Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Dec 01, 2015 5:40
Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Kalo cara berkendara sih simple aja ya...
Kebiasaan gw sendiri sih:
-klo parkir apalagi di tanjakan selalu pindah posisi ke P sambil di rem tangan... Alasannya biar gak trll terbeban itu transmisi nahan si mobilnya...
-lampu merah diatas 20 detik selalu posisi N, klo jalan agak menanjak tarik rem tangan
-jalur luar kota selalu pake D3 ato sport mode biar enak buat selip selip
Perawatan sih katanya ganti oli AT di 30 ribu km dan kuras oli di 50 ribu km... Tapi gw gak pernah ngerawat sih soalnya odo mbl gw cuma 20 ribu km lebi dikit wkwkw
Kebiasaan gw sendiri sih:
-klo parkir apalagi di tanjakan selalu pindah posisi ke P sambil di rem tangan... Alasannya biar gak trll terbeban itu transmisi nahan si mobilnya...
-lampu merah diatas 20 detik selalu posisi N, klo jalan agak menanjak tarik rem tangan
-jalur luar kota selalu pake D3 ato sport mode biar enak buat selip selip
Perawatan sih katanya ganti oli AT di 30 ribu km dan kuras oli di 50 ribu km... Tapi gw gak pernah ngerawat sih soalnya odo mbl gw cuma 20 ribu km lebi dikit wkwkw
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1402
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
kalo perawatan nya sih asal jgn telat ganti oli matic nya aja, dan jgn salah spek oli nya..
klo nyetir nya sih, ntar juga lama2 bisa sendiri, ane pindah dari manual ke matic kaga pake belajar lgsg gas aja
klo nyetir nya sih, ntar juga lama2 bisa sendiri, ane pindah dari manual ke matic kaga pake belajar lgsg gas aja
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
sistem transmisinya apa om?
kalo CVT repot sih banyak yang mesti pantang sana sini.
biasanya pada umumnya aja penggunaannya, kalo lg berenti lama ya N jgn tahan rem di posisi D.
n kalo CVT mendingan pake oli bawaan honda jangan pake oli lain selaen CVT honda.
kalo CVT repot sih banyak yang mesti pantang sana sini.
biasanya pada umumnya aja penggunaannya, kalo lg berenti lama ya N jgn tahan rem di posisi D.
n kalo CVT mendingan pake oli bawaan honda jangan pake oli lain selaen CVT honda.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Ritual pake matic:dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
1. Kalau mau parkir tarik rem tangan dulu baru pindahin tuas ke P (jangan dibalik), apalagi kalo posisi parkir tidak datar.
2. Kalau mau memanaskan kendaraan agak lama, atau ninggalin kendaraan dlm keadaan idle posisi tuas harus di N jangan di P supaya sirkulasi oli tetep jalan.
3. Selalu injak rem dulu saat mau masuk D atau R dari posisi berhenti (ini lebih ke safety ).
4. Jangan sekali2 pindah ke R saat mobil masih bergerak maju walaupun pelan, tunggu sampai berhenti total.
5. Ganti oli transmisi sesuai petunjuk manual book, pake oli rekomendasi pabrik saja jangan ganti2 merk.
Dengan 5 poin di atas, Yaris 2010 matic saya dari beli baru sampe hari ini ga pernah ada masalah dgn matic nya (blm pernah ganti oli transmisi).
Kayaknya matic Vios sama dgn Yaris deh (CMIIW).
-
- SM Specialist
- Posts: 16794
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Tips ngerawat matik kuncinya cuma satu : oli matik, itu vital.
Rekomendasi bengkel resmi biasanya 40ribu ganti 80ribu kuras, tapi kalo reguler tiap 10ribu ganti saya rasa gak perlu kuras. Murah kok oli matik, pakenya juga kalo mobil-mobil biasa cuma 3 liter.
Kalo pakenya... paling penting kalo mindahin tuas pastikan mobil bener - bener sudah dalam kondisi berhenti. Juga kalo nyetir jangan disentak-sentak atau dipindah mendadak dari N-D ... wkwkwkwkw. Nggak ada yang lebih destruktif daripada habit ini. Kebiasaan-kebiasaan yang disebutin teman2 diatas menurut saya masih bisa dicover dengan rajin ganti oli matic. Kalo suka nyentak-nyentakin mobil ini ya gak ada obatnya... cepet rompal itu transmisi.
Soalnya seumur-umur orangtua saya piara mobil matik ya awet-awet aja... padahal kalo berenti sukanya di D.
Rekomendasi bengkel resmi biasanya 40ribu ganti 80ribu kuras, tapi kalo reguler tiap 10ribu ganti saya rasa gak perlu kuras. Murah kok oli matik, pakenya juga kalo mobil-mobil biasa cuma 3 liter.
Kalo pakenya... paling penting kalo mindahin tuas pastikan mobil bener - bener sudah dalam kondisi berhenti. Juga kalo nyetir jangan disentak-sentak atau dipindah mendadak dari N-D ... wkwkwkwkw. Nggak ada yang lebih destruktif daripada habit ini. Kebiasaan-kebiasaan yang disebutin teman2 diatas menurut saya masih bisa dicover dengan rajin ganti oli matic. Kalo suka nyentak-nyentakin mobil ini ya gak ada obatnya... cepet rompal itu transmisi.
Soalnya seumur-umur orangtua saya piara mobil matik ya awet-awet aja... padahal kalo berenti sukanya di D.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Dec 01, 2015 5:40
Re: RE: Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Cara cek oli transmisi gimana ya bro ane ga paham..km nya 105.000..ane beli mobil second..jadi belum paham bro..makasihdogar wrote:Ritual pake matic:dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
1. Kalau mau parkir tarik rem tangan dulu baru pindahin tuas ke P (jangan dibalik), apalagi kalo posisi parkir tidak datar.
2. Kalau mau memanaskan kendaraan agak lama, atau ninggalin kendaraan dlm keadaan idle posisi tuas harus di N jangan di P supaya sirkulasi oli tetep jalan.
3. Selalu injak rem dulu saat mau masuk D atau R dari posisi berhenti (ini lebih ke safety ).
4. Jangan sekali2 pindah ke R saat mobil masih bergerak maju walaupun pelan, tunggu sampai berhenti total.
5. Ganti oli transmisi sesuai petunjuk manual book, pake oli rekomendasi pabrik saja jangan ganti2 merk.
Dengan 5 poin di atas, Yaris 2010 matic saya dari beli baru sampe hari ini ga pernah ada masalah dgn matic nya (blm pernah ganti oli transmisi).
Kayaknya matic Vios sama dgn Yaris deh (CMIIW).
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: RE: Re: RE: Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Tergantung girboks. Kalo biasa ada dipstick kaya buat oli mesin biasa. Tinggal cabut dan lihat tanda di dipstick. Kalo model ZF yang isi oli lifetime, ga pake dipstick. Mesti dinaikin ke atas mobilnya, mesin dipanasin sampe operating temp baru buka bak drainase untuk lihat level oli.dedesupriayi wrote: Cara cek oli transmisi gimana ya bro ane ga paham..km nya 105.000..ane beli mobil second..jadi belum paham bro..makasih
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue Dec 15, 2015 5:45
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
dogar wrote:Ritual pake matic:dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
1. Kalau mau parkir tarik rem tangan dulu baru pindahin tuas ke P (jangan dibalik), apalagi kalo posisi parkir tidak datar.
2. Kalau mau memanaskan kendaraan agak lama, atau ninggalin kendaraan dlm keadaan idle posisi tuas harus di N jangan di P supaya sirkulasi oli tetep jalan.
3. Selalu injak rem dulu saat mau masuk D atau R dari posisi berhenti (ini lebih ke safety ).
4. Jangan sekali2 pindah ke R saat mobil masih bergerak maju walaupun pelan, tunggu sampai berhenti total.
5. Ganti oli transmisi sesuai petunjuk manual book, pake oli rekomendasi pabrik saja jangan ganti2 merk.
Dengan 5 poin di atas, Yaris 2010 matic saya dari beli baru sampe hari ini ga pernah ada masalah dgn matic nya (blm pernah ganti oli transmisi).
Kayaknya matic Vios sama dgn Yaris deh (CMIIW).
klo parkir lama (tp msh ada org di mobil) kondisi mesin nyala, ac nyala. apa perlu di pindahin ke posisi N jg om?
klo ane biasa tuas nya ttp di P walaupun ada setegah jam parkir.
===========
tambahan dari ane:
- klo di tanjakan yg rada lumayan, ane lebih cendrung pindahin ke posisi 2 atau L (jadi ga maksa di posisi D)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Ya kalo manual pabriknya bilang 100k km, berarti memang olinya didesain untuk sejauh itu.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Bentar, itu 100ribu KM, boleh tau oli apa om? Tertarik nih, ada yg kuat banget buat 100ribu, pengalaman, 100ribu km ditempuh dalem 3 tahun loh
Itu berarti lama banget, sedangkan kebanyakan mobil, disetiap 40000 km ganti, itu pabrikan apa ya om?
Itu berarti lama banget, sedangkan kebanyakan mobil, disetiap 40000 km ganti, itu pabrikan apa ya om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Mobilnya mobil apa om ?iybam wrote:mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
Kalo mobil eropa suka dibilang oli atf nya bisa ampe lifetime, padahal mahh lifetime yg dimaksud tuh bertahan ampe transmisinya rusak butuh OH di odometer 1xx.[cencored]

Ane sihh mendingan dipercepat aja interval penggantian atfnya, drpd ke depannya amsyong wkwk...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2094
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
ah Toyota juga di manualnya banyak banget kok nyaranin 100rb, begitupun nissan...
justru chevy ane yg nyuruh tiap 60rb, (dan setelah ada kasus jebol, sepertinya di captiva baru2 (2013 up) tiap 30rb)
tp kalo kata om turbo sih tiap 40rb ya pernah dibahas di trit mana gt CMIIW
edited- 100rb termasuk di manual yaris ane jg.. makanya meski service record lengkap, gapernah ada histori ganti atf..
mungkin next service lah (60rb) ane ganti.. gaada keluhan pake sih ampe sekarang
justru chevy ane yg nyuruh tiap 60rb, (dan setelah ada kasus jebol, sepertinya di captiva baru2 (2013 up) tiap 30rb)
tp kalo kata om turbo sih tiap 40rb ya pernah dibahas di trit mana gt CMIIW
edited- 100rb termasuk di manual yaris ane jg.. makanya meski service record lengkap, gapernah ada histori ganti atf..
mungkin next service lah (60rb) ane ganti.. gaada keluhan pake sih ampe sekarang
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Mitsubishi yg nyarani tiap 40K
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
GD3 sama GD8 ... harus diganti per 20rb km, dan hukumnya wajib ga boleh dilanggar ... Dulu GD8 ane yg item pas 25rb belom ganti, maticnya langsung sendat2 ngelag (odo mobil saat itu 25k) 
Yang GD8 silver skrg kan cvtnya udah geter2 pas masuk R, di pemakaian 15k udah ga enak CVTFnya, jadi harus dipercepet deh gantinya (& sekali ganti honda cvtf kena 370) ...

Yang GD8 silver skrg kan cvtnya udah geter2 pas masuk R, di pemakaian 15k udah ga enak CVTFnya, jadi harus dipercepet deh gantinya (& sekali ganti honda cvtf kena 370) ...

-
- SM Specialist
- Posts: 16794
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Nah ini.. standar bengkel resmi itu agak rancu. Masa' ganti oli matik tiap 40ribu 50ribu.FMEAKD wrote:Mitsubishi yg nyarani tiap 40K
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
Kalau ngga pernah ganti oli matik terus tau - tau dikuras itu malah menurut saya berisiko loh... Pernah saya diceritain SA nya Honda, Stream kuras oli matik malah ngga bisa jalan... ngadat matiknya.
Kalau regularly changed tiap 10k sih nggak perlu dikuras juga nggapapa... Dikuras lebih baik.
Tapi kalo ngikutin pedoman bengkel resmi ya kayaknya perlu dikuras... Lha bengkel resmi mintanya 40k... saya si ngeri kalau intervalnya sejauh itu.
Malah menurut saya jangan ngikutin pedoman kilometer, service apapun. Rutin aja... di Indonesia kan mobilnya kerja keras, apalagi transmisi yang komponen bergeraknya banyak sekali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Atf eropa/zf memang sebut nama olinya lifetime fill om fib. Tapi zf sendiri keluarin rilis yang dimaksud lifetime, 60k miles eq 100k km. Ga cuma oli matik sih, transmisi zf manual juga isinya lifetime dengan speknya. Gardan sama, semua spek asalnya long life 60k miles.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue Dec 15, 2015 5:45
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
ChZ wrote:Nah ini.. standar bengkel resmi itu agak rancu. Masa' ganti oli matik tiap 40ribu 50ribu.FMEAKD wrote:Mitsubishi yg nyarani tiap 40K
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
Kalau ngga pernah ganti oli matik terus tau - tau dikuras itu malah menurut saya berisiko loh... Pernah saya diceritain SA nya Honda, Stream kuras oli matik malah ngga bisa jalan... ngadat matiknya.
Kalau regularly changed tiap 10k sih nggak perlu dikuras juga nggapapa... Dikuras lebih baik.
Tapi kalo ngikutin pedoman bengkel resmi ya kayaknya perlu dikuras... Lha bengkel resmi mintanya 40k... saya si ngeri kalau intervalnya sejauh itu.
Malah menurut saya jangan ngikutin pedoman kilometer, service apapun. Rutin aja... di Indonesia kan mobilnya kerja keras, apalagi transmisi yang komponen bergeraknya banyak sekali.
di buku pedoman yaris emg disaranin 100k atau 60 bulan (5tahun) utk penggantian minyak transmisi otomatis.
utk pemeriksaan nya setiap 40k / 24 bulan
klo pengendaraan kecepatan tinggi terus menerus (80% atau lebih dari kecepatan maksimum) selama lebih dari 2 jam (bahasa di buku manual)
periksa stiap 40k / 24 bulan
ganti setiap 80k / 48 bulan
klo ane malah mobil uda 4 tahun, KM baru 50k. rutin service berkala setiap 6 bulan sekali ga liat kilometer nya omMalah menurut saya jangan ngikutin pedoman kilometer, service apapun. Rutin aja... di Indonesia kan mobilnya kerja keras, apalagi transmisi yang komponen bergeraknya banyak sekali.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 874
- Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Honda CRV
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Masi pelihara gd3 om . Problem di saya juga begitu . Matic nya nyendat2 . Karena udah ga tahan ya dijual lah padahal kalo normal matic nya alus bgt . Lbh alus drpd ge8 ( cvt vs matic konvesional )amfibi wrote:GD3 sama GD8 ... harus diganti per 20rb km, dan hukumnya wajib ga boleh dilanggar ... Dulu GD8 ane yg item pas 25rb belom ganti, maticnya langsung sendat2 ngelag (odo mobil saat itu 25k)
Yang GD8 silver skrg kan cvtnya udah geter2 pas masuk R, di pemakaian 15k udah ga enak CVTFnya, jadi harus dipercepet deh gantinya (& sekali ganti honda cvtf kena 370) ...

- apple, banana, & grape -
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
nissan march sama serena c26 om..amfibi wrote:Mobilnya mobil apa om ?iybam wrote:mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
Kalo mobil eropa suka dibilang oli atf nya bisa ampe lifetime, padahal mahh lifetime yg dimaksud tuh bertahan ampe transmisinya rusak butuh OH di odometer 1xx.[cencored](jadi penggantian atf tetep diperlukan sebenernya)
Ane sihh mendingan dipercepat aja interval penggantian atfnya, drpd ke depannya amsyong wkwk...
service sih selalu diberes karena masih garansi, march odo udah 30k dan c26 17k-an. sejauh ini yg march belum pernah ada penggantian oli matic pas service rutin, apa perlu saya ganti/kuras sekarang? odo sih masih 30k lebih bbrp ratus km.
nah yang serena apa perlu juga saya ganti/kuras pas service 20k nanti?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Nyendat2nya pas odo mobil udh brp KM om ?brintanizer wrote:Masi pelihara gd3 om . Problem di saya juga begitu . Matic nya nyendat2 . Karena udah ga tahan ya dijual lah padahal kalo normal matic nya alus bgt . Lbh alus drpd ge8 ( cvt vs matic konvesional )amfibi wrote:GD3 sama GD8 ... harus diganti per 20rb km, dan hukumnya wajib ga boleh dilanggar ... Dulu GD8 ane yg item pas 25rb belom ganti, maticnya langsung sendat2 ngelag (odo mobil saat itu 25k)
Yang GD8 silver skrg kan cvtnya udah geter2 pas masuk R, di pemakaian 15k udah ga enak CVTFnya, jadi harus dipercepet deh gantinya (& sekali ganti honda cvtf kena 370) ...
Iyah alus bgt emang, walaupun bikin mobil berasa lambaaat bgt pdhl kenceng + suara nguuuUUUU

Yang serena ane ga tau deh berapa, tapi berhubung serena kan CVT tuh, sebaiknya dipercepat aja penggantian CVTFnya karna nih transmisi least reliable dibanding geared AT... Toh ga ada ruginya juga hehehe (paling rugi di dompet sedikit lahiybam wrote:nissan march sama serena c26 om..amfibi wrote:Mobilnya mobil apa om ?iybam wrote:mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
Kalo mobil eropa suka dibilang oli atf nya bisa ampe lifetime, padahal mahh lifetime yg dimaksud tuh bertahan ampe transmisinya rusak butuh OH di odometer 1xx.[cencored](jadi penggantian atf tetep diperlukan sebenernya)
Ane sihh mendingan dipercepat aja interval penggantian atfnya, drpd ke depannya amsyong wkwk...
service sih selalu diberes karena masih garansi, march odo udah 30k dan c26 17k-an. sejauh ini yg march belum pernah ada penggantian oli matic pas service rutin, apa perlu saya ganti/kuras sekarang? odo sih masih 30k lebih bbrp ratus km.
nah yang serena apa perlu juga saya ganti/kuras pas service 20k nanti?

Nah kalo march terusin aja ampe 40k

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Iyah wkwkwk, cuma orang suka salah kaprah aja dikira lifetime = ga perlu diganti selamanyaoctafiantos wrote:Atf eropa/zf memang sebut nama olinya lifetime fill om fib. Tapi zf sendiri keluarin rilis yang dimaksud lifetime, 60k miles eq 100k km. Ga cuma oli matik sih, transmisi zf manual juga isinya lifetime dengan speknya. Gardan sama, semua spek asalnya long life 60k miles.
Sent from my 2014817 using Tapatalk

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10473
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
Kl baru d angkut mobil nya, lebih baik sgera kuras metik nya biar tenang dan terukur umur oli metik nya, jgn sampe kaya saya 2thn di gaspol eh dtahun ke 3 jebol
, pemilik sebelumnya g pernah perwatan oli metik 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1092
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya
dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro
Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Mas merawat dan mengendarai mobil matic sama seperti manual koq.
bedanya matic pindah gigi sendiri.
matic tidak perlu perawatan khusus.
keluarga saya sudah pakai mobil matic sejak 1992, saya pribadi sudah pakai mobil matic sejak 2004 dan sejak 2005 kami tidak punya mobil manual lagi, dengan berbagai merek dan tipe, Jepang maupun eropa.
ada mobil matic yang saya piara 17 th, dan akhirnya saya jual, dapat harga tinggi karena kondisi baik.
sisanya saya pakai selama dibawah 10 th, gak pernah rusak transmisinya.
kuras oli, ada yang saya kuras ada yang gak.
ganti oli sesuai interval di buku, gak pernah lebih awal.
mercedes benz dengan 7G-tronic, gak ada cara lain untuk ganti oli matic tanpa di kuras.
P parkir , ya untuk parkir. mau rem tangan dulu kek atau pindah p dulu sama aja. saya pribadi sih tarik rem tangan dulu. tapi temen2 saya di USA yang moblnya matic, gak pernah tarik rem tangan, mau tanjakan atau apapun, kenyataannya mobil nya gak rusak walaupun ratusan rb km, Mazda 3, dan Suzuki Forenza (disini Chevy Optra)
R reverse, buat mundur.
N Netral, ya netral, seperti posisi netral di mobil manual
D Drive, ini posisi berkendara normal, pada posisi ini mobil akan oper dari gigi 1 sampai 4-5-6-7-8-9 (tergantung mobil matic anda berapa speed) (vios 2005 4 speed, artinya mobil akan oper sampai gigi 4, tergatnung kecepatan)
di beberapa mobil matic dengan tombil over drive, bila anda di posisi D, dan tombol OFF artinya hanya akan oper sampai gigi 3 (bila 4 speed), bila tombol O/D dipencet (biasanya lampu di dashborad akan mati) artinya dia akan oper sampai gigi 4 (4 speed)
D3, D2, drive 2 drive 3, diposisi ini mobil akan oper sampai gigi 2 atau 3, tergantung dari posisi tuas.
L, 1, low, posisi gigi 1. mobil akan manteng di gigi 1.
untuk berkendara normal selalu pakai posisi D dengan tombol over drive On (bila ada), kenapa disini paling efisien mobilnya. alias irit BBM.
kalau mau mendahului ada fasilitas kick down, kalo pedal gas di tekan dalam, maka gear akan otomatis turun 1 atau 2, untuk akselerasi, setelah kecepatan yang diinginkan tercapai, lepas dikit gasnya, maka gear akan oper naik lagi.
kalo di tanjakan yang curam, maka boleh lah di oper ke gigi dibawahnya.
kalo anda berasa kick down lelet, ya di pindahkan aja tuasnya.
gak bakalan rusak koq, karena kalo kecepatannya gak cocok, maka gear gak akan masuk. misalnya anda jalan 100 km/jam, trus masuk L, maka gigi gak akan pindah ke L. paling di tuasnya lampunya kedip2 sampai gigi tersebut masuk.
kalo cerita2 mobil matic matic nya jebol, tuh biasanya karena salah ganti spesifikasi oli matic.
kalo cuma gak diganti doang, paling selip2. dan kasar, gak sampe jebol.
gak ada tuh di kuras trus jebol, sebelum dikuras juga sudah ada masalah.
pake matic enak mas, apalagi di kota besar yang macet.
saya sih dah gak mau naik manual lagi.
manual sih menyenangkan, tapi buat week end aja.