Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GRF)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GRF)

Post by ChZ »

Yes, it's all you desire from the last 2 days.

Review sebuah mobil yang tidak bisa dibilang "biasa - biasa saja".

Behold. The Almighty Sports Hatchback from hell. The Subaru from hell.

Subaru Impreza WRX STI A-Line Hatchback (GRF). :big_smoking:

Prepare for thrills!

And hereby, i dedicate this review for you all petrolheadz and rally enthusiast.

========================================
Prologue : The Saturday Morning Surprise.

Sebetulnya di awal datang, MU-X tidak terlalu menarik perhatian kami. Ada sesosok mobil berwarna biru yang jauh lebih menarik perhatian. Ane dan modcat TD MU-X hanya sebagai formalitas belaka buat nambah-nambahin review di SM. Mobil – mobil mewah lainnya pun terlihat tidak menarik karena satu sosok iblis berwarna biru ini.

Sebelum TD MU-X kami sempat tanya ke panitia apakah mobil “biru” ini bisa di Test Drive.... dan panitia bilang hanya display. kami semakin penasaran. Ah masa Cuma display? yakin ? Kok dipajang bareng mobil TD? :e-think:

Akhirnya kami memberanikan diri ke booth merek yang bersangkutan. Brand yang warna logonya sama dengan mobilnya : Subaru.
Modcat melancarkan SSI ke salah seorang sales. Sales tsb awalnya hanya menawarkan TD XV, tapi dengan menyebutkan sebuah “password”, situasi langsung berubah :

MC : “itu mobil biru bisa di TD?”
Y : “Oh bisa ko, boleh kalo mau TD”
MC : “ciyus?”
Y : “iya ko boleh bawa aja”
C : *melongo kayak nggak percaya ini kenyataan*
MC : “bro ChZ, ye dream haz come true... .please get a hand on that thing!”

Ane dengan langkah semangat dan berdebar – debar masih nggak percaya.... :big_chicken: bahwa mobil yang akan ane TD adalah mobil yang ane idamkan sejak lama..... behold... the Subaru from hell.... the devil has unchained.... the devil has risen....

Image

The 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GRF)!!
====================================
Jika anda punya 500juta cash di kantong anda sekarang, mobil seperti apa yang akan anda beli?

Tebakan saya, anda pasti akan membeli mobil yang nyaman, kualitas buatan baik, mewah, gadgetery lengkap, dan s3x appeal yang memadai. 500juta adalah budget yang fleksibel, anda bisa dapat MPV atau SUV mewah baru maupun seken.

Yang jelas anda tidak mungkin mau membeli sebuah mobil yang tidak nyaman, tanpa gadgetery sama sekali, dan tidak menarik di mata wanita.

Tapi sepertinya Tuhan tidak menciptakan otak saya untuk berpikir seperti itu. :shrug: :mrgreen:

Duit 500juta, why not buying some sportscars ? Something you can enjoy keeping your foot on the accelerator pedal in the middle of the night and weekend? Without caring about luxuries or gadgetery? Something very understated, but behaves like a beast.

Am I crazy enough? Indeed. And this car.... gives me lovestruck. Makes my brain even more crazier than it was. Something that thrills all the way on the road, tearing up the road. :big_smoking:

A Street-legal rally car. 300hp dengan high-boost turbo tentunya bukan spek yang “biasa-biasa” untuk mobil harian. Dan mobil ini, memang nggak untuk harian. Kurang gila apa? Bagaimana mobil seperti ini nggak bikin saya ngaceng seketika?

Two Cars, One Fate : Neverending Rivalities.

Mobil yang diimpikan oleh para petrolhead, menjadi collective memory setiap anak-anak di seluruh dunia kalo mobil rally ya Subaru Impreza atau Lancer Evolution. Hingga mereka dewasa. Kenapa saya tau? Karena saya dari kecil juga “dibesarkan” oleh kedua mobil ini.... papa saya dulu pecinta Mitsubishi, pernah punya Galant dan Lancer, dan saya sering dibelikan game balap, saya sering pake Lancer Evo karena mirip dengan mobil papa saya. Dan menciptakan sebuah memory dimana kalo Lancer lawannya pasti Impreza.

Image

Hingga sekarang punya image kalo mobil rally ya Impreza atau Lancer. Walaupun saya masih ingat ada Peugeot 205, Ford Focus, atau Citroen Xsara, tetap saja rivalitas kedua merek ini jauh lebih kuat ketimbang yang lainnya.

Image

Image

Mobil yang sama juga digunakan oleh Almarhum Paul Walker di Fast and Furry-ous 4, mobil yang digunakan juga oleh pereli legendaris Colin McRae, dan seorang pereli sensasional dengan aksi gymkhana nya, Ken Block. Bahkan mobil yang generasi pertamanya juga muncul di anime Initial-D.

Image
Paul Walker in the Impreza

Image
Colin McRae's Impreza


Ken Block's Gymkhana with Impreza

Image
Initial D, Bunta Fujiwara's Impreza

Ya, this is not your ordinary car.

Saya seperti berada di alam mimpi. Yang bener aja? Mobil yang selama ini Cuma bisa saya setirin di game Gran Turismo sambil ngimpi kapan belinya, sekarang barangnya ada di depan mata saya, kuncinya ada di tangan saya? :big_chicken:

Image

Saya percaya dengan kalimat : Sometimes, life is full of surprises. Tuhan seperti sedang bermurah hati kepada saya. Dan dalam kasus ini saya dapat double jackpot 2 hari berturut-turut. Yang pertama sehari sebelum sesi TD ini saya ketemu calon gebetan di GM dan nggak sengaja jalan bareng *kok jadi sesi curhat*.... lalu hari berikutnya saya bisa nyetir mobil yang selama ini Cuma ada di fantasi saya dan video game. What a life! :big_cat:

Ini seperti pergi ke showroom Nissan dikasih kunci GT-R, ke showroom Mazda dikasih kunci RX-7, ke showroom Honda dikasih kunci S2000, ke showroom Mitsubishi dikasih kunci Lancer Evolution, atau bahkan ke BMW dikasih kunci ///M4 atau ///M5. Ya, kesenangannya setara dengan itu semua. Masalahnya, kita ke showroom biasa Cuma dikasih TD econobox atau lousy MPV. You name it. :shrug:

Dan jantung saya berdebar – debar, sesuatu yang tidak pernah saya alami dalam hidup saya. Maybe once in a lifetime.

Dan tingkat kesenangannya? Seperti seorang anak kecil yang baru dibelikan PS3 oleh bapaknya dan diisi game penuh. Nyetir mobil mewah 1M pun perasaan mendebarkannya nggak seperti mobil ini, padahal mobil ini Cuma harga separonya. I am truly excited. Madcat sebagai mentor saya pun membiarkan saya bersenang – senang dengan hell-hound ini sampai puas.

Subaru Impreza WRX STI... ketika kita mendengar nama “STI” di belakang sebuah Subaru, anda tau itu ancaman serius. Se-serius BMW dengan M badge, atau Mercedes dengan AMG badge, atau Honda dengan Mugen RR badge, atau Mazda dengan Mazdaspeed badge, dan Mitsubishi dengan Ralliart badge. So, pikirlah dua kali sebelum “bermain-main” dengan mobil – mobil dari neraka ini.


Dan saya mendapatkan best of the best unit. Why?

1. Model hatchback dengan kode sasis GRF. Not GRB? Kode bodi untuk spek ekspor. Hatchback GRF, sedan GVF. Sedangkan spek JDMnya, GRB dan GVB. Impreza hatchback buat saya jauh lebih menarik dibanding sedan. Karena dengan minus bagasi tentunya mobil akan terasa lebih lincah dibanding versi sedannya, dan handling akan lebih baik hatchback karena wheelbase nya sama persis. Tentu saja dengan bodi hatchback, Impreza WRX STI bisa dikategorikan sebagai sebuah hot-hatch! Sebuah langkah Subaru untuk menarik hati para penggemar VW Golf dan MINI Cooper instead of Lancer Evolution.

