Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Segala jenis sports car (Ferari, Acura, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by ChZ »

Halo halo...

Kali ini ane akan mencoba membuka sebuah seri diskusi baru bernama "Sportscar Talk".

Hah, Sportscar Talk? Apa itu?

Latar belakang ane memulai ini sebenernya simpel : SM is getting too serious for young people. Kebanyakan orang males ke SM karena yang dibahas terlalu serious. Ya kalau diliat profile user, memang kebanyakan member SM adalah orang dewasa (usia 30 keatas). Jadi udah nggak ada waktu buat ngomongin figur 0-100, modif mesin sampai ribuan horsepower, Nurburgring laptimes, etc. Semua kalau ngomong ya mobil yang enak buat harian, akselerasi dan top speed nomer sekian sekian. Ujung ujungnya yang dibahas ya mbalik mobil itu-itu wae...

Being serious is good, but being too serious is boring. Memang bahas sportscar itu bahasan yang ababil dan anak muda banget, tapi forum otomotif seperti SM akan mati kalo nggak ada bahasan tentang sportscar. Sportscar itu adalah "masterpiece" nya Automotive Engineering. Motorsport berkontribusi banyak untuk perkembangan otomotif masa kini, dimana pabrikan berlomba - lomba bikin mobil yang kenceng tapi bisa irit at the same time. Dari desain bodi, engine, transmisi, chassis, suspensi, etc. Dan ane sebagai mahasiswa engineering plus ababil usia 20 taon yang sangat menggemari mobil kencang, memiliki sportscar adalah impian terbesar ane. Impian terbesar ane bukanlah mobil - mobil mewah seperti Mercedes atau Rolls, tapi mobil-mobil seperti Skyline GT-R, Subaru WRX STI, Lancer Evo, Mazda RX-7, Honda S2000, etc... Mobil-mobil yang menjadi benchmark engineering di zamannya. :big_smoking:

Lalu SM sebagai benchmark nya forum - forum otomotif masa kini, nggak akan lengkap kalau nggak pernah bahas sportscar. :big_smoking:

Awalnya ane mau jadiin 1 thread aja, tapi kalau dijadiin 1 thread bakal sulit buat orang-orang yang sekedar cari bahan bacaan karena informasinya akan mixed-up, jadi ane bagi perpart (supaya gak bosen juga :mky_01: ). Akan ada topic baru setiap 2 minggu.

Dan topik kita minggu ini adalah :

The "Godzilla" GT-R

Image

"GT-R" , sebuah nama yang tidak asing lagi buat para penggemar otomotif, terutama para ababils yang doyan main game balapan. Mobil ini nggak pernah absen di setiap game balapan yang kita mainkan. Mention it, dari generasi R32-33-34-35. Gran Turismo series, NFS series, Forza, Juiced, etc.

Skyline GT-R, basically adalah "kasta" tertinggi dari Nissan Skyline series, yang origin nya merupakan mobil ciptaan pabrikan kecil bernama Prince Automobile, sebelum merging dengan Nissan-Datsun.

The Origin
Banyak yang mengira "kakeknya" Skyline GT-R adalah KPGC10 yang sangat ikonik, tapi sebenernya yang merupakan "origin" nya GT-R adalah S54 2000 GT-B yang based on Prince Skyline.

Image

Mobil ini berhasil finish kedua setelah Porsche 904 GT-S di tahun 1964.

Setelah generasi ini, the legend lives on...

First Generation Skyline GT-R : The KPGC10 (Hakosuka)

Image

Nickname Hakosuka sendiri berasal dari kata "Hako" (ハコ) dan "Suka" yang berasal dari kata Sukairain (スカイライン)

Dengan engine S20 2000cc yang outputnya 160hp dan 177Nm dengan penggerak RWD. Quite fast pada jamannya di th 1969 :frm_salut:

Design features yang masih dipertahankan Nissan hingga sekarang di GT-R R35 juga diawali dari KPGC10 : empat buah tail-lights. Yang bentuknya menjadi bulat di generasi berikutnya : KPGC110.

Second Generation : KPGC110 : "Kenmeri" Skyline

Image

Skyline GT-R generasi ini menjadi yang paling sial karena hanya eksis tidak sampai setahun. Diperkenalkan di September 1972 dan harus berhenti di 1973 karena krisis minyak dunia. Orang - orang beralih ke mobil kecil dan hemat bahan bakar. Selama kurun waktu yang singkat itu hanya berhasil terjual 197 unit. Membuat Skyline GT-R generasi kedua ini menjadi yang paling langka.

Skyline GT-R KPGC110 ini memiliki nickname "Kenmeri" (ケンメリ) Skyline, karena iklannya yang menunjukkan pasangan muda bernama Ken & Mary yang menikmati countryside di Hokkaido.

Image

KPGC110 menjadi GT-R terakhir hingga 16 tahun mendatang dimana Skyline GT-R R32 diperkenalkan. Sekaligus menjadi alasan kenapa C210, R30, dan R31 sangat jarang dikenal orang dibanding C10, C110, R32-33-34-35.

Third Generation : Nissan Skyline GT-R E-BNR32

R32 adalah official "comeback" nya Skyline GT-R. Sekaligus my personal favourite Skyline GT-R of all time, dan menjadi genesis semua GT-R modern yang lahir setelahnya, memiliki layout sama (front engined, Six-cylinder engine turbocharged, AWD).

Image

Setelah bertahun - tahun bertanding di group-A dengan Skyline GTS-R, Nissan ingin memensiunkan GTS-R karena dianggap kurang kompetitif. Mereka membangun spesies baru dengan chassis code : E-BNR32, atau dikenal sebagai R32 saja, menjadi andalan baru mereka di balap Group-A.

Ada cerita menarik mengapa Skyline GT-R R32 ini menggunakan sistem penggerak AWD instead of RWD seperti di 2 generasi lawasnya.

