BMW Indonesia Luncurkan BMW Seri 3 Terbaru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

BMW Indonesia Luncurkan BMW Seri 3 Terbaru

Post by handling »

PT BMW Indonesia meluncurkan BMW Seri 3 terbaru generasi kelima yang melegenda, Selasa kemarin (19/4) di Sentul, Jawa Barat. BMW Seri 3 terbaru ini hadir dengan tiga model, yakni BMW 320i, BMW 325i dan BMW 330i. Ketiganya mengusung mesin baru yang mampu meningkatkan output dan performa, kerja mesin lebih halus serta pemakaian bahan bakar kian irit. BMW Seri 3 terbaru ini tetap mempertahankan tradisi sebagai lambang sebuah sedan sport mewah dengan disain yang tidak diragukan lagi

Pada acara peluncuran tersebut, Josef Honsel, Presiden Direktur BMW mengatakan, secara dimensi fisiknya, BMW Seri 3 terbaru ini telah berkembang lebih besar dibanding model pendahulunya. "Meskipun Seri 3 terbaru secara keseluruhan lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan generasi sebelumnya, tapi secara proporsi keseluruhannya tetap terjaga dengan baik, sehingga mampu menciptakan kombinasi sempurna antara unsur sporti, dinamis dan elegan,? ujar Honsel.

?Sebagai pemakai BMW pemula saya merasa punya kenyamanan tersendiri dengan Seri 320i. Dengan diluncurkan Seri 3 saya melihat, model yang paling kesohor dari BMW ini akan menjadi yang lebih inovatif dibanding sekelasnya. Beberapa fitur terbaru dan disain yang ada pada Seri 3 terbaru, saya kira sejalan dengan perkembangan tren mobil-mobil premium di dunia,? ujar T. Feriansyah SE, wiraswastawan muda.

BMW 320i, memiliki mesin empat silinder yang berkapasitas 1.995 cc mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 150 tenaga kuda pada 6.200 rpm dengan torsi maksimum 200 Nm pada 3.600 rpm. Model ini hanya membutuhkan waktu 9 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam, dan kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam.

Sedangkan BMW 325i, memiliki enam silinder berkapasitas mesin 2.497 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 218 hp pada 6.500 rpm dengan torsi maksimum sebesar 250 Nm antara 2.750 - 4.250 rpm.

Sementara mesin 6 silinder BMW 330i segaris mampu menghasilkan tenaga lebih besar dari pendahulunya, yakni 258 tenaga kuda dengan torsi maksimum mencapai 300 Nm pada 2.500 ? 4.000 rpm. Bahkan dapat dipacu hingga tenaga maksimum 250 km/jam. Mobil ini hanya membutuhkan waktu 6,3 detik saat digeber 100 km/jam dari posisi berhenti.

Menurut Onny Priyono, anggota BMW Car Club of Indonesia (BMWCCI), walaupun Seri 3 terbaru ini memiliki bodi yang lebih panjang, lebar dan tinggi dengan wheelbase lebih panjang 3,5 cm, tetap tidak mempengaruhi karakteristik dan akselerasi BMW Seri 3. ?Tenaga lebih besar ada pada Seri 5, tapi soal akselerasi, jelas BMW Seri 3 lebih mantap, responsif, ? tandasnya.

Meski secara bodi diperbesar, BMW mengimbanginya dengan menekan bobot mesin hingga batas minimum. Dan pertamakalinya BMW menggunakan bahan magnesium dalam produksi masal blok mesin. Bahan ini lebih ringan 30% dibandingkan bahan alumunium, bantalan peluru kruk ? as serta penutup silinder juga menggunakan magnesium.

?Jadi BMW saya kira, untuk menjaga karakteristik Seri 3, ada toleransi antara bodi yang diperbesar dengan penggunaan bahan magnesium. Sehingga apa yang menjadi ciri khas dan karakteristik Seri 3 tidak hilang,? ujar BMW mania ini.

Perlengkapan standar keamanan pada BMW Seri 3 terbaru terdiri dari DSC (Dynamic Stability Control), DTC (Dynamic Traction Control), DBC (Dynamic Brake Control), EDL (Electronic Differential Lock) dan Brake Force Display. Selain itu, dilengkapi pula dengan sistem airbag yang terdapat pada pelindung bagian kepala untuk semua penumpang dan pengendara, sesuai dengan persyaratan keselamatan yang ketat.

Khusus untuk BMW 330i, sistem DSC (Dynamic Stability Control) telah mengalami pengembangan baru, yang lebih sigap bereaksi apabila pengendara mendadak diharuskan memindahkan kaki dari pedal akselerasi untuk pengereman dalam situasi yang berbahaya.

Untuk empat penumpang, dalam kondisi ban kempes, BMW seri 3 terbaru ini, masih dapat melaju sejauh 100 km dengan kecepatan 80 km/jam. Sedangkan untuk dua penumpang, kendaraan ini masih dapat berjalan sejauh 250 km dengan kecapatan 80 km/ jam. Oleh karena itu, BMW terbaru ini tidak dilengkapi dengan ban cadangan.
(a-ray)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Re: BMW Indonesia Luncurkan BMW Seri 3 Terbaru

Post by handling »

handling wrote:
BMW 320i, memiliki mesin empat silinder yang berkapasitas 1.995 cc. Model ini hanya membutuhkan waktu 9 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam, dan kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam.
ha..ha..ha...siapa lagi nih yg mau kena tipu......

handling wrote: Untuk empat penumpang, dalam kondisi ban kempes, BMW seri 3 terbaru ini, masih dapat melaju sejauh 100 km dengan kecepatan 80 km/jam. Sedangkan untuk dua penumpang, kendaraan ini masih dapat berjalan sejauh 250 km dengan kecapatan 80 km/ jam. Oleh karena itu, BMW terbaru ini tidak dilengkapi dengan ban cadangan.
gile cing.....cukup siapin uang buat beli ban baru. Tapi gua sih gak bisa bayangin kalo lagi diluar kota, gak ketemu bengkel yang jual ban "run flat tires", mesti ganti pake ban biasa..... :P

Lantas tempat ban cadangan dipake buat apa ya? buat umpetin duit ? atau untuk subwoofer 21 inch? :wink:
Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

(sorry, double post......)
Last edited by conan on Wed Apr 20, 2005 18:06, edited 1 time in total.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

handling wrote:Tapi gua sih gak bisa bayangin kalo lagi diluar kota, gak ketemu bengkel yang jual ban "run flat tires", mesti ganti pake ban biasa.....
Makanya masih bisa jalan sepanjang 250 Km lagi, bung Handling. Supaya bisa cari dulu RFTnya.
Handling wrote:Lantas tempat ban cadangan dipake buat apa ya? buat umpetin duit ? atau untuk subwoofer 21 inch?
Sebenarnya tujuan penggunaan RFT untuk mengurangi bobot total, karena seri-3 adalah sedan performance. Tapi ricers di sini malah menambah beban dengan memasang subwoofer raksasa. :mrgreen:
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

9 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam, dan kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam

masa sih bisa segini,ah jangan2 cuman promosi doang
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

conan wrote:Tapi ricers di sini malah menambah beban dengan memasang subwoofer raksasa. :mrgreen:
habis bingung sih mau diapain..... :P :P :P :P :P :lol: :lol: :lol: :lol:
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

biar keren kali,di mesin aja di pasangin TV,apalagi bagasi yang untuk barang udah berubah fungsi buat keren2 an,bagasi aja di beri tv siapa yang nonton nya kecuali lagi culik orang taro di bagasi,biar orang nya diam di beri TV
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

mpoezz wrote:biar keren kali,di mesin aja di pasangin TV,apalagi bagasi yang untuk barang udah berubah fungsi buat keren2 an,bagasi aja di beri tv siapa yang nonton nya kecuali lagi culik orang taro di bagasi,biar orang nya diam di beri TV
:mrgreen: :mrgreen: