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Awesome car! Beautiful car! :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by axala »

:big_chicken:

Wonderful...beerrry wonderba

Ganyadar kalo sebuah English craftmanship bisa digunakan seperti itu...tapi :ungg: reliability nya....mematikan

entahlah ane gabisa berkata2 lagi...ane pernah masuk ke XJ..lalu masuk ke W221..XJ terasa lebih grandest n aristokratik

ampe ane ngeliat W222..semoga bisa ane bandingin interior keduanya someday :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by madcat015 »

WongZo wrote:Nice review om cat :big_exellent: , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport :big_slap: :big_slap: , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver :frm_bang_head: .
Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury? :big_think:

*ngibrit...* :ngacir: :ngacir: :ngacir:


erwinign wrote:Nice review koh kucing :big_exellent:
What a beautiful British car!! :off_good_job:

Nambahin kekosongan info, bannya pake Dunlop SP Sport Maxx ko :mrgreen:
Terima kasih atas informasi nya bro erwinign... ane benar2 lupa untuk ngeliat ban... :big_slap:

Yes, she is very beautiful indeed... :cupss: :cupss: :cupss:


artoodetoo wrote:Medket memang pandai mendongeng ya, rasanya seperti sungguhan lho :upss:

:ngacir:
Errrr... mungkin ane bisa mendeskripsikan pengalaman ane, om droid... :mky_01:



@bro ChZ: Stunning photography as usual bro ChZ... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Lucunya, tadi bro Nyoman uda siap2 saat ane nanya DSC... jadi dia uda siap untuk aksi ala SM... andai dia bawa go-pro nya... asoy dah! Bisa masuk yutub... :big_biglaugh:

axala wrote::big_chicken:

Wonderful...beerrry wonderba

Ganyadar kalo sebuah English craftmanship bisa digunakan seperti itu...tapi :ungg: reliability nya....mematikan

entahlah ane gabisa berkata2 lagi...ane pernah masuk ke XJ..lalu masuk ke W221..XJ terasa lebih grandest n aristokratik

ampe ane ngeliat W222..semoga bisa ane bandingin interior keduanya someday :mky_03:
Ane belum ngubek W222, tapi memang sejatinya Brit vs Jerrys pasti berbeda. Craftmanship vs Engineering... :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by WongZo »

madcat015 wrote:
WongZo wrote:Nice review om cat :big_exellent: , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport :big_slap: :big_slap: , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver :frm_bang_head: .
Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury? :big_think:

*ngibrit...* :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ane liat orangenya, ama grillnya sekilas :frm_bang_head:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by madcat015 »

WongZo wrote:
madcat015 wrote:
WongZo wrote:Nice review om cat :big_exellent: , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport :big_slap: :big_slap: , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver :frm_bang_head: .
Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury? :big_think:

*ngibrit...* :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ane liat orangenya, ama grillnya sekilas :frm_bang_head:
Jiakakakakaa... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
unthul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jan 02, 2014 3:11
Location: semarang

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by unthul »

another super review dari om mahakitteh.. :mky_02:
serasa saya yang jelata ini ikut duduk manis di dalamnya.. :big_slap:
brondok di pojokan kucingan,ngeces [mode on]..
eling..dan bersyukur..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by ChZ »

madcat015 wrote:
Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury? :big_think:

*ngibrit...* :ngacir: :ngacir: :ngacir:
dan raungan enjin yang nggak beda dengan M15A SX-4 :ngacir: hanya lebih powahhhhful :upss:

bukan berarti buruk... sama sekali nggak buruk... namanya juga inline-4 :mky_01:

madcat015 wrote: @bro ChZ: Stunning photography as usual bro ChZ... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Lucunya, tadi bro Nyoman uda siap2 saat ane nanya DSC... jadi dia uda siap untuk aksi ala SM... andai dia bawa go-pro nya... asoy dah! Bisa masuk yutub... :big_biglaugh:
thankyou mod :mky_01: it should be like that... kalo ane asal-asalan ambil angle bisa-bisa dibanzai para pecinta Jag di luar sana :big_slap:

ane masih mengamati detail dan ngefoto, tiba-tiba "whuuuuuutttt" *gedubrak*
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by WongZo »

ChZ wrote:
madcat015 wrote: @bro ChZ: Stunning photography as usual bro ChZ... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Lucunya, tadi bro Nyoman uda siap2 saat ane nanya DSC... jadi dia uda siap untuk aksi ala SM... andai dia bawa go-pro nya... asoy dah! Bisa masuk yutub... :big_biglaugh:
thankyou mod :mky_01: it should be like that... kalo ane asal-asalan ambil angle bisa-bisa dibanzai para pecinta Jag di luar sana :big_slap:

ane masih mengamati detail dan ngefoto, tiba-tiba "whuuuuuutttt" *gedubrak*
Gpp lah klw gedubrak kan ente dapet brosur lgi karena dsruh beli mobilnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: . :big_peace:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013

Post by NYoman »

Ini adalah salah satu British Craftmanship terbaik yang pernah saya coba.. British Craftmanship pertama yg saya coba adalah S -Type yang you all know it's very boring car! Bentuk grill S-Type seperti jaman renaissance, sangat ketinggalan jaman dan kesan horror terlihat.
Setelah sekian lama, akhirnya desain kucing loncat yang menghiasi kap mesin di hilangkan dan berubah menjadi sebuah lambang wajah seekor jaguar, nice! Grill juga terlihat sangat baik, sudah berubah total dari Jaguar seri2 lama.

Masuk kedalam kabin yang pertama di lihat adalah material apa saja yang di gunakan dan semuanya adalah softpad, woodpanel yang cantik dan banyak chrome di bagian lubang ventilasi AC (it's chrome not plastic with chrome!)
Nyalakan mesin, suara tak terdengar, dari luar pun sangat sunyi saya sempat was-was dengan mesin nya karena sangat halus dan nyaris tak terdengar. Saya terakhir mencoba E class mesin V6 nya terasa cukup berisik.

Dari luar mobil ini sangat menggoda untuk di coba, bukan sekedar dilihat dan tinggal seperti kita lihat S class.. Tarikan garis sangat cantik, menbentuk satu kesatuan bentuk yang sangat baik. Desain eksterior ini berubah 180 derajat dari desain mobil-mobil Jaguar sebelumnya.

Mod kucing mencoba untuk melaju, ternyata kita salah jalur karena jalur di tutup terpaksa putar balik, nah ini yang di takutkan. Radius putar sebuah mobil dengan LWB sangat horror, tapi untuk kali ini radius putarnya sangat minim, dan ingat mobil ini mobil berat. Saat di coba pertama oleh mod kucing sangat nyaman sampai pada sebuah jalanan lurus yang kalau dihitung di strava sekitar 1.5km ujung ke ujung "we must unleash this engine here! Put the right foot hard down, mesin meraung indah dipadu suara supercharger yang membuat telinga menjadi awas untuk selalu mendengar suara ini terus menerus. sekitar 100m sebelum track habis mod kucing bertanya dimana saya bisa mematikan fungsi DSC, pikiran sudah tidak enak, i fasten my sealtbelt dan benar mod kucing mau sliding dengan mobil panjang ini karena sudah bersiap dan memang sudah terbiasa dengan "di lempar kesamping" saya bisa menjaga supaya badan tidak bergerak kemana2, berbeda dengan bro chris yang terlempar ke samping menimpa si sales.. Hehe
Ok, try to find how fast 0-100km/h with 4 people in car, 7.4sec! Nice for big car!

Setelah kembali ke tempat awal, saya mencoba mobil ini pada S mode alias mode manual with flappy pedal shift, dan perpindahan gir cepat, responsif dan yang membuat seru adalah terus dan terus memacu ke redline membuat anda ketagihan karena suara mesin nya sangat indah! Oh iya Jag masih mempertahankan hydraulic power steering pada mobil ini dan saya betul2 suka dengan feedback yang dihasilkan..
Audio sangat mumpuni, 380W 14 speaker from Meridian Audio, suara berputar di sekeliling dan terasa seimbang di semua sisi.. Tetapi tempat terbaik untuk merasakan audio adalah di sisi penumpang belakang..

Setelah selesai pada Jaguar, kita ditawarkan untuk mencoba evoque, boleh deh saya mau coba.. Saya tidka memberikan review pada evoque karena evoque sudah pernah di review sebelumnya jadi TD untuk evoque ini sebetulnya menurut saya adalah bonus setelah mencoba Jag, mobil pertama yang saya coba dan benar2 di abuse habis padahal kalau di ingat2 harga mobil ini mencapai 2.5 milyar dan itu seharga S350 siapa yang mau? Sepertinya dari semua yang test drive hanya kami bertiga yang membawa mobil ini "to the limit" bahkan sliding dengan sedan sebesar ini adalah hal bodoh bila dilihat orang lain, tetapi menurut kami ini sangat luar biasa, kickdown sangat cepat dan respons gas yang tersalur ke roda belakang membuat mobil oversteer, indah!
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)