
Seharian sabtu ini dapet mandat buat nyetirin mobil 1 ini seharian, yaa jadilah dibuat review aja, maap kalo alakadarnya bingits

Yang akan ane review kali ini adalah... Sebuah produk batu makam, yaitu D40 Nissan Frontier Navara Sports AT 2013


Oiya, berhubung mobil ini dipake keliling seputaran Jakarta, jadi mohon maaf kalo isinya lebih ke ulasan penggunaan dalam kota alias city slicker, bukan penggunaan di alam doi yang sesungguhnya yaitu jalan oprut...

*PS : kalo pic nya jernih, berarti minjem dr mbah google, kalo sebaliknya berarti pic dr ane sendiri, soalnya dadakan bgt jadi cm bs foto pake kamera ipod touch yg alakadarnya...

=================
Nissan Frontier Navara D40 atau yg biasa disebut Navara ini adalah generasi kedua dari midsize truck buatan Nissan... Diluncurkan pertama kali tahun 2004, mobil ini masuk ke Indonesia tahun 2007, menggantikan kakaknya, D22 Frontier yang cukup sering juga lalu lalang di jalanan Indo sini...
Namun sekarang sudah ada generasi ke-3 nya yaitu D23 Nissan NP300, namun baru diperkenalkan dan belum dijual di Indonesia...
Dengan harga per November 2014 sebesar 388jt untuk trans manual dan 400jt untuk trans otomatis, Navara bersaing dengan Ford Ranger, Isuzu D-MAX, Chevrolet Colorado, Toyota Hilux, dan Mitsubishi Strada Triton...
Unit yang ane review ini adalah type facelift ber embel-embel Sport Version, dengan bumper & grill berdesain baru, spion chrome, dan velg 16" motif baru, serta interior sudah dilengkapi dengan tombol di stir dan HU touchscreen bawaan...

So, lets talk about the Exterior first...

==================


Tampang mobil ini kalo menurut ane mah, sangat sangat gagah


Garisnya tegas2 semua, nggak meletot2, bener bener keliatan intimidating...


Dari samping, terlihat cukup plain tanpa lekuk macem2 pada body... Still great though, kesan tangguhnya dapet banget

Ane merasa jika handle pintu diberi chrome, akan lebih bagus... (entah kenapa di mobil ini, more krum more better

Velg 16" berdesain baru, yang menurut ane kurang bagus, lebih bagusan model velg pre-FL nya...

Ban asli berukuran 255/70/R16, namun di unit yg ane test sudah diganti menjadi ban pacul...

Dari belakang, mobil ini masih keren banget dengan desain bokong yang tinggi & bemper krum nya, terlihat berkelas

Aksen plastik di sekitar logo Nissan & handle juga mempermanis tampilan...

Untuk pilihan warna, Navara hanya punya pilihan putih mutiara, silver, dan hitam...
Ane sendiri paling suka yang hitam, mobilnya jadi gagah sekali...

Putih juga cukup bagus, sedangkan silver akan membuat mobil terlihat membosankan...

Panjang 5.230mm dan lebar 1.850mm yang termasuk besar untuk ukuran d-cab sekelas, memang nggak boong, mobil ini jadi keliatan raksasa di jalan, mengintimidasi pengguna jalan lainnya sehingga tinggal sodok sedikit, kendaraan lain langsung memberi jalan buat mobil ini...

Baknya juga berukuran besar lho dibanding d-cab sekelas

Sekarang, mari beranjak ke sesi Interior...

==================

Interior didominasi warna hitam, dengan beberapa aksen silver...
Kesan pertama saat memasuki interior Navara ini, benar2 spartan dan fungsional, tidak terlihat mewah...

Dashboard berbahan full hard plastic yang kualitasnya biasa-biasa saja... Panel gap pun alakadarnya, namanya juga Nissan, bikin mobil interiornya suka kurang sempurna...

Yah walaupun dibanding Hilux/D-Max/Colorado kira2 masih selevel sih, triton & ranger ane rasa lebih bagus bahannya...

Panel tengah beraksen silver, terdapat sebuah HU LCD 6 inch di tengah, dan knob pengatur AC di bawahnya...
Knob ACnya saat diputar terasa lumayan, tidak terasa ringkih

Setir cukup nyaman dipegang, meskipun masih polyurethane, belom kulit. Juga terdapat tombol di stir untuk mengatur audio...
Posisi mengemudi nyaman sekali, pedal, stir, dan tombol2 di dashboard bisa dengan gampang diraih...


Visibilitas keluar jelas banget dari depan-spion samping yg guede-belakang... Cuma harus agak waspada sama baknya yang termasuk besar di kelas d-cab, jangan sampe kelupaan ada baknya di ujung


Panel instrumen berdesain simple, yang penting mudah dibaca aja...

Terdapat 2 layar, yang di kiri berisi jam dan status mode penggerak roda, sedangkan yang kanan berisi posisi tuas transmis dan odometer...
Saat malam, instrumen ini cahayanya berwarna putih, yang jelas dibaca & cukup menarik dilihat...


Doortrim mobil ini pun simple saja, dengan bahan full hard plastic...
Ruang di depan terasa lega, dengan headroom lumayan & kaki tidak terasa cramped...
Sedangkan di belakang... Termasuk yang paling sempit dibanding rival2nya sekarang yang berasa SUV, space kabin belakang masih berasa d-cab era 1 dekade lalu... (ya emang diluncurinnya tahun 2004 sih

Jok di bagian depan nyaman sekali, cukup empuk dan suportif juga, berkendara jarak jauh nggak akan pegel nyetir mobil ini mah...

Nah di belakang... Joknya tegak pake banget, belom lagi ruang kaki yg ala kadarnya, buat duduk dalam waktu lama bakal bikin kerasa 'gerah', biarpun pinggang nggak pegel krn lumayan nyaman kontur joknya...

1 yang disayangkan, joknya dilapiskan VINYL, pelapis murahan yang amit amit bau & panasnya... Ngalah2in ipah J & hilux single cab aja


Mending fabric jauh kemana2 deh biarpun nggak setangguh vinyl...



Tuas automatik terasa cukup keras pindah2nya, jadi agak males pindah2 D-N-D-N pas macet

Nah, yang cukup menarik kompartemen penyimpanannya banyak... di tengah sendiri terdapat cupholder, console box, tempat buat naroh HT/henpon/dsb di sebelah kanan tuas AT, kompartemen di depan tuas AT dan di atasnya juga ada ruang kosong, serta ke-4 doortrim ada ruang buat naroh barang segede map... Di atap juga masih ada tempat buat naroh kacamata

==================
Bicara spek,
Mobil ini menggunakan mesin diesel commonrail 2.5L YD25DDTi Hi-Power bertenaga 174hp di RPM 4000 dan torsi 402 NM di RPM 2000, which is interesting, powernya besar sekali buat mesin disel 2.5 non VGT

Sedang transmisi automatis nya sudah 5 speed, jelas lebih baik dari pabrikan sebelah yang masih 4 speed...

Kaki kaki, seperti biasa layaknya d-cab, depan double wishbone & per keong namun belakang masih rigid axle plus per daun...
GC yang dimiliki Navara lumayan lah, 220 MM pada kondisi std... Dengan ban yg lebih besar sih bakal meningkat lg GCnya

Sedangkan di bagian fitur2, mobil ini bisa dibilang standar lah, seperti :
-Lampu HID
-ABS EBD BA, Dual Airbag
-Audio 4 speaker plus 2 tweeter & HU 6" DVD
-Tombol audio di setir
-Keyless entry
Sudah, itu saja, nggak ada gimmick2 spesial lainnya

==================
Mobil sudah berusia 1 tahun 3 bulan, dengan odo 14.000 km, which is masih tergolong baru dan kondisi sangat fit...
Mode penggerak yang dipakai hanya 2WD, nggak sempet buat utik2 mode 4wd nya

Trek ujicoba adalah kondisi jalan macet-toll-jalan lancar di jakarta barat & selatan...

Mari nyalakan mesin dengan kunci...
Saat mesin berhasil menyala, getarannya termasuk halus, seperti pajero sport/fortuner lah kira2

Suara mesin hanya masuk ke kabin sedikit...
Pindahkan tuas ke D, lepas rem tangan, dan injek gas... Respons pedal gas lembut & agak dalem, nggak seperti mobil toyota yg sekali toel langsung ngacir

Yang ane seneng, respons pedal rem pun sangat haluus spt sedan mid size, tanpa ada feeling2 JDUAK *barang2 berhamburan* kayak di fortuner

Setir saat markir/berhenti cukup berat, namun di penggunaan dalem kota, makin ringan namun pas beratnya

Feedback yang diberikan dikit doang, sekedar geli2 aja, namanya juga truck

Speeleng nggak begitu gede, masih mayan akurat stirnya kalo ane bilang...

Keluar dari rumah, langsung disambut oleh jalanan yang macet abis...
Pas di putaran bawah, tenaganya 'agak' sedikit kurang main, masih terasa butuh effort buat mobil ini jalan...
Namun baru di putaran agak tinggi, sesuai di spec torsi max didapat di 2000 RPM... baru deh mobil bisa berjalan dgn no effort, tau2 kenceng aja

Jalanan sudah jadi agak lega dikit, waktunya sedikit bejek gas...
Dan baru disini keliatan taji nya nih Navara, tenaganya mancaaap


Putaran mesin harus dijaga di sekitar 2000-4000 supaya tenaga nya keluar maksimal...

Sampailah mobil ini di gerbang toll, & waktunya berakselerasi 0-100...
Naaah, ini dia yang ane demen, Navara serasa bener bener ringan jalannya, tau2 udah 100 aja

Klaim media2 sih 0-100 nya berkisar 12 detik pas (dan feeling ane pas akselerasi sekitar segituan juga), catatan yg sangat baik dibanding beberapa rival2nya

Ane seneng juga sama transmisinya, nggak telmi dan haluuus, perpindahan gigi tidak terasa euy

Saat di gas pun suara mesin hanya masuk sedikit2, ditambah road noise minim biarpun pake ban pacul & interior senyap, jadilah mobil ini sebagai d-cab yang tenaaang banget

Karakter suspensi, ane rasa disinilah batu makam bertaji... Navara ini masih berkarakter firm2 ala d-cab, namun mantab sekali, jalan jelek yg dilewatin cuma berasa geli2 doang, goyangan nya nggak berlebihan

Suspensi depan empuk sekali, sedangkan rigid axle plus per daun di belakang tetep kerasa lebih keras dari yang belakang, namun masih terbilang oke, menghasilkan ride yang stabil no mentul2

Gambaran keenakan nya, bantingan masih lebih enak daripada Fortuner yang SUV gitu...



Ketika dibawa nyetir di toll, Navara masih sangat anteng di jalan, nggak ada rasa ga stabil... Cruising di mobil ini the best banget deh, sambil sekali2 nyalip mobil lelet di depan dgn tenaga mesin yg lebih bertaji di putaran atas

Mungkin wheelbase yg sangat panjang (3200 MM) ini turut menyumbang andil dalam kestabilannya...
Overall, bawa mobil ini di dalem kota mah enak bangeet, 'cukup' lincah & nggak terasa mobil gede kecuali liat spion dan menyadari bokongnya panjang banget

Biarpun radius putar yaa gitu deh, 6.7M... Kerasa susahnya pas harus muter balik di jalanan sempit, maju mundur maju mundur dulu baru dapet

Dan cari parkir harus cari spot yg agak lega, agak susah parkir di basement krn space nya rata2 sempit...
Poin paling plus bawa Navara dalem kota adalah, bentuknya yang besar boxy ini bikin semua mobil & motor2 alay ga berani mepet-mepet!

*PS : jangan tanya tentang kemampuan cornering sliding blablablabla ya, mana berani awak pake mobil ginian, salah2 keguling

=================
Sempat jadi penumpang juga selama 2 jam perjalanan dr jam 6-8, macet amit amit

Kerasa banget di belakang ruang yg ditawarkan ngepas aja buat ane yg 183cm/75kg...
Sangat disayangkan, sandarannya bener2 tegaaaak, pegel juga jadinya duduk, alhasil nyender ke doortrim dikit biar bisa agak rebahan

AC pun nggak gitu dingin, sepoi-sepoi aja pas malem... Pas jam 2 siang langsung jadi kodok kukus ane dibalik kursi driver

Duduk di depan adalah pilihan yg paling baik, joknya nyaman sekali, pun bantingan di depan terasa paling empuk & space kaki lega...

Kualitas audio ala kadarnya banget, encek encek yang penting bisa didenger aja

=================
FC mobil ini sayangnya termasuk boros, sesuai sih sama tenaga yg ditawarkan...
Isi biosolar hanya dapet 1:7 dalkot, 1:11 toll...
Belom lagi issue nya mobil ini sensi banget sama bio solar di kemudian hari, ini karna masih baru aja...

Sepertinya soal reliability, navara harus ngalah ke pesaing lainnya...
=================
Navara... Ane rasa mobil ini cocok bangeet buat nemenin aktivitas sehari2 didalem kota, makenya gampang kok

Biarpun ada sedikit kesulitan pas mau parkir/lewat jalan sempit/puter balik di jalan sempit, tp pengendalian nya sendiri baik juga untuk penggunaan dalam kota

Ridenya yang tenang serta mesin yang bertenaga dan suspensi empuknya juga nyenengin banget buat dipake sehari2
Belom lagi tampilannya yg terlihat mewah, satpam2 masih pada hormat kalo dr penglihatan ane...

(+)

-Model mengintimidasi & macho sekali
-Bak belakang besar
-Visibilitas baik
-Kompartemen penyimpanan banyak
-Suspensi empuk di kelas d-cab
-Pengendalian cukup baik buat dalem kota
-Jok depan sangat nyaman
-Road noise & suara2 dari luar teredam dengan baik
-Mesin halus & tenang serta bertenaga
(-)

-Radius putar & ukuran bodi besar sekali dibanding d-cab lain, agak merepotkan buat melalui yang sempit2

-Audio alakadarnya
-Pelapis jok vinyl, nggak banget deh
-Ruang belakang paling sempit & sandaran joknya terlalu tegak
-Reliability issues when filled with Bio Solar, compared to another d-cab?

-Putaran bawah sedikit kurang 'wah'
=====================================================
Sekian review dari nubie, mohon maaf kalo ada silap2...

Yang mau nambah2in ttg navara ini dipersilahkan buat komen dibawah