Nissan Kohki (engineering dan powertrain facility Nissan) menguji sebuah motor 2.350cc, based on RB20 yang di stroke-up dan bored-up. Setup ini mengeluarkan 313bhp dengan penggerak RWD. Karena regulasi grup A yang mensyaratkan motor turbocharged harus mengkalikan displacement engine nya 1.7x, otomatis memasukkan Skyline GT-R ke kelas 4000cc dan memerlukan penggunaan 10-inch tyres. Karena regulasi inilah, Nissan beralih ke AWD, dan lahirlah sistem AWD tersohor yang digunakan hingga generasi R35 : ATTESA E-TS.

Image

Penggunaan AWD ini tentunya merupakan disadvantage karena menambah bobot GT-R sebanyak 100kg, otomatis membuatnya kalah dibanding pesaingnya di kelas 4000cc, akhirnya Nissan meningkatkan kapasitas dari GT-R menjadi 2.600cc dan memasukkan GT-R ke kelas 4500cc dimana bobot mobilnya sebanding. Modifikasi pada engine block dan head dilakukan untuk mengimbangi peningkatan displacementnya. Julukan "Godzilla" dimulai sejak R32 karena mampu mendominasi lawan - lawannya yang di kelas lebih tinggi.

Image

Hasilnya? Motor 2600cc ini mengeluarkan output sebesar 600hp. REINIK (Racing & Rally Engineering Division Incorporated Nissan Kohi) kemudian memproduksi mesin balap grup A dengan output kisaran 500 - 650hp based on track conditions.

Kemudian spek mesin dan penggerak serupa dimasukkan Nissan ke dalam versi produksi Nissan Skyline. Output mesin di-"downgrade" menjadi 276hp saja dan torque 361Nm, penggerak AWD, dan bobot 1.4ton. Motor ini sebetulnya memiliki output asli 320hp, hanya saja karena "gentleman's agreement" para Japanese carmaker untuk tidak melebihi batas 280hp, jadilah Skyline GT-R hanya memiliki output 276hp saja. Sebagai gantinya, Nissan memberikan kebebasan untuk para owner untuk "utak-atik" boostnya dengan melepas physical restriction di control line pada electronic boost controlnya yang ditandai dengan warna kuning, memberikan "safe factory extra boost" kepada para pemiliknya. How crazy is that ? :mrgreen:

Kebayang kan? Dari semua cerita diatas ini pasti pada udah paham kenapa RB26 motor sangat mudah untuk exceed 600-800hp.

Other Variants :
- NISMO Edition : Merupakan persyaratan homologasi grup A yang mengharuskan ada versi produksi dari mobil balap mereka. 560 Unit available, 500 sold to customers, 60 disimpan Nissan untuk keperluan balap. Only available in gunmetal grey yang merupakan warna favorit saya untuk R32 Skyline seperti milik Nakazato Takeshi dan Rin "Shinigami" Hojo di InitialD.
- N1-spec : R32 GT-R spek balap N-1 dan interior trondol.
- V-Spec : Tribute untuk keberhasilan mereka di grup A dan grup N dengan Brembo brakes, tuning pada AWDnya, 17inch BBS dengan 225/45/17.
- V-Spec II : V-spec dengan ban lebih lebar (245/45/17), sekaligus edisi penutup GT-R R32 sebelum digantikan oleh R33.

Image
Nismo Edition GT-R R32

Image
Skyline GT-R R32 N1 Spec

Image
Skyline GT-R R32 V-Spec

Fourth Generation : Nissan Skyline GT-R E-BCNR33

R33 merupakan pengembangan lebih advanced dari R32, output engine dari 276 menjadi 305hp, lalu penggunaan ATTESA E-TS Pro yang lebih advance dari ATTESA E-TS di R32, ball bearing turbos instead of sleeve bearings, Brembo brakes sebagai standar. Dan di tahun 1995 mendapatkan fitur HICAS 4-Wheel steering.

Image

Sounds interesting?

Sayangnya di balik semua kecanggihannya, ada flaw yang sangat fatal sekali di Skyline GT-R R33 yang membuatnya bisa dibilang salah satu GT-R yang "gagal".

Hah? Mengapa demikian? Bukannya lebih canggih dari R32?

Permasalahan utamanya adalah pertambahan bobotnya. R33 bertambah bobot signifikan dari R32, sebanyak 100kg (1.5ton dari 1.4ton di R32) dan longer wheelbase yang semakin memperparah handlingnya. Memang profile seperti ini bagus untuk stability, tapi mobilnya jadi tidak lincah sama sekali. Inilah kenapa R33 tidak pernah jadi favorit dan tidak pernah dianggap oleh para GT-R enthusiasts.

Sebuah R33 yang dikemudikan oleh Dirk Schoysman memecahkan rekor 8 menit di Nurburgring. Walaupun sering disebut - sebut sebagai mobil produksi pertama yang memecahkan rekor 8 menit, Jaguar XJ220 sudah lebih dulu memecahkan rekor dengan 7 menit 46 detik, dan pabrikan lain sudah mengejar sejak keluarnya R32. Dan R33 tidak memiliki prestasi secemerlang R32 di motorsport.

Other Variants :
- GT-R LM - R33 GT-R yang sama persis bentuknya dengan R33 spek balap dan Rear Wheel Drive.
- GT-R N-1 Spec - Same with R32 N1-Spec. GT-R spek balap N-1.
- GT-R V-Spec - ATTESA E-TS PRO dan LSD.
- Nismo 400R - GT-R dengan mesin RBX-GT2 yang digunakan oleh Nissan di LeMans. Diproduksi terbatas 44 unit saja dengan output 400hp, dengan transmisi Getrag 6-speed.
- 4-doors GT-R Autech Ver. - Edisi terbatas GT-R 4 pintu, hanya 447 unit.

Image
GT-R LM

Image
Nismo 400R

Image
4-doors.

Fifth Generation : Nissan Skyline GT-R BNR34

The most succesfull GT-R of all time, if i must say. Dimensinya menciut dari R33, front overhang berkurang, wheelbase berkurang. Valve Cover nya juga dicat glossy red (color code cherry red effect Z24 atau X1020), berbeda dengan generasi sebelumnya yang warna hitam. Dimensi dan wheelbase yang menciut ini akibat banyaknya protes dari para GT-R fans tentang R33 yang terlalu bulky.



Mesin RB juga diulik kembali dengan 332hp, dan bobotnya? Hanya bertambah 6kg, yang spekulasi ane merupakan dampak dari penambahan electronicsnya. jadi bobot sasisnya secara keseluruhan bisa dibilang berkurang dari R33 secara signifikan, karena computerized system dimulai dari jaman R34 ini. :frm_tumbleft: . Layar LCD di tengah menampilkan banyak informasi seperti boost gauge, oil temp, water temp. Sangat canggih untuk mobil di masa itu, dimana MID saja masih jarang (bahkan di taun 2014, Mazda8 saja belom punya MID :ngacir: ). Di edisi V-Spec nya ketambahan features seperti intake dan exhaust temp. Masih belum puas? ada Nismo MFD (MultiFunction Display) yang menjadi opsional dengan lap timer, G-Force meter, dan boost measurement maksimum 2 bar dari standarnya yang hanya bisa measure hingga 1,2bar.

Image

Image

This all shows how the car can be the most successfull GT-R of all time, and has to be respected. The most successfull generation, yet delivers GT-R to another long-sleep like in Kenmeri GT-R's era.

Era nineties ini, bisa dibilang menjadi era keemasan Japanese Sportscar. GT-R memiliki lawan sepadan seperti Toyota Supra JZA80 dan Mazda RX-7 FD3S, lalu ditambah lahirnya duo sedan reli Mitsubishi Evo dan Subaru Impreza WRX.

Other Variants :
- V-Spec - tambahan aerokits, diffuser, LSD, dan ATTESA E-TS PRO
- V-SpecII - V-Spec yang ditambahkan dengan carbon hood dan NACA Duct
- GT-R N1 Spec
- GT-R M-Spec - Leather interior, soft suspension with Ripple Control damper, heater seats.
- GT-R V-SpecII Nur - V-SpecII + N1 Motor, 300 km/h speedometer. "NUR" nameplate ini no play-play, karena memang dikembangkan khusus di Nurburgring (750 unit di dunia, salah satunya ada di Indonesia tepatnya di Surabaya... bro sintoni tau orangnya)
- GT-R M-Spec Nur - N-SpecII + N1 Motor, 300 km/h speedometer, dan dikembangkan di Nurburgring. (253 unit di dunia)
- Nismo S-Tune - M-Spec yang dimodifikasi di beberapa komponen engine block nya.
- Nismo R-Tune - M-Spec yang dimodifikasi, sama seperti S-Tune hanya dengan "style" berbeda.
- Nismo Z-Tune - Stroked up RB26 ke 2800cc 500hp. Hanya 19 unit saja.

Paul Walker and Skylines.

Untuk para penggemar Fast and Furious, R34 GT-R merupakan mobil yang berkesan karena muncul di 2 film : 2Fast2Furious dan Fast Furious 4. Membahas GT-R R34 tidak lengkap tanpa membahas Alm. Paul Walker, yang merupakan salah satu enthusiast terbesar yang mengangkat nama besar Skyline GT-R.

Image
2Fast 2Furious

Image
Fast and Furious 4

And biggest respect to Alm. Paul Walker, merupakan seorang big fan of JDM Sportscar, terutama Skyline GT-R. Bahkan Walker pernah mendapat kesempatan khusus mengunjungi MINE'S, salah satu tuner yang ahli dengan GT-R dan membangun R34 paling extreme : MINE'S R34 GT-R N1 Spec.



Sekaligus penampakan Skyline GT-R paling fenomenal :

Image

My most favourite GT-R of all time.... GT-R yang dibilang oleh Keiichi Tsuchiya "even a dead person would scream inside it". :cupss:

R34 sekaligus menutup cerita dari Skyline GT-R, karena setelah R34 Skyline GT-R kembali tidur panjang dan setelah "terbangun" di 2007, nama Skyline dan GT-R dipisah menjadi 2 spesies berbeda sekaligus developed under the influence of Nissan-Renault Alliance dan dibawah visi Carlos Ghosn.

Sixth Generation : Nissan GT-R R35

Ahh where to start....



Kalau males buffer videonya... ane persingkat saja ceritanya...

Intinya walaupun tidak lagi menggunakan badge SKYLINE, R35 GT-R tetap menggunakan FM Platform yang sama dengan V36 Skyline, yang diupgrade menjadi "PM (Premium Midship) Platform".

Image

Kazutoshi Mizuno, yang merupakan "Father of GT-R", mengatakan bahwa selama ini supercars hanya accessible ke orang-orang yang punya duit dan punya skill memadai. Mizuno ingin merubah paradigma itu dengan menciptakan "Supercar for Everyone". Punya 4-seats, nyaman dipakai harian, bisa ngebut melebihi 300 kph dengan siapapun di balik kemudi, dan tentunya harganya tidak lebih mahal dari supercar sekelas Ferrari, Lamborghini, dan Porsche. Dan dengan batch "Supercar", GT-R secara langsung akan bersaing di panggung yang sama dengan Ferrari F430, Lamborghini Gallardo, Porsche 911, dst, dengan harga lebih murah. Dimana Ferrari dan Lamborghini memasang harga diatas US$200K, Porsche 911 Turbo saat itu seharga US$140K, GT-R hanya seharga US$100K. The cheapest, yet the fastest.

Image

Yang membuat GT-R berbeda dari Ferrari atau Lamborghini adalah, GT-R diproduksi secara "mass-produced" di sebuah production line di Tochigi Plant bersama dengan model - model Nissan yang lain. Dengan kata lain, GT-R di-assembly oleh orang-orang yang juga meng-assembly sedan keluarga 4 pintu. :mrgreen: sementara Ferrari dan Lamborghini, kebanyakan hand-made. Di GT-R, yang handmade hanya mesinnya saja, di-assembly oleh 4 orang "Takumi".

Image
"Takumi"

Styling GT-R R35 pertama kali unveiled di Tokyo Motor Show 2001, lalu di 2005 teaser kedua dengan nama GT-R PROTO, yang sudah mendekati versi produksi dari R35 GT-R. Secara styling, mobil ini sangat un-aerodynamic, bahkan terinspirasi dari robot Gundam. Bentuknya kotak-kotak dan berotot, more or less seperti Muscle car daripada supercar. Lalu bobotnya juga tidak bisa dibilang ringan, 1.7ton. Kurang lebih setara dengan sebuah SUV keluarga seukuran Lexus RX270. Apa yang bisa diharapkan dari konsep seperti ini? Sudah pasti dengan bobot berat dan bodi mengotak bukan resep yang bagus untuk sebuah supercar.

Image
"GT-R PROTO"

Hasilnya?

Dengan bodi mengotak, Cd (Coefficient of Drag) dari GT-R sendiri mencapai 0.26, tergolong sangat rendah. Rahasianya adalah dari setiap lekukan di body GT-R dimaksimalkan untuk mencapai airflow yang mulus. Hasil yang dicapai tidak hanya dalam semalam, bahkan Chief Engineer Mizuno ikut serta dalam menguji GT-R di wind tunnel.

Image

Sementara dengan bobot dan wheelbase yang bertambah, untuk mencapai kasta Supercar Nissan tidak lagi menanamkan mesin RB26 inline-six ke dalam engine bay R35, tetapi sebuah unit baru VR38DETT dengan output standar 480hp di versi awalnya, ditandemkan dengan gearbox dual-clutch BorgWarner, dan ATTESA E-TS yang dipadukan dengan VDC (Vehicle Dynamic Control). Figur akselerasi? No play-play, versi awal 0-100 3.2secs dengan launch control. Versi 2010 keatas dengan 530horsepower figur 0-100 dalam 2.7secs, atau setara dengan Lamborghini Aventador yang memiliki motor V12 6.500cc 691hp atau 160hp lebih banyak dan bobot lebih ringan. How mad is that!?

Laptimes? 7:18 untuk latest version di Nurburg, urutan ke-9. Untuk model awal 7:26 dengan ban Dunlop standar. Fast, this GT-R is really fast.

Central interface nya juga mengikuti R34, hanya lebih advance saja, dan developed langsung oleh Polyphony Digital team. Sebagai ganjaran, Kazunori Yamauchi, pencipta Gran Turismo dan founder of Polyphony Digital diganjar 1 unit R35 GT-R secara gratis. :frm_salut:

Tapi semua figur diatas menjadi pro-kontra antara fans GT-R.

GT-R R35 adalah mobil modern yang memiliki figur dan klaim fantastis, faster, even faster than the previous GT-R as twice as much. Banyak fans GT-R yang masih menganggap R35 adalah successor dari R34 dan menganggap R35 is a better car than R34. But.... some others don't.

Banyak yang beranggapan bahwa R35 sekarang bukan mobil para petrolhead lagi, bukan sportscar yang honest dan fun seperti R34. Salah satu yang menjadi kontroversi adalah betapa sulitnya mau "bypass" ECU GT-R R35 generasi awal yang harus pakai special code, seakan mobil ini potensi tuningnya di-"lock" oleh Nissan. Masih kental di ingatan seberapa kencang R34 GT-R jika ditune properly. Stroked up saja sudah dapat 500hp, high boost bisa dapet 800hp dengan mudah. Why it's so complicated today? Walaupun sekarang sudah banyak tuners seperti Nismo, Mine's, AMS Alpha yang bisa extract ribuan horsepower dari VR38, tetap saja tuningnya lebih complicated dibanding RB26 motor yang sebelumnya.

Diperparah dengan sistem yang serba computerized. Dualclutch gearbox instead of Manual, launch control, stability control, semua membuat R35 menjadi sangat mudah dikendarai dan tidak memerlukan specially-trained driver untuk menjinakkan mobil ini, karena mobil ini sudah jinak dari asalnya. Even the drivers became super itself, said Mizuno-san. Sepertinya visi Kazutoshi Mizuno sendiri yang membuat pro-kontra antara fans GT-R itu sendiri.

Secara konsep, R35 adalah supercar yang perfect dan sesuai visinya, "supercar for everyone". Tapi untuk menyandang batch GT-R, mobil ini nggak layak disebut GT-R karena lack of fun dan lack of driving experience.

R35 GT-R memiliki beberapa varian seperti : SpecV, Black Edition, dan Nismo. Kepanjangan kalau ane tulis disini, google ajah.

Dan beberapa tuner luar yang lebih ekstrem : AMS Alpha, HKS, dan Mine's sebagai contohnya.

Image
Mine's Destrier Ultra R35, 1000HP, only one in the world dan 1 itu berada di Surabaya, Indonesia :big_chicken: Mine's officially membangun 3 buah Destrier R35 dengan 800HP dan sebagai ultimate nya, Destrier Ultra R35 hanya 1 unit.

Resources :
http://en.wikipedia.org/wiki/Nissan_Skyline#S54
http://en.wikipedia.org/wiki/ATTESA
http://en.wikipedia.org/wiki/Nissan_Skyline_GT-R
http://www.reddit.com/r/Nissan/comments ... the_worst/

In the end, selamat membaca :mrgreen: semoga berguna buat menambah wawasan SMers, dan sekaligus jadi tempat berdiskusi bersama. :frm_salut:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4755
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by F272 »

Blom sempet Baca, tapi gapapa lah...
Ini sebuah mobil idaman anak2 ane.. semoga kelak mereka bisa beli hahaha....
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

1 yg saya ingat, anak ane yg gede selalu bilang dg salute ke sang creator GTR ini yg katanya bilang :
Saya bisa menciptakan GTR lebih kencang lg, tapi.. untuk apa..?

Muantaapp...! :big_exellent: :big_weee:
Last edited by F272 on Fri Mar 13, 2015 7:50, edited 1 time in total.
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by r12qiSonH4ji »

wah, bahasan yg sangat ditunggu nh di SM,
Banyak menambah wawasan ane ttg GTR nh mod Chris,
Nissan GT-R merupakan salah satu mobil yang menarik perhatian ane sejak SD (pas main PlayStation) selain Subaru Impreza :mky_03:

ane jg inget ini mobil tambah terkenal lg karena selalu ada di percakapan antara Torreto (Vin Diesel) dan Oconnor (Paul Walker) di FF, bahkan selalu jadi perbandingan antara muscle car (dedemenan torreto) dan Japanese car (dedemenan Oconnor), :mky_02:

memang klo di Jkt, ane paling sering ngeliat R35 di daerah kelapa gading, selebihnya ane jarang ngeliat di kawasan jkt. Mungkin populasi R35 di Indonesia kalah dengan populasi lambo atau Ferrari....
meskipun harganya lbh murah R35 dibanding lambo/ferrari. Ane yakin klo main kebut2an di jalan R35 masing menang (anggaplah jokinya sama2 lihai) soalnya menurut ane design body R35 lebih manusiawi untuk kebut2an di jalan :mky_03:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by sukribo »

Pengguna mobil cupu menyimak ajah..... :ngacir:

Excellent work mod... [emoji106] [emoji106] [emoji106]
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by adty »

some others don't, yes saya one of them yang ga suka R35. Ibaratnya R34 udah almost perfect eh pas liat R35 begitu. Gak jelek sih cuma jauh dari ekpektasi saya aja. Just IMO ya. Faktanya R35 juga menuai pujian dimana mana kok, and i admit it.

R34 sih memang luar biasa, outer and inner beautynya wow :cupss: :cupss: :big_love: :big_love:

Sekalinya liat R34 di Jakarta, beuhh sportscar supercar masa kini even R35 lewattttt

Btw, nice rev...err nice article om :big_smile]
Last edited by adty on Fri Mar 13, 2015 7:56, edited 1 time in total.
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by nyotnyet »

Nice bro chris..

My fave GTR : R34

Populasinya jarang bgt di indo yah R34..banyakan R35..

Soul Red zoom zoom
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by ChZ »

F 272 wrote:Blom sempet Baca, tapi gapapa lah...
Ini sebuah mobil idaman anak2 ane.. semoga kelak mereka bisa beli hahaha....
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

1 yg saya ingat, anak ane yg gede selalu bilang dg salute ke sang creator GTR ini yg katanya bilang :
Saya bisa menciptakan GTR lebih kencang lg, tapi.. untuk apa..?

Muantaapp...! :big_exellent: :big_weee:
Hehehe salah satu personal favourite saya juga oom, GT-R ini... especially yang generasi R32.

Aamin oom.... :e-pray:

Hohoho dengan GT-R yang "nggak seberapa kencang" ini saja udah berhasil bikin pabrikan Jerman dan Italia mupeng dengan segala klaim 0-100 dan laptimes yang fantastis.

Walaupun R35 personally my least favourite, tapi tetap saja untuk sebuah benchmark engineering, adalah mobil yang patut diapresiasi :frm_salut:

Urusan bikin lebih kencang lagi, itu udah ranahnya tuner :mrgreen: buktinya yang gambar paling bawah, 1000HP dan tunernya (Mine's) dengan keras mengingatkan sang pemilik "Mine's motorsport is not responsible for any injuries", karena sudah sangat ganas.
r12qiSonH4ji wrote:wah, bahasan yg sangat ditunggu nh di SM,
Banyak menambah wawasan ane ttg GTR nh mod Chris,
Nissan GT-R merupakan salah satu mobil yang menarik perhatian ane sejak SD (pas main PlayStation) selain Subaru Impreza :mky_03:

ane jg inget ini mobil tambah terkenal lg karena selalu ada di percakapan antara Torreto (Vin Diesel) dan Oconnor (Paul Walker) di FF, bahkan selalu jadi perbandingan antara muscle car (dedemenan torreto) dan Japanese car (dedemenan Oconnor), :mky_02:

memang klo di Jkt, ane paling sering ngeliat R35 di daerah kelapa gading, selebihnya ane jarang ngeliat di kawasan jkt. Mungkin populasi R35 di Indonesia kalah dengan populasi lambo atau Ferrari....
meskipun harganya lbh murah R35 dibanding lambo/ferrari. Ane yakin klo main kebut2an di jalan R35 masing menang (anggaplah jokinya sama2 lihai) soalnya menurut ane design body R35 lebih manusiawi untuk kebut2an di jalan :mky_03:
Torreto vs O'Connor itu perdebatannya kayak stereotip fanboy mobil di Amerika yang terbagi 2 kubu : Imports vs muscles. Torreto sebagai orang yang "saklek" dan ... lets say "nasionalis" karena menyukai muscles. O'Connor sebagai ababil yang menyukai mobil imports :mrgreen:

Enthusiasm O'Connor dengan GT-R sangat terlihat dari seri FnF4 sampai Fast 6. FnF 4 pakai R34 GT-R, Fast Five pakai R35 GT-R, Fast 6 pakai R35 GT-R edisi facelifted dan BenSopra GT-R di akhir movie.

R35 kurang populer simply karena "gengsi" nya kurang. Kalau nangkring di lobby mall nggak akan dianggep logo Nissan walaupun mobil ini in fact bisa ngasapin F458 dan bisa lari-lari kecil ama Lambo Aventador yang harganya 7x lipet (ane yakin kalau sampai topspeed R35 tetap kalah dengan Avent).
sukribo wrote:Pengguna mobil cupu menyimak ajah..... :ngacir:

Excellent work mod... [emoji106] [emoji106] [emoji106]
Kalo mobilnya oom Oliver cupu mobil ane apaan donk? :big_cry:
adty wrote:some others don't, yes saya one of them yang ga suka R35. Ibaratnya R34 udah almost perfect eh pas liat R35 begitu. Gak jelek sih cuma jauh dari ekpektasi saya aja. Just IMO ya. Faktanya R35 juga menuai pujian dimana mana kok, and i admit it.

R34 sih memang luar biasa, outer and inner beautynya wow :cupss: :cupss: :big_love: :big_love:

Sekalinya liat R34 di Jakarta, beuhh sportscar supercar masa kini even R35 lewattttt

Btw, nice rev...err nice article om :big_smile]
Me also, oom adty. R35 walaupun dapet pujian di mana mana dan klaimnya luar biasa tetep aja mobilnya boring. Computer controlled dimana-mana, kayak nyetir komputer. Dan yang paling ane gak suka itu size dan styling nya yang overkill sekali, lebih suka desain R32 dan R34 yang lebih simpel (R33 pun menurut ane aneh stylingnya, wheelbase panjang, ini limo atau sportcar sih).

R32 dan R34 just shows how Japanese sports must be built. Makanya R34 adalah personal favourite ane kedua setelah R32.

Kalau di Indonesia, buat petrolhead R34 lebih eye catchy dibanding R35, karena R35 udah masuk kasta premium dan enggak terjangkau :big_slap: walaupun masih yang paling terjangkau antara supercar lain.

Di Surabaya ada 1 orang GT-R enthusiast punya 3 unit R34 : V-SpecII Nur, Midnight Purple Edition, dan 1 lagi kayaknya R34 GT-R biasa. Mungkin bro sintoni bisa jelaskan, beliau kenal sama orangnya.
nyotnyet wrote:Nice bro chris..

My fave GTR : R34

Populasinya jarang bgt di indo yah R34..banyakan R35..
wkwkwkwkw yo mesti bro, R34 sitik neng Indo, cuma segelintir yang punya. Ora ketok koyok mobil mewah sih, jaman kui sopo sing meh tuku? wkwkwkwkwkw. Mlebu IU mending tuku Mercedes nek orang Indo, luih mbois jarene :ngacir:

R35 banyak IU masukin dan langsung jadi mainan anak horang kayah... :big_slap:

R34 GT-R pasarane +- 800jt - 1M based on spec and modification. Makin ngeri modif e makin larang, makin limited barange makin larang, koyok VSpecII-Nur iku pasarane 1M-an, limited sih neng Indo cuma enek piro.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by adty »

ChZ wrote:
Me also, oom adty. R35 walaupun dapet pujian di mana mana dan klaimnya luar biasa tetep aja mobilnya boring. Computer controlled dimana-mana, kayak nyetir komputer. Dan yang paling ane gak suka itu size dan styling nya yang overkill sekali, lebih suka desain R32 dan R34 yang lebih simpel (R33 pun menurut ane aneh stylingnya, wheelbase panjang, ini limo atau sportcar sih).

R32 dan R34 just shows how Japanese sports must be built. Makanya R34 adalah personal favourite ane kedua setelah R32.

Kalau di Indonesia, buat petrolhead R34 lebih eye catchy dibanding R35, karena R35 udah masuk kasta premium dan enggak terjangkau :big_slap: walaupun masih yang paling terjangkau antara supercar lain.

Di Surabaya ada 1 orang GT-R enthusiast punya 3 unit R34 : V-SpecII Nur, Midnight Purple Edition, dan 1 lagi kayaknya R34 GT-R biasa. Mungkin bro sintoni bisa jelaskan, beliau kenal sama orangnya.
Kalo yang punya R34 doors apakah orang itu juga om? Ane pernah liat di majalah mana gitu, katanya dapet dari pemilik Garage Saurus (?) di Jepang kalo gak salah. Dan dia ubah jadi matik buat harian.

Oh yes R32 juga ga kalah menawan, kalo R33 memang agak jarang ya kayaknya populasinya.

One more request nih om, jangan lupa bahas Silvia juga ya :mky_01:

Duh, seandainya Nissan2 sekarang se fun to drive Nissan2 dahulu :ungg:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by Turboman »

IMHO :

Sebelumnya sorry agak OOT

Boleh juga buka topik diskusi mengenai "bagaimana membesarkan bisnis / meningkatkan omzet penjualan / meng-utilize bakat & hobby kita menjadi bisnis" & semacamnya

Kalau bagi saya pribadi lebih baik bermimpi utk mengembangkan bisnis ketimbang bermimpi akan barang yg mau dibeli

Kalau duit udah banyak terkumpul, mau beli apa2 mah tinggal tunjuk ajaaaaaaaaaaa

Sharing dikit :
saya ada hopeng yg sebetulnya dia gak gitu hobby mobil, tapi skg naiknya Evoque baru gress dan punya Elgrand 3.5 yg dibeli baru gress juga, buat mobil perang harian ada Freed

Kenapa dia mau beli Evoque ? yaa karena bisnis sukses, jadi dia ada dana......then beli mobil yg "fitur elektronik unik" (hopeng ane demen gadget2 / eletronik soale)

Demikian sharing & maaf jika terasa kurang berkenan

Salam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by madcat015 »

Nice sharing bro ChZ... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane personally lebih suka R34... the real Godzilla... :big_love:

Sekedar sharing, di tahun 2011 yang lalu, ane sempat di todong kantor pusat di Jakarta saat ane masih kerja di sebuah perusahaan leasing Jepang gegara latar belakang sebagai car sniffer di kantor.

bos: "Mr. Ero-Neko, what is dis car?"
M: *ngeliat mobil...* "Dat iz R35 sir... A Datsun GTR..."
bos: "Why, there iz no Datsun on the hood"
M: *liat lagi...* *holy crap...* "Dat iz a Zele GTR sir..."
bos: "Can we finance it? Japanese car?"
M: "Absolutely yes and yes. Errr, can i drive it sir?"
bos: "No"

Yeap, di Indonesia ada Zele GTR. :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by ChZ »

adty wrote: Kalo yang punya R34 doors apakah orang itu juga om? Ane pernah liat di majalah mana gitu, katanya dapet dari pemilik Garage Saurus (?) di Jepang kalo gak salah. Dan dia ubah jadi matik buat harian.

Oh yes R32 juga ga kalah menawan, kalo R33 memang agak jarang ya kayaknya populasinya.

One more request nih om, jangan lupa bahas Silvia juga ya :mky_01:

Duh, seandainya Nissan2 sekarang se fun to drive Nissan2 dahulu :ungg:
R34 4-doors ada di Indo, cuma lupa yang punya siapa :big_slap:

R33 ada 1 unit tapi yang GTS-t, punya bengkel Namura Hyan, sering keliatan di video-videonya SpeedCreed :mrgreen: cuma yah itu, R33 termasuk salah satu yang dianggap kurang bagus karena bobotnya sendiri nambah 100kg dari R32.
Turboman wrote:IMHO :

Sebelumnya sorry agak OOT

Boleh juga buka topik diskusi mengenai "bagaimana membesarkan bisnis / meningkatkan omzet penjualan / meng-utilize bakat & hobby kita menjadi bisnis" & semacamnya

Kalau bagi saya pribadi lebih baik bermimpi utk mengembangkan bisnis ketimbang bermimpi akan barang yg mau dibeli

Kalau duit udah banyak terkumpul, mau beli apa2 mah tinggal tunjuk ajaaaaaaaaaaa
Mohon maap juga oom Turbo, disini ane gak ada mau mengkaitkan dengan "ngimpi" atau bisnis. Nggak ada bahas duit disini kecuali seberapa besar investment yang dilakukan oleh pabrikan untuk membuat sebuah mobil.

Sportscar memang impian setiap orang, tapi selagi ngimpi bukankah ada bagusnya juga kita belajar tentang sejarah dan heritage mobil tsb ?

Major ane di kuliahan memang di bidang Engineering, makanya ane sangat enthusiast dengan topik bahasan seperti ini... Dan ini yang ane rasa belakangan sangat kurang di expose di SM.

Bahas sportscar itu nggak melulu duit dan ngimpi aja... Sportscar is a heritage, is an engineering achievement. Otomotif skr berkembang pun karena adanya balap dan sportscar, lho.

Thank you.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by ChZ »

madcat015 wrote:Nice sharing bro ChZ... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane personally lebih suka R34... the real Godzilla... :big_love:

Sekedar sharing, di tahun 2011 yang lalu, ane sempat di todong kantor pusat di Jakarta saat ane masih kerja di sebuah perusahaan leasing Jepang gegara latar belakang sebagai car sniffer di kantor.

bos: "Mr. Ero-Neko, what is dis car?"
M: *ngeliat mobil...* "Dat iz R35 sir... A Datsun GTR..."
bos: "Why, there iz no Datsun on the hood"
M: *liat lagi...* *holy crap...* "Dat iz a Zele GTR sir..."
bos: "Can we finance it? Japanese car?"
M: "Absolutely yes and yes. Errr, can i drive it sir?"
bos: "No"

Yeap, di Indonesia ada Zele GTR. :mky_02:
R34 is the real deal, Cat. The most successful Skyline yet the most loved one :big_love:

Lele... ummm... Zele? :big_slap:

Image

Like dat, cat? :big_chicken:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by madcat015 »

ChZ wrote:
madcat015 wrote:Nice sharing bro ChZ... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane personally lebih suka R34... the real Godzilla... :big_love:

Sekedar sharing, di tahun 2011 yang lalu, ane sempat di todong kantor pusat di Jakarta saat ane masih kerja di sebuah perusahaan leasing Jepang gegara latar belakang sebagai car sniffer di kantor.

bos: "Mr. Ero-Neko, what is dis car?"
M: *ngeliat mobil...* "Dat iz R35 sir... A Datsun GTR..."
bos: "Why, there iz no Datsun on the hood"
M: *liat lagi...* *holy crap...* "Dat iz a Zele GTR sir..."
bos: "Can we finance it? Japanese car?"
M: "Absolutely yes and yes. Errr, can i drive it sir?"
bos: "No"

Yeap, di Indonesia ada Zele GTR. :mky_02:
R34 is the real deal, Cat. The most successful Skyline yet the most loved one :big_love:

Lele... ummm... Zele? :big_slap:

Image

Like dat, cat? :big_chicken:
Indeed... R34 makin dicintai sejak dipakai alm. Paul Walker... What a car... a true legend of Nissan... :mky_02:

Yeap. Like dat picture. The difference, dat Zele i saw, waz a yellow one... Like Hando Helios Yellow, but a bajillion times way cooler and less crappier than Hando. :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by ChZ »

madcat015 wrote: Indeed... R34 makin dicintai sejak dipakai alm. Paul Walker... What a car... a true legend of Nissan... :mky_02:

Yeap. Like dat picture. The difference, dat Zele i saw, waz a yellow one... Like Hando Helios Yellow, but a bajillion times way cooler and less crappier than Hando. :ngacir:
R34 GT-R masih jadi favorit banyak tuner sampai hari ini karena RB-enjin yang sangat mudah untuk dikorek. Stroked up, boost up, udah up to 800-1000HP :big_slap: belom exhaust tuning, ECU tuning, intake tuning, bigger intercooler.... :e-wall:

Benar-benar arch rival dari JZA80 Supra dengan 2JZ-GTE yang punya kapabilitas tuning setara. Bedanya, Sooopra akan siap membunuh pengemudinya kalau lalai karena 1000hp driven to the rear axles with no safety assist.

Bandingin Supra ama R34 dulu itu kayak bandingin BMW M ama Mercedes AMG.... the one is a proper trackday car, while the other tried to kill ye.... :mky_03:

Remember ze lunatic that drives CLS63 BrAMG said... even monkeys can drive a GT-R R35 :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by FRD »

Pengguna mobil jelata numpang nyimak :ungg:
:big_smoking:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by madcat015 »

ChZ wrote:
madcat015 wrote: Indeed... R34 makin dicintai sejak dipakai alm. Paul Walker... What a car... a true legend of Nissan... :mky_02:

Yeap. Like dat picture. The difference, dat Zele i saw, waz a yellow one... Like Hando Helios Yellow, but a bajillion times way cooler and less crappier than Hando. :ngacir:
R34 GT-R masih jadi favorit banyak tuner sampai hari ini karena RB-enjin yang sangat mudah untuk dikorek. Stroked up, boost up, udah up to 800-1000HP :big_slap: belom exhaust tuning, ECU tuning, intake tuning, bigger intercooler.... :e-wall:

Benar-benar arch rival dari JZA80 Supra dengan 2JZ-GTE yang punya kapabilitas tuning setara. Bedanya, Sooopra akan siap membunuh pengemudinya kalau lalai karena 1000hp driven to the rear axles with no safety assist.

Bandingin Supra ama R34 dulu itu kayak bandingin BMW M ama Mercedes AMG.... the one is a proper trackday car, while the other tried to kill ye.... :mky_03:

Remember ze lunatic that drives CLS63 BrAMG said... even monkeys can drive a GT-R R35 :big_slap:
Yes, the real monkey he said... :mky_03:

Not juragan hape... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by FRD »

madcat015 wrote:
ChZ wrote:
madcat015 wrote: Indeed... R34 makin dicintai sejak dipakai alm. Paul Walker... What a car... a true legend of Nissan... :mky_02:

Yeap. Like dat picture. The difference, dat Zele i saw, waz a yellow one... Like Hando Helios Yellow, but a bajillion times way cooler and less crappier than Hando. :ngacir:
R34 GT-R masih jadi favorit banyak tuner sampai hari ini karena RB-enjin yang sangat mudah untuk dikorek. Stroked up, boost up, udah up to 800-1000HP :big_slap: belom exhaust tuning, ECU tuning, intake tuning, bigger intercooler.... :e-wall:

Benar-benar arch rival dari JZA80 Supra dengan 2JZ-GTE yang punya kapabilitas tuning setara. Bedanya, Sooopra akan siap membunuh pengemudinya kalau lalai karena 1000hp driven to the rear axles with no safety assist.

Bandingin Supra ama R34 dulu itu kayak bandingin BMW M ama Mercedes AMG.... the one is a proper trackday car, while the other tried to kill ye.... :mky_03:

Remember ze lunatic that drives CLS63 BrAMG said... even monkeys can drive a GT-R R35 :big_slap:
Yes, the real monkey he said... :mky_03:

Not juragan hape... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
NyotNYET? :mky_03: :mky_03: :mky_03:
:big_smoking:
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Wed Dec 11, 2013 11:35

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by Rocco77 »

R34...dream car...

Nice posting om chz...
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by nyotnyet »

Woii ada 2 makhluk bosan makan nasi kayanya... :snipersmile:

Soul Red zoom zoom
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by FRD »

Bukan ane yang jelas...... :ngacir:
:big_smoking:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by ricz »

Nice thread bro :mky_02:

GTR...salah satu sportscar favourite gue... Kalo disuru milih antara R35 ama 911 sih gw ttp lebih milih R35 :big_biglaugh:

Kalo di game sendiri favorit gw ttp R32 sm R34 soalnya R35 trll bongsor :ungg:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by Jose »

Mau tidak mau, suka tidak suka..kita berada di zaman yg dynamic & kompetitif. Semua pabrikan yg memiliki lini sportcar berlomba2 membuat produknya agar manjadi yg terbaik. Dan satu2nya parameter yg bisa dipakai adalah "result", berupa "data on paper" yg diaplikasi ke real test (accel 0-100, track lap time dll). Data inilah yg mereka pakai untuk show up, pride, bahkan bahan marketing. So, to win the competition, they use every single way, even sacrificing "Fun" factor. Belum lagi dekade ini isu2 "Go Green" makin santer, mau gak mau produsen harus menyesuaikan.
As the result, lahirlah mobil2 seperti R35, super fast but easy & less drama. Gak cuma R35 kok, performance line Merc & Bimmer skrg udah pake turbo semua, displacement dikecilin, bahkan BMW rela mengkibuli pembeli "M-car" mereka dgn suara nyaring "palsu" via speaker :D .
Dan puncaknya adalah hadirnya hypercar hybrid pada kasta tertinggi performance car (P1, 918, Laferrari)
Are they fast...?? Absolutely superfast..far more faster than a car that has a "Drama" :D

Klo saya sih simpel, " I'm not a skilled driver, and I don't have much time for learn/practice to become a Pro", so I love R35 GTR, BMW M3/M5 dll, car that make us, stupid driver, head to head with the pro driver. Hahaha
Increase speed = increase Risk
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by batumakam »

hmmm Nissan GTR, salah satu alesan kenapa gw bikin id dengan nama batumakam :mky_03: Pernah sekali icip yg R-35 punya bigboss, ajegile tu mobil kayak panah, towel gas tau2 udah mau redline aja,ganti gear eh lha dalah tau2 udah mau redline lagi, begitu seterusnya sampe gear ke 4, mulai gear 5 sudah berasa agak habis tenaganya :big_slap: Tapi memang kalo ente tertarik pada handling, GTR salah satu pilihan yg sangat rasional untuk ditebus. AWDnya manteb bener,apalagi kalo diset ke RACE mobil serasa dilem ke aspal. Tapi memang semakin kesini elektroniknya makin banyak, makin besar juga kemungkinan rewelnya dan efek buruknya kita serasa gak nyetir itu mobil,tapi mobil yg dikendalikan oleh komputer. Oh ya jangan lupa nyoba fitur launch controlnya :big_grin:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27281
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by DOHC »

aahh.. jitiar... one of my fave sports cars...

meski ga bsa dibeli dgn gaji pegawai rendahan macam ane... tp di setiap game pasti ane pake ini mobil... bahkan di game simulator macam grid aj inilah mobil fav ane utk touge...

btw ane sejalan ama yg opini2 diatas... R34 indeed the most beautiful skyline to use GTR badge... ga heran paul walker tergila2 ama tuh mobil, ampe yg di FF2 aj beneran mobil (kesayangan) dia dipake utk shooting... seumur2 cuman perna liat lgs beberapa taon silam di PIK pas malem2... kl R35 ud beberapa kl ketemu malah, ampe perna dipamerin di MKG waktu event otomotif..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Sportscar Talk Part.1 : The "Godzilla" GT-R

Post by dieselkiki »

di acara tv mana saya lupa, ada yang bilang kalau supercar dengan desain yang streamline dan menyudut itu biasa, kalau tidak bisa membuat yang berbentuk mobil "biasa" dan dibuat seperti baisa (dengan cara biasanya dan di fasilitas perakitan yang sama dengan mobil biasa) maka mereka adalah amatiran. nyindir european supercar banget.

tapi kalau dilihat sekumpulan euro dan ada R35 di situ, :mky_01:

http://29.media.tumblr.com/tumblr_lv4tx ... o1_500.jpg
- faith humanity freedom -