Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Winata wrote:Bung wardana masalah torsi dan tarikan bbm disini aja ya. Utk perpanjang rekor thread agar tak terkejar heheie

kalo a/t Overdrive baru irit kan. OD itukan rpmnya tinggi2.

bung foomy yg livina ultimate 1.8 a/t bs jd alternatif. Ada abs,ebd,ba, groundclearence 185mm, tarikan ok, cocok utk keluarga anda. Yg 1.5 a/t ama avanza 1.5 a/t secara kasat mata iritan yg livina tp ujung2 tergantung anda cara bawanya. Kalo 1.8 ama yg 1.5 ga terpaut jauh.

wah milis sebelah jg dah join kita. Met bergabung. Iya nih kita buat komuniti yg besar. Selaen keren bisa masuk tv n majalah dan berharap NMI donate jg.
OD off tuh bwat jalan lurus..kalo mau sedikit engine brake od on..kalo gak salah sih gitu,correct me if im wrong.. wktu itu perna diketwain bokap waktu nyetir altis nyokap yg ada ODnya, odnya dinyalaen terus..hihi..jadi malu..soalnya dlu pake mobil yg sportmodenya (kinda tiptronic)..jadi gak ada od2 an..

setau gw kalo mobil ada OD tuh kuno yah, eterna jaman dlu tuh kalo gak salah pake od2 jgua..eheheh..

yang baru udah pake tiptronic, cvt, invecs, DSG, dst...
Last edited by skullkid on Fri Apr 13, 2007 6:51, edited 1 time in total.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Salam kenal juga bung Tedy,
selamat bergabung di thread ini.
sama seperti bing tedy saya juga tadinya mau ambil avansa 1.5 ato terios tapi setelah test drive gak sreg, dan akhirnya saya yakin memilih grand livina setelah test drive. soal ground clearance bung tedy gak usah hawatir, menurut otomotif sama dengan inova, dan livina sudah ditest di jalan yang cukup rusak sesuai hasil test drive wartawan jogya - denpasar. mengenai menerjang banjir juga aman tentunya dgn batas wajar (setinggi roda) apalagi air intake grand livina berada cukup tinggi di atas (tepatnya di grill depan). sehingga livina adalah pilihan yang tepat.

mengenai transmisi otomatis saya sudah coba yang 1,5 dan 1,8. yang 1,5 di jalan datar cukup responsif, minim hentakan, untuk menyalip juga gak ada masalah memang untuk kick down masih sedikit ada bengong tapi itu wajar karena semua mobil bertrnasmisi matic karakternya seperti itu (honda jazz matic saya juga begitu). hanya di jalan tanjakan agak kurang, saya sudah coba akan tetapi posisi saya rubah ke angka 2 tenaga langsung ada. untuk yang 1,8 tenaga lebih besar lagi dan sangat responsif. ditanjakan saya belum coba, kalo manual saya sudah coba nanjak, tarikan enteng.

masalah konsumsi BBM saya belum bisa ngomong sacara nyata, tapi saya punya feeling livina gak jauh bedalah dengan honda jazz ato avansa untuk dalam kota tapi livina punya keunggulan yang lebih.di thread bung sith lord mengenai konsumsi bbm livina sedang dibahas.

kalo soal handling dan kenyamanan saya sangat rekomend livina, ada baiknya anda test drive baru bisa buktikan omongan saya. kalo sudah cocok segera indent karena antrian sudah panjang.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

hunter wrote:
skullkid wrote:GL tuh apa sih?
Grand Livina :)

iya yah, kalo jendelanya ada pinch protector...mau ngelawan perampok gmana ya....
pertanyaan yg sama gw ajuin ke bokap gw waktu gw masih SD (skitar 7 taunan yglalu)..

heheh...

bokap gw jawap apa yg dlu..hehhe..

seinget gw pas gw duduk di samping bokap, terus gw bka owners manual galant hiunya waktu itu..terus gw tanya.. ini ada gambar bola di jendela bwat apa pa? hehehehe...

yg penting gak buka jendela gede2 lah, 10 centi paling gede dehh.. kalo di perempatan lampu merah gitu bro.. kalo gak perlu banget gak usa..
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

wardana wrote:Salam kenal juga bung Tedy,
selamat bergabung di thread ini.
sama seperti bing tedy saya juga tadinya mau ambil avansa 1.5 ato terios tapi setelah test drive gak sreg, dan akhirnya saya yakin memilih grand livina setelah test drive. soal ground clearance bung tedy gak usah hawatir, menurut otomotif sama dengan inova, dan livina sudah ditest di jalan yang cukup rusak sesuai hasil test drive wartawan jogya - denpasar. mengenai menerjang banjir juga aman tentunya dgn batas wajar (setinggi roda) apalagi air intake grand livina berada cukup tinggi di atas (tepatnya di grill depan). sehingga livina adalah pilihan yang tepat.

mengenai transmisi otomatis saya sudah coba yang 1,5 dan 1,8. yang 1,5 di jalan datar cukup responsif, minim hentakan, untuk menyalip juga gak ada masalah memang untuk kick down masih sedikit ada bengong tapi itu wajar karena semua mobil bertrnasmisi matic karakternya seperti itu (honda jazz matic saya juga begitu). hanya di jalan tanjakan agak kurang, saya sudah coba akan tetapi posisi saya rubah ke angka 2 tenaga langsung ada. untuk yang 1,8 tenaga lebih besar lagi dan sangat responsif. ditanjakan saya belum coba, kalo manual saya sudah coba nanjak, tarikan enteng.

masalah konsumsi BBM saya belum bisa ngomong sacara nyata, tapi saya punya feeling livina gak jauh bedalah dengan honda jazz ato avansa untuk dalam kota tapi livina punya keunggulan yang lebih.di thread bung sith lord mengenai konsumsi bbm livina sedang dibahas.

kalo soal handling dan kenyamanan saya sangat rekomend livina, ada baiknya anda test drive baru bisa buktikan omongan saya. kalo sudah cocok segera indent karena antrian sudah panjang.
seingat saya, ada seminar gitu waktu itu..

kalo beli mobil matic konvensional, kalo bisa yang di atas 2000 cc.. ini juga sesuai pengalaman sih..coz kebetulan bokap ada usaha di bidang mobil gitu.. jadi saya bsa sering gontaganti pinjem mobil..walaupun mobil kantor...

mnurut pengalaman saya, mobil di bawah 2000cc pake matic tuh gak enak, gmana gitu rasanya..hehehe
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

chandra_budiman wrote:
Winata wrote:Yuk bagi para bakal calon LIVINA owner, kita buat yuk GATHERING dan KOMUNITInya. Mungkin Nama Club yang paling sesuai adalha Liv-In-A Club(LIVINA INDONESIA AUTOMOTIVE CLUB).

Kita bisa mulai setelah semua owner sudah menerima mobil ini. Target 3 bulan from now. Gw pilih Bung Lord jadi Ketuanya.
Silahkan joint di milis : [email protected]
Kita memang akan membuat komunitas yang mudah2an nantinya bisa menjadi besar.
kalo gua bilang, nama klub jangan yg jadinya susah disebut atau dipanjangkan.
Livina Indonesia Automotive Club (LIAC) nurut gua gak bener tata bahasanya.
mustinya Indonesia Livina Automotive Club (ILAC), CMIIW.

kemarin2 kalo ga salah ada yg usul NLC (Nissan Livina Club).
kalo waktu itu gua usul INLC (Indonesia Nissan Livina Club)

tau ah...:)
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

hunter wrote:
skullkid wrote:GL tuh apa sih?
Grand Livina :)

iya yah, kalo jendelanya ada pinch protector...mau ngelawan perampok gmana ya....
Emang ngelawan perampok bisa pake power window? baru tau gw :lol:
Kalo nutupin jendela mah bukan ngelawan namanya, kalo ngelawan mah buka pintu berantem tuh sama si rampok.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

maaf double.................
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

skullkid wrote:OD off tuh bwat jalan lurus..kalo mau sedikit engine brake od on..kalo gak salah sih gitu,correct me if im wrong.. wktu itu perna diketwain bokap waktu nyetir altis nyokap yg ada ODnya, odnya dinyalaen terus..hihi..jadi malu..soalnya dlu pake mobil yg sportmodenya (kinda tiptronic)..jadi gak ada od2 an..

setau gw kalo mobil ada OD tuh kuno yah, eterna jaman dlu tuh kalo gak salah pake od2 jgua..eheheh..
tolong donk ada yg mau jelasin tentang Over Driver, kick down, etc2. ??? please.

kmrn baca otomotif, katanya tombol OD (kalo ga salah) di transmisi matic, masih berkesan kuno. tau deh, dan gua liat foto di otomotif, kayak ada yg nongol.. susah jelasinnya.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Setuju bung skillkud, biar tread ini tetap ramai...
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

andihp wrote:Emang ngelawan perampok bisa pake power window? baru tau gw :lol:
Kalo nutupin jendela mah bukan ngelawan namanya, kalo ngelawan mah buka pintu berantem tuh sama si rampok.
hehehe tergantung persepsi eloe ngelawan apa...hehehe
kalo kita diam aja... nah itu ga ngelawan.
tapi kalo kita melakukan sesuatu untuk menghalangi/mencegah perampok itu, yah artinya kita sdh melawan...huehehehehe
nutup jendela untuk jepit tangan perampoknya (atau lehernya...hehehe) kan cukup ampuh :twisted:
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Apr 12, 2007 6:14

Post by foomy »

thx buat winata, hunter, dan wardana yg udah kasih comment dan masukan. Iya, makin lama makin kebelet nih pgn ganti livina. Cuma susah mau liat ke showroom. Paling nanti mlm kalo ada waktu mau ke BSM aja, katanya lagi ada pameran di sono.
Paling nanti bingung antara 1.5 atau 1.8. :D

Btw, pengen nanya, radius putar livina ga gede kaya panther kan?
Mungkin ada yg sama kaya saya, paling kesel kalo pake panther trus musti u turn di jalan bandung. Musti 2-3kali. Kacau deh.
frontier

Post by frontier »

OD bukan yang teler mulutnya berbusa itu ya...
User avatar
secretadmirer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Apr 02, 2007 8:29
Location: Seminyak, Bali

Post by secretadmirer »

hunter wrote: kalo gua bilang, nama klub jangan yg jadinya susah disebut atau dipanjangkan.
Livina Indonesia Automotive Club (LIAC) nurut gua gak bener tata bahasanya.
mustinya Indonesia Livina Automotive Club (ILAC), CMIIW.

kemarin2 kalo ga salah ada yg usul NLC (Nissan Livina Club).
kalo waktu itu gua usul INLC (Indonesia Nissan Livina Club)

tau ah...:)
btw usul saja namanya jangan pakai singkatan2x itu tuh peninggalan orde baru agak berbau militeristik dan pramuka ... he he he (e.g. KLOMPENCAPIR, dsb)

gimana kalo "LIVINA ADMIRER" :P
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

foomy wrote:thx buat winata, hunter, dan wardana yg udah kasih comment dan masukan. Iya, makin lama makin kebelet nih pgn ganti livina. Cuma susah mau liat ke showroom. Paling nanti mlm kalo ada waktu mau ke BSM aja, katanya lagi ada pameran di sono.
Paling nanti bingung antara 1.5 atau 1.8. :D

Btw, pengen nanya, radius putar livina ga gede kaya panther kan?
Mungkin ada yg sama kaya saya, paling kesel kalo pake panther trus musti u turn di jalan bandung. Musti 2-3kali. Kacau deh.
panther touring pasti gede radius putarnya..:D:D

livina gw gak tau..yg gw kijang juga lumayan amat radius putarnya..paling enak kalo gituan mobil yg kecil kali yah, sama sedan juga.. seinget gw nyetir grandis sama elysion muter di muara karang gak bakal bisa sekali.. tergantung panjang mobil sama jarak antar roda juga dhe kyknya...
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

hunter wrote: tolong donk ada yg mau jelasin tentang Over Driver, kick down, etc2. ??? please.

kmrn baca otomotif, katanya tombol OD (kalo ga salah) di transmisi matic, masih berkesan kuno. tau deh, dan gua liat foto di otomotif, kayak ada yg nongol.. susah jelasinnya.
gw paling susah jelasin..

pokoknya kalo OverDrive on tuh mobilnya bisa digeber sampe RPM lebih tinggi (gak langsung ngoper) supya dapet tenaga maksimal, ato waktu tikungan, sedikit engine break..hehe..

kalo kick down pada transmisi otomatis yg konvensional tuh untuk memaksa gear turun ke bawah, en dapetin tenaga maksimal pada rpm lebih tinggi, biasanya bwat mendahuluin gitu..

iya, kalo mobil yg ada OD tuh kyknya transmisinya maasih kuno yah..hehe
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

livina radius putarnya 5.3m
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

skullkid wrote:pokoknya kalo OverDrive on tuh mobilnya bisa digeber sampe RPM lebih tinggi (gak langsung ngoper) supya dapet tenaga maksimal, ato waktu tikungan, sedikit engine break..hehe..

kalo kick down pada transmisi otomatis yg konvensional tuh untuk memaksa gear turun ke bawah, en dapetin tenaga maksimal pada rpm lebih tinggi, biasanya bwat mendahuluin gitu..

iya, kalo mobil yg ada OD tuh kyknya transmisinya maasih kuno yah..hehe
oo jadi untuk OverDrive, berarti tombolnya kt pencet. otomatis perpindahan gigi akan terjadi pd RPM optimalnya (RPM dimana max torsi didapat) ya?

kick down berarti melakukan perpindahan gigi dari D, ke 2 atau ke 1. gitu ? tks.
kondu
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Apr 13, 2007 6:53

Post by kondu »

Salam kenal semuanya..

Saya baru mengikuti forum ini, karena saya tertarik dengan Grand Livina maka saya menemukan forum yg asik ini.

terus terang forum ini sangat membantu saya dan menambah info ttg otomotif buat saya, terutama komentar-komentar dari Bung Lord, Conan, Winata. Berhubung saya udah DP dari tgl 1 Apr 2007 dan di janji-in dapet mobil Mei-Juni, kira-kira ada yang tau ga ya kalo indent mobil di Nissan sama ga dengan di Toyota, maksud saya gini, kalo indent di Toyota kan kadang di bilang baru dapet bulan Juni, tapi begitu kita tambah 5-10 jt itu mobil bisa keluar dalam waktu hanya seminggu, Nah di NMI kira-kira sama ga ya. Thanks
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

hunter wrote:
skullkid wrote:pokoknya kalo OverDrive on tuh mobilnya bisa digeber sampe RPM lebih tinggi (gak langsung ngoper) supya dapet tenaga maksimal, ato waktu tikungan, sedikit engine break..hehe..

kalo kick down pada transmisi otomatis yg konvensional tuh untuk memaksa gear turun ke bawah, en dapetin tenaga maksimal pada rpm lebih tinggi, biasanya bwat mendahuluin gitu..

iya, kalo mobil yg ada OD tuh kyknya transmisinya maasih kuno yah..hehe
oo jadi untuk OverDrive, berarti tombolnya kt pencet. otomatis perpindahan gigi akan terjadi pd RPM optimalnya (RPM dimana max torsi didapat) ya?

kick down berarti melakukan perpindahan gigi dari D, ke 2 atau ke 1. gitu ? tks.
bukan bro..heheh..

but you got the point.. duh gw ada kerjaan neh..tar malem ato besok pagi gw jelasin lagi de..:D:D

ato yg laen pasti ada yg bisa jelasin lebih pinter dari gw

yg pasti kickdown tuh perpindahan gigi pada gear (bukan transmisi)..posisi transimisi masih di D.. tapi kalokita kick down, misalnya posisi gear ada di giig 4, dy akan turun ke posisi lebih rendah (3) sampe rpm tertentu (diatur komputer)..

kalo Od tuh bner ada tombolnya..
diosk
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Apr 13, 2007 6:30

Post by diosk »

Salam kenal. Menarik juga pembicaraan tentang Livina di sini. Kebetulan sejak sebulan lalu saya memang dalam proses sedang cari2 mobil keluarga 7-seater yang pas buat keperluan sehari-hari, karena budget hanya 200jt-an, pilihan awalnya sih hanya
1. Honda Stream
2. Innova G AT
3. Hyundai Trajet
Pilihan 1 dan 3 gugur karena Stream kata dealer Honda sudah tidak produksi lagi (mau keluar model 2007 tapi entah kapan), sementara Trajet agak kurang sreg terutama masalah resale valuenya. Tersisa Innova. Waktu itu belum tahu adanya mahluk baru bernama Livina ini. Begitu baca di tabloid/majalah otomotif tentang Livina yang waktu itu mau di-launch, wah hati saya langsung bilang "ini dia mungkin alternatif yang saya cari". Langsung saya tunda order Innova, dan menunggu launch Livina tanggal 5 April itu. Tertarik dengan varian 1.8 matic Ultimate. Antusias, saya datang ke Senayan City tgl 5 malam dan meskipun ramai sekali seperti pasar senggol, saya berhasil masuk dan melihat sendiri si Livina yang katanya "Innova Killer" ini. Wah! kesan pertama, kok ternyata kecil?? Agak kecewa saya karena ternyata lebih kecil dari gambarnya di majalah dan di internet. Kalau dilihat kabinnya, kok lebih mirip Honda Jazz yang dipanjangkan? Tapi harus diakui, posisi duduk di bangku driver enak dan nyaman, sementara di baris ke-2, leg room dan head room cukup nyaman, tapi dibandingkan Innova yang sudah sering saya naiki, baris ke-2 ini kayaknya kurang lebar. Kalau diduduki bertiga, baris ke-2 sepertinya tidak enak. Tinggi mobil juga tidak sampai setinggi badan saya, jadi kesannya rendah seperti sedan, padahal yang saya inginkan adalah mobil yang agak tinggi (berguna kalau berhenti di lampu merah, pengamen/pengemis tidak mudah melihat isi mobil). Istri saya langsung bilang kurang sreg sama si Livina. Apalagi kata sales-nya, mesti inden sampai akhir Mei atau Juni untuk model 1.8. Yah, batal deh saya meminang Livina. Sepertinya pilihan harus balik ke Innova meskipun itu juga bukan pilihan nomer satu saya.

Sungguh sayang juga ya, sebetulnya Grand Livina ini mobil bagus, tapi positioningnya kalau untuk melawan Innova, sepertinya beda kelas. Dengan harga 138-200jt, Livina ini mungkin lebih pas untuk melawan Avanza 1.5 atau malah Honda Jazz.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Jd a/t livina ada OD ga. Lalu kalo capai maks torsi gmn
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Jd a/t livina ada OD ga. Lalu kalo capai maks torsi gmn
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

diosk wrote:Sungguh sayang juga ya, sebetulnya Grand Livina ini mobil bagus, tapi positioningnya kalau untuk melawan Innova, sepertinya beda kelas. Dengan harga 138-200jt, Livina ini mungkin lebih pas untuk melawan Avanza 1.5 atau malah Honda Jazz.
hehehe emang Livina kalo mau ngelawan Innova agak susah IMHO. krn orang indonesia lebih suka mobil yg lapang dan lega.
sebetulnya Stream dr awal juga mustinya gugur krn scr fisik mana bisa lawan innova. dan Livina ini scr fisik sangat mirip dengan honda stream.
kalo yg dimaksud kelas fisik, sih emang beda. tp kalo maksudnya kelas kenyamanan, wah boleh diaduh tuh. anda sdh test drive? yakin ga mau coba test drive dulu? tapi kalo pertimbangan anda yg paling utama adalah kelegaan di baris 2 dan 3. yah ga usah test drive deh, hanya innova jawabannya. :e-clap:
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bund Diosk,

Betul sekali apa yg dibilang bung hunter, kalo masalah kelegaan jadi syarat utama untuk mobil baru anda seperti innova, sebaiknya jangan ambil livina, apalagi stream jok baris ketiga masih mending livina dari pada stream. ada baiknya coba ajak seluruh keluarga dan test drive, siapa tau berobah pikiran.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Paling penting, seberapa sering baris 2nya di isi 3 dewasa. Jika JARANG sekali, then apa gunanya bayar BBM extra ?


Pula Innova kalau di isi 3 dewasa baris 2 untuk waktu lama jarak jauh saya juga ngak percaya bisa enak. Cuman Alphard / Elgrand yang baris 2 di isi 3 dewasa enak untuk penjalanan jauh.


Toh mobil kebanyakan baris 2 di isi 2 dewasa dan/atau plus 1 anak saja.


I mean, anda berapa % per bulan, per tahun baris 2 di isi 3 dewasa. Tapi HARGA BBM TINGGI dan boros / atau irit BBM, comfort, etc anda hadapi TIAP HARI, TIAP SAAT anda berkendara.


Tapi, RULE No.1 SAAT mau cari mobil. TEST DRIVE ! Who knows anda / istri sudah coba ni mobil bisa sadar ada kebutuhan baru....