
Di Jepang, populasi Voxy/Noah/Esquire sendiri cukup banyak dan sering ditemui di jalanan walaupun tidak sebanyak Serena series. Mobil yang saya buat impresinya adalah Toyota Voxy “ZS” 7 seater 2.0L CVT FWD dengan harga jual 2.674.825yen (termasuk pajak), ini harga paling mahal untuk Voxy FWD 2.0L Gasoline 7 seater (versi 8 seater lebih murah).
sebelumnya ini gen 1 nya

pre-FL

FL
nah ini generasi 2..



belakangnya memiliki kesan aneh awalnya, tapi setelah lama-kelamaan lihat, lebih keren dari Serena C26 dan Biante
Bisa kita lihat disini eksteriornya mengalami banyak perubahan dari generasi 1, bentuknya sudah tidak “plain-looking” dan kelihatan jauh lebih keren. Kalo dibandingkan dengan Stepwagon, Serena, dan Biante si Voxy ini bentuknya jauh lebih keren menurut saya. Menurut saya sendiri jumlah “krum” yang diaplikasikan di mobil ini juga tidak “lebay” dan gak banyak printilan yang justru membuat mobil ini terlihat aneh seperti Nav1 facelift versi Indonesia.

bahkan versi termurahnya saja "X 'c package'" terlihat keren, walaupun memakai velg kaleng yang ditutupi dop plastik
Menurut saya, hal yang “lebay” dari mobil ini hanya pemilihan desain velgnya saja untuk versi “ZS”, mungkin diganti dengan velg dari “Modellista” bisa sedikit memperbaikinya...yah, selera sih..

dengan velg Modellista

Masuk ke interiornya, saya disambut dengan opsional warna interior yang....aneh...saya lihat warna hitam, trus melihat warna orange, trus hitam lagi..kok jadi ingat Oreo rasa jeruk ya ? Hanya versi “ZS” diberi warna ini, sisa varian diberi “all black”..

ini juga hitam-orange-hitam
Oke, fit and finish terlihat rapih dan bagus ala JDM (yang saya denger untuk JDM, gap 2mm saja sudah melewati batas toleransi dan dianggap produk cacat/barang reject). Hanya untuk softpad lover bersiap agak sedikit kecewa, banyak hard plastic di mobil ini walaupun material plastiknya tidak horror. Satu-satunya softpad yang bisa saya temui hanya di area door trim. Saya pernah coba duduk di kursi driver Nav1, buat saya kurang enak. Di Voxy yang baru ini, posisi duduk jauh lebih enak dan visibility keluar juga membaik.

Head Unit yang digunakan di unit ini adalah versi “Integrated” dan sudah dilengkapi reverse camera, G-Book, T-Connect, dan khusus versi Integrated sudah dilengkapi dengan 8 speaker. Untuk versi “aftermarket” hanya diberi 6 speaker saja. Saya lebih suka versi Integrated, lebih rapih. Untuk AC, mobil ini dilengkapi dual zone dan double blower

8 speaker, ada2 speaker yang "roof mounted"
kalo yang ini versi "aftermarket" dengan 6 speaker.


yang kiri terlihat lumayan rapih sih, yang kanan menurut saya aneh
kalo mengalami kecelakaan dan JIKA MEMUNGKINKAN Head Unit tetap bisa dinyalakan, ada fitur "Help" di mobil ini untuk mengirim "SOS" yang dilanjutkan dengan mengirim ambulans..

Yang saya perhatikan, di mobil ini posisi MID nya mirip kayak MID Subaru yang multi color dan MID Honda CRV RM, posisinya ada diatas HU.





MID display

Masuk ke baris 2, hmm...not bad. Kebetulan kakak saya ada Serena C24 dan dibandingkan dengan C24, saya lebih suka Voxy karena menurut saya ini sedikit lebih luas terutama untuk ruang kaki (walaupun C24 juga udah lumayan), yang pasti saya bisa menikmati perjalanan jauh di baris kedua Voxy. Tanpa saya utak atik posisi baris kedua, saya mencoba pindah ke baris 3 dan hasilnya....agak sempit, lalu posisi duduknya agak sedikit lebih tegak dan gak senyaman yang di baris kedua. Setiap kursi di baris ketiga memiliki headrest yang berguna biar gak pegel leher kalo lagi perjalanan jauh.

3rd row, brace yourself, a bit cramped..
Untuk kemampuan angkut barang dan tempat penyimpanan, sebagai MPV mobil ini memiliki tempat penyimpanan memadai dan sepertinya Toyota memanfaatkan setiap area mobil yang lowong untuk membuat tempat penyimpanan, seperti yang ini..

pas buat naro HP/iPod/gadget/dll
Simpel, tapi berguna. Bagasi gak saya review ya karena 11:12 dengan Toyota Nav1. Ini ada beberapa gambar yang saya comot dari web Toyota Jepang mengenai penyimpanan di Voxy.





buat front passanger aja banyak bener tempat penyimpanannya



untuk gimmick, ada opsional double sunroof dan side sun visor buat 2nd row


denger-denger sih versi Indonesia juga dikasi Sunroof
Untuk urusan mesin, Voxy dilengkapi 3ZR-FE yang menyemburkan 150hp @6100rpm dan 193nm @3800rpm dengan tanki bahan bakar berkapasitas 55L.
Safety terdiri dari
- Active Safety: High Beam Control, VSC, TRC, Drive Start Control*, Hill Start Assist, ABS EBD BA.
- Passive Safety: Seat with Whiplash Protection System, ISOFIX, Seatbelt with Emergency Locking Retractor, 7 airbags (dual front + dual front side + dual full length curtain up to 3rd row + driver knee)

Drive Start Control
*Drive Start Control: ini seperti sistem pencegahan/menghindari tabrakan ketika salah menginjak pedal pada saat ganti mode transmisi, misal dari “R” ke “D”, ketika maksud hati menginjak rem dalam dan yang terinjak dalam malah pedal gas kemudian pengemudi jadi panik, mobil otomatis akan “memotong” (hampir habis) tenaga mesin untuk menghindari menabrak objek di sekitar mobil.
Yah segitu dulu aja, ntah kenapa sehabis menulis ini saya juga ngiler banget ama Voxy, apalagi yang fullspec..jadi pengen ini buat family car..
2 cars to go...maaf..menu pembuka dan penutup (Voxy and 3 others) malah saya sajikan duluan..
