Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Meowww... ehem... uhuk...!
Halauuuwww para silent readers, kamen riders, member, momod, dan piyikz SM...
Perkenalkan nubie untuk kembali meripiu sebuah mobil setelah... cukup lama bertapa...
Kali ini, ane menyentuh sebuah mobil Inggris setelah bertahun2 mencerca kucing... errr... mobil Inggris ini akibat reliabilitas yang ga lebih baik dari tusuk gigi.
===========================
Seminggu kemaren benar2 minggu yang menyebalkan bagi ane karena harus bolak balik ngurus dokumen ke salah satu developer terbesar di Surabaya Timur... Dan tepat di hari terakhir kerja mereka, hari jumat, tiba2 ane dapat undangan.
"koko kucing, ada undangan dari kami, mohon datang ya..."
Begitu membuka undangannya... ane bengong... dan otomatis lgs melakukan RSVP ke nonik...
M: "Halo, ini kucing, saya RSVP untuk event hari minggu ya"
P: "Silahkan ko, kebetulan kita ada acara TD juga"
M: *pura2 bego* "Oh ya?"
P: "Iya ko, ada Range Rover Evoque dan Jaguar XF"
M: *pura2 tidak tertarik* "Evoque... dan Jaguar XF?"
P: "Iya ko, yang XF display"
M: *pura2 bingung* "Owh, display aja ya?"
P: "Ada unit TD nya, XJ-......" *pause* "R"
M: "I am in!"
Gegara nonton National Geographic, ane penasaran dengan Jaguar XJ... dan alih2 Jaguar XF, malah ditawarkan sebuah XJ... waow.
Kita lihat saja...
Akhirnya setelah penasaran dan penderitaan dua hari karena penasaran, bro ChZ dan bro Nyoman datang sesuai jadwal, mereka segera carpooling, masuk ke kapal, dan melesat ke perumahan elit di Surabaya Timur...
Dan... ada sesi jogging. Begitu melihat sebuah R3 putih GX di sisi kiri mobil yang zig zag mengebut bagai touring racer jejadian, ane segera meratakan pedal gas, enjin L3-VE meraung, dan dalam sekejap, R3 orisinil itu tertinggal jauh dan menjadi noktah kecil di spion...
Siapa bilang barang orisinil itu bagus?
Anyway, setelah tiba di lokasi dan parkir, dari jauh ane melihat... Ow yeah, the rite car... dan ada emblem di side gill nya... Ane langsung berpikir "hmmm... ini V enjin!"
Sebelum memastikan mobil tersebut, ane dan gerombolan melihat2 rumah contoh dulu, ngobrol bentar, dan 5 menit kemudian sudah nongkrong di pelataran...
Confirm, ada sebuah Range Rover Evoque PURE...
And behold you mere miserable mortals...
Sebuah Jaguar XJ LWB 3.0 Supercharger 2013
Oh my cat, this is like my wettest dream comes true...!
==============================
Eksterior
Jujur, ane terpana dengan siluetnya... Majestic! Sebuah Luxury Saloon sepanjang 5,2m+ dengan wheelbase nyaris 3,2m... A proper Saloon it must be...
Muncung agresif dengan gril model baru, muncung panjang, bonnet berotot dan bahu lebar... Cantik sekali... bagaikan kucing siap menerkam ikan asin nganggur!
Aksen headlamp XJ yang iconic sudah diadopsi oleh XF yang baru, memberikan level baru dari krisis identitas di antara para kucing...
Dan tentu saja, di tengah gril tersemat lambang kebanggaan para kucing...
Siluet samping memberikan kesan mobil coupe... dan emblem Jaguar...
... dengan busur atap yang meluncur ke belakang dengan begitu cantik nya.
... dan tersambung ke bokong nya yang sederhana... tetapi sangat karismatik...
Dan tentu saja, twin tail pipes yang mampu mengintimidasi saloon lainnya...
Penampilan kucing ini juga terbantu dengan ban berukuran besar...
Yang ane lupa liat tipe dan ukuran nya...
Nah, lampu belakang XJ ini yang jadi perhatian ane. Dengan 3 bilah LED memanjang bagaikan cakar kucing, desain ini disebut dengan Cat's Claw oleh perancangnya, Ian Callum.
Dan logo kucing ngibrit... untuk menegaskan ini XJ baru...
XJ reborn!
===============================
Interior
A healty dose of British craftmanship at its best...
Dashboard terbalut kulit halus berkualitas tinggi... dengan aroma khas yang menghibur hidung ane... very nice...! Dan dengan desain klasik yang tercermin dari airvent nya berpadu apik dengan desain setir modern minimalis dan aksen kayu cantik... bahkan hingga ke door trim yang terlihat begitu mewah dengan balutan kulit dan kayu redwood.
No faux wood panel and plastic please... this is Jaaaaaag...
Setir nya sendiri cukup besar, dengan logo kucing di tengahnya. Sederhana, tidak berlebihan, dan empuk.
Sementara sebuah jam analog di tengah vent tengah memberikan nuansa... analog...
Tapi tentu saja, center console menjadi pusat perhatian. Tidak ada tuas transmisi dari jaman batu, melainkan semua rotator chrome untuk memilih gear. Center dash sendiri dirancang cukup rendah sesuai dengan posisi duduk, dan berisi layar segede gaban, HU, dan konsol AC digital.
Dan tidak ada footbrake atau handbrake, terlalu jelata di Jag. Akhirnya digunakan rem parkir elektrik dengan tuas chrome.
Instrument cluster benar ajib... ane pertama berpikir jika ini analog, begitu cluster di sisi kanan berubah2, ane lgs tersentak... My Cat! Ini high definition LCD panel... full cluster baby!
Its all about chrome in Jaaaaag...
Berpindah ke belakang...
Legroom dewa, kursi mewah dengan aksen kontras putih, dan lantai berlapis beludru halus. Jag is for mahakitteh...
Dan semakin lega dengan panoramic roof segede gaban di atap...
Plus semburan maut AC 4-zone yang individual untuk tiap kursi...
Dan bagasi elektrik powered super luas.
Nah, berhubung XJ adalah mobil untuk para mahakitteh, Jag tidak melupakan meja di belakang kursi depan, yang mendapat begitu banyaknya aksen redwood dan chrome...
Benar2 menyenangkan... dan bonus nya:
Speaker dari Meridian, 380W dengan 14 speaker yang dapat diupgrade hingga 1300W dan 26 speaker Bower&Wilkins untuk para Psychopaths... errr... para Psychoacoustics.
All in all, nuansa kabin yang sangat mewah, begitu kuat aura gentlemen's club nya yang hanya bisa ditandingi oleh Royces dan Bentleys. Karena Jag adalah kucing dari Inggris...
===================================
Under the Cup!
Sebuah mesin 3000cc V6 plus Supercharger dengan output 340hp dan 450nm di 3500rpm... menjanjikan performa buas di low hingga mid rpm dan bertugas menghelas mobil seberat 2500kg ini.
Dipadukan dengan transmisi ZF 8sp AT dan RWD, XJ benar2 menjadi trah saloon sejati.
===================================
Driving Impression
Segera setelah sang kucing siap untuk ane, sang mahakitteh, ane masuk ke kabin dan duduk di kursi pengemudi...
Ambient yang familiar... ane segera memperhatikan beberapa posisi tombol penting dan memegang setir. Grip bagus dari setir dengan kulit berkualitas baik. Posisi duduk nyaman, kursi menyenangkan, dan pandangan ke luar kabin yang begitu baik. Nyaris tidak ada blind spot.
Injak rem, tarik tuas krom untuk melepas rem parkir elektrik. Putar selector ke mode D dan layar instrument di sisi kanan berubah menjadi tacho meter...
Mobil menggelinding... keluar dari gerbang dan ane belok kiri... untuk kemudian berputar balik ke kanan karena jalan buntu. *warning, GPS and common sense failure imminent*
Respon setir sangat baik, apalagi setelah mengetahui setir masih menggunakan hidrolik. Ane memberikan tekanan pada pedal gas dan mesin mendengkur pelan ke 1700rpm dan dengan lembut, mobil berakselerasi...
Kekedapan kabin luar biasa... sangat baik. Deru ban tidak terlalu terdengar. Ane mengarahkan mobil ke kanan, bersiap2 melewati jembatan dalam kecepatan rendah... sekitar 25-30kpj.
Suspensi dengan begitu baiknya meredam kontur jembatan dan sekali lagi, suara ban begitu senyap. Well done!
A proper saloon...
*bentar, pegimane dengan superchargernya?*
Nah, ane segera membejek pedal gas rata lantai dan dalam sekejap... XJ berubah dari kucing mendengkur menjadi jaguar mengaum... Akhirnya ane sadar mengapa Jag memutuskan XJ harus mendapatkan full LCD monitor untuk instrumen cluster...
Karena hanya dalam satu detik, rpm melesat dari 2000rpm menjadi 5000rpm. Seakan2 jarum tacho melakukan teleport... Dan bersamaan dengan itu, terdengar siulan supercharger "Whiiiiieeeeeeerrrrrr!!!" dan 450nm torsi melesatkan mobil ke depan. Tanpa hentakan, tanpa opera sabun berlebihan... seakan2 dunia yang bergerak mundur, bukan mobil yang bergerak maju...
Wafting like a proper Jag, she does indeed.
Dari jauh ane melihat beberapa mobil Apanja dengan tulisan "BELAJAR"... aha! Waktunya menganggap mobil itu sebagai cone... ane mengarahkan setir ke arah bokong mobil tsb, langsung mem flick setir ke arah kiri, mobil bergeser ke kiri, dan tekan pedal gas untuk sensasi supercharger... dalam sekejap, kecepatan 120kpj tercapai dan ane harus mengerem karena ada perempatan... Body roll dan sway begitu minim, wind noise benar2 minimum, dan respon rem benar2 sangat baik meski agak agresif... formula yang menyenangkan dan membuat sebuah mobil worthy of next madcat test.
Ane kembali memacu saloon LWB ini melewati 2 cone... errr... 2 mobil kursus mengemudi sebelum ane bertanya ke sales...
"Errr... tombol DSC mana ya?" *masih dalam kecepatan tinggi*
Sales segera menekan tombol DSC di sisi kanan bawah selector, bunyi ding sekali, indikator DSC off muncul, dan layar menunjukkan pesan: "Please drive carefully"
Ohohohohoho...
Bro Nyoman segera mengingatkan ane, track hampir habis dan hanya tersisa satu putar balik ke kanan...
Lepas pedal gas, enjin brake, kecepatan turun ke 70kpj, segera banting setir ke kanan dan berikan 100% tenaga via pedal gas...
Bokong segera membuang ke arah kiri, ban belakang kanan berdecit dan berasap... I am doing a goddamned drift on LWB Luxury Saloon on 2.5billion price tag! Dan tentu saja mesin mengaum dengan siulan supercharger yang makin meracuni ane...
Body roll minimum, ane masih menambah kecepatan sementara ban belakang berdecit, slide sebentar, koreksi setir dan mobil segera melesat lurus...
Ane tidak memperhatikan para penumpang belakang yang kelihatannya berantakan setelah manuver itu...
Kemudian bro Nyoman mengusulkan untuk menghitung 0-100kpj. Stopwatch siap, DSC masih OFF *tapi ane ga mw burn out*, selector masih di posisi D alias mode Dumb, lepas pedal rem dan berikan 3/4 tekanan ke pedal gas. Mesin supercharger mengaum sekali lagi, rpm melesat ke 4000 dan ane segera membejek penuh pedal gas...
"Clock! 100!"
"7.4s ko kucing..."
Very, very impressive.
Dan setelah menghajar tes track jejadian sepanjang 4km, ane menyerahkan mobil ke bro Nyoman dan bro ChZ untuk sesi swinging...
Waktunya menikmati tugas ane sebagai mahakitteh di kabin belakang yang begitu nyaman dan lega...
===================================
Verdict
Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Sebuah reinkarnasi dari generasi XJ sebagai flagship mobil termewah Jaguar yang dimulai dari 1968. X351 meninggalkan bentuk aristokrat X350 dan X358 tetapi membuatnya menjadi pusat perhatian karena kesederhanaan tampilan eksterior nya. Arogansi yang terpancar hilang berganti dengan fleksibilitas dan optimisme dalam generasi baru ini. Tidak heran PM Inggris dan anggota kabinet menggunakan XJ sebagai mobil dinas mereka...
XJ menunjukkan begitu agresifnya desain baru Ian Callum dengan sapuan garis tegas di muncung dan sapuan kurva di belakang mobil dengan desain Cat's Claw di lampu belakang. Aroma modernisme diberikan dengan full LCD dashboard dan sistem elektronik baru sekaligus mempertahankan aristokrasi gentlemen's room dengan sentuhan wood panel dan jam analog dan chrome dimana2...
Sayangnya, Jag masih harus berjuang untuk menepis sejarah kelam masalah reliabilitas nya yang cukup menyedihkan.
Pro:
- Desain cantik luar dalam
- Enjin bertenaga, transmisi cerdas, dan raungan superchargernya bikin ketagihan
- Sistem on dan off nya menyenangkan. Begitu segar rasanya melihat drive selector yang perlahan2 muncul/terbenam.
- Posisi mengemudi nyaman, blindspot minimal, handling baik, suspensi benar2 istimewa...
- Kabin belakang benar2 lega dan nyaman, dengan akses yang mudah
- Mewah
- Mewah
- Driftable
Cons:
- Brand Jag yang masih harus berjuang memperbaiki prestasinya
- Power lift gate belakang yang sepertinya hanya dapat di aktifkan via konsol dashboard. Ane ga memperhatikan keyless nya sama sekali.
- Rem terlalu baik hingga agak terlalu agresif
- A bit too much chrome on the interior
- Reliability issue?
- Reliability issue?
- Reliability issue?
==============================
Lucunya, sesaat sebelum menculik XJ, ada sepasang suk2 dan ai yang sedang melihat Evoque dan malu2 melirik XJ... Sementara ane, bro nyoman, dan bro ChZ melesat bagai anak panah tidak tahu malu menuju XJ dan berhasil menculik sang kucing.
Suk2 dan ai tersebut melongo melihat trio kwek2 yang membuat sebuah XJ LWB menggelinding pelan... Dan setelah sesi TD ala SM selesai, XJ tersebut segera di TD oleh mereka...
Hihihi... meski masih muda, tapi trio kwek2 lah yang membuat sebuah XJ bangun dan mengaum hari ini...
==============================
Terima kasih untuk bro Nyoman dan bro ChZ atas hari yang menyenangkan ini...
Dan mereka mendapatkan bonus, sesi TD Range Rover Evoque PURE
Ane masih menikmati sensasi luar biasa dari sebuah Jag XJ... jadi, ane nongkrong di kursi belakang Evoque dan kebingungan karena tidak ada grab rail nya...
Halauuuwww para silent readers, kamen riders, member, momod, dan piyikz SM...
Perkenalkan nubie untuk kembali meripiu sebuah mobil setelah... cukup lama bertapa...
Kali ini, ane menyentuh sebuah mobil Inggris setelah bertahun2 mencerca kucing... errr... mobil Inggris ini akibat reliabilitas yang ga lebih baik dari tusuk gigi.
===========================
Seminggu kemaren benar2 minggu yang menyebalkan bagi ane karena harus bolak balik ngurus dokumen ke salah satu developer terbesar di Surabaya Timur... Dan tepat di hari terakhir kerja mereka, hari jumat, tiba2 ane dapat undangan.
"koko kucing, ada undangan dari kami, mohon datang ya..."
Begitu membuka undangannya... ane bengong... dan otomatis lgs melakukan RSVP ke nonik...
M: "Halo, ini kucing, saya RSVP untuk event hari minggu ya"
P: "Silahkan ko, kebetulan kita ada acara TD juga"
M: *pura2 bego* "Oh ya?"
P: "Iya ko, ada Range Rover Evoque dan Jaguar XF"
M: *pura2 tidak tertarik* "Evoque... dan Jaguar XF?"
P: "Iya ko, yang XF display"
M: *pura2 bingung* "Owh, display aja ya?"
P: "Ada unit TD nya, XJ-......" *pause* "R"
M: "I am in!"
Gegara nonton National Geographic, ane penasaran dengan Jaguar XJ... dan alih2 Jaguar XF, malah ditawarkan sebuah XJ... waow.
Kita lihat saja...
Akhirnya setelah penasaran dan penderitaan dua hari karena penasaran, bro ChZ dan bro Nyoman datang sesuai jadwal, mereka segera carpooling, masuk ke kapal, dan melesat ke perumahan elit di Surabaya Timur...
Dan... ada sesi jogging. Begitu melihat sebuah R3 putih GX di sisi kiri mobil yang zig zag mengebut bagai touring racer jejadian, ane segera meratakan pedal gas, enjin L3-VE meraung, dan dalam sekejap, R3 orisinil itu tertinggal jauh dan menjadi noktah kecil di spion...
Siapa bilang barang orisinil itu bagus?
Anyway, setelah tiba di lokasi dan parkir, dari jauh ane melihat... Ow yeah, the rite car... dan ada emblem di side gill nya... Ane langsung berpikir "hmmm... ini V enjin!"
Sebelum memastikan mobil tersebut, ane dan gerombolan melihat2 rumah contoh dulu, ngobrol bentar, dan 5 menit kemudian sudah nongkrong di pelataran...
Confirm, ada sebuah Range Rover Evoque PURE...
And behold you mere miserable mortals...
Sebuah Jaguar XJ LWB 3.0 Supercharger 2013
Oh my cat, this is like my wettest dream comes true...!
==============================
Eksterior
Jujur, ane terpana dengan siluetnya... Majestic! Sebuah Luxury Saloon sepanjang 5,2m+ dengan wheelbase nyaris 3,2m... A proper Saloon it must be...
Muncung agresif dengan gril model baru, muncung panjang, bonnet berotot dan bahu lebar... Cantik sekali... bagaikan kucing siap menerkam ikan asin nganggur!
Aksen headlamp XJ yang iconic sudah diadopsi oleh XF yang baru, memberikan level baru dari krisis identitas di antara para kucing...
Dan tentu saja, di tengah gril tersemat lambang kebanggaan para kucing...
Siluet samping memberikan kesan mobil coupe... dan emblem Jaguar...
... dengan busur atap yang meluncur ke belakang dengan begitu cantik nya.
... dan tersambung ke bokong nya yang sederhana... tetapi sangat karismatik...
Dan tentu saja, twin tail pipes yang mampu mengintimidasi saloon lainnya...
Penampilan kucing ini juga terbantu dengan ban berukuran besar...
Yang ane lupa liat tipe dan ukuran nya...
Nah, lampu belakang XJ ini yang jadi perhatian ane. Dengan 3 bilah LED memanjang bagaikan cakar kucing, desain ini disebut dengan Cat's Claw oleh perancangnya, Ian Callum.
Dan logo kucing ngibrit... untuk menegaskan ini XJ baru...
XJ reborn!
===============================
Interior
A healty dose of British craftmanship at its best...
Dashboard terbalut kulit halus berkualitas tinggi... dengan aroma khas yang menghibur hidung ane... very nice...! Dan dengan desain klasik yang tercermin dari airvent nya berpadu apik dengan desain setir modern minimalis dan aksen kayu cantik... bahkan hingga ke door trim yang terlihat begitu mewah dengan balutan kulit dan kayu redwood.
No faux wood panel and plastic please... this is Jaaaaaag...
Setir nya sendiri cukup besar, dengan logo kucing di tengahnya. Sederhana, tidak berlebihan, dan empuk.
Sementara sebuah jam analog di tengah vent tengah memberikan nuansa... analog...
Tapi tentu saja, center console menjadi pusat perhatian. Tidak ada tuas transmisi dari jaman batu, melainkan semua rotator chrome untuk memilih gear. Center dash sendiri dirancang cukup rendah sesuai dengan posisi duduk, dan berisi layar segede gaban, HU, dan konsol AC digital.
Dan tidak ada footbrake atau handbrake, terlalu jelata di Jag. Akhirnya digunakan rem parkir elektrik dengan tuas chrome.
Instrument cluster benar ajib... ane pertama berpikir jika ini analog, begitu cluster di sisi kanan berubah2, ane lgs tersentak... My Cat! Ini high definition LCD panel... full cluster baby!
Its all about chrome in Jaaaaag...
Berpindah ke belakang...
Legroom dewa, kursi mewah dengan aksen kontras putih, dan lantai berlapis beludru halus. Jag is for mahakitteh...
Dan semakin lega dengan panoramic roof segede gaban di atap...
Plus semburan maut AC 4-zone yang individual untuk tiap kursi...
Dan bagasi elektrik powered super luas.
Nah, berhubung XJ adalah mobil untuk para mahakitteh, Jag tidak melupakan meja di belakang kursi depan, yang mendapat begitu banyaknya aksen redwood dan chrome...
Benar2 menyenangkan... dan bonus nya:
Speaker dari Meridian, 380W dengan 14 speaker yang dapat diupgrade hingga 1300W dan 26 speaker Bower&Wilkins untuk para Psychopaths... errr... para Psychoacoustics.
All in all, nuansa kabin yang sangat mewah, begitu kuat aura gentlemen's club nya yang hanya bisa ditandingi oleh Royces dan Bentleys. Karena Jag adalah kucing dari Inggris...
===================================
Under the Cup!
Sebuah mesin 3000cc V6 plus Supercharger dengan output 340hp dan 450nm di 3500rpm... menjanjikan performa buas di low hingga mid rpm dan bertugas menghelas mobil seberat 2500kg ini.
Dipadukan dengan transmisi ZF 8sp AT dan RWD, XJ benar2 menjadi trah saloon sejati.
===================================
Driving Impression
Segera setelah sang kucing siap untuk ane, sang mahakitteh, ane masuk ke kabin dan duduk di kursi pengemudi...
Ambient yang familiar... ane segera memperhatikan beberapa posisi tombol penting dan memegang setir. Grip bagus dari setir dengan kulit berkualitas baik. Posisi duduk nyaman, kursi menyenangkan, dan pandangan ke luar kabin yang begitu baik. Nyaris tidak ada blind spot.
Injak rem, tarik tuas krom untuk melepas rem parkir elektrik. Putar selector ke mode D dan layar instrument di sisi kanan berubah menjadi tacho meter...
Mobil menggelinding... keluar dari gerbang dan ane belok kiri... untuk kemudian berputar balik ke kanan karena jalan buntu. *warning, GPS and common sense failure imminent*
Respon setir sangat baik, apalagi setelah mengetahui setir masih menggunakan hidrolik. Ane memberikan tekanan pada pedal gas dan mesin mendengkur pelan ke 1700rpm dan dengan lembut, mobil berakselerasi...
Kekedapan kabin luar biasa... sangat baik. Deru ban tidak terlalu terdengar. Ane mengarahkan mobil ke kanan, bersiap2 melewati jembatan dalam kecepatan rendah... sekitar 25-30kpj.
Suspensi dengan begitu baiknya meredam kontur jembatan dan sekali lagi, suara ban begitu senyap. Well done!
A proper saloon...
*bentar, pegimane dengan superchargernya?*
Nah, ane segera membejek pedal gas rata lantai dan dalam sekejap... XJ berubah dari kucing mendengkur menjadi jaguar mengaum... Akhirnya ane sadar mengapa Jag memutuskan XJ harus mendapatkan full LCD monitor untuk instrumen cluster...
Karena hanya dalam satu detik, rpm melesat dari 2000rpm menjadi 5000rpm. Seakan2 jarum tacho melakukan teleport... Dan bersamaan dengan itu, terdengar siulan supercharger "Whiiiiieeeeeeerrrrrr!!!" dan 450nm torsi melesatkan mobil ke depan. Tanpa hentakan, tanpa opera sabun berlebihan... seakan2 dunia yang bergerak mundur, bukan mobil yang bergerak maju...
Wafting like a proper Jag, she does indeed.
Dari jauh ane melihat beberapa mobil Apanja dengan tulisan "BELAJAR"... aha! Waktunya menganggap mobil itu sebagai cone... ane mengarahkan setir ke arah bokong mobil tsb, langsung mem flick setir ke arah kiri, mobil bergeser ke kiri, dan tekan pedal gas untuk sensasi supercharger... dalam sekejap, kecepatan 120kpj tercapai dan ane harus mengerem karena ada perempatan... Body roll dan sway begitu minim, wind noise benar2 minimum, dan respon rem benar2 sangat baik meski agak agresif... formula yang menyenangkan dan membuat sebuah mobil worthy of next madcat test.
Ane kembali memacu saloon LWB ini melewati 2 cone... errr... 2 mobil kursus mengemudi sebelum ane bertanya ke sales...
"Errr... tombol DSC mana ya?" *masih dalam kecepatan tinggi*
Sales segera menekan tombol DSC di sisi kanan bawah selector, bunyi ding sekali, indikator DSC off muncul, dan layar menunjukkan pesan: "Please drive carefully"
Ohohohohoho...
Bro Nyoman segera mengingatkan ane, track hampir habis dan hanya tersisa satu putar balik ke kanan...
Lepas pedal gas, enjin brake, kecepatan turun ke 70kpj, segera banting setir ke kanan dan berikan 100% tenaga via pedal gas...
Bokong segera membuang ke arah kiri, ban belakang kanan berdecit dan berasap... I am doing a goddamned drift on LWB Luxury Saloon on 2.5billion price tag! Dan tentu saja mesin mengaum dengan siulan supercharger yang makin meracuni ane...
Body roll minimum, ane masih menambah kecepatan sementara ban belakang berdecit, slide sebentar, koreksi setir dan mobil segera melesat lurus...
Ane tidak memperhatikan para penumpang belakang yang kelihatannya berantakan setelah manuver itu...
Kemudian bro Nyoman mengusulkan untuk menghitung 0-100kpj. Stopwatch siap, DSC masih OFF *tapi ane ga mw burn out*, selector masih di posisi D alias mode Dumb, lepas pedal rem dan berikan 3/4 tekanan ke pedal gas. Mesin supercharger mengaum sekali lagi, rpm melesat ke 4000 dan ane segera membejek penuh pedal gas...
"Clock! 100!"
"7.4s ko kucing..."
Very, very impressive.
Dan setelah menghajar tes track jejadian sepanjang 4km, ane menyerahkan mobil ke bro Nyoman dan bro ChZ untuk sesi swinging...
Waktunya menikmati tugas ane sebagai mahakitteh di kabin belakang yang begitu nyaman dan lega...
===================================
Verdict
Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Sebuah reinkarnasi dari generasi XJ sebagai flagship mobil termewah Jaguar yang dimulai dari 1968. X351 meninggalkan bentuk aristokrat X350 dan X358 tetapi membuatnya menjadi pusat perhatian karena kesederhanaan tampilan eksterior nya. Arogansi yang terpancar hilang berganti dengan fleksibilitas dan optimisme dalam generasi baru ini. Tidak heran PM Inggris dan anggota kabinet menggunakan XJ sebagai mobil dinas mereka...
XJ menunjukkan begitu agresifnya desain baru Ian Callum dengan sapuan garis tegas di muncung dan sapuan kurva di belakang mobil dengan desain Cat's Claw di lampu belakang. Aroma modernisme diberikan dengan full LCD dashboard dan sistem elektronik baru sekaligus mempertahankan aristokrasi gentlemen's room dengan sentuhan wood panel dan jam analog dan chrome dimana2...
Sayangnya, Jag masih harus berjuang untuk menepis sejarah kelam masalah reliabilitas nya yang cukup menyedihkan.
Pro:
- Desain cantik luar dalam
- Enjin bertenaga, transmisi cerdas, dan raungan superchargernya bikin ketagihan
- Sistem on dan off nya menyenangkan. Begitu segar rasanya melihat drive selector yang perlahan2 muncul/terbenam.
- Posisi mengemudi nyaman, blindspot minimal, handling baik, suspensi benar2 istimewa...
- Kabin belakang benar2 lega dan nyaman, dengan akses yang mudah
- Mewah
- Mewah
- Driftable
Cons:
- Brand Jag yang masih harus berjuang memperbaiki prestasinya
- Power lift gate belakang yang sepertinya hanya dapat di aktifkan via konsol dashboard. Ane ga memperhatikan keyless nya sama sekali.
- Rem terlalu baik hingga agak terlalu agresif
- A bit too much chrome on the interior
- Reliability issue?
- Reliability issue?
- Reliability issue?
==============================
Lucunya, sesaat sebelum menculik XJ, ada sepasang suk2 dan ai yang sedang melihat Evoque dan malu2 melirik XJ... Sementara ane, bro nyoman, dan bro ChZ melesat bagai anak panah tidak tahu malu menuju XJ dan berhasil menculik sang kucing.
Suk2 dan ai tersebut melongo melihat trio kwek2 yang membuat sebuah XJ LWB menggelinding pelan... Dan setelah sesi TD ala SM selesai, XJ tersebut segera di TD oleh mereka...
Hihihi... meski masih muda, tapi trio kwek2 lah yang membuat sebuah XJ bangun dan mengaum hari ini...
==============================
Terima kasih untuk bro Nyoman dan bro ChZ atas hari yang menyenangkan ini...
Dan mereka mendapatkan bonus, sesi TD Range Rover Evoque PURE
Ane masih menikmati sensasi luar biasa dari sebuah Jag XJ... jadi, ane nongkrong di kursi belakang Evoque dan kebingungan karena tidak ada grab rail nya...
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Berry Berry Nice Ripiu Om Kitteh
Ane sprti merasakan masuk kedalam dunia Ke Sempurnaan JAG
Enjin Ruar biasa, Interior Mewah ,Feature melimpah Tapi...
Chrome? Why Chrome?
Sht! My eyes! Bagian belakangnya ganyambung Apa grill JAG ini termasuk Dono Version?
Saloon sepanjang 5.2 M? Betapa leganya legroom kursi buat para mafioso
Komparasi nya mana om kitteh?
Will this JAG be The Boring Car?
Om Chz and om Nyoman Ditunggu ripiu evoque nya
Ane sprti merasakan masuk kedalam dunia Ke Sempurnaan JAG
Enjin Ruar biasa, Interior Mewah ,Feature melimpah Tapi...
Chrome? Why Chrome?
Sht! My eyes! Bagian belakangnya ganyambung Apa grill JAG ini termasuk Dono Version?
Saloon sepanjang 5.2 M? Betapa leganya legroom kursi buat para mafioso
Komparasi nya mana om kitteh?
Will this JAG be The Boring Car?
Om Chz and om Nyoman Ditunggu ripiu evoque nya
Last edited by detektifkonan on Sun May 25, 2014 12:54, edited 1 time in total.
Sheer Driving Pleasure
Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait
Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah
Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait
Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Aug 18, 2012 13:29
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Halo om dhar
Ayo cari inspirasi modifikasi kendaraan anda disini
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Nice ripiu mod...
Anyway, ini ceritanya kucing menunggangi kucing?
Anyway, ini ceritanya kucing menunggangi kucing?
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Nice review koh kucing
Baca dulu
Baca dulu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Nice review om madcat, XJ pake vacuum door ga om?
Kayanya tuas persnelingnya udah jadi ciri khas JLR ya..
Kayanya tuas persnelingnya udah jadi ciri khas JLR ya..
Last edited by carl on Sun May 25, 2014 12:45, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Ninggalin jejak dulu baru baca.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
wowowowowoowowowow Jaaaaaaggggg
Errr, ini bukan lagi ngomongin Alfa Romeo kan?
XJL supeeeerrrbbbb koh Meong
Dapetnya V6 pula hoki ga dapet i4 nya not a proper Jag kalo i4 nya hehehehe
Drifted? pantes si ai ngomong ke si suksuk,
A:"lau kung, kita bisa ngepot ngepot pake ini, aku ra mau Evoque, yang ada guling kalo dikepot kepot sama ni la"
S:" *inget masa pacaran sama si ai*"
Errr, ini bukan lagi ngomongin Alfa Romeo kan?
XJL supeeeerrrbbbb koh Meong
Dapetnya V6 pula hoki ga dapet i4 nya not a proper Jag kalo i4 nya hehehehe
Drifted? pantes si ai ngomong ke si suksuk,
A:"lau kung, kita bisa ngepot ngepot pake ini, aku ra mau Evoque, yang ada guling kalo dikepot kepot sama ni la"
S:" *inget masa pacaran sama si ai*"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
nice reviewer nice repiu nice XJL
kucing bawa kucing
kucing bawa kucing
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
nice review om kucing...
kucing review kucing nih..
british cat..
om, itu seat belakangnya bisa adjustble ngga? kalau bisa elektrik ngga? macam di s class atau 7 series..? udah ada gps indo blm nih om? yg di range rover blm ada..
masih penasaran kenapa GAD ngga msukin range rover v6 dengn engine yg sama dg jag ini. malah masukinn 4.4 TDV8 atau 5.0 superchrd.. *eh tapi ini bahasanny jadi lain ya*
kucing review kucing nih..
british cat..
om, itu seat belakangnya bisa adjustble ngga? kalau bisa elektrik ngga? macam di s class atau 7 series..? udah ada gps indo blm nih om? yg di range rover blm ada..
masih penasaran kenapa GAD ngga msukin range rover v6 dengn engine yg sama dg jag ini. malah masukinn 4.4 TDV8 atau 5.0 superchrd.. *eh tapi ini bahasanny jadi lain ya*
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Halo bro OS...Outlander Sport wrote:Halo om dhar
detektifkonan wrote:Pertamax baca dulu
Errr... antara kucing menunggangi jaguar, atau kucing di dalam perut jaguar...ricz wrote:Nice ripiu mod...
Anyway, ini ceritanya kucing menunggangi kucing?
Thank you bro jason...jason28 wrote:Nice review koh kucing
Baca dulu
XJ ga pake Vacuum Door... seperti halnya Royces...carl wrote:Nice review om madcat, XJ pake vacuum door ga om?
Kayanya tuas persnelingnya udah jadi ciri khas JLR ya..
Betul om, "tuas persneling" atau Driver Selectornya uda benar2 jadi ciri khars JLR skr... Cakep!
Andrian wrote:Ninggalin jejak dulu baru baca.
Nah, gegara dengar "XJ" saat RSVP, ane histeris dua hari...imingwahyudi wrote:wowowowowoowowowow Jaaaaaaggggg
Errr, ini bukan lagi ngomongin Alfa Romeo kan?
XJL supeeeerrrbbbb koh Meong
Dapetnya V6 pula hoki ga dapet i4 nya not a proper Jag kalo i4 nya hehehehe
Drifted? pantes si ai ngomong ke si suksuk,
A:"lau kung, kita bisa ngepot ngepot pake ini, aku ra mau Evoque, yang ada guling kalo dikepot kepot sama ni la"
S:" *inget masa pacaran sama si ai*"
Jaaaaaaaaag... Jaaaaaaaaagggg...
Meski uda siap dengan XJ I4, eits, ternyata dapat V6, dan begitu buka Cup! Busyet dah! Double jackpot! Supercharged baby!
Ane drift di ujung kok bro mingky... sekitar 2km dari lokasi...
Terima kasih bro wasir...Felixz_Yaris wrote:nice reviewer nice repiu nice XJL
kucing bawa kucing
Halo om antekakio... lama ga keliatan di SM...antekakio wrote:nice review om kucing...
kucing review kucing nih..
british cat..
om, itu seat belakangnya bisa adjustble ngga? kalau bisa elektrik ngga? macam di s class atau 7 series..? udah ada gps indo blm nih om? yg di range rover blm ada..
masih penasaran kenapa GAD ngga msukin range rover v6 dengn engine yg sama dg jag ini. malah masukinn 4.4 TDV8 atau 5.0 superchrd.. *eh tapi ini bahasanny jadi lain ya*
Nah, ane ga memperhatikan adjustable nya seat belakang, posisi default nya nyaman bener dan sangat supportive. GPS juga belum coba, karena keterbatasan waktu dan gegara kami sukses ngesot pake XJL, banyak yang nungguin tuh mobil buat digilir...
Rangieeeee... errrr... ane coba nyari korban dulu dah om...
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
The luscious sound from those screeching doomed tyres are never been wrong, at least on ai's ears
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Makasih bro...detektifkonan wrote:Berry Berry Nice Ripiu Om Kitteh
Ane sprti merasakan masuk kedalam dunia Ke Sempurnaan JAG
Enjin Ruar biasa, Interior Mewah ,Feature melimpah Tapi...
Chrome? Why Chrome?
Sht! My eyes! Bagian belakangnya ganyambung Apa grill JAG ini termasuk Dono Version?
Saloon sepanjang 5.2 M? Betapa leganya legroom kursi buat para mafioso
Komparasi nya mana om kitteh?
Will this JAG be The Boring Car?
Om Chz and om Nyoman Ditunggu ripiu evoque nya
Memang urusan krom ini agak berlebihan... di eksterior pas... ga terlalu banyak. tetapi sampai bocor ke interior itu yg kurang pantas.
Hmmm... menurut ane. bokong nya cakep abisssssss... apalg tarikan tiga garis di dalam brake lamp nya. Cat's Claw design iz good...
Nah, komparasi nya ribet... ane butuh W222 Sonderklasse, 7-serie, dan Audi A8. Ane harus ngubek di mana ya?
@mingky: handbrake turns and a well executed drift always wins a girl's undivided affection...
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Nice review om cat , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver .
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Nice review koh kucing
What a beautiful British car!!
Nambahin kekosongan info, bannya pake Dunlop SP Sport Maxx ko
What a beautiful British car!!
Nambahin kekosongan info, bannya pake Dunlop SP Sport Maxx ko
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Medket memang pandai mendongeng ya, rasanya seperti sungguhan lho
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
nice ripiu mod kitteh...
this jaggy gives me nuts..... what an awesomeeeeee car.....
It's truly a work of art.... material berkualitas khas mobil Inggris.... British Craftsmanship.... ane norak di dalemnya karena nggak pernah naik mobil sekelas ini....
betul kata bro Nyoman, ketika kita lihat S-Klasse... ya udah gitu doang... it's a proper saloon indeed. tapi ketika kita lihat XJ,.... seakan ada "Setan" yang berbisik dari belakang "ayolah dicoba...."
OK, a little impression from me
As the passenger
Mahakitteh yang pertama nyetir, dengan bro Nyoman di depan, ane duduk di belakang. Hmm... legroom dewa. saking dewanya legroom dan saking rileksnya kabin belakang, ane sampe bilang "ini kalo majikannya pendek susah mau ngejawil supirnya"
highly detailed luxuries, no play-play. Nggak ada cheapy chrome atau faux wood panel disini. Chrome nya benar-benar chrome, bukan plastik dikrom.
no cheap plastics also. dan yang ane notice, sooooo mucho tulisan JAGUAR dan logo JAGUAR meskipun cuma di kabin....
Luxury details at its best. makanya mod kucing bilang this is not Brits engineering, this is Brits craftsmanship.
Mahakitteh menjalankan mobil, ane masih menikmati sambil mengabadikan beberapa detail di Mobil 2,5 eM-ber ini.... sangat nikmat duduk di belakang, bahkan ane masih bisa fokus megang kamera waktu mobil berjalan. Suspensi serasa mengikuti kontur jalan... this is perrfektooo....
Waktu mahakitteh bicara "DSC OFF ada nggak yah" hmm.. ane menebak akan terjadi sesuatu.... dan benar, waktu putarbalik, slideeeeee....... ane langsung menindih salesperson di sebelah ane.... CRAZY! THIS CAR CAN DRIFT!
selesai round pertama, mahakitteh balik ke "markas". round kedua oleh ane dan bro Nyoman.
As the Driver.
Selesai bro Nyoman ngebawa Jag ini, giliran ane.... mahakitteh sudah bersabda
"ente jangan coba manuver berbahaya pake mobil ini.... bring it like proper Jag"
sepertinya mahakitteh sudah membaca pikiran ane.... ya sudah... ane jalankan. gear selector menyenangkan, tinggal diputar-putar. adjust posisi duduk dengan Eseat, yang sangat sunyi.... berbeda dengan ESeat di CR-V RE yang ribut bener "ngeeeeek...ngooookkk" (ya iyalah, Jag nya aja dapet 6 biji RE ane waktu baru )
jalan santai... hmm... menyenangkan.... dibawa rileks masih nyaman, not jerky at all. dan ane jalankan 60 km/h pun nggak berasa 60 km/h... seperti cruising di 30 km/h.... sangat kedap dan sangat senyap....
okay, ketemu lurusan, ane langsung flat-out..... WOOOHOOOOOO!!!!! THIS JAGUAR REALLY CAN RUN!!!! tau-tau udah 120 km/h.... seperti yang bro Nyoman bilang, kalo agak pagian dan lebih sepi lagi, 200 km/h dapet. tapi sudahlah.... what's the point.... not every car can run like this. handling pun sangat menyenangkan, nggak seperti bawa speedboat. padahal mobil ini sangat panjang . seperti bawa sedan sport. gila! this is MadJag.... dan gila nya, dibawa kebut pun nggak serem... masih halus dan tidak mengobrak-abrik penumpang belakang... hmmm....
beda dengan Camry... kalau Camry seakan kita di"jambak".... kalau Jag seakan mobilnya diem, jalannya yang gerak....
plus, radius putar yang kecil untuk saloon sepanjang ini....
dan sesi TD selesai, kita balik ke markas.... ane mencoba mundur, langsung kaget "wheee... panjang amat mobil ini "
back to Jaggy's home... ngeliat XF di display, dan dapat brosur Jag! lumayan, nggak punya mobilnya, punya brosurnya. karena brosurnya ini nggak semua orang bisa dapet secara gratis-tis-tis... ditaroh di bawah bantal biar kebawa ngimpi
ketika ane ngomentarin XF di display... ane bilang ke bro Nyoman
"compared to XF, Camry kemaren berasa sampah."
"ya iya, masa ente bandingin sama Jag 1,3M"
dan dengan bodohnya ane ngebuka outlet AC XF secara manual dgn tangan ane sendiri... pardon me, Jag...
crazy... crazy indeed.... my dream car is no longer Germans... my dream car now is just a Jaaaaaaaaaaaaggggggggg.....
berasa seperti trio TopGear tadi... yang berhasil ngeluarin XJ ini bukan orang tua.... tapi 3 orang petrolheads.... dan dibawa kebut... while the others drive it slowly and smooth...
who else drifts a Jaguar? XJ pulak!
beberapa foto dari kamera butut ane, how lucky i am!
Awesome car! Beautiful car!
this jaggy gives me nuts..... what an awesomeeeeee car.....
It's truly a work of art.... material berkualitas khas mobil Inggris.... British Craftsmanship.... ane norak di dalemnya karena nggak pernah naik mobil sekelas ini....
betul kata bro Nyoman, ketika kita lihat S-Klasse... ya udah gitu doang... it's a proper saloon indeed. tapi ketika kita lihat XJ,.... seakan ada "Setan" yang berbisik dari belakang "ayolah dicoba...."
OK, a little impression from me
As the passenger
Mahakitteh yang pertama nyetir, dengan bro Nyoman di depan, ane duduk di belakang. Hmm... legroom dewa. saking dewanya legroom dan saking rileksnya kabin belakang, ane sampe bilang "ini kalo majikannya pendek susah mau ngejawil supirnya"
highly detailed luxuries, no play-play. Nggak ada cheapy chrome atau faux wood panel disini. Chrome nya benar-benar chrome, bukan plastik dikrom.
no cheap plastics also. dan yang ane notice, sooooo mucho tulisan JAGUAR dan logo JAGUAR meskipun cuma di kabin....
Luxury details at its best. makanya mod kucing bilang this is not Brits engineering, this is Brits craftsmanship.
Mahakitteh menjalankan mobil, ane masih menikmati sambil mengabadikan beberapa detail di Mobil 2,5 eM-ber ini.... sangat nikmat duduk di belakang, bahkan ane masih bisa fokus megang kamera waktu mobil berjalan. Suspensi serasa mengikuti kontur jalan... this is perrfektooo....
Waktu mahakitteh bicara "DSC OFF ada nggak yah" hmm.. ane menebak akan terjadi sesuatu.... dan benar, waktu putarbalik, slideeeeee....... ane langsung menindih salesperson di sebelah ane.... CRAZY! THIS CAR CAN DRIFT!
selesai round pertama, mahakitteh balik ke "markas". round kedua oleh ane dan bro Nyoman.
As the Driver.
Selesai bro Nyoman ngebawa Jag ini, giliran ane.... mahakitteh sudah bersabda
"ente jangan coba manuver berbahaya pake mobil ini.... bring it like proper Jag"
sepertinya mahakitteh sudah membaca pikiran ane.... ya sudah... ane jalankan. gear selector menyenangkan, tinggal diputar-putar. adjust posisi duduk dengan Eseat, yang sangat sunyi.... berbeda dengan ESeat di CR-V RE yang ribut bener "ngeeeeek...ngooookkk" (ya iyalah, Jag nya aja dapet 6 biji RE ane waktu baru )
jalan santai... hmm... menyenangkan.... dibawa rileks masih nyaman, not jerky at all. dan ane jalankan 60 km/h pun nggak berasa 60 km/h... seperti cruising di 30 km/h.... sangat kedap dan sangat senyap....
okay, ketemu lurusan, ane langsung flat-out..... WOOOHOOOOOO!!!!! THIS JAGUAR REALLY CAN RUN!!!! tau-tau udah 120 km/h.... seperti yang bro Nyoman bilang, kalo agak pagian dan lebih sepi lagi, 200 km/h dapet. tapi sudahlah.... what's the point.... not every car can run like this. handling pun sangat menyenangkan, nggak seperti bawa speedboat. padahal mobil ini sangat panjang . seperti bawa sedan sport. gila! this is MadJag.... dan gila nya, dibawa kebut pun nggak serem... masih halus dan tidak mengobrak-abrik penumpang belakang... hmmm....
beda dengan Camry... kalau Camry seakan kita di"jambak".... kalau Jag seakan mobilnya diem, jalannya yang gerak....
plus, radius putar yang kecil untuk saloon sepanjang ini....
dan sesi TD selesai, kita balik ke markas.... ane mencoba mundur, langsung kaget "wheee... panjang amat mobil ini "
back to Jaggy's home... ngeliat XF di display, dan dapat brosur Jag! lumayan, nggak punya mobilnya, punya brosurnya. karena brosurnya ini nggak semua orang bisa dapet secara gratis-tis-tis... ditaroh di bawah bantal biar kebawa ngimpi
ketika ane ngomentarin XF di display... ane bilang ke bro Nyoman
"compared to XF, Camry kemaren berasa sampah."
"ya iya, masa ente bandingin sama Jag 1,3M"
dan dengan bodohnya ane ngebuka outlet AC XF secara manual dgn tangan ane sendiri... pardon me, Jag...
crazy... crazy indeed.... my dream car is no longer Germans... my dream car now is just a Jaaaaaaaaaaaaggggggggg.....
berasa seperti trio TopGear tadi... yang berhasil ngeluarin XJ ini bukan orang tua.... tapi 3 orang petrolheads.... dan dibawa kebut... while the others drive it slowly and smooth...
who else drifts a Jaguar? XJ pulak!
beberapa foto dari kamera butut ane, how lucky i am!
Awesome car! Beautiful car!
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Wonderful...beerrry wonderba
Ganyadar kalo sebuah English craftmanship bisa digunakan seperti itu...tapi reliability nya....mematikan
entahlah ane gabisa berkata2 lagi...ane pernah masuk ke XJ..lalu masuk ke W221..XJ terasa lebih grandest n aristokratik
ampe ane ngeliat W222..semoga bisa ane bandingin interior keduanya someday
Pursuit of Perfection
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury?WongZo wrote:Nice review om cat , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver .
*ngibrit...*
Terima kasih atas informasi nya bro erwinign... ane benar2 lupa untuk ngeliat ban...erwinign wrote:Nice review koh kucing
What a beautiful British car!!
Nambahin kekosongan info, bannya pake Dunlop SP Sport Maxx ko
Yes, she is very beautiful indeed...
Errrr... mungkin ane bisa mendeskripsikan pengalaman ane, om droid...artoodetoo wrote:Medket memang pandai mendongeng ya, rasanya seperti sungguhan lho
@bro ChZ: Stunning photography as usual bro ChZ...
Lucunya, tadi bro Nyoman uda siap2 saat ane nanya DSC... jadi dia uda siap untuk aksi ala SM... andai dia bawa go-pro nya... asoy dah! Bisa masuk yutub...
Ane belum ngubek W222, tapi memang sejatinya Brit vs Jerrys pasti berbeda. Craftmanship vs Engineering...axala wrote:
Wonderful...beerrry wonderba
Ganyadar kalo sebuah English craftmanship bisa digunakan seperti itu...tapi reliability nya....mematikan
entahlah ane gabisa berkata2 lagi...ane pernah masuk ke XJ..lalu masuk ke W221..XJ terasa lebih grandest n aristokratik
ampe ane ngeliat W222..semoga bisa ane bandingin interior keduanya someday
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Ane liat orangenya, ama grillnya sekilasmadcat015 wrote:Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury?WongZo wrote:Nice review om cat , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver .
*ngibrit...*
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Jiakakakakaa...WongZo wrote:Ane liat orangenya, ama grillnya sekilasmadcat015 wrote:Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury?WongZo wrote:Nice review om cat , awal ane melihat si brosur ane kira yg orange si ecosport , sampai ane bngung knpa ftonya bersanding sama kucing hutan silver .
*ngibrit...*
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Thu Jan 02, 2014 3:11
- Location: semarang
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
another super review dari om mahakitteh..
serasa saya yang jelata ini ikut duduk manis di dalamnya..
brondok di pojokan kucingan,ngeces [mode on]..
serasa saya yang jelata ini ikut duduk manis di dalamnya..
brondok di pojokan kucingan,ngeces [mode on]..
eling..dan bersyukur..
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
dan raungan enjin yang nggak beda dengan M15A SX-4 hanya lebih powahhhhfulmadcat015 wrote:
Evoque = Ecoboost 2.0 turbo on luxury?
*ngibrit...*
bukan berarti buruk... sama sekali nggak buruk... namanya juga inline-4
thankyou mod it should be like that... kalo ane asal-asalan ambil angle bisa-bisa dibanzai para pecinta Jag di luar sanamadcat015 wrote: @bro ChZ: Stunning photography as usual bro ChZ...
Lucunya, tadi bro Nyoman uda siap2 saat ane nanya DSC... jadi dia uda siap untuk aksi ala SM... andai dia bawa go-pro nya... asoy dah! Bisa masuk yutub...
ane masih mengamati detail dan ngefoto, tiba-tiba "whuuuuuutttt" *gedubrak*
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Gpp lah klw gedubrak kan ente dapet brosur lgi karena dsruh beli mobilnya .ChZ wrote:thankyou mod it should be like that... kalo ane asal-asalan ambil angle bisa-bisa dibanzai para pecinta Jag di luar sanamadcat015 wrote: @bro ChZ: Stunning photography as usual bro ChZ...
Lucunya, tadi bro Nyoman uda siap2 saat ane nanya DSC... jadi dia uda siap untuk aksi ala SM... andai dia bawa go-pro nya... asoy dah! Bisa masuk yutub...
ane masih mengamati detail dan ngefoto, tiba-tiba "whuuuuuutttt" *gedubrak*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Jaguar XJ LWB (X351) 3.0 Supercharger 2013
Ini adalah salah satu British Craftmanship terbaik yang pernah saya coba.. British Craftmanship pertama yg saya coba adalah S -Type yang you all know it's very boring car! Bentuk grill S-Type seperti jaman renaissance, sangat ketinggalan jaman dan kesan horror terlihat.
