Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newcomers
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30

Post by newcomers »

Wah, baru ditinggal 2 hari udah rame aja nih thread, selamat bung Wardana toko anda paling laris, mau kasih masukan aja nih buat diosk, yang penting ikuti kata hati aja and kata hati keluarga, jangan sampe nanti setelah beli mobil jadi berantem terus sm istri hahahaha....
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Dari thread livina users dah banyak yang indent nih tunggu bung wardana n bung sithlord aja yang berjuang mati2an untuk membela. Daftar dong.

Bung fusion gw dah cek di website china bulan 9 lalu n gw dah suka banget. Memang gw udah ada hatchback "RENAULT CLIO", sedan "CHEVY OPTRA", Lagi cari MPV dan SUV. mpv "NISSAN LIVINA" dan SUV "CHEVROLET CAPTIVA" Tinggal kumpul duit lagi beli Mobil PREMIUM tapi 10 taon lagi kali hehehe
newcomers
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30

Post by newcomers »

All, mau tanya nih kalo mobil gonta-ganti BBM boleh tidak tanpa harus ada penyetelan ulang, contoh 3 bulan lalu pertamax hanya Rp4.750/liter so kan banyak orang yang berpindah dengan mengisi pertamax, but sekarang dimana pertamax sudah Rp5.600/liter orang ada yang balik lagi pake premium, nah kondisi seperti itu sebenarnya diperbolehkan tidak untuk mesin mobil itu sendiri?
Soalnya denger2 dari orang bengkel beda2 semua ada yang bilang mesin harus distel ulang, ada yang bilang tidak masalah tapi tangki harus dikuras dulu, malah ada yang bilang harus dicampur dulu 1/2 premium dan 1/2 pertamax untuk beralih ke jenis BBM yang diinginkandan ada juga yang bilang tidak perlu tindakan apa2 boleh langsung isi sesuka kita kapan saja? sorry agak OOT tapi saya bingung sekali, PLZ Help!!!
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bung Newcomers jika anda pingin mobil yang "FUN TO DRIVE", "FUN TO RIDE", "FUEL CONSUMTION", "COMFORT", "STABILITIY" AND "DESIGN" pilih LIVINA

Jika anda ingin mobil "EXTRA SPACE", "BIGGER SIZE", "EXTRA COST" pilih INNOVA
All, mau tanya nih kalo mobil gonta-ganti BBM boleh tidak tanpa harus ada penyetelan ulang, contoh 3 bulan lalu pertamax hanya Rp4.750/liter so kan banyak orang yang berpindah dengan mengisi pertamax, but sekarang dimana pertamax sudah Rp5.600/liter orang ada yang balik lagi pake premium, nah kondisi seperti itu sebenarnya diperbolehkan tidak untuk mesin mobil itu sendiri?
Soalnya denger2 dari orang bengkel beda2 semua ada yang bilang mesin harus distel ulang, ada yang bilang tidak masalah tapi tangki harus dikuras dulu, malah ada yang bilang harus dicampur dulu 1/2 premium dan 1/2 pertamax untuk beralih ke jenis BBM yang diinginkandan ada juga yang bilang tidak perlu tindakan apa2 boleh langsung isi sesuka kita kapan saja? sorry agak OOT tapi saya bingung sekali, PLZ Help!!
Selagi memang mobilnya masih bisa menerima premium TT itu tidak problem, Kalo anda sangsi beli aja FUEL ADDITIVE kaya HOT PILLS, STP OCTANE BOOSTER, DYNOTABS yang gunanya menambah octane dan membersihkan ruang bakar.
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14

Post by foomy »

iya sama dgn newcomer, mau nanya soal gonta ganti bensin. Kalo soal oktan kurang kan bisa ditambah aditif dan itungannya tetep lebih murah daripada pake pertamax (kalo pertamax ama premium beda jauh harganya). Perasaan pernah baca kalo ECU udah otomatis ngatur waktu pengapian, tapi pernah juga baca kalo musti diatur. Atau tergantung ECUnya canggih atau kuno? PLS, yg bisa kasih tau. BTW, GL (Grand Livina) udah pake CC blon? Harusnya sih udah yah, tapi gua blon sempet ke showroom ambil brosur ama test drive.

edit: soal CC ternyata udah dijawab di thread lain. Thx.
newcomers
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30

Post by newcomers »

Thx, bung Winata, saya sih udah indent Grand Livina dan saya sudah mantap dengan pilihan saya.
Ohh jadi Grand Livina bisa gonta-ganti BBM pertamax maupun Premium kapan aja kita mau ya... tanpa ada penyetelan ulang atau perlakuan khusus.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Dari harga sekarang sih lebih prever pake pertamax daripada zat additive. Misalnya livina premium full tank 52.6 x 4500 = 236700 kalo pertaman 52.6 x 5600 = 294560 selisih 57860. Zat additive stp octane booster 31500

Berarti premium + zat additive = 268200 sedangkan pertamax 294560 berarti beda 26360. Gw sih pilih pertamax tapi tergantung orang ya. Apalagi isi setengah2 mendingan pertamax toh ga jauh beda.

