Ask : Transmisi Matic KIA Carnival sudah gejala gk beres?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Ask : Transmisi Matic KIA Carnival sudah gejala gk beres?

Post by aspsilver »

tahun 2000, kami berencana mengganti Mercedes Benz C200 1996 kami dengan KIA Carnival, saat itu Carnival Diesel harganya 275 juta, sedangkan C200 masi bisa laku 325 juta.

saat itu, kakek nenek saya tinggal di Jakarta, jadi kemana2 harus naik Panther, dan semua sebel kalo harus duduk kayak oplet di bangku paling belakang.

kami pikir, kan lumayan juga dapat untung jual mobil.

Saat itusaya masi mahasiswa, saya pakai TImor S515i th 2000, beli baru 82 juta. dan saya pikir KIA lumayan juga. dan TImor partsnya murah sekali.

tapi ayah saya ragu2 soal mobil korea, dan pas mau beli harganya naik jadi 295 juta, maklum lagi booming banget, KIA Carnival laku banget. jadinya akhirnya gak jadi beli, soalnya ayah saya sebel naik gitu banyak.

Akhirnya beli Mercedes Benz Vito 114 th 2001, 425 juta (special price, kenal sama dealer mercedes), Honda Oddysey saat itu 375 juta. KIA Carnival 325 juta.

eh tahun 2002, kekek nenek saya gak betah di jakarta, dan balik ke jawa timur. jadinya Vito kegedean dan gak kepake, di jual laku 410 juta (yang beli maksa ambil malam itu juga, mau long weekend, dan dia mau pake)

Timor S515i dijual th 2002, dibeli sepupu, laku 65 juta. dipake sampai th 2010, gak ada masalah berarti.

Mercedes Benz C 200 1996, saya pelihara sampai 2014, 90 rb km, dijual laku 90 juta.


saya ada teman pake bimantara nenggala 1997 matic, dipake sampai 2008, lumayan tuh, kondisinya cukup bagus waktu dijual, dan cerita dia, gak ada masalah yang berarti. pernah over heat, sekali, kalo gak salah.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ask : Transmisi Matic KIA Carnival sudah gejala gk beres?

Post by kenop »

temen ane babe nya dulu pernah beli carnival 2 unit buat kantor nya, buat jemput2 client..
taun2 awal sih lancar 2-2 nya.. lewat 3 taun katanya serasa cm punya 1 unit.. krn yang 1 beres dari bengkel, yang 1 gantian opname nya :mky_07:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ask : Transmisi Matic KIA Carnival sudah gejala gk beres?

Post by octafiantos »

Wah banyak cerita K cars problem. Saya juga dulu pernah pake cuma sekali. Bimantara Cakra AT 1997, beli tahun 2000 untuk ops kantor yang didirikan kakak saya. KM saat itu 36k. Problem cuma sekali, pulley power steering lepas. Sisanya aman dan sering dipake lukot PP 1500km. Tahun 2005 dilepas. Tahun kemarin saya papasan lagi dengan mobil itu, saya kenal karena platnya masih sama dan warnanya langka.

Kalo Carni, memang agak banyak yang problem. Termasuk boss saya di kantor lama. Ada aja problemnya dari mesin sampe yang kompresor. Rajin gantian. Temen malah kayanya masih ada Carni bensin mangkrak di garasi, tranny jebol dan ga diperbaiki.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
wolfie
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Oct 01, 2015 5:00

Re: RE: Re: Ask : Transmisi Matic KIA Carnival sudah gejala gk beres?

Post by wolfie »

octafiantos wrote:
wolfie wrote:@all
Kata montir..ternyata kompresi mesin juga mulai bermasalah saat berbarengan di cek transmisi. :big_think:

Yg saya rasakan 3 bulan terakhir:
1. Oli mesin rembes (netes) saat dipanasin / jalan
2. Mata perih saat mesin hidup kalau berdiri dekat mobil tapi knalpot tidak ngeluarkan asap apa-apa.
3. Mesin saat hidup bunyi tek tek tek (semua pada vonis HLA nya) namun tidak terlalu penting menurut montir.

Menurut montir gejala2 diatas itu adalah indikasi kompresi bermasalah URGENT yg jalan satu2nya WAJIB TURUN MESIN (sudah tanya kisaran total 10-15 jt, langsung mata ane kunang-kunang dengkul lemas). :big_cry:

Pertanyaan saya:
1. Apa betul gejala diatas memang wajib turun mesin?
2.Kalau Carnival bensin itu sendiri sudah injection atau blm yah?

Help gan ..
V6 kan?
Mestinya sih dah siap denger biaya turun mesinnya. Udah pasti lewat 2 digit kalo overhoul.

Udah cek kompresi belum. Kalo udah ditanya berapa cyl yang masalah dan berapa nilai masing masing per cyl. Bandingin kompresinya dengan standarnya. Indikatornya biasanya kalo ada selisih di atas 10psi gapnya ya memang udah problem di silinder. Bisa dari liner baret, ring masalah yang ujungnya kompresi turun. Perbaikannya mesti turun.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
@Pak Octaf
Wah .. Mengenai angka kompresi saya sendiri blm dapat info, rencana hari ini setelah maghrib mau mampir untuk bicara2 dengan bengkel krn kemaren hanya via telfon aja yg punya bengkel kasih tau begini begitu..
maksudnya kl dibawah 10psi berarti kondisi silinder, liner baret dan ring tidak masalah..problemnya hal lain(kerak misalnya) atau gimana yah?

Omong2, dengan selisih psi kompresi brp ya.. yg masih dalam batas toleransi untuk di'TOLONG" dengan carbon cleaner? NGAREPBERAT.COM :roll:
barangkali ada yg tau .. ???
wolfie
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Oct 01, 2015 5:00

Re: Ask : Transmisi Matic KIA Carnival sudah gejala gk beres?

Post by wolfie »

..................

Akhirnya dibilang mesin kompresi balik oleh montir tanpa ngecek pakai alat ukur kompresi dan wajib turun mesin!!!
(masuk akal apa nggak sih tanpa ngetes pakai alat ukur bisa langsung vonis komponen kompresi ada yg rusak? ..membedakan kerak carbon yg cuma menumpuk atau komponen ada yg rusak hanya dr pengalaman tanpa pakai alat ukur ini yg bikin ane aneh ...)

Kalau cuma kerak yg numpuk kan gk harus turun mesin, bisa dikondisikan dengan kemampuan dompet dengan cara carbon clean. Apa cm "modus" si montir yah?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask : Transmisi Matic KIA Carnival sudah gejala gk beres?

Post by Turboman »

wolfie wrote:..................

Akhirnya dibilang mesin kompresi balik oleh montir tanpa ngecek pakai alat ukur kompresi dan wajib turun mesin!!!
(masuk akal apa nggak sih tanpa ngetes pakai alat ukur bisa langsung vonis komponen kompresi ada yg rusak? ..membedakan kerak carbon yg cuma menumpuk atau komponen ada yg rusak hanya dr pengalaman tanpa pakai alat ukur ini yg bikin ane aneh ...)

Kalau cuma kerak yg numpuk kan gk harus turun mesin, bisa dikondisikan dengan kemampuan dompet dengan cara carbon clean. Apa cm "modus" si montir yah?
Ke bengkel mana sih om ?

Bengkel yg kerjanya asal nebak2 gitu berpotensi bakal nguras kantong anda, hati2

kalau boleh saran sih utk diagnosa bawa ke bengkel yg qualified spt Autodyne misalnya, minta pak Iman diagnosa

Nanti kalau mobilnya dah beres saran saya sih cepetan jual aja

*bukan seles bkl tertentu*
* Bukan ajakan Beli *