Setelah sekian lama, akhirnya desain kucing loncat yang menghiasi kap mesin di hilangkan dan berubah menjadi sebuah lambang wajah seekor jaguar, nice! Grill juga terlihat sangat baik, sudah berubah total dari Jaguar seri2 lama.
Masuk kedalam kabin yang pertama di lihat adalah material apa saja yang di gunakan dan semuanya adalah softpad, woodpanel yang cantik dan banyak chrome di bagian lubang ventilasi AC (it's chrome not plastic with chrome!)
Nyalakan mesin, suara tak terdengar, dari luar pun sangat sunyi saya sempat was-was dengan mesin nya karena sangat halus dan nyaris tak terdengar. Saya terakhir mencoba E class mesin V6 nya terasa cukup berisik.
Dari luar mobil ini sangat menggoda untuk di coba, bukan sekedar dilihat dan tinggal seperti kita lihat S class.. Tarikan garis sangat cantik, menbentuk satu kesatuan bentuk yang sangat baik. Desain eksterior ini berubah 180 derajat dari desain mobil-mobil Jaguar sebelumnya.
Mod kucing mencoba untuk melaju, ternyata kita salah jalur karena jalur di tutup terpaksa putar balik, nah ini yang di takutkan. Radius putar sebuah mobil dengan LWB sangat horror, tapi untuk kali ini radius putarnya sangat minim, dan ingat mobil ini mobil berat. Saat di coba pertama oleh mod kucing sangat nyaman sampai pada sebuah jalanan lurus yang kalau dihitung di strava sekitar 1.5km ujung ke ujung "we must unleash this engine here! Put the right foot hard down, mesin meraung indah dipadu suara supercharger yang membuat telinga menjadi awas untuk selalu mendengar suara ini terus menerus. sekitar 100m sebelum track habis mod kucing bertanya dimana saya bisa mematikan fungsi DSC, pikiran sudah tidak enak, i fasten my sealtbelt dan benar mod kucing mau sliding dengan mobil panjang ini karena sudah bersiap dan memang sudah terbiasa dengan "di lempar kesamping" saya bisa menjaga supaya badan tidak bergerak kemana2, berbeda dengan bro chris yang terlempar ke samping menimpa si sales.. Hehe
Ok, try to find how fast 0-100km/h with 4 people in car, 7.4sec! Nice for big car!
Setelah kembali ke tempat awal, saya mencoba mobil ini pada S mode alias mode manual with flappy pedal shift, dan perpindahan gir cepat, responsif dan yang membuat seru adalah terus dan terus memacu ke redline membuat anda ketagihan karena suara mesin nya sangat indah! Oh iya Jag masih mempertahankan hydraulic power steering pada mobil ini dan saya betul2 suka dengan feedback yang dihasilkan..
Audio sangat mumpuni, 380W 14 speaker from Meridian Audio, suara berputar di sekeliling dan terasa seimbang di semua sisi.. Tetapi tempat terbaik untuk merasakan audio adalah di sisi penumpang belakang..
Setelah selesai pada Jaguar, kita ditawarkan untuk mencoba evoque, boleh deh saya mau coba.. Saya tidka memberikan review pada evoque karena evoque sudah pernah di review sebelumnya jadi TD untuk evoque ini sebetulnya menurut saya adalah bonus setelah mencoba Jag, mobil pertama yang saya coba dan benar2 di abuse habis padahal kalau di ingat2 harga mobil ini mencapai 2.5 milyar dan itu seharga S350 siapa yang mau? Sepertinya dari semua yang test drive hanya kami bertiga yang membawa mobil ini "to the limit" bahkan sliding dengan sedan sebesar ini adalah hal bodoh bila dilihat orang lain, tetapi menurut kami ini sangat luar biasa, kickdown sangat cepat dan respons gas yang tersalur ke roda belakang membuat mobil oversteer, indah!
Setelah sekian lama, akhirnya desain kucing loncat yang menghiasi kap mesin di hilangkan dan berubah menjadi sebuah lambang wajah seekor jaguar, nice! Grill juga terlihat sangat baik, sudah berubah total dari Jaguar seri2 lama.
Masuk kedalam kabin yang pertama di lihat adalah material apa saja yang di gunakan dan semuanya adalah softpad, woodpanel yang cantik dan banyak chrome di bagian lubang ventilasi AC (it's chrome not plastic with chrome!)
Nyalakan mesin, suara tak terdengar, dari luar pun sangat sunyi saya sempat was-was dengan mesin nya karena sangat halus dan nyaris tak terdengar. Saya terakhir mencoba E class mesin V6 nya terasa cukup berisik.
Dari luar mobil ini sangat menggoda untuk di coba, bukan sekedar dilihat dan tinggal seperti kita lihat S class.. Tarikan garis sangat cantik, menbentuk satu kesatuan bentuk yang sangat baik. Desain eksterior ini berubah 180 derajat dari desain mobil-mobil Jaguar sebelumnya.
Mod kucing mencoba untuk melaju, ternyata kita salah jalur karena jalur di tutup terpaksa putar balik, nah ini yang di takutkan. Radius putar sebuah mobil dengan LWB sangat horror, tapi untuk kali ini radius putarnya sangat minim, dan ingat mobil ini mobil berat. Saat di coba pertama oleh mod kucing sangat nyaman sampai pada sebuah jalanan lurus yang kalau dihitung di strava sekitar 1.5km ujung ke ujung "we must unleash this engine here! Put the right foot hard down, mesin meraung indah dipadu suara supercharger yang membuat telinga menjadi awas untuk selalu mendengar suara ini terus menerus. sekitar 100m sebelum track habis mod kucing bertanya dimana saya bisa mematikan fungsi DSC, pikiran sudah tidak enak, i fasten my sealtbelt dan benar mod kucing mau sliding dengan mobil panjang ini karena sudah bersiap dan memang sudah terbiasa dengan "di lempar kesamping" saya bisa menjaga supaya badan tidak bergerak kemana2, berbeda dengan bro chris yang terlempar ke samping menimpa si sales.. Hehe
Ok, try to find how fast 0-100km/h with 4 people in car, 7.4sec! Nice for big car!
Setelah kembali ke tempat awal, saya mencoba mobil ini pada S mode alias mode manual with flappy pedal shift, dan perpindahan gir cepat, responsif dan yang membuat seru adalah terus dan terus memacu ke redline membuat anda ketagihan karena suara mesin nya sangat indah! Oh iya Jag masih mempertahankan hydraulic power steering pada mobil ini dan saya betul2 suka dengan feedback yang dihasilkan..
Audio sangat mumpuni, 380W 14 speaker from Meridian Audio, suara berputar di sekeliling dan terasa seimbang di semua sisi.. Tetapi tempat terbaik untuk merasakan audio adalah di sisi penumpang belakang..
Setelah selesai pada Jaguar, kita ditawarkan untuk mencoba evoque, boleh deh saya mau coba.. Saya tidka memberikan review pada evoque karena evoque sudah pernah di review sebelumnya jadi TD untuk evoque ini sebetulnya menurut saya adalah bonus setelah mencoba Jag, mobil pertama yang saya coba dan benar2 di abuse habis padahal kalau di ingat2 harga mobil ini mencapai 2.5 milyar dan itu seharga S350 siapa yang mau? Sepertinya dari semua yang test drive hanya kami bertiga yang membawa mobil ini "to the limit" bahkan sliding dengan sedan sebesar ini adalah hal bodoh bila dilihat orang lain, tetapi menurut kami ini sangat luar biasa, kickdown sangat cepat dan respons gas yang tersalur ke roda belakang membuat mobil oversteer, indah!
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)