Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by madcat015 »

Halauuuuuwww dan selamat sore para silent readers, kamen riders, members, momods, dan mimin... dan piyikzz... :mky_01:

Perkenankan nubie untuk meripiu sebuah mobil lagi... *belom dapat FUSO untuk di TD...* :ngacir:

Kali ini kembali ke negeri pembuat Bratwurst...

==============================

Kemarin sore, saat sedang hunting oli untuk kapal, ada pesan masuk ke bebe dudul ane...

S: "ko kucing, SUV has arrived..."
M: "errr... F25?"
S: "Yes... tapi hari minggu sore uda balik lagi ke Jakarta..."
M: "Buset..."
S: "Mw TD kah?"
M: "Jam 11. Besok. I'll be there."

Dan segera ane bikin announcement di WASEM, memberikan kesempatan bagi SMers lain utk ikut TD... Sayangnya, om sukribo ga bisa, jadwal melintir pake Mia di Kenjeran... :mky_03:

Bro ola dan bro yusaku konfirm datang... which is good... :mky_02:

Bro faye ga bisa, tapi di detik2 terakhir, setelah TD, konfirm utk Kusem dadakan... :mky_02:

Semua serba mendadak...

Dan akhirnya, tadi siang, kami berkumpul di lokasi... dan setelah ane mendokumentasikan versi petrolnya... ternyata pucuk dicinta, asap pekat pun datang...

Kami diberikan versi penenggak DEX..., cumi2 dari trah mobil mewah, sebuah BMW F25 X3 xDrive20d 2013...

Ahaaaayyyyyy... time for some torque... dan ekspektasi pun langsung memuncak laksana malam pertama pengantin baru... :mky_02:

Image

==============================

Eksterior

Errr... bisa dikatakan, X3 ini memiliki eksterior yang agak sedikit melenceng dari garis desain BMW sekarang. :ungg:

Image


Badan cenderung boxy macho dengan lampu depan mengotak tajam...

Image

Image

Image


Dari samping, muncung panjang dan tarikan garis dari fender hingga lampu belakang, juga roof lining silver memberikan otot untuk penampilan SUV ini...

Image


Di dukung dengan velg R18 dan ban RFT Dunlop SportMax GT 245/50 untuk versi petrol dan ban RFT R17 225/60 untuk versi diesel... penampilan versi petrol cukup gahar... dan yang diesel: kekecilan velg... :big_slap:

Image


Bokong X3 cukup cantik dengan pillar D yang curam dan lampu rem yang mirip lampu F30 tapi difotokopi 150%...

Image

Image

All in all... keseluruhan mobil terlihat biasa saja dan cenderung.... errrr... not-BMW-like... untungnya terselamatkan grill double-kidney di muncung... :ungg:

===================================

Interior

Membosankan... :drinking:

Nyaris sama persis dengan BMW F30... dan ane uda berpikir kalau X3 ini adalah F30 versi SUV...

Image


Berkebalikan dengan F10 yang sporty dengan panel merah menyala di sekujur dash, X3 berusaha memberikan sedikit eleganitas dalam bentuk piano finish wood panel di beberapa bagian dan softpad berkualitas di mana2... :off_good_job:

Image

Image


Di tengah dash, alih2 mendapatkan layar iDrive segede gaban, X3 malah mendapatkan integrated screen dengan ukuran yang lebih kecil... :off_no:

Image

Image

Image

Image



Sementara center console yang menjadi pusat segala operasional kendaraan, benar2 standar... iDrive selector di kiri, dan transmisi di kanan dengan kontrol DSC, mode mengemudi, Hill Descent Control, Parking sensor, electronic parking brake, dan auto Hold.

Image

Image


Door trim dan seluruh kursi mendapatkan lapisan kulit berwarna coklat muda dengan stitching berwarna putih... Cocok sekali. Tidak seperti X1, stitching berwarna biru muda... ga nyambung. :big_slap:

Dan yang versi diesel mendapatkan lapisan kulit berwana gelap... cenderung berwarna hitam...

Image

Image


Setir standar BMW yang dilapis kulit... hanya saja terlihat sedikit lebih kecil...

Image


Ane iseng melongok ke atap... Haloooooooo sunshine! ada panoramic roof... :cupss:

Image

Image

Yang sayangnya, tidak tersedia di versi diesel... bah! :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:



Melongok ke baris ke dua... legroom terlihat lega dan jok terlihat nyaman... plus, rear airvent...

Image

Image


Dan ane suka dengan armrest nya... gambot! :big_grin:

Image


Ambient kabin cukup menyenangkan dengan plafon berwarna terang dan bahan plafon yang lembut dan empuk...

Image

Image

Plus, ada nya grab rail benar2 menyenangkan. Ane shock terakhir kali TD RR Evoque... no grab rail di semua kursi demi estetika... mampus dah. :upss:


Nah, ukuran X3 yang cukup besar, ternyata benar2 menyediakan ruang bagasi yang super lega... menyenangkan...

Image


Interior yang nyaris sama dengan F30? Tipikal BMW, cukup membosankan. Tapi tagline BMW "Sheer Driving Pleasure" menegaskan jika bukan itu karakter BMW...

Hmmmm.... :big_think:


===================================

Under the Cup!

Sebuah mesin turbodiesel N47D20 1995cc 4-silinder dengan kemampuan membuat 184 kuda ngibrit dan torsi buas 380nm@1750-2750 rpm menjanjikan performa yang menyenangkan untuk menghela bobot 1.8 ton mobil ini...

Image

Dipadukan dengan sistem AWD BMW yang terkenal, xDrive dan transmisi ZF 8sp AT, rasanya X3 bisa memberikan sensasi mengemudi yang menyenangkan...

Ekspektasi pun semakin memuncak... :big_think:

===================================

Driving Experience...

Nah, ane mempersilahkan bro ola untuk menjajal X3 diesel ini...

Saat di enjin dinyalakan, suara enjin cukup keras terdengar dari luar... :e-think: SPV BMW mengatakan "ko, memang suara nya keras... tapi kalau di dalam ga seberapa kedengaran kok..., dan kalaupun masih kedengaran, kan ada audio"

Whhhhhaaaaaaaadddd!? Langsung ngeles gitu... *plakkkkk!* :big_slap: :big_slap: :big_slap:


Dengan penuh tanda tanya ane masuk ke mobil, menutup pintu dan...

O: "mod... listen listen..."
*krrrrrr.... krrrrrrrrr.... krrrrrrrr...*
M: "yea... typical CRD enjin turbo"
*krrrrrr.... krrrrrrrrr.... krrrrrrrr...*
O: "cukup kentara ya suara enjin nya?"
*krrrrrr.... krrrrrrrrr.... krrrrrrrr...*
M: "yea... but who cares! lets put that torque to work bro"
*krrrrrr.... krrrrrrrrr.... krrrrrrrr...*
*krrrrrr.... krrrrrrrrr.... krrrrrrrr...*

Grrrrrr... :big_slap:



Dan bro ola segera mengemudikan SUV ini dengan perlahan2 di tengah kemacetan...

Posisi duduk penumpang cukup menyenangkan, dan untuk mengalihkan perhatian ane dari suara mesin, ane mengutak atik iDrive menu... mematikan dan menghidupkan DRL, melihat tekanan ban, dst dst dst... Untungnya, semburan AC cukup efektif mendinginkan kabin mobil di tengah terik sinar matahari Surabaya... i like it both the iDrive and AC... :off_good_job:

Suspensi terasa nyaman dalam mode COMFORT... dan seperti biasa, ban RFT mengacaukan segalanya. Road noise dan ban serasa di isi beton cair oleh BMW... keras bener... :big_slap:

Ane iseng mematikan DSC dan mengganti ke mode SPORT... Rpm langsung melesak dan bro ola cukup terkesima dengan perubahan karakter enjin dan suspensi yang makin stiff. Tidak tersedia mode SPORT+ seperti di F30.

Nah, setelah beberapa kilometer, giliran ane yang menyetir... sambil mengitari mobil, ane memperhatikan kepulan tinta cumi2 dari bokong mobil...

Something goes wrong... very wrong indeed... :ungg:

Ane segera duduk di kursi pengemudi. Busa cukup padat, tidak terlalu empuk tapi supportive, dan ane ga mengatur kursi... cukup untuk ane. Setir memiliki grip yang nyaman meskipun agak kekecilan... seriously... ane bingung dengan ukuran setir ini...

Tekan tombol elektrik parking brake untuk melepas rem parkir, tekan tombol UNLOCK di sisi tuas transmisi dan flick ke posisi D... driving mode masih di SPORT dan DSC OFF...

Enjin start stop aktif... agak sedikit kasar saat enjin OFF, dan saat ane melepas rem, karena diesel enjin, sedikit lebih halus dari F30 saat enjin menyala... hmmm...

Menggelinding perlahan... dan ane segera membejek pedal gas... berharap mendapatkan sensasi torsi diesel... dan kick in nya bikin ane melongo... Di atas kertas, terlihat sangat impresif, 380nm mulai 1750rpm, tetapi turbo baru spool up di 2000rpm dan optimal di 3000rpm... rpm malas naik... Torque at low rev is good, but how to reach that maximum torque does very matter. :ungg:

Anyway, transmisi dengan sigap mengganti gear dengan slip TC yang menyenangkan. Akurat, tetapi tidak menghentak2. Cenderung lembut...

Saat bertemu dengan putar balik yang cukup luas, ane memantau posisi sekitar, dan dalam kecepatan sangat rendah, kurang dari 10kpj, ane memutar setir ke arah kanan dengan cepat, spool up ke 2200rpm dan 1 detik kemudian: full throttle...

Selanjutnya, karakter mobil ini membuat ane terkejut...

Mobil melakukan tail slide di iringi suara ke empat ban yang berdecit, suara deruman diesel yang keras, kepulan asap dari ban, dan tinta cumi2... sangat powerful... sangat torquey... dan memang agak sedikit tricky untuk memeras tenaga mesin ini... Respon setir cukup berlebihan, cenderung liar, langsung mengunci ke arah kanan dan butuh reaksi cepat untuk meng-counter arah setir... Ane terlambat sepersekian detik untuk mengcounter arah setir, akhirnya cenderung oversteer dan ban depan kanan menginjak rumput... :frm_bang_head:

Subaru Forester 3rd gen dan Legacy lebih kalem... yang Legacy karena underpowered... Forester 4th gen lebih tajam...

Kembali ane mencoba akselerasi mobil ini sembari berusaha mengolah tenaga...

Jujur, karakter mesin di bawah ekspektasi ane... ah sudahlah, lanjutkan saja... :shrug: Feedback setir sangat baik karena Adaptive EPS dan suspensi stiff dalam mode SPORT membantu kestabilan mobil dengan bodyroll dan sway yang minimum. Meski RFT terkutuk itu cukup ribut dan keras... Rem cukup mengigit, cenderung mirip F30 yang akurat.

Sebelum keluar dari komplek Citraland, ane memantau lalin yang ternyata cukup lengang dan ada jarak 10detik dengan mobil depan... mendekati bundaran di kompleks Telaga... Flick setir ke kanan dengan cepat, full power, dan mobil drift dalam kecepatan 45kpj, lepas throttle, 10 meter kemudian langsung banting ke kiri, dan full throttle lagi... kembali tail slide...

Lincah! Dan menyenangkan. Butuh satu kali reaksi yang lambat dari ane demi mengkalibrasi otak kucing ane untuk aksi cepat ini... dan beberapa aksi slide di samping Honda Citra Cakra yang cukup untuk membuat satpam menoleh dan menggoda cone... errr... Apanja dari kursus mengemudi yang berputar2 bagai siput kurang vitamin... sementara ane membuat grafitti di paving... :big_smoking:

Karakter mobil saat slide cukup terkendali, tetapi F30 lebih menyenangkan, karena RWD jadi ban depan benar2 ane kendalikan. Di X3, power dan xDrive memberikan sedikit kekuasaan ke ban depan sehingga ane harus benar2 memperlakukan X3 berbeda dengan F30 dan Subaru2...

Dalam perjalanan kembali ke dealer, ane mengganti mode ke ECO PRO... dan karakter mobil benar2 menjadi sangat lembut... suspensi sangat forgiving... dan rpm kembali menjadi malas...

Di tanjakan, satu hal menarik terjadi lagi...

Cruising di 40-50kpj, rpm bertengger di 1600 dan ane hanya memberikan sedikit input di throttle... terdengar normal bukan?

Tetapi, di dekat tanjakan UNESA, terjadi hal yang unik. Mobil seakan2 mengalami powerloss... kecepatan sedikit berkurang dan rpm naik turun... transmisi bingung dan TC ikut pusing dengan mengubah2 slip nya seakan2 gear tidak engaged... :shrug:

Awkward moments indeed...

Di depan DeLoop, ane memberikan kesempatan kepada bro Yusaku untuk mengemudi... ane dan bro ola pindah ke kursi belakang... Menyenangkan dan cukup nyaman. Sayang nya, tidak reclining...

Bro Yusaku mengganti ke mode COMFORT, dan saat dia lupa ngerem di Graha Family:

Y: "Wadohhhh..."
M: "Gpp bro, hajar itu speed bump kecepatan tinggi... this car can take it"

*gedebuk*

Sesuai dugaan ane, hanya sedikit efek recoil mobil, tidak sereaktif suspensi mobil Jepun... Rebound pendek tetapi firm, dan hanya sekali saja rebound nya. Very good suspension. :off_good_job:

Setelah kembali ke dealer, dan berbincang2 untuk TD BMW seri lainnya dalam waktu dekat ini, bro faye mengontak dan akhirnya, KuSeM dadakan di Pasar Modern Citraland.

================================

Verdict

BMW F25 X3 xDrive20d 2013

SUV mid level dan paling populer dari BMW... sayangnya, enjin diesel di bawah bonnet memberikan impresi negatif yang cukup besar. Terdapat beberapa kemungkinan mengapa mobil ini underperfomed:
- Belum di servis... karena lampu service warning menyala terus :frm_bang_head:
- Menurut pengakuan SPV, baru di isi biosolar... :frm_bang_head:

BMW X3 menurut pengamatan ane, benar2 bagai BMW F30 dalam bentuk SUV tetapi berbeda karakter. Sementara F30 benar2 sporty untuk menari di tarmac, X3 menunjukkan trah SUV nya dengan suspensi dan steering cukup berat yang mendukung handling, tetapi kurang untuk menciptakan tarian di tarmac...

Tidak sabar rasanya untuk mencoba X3 versi petrol... dan satu mobil baru dari BMW lagi... :mky_03:

Pro: :off_good_job:
- Profile samping mobil yang gagah...
- Ambient dan kualitas interior sangat baik.
- Kekedapan kabin baik... hanya saja terganggu road noise akibat penggunaan RFT
- Driving position sangat baik dan field of view nyaris sempurna dengan blind spot minimum.
- Steering, xDrive, dan suspensi bekerja cukup baik sehingga handling mobil cukup menyenangkan untuk sebuah SUV medium
- Kinerja transmisi menyenangkan dan rem akurat
- iDrive yang sangat intuitif dan mudah dioperasikan
- Pilihan mode mengemudi membuat karakter mobil benar2 berbeda.
- Enjin diesel memberikan FC yang lebih baik dari petrol

Cons: :off_no:
- Muncung depan not-BMW like, terselamatkan gril
- No panoramic roof
- Enjin diesel nya underperformed. Spool up lambat dan ada jeda 1.5 detik sebelum torsi 380nm menghempaskan seisi mobil.
- Sound system hi-fi standar BMW, sudah cukup bagus, tapi untuk mobil premium harusnya diberikan Harman Kardon.
- Dashboard memang familiar, khas BMW, tapi membosankan dan diameter setir agak kekecilan.
- Tidak tersedia SPORT+ mode.
- xDrive system nya terasa lebih "berat" dibandingkan dengan Symmetrical-AWD Subaru yang lebih "lincah"
- Awkward moment gaves WTF moment

=========================

Quickie comparison...

Dengan price tag 985jeteng on-the-road Sby, kontender BMW X3 terdekat adalah Toyota New Harrier yang terasa begitu overpriced.

xDrive system meminta head to head comparison dengan Symmetrical AWD Subaru yang terkenal dan Active Torque Split dari Mazda. Sementara Subaru memberikan understeer dan handling layaknya mobil rally selama power tersedia (dalam kasus Legacy: no powah and stupid CVT), dan Mazda memberikan handling dan akselerasi buas di sirkuit, xDrive terasa lebih robust... lebih kompleks... dan lebih "berat"

Untuk menyamakan level AWD premium mid-SUV, tersedia RR Evoque, Lexus RX350, dan Porsche Macan. Sayangnya, Macan masih belum tersedia sementara harga Evoque dan RX350 mendekati line up SUV lainnya dari BMW yang lebih menjanjikan, dan menunggu sesi TD SM untuk ripiu berikutnya...

Dari sisi akta lahir, X3 yang paling "djelata" dengan status CKD nya. Sisa pesaing nya CBU semua... Tadi ane sempat oprek beberapa kode chassis di bengkel BMW...

==========================

Thanks to bro ola, bro yusaku, dan bro fayenatics yang sudah menyempatkan diri untuk kumpul2 hari ini... :mky_02:

To bro kodok: ente benar bro, ternyata X3 bukan pesaing ML-klasse, melainkan X5... *barusan diberi pencerahan di dealer tadi...* :upss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by detektifkonan »

Pertadex :mky_05:

Very Very Nice Ripiu Om Kitteh :big_exellent:

Ini Bimmer Bonnet nya panjang bener ya? ujung bonnet keliatan ga Mod? :big_smile]

Sanrup emang ga ada atau sunat mod? :big_slap:
Sheer Driving Pleasure

Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait

Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah :big_love:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by madcat015 »

detektifkonan wrote:Pertadex :mky_05:

Very Very Nice Ripiu Om Kitteh :big_exellent:

Ini Bimmer Bonnet nya panjang bener ya? ujung bonnet keliatan ga Mod? :big_smile]

Sanrup emang ga ada atau sunat mod? :big_slap:
Thank you bro konan... :mky_01:

Memang cukup panjang, tapi berhubung ane mahakitteh, ujung bonnet pasti nya terlihat dengan baik dan jelas... :big_smoking:

Versi terendah xDrive18i dan xDrive20i ga punya sunroof... kayaknya di model entry level, sunroof itu opsional... :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27666
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by DOHC »

mmmm... setir kecil... ksukaan ane...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by billyd1773dz »

wowh mantep bro :D :D

hehe powerbandnya sempit bearti ya 2000-3000 saja, sampai redline jadi asma atau ngisi terus? redline nya di 5.5K yah?

jd mending 320i kah enjinya? hehe...
liat powerbandnya 320i meski torsi lebih kecil, tp powerbandnya jauh lebih luas... peak torsi uda di dapat dri 1250rpm yg diesel ini baru di 1750 *from spec sheet*

jd apa saat ini masih berlaku anggapan klw diesel selalu lebih baik low end torque nya (1000-2000rpm) ? 2K-3K di diesel sudah mid rev hehe :D

imho diesel modern banyak yg di posisikan sebagai opsi alternatif untuk mendapatkan fc dan emisi, jarang *bukan tidak ada* yg dari awal di posisi kan untuk performa *yes those with M char* . klw jadi beti dgn gasoline fcnya orng mikir utk beli diesel,kec opsi gasolinenya not good. toh soal performa turbo gasoline bisa punya powerband lebih luas,suara lebih merdu, rev lebih tinggi lebih ringan, seharusnya performa jg lebih baik.

kalau dieselnya d tune ulang fokus ke performa,powerband nya di bikin lebih luas then it become a true torque monster. :mky_02:

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Sat Jun 07, 2014 14:01, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by sukribo »

Ah ... One good review mod .... as always :big_exellent:
Detail, akurat, imaginatif .....and with proper drift too :mky_02:
*Really missed this TD ... hiks :frm_bang_head:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by haristk7 »

very nice review mod kitteh, sayang interiornya bukan yang seperti ini

Image

layar sekecil itu mah serba tanggung ukurannya :mky_05:

btw, untuk line up X3 di Indonesia, X3 diesel masuknya entry level X3 atau bagaimana ?
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by campoeran »

Pernah td unit yg sama pas ada pameran td di kompleks perumahan. Ane coba juga series3 . Enakan setir yg sedan ui . Tp kl milih ini atau harrier bari , wa megang ini deh.
Saingan x3 dari mercy kl gak salah namanya glk ya? Lupa namanya tp pernah lihat di internet modelnya cukup oke loh , kenapa mercy gak coba masukin ya dg versi trondol 799jt :)
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by WongZo »

Nice review om cat :off_good_job: , X3 ada X5 ada, tgl X1 reviewnya blm ad hehehehe :big_grin:
billyd1773dz wrote:wowh mantep bro :D :D

hehe powerbandnya sempit bearti ya 2000-3000 saja, sampai redline jadi asma atau ngisi terus? redline nya di 5.5K yah?

jd mending 320i kah enjinya? hehe...
liat powerbandnya 320i meski torsi lebih kecil, tp powerbandnya jauh lebih luas... peak torsi uda di dapat dri 1250rpm yg diesel ini baru di 1750 *from spec sheet*

jd apa saat ini masih berlaku anggapan klw diesel selalu lebih baik low end torque nya (1000-2000rpm) ? 2K-3K di diesel sudah mid rev hehe :D

imho diesel modern banyak yg di posisikan sebagai opsi alternatif untuk mendapatkan fc dan emisi, jarang *bukan tidak ada* yg dari awal di posisi kan untuk performa *yes those with M char* . klw jadi beti dgn gasoline fcnya orng mikir utk beli diesel,kec opsi gasolinenya not good. toh soal performa turbo gasoline bisa punya powerband lebih luas,suara lebih merdu, rev lebih tinggi lebih ringan, seharusnya performa jg lebih baik.

kalau dieselnya d tune ulang fokus ke performa,powerband nya di bikin lebih luas then it become a true torque monster. :mky_02:

:beer:
Bknnya 320d bro, 320i kn bengsin :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by billyd1773dz »

WongZo wrote:Nice review om cat :off_good_job: , X3 ada X5 ada, tgl X1 reviewnya blm ad hehehehe :big_grin:
billyd1773dz wrote:wowh mantep bro :D :D

hehe powerbandnya sempit bearti ya 2000-3000 saja, sampai redline jadi asma atau ngisi terus? redline nya di 5.5K yah?

jd mending 320i kah enjinya? hehe...
liat powerbandnya 320i meski torsi lebih kecil, tp powerbandnya jauh lebih luas... peak torsi uda di dapat dri 1250rpm yg diesel ini baru di 1750 *from spec sheet*

jd apa saat ini masih berlaku anggapan klw diesel selalu lebih baik low end torque nya (1000-2000rpm) ? 2K-3K di diesel sudah mid rev hehe :D

imho diesel modern banyak yg di posisikan sebagai opsi alternatif untuk mendapatkan fc dan emisi, jarang *bukan tidak ada* yg dari awal di posisi kan untuk performa *yes those with M char* . klw jadi beti dgn gasoline fcnya orng mikir utk beli diesel,kec opsi gasolinenya not good. toh soal performa turbo gasoline bisa punya powerband lebih luas,suara lebih merdu, rev lebih tinggi lebih ringan, seharusnya performa jg lebih baik.

kalau dieselnya d tune ulang fokus ke performa,powerband nya di bikin lebih luas then it become a true torque monster. :mky_02:

:beer:
Bknnya 320d bro, 320i kn bengsin :big_peace:
iyah maksud saya memang yang bensin.
F30 320i n F25 2.0i dan yg diesel pilihan mesinnya sama kan?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
slazh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Sep 19, 2004 16:28
Location: Indonesia

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by slazh »

Review yang bagus mod, ban RFT nya tidak bisa diganti dengan ban biasa ya ?
Audi Q5 sepertinya juga saingan langsung dengan X3 ini ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by ChZ »

ahh very nice ripiu mod... as always... :mky_02:

tuh kan bener emang kontendernya ML tuh X5 :upss: secara size aja X3 ini 11-12 sama CR-V.... :big_slap:

oh my... diisi Biosolar :big_slap: sptnya karakter mesin yang dibawah ekspektasi akibat biosolar ini.... :big_slap:

sayang ente ga ngabarin ane tadi... kalo dikabarin mungkin ane langsung meluncur dari kosan dengan.............











taxi.... :big_slap:

but i'll try to join the next TD with taxi :mky_03: sementara menunggu SX-4 lagi di opname di UMC... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3282
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by NYoman »

Wow nice review as always mod kucing.. Sayang gak ikutan hho =D
Sygnya saya gak terlalu ngerti gmn powerlossnya, soalnya teringat dengan buasnya mesin 320D harusnya kan engine sama, tp beda bentuk aja sih..
The interior tipikal dengan 3 series..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by axala »

Ach oui, ze X3 diezel...:mky_03:

Wonderba...ze wood, ze leather...biarpun interior yg ditunjukin ama bro haris lebih wonderba :ngacir:

Diisi biosolar? Kacau :big_slap:

Apalagi bimmer...bisa ngerembet kemana2 tu, patutlah performance nya jd kacau juga....but overall...gud, de gasoline one must be prosperous to see :big_comfort:
Pursuit of Perfection
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by madcat015 »

DOHC wrote:mmmm... setir kecil... ksukaan ane...

Bukannya ente lebih suka cup kecil ya mod? :mky_03:

*ngibrit sebelum dilempar 24 biji kelep...* :ngacir:

billyd1773dz wrote:wowh mantep bro :D :D

hehe powerbandnya sempit bearti ya 2000-3000 saja, sampai redline jadi asma atau ngisi terus? redline nya di 5.5K yah?

jd mending 320i kah enjinya? hehe...
liat powerbandnya 320i meski torsi lebih kecil, tp powerbandnya jauh lebih luas... peak torsi uda di dapat dri 1250rpm yg diesel ini baru di 1750 *from spec sheet*

jd apa saat ini masih berlaku anggapan klw diesel selalu lebih baik low end torque nya (1000-2000rpm) ? 2K-3K di diesel sudah mid rev hehe :D

imho diesel modern banyak yg di posisikan sebagai opsi alternatif untuk mendapatkan fc dan emisi, jarang *bukan tidak ada* yg dari awal di posisi kan untuk performa *yes those with M char* . klw jadi beti dgn gasoline fcnya orng mikir utk beli diesel,kec opsi gasolinenya not good. toh soal performa turbo gasoline bisa punya powerband lebih luas,suara lebih merdu, rev lebih tinggi lebih ringan, seharusnya performa jg lebih baik.

kalau dieselnya d tune ulang fokus ke performa,powerband nya di bikin lebih luas then it become a true torque monster. :mky_02:

:beer:
Betul, power band rentang 2000-3000rpm untuk kemudian flat hingga 4000rpm dan asma mendekati redline di 5000. :drinking:

Nah, enjin bensin N20B20U0 untuk VIN 2014 malah rentang power band nya lebar... 270nm di 1250-4500rpm. Sementara mesin diesel baru B47D20 power band nya 400nm di 1500-2250rpm. Enjin diesel jebot 2013 yang lebih sempit.

Sebenarnya tergantung boost turbo dan manajemen mesin, imho bro bil... Sempat tercetus ide chipping untuk merubah rentang power band dan meningkatkan torsi... :mky_01:


sukribo wrote:Ah ... One good review mod .... as always :big_exellent:
Detail, akurat, imaginatif .....and with proper drift too :mky_02:
*Really missed this TD ... hiks :frm_bang_head:
Thank you om sukribo... :mky_02:

TD berikutnya moga2 om sukribo bisa ikut dan moga2 ane bisa dapat mobil BMW lainnya sesuai janji mereka tadi... :mky_01:


haristk7 wrote:very nice review mod kitteh, sayang interiornya bukan yang seperti ini

Image

layar sekecil itu mah serba tanggung ukurannya :mky_05:

btw, untuk line up X3 di Indonesia, X3 diesel masuknya entry level X3 atau bagaimana ?
Thank you bro haristk... :mky_01:

Layar nya such a turn off... dan begitu bro ola liat calon mobil TD berikutnya dia langsung teriak "Bujug! ini mah iPad! bukan iDrive!"

*sementara ane mengagumi 6-inline dan twin exhaust yang integrated di bumper belakang, juga ambient light dan kualitas kabin kelas dewa...* :mky_02:

campoeran wrote:Pernah td unit yg sama pas ada pameran td di kompleks perumahan. Ane coba juga series3 . Enakan setir yg sedan ui . Tp kl milih ini atau harrier bari , wa megang ini deh.
Saingan x3 dari mercy kl gak salah namanya glk ya? Lupa namanya tp pernah lihat di internet modelnya cukup oke loh , kenapa mercy gak coba masukin ya dg versi trondol 799jt :)
Setuju om, mending X3 F25 daripada Harrier baru... parah tuh Elang Emas... mihul banget. :big_slap:

Betul om, GLK dan Q5 menjadi kompetitor langsung X3... :mky_01:

Merc Indonesia masih menikmati penjualan line up sedan dan hot hatches nya om... jadi agak lupa sama divisi SUV... :mky_01:



@bro bil dan bro wongzo: betul, pilihan enjin F30 dan F25 sama persis... :big_grin:


slazh wrote:Review yang bagus mod, ban RFT nya tidak bisa diganti dengan ban biasa ya ?
Audi Q5 sepertinya juga saingan langsung dengan X3 ini ya?
Makasih om slazh... :mky_01:

Ban RFT tentu bisa diganti dengan ban biasa, tapi katanya TPMS atau Tyre Pressure Monitoring System bisa ga aktif dan faulty om... entah benar apa ga...

*baru cek, sebiji RFT 4jeteng plus* :big_slap:

Betul om, Q5 saingan nya X3...


ChZ wrote:ahh very nice ripiu mod... as always... :mky_02:

tuh kan bener emang kontendernya ML tuh X5 :upss: secara size aja X3 ini 11-12 sama CR-V.... :big_slap:

oh my... diisi Biosolar :big_slap: sptnya karakter mesin yang dibawah ekspektasi akibat biosolar ini.... :big_slap:

sayang ente ga ngabarin ane tadi... kalo dikabarin mungkin ane langsung meluncur dari kosan dengan.............











taxi.... :big_slap:

but i'll try to join the next TD with taxi :mky_03: sementara menunggu SX-4 lagi di opname di UMC... :ungg:
Ahhh... thank you bro ChZ... :mky_01:

Ane memberikan kesempatan buat ente untuk istirahat ripiu dulu dan memberikan kesempatan bagi KuSeMers lain untuk coba TD line up SUV BMW.

Plus, tadi jalanan lumayan macet, ente kalo dari kos ke dealer bisa ludes 200rebu lebih untuk bensin. Next time, kalau TD dan mobil ente masih belum selesai, kumpul di mana gitu di daerah Jemursari, trus ente ane jemput dan kita TD.... :mrgreen:


NYoman wrote:Wow nice review as always mod kucing.. Sayang gak ikutan hho =D
Sygnya saya gak terlalu ngerti gmn powerlossnya, soalnya teringat dengan buasnya mesin 320D harusnya kan engine sama, tp beda bentuk aja sih..
The interior tipikal dengan 3 series..
Thank you bro Nyoman... :mky_01:

Ntar kl TD batumakam kita gruduk tuh diler... :mky_03:

Powerloss yg terjadi saat awkward moment itu bro... load enjin rendah, kecepatan sedang, jalur menanjak, throttle ane injak dikiiiiittt aja. Mobil lgs bingung dan yak, powerloss terjadi...

axala wrote:Ach oui, ze X3 diezel...:mky_03:

Wonderba...ze wood, ze leather...biarpun interior yg ditunjukin ama bro haris lebih wonderba :ngacir:

Diisi biosolar? Kacau :big_slap:

Apalagi bimmer...bisa ngerembet kemana2 tu, patutlah performance nya jd kacau juga....but overall...gud, de gasoline one must be prosperous to see :big_comfort:
Itu dia, bro axala, ane penasaran dengan enjin petrol 2.0 turbo nya. Coupled with xDrive, apa yang terjadi ya? :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by ChZ »

madcat015 wrote: Ahhh... thank you bro ChZ... :mky_01:

Ane memberikan kesempatan buat ente untuk istirahat ripiu dulu dan memberikan kesempatan bagi KuSeMers lain untuk coba TD line up SUV BMW.

Plus, tadi jalanan lumayan macet, ente kalo dari kos ke dealer bisa ludes 200rebu lebih untuk bensin. Next time, kalau TD dan mobil ente masih belum selesai, kumpul di mana gitu di daerah Jemursari, trus ente ane jemput dan kita TD.... :mrgreen:
hmm... yang 2 minggu lagi ntar kita janjian lg aja :mky_03: atau ane drop by di rumah ente juga gpp :mky_03:

liburan bakal ane kejar terus itu UMC.... kebangetan kalo bulan 7 belom kelar :big_slap:

yg ane masih penasaran sampe saat ini : 320d :big_slap: dengan enjin sama X3 diesel aja sanggup "geser" waktu puterbalik...

lah 320d bijimane, RWD pulak :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by evolution21 »

Sayang bgt reviewnya dalalm kondisi mesin ga optimal..
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by jason28 »

Nice review om kitty :mky_02: :mky_02:
Kecil amat tuh layar? :big_chicken:

Aduh telat comment deh :frm_bang_head:
asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by asunu »

Nais review as usual om madcow...errr..madcat. Utk harga segitu wow factor x3 minim banget yak..jd cepet ngebosenin. Request ripiu gs250 dong om kalo ada hehehe
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by AD74YA »

Betul,berdasar kelas yang sama

GLA vs X1
GLK vs X3
ML vs X5

Good review oom madcat, mengenai drift, memangnya mobil ini bisa tailslide dengan kecepatan rendah? Rasanya undepowered sekali
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by madcat015 »

AD74YA wrote:Betul,berdasar kelas yang sama

GLA vs X1
GLK vs X3
ML vs X5

Good review oom madcat, mengenai drift, memangnya mobil ini bisa tailslide dengan kecepatan rendah? Rasanya undepowered sekali

Terima kasih om helm... :mky_01:

Nah, untuk drift, memang sedikit tricky karena unit ini sedikit "pincang" mesin nya.

Ane iseng bikin kurva torque alakadarnya:

Image



Ane memperhatikan karakter mesin saat bro ola TD pertama kali. Lgs flat out malah cenderung malas, mobil sudah sempat melaju dan torsi sudah mendekati 70-75%. Jadi, sisa 30-35% di atas tidak terlalu impresif lonjakannya. Karena kurva torque band cenderung stabil dan panjang...

Nah, saat ane TD, dan mencoba akselerasi, ane berusaha mencari karakter mesin ini. ternyata torque nyaris kosong di bawah 2000rpm dan baru bagus saat 2500up. Makanya saat di U turn Citraland, ane creeping di D, spool up ke 2200 selama 1-2 detik, banting setir lalu revved up ke 4000. Kecepatan awal dari 10kpj naik ke 30an kpj untuk kemudian bokong mobil bergeser di 40kpj.

Sedikit tricky memang untuk dpt the most from this ill-fueled engine. :ungg:


asunu wrote:Nais review as usual om madcow...errr..madcat. Utk harga segitu wow factor x3 minim banget yak..jd cepet ngebosenin. Request ripiu gs250 dong om kalo ada hehehe
Makasih om asunu :mky_01:

Wow factor untuk diesel version nya memang kurang sekali. Karena mesin yang kurang optimal dan iDrive kecil, minus panoroof.

Errr.... GS250... ane nyari dimana ya... :ungg:


jason28 wrote:Nice review om kitty :mky_02: :mky_02:
Kecil amat tuh layar? :big_chicken:

Aduh telat comment deh :frm_bang_head:
Thank you bro jason... :mky_03:

Layar iDrive benar2 bikin ane bengong. So small... sableng bener mmg versi entry level ini.

evolution21 wrote:Sayang bgt reviewnya dalalm kondisi mesin ga optimal..
Betul om evo. Dari awal ane denger pengakuan kalau ni mobil baru di isi biosolar aja uda begidik. Pas liat warning menyala dan iDrive vehicle information yang menyarankan untuk segera service, feeling ane tambah ga enak.

Ternyata beneran, enjin pincang. :big_slap:


ChZ wrote:
madcat015 wrote: Ahhh... thank you bro ChZ... :mky_01:

Ane memberikan kesempatan buat ente untuk istirahat ripiu dulu dan memberikan kesempatan bagi KuSeMers lain untuk coba TD line up SUV BMW.

Plus, tadi jalanan lumayan macet, ente kalo dari kos ke dealer bisa ludes 200rebu lebih untuk bensin. Next time, kalau TD dan mobil ente masih belum selesai, kumpul di mana gitu di daerah Jemursari, trus ente ane jemput dan kita TD.... :mrgreen:
hmm... yang 2 minggu lagi ntar kita janjian lg aja :mky_03: atau ane drop by di rumah ente juga gpp :mky_03:

liburan bakal ane kejar terus itu UMC.... kebangetan kalo bulan 7 belom kelar :big_slap:

yg ane masih penasaran sampe saat ini : 320d :big_slap: dengan enjin sama X3 diesel aja sanggup "geser" waktu puterbalik...

lah 320d bijimane, RWD pulak :mky_03:
Yep, moga2 ada kabar baik dari BMW. :mky_02:

F30 320d bisa jadi menjanjikan karena RWD, tidak seperti X3 yang AWD. RWD nyata lebih cepat respon tenaga ke gardan karena ga dibagi2 macam xDrive system.

Asal, tuh diesel enjin sehat yak. selisih 100nm dalam rpm lebih rendah bisa jadi sangat menyenangkan.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by Turboman »

Bawa mobil Diesel teknik nge-gas nya yg benar ya diurut, bukan lgs dibejek dalam2

Kalo odo udah banyak ada kemungkinan katalik mulai mampst tuh........kalo dibuatkan downpipe plong pasti spool up Turbo nya akan lebih cepat
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by billyd1773dz »

mungkin bisa jadi obat klw yg ngerasa kurang tenaga, tp sayang garansi dan err siap keluar uang lebih mahal dbanding paket non official..
http://www.bmw.com.my/bmw_diesel_power_kit/index.html
paket official bmw...

Image
BMW M Performance Power Kit for BMW 320d

Equipment for the fast lane: Software and hardware components for your BMW 320d for even better performance – now and in the long term. Includes a modified engine as well as an enlarged air cooler, perfectly adapted to cope with the higher thermic requirements. Includes M Performance lettering for the side sills.

• Improved performance from 135kW/380 Nm to 147 kW/420 Nm*, elasticity from
0-100 km/h: - 0.3 sec.
• Improved response and more power delivery.
• Continues to fulfil the quality and warranty standards.
• Fuel consumption and CO2 emissions remain unchanged.
• *Maximum torque depends on gear selected.

Included in delivery:
• Engine control device including latest engine data, air coolers, BMW M Performance kit aluminium plaque, M Performance lettering for the side sills.
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by hariy »

:e-clap: :e-clap: ripiu yg bikin ....*clegukk* ngeces : mode on......
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review BMW F25 X3 xDrive20d 2013

Post by Turboman »

@Billi :

Udah ada Dastek Q4 yg konon applicable utk Diesel2 Eropa modern

Sigma udah jual tu
* Bukan ajakan Beli *