Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Maktu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Wed Jul 30, 2014 19:03

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by Maktu »

bisti wrote:oke om maktu...
beres maju jaya sunter ya..
jadi total 5 mobilio ditambah punya om jadi 6 ya...
ntar saya pake alasan ke beres saya buat cek cvt..
kl punya om saya percaya rusak mungkin..
yg saya lg konsen ada 5 mobilio rusak cvt hanya di 1 bengkel aj..dan umur baru 1,5 taunan

5 termasuk saya bukan jd 6, coba aja cek.
Kl gak cek cvt sendiri aja, kl emang normal normal aja dipake nya ya berati gak ada masalah.

Jangan gara2 baca forum ini jadi parno om, nanti malah kepikiran terus dan tidak nyaman pakai mobil nya.
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by ibar78 »

dimana-mana mobil baru enaklah....seberapa tahan durability ma kejahanaman ibu kota ini....:) congrats lio barunya....
:popcorn:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by dogar »

Mungkin perlu digeser pertanyaanya bukan lagi masalah fakta ada 5 mobilio bermasalah dgn CVT nya benar atau tidak,
tapi yg lebih penting lagi pertanyaan mengenai apakah CVT Mobilio gampang rusak atau tidak berdasarkan fakta tsb. (premis yg pertama dianggap 100% benar).
Untuk menjawab pertanyaan ini kita pake tools yg sederhana saja: statistics.
(meskipun Mark Twain bilang "There are three kinds of lies: lies, damned lies, and statistics" , tapi konteks quote nya MT itu lebih ke arah statistics in politics).

Now let's do the math.

Penjualan mobilio thn 2014 adalah 79.288 ditambah per Sept 2015 sebanyak 28.529.
Jadi dlm waktu kurang dari 2 tahun, tepatnya 1 tahun 9 bulan, sudah ada lebih dari 100 ribu mobilio yg terjual sampai saat ini.
Dengan kata lain rata2 HPM bikin 5.100an mobilio per bulan, atau sekitar 171 mobilio keluar dari pabrik tiap hari sejak Januari 2014.

Katakanlah 80% nya CVT (data pastinya blm dapet, tapi pernah baca kalo yg CVT lebih banyak peminatnya drpd manual), jadi ada sekitar 80 ribuan mobilio CVT yg saat ini wara wiri di jalan.
Untuk mengatakan bahwa sistem CVT Mobilio ringkih (kualitas by product nya jelek) tidak bisa hanya dengan sampel 5 buah mobil,
karena itu hanya 0,006% saja dari total populasi.
OK, mungkin baru 5 yg ketauan, mungkin kenyataannya ada 100 (untuk jumlah segini mestinya udah ada recall). Itupun baru 0,1% dari total populasi.

Dengan fakta ada 5 mobilio dgn masalah CVTdi satu bengkel vs statistik di atas, maka analisis saya:
1. Ke 5 mobil itu mungkin dirakit dalam batch yg sama, mungkin untuk batch itu QC nya ga bener atau dapet parts yg kualitasnya di bawah standard.
Atau bisa jadi saat merakit untuk batch itu dikerjakan oleh operator yang ngga kompeten sehingga pemasangan parts tidak presisi, dsb.
2. Pemilik mobil tinggal di area yg sama dan sama2 pernah menerjang banjir (haram gede buat mobil transmisi matic apapun nerjang banjir).
3. Ada yang salah dalam SOP maintenance, baik oleh pemilik atau mekanik (salah oli, salah setel, dsb.)

Technically speaking, saya belum berani bilang kualitas CVT Honda itu jelek (CVT nya dipake di hampir di semua line up Honda sekarang: HRV, Jazz, juga tipe2 yg sedan, bukan lio aja).
Superstisiously speaking, yg ngalamin cvt nya problem itu lagi sial aja, pas dapet batch yg QC nya jelek, di sinilah peran garansi jadi sangat penting.

IMO, adalah terlalu bodoh buat Honda untuk mempertaruhkan reputasinya dgn membuat barang yg tidak melalui uji durabilitas sehingga gampang rusak.
Maktu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Wed Jul 30, 2014 19:03

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by Maktu »

Iya sayang nya sekarang sedikit2 cvt sih, tp Jangan lupa kasus jazz cvt dan city cvt yg dulu, pas taun2 awal juga enggak pernah / jarang denger ada problem tuh,
Tp ketika sudah agak tua sedikit tau sendiri bagaimana masalah dengan cvt nya.


Dan KAYAKNYA mungkin mesin dan matic nya sama hanya di upgrade atau diperbaiki saja gak si?? ( kurang paham detail nya )
User avatar
daeng_if
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41

Re: RE: Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by daeng_if »

dogar wrote:Mungkin perlu digeser pertanyaanya bukan lagi masalah fakta ada 5 mobilio bermasalah dgn CVT nya benar atau tidak,
tapi yg lebih penting lagi pertanyaan mengenai apakah CVT Mobilio gampang rusak atau tidak berdasarkan fakta tsb. (premis yg pertama dianggap 100% benar).
Untuk menjawab pertanyaan ini kita pake tools yg sederhana saja: statistics.
(meskipun Mark Twain bilang "There are three kinds of lies: lies, damned lies, and statistics" , tapi konteks quote nya MT itu lebih ke arah statistics in politics).

Now let's do the math.

Penjualan mobilio thn 2014 adalah 79.288 ditambah per Sept 2015 sebanyak 28.529.
Jadi dlm waktu kurang dari 2 tahun, tepatnya 1 tahun 9 bulan, sudah ada lebih dari 100 ribu mobilio yg terjual sampai saat ini.
Dengan kata lain rata2 HPM bikin 5.100an mobilio per bulan, atau sekitar 171 mobilio keluar dari pabrik tiap hari sejak Januari 2014.

Katakanlah 80% nya CVT (data pastinya blm dapet, tapi pernah baca kalo yg CVT lebih banyak peminatnya drpd manual), jadi ada sekitar 80 ribuan mobilio CVT yg saat ini wara wiri di jalan.
Untuk mengatakan bahwa sistem CVT Mobilio ringkih (kualitas by product nya jelek) tidak bisa hanya dengan sampel 5 buah mobil,
karena itu hanya 0,006% saja dari total populasi.
OK, mungkin baru 5 yg ketauan, mungkin kenyataannya ada 100 (untuk jumlah segini mestinya udah ada recall). Itupun baru 0,1% dari total populasi.

Dengan fakta ada 5 mobilio dgn masalah CVTdi satu bengkel vs statistik di atas, maka analisis saya:
1. Ke 5 mobil itu mungkin dirakit dalam batch yg sama, mungkin untuk batch itu QC nya ga bener atau dapet parts yg kualitasnya di bawah standard.
Atau bisa jadi saat merakit untuk batch itu dikerjakan oleh operator yang ngga kompeten sehingga pemasangan parts tidak presisi, dsb.
2. Pemilik mobil tinggal di area yg sama dan sama2 pernah menerjang banjir (haram gede buat mobil transmisi matic apapun nerjang banjir).
3. Ada yang salah dalam SOP maintenance, baik oleh pemilik atau mekanik (salah oli, salah setel, dsb.)

Technically speaking, saya belum berani bilang kualitas CVT Honda itu jelek (CVT nya dipake di hampir di semua line up Honda sekarang: HRV, Jazz, juga tipe2 yg sedan, bukan lio aja).
Superstisiously speaking, yg ngalamin cvt nya problem itu lagi sial aja, pas dapet batch yg QC nya jelek, di sinilah peran garansi jadi sangat penting.

IMO, adalah terlalu bodoh buat Honda untuk mempertaruhkan reputasinya dgn membuat barang yg tidak melalui uji durabilitas sehingga gampang rusak.
apakah ada hubungan dengan case CVT honda ini?
monggo analisanya karena ada 143.000 unit yang di recall

http://autonetmagz.com/gawat-honda-jazz ... cvt/34727/

http://autonetmagz.com/selain-jazz-dan- ... cvt/35073/

"Honda bilang, jika pengemudi terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi, tekanan hidraulis yang tinggi akan memberikan beban berat pada poros drive pulley. Jika kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss."

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: RE: Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by vipere »

daeng_if wrote:
apakah ada hubungan dengan case CVT honda ini?
monggo analisanya karena ada 143.000 unit yang di recall

http://autonetmagz.com/gawat-honda-jazz ... cvt/34727/

http://autonetmagz.com/selain-jazz-dan- ... cvt/35073/

"Honda bilang, jika pengemudi terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi, tekanan hidraulis yang tinggi akan memberikan beban berat pada poros drive pulley. Jika kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss."

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
nahh..ini dia. Kuatirnya yang di indonesia, kan atpm nya selalu ngeles "unit yang di indonesia beda ama yang di luar".
Di sini kan jarang ada recall recall an. Nunggu udah jebol , masih garansi diganti baru. Nah kalo udah lewat garansi ?
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: RE: Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by dogar »

daeng_if wrote: apakah ada hubungan dengan case CVT honda ini?
monggo analisanya karena ada 143.000 unit yang di recall

http://autonetmagz.com/gawat-honda-jazz ... cvt/34727/

http://autonetmagz.com/selain-jazz-dan- ... cvt/35073/

"Honda bilang, jika pengemudi terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi, tekanan hidraulis yang tinggi akan memberikan beban berat pada poros drive pulley. Jika kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss."

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
"Paultan menulis bahwa Honda Malaysia sudah melakukan recall untuk 12.232 unit Honda City 2014 dan 97 unit Honda Jazz 2015 akibat adanya problem pada software hydraulic pressure control transmisi CVT-nya."

"Cara memperbaikinya menurut Honda adalah dengan melakukan update pada software powertrain control module (PCM) yang sudah diberikan settingan baru untuk mengurangi beban pada poros drive pulley. "

Kasus yang ini gejalanya adalah power loss dan penyebabnya di software, bukan karena parts yg defect.
Power loss bahaya kalo lagi nyalip, apalagi pas di tikungan/tanjakan.
Karena penyebabnya software dan berpotensi kecelakaan, jelas mesti di-recall karena pasti akan dialami oleh unit2 lainnya yg pake software dgn settingan seperti itu.


Kasus Mobilio yg disebutkan bung Maktu itu gejalanya bunyi dengung yg abnormal (ciri CVT memang suka ada dengung tapi dlm batas normal), keliatannya malah lebih parah daripada sekedar bug di software.
Saya sering bawa Mobilio di tol Cipularang pindah2 mode dari D ke S (kalo kickdown suka telmi CVT nya), terutama saat di tanjakan dan mau nyalip.
Apakah ini juga dianggap artikel itu sebagai "terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi", ngga tau deh. Yang jelas selama bejek2an itu ngga pernah kerasa power loss, malah kalo di S pas tanjakan itu serasa ngisi terus.
Mungkin settingan software MPV dan sedan/hatchback itu beda, atau bahkan konstruksi CVT nya juga mungkin beda.
Ada yg tau Jazz /City di Malaysia itu disuplai oleh pabrik Honda di negara mana? Kalau dari Indo, ya mesti waspada tuh.

Yang paling saya kuatirkan dari sistem CVT adalah kekuatan belt baja nya yg setiap saat bergesekan dgn drive dan driven pulley.
Tapi kasus belt CVT putus kayaknya malah jarang.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: RE: Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by dogar »

vipere wrote: nahh..ini dia. Kuatirnya yang di indonesia, kan atpm nya selalu ngeles "unit yang di indonesia beda ama yang di luar".
Di sini kan jarang ada recall recall an. Nunggu udah jebol , masih garansi diganti baru. Nah kalo udah lewat garansi ?
Sekarang ini APM kita udah lumayan koq.
Dulu Indomobil pernah me recall Suzuki APV untuk ganti fuelpump nya gratis (harganya mayan mahal, diatas 2 jutaan kalo ga salah), padahal
itu mobil kelas 'murah'. HPM juga beberapa kali pernah me-recall mobil Honda yg beredar di Indonesia.

Ini recall untuk kasus power window buatan Omron (2010):
http://industri.kontan.co.id/news/honda ... honda-city

Ini kasus airbag thn 2015 (yg direcall Brio dan City keluaran 2004):
http://news.okezone.com/read/2015/05/16 ... -indonesia
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: RE: Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by kunaskun »

dogar wrote:
daeng_if wrote: apakah ada hubungan dengan case CVT honda ini?
monggo analisanya karena ada 143.000 unit yang di recall

http://autonetmagz.com/gawat-honda-jazz ... cvt/34727/

http://autonetmagz.com/selain-jazz-dan- ... cvt/35073/

"Honda bilang, jika pengemudi terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi, tekanan hidraulis yang tinggi akan memberikan beban berat pada poros drive pulley. Jika kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss."

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
"Paultan menulis bahwa Honda Malaysia sudah melakukan recall untuk 12.232 unit Honda City 2014 dan 97 unit Honda Jazz 2015 akibat adanya problem pada software hydraulic pressure control transmisi CVT-nya."

"Cara memperbaikinya menurut Honda adalah dengan melakukan update pada software powertrain control module (PCM) yang sudah diberikan settingan baru untuk mengurangi beban pada poros drive pulley. "

Kasus yang ini gejalanya adalah power loss dan penyebabnya di software, bukan karena parts yg defect.
Power loss bahaya kalo lagi nyalip, apalagi pas di tikungan/tanjakan.
Karena penyebabnya software dan berpotensi kecelakaan, jelas mesti di-recall karena pasti akan dialami oleh unit2 lainnya yg pake software dgn settingan seperti itu.


Kasus Mobilio yg disebutkan bung Maktu itu gejalanya bunyi dengung yg abnormal (ciri CVT memang suka ada dengung tapi dlm batas normal), keliatannya malah lebih parah daripada sekedar bug di software.
Saya sering bawa Mobilio di tol Cipularang pindah2 mode dari D ke S (kalo kickdown suka telmi CVT nya), terutama saat di tanjakan dan mau nyalip.
Apakah ini juga dianggap artikel itu sebagai "terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi", ngga tau deh. Yang jelas selama bejek2an itu ngga pernah kerasa power loss, malah kalo di S pas tanjakan itu serasa ngisi terus.
Mungkin settingan software MPV dan sedan/hatchback itu beda, atau bahkan konstruksi CVT nya juga mungkin beda.
Ada yg tau Jazz /City di Malaysia itu disuplai oleh pabrik Honda di negara mana? Kalau dari Indo, ya mesti waspada tuh.

Yang paling saya kuatirkan dari sistem CVT adalah kekuatan belt baja nya yg setiap saat bergesekan dgn drive dan driven pulley.
Tapi kasus belt CVT putus kayaknya malah jarang.
kalau recall si biasa di indo ga jauh2:
1. mobil apaan, cacat nih, kena recall bla2 ---> pedege
2. mobil di luar sono recall, kok indo ga recall? biasa ini indo apa2 beda sendiri --> bukan owner, mostly haters/gossipers
3. mobil direcall? baguslah, tumben di indo di recall pake acara ngomong, biasanya pas service beres tau2 diganti --> owner yang rajin ke beres
4. recall? apaan tu? temennya redial? --> owner taunya gas rem doang :mky_07:
5. mobil kita ga direcall tuh di sono di recall? --> owner proaktif.

nah kalau liat kasus di malaysia cukup update TCM, berarti ga perlu segelondong ditarik. hanya ada 5 negara produksi transmisi AT honda (honda bikin sendiri CVT ga beli dari aisin or jatco): USA, Japan, Mexico, Indonesia, China. kemungkinan aspac dari Indonesia or China. http://world.honda.com/group/manufactur ... ies/#area5

CVT belt putus? kebanyakan justru pulley kalah duluan, karena bahan CVT itu gila2an tahan bantingnya, dan kan ada oli yang bantu nahan beban, yang musti dipusingin itu pulley2 dan tentunya olinya.

btw soal CVT honda jadi inget 10 tahun lalu di City I-DSI, gara2 beres ga punya honda CVT-F dikasihin oli ATF biasa, karena di buku manual tiap 10 ribu km wajib ganti.. alhasil segenerasi kena semua tuh solenoid mampet, dll. ongkos dan part si murah kalau kerja diluaran "cuma" 5-10 juta max. tapi nyesek aja, buku manual + beres menjebak. giliran temen cerita ada yang ga pernah diganti malah ga kenapa2 konon katanya... alhasil sejak itu jauh2 dari honda d :big_smoking:
User avatar
daeng_if
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: Tue Aug 10, 2010 0:41

Re: RE: Re: RE: Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by daeng_if »

daeng_if wrote:
dogar wrote:Mungkin perlu digeser pertanyaanya bukan lagi masalah fakta ada 5 mobilio bermasalah dgn CVT nya benar atau tidak,
tapi yg lebih penting lagi pertanyaan mengenai apakah CVT Mobilio gampang rusak atau tidak berdasarkan fakta tsb. (premis yg pertama dianggap 100% benar).
Untuk menjawab pertanyaan ini kita pake tools yg sederhana saja: statistics.
(meskipun Mark Twain bilang "There are three kinds of lies: lies, damned lies, and statistics" , tapi konteks quote nya MT itu lebih ke arah statistics in politics).

Now let's do the math.

Penjualan mobilio thn 2014 adalah 79.288 ditambah per Sept 2015 sebanyak 28.529.
Jadi dlm waktu kurang dari 2 tahun, tepatnya 1 tahun 9 bulan, sudah ada lebih dari 100 ribu mobilio yg terjual sampai saat ini.
Dengan kata lain rata2 HPM bikin 5.100an mobilio per bulan, atau sekitar 171 mobilio keluar dari pabrik tiap hari sejak Januari 2014.

Katakanlah 80% nya CVT (data pastinya blm dapet, tapi pernah baca kalo yg CVT lebih banyak peminatnya drpd manual), jadi ada sekitar 80 ribuan mobilio CVT yg saat ini wara wiri di jalan.
Untuk mengatakan bahwa sistem CVT Mobilio ringkih (kualitas by product nya jelek) tidak bisa hanya dengan sampel 5 buah mobil,
karena itu hanya 0,006% saja dari total populasi.
OK, mungkin baru 5 yg ketauan, mungkin kenyataannya ada 100 (untuk jumlah segini mestinya udah ada recall). Itupun baru 0,1% dari total populasi.

Dengan fakta ada 5 mobilio dgn masalah CVTdi satu bengkel vs statistik di atas, maka analisis saya:
1. Ke 5 mobil itu mungkin dirakit dalam batch yg sama, mungkin untuk batch itu QC nya ga bener atau dapet parts yg kualitasnya di bawah standard.
Atau bisa jadi saat merakit untuk batch itu dikerjakan oleh operator yang ngga kompeten sehingga pemasangan parts tidak presisi, dsb.
2. Pemilik mobil tinggal di area yg sama dan sama2 pernah menerjang banjir (haram gede buat mobil transmisi matic apapun nerjang banjir).
3. Ada yang salah dalam SOP maintenance, baik oleh pemilik atau mekanik (salah oli, salah setel, dsb.)

Technically speaking, saya belum berani bilang kualitas CVT Honda itu jelek (CVT nya dipake di hampir di semua line up Honda sekarang: HRV, Jazz, juga tipe2 yg sedan, bukan lio aja).
Superstisiously speaking, yg ngalamin cvt nya problem itu lagi sial aja, pas dapet batch yg QC nya jelek, di sinilah peran garansi jadi sangat penting.

IMO, adalah terlalu bodoh buat Honda untuk mempertaruhkan reputasinya dgn membuat barang yg tidak melalui uji durabilitas sehingga gampang rusak.
apakah ada hubungan dengan case CVT honda ini?
monggo analisanya karena ada 143.000 unit yang di recall

http://autonetmagz.com/gawat-honda-jazz ... cvt/34727/

http://autonetmagz.com/selain-jazz-dan- ... cvt/35073/

"Honda bilang, jika pengemudi terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi, tekanan hidraulis yang tinggi akan memberikan beban berat pada poros drive pulley. Jika kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss."

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
jika baca artikelnya memang penyebab utama hanyalah software dan cukup diupdate. Tp impact jika dibiarkan "...... kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss." Berarti akan muncul kerusakan part dan bisa berujung pada fatality bagi manusia.

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by kompresorz »

dikasih teknologi modern mlh jd khawatir....
shoepatu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Wed Sep 24, 2014 15:13

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by shoepatu »

Yg kemaren nanya2 sampe detail ke om maktu jumlah kerusakan and beres mana, udah konfirm blm ke beres nya??




Cegah Kerusakan Komponen CVT, Honda Indonesia 'Recall' Mobilio, City dan Jazz


http://m.detik.com/oto/read/2015/10/30/ ... y-dan-jazz
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by ibar78 »

setiap servis pasti udeh ditanganilah....
:popcorn:
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by mbah_sby »

kompresorz wrote:dikasih teknologi modern mlh jd khawatir....
saya inget dulu pas awal2 jazz ge8 muncul banyak yang bilang kok honda balik lg pake transmisi matic jadul?
skrg dikasih lagi cvt ama honda eeeh byk yg takut malah minta tetep matic jadul aja..
kevinaga
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Oct 30, 2015 9:06

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by kevinaga »

Ertiga gx dong
Alasan:
Mobilio & avanza sudah citra taksi
Mobilio interior kurang nyaman dibanding ertiga
Kabin ertiga mewah

Berawal dari pengalaman jadi patokan
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by FRD »

Ertiga juga ada kok yang jadi taksi..ga cuma avxen-mobilio, bahkan spin diesel juga dipake, f30 320d juga dipake taksi :ngacir:
:big_smoking:
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by bisti »

dah jelas brarti sekarang cvt mobilio akan di update software utk mencegah kerusakan..
recall mulai november...kayaknya minggu depan pas buat ke beres..
kl udah clear gini..gk perlu nanya2 lg..
tinggal pakai nyaman
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by ibar78 »

yup...ke beres...permasalahan selesai...:)
:popcorn:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by Mozawa »

kenapa nggak sekalian diganti ya poros pulleynya pake bahan yang kuat......adamantium getooooo....... :big_weee:

sebagai pemilik mobilio ane cuma berharap gak ada efek negative jangka panjang walau softwarenya udah di update...

tebakan ane , software update itu akan membuat hentakan torsi dan tenaga akan sedikit berkurang pada rpm tertentu.. untuk mengurangi beban pada poros pulley....

Ane tunggu deh upgrade software pgmfinya........
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by jalananDOHC »

kevinaga wrote:Ertiga gx dong
Alasan:
Mobilio & avanza sudah citra taksi
Mobilio interior kurang nyaman dibanding ertiga
Kabin ertiga mewah

Berawal dari pengalaman jadi patokan
di padang ertiga tipe ga dipake buat taksi & malang dipake taksi dg tipe gl ato gx
:wkkk: :wkkk: :wkkk:

masih bilang ertiga kagak rasa taksi ??
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by dogar »

jalananDOHC wrote:
kevinaga wrote:Ertiga gx dong
Alasan:
Mobilio & avanza sudah citra taksi
Mobilio interior kurang nyaman dibanding ertiga
Kabin ertiga mewah

Berawal dari pengalaman jadi patokan
di padang ertiga tipe ga dipake buat taksi & malang dipake taksi dg tipe gl ato gx
:wkkk: :wkkk: :wkkk:

masih bilang ertiga kagak rasa taksi ??
Bung kevinaga keliatannya tetep bakalan milih Ertiga ketimbang Mercy gara2 foto ini :D

Image
Image
Image
shoepatu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Wed Sep 24, 2014 15:13

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by shoepatu »

dogar wrote:
jalananDOHC wrote:
kevinaga wrote:Ertiga gx dong
Alasan:
Mobilio & avanza sudah citra taksi
Mobilio interior kurang nyaman dibanding ertiga
Kabin ertiga mewah

Berawal dari pengalaman jadi patokan
di padang ertiga tipe ga dipake buat taksi & malang dipake taksi dg tipe gl ato gx
:wkkk: :wkkk: :wkkk:

masih bilang ertiga kagak rasa taksi ??
Bung kevinaga keliatannya tetep bakalan milih Ertiga ketimbang Mercy gara2 foto ini :D

Image
Image
Image
Tp kan ini ga dicat biru burung kyk mobilinyong hwhwhwhw. Alphard jg jadi taksi, cuman tetep hitam elegan. Mantep
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by ilhami »

kalau mobil dipakai untuk taksi berarti bensin nya irit.
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by bisti »

ilhami wrote:kalau mobil dipakai untuk taksi berarti bensin nya irit.
yg jelas kmarin kata bluebird mereka ngetes mobilio dan avanza trus terpilih mobilio..jd jelas ada keunggulan mobilio yg dilihat bluebird
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Pilih mana Mobilio RS, Ertiga GX atau Avanza Dual VVTI?

Post by dogar »

shoepatu wrote:
Tp kan ini ga dicat biru burung kyk mobilinyong hwhwhwhw. Alphard jg jadi taksi, cuman tetep hitam elegan. Mantep
Beberapa jenis mobil taksi yg pernah saya naiki (yg inget aja):
Di Jerman: Benz, Kia
Di Denmark:Benz
Di Swedia: Volvo, Benz
Di Czech Rep.: Benz, VW Passat, Skoda
Di Italy: Benz
Di Swiss: Benz
Di Malaysia: Proton
Di Singapore: Hyundai
Warna cat udah lupa semua.
Silahkan disimpulkan sendiri :).