2. 5-speed Automatic di STI, sebuas apa performa transmisi A/T nya? STI M/T kita sudah sama-sama tau sebuas apa, tapi A/T? Sehebat atau seburuk apa transmisi E-5AT di WRX STI meredam kebuasan sebuah STI? WRX STI Automatic atau disebut A-Line model dilahirkan untuk memenuhi kebutuhan di Jepang, para senior citizen yang ingin merasakan performa STI tapi terbatas karena hanya memiliki SIM untuk transmisi matik. 5-speed A/T di STI sendiri, adalah 5-speed geared A/T konvensional seperti di your average cars. Tanpa DSG atau teknologi canggih lainnya. (thanks bro haristk7 untuk infonya).

3. WR Blue Mica! Warna iconic sebuah Subaru yang sangat legendaris. Warna kebanggaan Subaru di World Rally. :big_smoking:

A WR Blue Mica Impreza Hatchback A-Line on a sunny day? I am a lucky guy indeed! :big_cat:

Sesuai kata oom sukribo di grup WA KuSeM : “Hell Unleashed”

Image

Bring it on, Subie! :big_smoking:

==============================
Exterior : Understated Ricer-look.

No doubt, penampilan Impreza WRX STI begitu gagah dengan wide body yang sangat lebar dan terlihat berotot. Jujur, saya lebih suka penampilan yang Hatchback, lebih terkesan less-ricer daripada yang sedan. FYI, unit ini adalah edisi facelift yang telah mengalami ubahan di bumper depan.

Image

Image

Dari depan mobil ini begitu intimidatif. Sangat kentara dengan hood scoop segede gaban yang berfungsi untuk pendinginan mesin dan intercooler yang diletakkan top-mount. Bemper yang besar dan lebar, stance mobil yang rendah, dan lampu projector plus grill honeycomb dengan logo STI.

Image

Walalupun kalo orang nggak ngeh akan dikira Baleno Ricer dan langsung ditantang balapan pake Jazz atau Yaris mereka, yang akhirnya membuat mereka malu sendiri karena nggak tau lagi berhadapan dengan sebuah Subaru from hell.

Image

Image

Kesan muscular begitu kentara dari samping hingga belakang. Wide body yang menyambung dari fender depan – side skirt – fender belakang, membuat profil STI terlihat sangat berotot.

Image

Wide fender di depan dilengkapi dengan side vent yang tidak hanya berguna sebagai hiasan, tapi berguna untuk membuang panas dari engine. Walaupun dari sisi aerodinamika, side vent ini juga berguna untuk mengarahkan angin dan mengurangi turbulensi aliran di ruang roda.

Yes, a Subaru from hell needs some proper cooling, karena sang empunya nggak mungkin beli STI Cuma untuk cruising santai, pasti akan sering dibawa flat out. Wong saya nggak punya mobilnya aja selama TD flat out melulu kayak orang gila :mky_03: but that’s the proper way of driving a Subaru with STI badge. :big_smoking:

Image

Image

Profile mobil yang rendah dan velg besar berukuran 18inch dengan ban 245/40/18 membuat stance mobil terlihat perfect. Garis atap bagasi landai juga membuat STI terlihat seksi.

Image

Bagian belakang tentu saja favorit saya, di satu sisi terkesan understated, di sisi lain terkesan intimidatif dengan quad-tailpipes yang sangar di bawah diffuser. Plus, logo STI yang terkesan sangat provokatif dengan warna merahnya.

Image

Uniknya, di mobil ini, chrome is overrated. Tidak ada chrome sama sekali di mobil ini! kecuali di emblem – emblem saja. Tidak terkesan bling – bling jadinya. Cukup bagus untuk memberikan kesan understated walaupun terlihat ricer.

Image

Quad-Tailpipes. Behold ye miserable mortals, ye end iz near! :big_smoking:

Writer’s subjective opinion :
Dari dulu saya selalu menyukai exterior Impreza GRF. Profil hatchback lebih cocok dibandingkan dengan sedan yang pantatnya terkesan dipaksakan. Pun begitu less ricer karena tidak ada wing tiang jemuran segede gaban di belakang.

Exterior Score : 10/10.

=====================================
Interior : No Luxuries, No Gadgeteries = No Distraction.

Bicara interior di STI rasanya overrated juga. Tapi ya nggak papa, saya bahas singkat saja.
Dashboard

Image

Jangan mengharapkan dashboard softpad empuk atau berbagai macam luxuries lainnya seperti wood panel. NO! Di Subaru, luxuries are overrated. Bahan dashboard semua hard plastic (alasan demi reduksi bobot? Mungkin. :shrug: ).

Image

Well, desainnya terkesan plain, tapi jujur saya suka karena dengan less gadgetery di kabin = less distraction. Just focus on the road and put the pedal to the metal! :big_smoking: Joknya menggunakan semi bucket seat dengan emboss logo STI. Mobil ini bukan UK-Spec, jadi tidak dilengkapi dengan RECARO semi bucket seat.

Image

Sekilas, center dashnya membuat saya teringat dengan............. :big_chicken:

Image

Suzuki SX-4. :big_slap: MIDnya sederhana mirip dengan SX4 pre-FL. Aluminium finish di sekitar HU mengingatkan saya akan aluminium finish di HU SX4 juga. Vent AC dibawah HU malah membuat saya ingat sama...... Terios :big_slap:

Image

:ngacir: :ngacir:

Steering and Cluster
Image

Image

However, setir dan clusternya memberikan rasa spesial tersendiri. Setir palang tiga yang sporty dengan logo STI segede gaban di tengah, yang desainnya (lagi-lagi) mirip setir SX4 (seriously Subaru?). dan cluster meter dengan logo STI dan dial berwarna merah, yang akan memberikan anda suntikan hormon adrenaline +1000 setiap flatout :big_smoking: . Ya, anda akan terasa cukup spesial berada di dalam STI ketimbang subaru – subaru lain.

Gearknob

Image

Emboss logo STI sebagai penanda "this is not your regular Subie" :big_smoking:

Image

Automatic transmission..... dan switch dewa “SI-DRIVE” untuk memilih antara 3 mode : Pit Bull(Intelligent), Wolf (Sport), Hell-Hound (Sport-Sharp). :big_smoking:

Image

Doortrim

Image

Hmmmmmmm....... cheap. :big_chicken:

Writer’s Subjective Opinion :
Subjectively, sebetulnya saya suka. Walaupun materialnya terkesan buruk dan murahan. Tapi berkat setir dan clusternya membuat mobil ini terasa spesial. A bunch of STI logo like ///M logo inside any BMW M just makes it very special. Hanya saja kalo saya ngasih nilai tinggi kok nanti ada yang bilang nggak objektif :mrgreen:

Interior score : 6/10

==============================
Accomodation : Not Really, But Still can do the Morning Delivery.

Overrated untuk dibahas. Seriously. Tapi STI memiliki row 2 yang cukup baik untuk menampung manusia (bukan beberapa ekor kucing). As expected from a proper hatchback :off_good_job:

Image

Bagasi.... lantai dek tinggi, kapasitasnya terbatas. Bahkan menurut standar SM kemampuan mobil ini mengangkut mayat diragukan, mungkin Cuma muat satu mayat. Ya setidaknya, far more practical dibanding mobil – mobil sekelasnya. Cukup kalo orang tua kita seperti bapaknya Takumi Fujiwara, nyuruh anaknya nganter Tofu pagi – pagi turun gunung, this car simply can do it. Fast and quick. :mky_03:

Ya tentunya kalo setting timeline Initial D ceritanya di jaman sekarang, mungkin Impreza STI Type R Coupe nya bisa diganti pake GRB, karena lebih practical dan bisa ngangkut Tofu lebih banyak. Lalu Takumi nya pake FT-86 atau BRZ. :big_weee:

And this car still have spare tyre......

Image

Accomodation : 7/10.

=================================
Driving Impression : Unleash the “Beast”.....

Okay, this is what this car is all about! It’s about you and the car. The main point of a Subaru with STI badge.

The “Holy Grail”

Image

Behold.... sebuah unit EJ257 bertenaga 300hp dan 350Nm, de-tuned dari yang M/T, 407Nm. Dipadu transmisi 5-speed A/T konvensional. Rasanya saya nggak perlu berharap terlalu banyak dari yang A/T.

And note it : spek mobil ini sangat tradisional. Yes, a traditional way is very good on a sports hatchback. Salah satu mobil sport yang masih menggunakan resep tradisional selain Suzuki Swift Sport.

EJ-Series engine adalah mesin yang sudah cukup tua, setua 4G63T di Evolution, setua B-series Honda. Symmetrical AWD pun juga bukan teknologi baru. Sama tuanya seperti mobil itu sendiri. Bahkan Evo X pun lebih advanced dengan S-AWC.

Tapi Subaru tetap ngotot menggunakan resep tradisional ini di STI, even di 2015 STI terbaru pun masih pakai EJ-series. Padahal WRX 2015 sudah berganti ke FA-Series. Maybe the traditional way is better? We’ll see.

Dan jika anda berpikir STI ini adalah Japan Spec, anda salah besar. STI JP-Spec menggunakan EJ207 berkapasitas lebih kecil (1.994cc) dengan Twin-Scroll Turbocharger dan output 308hp/422Nm. Spek untuk ekspor diberi mesin lebih besar dengan output lebih kecil, 300hp/407Nm dan 350Nm untuk A/T.

Nggak buruk, karena bigger engine = bigger raw power. Jadi walaupun output maksimumnya lebih kecil, sepertinya turbo lag akan lebih minim di EJ25 karena big displacement nya.

5-speed A/T di STI inipun teknologinya sama dengan your average Honda. Masih tradisional dengan torque converter seperti biasa.
Dari speknya saja, mobil ini sudah terdengar sangat robust. Dan memang, pihak Subaru Technica International merancangnya demikian.

Bobot STI lebih berat dari WRX (STI : 1.525kg, WRX : 1.469kg) karena transmisi yang lebih robust, rear diff, dan chassis reinforcements. Berbeda dengan kebanyakan pabrikan yang sekarang justru mengedepankan weight reduction. Track roda STI lebih lebar dari WRX, dan suspensi menggunakan komponen aluminium untuk STI.

So, perbedaan WRX dan STI cukup banyak. Ulikan di sektor mekanikal STI betul – betul serius dibanding regular WRX.

Image

Saya nyalakan mobil..... “BRRRRMMMM.....” terasa sekali getarannya dan ketika saya blayer-blayer, RPM begitu cepat naik. This car is very [cencored]!

Atur posisi duduk, satu satunya luxury di mobil ini hanya electric seat. Seriously. Jok supportif berkat semi-bucket. Posisi duduk menyenangkan, cukup rendah tapi tidak tenggelam. Visibilitas baik.

Keluar dari parkiran, saya jalankan mobil pelan – pelan daripada ngehajar satpam nanti :ngacir: kan nggak lucu. Setelah diarahkan oleh panitia, saya langsung hajar mobil flat-out sampai ke gerbang cluster. Respon enjin betul-betul buas dan menyenangkan..... walaupun waktu saya melongok ke cluster meternya.............. ECO? NO! ECO IS FOR PUSSIES!

Keluar gerbang saya langsung ganti mode ke “HELL-HOUND MODE” alias Sport# Mode. Dan seperti biasa langsung injak gas dalam-dalam. Respon throttle berubah dari sedikit kalem menjadi sangat buas, sangat hard**core, seperti seekor hellhound yang siap menerkam mangsa.

VROOOOOOOOOOOOOMMMMMM....... SSSSYYYUUUSSSSSSSSSHHHHHHH (turbo exhaled on 6500RPM...............)


*salah satu rekaman akselerasi STI A-Line yang saya temukan di youtube. Credit to the uploader.

0-100 in about 6,2secs. Lebih lambat dari versi manual sekitar 1secs. Not bad.

Tendangan torsi dari unit EJ25 ini begitu kuat padahal sudah de-tuned! Lag transmisi surprisingly cukup minim padahal ini 5-speed A/T biasa. Turbolag hampir tidak terasa padahal saya mengira dengan spek turbo high-boost seperti ini turbolag akan sangat signifikan, apalagi di speknya ditulis torsi maksimum di 3000RPM. Ternyata di 2000RPM sudah nge-kick. RPM naik begitu cepat dan bersemangat.

Sepertinya berkat displacement 2500cc yang memiliki raw power cukup besar sehingga tenaganya nggak terlalu ngempos waktu turbo belum menyala. Compared to Forester XT, turbo lag di FXT feels like a joke.... plus displacement FXT yang Cuma 2000cc membuat FXT memiliki raw power yang sangat kecil. Padahal dengan high-boost turbocharger saya hanya berpikiran STI kalo nggak dibejek turbolag nya bakal seabad juga nih. Ternyata jauh di luar perkiraan saya.

Suara kharismatik ala Boxer Engine Subaru ini sangat khas berkat penggunaan oversquare piston dengan bore yang cukup besar, 99,5mm dan short stroke 79mm, membuat engine note STI sangat menggelegar, dan rev melonjak sangat cepat berkat short stroke engine.
Belum lagi dipadu dengan STI Exhaust yang tentu saja sangat eargasmic ketika full-throttle.

Transmisinya however, tidak bisa shifting sehalus dan secepat DSG VW atau 8-speed ZF BMW. Tapi STI tidak pernah diciptakan untuk pengendaraan sehari – hari, jadi kehalusan transmisi? Forget it. Transmisi jerky dan nyentak parah waktu diajak jalan pelan. Mobil terasa ingin dipecut lari terus menerus. But seriously, the transmission feels robust. Lebih ke arah durability ketimbang high-tech.

Makanya saya dari awal menyebut mobil ini sebagai “hell-hound”.... karakternya sangat liar seperti seekor anjing dari neraka yang siap menerkam setiap jiwa yang ingin melarikan diri.

Image

Seriously this car is crazy! Walaupun ini A/T, mobil tetap terasa [cencored] dan tidak bersahabat digunakan untuk bermacet – macet ria setiap hari. This car is for weekend and midnight run!

Saya sempat bertanya pada pak Y yang menemani kami, unit TD ini dikasih bensin apa? Dan beliau bilang recommended RON95. Lalu saya sempat bertanya soal issue yang cukup ramai di komunitas i-SPEC soal STI yang beberapa pistonnya kaput akibat ngisi RON95, beliau bilang kurang tau tentang issue itu. Rasanya mungkin karena yang A/T di de-tuned maka lebih aman ngisi RON95? Entahlah. Only God and the Subaru Engineers knows.

Bagaimanapun, saya nggak terlalu peduli lah, wong pake RON95 aja buasnya nggak ketulungan. Gimana dikasih 98?

And that’s not just the interesting part. Bagian paling menarik dari Subaru : cornering! Saya mencari corner , and tackle the corner like a proper Subaru way. Masuk apex, rem sedikit, stopping power begitu kuat dan sedikit agresif berkat rem brembo 4-piston di depan dan 2-piston di belakang, belokkan setir dan POWAAAAAHHHHHH!!!!!

Respon mobil begitu brilian, AWD bekerja dengan baik membuat mobil seakan menempel ke tanah seperti ada lemnya, Setir merespon dengan baik pada saat cornering dengan feedback yang luar biasa. Hanya berbeda tipis dengan Miata, sama – sama berat dan lots of feedback. Membuat setir SX4 yang awalnya terasa berat jadi ringan seringan kapas . Understeer begitu mudah dieliminasi dengan applying torque waktu menikung. Hell-hound ini merespon setiap manuver kejam saya dengan sangat brilian, bahkan semakin kejam, mobil ini terasa semakin menantang.

Menikung dengan STI, seperti menikung dengan sebuah batu bata yang solid. Seriously. Chassis dan suspensi terasa begitu kaku, dibantu sistem AWD yang membuat mobil sangat lengket di paving yang menjadi area test drive kami tadi.

Setelah itu saya coba VDC OFF, ketemu putarbalik, dan seperti yang bro haristk7 sering bilang, radius putarnya gede naujubile. Tapi ya ngapain peduli sama radius putar? Langsung saya hajar flatout dan ban belakang sedikit berdecit. With a proper way and a proper track, this car should be fun! Sayangnya track kami paving di perumahan yang sangat terbatas areanya.

Sayangnya lagi, di A/T tidak tersedia DCCD (Driver Controlled Center Differential) yang mampu mengatur besaran pembagian torsi antara depan / belakang. Hal ini hanya bisa dilakukan di M/T karena STI M/T menggunakan 3 LSD : Front helical LSD, center diff menggunakan mechanical LSD dan electronic management, rear torsen LSD, sehingga memungkinkan pembagian torsi bisa diatur oleh driver sesuai keinginan. Defaultnya di 41(Front) dan 59(Rear).

Tentu saja jika diatur pembagiannya lebih banyak ke roda belakang, behavior mobil akan cenderung seperti mobil RWD dan tentu lebih mudah untuk melakukan drift :big_smoking:. DCCD bisa diatur dari 35/65 hingga 50/50. Kalau di video game GT6, saya sih suka pake 35/65 saja, lebih gampang di-slide bokongnya. :big_smoking:

Image

Sementara itu untuk A/T seperti unit test, menggunakan sistem VTD-AWD. Centerdiff menggunakan set planetary gear dengan settingan default 45(front) : 55 (rear), front normal diff, dan viscous rear LSD. Sistem di STI A/T mengatur secara otomatis sesuai traksi yang dibutuhkan pada saat menikung.

I bet, the M/T is far more better. 50 extra torque, 1 extra gear, and DCCD. :big_smoking:

Behavior STI sendiri sangat berbeda dengan regular Subie seperti FXT maupun XV. Karena yang membedakan STI dengan regular Subies, even WRX yang satu trim dibawahnya, STI memiliki rear LSD.

Di FXT dan XV, understeer terasa dominan, karakternya cenderung ke FWD. Tapi keberadaan rear LSD di STI betul – betul membuat karakter handlingnya cukup berbeda dari regular Subaru. Membelokkan mobil ini terasa sangat akurat, traksi selalu terjaga optimal di setiap roda, dan bahkan kita bisa memprediksi gerakan roda depan dan belakang ketika menikung.

I am not joking on this, meskipun bobotnya jauh diatas MX-5 dan formatnya sedan, note it, mobil ini seperti MX-5 yang diberi bodi sedan, mesin besar, AWD, dan tuned properly. Walaupun kalau dibilang jujur, STI tetap terasa jauh lebih berat dibanding MX-5.

Walaupun di New STI sudah menggunakan Torque Vectoring diff yang lebih canggih. Baru 2015 dikasih torque vectoring? Evo dari jaman jebot aja sudah punya AYC (Active Yaw Control). :big_weee:

And by the way, di model facelift 2011 keatas, suspensi sudah di tuning ulang lebih kaku, anti roll bar yang lebih besar, pillow ball bushing baru pada lower arm depan, dan ban yang lebih lebar. So tidak heran handling mobil ini begitu superb! Tuning ini dikarenakan di model pre-facelift banyak yang bilang suspensinya terlalu soft. Even JCnya Top Gear pun mengkritik keras STI pre-FL.



Jujur saja, bagaimanapun, WRX STI terasa sangat natural, terasa sangat mekanikal, terasa sangat robust. Intrusi komputer nyaris tidak ada, apalagi ketika VSC OFF. Mobil benar – benar menyerahkan segala kontrol ke pengemudi.

Drawback dari semua kehebatannya tentu saja di ride quality. Bantingan terasa sangat stiff, cenderung harsh. Travel suspensi terasa sangat minim bahkan nyaris tidak ada travel. Rattling interior pun cukup terasa ketika melibas paving di kecepatan 100 km/h, road noise di paving sangat berisik berkat penggunaan ban Dunlop SPSport dan profil ban yang ekstra-tipis, 245/40/18.

But, who the hell cares with these all things? I don’t F*cking care. Kekedapan overrated, road noise overrated, kenyamanan overrated, justru semua hal yang terkesan “tidak nyaman” untuk orang biasa ini membuat STI menjadi pure driving bliss. Just listen to how she howls and see how she behaves, you’ll see why build quality and luxuries is really overrated and don’t deserve any place in this crazy hell-hound.

A hell hound should not be treated like any Golden Retriever. :big_smoking:

Driver’s subjective opinion :
Satu satunya mobil dimana saya nggak peduli mau rattling seberapa banyak, road noise seberapa berisik, bahkan saya nggak nyalain radio. I don’t care about any of the drawbacks. This car wasn’t made to be sensible. This car is for [cencored] driving, for every driving enthusiast on this planet.

Driving Impression Score : 13/10. Only because it’s A/T.

M/T nya bisa jadi saya kasih tinggi karena DCCD dan one extra gear.

=====================================
Verdict : A Supercar-Killer in a Bargain.

Subaru Impreza WRX STI A-Line GRF..... A very brilliant car, a proper driver’s car. Sharp steering, handles like a brick, eargasmic engine and exhaust note, [cencored]-ism. This is what all petrolheads in this planet wants.

685juta diskon 160juta jadi 525juta untuk NIK 2013. A sports sedan on a bargain. Sebuah rally road legal car dengan harga terjangkau.
It is not a comfortable car, it is not a luxurious car, it is not for daily driving, it is very rough, it is very wild, it is not sensible yet it is not very civilized, and it has a very low s3x appeal.

And i will say, that’s not the point. Salah alamat kita bicara kemewahan di sebuah Subaru dengan badge STI. It’s all about you, the car, and the road. Nothing else.

Jika anda mencari kenyamanan, kemewahan, dan gimmicks, lupakan mobil ini. 500juta anda bisa dapat big sedan seperti New Accord, New Camry, Altima yang jelas miles more comfortable. Untuk MPV anda bisa dapat Mazda8. SUV ada New X-Trail atau New CR-V. Malah kalau kita liat harga pricelist dengan mengabaikan diskon yaitu sebesar 685juta, Mercedes C-Klasse atau BMW 3-series lebih menarik dan lebih civilized.

Jika anda mencari mobil dengan s3x appeal mumpuni? MX-5 jauh lebih menarik hati para wanita dengan open top nya.

Jika anda mencari mobil untuk bersenang - senang di weekend, menggila di jalanan setiap malam hari untuk melepas penat karena rutinitas, mobil yang membuat anda hanya ingin mengemudikannya tanpa alasan, just want to tear up the road?
I promise you this car is the best choice. Setan jalanan dengan karakter sebuas dan se-[cencored] ini dibawah 600juta? Even 700juta aja kita baru dapet New Golf GTI MK7, 840juta kita baru dapet New Scirocco R. Sementara STI mampu membuat supercar sekalipun malu.

Sayang sekali GRF ataupun GVF sudah tinggal last stock karena WRX STI 2015 sudah mengaspal di Indonesia. Tapi tenang saja, rasanya New STI akan lebih menarik karena memiliki Torque Vectoring diff.

So, M/T or A/T? Depends.

Saya pribadi prefer A/T karena kemudahannya dan buat saya A/T sudah cukup hard**core dan lebih dari cukup untuk “gangguin” hatchback ababil yang masih keluyuran malem – malem. Walaupun M/T pasti jauh lebih menyenangkan dengan beberapa kelebihan seperti DCCD dan tambahan torsi 50Nm plus extra 1 gear.

Dan sekali lagi, experience may vary. Saya akan sangat welcome siapapun yang sudah pernah coba STI dan compare langsung dengan Lancer Evo, atau malah mau minjemin Evo untuk di-TD, i am really thankful.

Image

Disini saya hanya bisa compare dengan XV, Forester, dan MX-5 karena KTB sudah nggak jual Evo dan saya nggak punya relasi kepada siapapun yang punya Evo.

And a pity, Mitsubishi has "killed" Evo and focused on econoboxes. A legendary car that makes their name as good as it is now. Such a shame.

Plus-Minus :

The Plus side
- Engine and exhaust note. Yet the brutality that comes out of it.
- The “robust” feel you get from the mechanical.
- Handling
- Quad tailpipes
- The engine
- Handling
- Steering
- Err... the handling?

The Minus
- Segala sesuatu di luar mekanikal.
- And do i really have to care about it?

Rivals : Mitsubishi Evolution X, VW Golf R, Mercedes A45 AMG, BMW 1M.

Reference :
http://en.wikipedia.org/wiki/Subaru_Impreza#WRX_STI
http://en.wikipedia.org/wiki/Subaru_EJ_engine#EJ25
http://www.gtnet.co.jp/car_info/impress ... dex_en.php
http://legacygt.com/forums/showthread.p ... 586db97438&
http://www.iwsti.com/forums/gr-exterior ... mance.html

2 days writing. 4 hours editing. Bunch of resources. 22 pages of MS Word.

It was worth it.

============================

Image

Love, that’s what makes Subaru, a Subaru.

And this car.... always thrills at full throttle. Just like the brochure said. :big_smoking:

Dan ketika ada yang bertanya kenapa review saya kali ini begitu detail dan teknikal, bahkan saya sampe browsing ke forum – forum pengguna, simply because i admire the car.

And that’s the proper way of making the review. Saya nggak mungkin bikin review sebuah Subaru from Hell seperti saya review ordinary cars, bakal terasa tasteless. I just want to share a bunch of enjoyment, membuat anda para pembaca merasakan thrills exactly seperti yang saya rasakan waktu mengemudikannya.

My biggest thank to modcat for the SSI and also of course oom sukribo for giving the information about this event. You two really made my day.

Also big thanks for bro haristk7 sebagai Subie user dan narasumber langsung, dan juga mengijinkan saya bergabung dengan grup facebook i-SPEC sebagai penggemar Subaru dan silent reader sekaligus numpang baca beberapa trouble yang sering terjadi di STI sehingga review ini dapat saya buat dengan maksimal. Hope i can get one too.

“Hell unleashed”.

*to bro haristk7 : your turn, bro. Bring an Exiga GT or Legacy GT to a proper test. :big_smoking:
Last edited by ChZ on Mon Sep 29, 2014 15:22, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by jason28 »

Mejeng dulu :big_grin:

–----------------------------

Nice review kak chris :mky_02: :mky_02:
Ane paling seneng model yg ini, even udh ada model barunya :mky_03:
Betewe, evo x beneran didiscontinued yak :ungg:
Last edited by jason28 on Mon Sep 29, 2014 15:27, edited 2 times in total.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by evolution21 »

Ngebacanya hati jd ikut2an berasa bersemangat nih
Hell hound !
Prestige
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by Prestige »

Ciaatt .....

Komen dlu baru baca d trit bergiji :big_smoking:

==============================================

VERY VERY SUPERB NICE RIPIU INI BRO !! MOBIL DEWA DENGAN VIDEONYA YG 0-100KM/JM

bener2 suara turbonya kedengeran jelas ..

Setuju nih sama No Luxuries interior ..
We Don't Need Luxuries Inteirior When We Drive Like a Beast !!
Only Pedal to Metal to hear the best sound .. Turbonya mantep ..

Yang sedan agak 'jelek' belakangnya .. bagusan Hatchnya ini ..

Coba aja ada video waktu nylain mesinnya bro :ungg:

Penasaran sama suara knalpor wktu starter enginenya :big_grin:
Last edited by Prestige on Mon Sep 29, 2014 16:04, edited 1 time in total.
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by haristk7 »

ooh Chris...kita belom pernah ketemuan, tapi di mobil itu ada jejak gw hahaha..gw pernah "memperkosa habis" mobil ini di Jalan Tol Merak dan JORR W2 + ngiterin Alam Sutera dan sekitarnya bbrp kali..Impreza WRX STi Hatchback warna biru dengan sticker "I-SPEC" dibagian itu dan nopol itu, ini mobil pelanggan setia ke Sentul juga hahaha..

I really enjoy this review...yes, ketika beli STi jangan pikirkan masalah interior, karena semuanya akan terlupakan ketika start engine dan mendengar suara boxer engine dan knalpot yang siap memberikan musik merdu, tenaga buas, dan pengalaman yang tak terlupakan...jalankan mobil ini di jalanan yang berkelok, dan sang pengemudi akan dihadiahkan sesuatu pengalaman yang luar biasa dan dijamin bisa membuat semua car enthusiast tersenyum sambil berkata "Go STi ! Go ! more ! more !" sambil menginjak pedal gas dan memainkan pedal rem (dan kopling jika ada) serta berdansa dengan memainkan stir mengikuti jalanan...
Dan jika anda berpikir STI ini adalah Japan Spec, anda salah besar. STI JP-Spec menggunakan EJ207 berkapasitas lebih kecil (1.994cc) dengan Twin-Scroll Turbocharger dan output 308hp/422Nm. Spek untuk ekspor diberi mesin lebih besar dengan output lebih kecil, 300hp/407Nm dan 350Nm untuk A/T.
koreksi, SELURUH WRX STi A-LINE JDM Spec dikasih mesin EJ257 (2500cc, 300hp @6200rpm dan torsi 350nm @2800-6000rpm) dan transmisi E-5AT
Bagasi.... lantai dek tinggi, kapasitasnya terbatas. Bahkan menurut standar SM kemampuan mobil ini mengangkut mayat diragukan, mungkin Cuma muat satu mayat. Ya setidaknya, far more practical dibanding mobil – mobil sekelasnya. Cukup kalo orang tua kita seperti bapaknya Takumi Fujiwara, nyuruh anaknya nganter Tofu pagi – pagi turun gunung, this car simply can do it. Fast and quick.
ente harus liat STi temen gw pas angkut kulkas, lemari, dispenser air, dlll dari Bandung ke Cirebon...so much for practicality..
2. 5-speed Automatic di STI, sebuas apa performa transmisi A/T nya? STI M/T kita sudah sama-sama tau sebuas apa, tapi A/T? Sehebat atau seburuk apa transmisi E-5AT di WRX STI meredam kebuasan sebuah STI? WRX STI Automatic atau disebut A-Line model dilahirkan untuk memenuhi kebutuhan di Jepang, para senior citizen yang ingin merasakan performa STI tapi terbatas karena hanya memiliki SIM untuk transmisi matik. 5-speed A/T di STI sendiri, adalah 5-speed geared A/T konvensional seperti di your average cars. Tanpa DSG atau teknologi canggih lainnya. (thanks bro haristk7 untuk infonya).
beberapa kali liat STi di parkiran (bahkan ditempat saya seliweran layaknya Nissan Teana/Lexus RX di Jakarta)..matik tuh yang suka gw temuin, yang make mulai dari anak muda hingga ke penduduk berusia lanjut (malah kadang di parkiran toko besar yang bawa ibu-ibu habis belanja atau bapak-bapak yang kayaknya habis ngeborong peralatan elektronik)..
Saya sempat bertanya pada pak Y yang menemani kami, unit TD ini dikasih bensin apa? Dan beliau bilang recommended RON95. Lalu saya sempat bertanya soal issue yang cukup ramai di komunitas i-SPEC soal STI yang beberapa pistonnya kaput akibat ngisi RON95, beliau bilang kurang tau tentang issue itu. Rasanya mungkin karena yang A/T di de-tuned maka lebih aman ngisi RON95? Entahlah. Only God and the Subaru Engineers knows.
kalo unit yang ente pake sih udah aman minum ron95... *go and figure why*
Drawback dari semua kehebatannya tentu saja di ride quality. Bantingan terasa sangat stiff, cenderung harsh. Travel suspensi terasa sangat minim bahkan nyaris tidak ada travel. Rattling interior pun cukup terasa ketika melibas paving di kecepatan 100 km/h, road noise di paving sangat berisik berkat penggunaan ban Dunlop SPSport dan profil ban yang ekstra-tipis, 245/40/18.
cobain STi Spec C...mungkin habis nyoba itu ente harus bedrest karena......itu STi paling binal dengan suspensi standar terkeras yang ada di Indonesia (JDM Spec malah ada yang lebih binal lagi)..
So, M/T or A/T? Depends.

Saya pribadi prefer A/T karena kemudahannya dan buat saya A/T sudah cukup hard**core dan lebih dari cukup untuk “gangguin” hatchback ababil yang masih keluyuran malem – malem. Walaupun M/T pasti jauh lebih menyenangkan dengan beberapa kelebihan seperti DCCD dan tambahan torsi 50Nm plus extra 1 gear.
same with me, A/T...sehingga mobil ini bisa digunakan siapa aja oleh penghuni rumah dan si STi bisa memberikan pengalaman berharga bagi siapapun drivernya..

ooh btw mengenai Lancer Evolution X, kebetulan bbrp temen gw ex user Evo X...bbrp ada yang convert ke STi, dan mereka mengatakan "STi is good at cornering, but Evo X is much better"...

nice Chris...i enjoy this one...
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by montirangin »

mante...p..akhirnya keluar 2 hari lebih setelah yg pertam :D baca duluu ah..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by ChZ »

jason28 wrote:Mejeng dulu :big_grin:

–----------------------------

Nice review kak chris :mky_02: :mky_02:
Ane paling seneng model yg ini, even udh ada model barunya :mky_03:
Betewe, evo x beneran didiscontinued yak :ungg:
thank you bro jason :big_cat:

betul, ane pribadi lebih suka GRF dibanding New STI 2015. walaupun soal tech STI 2015 jauh lebih advanced dibanding yang ini.

Evo X officially discontinued this year. Sayang sekali. Mitsubishi dan Honda sama - sama membunuh dua jagoannya : S2000 dan Evolution. Padahal kedua mobil ini yang membuat nama mereka harum di motorsport.

Pajero pun tidak membuat nama Mitsubishi harum se-harum Evolution. Lancer Evo adalah alasan kenapa sedan Mitsubishi era nineties hingga 2007 begitu digandrungi oleh anak muda dan petrolheadz.

Sekarang? Mereka hanya fokus di Econobox. What a pity. really.
evolution21 wrote:Ngebacanya hati jd ikut2an berasa bersemangat nih
Hell hound !
whuih oom evo... :mky_02:

yoi, seperti yang ane harapkan, repiu ini harus membuat yang baca juga seakan - akan lagi nyetir mobilnya. :big_cat:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Dre
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Wed Dec 04, 2013 9:10

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by Dre »

wow what a review bro chris, sebagai pengguna subbie ane senang banget ada yg review another subbie apalagi itu sti hehehe :big_smile]

sti hatch nantinya bakal jadi collector item like uk spec, soalnya setau ane wrx sti 2014 hanya bakal dikeluarin versi sedan nya.

dan pas ane kemarin iseng ngecek stok dan harga terakhirnya ternyata sti hatch/grf ini udah sold out semuanya (jakarta) entah sby masih ada atau ngga.

ngeliat ini review jadi kepengen TD sti juga nih, yg ane takutin sih abis TD jadi kepikiran terus jadi kepengen ambil repot deh :ngacir:
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by batumakam »

very good review bro :mky_02:
emang sangar ni boil, ane pernah jejaran di lampu merah wuihh ngac*ngnya gak ketulung, suara engine notenya itu lho... pas 'narik' apalagi :mky_03:
*di solo mulai keracunan virus subaru, XV,Forester mulai banyak yg nongol bahkan si wrx ini ada yg punya juga (yg model sedan tapi) :mky_02: btw ane mau tanya, emang subaru jual Outback ya? Beberapa minggu ini ada subaru outback yg berkeliaran dimari, warnanya blue mica pula, eye catching banget :cupss:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by ChZ »

haristk7 wrote:ooh Chris...kita belom pernah ketemuan, tapi di mobil itu ada jejak gw hahaha..gw pernah "memperkosa habis" mobil ini di Jalan Tol Merak dan JORR W2 + ngiterin Alam Sutera dan sekitarnya bbrp kali..Impreza WRX STi Hatchback warna biru dengan sticker "I-SPEC" dibagian itu dan nopol itu, ini mobil pelanggan setia ke Sentul juga hahaha..

I really enjoy this review...yes, ketika beli STi jangan pikirkan masalah interior, karena semuanya akan terlupakan ketika start engine dan mendengar suara boxer engine dan knalpot yang siap memberikan musik merdu, tenaga buas, dan pengalaman yang tak terlupakan...jalankan mobil ini di jalanan yang berkelok, dan sang pengemudi akan dihadiahkan sesuatu pengalaman yang luar biasa dan dijamin bisa membuat semua car enthusiast tersenyum sambil berkata "Go STi ! Go ! more ! more !" sambil menginjak pedal gas dan memainkan pedal rem (dan kopling jika ada) serta berdansa dengan memainkan stir mengikuti jalanan...

koreksi, SELURUH WRX STi A-LINE JDM Spec dikasih mesin EJ257 (2500cc, 300hp @6200rpm dan torsi 350nm @2800-6000rpm) dan transmisi E-5AT


ente harus liat STi temen gw pas angkut kulkas, lemari, dispenser air, dlll dari Bandung ke Cirebon...so much for practicality..


beberapa kali liat STi di parkiran (bahkan ditempat saya seliweran layaknya Nissan Teana/Lexus RX di Jakarta)..matik tuh yang suka gw temuin, yang make mulai dari anak muda hingga ke penduduk berusia lanjut (malah kadang di parkiran toko besar yang bawa ibu-ibu habis belanja atau bapak-bapak yang kayaknya habis ngeborong peralatan elektronik)..


kalo unit yang ente pake sih udah aman minum ron95... *go and figure why*


cobain STi Spec C...mungkin habis nyoba itu ente harus bedrest karena......itu STi paling binal dengan suspensi standar terkeras yang ada di Indonesia (JDM Spec malah ada yang lebih binal lagi)..


same with me, A/T...sehingga mobil ini bisa digunakan siapa aja oleh penghuni rumah dan si STi bisa memberikan pengalaman berharga bagi siapapun drivernya..

ooh btw mengenai Lancer Evolution X, kebetulan bbrp temen gw ex user Evo X...bbrp ada yang convert ke STi, dan mereka mengatakan "STi is good at cornering, but Evo X is much better"...

nice Chris...i enjoy this one...
Harrrryyyyyyyy :mky_02: :big_cat: miauwwww.... Luckily ente muncul pertama sehingga kesalahan - kesalahan yang ane buat di ripiu bisa dengan cepat dikoreksi.

Thanks udah jauh - jauh comment dari Jepang :big_smoking: and thanks for the correction :big_cat:

sudah ane duga, sticker i-SPEC disini rasanya ada bau - bau ente di dalamnya :mky_03: dan seperti jodoh, 2 hari sebelum TD session waktu ane ke UMC HR Muhammad buat repair overfender SX4 mobil biru ini sudah menampakkan wujudnya.

Betul, di sebuah Subaru SeTanIblis, interior dan kemewahan itu overrated. Dan pintarnya Subaru, STI menggunakan bore piston yang cukup besar dan short-stroke piston. Big bore means more eargasmic engine note :big_love: dan ane merasakannya sendiri, setiap cornering dengan mobil ini, seakan ada setan yang berbisik ke kuping untuk nge-push dan menantang ane untuk menginjak gas dalam - dalam.

bahkan ketika ane sudah merasa limit skill ane, mobil ini masih demand something more "c'mon, is that all you got? I still got something more to show!" this is more than a car, this is a devil! A Subaru from hell is all about you, the car, and the road.

semua rattling dan road noise justru menambah kesenangan, dan i don't fu**king care. Engine note dan exhaust note yang buas membuat ane melupakan kesederhanaan interiornya.

yap, bodi hatchbacknya walaupun lantai dek tinggi tapi masih sangat practical untuk sebuah sports hatchback. Makanya, untuk morning delivery ala initial D, mobil ini sangat cocok :big_cat:

kalau di Jepang kayaknya peminatnya STi A/T cukup banyak ya bro, walaupun dulu ente cerita sebenernya tujuan utama A-Line dikeluarkan buat senior citizen. Tapi sunatan 50Nm pun masih bisa bikin STi A-Line melecut dari 0-100 in 6,2sec. Not bad lho untuk mobil dengan transmisi 5-AT yang tidak ubahnya dengan 5-AT in your ordinary Honda.

err... forged piston? atau ECU yang disesuaikan?

yap, membayangkan yang manual saja ane sudah nggak kuat bayangin kopling yang bisa bikin betis kiri gede sebelah. apalagi spec-C yang merupakan versi even-more-hard**core dari regular version yang sudah cukup hard**core. Bahkan masih ada STi S206 Nurburgring Edition kan ya bro? Nggak bisa bayangin itu se-hard**core apa lagi.

hohoho.... even the A/T is more than enough to tear up the streets. dan ngeliat lalu lintas yang makin lama makin macet, rasanya A/T akan jadi pilihan yang reasonable.

Evo X however, S-AWC nya jauh lebih advanced dari Symm-AWD dan DCCD di STI yang lebih terkesan robust dan mekanikal. belum lagi A/T nya yang juga sudah pake TwinClutch-SST, walaupun terkenal banyak trouble juga ini transmisi DCT.

Dari jaman dulu Evo selalu lebih advanced terlebih dahulu dengan AYC, semacam torque vectoring device yang juga sekarang baru dipake di 2015 STi :big_slap: makanya Evo selalu dominates the circuit.

A pity Mitsubishi stopped the LanEvo.

Dan seriously, i need some Evo to be TD-ed :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by ChZ »

Prestige wrote:Ciaatt .....

Komen dlu baru baca d trit bergiji :big_smoking:

==============================================

VERY VERY SUPERB NICE RIPIU INI BRO !! MOBIL DEWA DENGAN VIDEONYA YG 0-100KM/JM

bener2 suara turbonya kedengeran jelas ..

Setuju nih sama No Luxuries interior ..
We Don't Need Luxuries Inteirior When We Drive Like a Beast !!
Only Pedal to Metal to hear the best sound .. Turbonya mantep ..

Yang sedan agak 'jelek' belakangnya .. bagusan Hatchnya ini ..

Coba aja ada video waktu nylain mesinnya bro :ungg:

Penasaran sama suara knalpor wktu starter enginenya :big_grin:
thank you bro prestige :big_cat:

err itu video bukan ane yang buat bro, just some example how the engine note is very lovely. Bahkan semua mobil yang pernah ane coba enjin dan exhaust note nya kayak kucing lemes kelaparan compared to STI. Betul - betul seperti raungan seekor hell-hound. Bahkan ini adalah the best turbocharged engine i have ever experienced.

hmm tentu saja, luxuries is overrated. dan jujur dari semua mobil yang ane review, hanya mobil ini yang suits my style perfectly. karena ane nggak perlu kompromi berbagi porsi dengan gimmicks dan luxuries atau ane bakal diprotes. Mobil ini, simply membuat ane hanya berfokus di teknikal saja.

Yang sedan (GVF), somehow terlihat sangat ricer dengan wing segede gaban. GRF terlihat lebih understated jika kita liat dari luar.

ya itu dia bro, ane lupa ngerekam suara waktu startupnya. seriously, bikin ho**rny.
Dre wrote:wow what a review bro chris, sebagai pengguna subbie ane senang banget ada yg review another subbie apalagi itu sti hehehe :big_smile]

sti hatch nantinya bakal jadi collector item like uk spec, soalnya setau ane wrx sti 2014 hanya bakal dikeluarin versi sedan nya.

dan pas ane kemarin iseng ngecek stok dan harga terakhirnya ternyata sti hatch/grf ini udah sold out semuanya (jakarta) entah sby masih ada atau ngga.

ngeliat ini review jadi kepengen TD sti juga nih, yg ane takutin sih abis TD jadi kepikiran terus jadi kepengen ambil repot deh :ngacir:
thank you oom andre :big_cat:

ahh ane juga sangat senang ketika sang sales bilang mobil ini bisa di TD, what a dream comes true!

yap, apalagi populasi yang hatch ini sangat minim dibanding yang sedan. lebih understated dan lebih valuable untuk dimiliki.

kalo Sby, salesnya bilang kemaren GRF unit TD ini for sale, 525juta OTR. andaikan ane yang pegang duit dan otoritas atas semua mobil di rumah, uda ane SPK dan bungkus nih benda! :big_smoking:

sama nih, jadi kepikiran terus kapan mau ambilnya................. :ngacir: :ngacir: *berpikir untuk tukar guling sebuah SUV di garasi dengan hatchback setan ini... lumayan itu SUV dijual masih laku gopek tiaw.... ini hatchback harganya juga gopek tiaw.... :big_smoking:
batumakam wrote:very good review bro :mky_02:
emang sangar ni boil, ane pernah jejaran di lampu merah wuihh ngac*ngnya gak ketulung, suara engine notenya itu lho... pas 'narik' apalagi :mky_03:
*di solo mulai keracunan virus subaru, XV,Forester mulai banyak yg nongol bahkan si wrx ini ada yg punya juga (yg model sedan tapi) :mky_02: btw ane mau tanya, emang subaru jual Outback ya? Beberapa minggu ini ada subaru outback yg berkeliaran dimari, warnanya blue mica pula, eye catching banget :cupss:
thank you oom batumakam :big_cat:

ahh ane berkali - kali ketemu dengan benda ini di Sby barat, liat bentuknya bikin ho**rny seketika, belom kalo sudah revved up. no play - play.

sama seperti yang dikatakan oleh sales Subie di Smg waktu ane kapan hari TD XV oom, pembelinya mayoritas tinggal di luar Smg. Di Smg sendiri Forester sudah lumayan banyak berkeliaran :mky_02: di Sby, bunch of XVs sudah terlihat di jalanan.

Outback rasanya sudah nggak on sale oom. di pricelist kemaren cuma ada 2015 STI, 2015 WRX, BRZ, XV, Forester. Rasanya untuk penjualan Subie masih mengandalkan XV dan Forester untuk volume maker. Impreza sedan aja dihapus dari PL.

anyway, karakter STI dan XV/Forester bener-bener jauh berbeda. ane sangat nggak menyangka. rear LSD betul - betul memberikan perbedaan signifikan di karakter handling.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by billyd1773dz »

wooww.. like this :D :D :mky_02: :mky_02: :mky_02: kudos bro :D :D

nyesel waktu mampir ke beres subbie few month a go ada TD STI g di jabanin.. dannnn kayanya unitnya yg ini juga deh.....

sh*t that big tacho... EJ25 turbo a Boxer Rumble at it best :mky_02: quadtailpipe,5AT by jatco, AWD with 3 lsd..........
kumplit jika ditambah dirt tracknya untuk gaspol wkwkw :D love it... :D truly a driver car

versi 2015 kini ada sops ped nya wkwkw :D dgn gimmick highres MFD ala forester kumplit dgn boost gauge, dan color cluster display wkwkwk... still its got a lot of tweak should be perform even better.


got 500-600jt for toy street car.... ummmmmmmmmm actually i still prefer a RWD coupe hehehe :D BRZ with STI enjin perhaps... hehe...

STI enaknya masih bisa dipke as sedan normal 4 pintu isi 5 orng dgn proper trunk.. BRZ keluar masuk driver seat aja susah.. apalagi ke bangku +2nya. hehe :D


very good review bro :D :D thx for all your effort :D :D
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16787
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote:wooww.. like this :D :D :mky_02: :mky_02: :mky_02: kudos bro :D :D

nyesel waktu mampir ke beres subbie few month a go ada TD STI g di jabanin.. dannnn kayanya unitnya yg ini juga deh.....

sh*t that big tacho... EJ25 turbo a Boxer Rumble at it best :mky_02: quadtailpipe,5AT by jatco, AWD with 3 lsd..........
kumplit jika ditambah dirt tracknya untuk gaspol wkwkw :D love it... :D truly a driver car

versi 2015 kini ada sops ped nya wkwkw :D dgn gimmick highres MFD ala forester kumplit dgn boost gauge, dan color cluster display wkwkwk... still its got a lot of tweak should be perform even better.


got 500-600jt for toy street car.... ummmmmmmmmm actually i still prefer a RWD coupe hehehe :D BRZ with STI enjin perhaps... hehe...

STI enaknya masih bisa dipke as sedan normal 4 pintu isi 5 orng dgn proper trunk.. BRZ keluar masuk driver seat aja susah.. apalagi ke bangku +2nya. hehe :D


very good review bro :D :D thx for all your effort :D :D
Billyyyyy :mky_02: :big_cat: ahhh di page pertama para mastah sudah bermunculan, serem ui :ngacir:

wadohh... seriously bro... ente telah melewatkan sebuah moment yang sangat menegangkan dan bikin hor**ny seketika :big_slap: mobil yang menjadi "surprise" buat ane dan madcat di pagi hari itu ketika kami sudah putus asa kalo nggak dapet unit TD yang menarik kita ngibrit ke Hyundai..... ehhhh ternyata ada si biru ini :big_love:

dan seketika kami langsung melupakan rencana TD Hyundai :ngacir:

boxer rumbling ala EJ25 ini membuat ane penasaran, dan ternyata bener, bore pistonnya sinting, 99,5mm. how in the hell Subaru engineers put that large diameter piston?? even Evo aja engine note nya nggak segarang ini.

nah sayangnya itu dia.... test tracknya perumahan paving block. nggak boleh keluar untuk diuji di SM Test Track #1 :frm_bang_head:

yoi, new 2015 STI sudah dilengkapi layar kayak Forester. seems overrated.... but hmmm.... bagus juga sih.

BRZ with STI enjin? EJ25... or maybe with FA20DIT like Legacy GT or New WRX? :big_smoking:

yap, walaupun minta dipecut terus-terusan, tetap saja bodi hatchbacknya sangat berguna untuk nyelundupin banyak barang :mky_03: kemaren madcat aja duduk di belakang dengan nyaman :big_cat:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by Andhyka »

Review-nya mantap nih om ChZ :big_exellent:

Jadi rasanya seperti penumpang kursi depan persis disebelah pengemudi :big_smile]
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by madcat015 »

Absen di trit panas dulu... komentar ntar sore... :ngacir:

Sempat baca via bebe dudul subuh2... what an impressive review, bro ChZ. This is your very best, no doubt. :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 743
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by jar-jit-no »

akhirnya rilis juga...superb reviu chris :mky_02:

ane bener2 merasakan semangat ente wkt nulis...i feel your passion bro! :big_exellent:

btw, ane penasaran "password" yg disebut mootcat apaan ya? jurus SSI nya bener2 udah tingkat dewa :big_cat:

ane kyknya pernah liat di videonya topgear..impreza vs lancer evo..kyknya menang evo ya? :big_think:
tp entah itu impreza yg sama dgn ini atau ndak...agak lupa.. :mky_01:

dan bener2 shameful mitsu udah men-discontinue lancer evo. they've gone to mainstream way :off_bored:
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
aufal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by aufal »

Ripiunya bikin bener2 ngiler sm WRX...good job om cHZ

What a dream car... [emoji592] [emoji189] [emoji76]
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by haristk7 »

dan Subaru sekali lagi trollingke WRX STi yang baru..

http://www.torquenews.com/1084/announci ... w-20-liter

siap2 mau difacelift dengan kasi mesin yang bener2 baru, FA20DIT...bakalan ngebuat yang beli versi EJ25 Turbo jadi barisan sakit hati kali ya...walaupun untuk urusan parts modif EJ25 Turbo jauh lebih banyak..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by Mamang555 »

Mantap reviewnya. Bikin ngiler bacanya :mky_02:

Buat anak2 generasi 90an, gandrung dengan video game, rasa-rasanya bakalan sangat familiar dengan rivalitas Subaru dan Mitsu ya. Apalagi yang demen main Gran Turismo dan Colin McRae :D Dan buat ane pribadi, ini mobil masup top 10 yang harus ane cobain selain the legendary Evo tentunya :D

Tanya bro Chris: :D
Itu S Drive nya ada 3 kan ya. Intelegence, Sport sama Sport Sharp. Perbedaan dari 3 mode itu apa aja dan terasa signifikan ga ke driving experience nya?

PS: Harusnya mobil yang spesial dapet trek yang spesial juga. Di Wangon tuh yang jalannya full kelak kelok dan lumayan mulus :big_love:
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by hosea »

Mantap review nya.
Tapi jujur kemarin sy kira mau review yg 2014 WRX yg baru meluncur di IIMS, he he he.

Kalau suspensi nya ga begitu keras, saya mau ambil utk daily car. Alas, atos banget ...
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by montirangin »

hosea wrote:Mantap review nya.
Tapi jujur kemarin sy kira mau review yg 2014 WRX yg baru meluncur di IIMS, he he he.

Kalau suspensi nya ga begitu keras, saya mau ambil utk daily car. Alas, atos banget ...
kalo tinggalnya daerah mining, boleh lah ini mobil :big_bored:

kalo di perkotaan.. :big_cry: semuanya hampir ga kepakai karena macet. belom menuntut p+ ditambah ordinary looks to common people. :big_grin:

:big_peace: subaru lover
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5963
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by sintoni »

Sayang om dapat yang metik terus bukan yg GRB JDM spec

Hahahaha..

Tapi overall ini mobil bagus kok, sayang msi kalah si epo.
enz
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Sep 30, 2014 2:52

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by enz »

hosea wrote:Mantap review nya.
Tapi jujur kemarin sy kira mau review yg 2014 WRX yg baru meluncur di IIMS, he he he.

Kalau suspensi nya ga begitu keras, saya mau ambil utk daily car. Alas, atos banget ...
Untuk daily car? Kalo yg MT sebaiknya jangan.. kopling keras.. suspensi juga agak keras.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by DigitALL »

Mantap reviewnya bro Chz :big_exellent:

Nih mobil cocoknya buat yg hobby ngebut dan ngerti mobil. Jgn seperti temen gw yg ga ngerti mobil diajak naik mobil beginian malah dibilang kaya naik mobil tua. Soalnya mobil2 tua identik dgn suara knalpot yg berisik dan rattling dimana2. Belum lagi interior dashnya mirip dgn SX4 dan Terios yg sederhana dan terkesan murahan.

Gw setuju dgn statement dari bro Chz:
"It is not a comfortable car, it is not a luxurious car, it is not for daily driving, it is very rough, it is very wild, it is not sensible yet it is not very civilized, and it has a very low s3x appeal.

And i will say, that’s not the point. Salah alamat kita bicara kemewahan di sebuah Subaru dengan badge STI. It’s all about you, the car, and the road. Nothing else."
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Unchained Devil : 2013 Subaru Impreza WRX STI A-Line (GR

Post by DigitALL »

jar-jit-no wrote:akhirnya rilis juga...superb reviu chris :mky_02:

ane bener2 merasakan semangat ente wkt nulis...i feel your passion bro! :big_exellent:

btw, ane penasaran "password" yg disebut mootcat apaan ya? jurus SSI nya bener2 udah tingkat dewa :big_cat:

ane kyknya pernah liat di videonya topgear..impreza vs lancer evo..kyknya menang evo ya? :big_think:
tp entah itu impreza yg sama dgn ini atau ndak...agak lupa.. :mky_01:

dan bener2 shameful mitsu udah men-discontinue lancer evo. they've gone to mainstream way :off_bored:
Di Topgear udh lama sekali yg Impreza vs Lancer Evo. Menurut Jeremy si Lancer Evo masih lebih baik dari berbagai sisi, seperti tampang eksteriornya, interiornya dan handlingnya juga.