Even ordinary person , who cannot afford brand new performance car , but still want optimal car in term of practicality and performance at the same time, can learn to appreciate this car very well and in restore it in relatively short time
THERE ARE GOOD REASONs WHY THIS IS GOOD PLATFORM FOR RESTORATION
1. Twincam GTi sharing common platform dengan corolla AE92 biasa, dan sampai saat ini part masih didukung ATPM, yang mana menjadi mudah dalam hal penyediaan part2 yang dibutuhkan dalam proses restorasi. Ditambah juga kepopuleran mobil ini sebagai di negara2 tetangga seperti Malaysia dan Thailand menjadikan cukup berlimpahnya part2 yg dibutuhkan. Namun karena usianya cukup tua (24 Tahun) maka banyak sekali kendaraan yg sudah exhausted sehingga restorasi diperlukan.
2. Secara garis besar, platform AE92 GTI adalah sedan corolla dgn ukuran cukup kecil, cocok untuk bermanuver di kepadatan kota dan relative nyaman untuk dikendarai , dan cukup kencang bahkan untuk standard modern 2015 sekalipun.

3. Mesin 4AGE-16 yang legendaris dan reliable. Dengan power 140 ps/7200 rpm dan Torsi 149/6400 rom, lebih dari cukup untuk menghela mobil dengan lebih 1070 kg. Mesin dengan blok dari bahan besi cor ini cukup popular di kalangan pecinta otomotif. Mesin ini sharing platform dgn Corolla Sprinter Trueno GT (Hachiroku). Hal ini juga didukung pula dengan kepopuleran fim/manga Initial D yang menampilkan sang jagoan drift Takumi meliuk2 dipegunungan jepang dgn dapur pacu 4AGE.

4. Harga bekasnya cukup murah, (+- 50 juta) dan walaupun barang tergolong langka , tapi masih mudah dijumpai iklan mobkas olx.co.id. pilihlah barang yang masih bebas karat, karena restorasi body membutuhkan usaha yg lebih besar ketimbang mesin, karena mesin dgn mudah bisa diswap, terutama ke 4AGE 20 Valve silvertop atau blacktop
RESTORATION PROCESS OF MY TWINCAM GTI
1. PREPARATION
Mobil orisinal yang saya dapatkan dalam kondisi yang biasa banget. Bodinya memang relative masih lempeng dan no visible rust. tapi banyak sekali kerusakan internal di mesin maupun elektrikal. Radiator pun bermasalah karena sering bocor walaupun tidak sampai overheat
Langkah awal untuk mengembalikan keaslian bodi dan sasis adalah melakukan pengecekan karat. Alhamdulillah, hanya satu bagian yang berkarat yg merupakan penyakit yg umum di corolla AE92, yaitu bagian pintu bagian bawah terutama pintu belakang.


2. BODY REPAIR
Proses pengerokan cat untuk melihat seberapa parah kerusakan akibat karat dan juga untuk menghilangkan tumpukan2 dempul akibat pengerjaan pengecatan sebelumnya. Pengerokan dilakukan untuk memperbaiki dent, mengembalikan bodi menjadi lebih ringan dan mengembalikan kecemerlangan hasil akhir cat,
Dengan tekunnya para master crafmantship Toyota melakukan pembersihan metal terutama di sekitar pelipit kaca yg rawan karat, tapi the great things about Toyota, it is rust free


Terlihat fender depan kanan memiliki defect bekas lasan, kemungkinan besar fender samping kanan pernah robek dan dilas oleh pemilik sebelumnya

The only body panel rusted adalah Karat di pintu pada awalnya akan dilas, namun saya cukup beruntung mendapatkan 2 buah pintu NOS nan mulus ...founded di salah satu junkyard ex-asuransi di bilangan Cibiru Bandung. Harga per pintu kosong dalam kondisi NOS original Toyota adalah Rp 450 ribu, cukup murah kan ??


Dented body part, hammered, cleaned and primed by myself :


Fender depan primed and sanded dan komponen2 didapat dan dikumpulkan dari Malaysia, for Free...yes because the owner of one white abandoned car give me for free, beruntung karena pada tahun lalu (2014) saya dinas di Malaysia selama 8 bulan.

Bumber depan dalam kondisi yang banyak dempulnya dan banyak bagian lip yg sudah , pecah dan retak. Setelah cari2 di bilangan pasar loak Jatayu Bandung akhirnya dapat bumber depan dalam kondisi 90 % mulus , seharga Rp. 400 ribu.

Almost all small metal part cleaned from rust and primed


2. SUSPENSION AND BRAKE
Engine mounting, suspension , dan cross member diperbaharui untuk memperbaiki rigiditas dan kinerja suspense agar siap untuk digunakan sebagai kendaraan operasional harian, beruntung saya dapat donor sebuah AE92 versi JDM yang oleh penjualnya di Malaysia dengan baik hati mau dipreteli komponen2 kecilnya , dengan harga yang terbilang ajaib murahnya


Proses restorasi strut brace


Rem belakang bermasalah, dari donor half cut yang sama, didapatkan disc brake caliper belakang yang sama persis dengan ori GTI

2. EXTERIOR
Part2 exterior dibawa pulang dari bengkel supaya bisa direkondisi, dan sangat tidak umum memang, tapi sy berniat melakukannya sendiri.

Beruntung saya ditugaskan di Thailand 4 bulan dan mendapatkan satu nose cut wagon face JDM lengkap dengan corner lamp.

Salah satu part, moulding panel yang di bawa hand carry dari Malaysia, panjang bangett....


Lampu belakang dan depan di clean up supaya cling.




Moulding Kaca dan stripping diganti baru, thanks to Kumala Motor atrium senen.

Grille,Emblem dan stiker direkondisi dan hand painted dengan kuas




Wiper link yang sudah oblak, di rekondisi asnya

3. ELECTRICAL
Wiring Harness, A/C Component didapat dari half cut AE92 Levin 4AGE

Master switch AE92 Levin

4. ENGINE
Metal2 engine kena semua, sekalian saja dilakukan overhaul, oversize, blueprinting, custom exhaust 4-1 dan port polishing.
Total Cost of Mechanic Rp 1.5M, Total Cost of Part 2.5M and Machining at Karya Wisesa Ciputat 1.5M, so it cost me 5.5M for engine overhaul.
It sound a lot, but I did lot of things by myself like Port n Polishing, custom exhaust, balancing, etc, so It actually already saved a lot

Radiator kena ganti karena fibernya bocor, penggantinya radiator alumunium made in Malaysia khusus Ae92 supercharged, harganya cukup terjangkau, it cost me RM400 lengkap dengan OEM fan

5. INTERIOR
I got replacement door trim and Levin leather steering for RM 90. Thanks for Mr. Najib in Malaysia

Actually I got this also from Mr. Najib, but I need to buy it about RM 250 per pair, it is OEM seat of AE92 Levin and direct replacement for jitiai

6. RESULT
Setelah restorasi 1 tahun, dan menghabiskan biaya sekitar 30++ juta rupiah, dan ini tidak termasuk tingkat kecemburuan bini thd perhatian saya ke mobil ini......

Finally I got really healthy affordable sport car with total cost of car less than 80 Million Rupiah..so Healthy that I could use it for daily travelling from home to office.
It is so comfortable, fast, no rattle and rust free now, so good, that you won't believe it is 24 years old car....