Karena livina standar euro3 maka CC pasti dah terpasang. Kalo CC dah terpasang minimal Premium tanpa timbal. Kalo premium timbal itu bakal merusak ccnya. Tapi tenang seluruh Indo dah dipasok premium TT kok.

Mengenai pengunduran waktu pengapian, selagi mesin tidak ngelitik waktu isi premium aja ga usa mundirin pengapian, kalo mundirian akibatnya boros dan kurang tenaga
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

diosk wrote: Saya sih nggak perlu performance mesin yang hebat, yang penting mobil yang nyaman buat bawa keluarga, handal, merawatnya mudah. Karena saya sudah punya sedan, jadi Innova kayaknya lebih cocok. Kalau ambil Livina, jadinya nanti seperti punya dua sedan...
Mmg benar GL termasuk jenis sedan wagon (station wagon) shg perhitungan daya angkutnya lebih terbatas dibandingkan van (spt Serena misalnya).
Coba simak di website Nissan-Japan yg diinfokan oleh bung Sith Lord ini http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0612 ... main3.html ternyata perhitungan Nissan-Japan atas perkiraan berat 1 (satu) penumpang sedannya adalah +/- 50 kg [{=(1385 kg - 1100 kg) : 5} - berat bawaan 5 kg/penumpang].
Makanya ketika perihal pemilihan ban 185/65/15 (kecil) di GL dipertanyakan, pihak NMI memberi jawaban klu ban tsb memenuhi std utk daya angkut GL (7 seater) dibawah 1650 kg !! :o Mungkin beban 7 penumpang tsb hanya diperhitungkan setara dgn total daya angkut 350-400 kg saja.
Coba bandingkan dgn sedan lainnya spt contohnya Suzuki SWIFT M/T yg berbobot kosong 1000 kg & daya angkut max 1485 kg shg berat 5 (lima) penumpang + barang bawaan diperhitungkan oleh Suzuki sbg 485 kg (= 1485 kg-1000 kg) ato +/- 90 kg/penumpang.

Btw GL masih pilihan mumer terbaik utk jenis sedan wagon dgn daya angkut 350-400 kg.
Last edited by Smatic on Sat Apr 14, 2007 5:21, edited 2 times in total.
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

hehe... pilih mobil... gw sih yang penting suka, pertimbangan rasionalnya, setuju seperti Bung Winata, tapi kalau nggak masuk... lagi2 yg penting suka.. karena suka itu relatif.
Gw biasa pake suv 4x4, vitara dan sportage, kl pake u/ macet ya..boros... ajrut2an dan mengurangi ngantuk..hehe, cuma enak buat yg didepan.. lagi2 karena gw suka...
Mau cari mobil keluarga... ya cari yang suspensinya dan chasisnya nggak seperti suv 4x4 (yg rigid axle) biar nyaman dan stabil, ground clearance agak tinggi biar survive lewat barisan polisi tidur, nggak gede dan panjang biar muat dikandang... pertimbangan yg terbalik dengan daya muat yah... yg penting sesuai dengan kebutuhan dan tentunya affordable.
Setelah tahu Nissan mau keluarin MPV budget, browsing geniss di China ok juga...iden deh.. dan setelah test drive mantap ....
newcomers
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30

Post by newcomers »

Wah, kayaknya kita mesti berterima kasih nih sama B Wardana, melalui tokonya kita bisa saling berbagi informasi dan pengalaman..., Thx B Wardana.
User avatar
fusionkit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48

Post by fusionkit »

Iya nih, karena forum ini juga gue jadi semakin positif utk ambil GL.

Btw, barusan abis TD 1.5XV MT lagi di Nissan Kelapa Gading, abis kemaren pas di Senayan City TD cuma sebentar..

Tadi trek lumayan asik, berasa tarikan dan suspensinya yg ok banget.. dibawa ngebut dijalan rusak, bahkan gue hajar abis pas ngelewatin polisi tidur.. suspensi jauh banget kalau dibandingin ama AVZ.. isi 5 orang, posisi 2+2+1 semua orang dewasa.. tarikan lumayan responsif dan yg paling asik, keadaan kabin hening walau rpm sudah tinggi karena memang tadi gue tarik abis sampe rpm 6000, pengen tau aja..

jadi pengen buruan pake nih mobil.. cuma masih mesti tunggu apling cept bulan depan.. cuma td ngobrol sama salesgirl-nya katanya akhir bulan ini sudah ada pengiriman mobil.. cuma kalau yg indent sekarang barang baru terima agustus - september untuk yg 1.5 .. :cry:

untungnya gue udah indent dari minggu lalu, gilee.. beda seminggu udah beda antiran 2 bulan.. alamak..!
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14

Post by foomy »

walah, kmrn malem bela2in ke bsm buat liat, eh taunya pamerannya udah lewat. Nanti baru ada di ip tgl 18. Kalo gini bisa2 pas gua mau inden kebagiannya udah keburu bosen nunggunya.
Pls tolong dong yg di bdg yg udah dp, minta no telp salesnya. Siapa tau bisa anterin brosurnya ke gua. Senen-Sabtu terus ngantor nine to five. Kaga bisa ke showroom di veteran buat liat langsung.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

newcomers wrote:Thx, bung Winata, saya sih udah indent Grand Livina dan saya sudah mantap dengan pilihan saya.
Ohh jadi Grand Livina bisa gonta-ganti BBM pertamax maupun Premium kapan aja kita mau ya... tanpa ada penyetelan ulang atau perlakuan khusus.
setaw gw semua mobil juga bisa kyk gitu bos.. tapi kalo jangka panjang n kalo maw enak...

misalnya mstinya minum pertamax tapi lo maw minum premium, timing apanya gitu msti di setting ulang.. jadi tenaga yg dihasilkan maksimum..

setau saya bgitu..hehe
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

hunter wrote:
Sithlord wrote:Kalau baris 2 OK lah, Innova unggul, meskipun ngak gitu beda jauh banget, especially untuk jalan jauh, sama pegalnya nanti untuk 3 dewasa.
Tapi dalam hal baris 3, lebih dekat lagi iya. Baris 3 Innova mana enak sih di dudukin 3 dewasa ? 2 orang pas, SAMA dengan Livina. Posisi duduknya juga mirip.
masa sih bung lord? setahu gua baris ke 3 innova itu sama lebarnya sama baris 2. jadi innova itu 2-3-3.
Pula Innova kalau baris 3nya di lipat, ribet dan makan tempat untuk bagasi.
nah ini yg gua paling gak suka dr innova. bangku baris 3 kalo dilipat kayak gitu. payah banget. pdhal kalo innova mau kreatif dikit, gua yakin tuh bangku2 bisa diakalin spy efisien penataannya baik waktu terbuka atau tertutup.
itu udah maksimal bro bwat innova,, coss innova tuh truck base.. jadinya ruang untuk baris ke tiga dilipetnya ke atas,, pajero yg lama diilipetnya ke atas juga, kalo jeep2 yg laen gak tau deh.. gara2 gak ada ruang bwat bawahnya kali yah..
hanzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53

Post by hanzz »

udah denger belom, harga udah mau naik tuuh tapi engga jadi 5 jeti, 'cuman' 2-3jetian.
Sorry OOT.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Info dari Kompas nih, gile inden udah 3600 unit.

Pesanan Grand Livina di Yogyakarta Membludak

Baru diluncurkan sekitar satu minggu, pesanan mobil Grand Livina yang masuk ke diler Nissan Yogyakarta sudah mencapai 75 unit. Selama setahun ini pihak diler mentargetkan penjualan Grand Livina sebanyak 180 unit. Rendahnya suku bunga kredit perbankan akan menjadi stimulus bagi pasar mobil keluaran terbaru Nissan tersebut.

Operation Manager Nissan Yogyakarta Johan Cahaya, di sela-sela pameran Grand Livina di Plaza Ambarrukmo, Jumat (13/4) siang mengatakan harga penawaran yang lebih terjangkau serta model elegan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Grand Livina. "Apalagi kami juga menawarkan sistem inden dengan harga mengikat," katanya.

Menurut Johan, kuota Livina yang diterimanya hanya 30 unit per bulan. Karenanya sejumlah pembeli terpaksa harus inden. Secara nasional total inden yang sudah masuk mencapai 3.600 unit . Sebelumnya Nissan banyak memproduksi mobil jenis jeep. "Sekarang kami coba masuk ke kelas APV karena pasar mobil jenis ini tengah membengkak," imbuhnya.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Di website http://www.nissan.co.id > vehicles udah ada lho info Livina lengkap.

Pantesan kemarin website issan down melulu, rupanya lagi update website ya.
frontier

Post by frontier »

Kayaknya mau gak mau kita akan liat si Lipinah akan jadi raja baru menggantikan si Inopah ya...
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Smatic wrote: Mmg benar GL termasuk jenis sedan wagon (station wagon) shg perhitungan daya angkutnya lebih terbatas dibandingkan van (spt Serena misalnya).
Coba simak di website Nissan-Japan yg diinfokan oleh bung Sith Lord ini http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0612 ... main3.html ternyata perhitungan Nissan-Japan atas perkiraan berat 1 (satu) penumpang sedannya adalah +/- 50 kg [{=(1385 kg - 1100 kg) : 5} - berat bawaan 5 kg/penumpang].
Makanya ketika perihal pemilihan ban 185/65/15 (kecil) di GL dipertanyakan, pihak NMI memberi jawaban klu ban tsb memenuhi std utk daya angkut GL (7 seater) dibawah 1650 kg !! :o Mungkin beban 7 penumpang tsb hanya diperhitungkan setara dgn total daya angkut 350-400 kg saja.
Coba bandingkan dgn sedan lainnya spt contohnya Suzuki SWIFT M/T yg berbobot kosong 1000 kg & daya angkut max 1485 kg shg berat 5 (lima) penumpang + barang bawaan diperhitungkan oleh Suzuki sbg 485 kg (= 1485 kg-1000 kg) ato +/- 90 kg/penumpang.
Btw GL masih pilihan mumer terbaik utk jenis sedan wagon dgn daya angkut 350-400 kg.
Bung Smatic, kalo gitu ban apa yang lebih cocok buat GL ini? trus kalo ganti ban velg nya perlu diganti juga ga?
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

skullkid wrote:
newcomers wrote:Thx, bung Winata, saya sih udah indent Grand Livina dan saya sudah mantap dengan pilihan saya.
Ohh jadi Grand Livina bisa gonta-ganti BBM pertamax maupun Premium kapan aja kita mau ya... tanpa ada penyetelan ulang atau perlakuan khusus.
setaw gw semua mobil juga bisa kyk gitu bos.. tapi kalo jangka panjang n kalo maw enak...

misalnya mstinya minum pertamax tapi lo maw minum premium, timing apanya gitu msti di setting ulang.. jadi tenaga yg dihasilkan maksimum..

setau saya bgitu..hehe
Setau saya sih ga perlu stel apa2 kalo dah ada anti-knocking sensor?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Livina standar ronnya 91. Tetapi kalo pake bensin ron 88 masih diambang toleransi dgn konsekwensi tarikan agak kurang dan ruang bakar berkerak. Makanya harus sering2 carbon clean. Kalo ron 95 kaya carnival diisi ron 88 baru parah ngelitiknya.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

andihp wrote: Bung Smatic, kalo gitu ban apa yang lebih cocok buat GL ini? trus kalo ganti ban velg nya perlu diganti juga ga?
Pake ban tipe "H" (kec max s/d 210 km/jam) & load index 90 keatas spt : ban ukuran 195/65/15 91H ato 205/60/15 91H (velg 15 inci yg lama bisa dipake dgn catt lebarnya 5,5 inch ke atas) utk GVW (Gross Vehicle Weight) s/d 1800 kg (beban +/- 500 kg).

Klu mau pake bensin Premium di GL sebaiknya ditambah "acetone" (cairan utk kutek kuku) cukup sekitar 0,2% (100 cc acetone setiap 50 liter premium) ttp jgn berlebihan malah jadi boros agar lebih bersih hasil pembakarannya krn dgn tambahan acetone maka tegangan permukaan bensin Premium akan lebih mudah terbakar/lebih banyak bensin yg terbakar walaupun waktu pengapian dimundurkan oleh ECU krn pemakaian oktan bensin yg lebih rendah dp yg diperlukan oleh mesin ybs.
Harga acetone @ Rp 20-25 rb/liter (mumer).
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ngapain sich ganti ban GL, kan bannya Dunlop SP300 sudah berkode H berarti bisa 210 km/jam.
Image
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

FYI

Ini contoh torsion beam yang dipakai suspensi livina belakang. Suspensi sederhana, mudah perawatan tapi nyaman. Dan livina suspensi belakangnya torsion beam with ripple shock control(Suspensi yang paling enak dan lega dikelas mpv murah indonesia)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

gw barusan aja sempet liat livina
itu pun cuma yang tipe 1.5xv mt
soalnya yang dibuat pameran cuma 1 doang....
beda sekali dengan fotonya..
emang keliatan sempit baris ke 2, apalagi baris ke 3. :lol: