Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by DOHC »

ilhami wrote:Om DOHC, kalau nyetir sruntulan itu namanya Indonesian Tune Up. Perlu juga itu :ngacir:
beda om... kl indonesian tune up malah ngerusak mesin om... :mky_01: :mky_01:

btw, soal hajar rpm tinggi pas idle...
perna baca kl itu sebenernya ga bole... krn putaran mesin nya jd sperti efek "gasing", bahaya ke bearing2 kruk as dll... beda kl masuk gigi, bsa diliat kl pas lepas gas, putaran mesin ga lgs drop tp bertahap... seinget ane polemik hal ini perna dbahas jg beberapa taon silam ama salah satu master dsini, cuman lupa ane siapa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by dogar »

r1409 wrote:yup, ada baiknya kok, apalagi kalo pake premium. sekali-kali kerak di silinder perlu dibersihkan pake cara ini. lebih hemat daripada carbon clean kalo jarang dipake.

kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.

taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
Yaris matic saya sejak beli dari baru selalu isi premium.
Suatu saat iseng isi full tank pertamax sekedar pengen tau perbedaannya kayak apa.
Ternyata ngga kerasa perbedaan apapun baik dari performace maupun konsumsi bbm.
Abis pertamax kosong di tangki, isi premium lagi, eh langsung ngelitik.
Bawa ke bengkel, setel ini itu, semprot injektor, ganti busi, semprot ruang bakar, masih ngelitik juga.
Udah 2-3x bawa ke beres ngelitik ga ilang2, akhirnya mekaniknya bilang mesti turun 1/2 mesin, skir klep, dsb. Hadeuh.. males banget.
Yaudah saya pake jurus italian tuneup sekitar semingguan tiap masuk toll geber terus (kick down lebih sering) sampe deket redline.
Sekarang ngelitiknya udah sembuh total. Lumayan ngirit ongkos 1/2 overhaul.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by nugroho bagor »

dogar wrote:
r1409 wrote:yup, ada baiknya kok, apalagi kalo pake premium. sekali-kali kerak di silinder perlu dibersihkan pake cara ini. lebih hemat daripada carbon clean kalo jarang dipake.

kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.

taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
Yaris matic saya sejak beli dari baru selalu isi premium.
Suatu saat iseng isi full tank pertamax sekedar pengen tau perbedaannya kayak apa.
Ternyata ngga kerasa perbedaan apapun baik dari performace maupun konsumsi bbm.
Abis pertamax kosong di tangki, isi premium lagi, eh langsung ngelitik.
Bawa ke bengkel, setel ini itu, semprot injektor, ganti busi, semprot ruang bakar, masih ngelitik juga.
Udah 2-3x bawa ke beres ngelitik ga ilang2, akhirnya mekaniknya bilang mesti turun 1/2 mesin, skir klep, dsb. Hadeuh.. males banget.
Yaudah saya pake jurus italian tuneup sekitar semingguan tiap masuk toll geber terus (kick down lebih sering) sampe deket redline.
Sekarang ngelitiknya udah sembuh total. Lumayan ngirit ongkos 1/2 overhaul.
:mky_02: sukurlàh kalau hilang karena ITU
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by sintoni »

Kesukaan ane ini ITU secara paling suka pake bensin butut di gerobak ane.

Biasanya beli Redline CSFC dulu, dikasi 1/2 botol terus isi bensin full. Jogging dikit, baru tahan gigi 1/2 gas sampe redline.

Ga perna carbon clean dll soalnya ga ada duit, jadi alternatif murahnya ya ITU ini.
Derweisebenz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Dec 31, 2015 20:22

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Derweisebenz »

Waduh, Om, carb clean ama redline + isi P+ bukannya lebih hemat pake carb clean aja ya, Om?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by sintoni »

Derweisebenz wrote:Waduh, Om, carb clean ama redline + isi P+ bukannya lebih hemat pake carb clean aja ya, Om?
Ga om, ane isi premium kok.

Terus isi Redline CSFC + ITU jg tiap 5x isi bensin full tank.
Derweisebenz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Dec 31, 2015 20:22

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Derweisebenz »

:big_smile]
sintoni wrote:
Derweisebenz wrote:Waduh, Om, carb clean ama redline + isi P+ bukannya lebih hemat pake carb clean aja ya, Om?
Ga om, ane isi premium kok.

Terus isi Redline CSFC + ITU jg tiap 5x isi bensin full tank.
Maaf nubi banyak tanya, Om. Tapi bisa maksimal ya isi pake premium? Hehe walopun saya agak ngeri juga kalo pake mobil yang diamanahin ke saya buat ITU, soalnya nanti bisa kenceng gabisa ngerem lagi (blazer 2007) huehehehe.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by sintoni »

Derweisebenz wrote::big_smile]
sintoni wrote:
Derweisebenz wrote:Waduh, Om, carb clean ama redline + isi P+ bukannya lebih hemat pake carb clean aja ya, Om?
Ga om, ane isi premium kok.

Terus isi Redline CSFC + ITU jg tiap 5x isi bensin full tank.
Maaf nubi banyak tanya, Om. Tapi bisa maksimal ya isi pake premium? Hehe walopun saya agak ngeri juga kalo pake mobil yang diamanahin ke saya buat ITU, soalnya nanti bisa kenceng gabisa ngerem lagi (blazer 2007) huehehehe.
Ya mau gimana lagi om. Hahaha. Faktor ekonomi.

Apalg pernah bandingin sama pake Pertalite atau Pertamak rasanya ga beda jauh. Hahaha.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by vipere »

kalo diesel perlu ITU juga gak ya ?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by FMEAKD »

Iya mau nanya nih kalo diesel boleh juga ya?

Soalnya saya sering high rev kalo mesin udah boyo, keisi solar biasa...
Kalo saya biasanya
Isi dex, lalu bejek highrev, keluar asap kayak tinta cumi, ulangi 3- 4 kali keliling jalan yg sepi, sampai tinta cumi hilang, lalu mesin enteng
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by dieselman228 »

Diesel sih kyknya perlu om soalnya karbon yg dihsilkan lebih byk (cmiiw). Apalagi kalau sering nyantai. Sy sering keluar kota macam bandung dan nyetir akap pantura dan tau sendiri rpm ga pernah dibawah 2500.

Waktu odo msh 15000 km pas buka TB masih bersih kyk baru 5000 km. Imho ITU perlu deh yah sebulan sekali lah
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by nugroho bagor »

Saya minim seminggu sekali ke daerah Tol Bawen ke Smg cuma buat ITU,D4D At and its work
Derweisebenz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Dec 31, 2015 20:22

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Derweisebenz »

ITU pake solar biasa kalo unit belom pasang downpipe bahaya ga sih, Om? Bukannya rawan mampet itu ccnya yak?
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by alexdonovan »

Derweisebenz wrote::big_smile] -edited
(blazer 2007)
-edited
Blazer mesinnya rev-happy kok... kondisi sehat gigi satu dan dua gas pol bisa mendorong badan ke jok
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
Derweisebenz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Dec 31, 2015 20:22

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Derweisebenz »

alexdonovan wrote:
Derweisebenz wrote::big_smile] -edited
(blazer 2007)
-edited
Blazer mesinnya rev-happy kok... kondisi sehat gigi satu dan dua gas pol bisa mendorong badan ke jok

Setuju, Om. Tapi kalo butuh ngerem mendadak nahh itu. Hahaha apa kudu upgrade rem yaah?
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by iwidiyanto »

kalau ITU itu harus hampir redline kah? sy biasa tiap hari pp rmh ktr rpm bisa nyentuh 6.000 - 6.500. Niatnya bukan ITU sih, krn emang jalannya kebanyakan kosong.
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by nflfrs705 »

pernah beberapa wkt lalu, akibat kesalahan petugas tangki bbm yg ngisi biosolar ke tangki KF70 petrol.
langsung bawa ke bengkel, kuras tangki, ganti oli, isi vpower full tank.
menuju gerbang tol, ambil tiket, langsung bejek sampe redline.. and shift.
kerasa bgt bedanya sebelum n sesudah italian tune up
gas enteng, ngelitik hilang, konsumsi lebih irit
tapi pas dilakukan, knalpotnya ngebul agak kehitaman, ada apa gerangan?
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by alexdonovan »

Derweisebenz wrote:
alexdonovan wrote:
Derweisebenz wrote::big_smile] -edited
(blazer 2007)
-edited
Blazer mesinnya rev-happy kok... kondisi sehat gigi satu dan dua gas pol bisa mendorong badan ke jok

Setuju, Om. Tapi kalo butuh ngerem mendadak nahh itu. Hahaha apa kudu upgrade rem yaah?
Saya lima tahun pake Blazer ga ada masalah dengan rem Om... Seingat saya, rem dia lemah kalo posisi stop-and-go saja. Kalo emergency braking dari kecepatan tinggi ga masalah. Braking normal pada kecepatan normal juga ga masalah

Kalo stop-and-go ya memang harus jaga jarak dan main engine brake, dan banyak mobil yang begini... termasuk Livina manual saya dulu...
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by maskopat »

gak perlu khusus ITU. sering2 aja bawa touring...
*colek om F...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by dieselman228 »

Derweisebenz wrote:ITU pake solar biasa kalo unit belom pasang downpipe bahaya ga sih, Om? Bukannya rawan mampet itu ccnya yak?
Harusnya gpp om. Imho bukannya kalau pas ITU tekanan buangnya makin tinggi yah. Jadi karbon di CC bisa kedorong keluar. cmiiw
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by r1409 »

nflfrs705 wrote:pernah beberapa wkt lalu, akibat kesalahan petugas tangki bbm yg ngisi biosolar ke tangki KF70 petrol.
langsung bawa ke bengkel, kuras tangki, ganti oli, isi vpower full tank.
menuju gerbang tol, ambil tiket, langsung bejek sampe redline.. and shift.
kerasa bgt bedanya sebelum n sesudah italian tune up
gas enteng, ngelitik hilang, konsumsi lebih irit
tapi pas dilakukan, knalpotnya ngebul agak kehitaman, ada apa gerangan?
lumrah kok, kehitaman itu karena endapan kerak karbon rontok dan keluar lewat knalpot.
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by scorpio »

sebenernya lebih efektif mana kah, ITU atau pake metode tune up bengkel konvensional (semprot lobang busi n TB pake carb cleaner lalu geber2 sampe asep abis)?
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
Derweisebenz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Dec 31, 2015 20:22

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Derweisebenz »

:off_good_job:
alexdonovan wrote:
Derweisebenz wrote:
alexdonovan wrote:
Blazer mesinnya rev-happy kok... kondisi sehat gigi satu dan dua gas pol bisa mendorong badan ke jok

Setuju, Om. Tapi kalo butuh ngerem mendadak nahh itu. Hahaha apa kudu upgrade rem yaah?
Saya lima tahun pake Blazer ga ada masalah dengan rem Om... Seingat saya, rem dia lemah kalo posisi stop-and-go saja. Kalo emergency braking dari kecepatan tinggi ga masalah. Braking normal pada kecepatan normal juga ga masalah

Kalo stop-and-go ya memang harus jaga jarak dan main engine brake, dan banyak mobil yang begini... termasuk Livina manual saya dulu...

Blazerku sering ngepot gitu Om kalo rem mendadak, kayak ABSnya ga guna gitu, lho. Apa salah pilih ban yang ga bertraksi baik, ya? Ban saya achilles dessert hawk A/T ngepotnya sembari miring gitu lagi pas emergency braking.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by DOHC »

scorpio wrote:sebenernya lebih efektif mana kah, ITU atau pake metode tune up bengkel konvensional (semprot lobang busi n TB pake carb cleaner lalu geber2 sampe asep abis)?
ane plih cara konvensional... cuman skrg ud bukan semprot via tb lg... tp skalian bongkar manifold, biar lebi afdol bersihin klep intake nya....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: RE: Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by alexdonovan »

Derweisebenz wrote::off_good_job:
alexdonovan wrote:
Derweisebenz wrote:

Setuju, Om. Tapi kalo butuh ngerem mendadak nahh itu. Hahaha apa kudu upgrade rem yaah?
Saya lima tahun pake Blazer ga ada masalah dengan rem Om... Seingat saya, rem dia lemah kalo posisi stop-and-go saja. Kalo emergency braking dari kecepatan tinggi ga masalah. Braking normal pada kecepatan normal juga ga masalah

Kalo stop-and-go ya memang harus jaga jarak dan main engine brake, dan banyak mobil yang begini... termasuk Livina manual saya dulu...

Blazerku sering ngepot gitu Om kalo rem mendadak, kayak ABSnya ga guna gitu, lho. Apa salah pilih ban yang ga bertraksi baik, ya? Ban saya achilles dessert hawk A/T ngepotnya sembari miring gitu lagi pas emergency braking.
saya juga pakai desert hawk lalu ganti dueler ht/s... desert hawk grip-nya lebih bagus... sliding-nya mirin atau lurus? kalo rem sehat, mobil meluncur lurus saat slip di kondisi lurus

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)