Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Hai SMer's... Mari berbagi data kapasitas oli mesin mobil anda...
Semoga dpt membantu rekan2 lain sewaktu mau ganti oli mesin DIY
Sebaiknya ditulis dgn format: tanpa ganti filter oli/dengan ganti filter
smua itungan diatas dgn parameter dipstick.. dan mesin diidupkan dl stelah diisi oli... sblom nya jg stelah baut drain oil pan dibuka dan dibiarkan kurleb 1 jam ampe ga ada netes oli bekas nya lg...
smua itungan diatas dgn parameter dipstick.. dan mesin diidupkan dl stelah diisi oli... sblom nya jg stelah baut drain oil pan dibuka dan dibiarkan kurleb 1 jam ampe ga ada netes oli bekas nya lg...
interupsi bapak ketua (sok rapat DPR...)
yang saya bold itu, bukannya yang 2.3 liter punya xenia 1.0 ?
setau saya, xenia Mi & Li (tipe D & M di anex) yg pake mesin EJ-VE 2.3 liter (dengan filter), 2.1 liter (tanpa filter).
sedangkan mesin K3-VE di tipe Xi (tipe X & R di anex) sama persis dg avanza 1.3, dengan filter = 3.0 liter, tanpa filter=2.7 liter.
mohon petunjuknya....terimakasih.
maaf kalo saya yg keliru.
Last edited by hariy on Fri Jan 23, 2015 13:30, edited 2 times in total.
smua itungan diatas dgn parameter dipstick.. dan mesin diidupkan dl stelah diisi oli... sblom nya jg stelah baut drain oil pan dibuka dan dibiarkan kurleb 1 jam ampe ga ada netes oli bekas nya lg...
interupsi bapak ketua (sok rapat DPR...)
yang saya bold itu, bukannya yang 2.3 liter punya xenia 1.0 ?
setau saya, xenia Mi & Li (tipe D & M di anex) yg pake mesin EJ-VE 2.3 liter (dengan filter), 2.1 liter (tanpa filter).
sedangkan mesin K3-VE di tipe Xi (tipe X & R di anex) sama persis dg avanza 1.3, dengan filter = 3.0 liter, tanpa filter=2.7 liter.
mohon petunjuknya....terimakasih.
maaf kalo saya yg keliru.
interupsi diterima dewan anggota... tp biasanya ane isi kurleb 2.5 liter aj koq... uda kira2 melebihi batas tengah dipstick... ane ngisi oli emg ga perna full ampe kena batas atas dipstick... males TB jd cepet kotor... kl 3 liter kayanya ga perna deh walaupun ganti filter jg
DOHC wrote:interupsi diterima dewan anggota... tp biasanya ane isi kurleb 2.5 liter aj koq... uda kira2 melebihi batas tengah dipstick... ane ngisi oli emg ga perna full ampe kena batas atas dipstick... males TB jd cepet kotor... kl 3 liter kayanya ga perna deh walaupun ganti filter jg
owh...ai si, bapak ketua dewan...lain orang memang lain cara ngisinya ya...
pantes tarikan agak2 berat gimana gitu. apalagi avxen saya dulu isi olinya 20w50...untungnya saya cuma kebagian jatah 1x, habis itu ngga pernah lagi. wong mobilnya saya jual dan ganti lagi..hehehehe.
Klo dikasi batas tengah dipstick, pas nanjak masalah gak (khususnya buat mesin membujur yg sedotan olinya dibagian depan karter)? Ngeri klo pompa cm nyeruput angin
b8099ok wrote:Klo dikasi batas tengah dipstick, pas nanjak masalah gak (khususnya buat mesin membujur yg sedotan olinya dibagian depan karter)? Ngeri klo pompa cm nyeruput angin
utk pipa nyedot oli biasanya posisi nya agak kbawah banget mendekati lantai oil pan om... dan lagi, titk atas dan bawah dipstick bisanya skitaran batas antara oil pan dan enjin blok... itupun kisaran range 100-1000 cc antara 2 titik tsb jd seharus nya ga ampe tekor banget tu oli... dl di lipina ane perna ane isi 2 liter aj, lampu oli di indikator ga nyala koq...
yahh kcuali tanjakan super extreem ampe 45 derajat yahh ad kmungkinan ga bsa seruput oli, tp memang mobil biasa masi sanggup tuh nanjak di derjat sgitu ??..
b8099ok wrote:Klo dikasi batas tengah dipstick, pas nanjak masalah gak (khususnya buat mesin membujur yg sedotan olinya dibagian depan karter)? Ngeri klo pompa cm nyeruput angin
utk pipa nyedot oli biasanya posisi nya agak kbawah banget mendekati lantai oil pan om... dan lagi, titk atas dan bawah dipstick bisanya skitaran batas antara oil pan dan enjin blok... itupun kisaran range 100-1000 cc antara 2 titik tsb jd seharus nya ga ampe tekor banget tu oli... dl di lipina ane perna ane isi 2 liter aj, lampu oli di indikator ga nyala koq...
yahh kcuali tanjakan super extreem ampe 45 derajat yahh ad kmungkinan ga bsa seruput oli, tp memang mobil biasa masi sanggup tuh nanjak di derjat sgitu ??..
Mslhnya liquid khan ada gaya inertia om, jd kendaraan melaju kedepan otomatis olinya cenderung miring kebelakang. Tapi ga tau jg sih,... Yah anggap aja preferensi masing",... Ane sih selalu dibatas atas. Tp pake oli encer,...
kl ane sehh liatnya desain oil pan kan biasanya ad bagian yg munjung ke bawah sendiri shg oli ngumpul dsana terus, dan pipa sedot oli jg letak nya dsitu... jadi (mungkin lohh) kl mobil mau gerak [cencored] atau nanjak dgn sudut tertentu, tuh oil sump masi tetep kerendem dan dapet konstan suply oli nya.... cmiiw dan imaly aj dehh...
Thanks rekan2 yg sudah menyumbang data...
Klo data yg saya berikan itu berdasarkan manual book.
Klo yg dr om DOHC krn isi ga pernah di batas FULL makanya agak selisih sekitar 300-500mL
Takjub juga yah mobil macam avanza, G.livina, xenia, make oli nya cuman 3Liter
Sedangkan Ipah 2.0 vvti yg juga cuma 2000cc sampe 6liter perlu nya...
Kesimpulan versi nubie sotoy:
Semakin kecil kapasitas oli -> irit, biaya perawatan murah
Semakin besar -> boros, biaya perawatan besar
utk kelas 1500cc, malah ane agak kaget ama si GL... 3 liter ud ckup bkin level oli mendekati titik atas dipstick, padahal ud termasuk ganti filter... mobil2 lain sekelas 1500cc, pasti 3 liter lebih...
btw ipah 2.0 bensin ga perlu ampe 6 liter om.... kasian, ntar jauh di atas level paling atas dipstick... 5.5 liter (dgn ganti filter) aj ud diatas titik atas dipstick...
smua itungan diatas dgn parameter dipstick.. dan mesin diidupkan dl stelah diisi oli... sblom nya jg stelah baut drain oil pan dibuka dan dibiarkan kurleb 1 jam ampe ga ada netes oli bekas nya lg...
interupsi bapak ketua (sok rapat DPR...)
yang saya bold itu, bukannya yang 2.3 liter punya xenia 1.0 ?
setau saya, xenia Mi & Li (tipe D & M di anex) yg pake mesin EJ-VE 2.3 liter (dengan filter), 2.1 liter (tanpa filter).
sedangkan mesin K3-VE di tipe Xi (tipe X & R di anex) sama persis dg avanza 1.3, dengan filter = 3.0 liter, tanpa filter=2.7 liter.
mohon petunjuknya....terimakasih.
maaf kalo saya yg keliru.
interupsi diterima dewan anggota... tp biasanya ane isi kurleb 2.5 liter aj koq... uda kira2 melebihi batas tengah dipstick... ane ngisi oli emg ga perna full ampe kena batas atas dipstick... males TB jd cepet kotor... kl 3 liter kayanya ga perna deh walaupun ganti filter jg
Sepakat dgn om klep..
Apanjah 1.3 ganti oli tanpa filter, di angka 2liter. Pernah waktu dulu mau ganti oli dgn filter harusnya 2,5liter tapi diisi 3 liter.
Ane paksa mekaniknya liat dipstick. Ternyata bener kebablasan di atas top dipstick. Akhirnya terpaksa keluarin lagi, dan masukin lagi dengan dikurangin seliter (karena yg stgh liter udah masuk filter oli). Akhirnya tinggi oli di dipstik normal kembali.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "