
Saya beberapa kali liat mobil ini lalu lalang di hiruk pikuk jalanan Ibu Kota Indonesia, kesan pertama yang saya dapat pas liat mobil ini “keren juga yah, sayang gak laku”. Kemudian saya liat ada yang diberi nama “Estima” dan “Previa” dimana kemudian saya tau kalo Previa itu spek resmi yang masuk Indonesia. Pihak TAM menjual mobil ini dengan harga yang tembus 1 Miliar Rupiah ! Saya merasa nggak masuk akal sih melihat spek dan fitur yang ditawarkan dibawah Alphard, tapi harganya agak keterlaluan. Sebut saja fitur yang diusung adalah 4 speed AT (bukan CVT with 6 speed manual mode ala JDM model), Airbag cuma 2 sedangkan Alphard saja dikasih Full Airbag system (JDM Previa ada 7 airbags system), ntah deh versi Indonesia itu VSC ama TRC masih ada atau udah kena sunat.
Gak akan ada habisnya kayaknya kalo mesti ngebandingin Previa ama Estima, langsung aja ya sembari saya membandingkan Estima dan Previa. Nah ini modelnya (nb: beberapa gambar terpaksa saya comot dari internet karena fotonya ada yang kurang lengkap).

Estima yang ditampilkan disini adalah versi Hybrid, perbedaan ama versi bensin biasa kalo sekedar dilihat hanya warna grill, tombol start stop button berbeda warnanya, dan ada emblem Hybrid.
Dari luar mobil ini menurut saya cukup keren dan terlihat tidak bikin cepat bosan, apalagi yang AERAS model. Sayang unit yang dilihat disini belom dilengkapi Moonroof Package, andai kata Moonroof Package diaplikasikan, maka tampilannya akan semakin menarik. Jujur saja velg versi JDM ini keliatan lebih gagah dan pas dengan postur tubuh Estima sendiri, membuat velg Previa kayaknya kekecilan. Desain lampu depannya untuk versi AERAS kalo dilihat dari atas itu seperti panah, keren.


with sunroof package

Oke kita masuk ke dalam, saya pun mencoba duduk di kursi....sayangnya mobil tidak mungkin saya jalankan dan memainkan semua fitur yang ada di dalamnya. Oke, yang saya dapat dari posisi mengemudinya, menyetir mobil ini berasa bawa kapal tanker, kapal tanker loh ya bukan kapal induk..ini baru beneran “Ship Who Got Lost on The Road”. Gila ya, saya melihat dengan spion samping, “gila ini mobil, gede amat yak, pantesan kalo ngeliat Estima blusukan ke gang di Tokyo ini mereka harus ekstra hati-hati”. Yang pasti untuk 1st row seatingnya kelewat lega and i like it here ! mobil ini enak aja sih dibawa jalan jauh ke luar kota. Build Quality bagaimana ? Sebagai JDM Spec dan melihat harganya juga, yang bisa saya bilang sangat rapih ! softpadnya sih, yaa gak begitu banyak tempat/area yang bersoftpad..

Satu yang saya heran untuk electric driver seat adalah....kok gak ada lumbar support adjustment !? Hellllooooooo ?? Saya ampe ubek-ubek berpikir mungkin Disetting manual, tapi ternyata emang gak ada, saya ubek-ubek ke website Toyota Jepang juga tidak ada fitur itu di Estima. Hellloooo Toyota, mobil ini kan ditujukan untuk perjalanan jauh dengan keluarga, masa ente tega sih gak ngasih lumbar support adjusment, kayaknya nasibnya lebih mirip dari Odyssey RC versi Indonesia.

Banyak tombol disini yang saya rasa sepertinya hampir semuanya hilang di Previa Indonesia. Sebut saja Power Back Door, VSC, Nanoe AC. Melihat clustermeternya saja membuat saya yakin ini adalah kapal, bukan mobil, tapi lucu juga sih desain clusternya mengingatkan dengan mobil jaman dahulu.


Mobil ini dilengkapi dengan HU Aftermarket, bukan dengan HU versi fullspec. HU Fullspec menawarkan Bird Eye Camera untuk kemudahan parkir dan manuver yang agak sulit di jalanan kecil Tokyo, saya udah menyaksikan pentingnya fitur kayak begini di mobil besar ketika Nissan ElGrand E51 yang saya tumpangi harus melewati jalanan lumayan sempit dan kenalan saya mengaktifkan fitur ini, cukup membantu juga. Untuk urusan Audio sih kalo fullspeknya ada 11 Speaker Audio System dari HiWave, lalu ada juga opsi lebih murah dengan 9 Speaker atau 8 Speaker. Suaranya gak tau ya gimana, mobilnya gak bisa dinyalain sih.


HU fullspec

speaker
Mari ke baris 2 dan mainkan Ottoman Seat, lalu duduk manis ala raja sambil berusaha menikmati perjalanan panjang ditemani musik favorit....itulah gambaran saya untuk 2nd row pada awalnya.....tapi hancur seketika ketika menemukan bahwa sandaran kaki sangatlah menjadi lelucon di mobil ini, tinggi saya 178 cm dan kaki saya malah stuck di kolong 1st row.


walah masuk kolong
Oke saya mundurkan sampai mentok dengan mengorbankan baris ketiga..dan....kaki saya malah harus agak menekuk karena belom naik sempurna kaki saya sudah sukses menyentuh kursi depan.


wah...kok ngelawak sih ?
Oke....sebelum naik ke Estima saya sempat rehat bentar di Vellfire, dan Vellfire dengan sukses membuat saya terbuai di dalamnya...tapi Estima ? saya jujur agak kecewa ama mobil ini. Lelucon belom usai ketika saya (dan akhirnya dibantu SPG Toyota) untuk menaikkan “meja” ini, ntah berapa kali kami mencoba mengakalinya agar mau naik, tapi gak mau juga ! heran saya..si SPG meminta maaf dan saya meminta tolong untuk membuka pintu bagasi (hanya para SPG yang berwenang membuka pintu bagasi di mobil yang dilengkapi Power Back Door). Tapi sebelumnya saya mencoba 3rd row, dan saya akuin, 3rd rownya normal, tidak ada masalah disini..hanya agak sedikit tegak posisi duduknya.

meja bermasalah
Oke kita ke bagasi, hmm keliatannya gak banyak space yang tersisa kalo 3rd row diaktifkan, tapi tunggu dulu, Estima punya sedikit trik yang mau dia ungkap.
http://i330.photobucket.com/albums/l411 ... 24x768.jpg

Tadaaaaa, dia masih ada tempat penyimpanan dibawahnya dan lumayan luas, cukuplah buat naro anak kambing disini serta 1 ekor kucing dewasa..not bad at all ! Sepertinya dia masih tetap ingin menunjukkan kalo dia mobil yang cocok buat berpergian jarak jauh dengan orang banyak. Tempat penyimpanan di mobil ini layaknya MPV nya Toyota, banyak tempat buat menyimpan barang serta peralatan untuk di perjalanan.
Overall mobil ini masih agak layak untuk dilirik dan dijadikan mobil keluarga, walaupun saya sendiri agak keberatan dengan 2nd row dan driver seat yang gak ada lumbar adjustment sih...dan saya rasa, Previa harga tembus 1M itu sangat tidak masuk akal dan gak worthed, kecuali kalo di rentang harga 600-700jt.

Apakah saya menyukainya ? yes, jujur saya masih tetap suka dengan Estima, tapi rasa sukanya berkurang dan entah kenapa saya jadi lebih prefer dengan Odyssey RC
Jika saya punya duit, apa saya membelinya ? hmm, 50-50..
Harga di Jepang saat ini untuk model 2wd 2.4L Gasoline non hybrid: 2,878,691 yen - 3,637,637 yen