Kebetulan karena ada di jakarta, maka saya mengontak pemilik mbl ybs utk kopdar, dan sekalian untuk TD Honda City ybs (sebenarnya mau TD Camry V6 punya beliau namun ga bisa krn suatu hal)
NB : Mohon maaf bila tidak ad benchmark pembanding dgn city ini dikarenakan gw baru pertama kali bw sedan di mbl ini saja

Eksterior

Fascia depan cukup menarik daripada versi pre facelift, grille dan bumpernya juga pas dan masi enak dilihat namun gw lebi suka grille versi VTEC 07 yg pake honeycomb, kesannya lebi menguatkan aura sporti dari tipe ini yg merupakan tipe "kencang" dari City sekaligus varian tertinggi... Oh iya, foglamp belum ditambahkan sbg fitur std dan mnrt gw sgt disayangkan krn foglamp itu cukup penting..

Bagian samping tidak proporsional, moncong pendek seakan ga pas membuatnya jd mirip kecebong...

Bagian belakang menarik, gue suka karena lebih mewah drpd gen sebelumnya, tapi gw prefer ditambahkan ducktail agar lebi manis dilihat...


Velg udah diganti ama ownernya menggunakan velg OEM Jazz RS 08 dan direpaint gun metal dan dilapis ban Achilles dgn ukuran R16...
Overall bagian depan blkg cukup bagus tapi bagian sampingnya yg ga proporsional... Masi tergolong acceptable utk ukuran mbl berumur 10 taun..
Interior

Interior spartan dan biasa saja, didominasi warna hitam dan abu abu muda...
Pandangan ke depan ga terlalu enak dikarenakan moncong landai ke depan, spion gw rasa udh cukup besar krn dimensi mbl yg kompak... Posisi duduk juga menurut gw biasa aja tp masi acceptable...
Kualitas plastik menurut gw ok lah dan jok masi memakai fabric bawaan berwarna abu abu muda yg menurut gw cukup bagus bahannya...
Console tengah dihiasi panel silver (i-DSI pke kayu) yang udah baret sana sini...

Headunit memakai HU cungkwo touchscreen double DIN yang tak tau siapa bapaknya....eeeh siapa pembuatnya, dan 4 speaker harman/karton logic ncak ncek... Kalo memutar lagu sih ga bagus suaranya, tapi klo muter dangdut koplo sih plg manteb di city ini


Akomodasi ttp lega khas ahond...


Overall interior spartan, simple dan ga macam macam...

Engine bay
Mobil menggunakan L15A 1.500 cc dan ditandem dgn transmisi CVT with 7 speed mode... Utk kinerjanya akan gw bahas di bag berikut...
Driving impression
Coba jalankan mobil dan keluar dari parkiran apato menuju jalan raya, respons cvt cukup bagus namun masi geter dikit klo di posisi D ato S, gw maklum aja dikarenakan cvtnya ad problem dikit (pas R mesin kyk mau mati, 7 speed mode bermasalah kdg mau idup kadang ga) Ad kejadian horror dimana pas bayar parkir power window sisi pengemudi gamau naik (penyakit mobil ahond) tapi akhirnya dpt ditutup dgn sukses

Setir ringan tp ad feedbacknya dan handling cukup baik... Gw coba gas dikit mobil udh jalan, tarikan bawah cukup baik apalg mbl ini baru servis dan diisi pertamax ato shell ama ownernya...

Respons rem cukup baik, pakem, drpd tipe i-DSI yg sangat blong remnya... Gw heran pdhl cuma tambah disc brake blkg tapi koq bisa langit bumi gt respons remnya...

Rattling masih acceptable utk ukuran mbl 10 taon... Bantingan sendiri cukup keras khas honda...
Konsumsi bbm 1:12 pake pertamax 92 rute kombinasi menurut ownernya...
Conclusion
Kalo disuru milih utk harian sih oke juga, cuma dgn catatan klo bisa manual krn cvtnya yg super ringkih...
Pros:
-design cakep meski udh uzur
-mesin reliable dan tenaga cukup di putaran rendah
-jok belakang lebi tebal dan ada armrest
-konsumsi bbm irit
-akomodasi luas khas ahond
Cons:
-panel plastik gmpg baret
-design grille imho kurang garang
-cvt rentan rusak
-bantingan keras
-audio ncak ncek alias cuma sekedar bisa denger aja
-fitur minim
Sekian ripiu saya... Klo ad yg kurang silakan disampaikan...
