Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

dedesupriayi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 01, 2015 5:40

Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dedesupriayi »

Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by ricz »

Kalo cara berkendara sih simple aja ya...

Kebiasaan gw sendiri sih:
-klo parkir apalagi di tanjakan selalu pindah posisi ke P sambil di rem tangan... Alasannya biar gak trll terbeban itu transmisi nahan si mobilnya...
-lampu merah diatas 20 detik selalu posisi N, klo jalan agak menanjak tarik rem tangan
-jalur luar kota selalu pake D3 ato sport mode biar enak buat selip selip

Perawatan sih katanya ganti oli AT di 30 ribu km dan kuras oli di 50 ribu km... Tapi gw gak pernah ngerawat sih soalnya odo mbl gw cuma 20 ribu km lebi dikit wkwkw

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by kenop »

kalo perawatan nya sih asal jgn telat ganti oli matic nya aja, dan jgn salah spek oli nya..

klo nyetir nya sih, ntar juga lama2 bisa sendiri, ane pindah dari manual ke matic kaga pake belajar lgsg gas aja
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by yue278 »

sistem transmisinya apa om?
kalo CVT repot sih banyak yang mesti pantang sana sini.
biasanya pada umumnya aja penggunaannya, kalo lg berenti lama ya N jgn tahan rem di posisi D.
n kalo CVT mendingan pake oli bawaan honda jangan pake oli lain selaen CVT honda.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dogar »

dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Ritual pake matic:
1. Kalau mau parkir tarik rem tangan dulu baru pindahin tuas ke P (jangan dibalik), apalagi kalo posisi parkir tidak datar.
2. Kalau mau memanaskan kendaraan agak lama, atau ninggalin kendaraan dlm keadaan idle posisi tuas harus di N jangan di P supaya sirkulasi oli tetep jalan.
3. Selalu injak rem dulu saat mau masuk D atau R dari posisi berhenti (ini lebih ke safety ).
4. Jangan sekali2 pindah ke R saat mobil masih bergerak maju walaupun pelan, tunggu sampai berhenti total.
5. Ganti oli transmisi sesuai petunjuk manual book, pake oli rekomendasi pabrik saja jangan ganti2 merk.

Dengan 5 poin di atas, Yaris 2010 matic saya dari beli baru sampe hari ini ga pernah ada masalah dgn matic nya (blm pernah ganti oli transmisi).
Kayaknya matic Vios sama dgn Yaris deh (CMIIW).
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by ChZ »

Tips ngerawat matik kuncinya cuma satu : oli matik, itu vital.

Rekomendasi bengkel resmi biasanya 40ribu ganti 80ribu kuras, tapi kalo reguler tiap 10ribu ganti saya rasa gak perlu kuras. Murah kok oli matik, pakenya juga kalo mobil-mobil biasa cuma 3 liter.

Kalo pakenya... paling penting kalo mindahin tuas pastikan mobil bener - bener sudah dalam kondisi berhenti. Juga kalo nyetir jangan disentak-sentak atau dipindah mendadak dari N-D ... wkwkwkwkw. Nggak ada yang lebih destruktif daripada habit ini. Kebiasaan-kebiasaan yang disebutin teman2 diatas menurut saya masih bisa dicover dengan rajin ganti oli matic. Kalo suka nyentak-nyentakin mobil ini ya gak ada obatnya... cepet rompal itu transmisi.

Soalnya seumur-umur orangtua saya piara mobil matik ya awet-awet aja... padahal kalo berenti sukanya di D.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
dedesupriayi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 01, 2015 5:40

Re: RE: Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by dedesupriayi »

dogar wrote:
dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Ritual pake matic:
1. Kalau mau parkir tarik rem tangan dulu baru pindahin tuas ke P (jangan dibalik), apalagi kalo posisi parkir tidak datar.
2. Kalau mau memanaskan kendaraan agak lama, atau ninggalin kendaraan dlm keadaan idle posisi tuas harus di N jangan di P supaya sirkulasi oli tetep jalan.
3. Selalu injak rem dulu saat mau masuk D atau R dari posisi berhenti (ini lebih ke safety ).
4. Jangan sekali2 pindah ke R saat mobil masih bergerak maju walaupun pelan, tunggu sampai berhenti total.
5. Ganti oli transmisi sesuai petunjuk manual book, pake oli rekomendasi pabrik saja jangan ganti2 merk.

Dengan 5 poin di atas, Yaris 2010 matic saya dari beli baru sampe hari ini ga pernah ada masalah dgn matic nya (blm pernah ganti oli transmisi).
Kayaknya matic Vios sama dgn Yaris deh (CMIIW).
Cara cek oli transmisi gimana ya bro ane ga paham..km nya 105.000..ane beli mobil second..jadi belum paham bro..makasih

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: RE: Re: RE: Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by octafiantos »

dedesupriayi wrote: Cara cek oli transmisi gimana ya bro ane ga paham..km nya 105.000..ane beli mobil second..jadi belum paham bro..makasih

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Tergantung girboks. Kalo biasa ada dipstick kaya buat oli mesin biasa. Tinggal cabut dan lihat tanda di dipstick. Kalo model ZF yang isi oli lifetime, ga pake dipstick. Mesti dinaikin ke atas mobilnya, mesin dipanasin sampe operating temp baru buka bak drainase untuk lihat level oli.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
IownI
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Dec 15, 2015 5:45

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by IownI »

dogar wrote:
dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro

Sent from my SM-G920F using Tapatalk
Ritual pake matic:
1. Kalau mau parkir tarik rem tangan dulu baru pindahin tuas ke P (jangan dibalik), apalagi kalo posisi parkir tidak datar.
2. Kalau mau memanaskan kendaraan agak lama, atau ninggalin kendaraan dlm keadaan idle posisi tuas harus di N jangan di P supaya sirkulasi oli tetep jalan.
3. Selalu injak rem dulu saat mau masuk D atau R dari posisi berhenti (ini lebih ke safety ).
4. Jangan sekali2 pindah ke R saat mobil masih bergerak maju walaupun pelan, tunggu sampai berhenti total.
5. Ganti oli transmisi sesuai petunjuk manual book, pake oli rekomendasi pabrik saja jangan ganti2 merk.

Dengan 5 poin di atas, Yaris 2010 matic saya dari beli baru sampe hari ini ga pernah ada masalah dgn matic nya (blm pernah ganti oli transmisi).
Kayaknya matic Vios sama dgn Yaris deh (CMIIW).

klo parkir lama (tp msh ada org di mobil) kondisi mesin nyala, ac nyala. apa perlu di pindahin ke posisi N jg om?
klo ane biasa tuas nya ttp di P walaupun ada setegah jam parkir.
===========

tambahan dari ane:
- klo di tanjakan yg rada lumayan, ane lebih cendrung pindahin ke posisi 2 atau L (jadi ga maksa di posisi D)
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by iybam »

mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by octafiantos »

Ya kalo manual pabriknya bilang 100k km, berarti memang olinya didesain untuk sejauh itu.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by FMEAKD »

Bentar, itu 100ribu KM, boleh tau oli apa om? Tertarik nih, ada yg kuat banget buat 100ribu, pengalaman, 100ribu km ditempuh dalem 3 tahun loh
Itu berarti lama banget, sedangkan kebanyakan mobil, disetiap 40000 km ganti, itu pabrikan apa ya om?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by amfibi »

iybam wrote:mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
Mobilnya mobil apa om ?

Kalo mobil eropa suka dibilang oli atf nya bisa ampe lifetime, padahal mahh lifetime yg dimaksud tuh bertahan ampe transmisinya rusak butuh OH di odometer 1xx.[cencored] :mky_07: (jadi penggantian atf tetep diperlukan sebenernya)
Ane sihh mendingan dipercepat aja interval penggantian atfnya, drpd ke depannya amsyong wkwk...
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2094
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by alvin23 »

ah Toyota juga di manualnya banyak banget kok nyaranin 100rb, begitupun nissan...
justru chevy ane yg nyuruh tiap 60rb, (dan setelah ada kasus jebol, sepertinya di captiva baru2 (2013 up) tiap 30rb)

tp kalo kata om turbo sih tiap 40rb ya pernah dibahas di trit mana gt CMIIW

edited- 100rb termasuk di manual yaris ane jg.. makanya meski service record lengkap, gapernah ada histori ganti atf..
mungkin next service lah (60rb) ane ganti.. gaada keluhan pake sih ampe sekarang
Rocky R ADS CVT 2021
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by FMEAKD »

Mitsubishi yg nyarani tiap 40K
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by amfibi »

GD3 sama GD8 ... harus diganti per 20rb km, dan hukumnya wajib ga boleh dilanggar ... Dulu GD8 ane yg item pas 25rb belom ganti, maticnya langsung sendat2 ngelag (odo mobil saat itu 25k) :mky_03:

Yang GD8 silver skrg kan cvtnya udah geter2 pas masuk R, di pemakaian 15k udah ga enak CVTFnya, jadi harus dipercepet deh gantinya (& sekali ganti honda cvtf kena 370) ... :ungg:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by ChZ »

FMEAKD wrote:Mitsubishi yg nyarani tiap 40K
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
Nah ini.. standar bengkel resmi itu agak rancu. Masa' ganti oli matik tiap 40ribu 50ribu.

Kalau ngga pernah ganti oli matik terus tau - tau dikuras itu malah menurut saya berisiko loh... Pernah saya diceritain SA nya Honda, Stream kuras oli matik malah ngga bisa jalan... ngadat matiknya.

Kalau regularly changed tiap 10k sih nggak perlu dikuras juga nggapapa... Dikuras lebih baik.

Tapi kalo ngikutin pedoman bengkel resmi ya kayaknya perlu dikuras... Lha bengkel resmi mintanya 40k... saya si ngeri kalau intervalnya sejauh itu.

Malah menurut saya jangan ngikutin pedoman kilometer, service apapun. Rutin aja... di Indonesia kan mobilnya kerja keras, apalagi transmisi yang komponen bergeraknya banyak sekali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by octafiantos »

Atf eropa/zf memang sebut nama olinya lifetime fill om fib. Tapi zf sendiri keluarin rilis yang dimaksud lifetime, 60k miles eq 100k km. Ga cuma oli matik sih, transmisi zf manual juga isinya lifetime dengan speknya. Gardan sama, semua spek asalnya long life 60k miles.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
IownI
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Dec 15, 2015 5:45

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by IownI »

ChZ wrote:
FMEAKD wrote:Mitsubishi yg nyarani tiap 40K
Berarti termasuk perhatian sama ketahan gearbox...
Uniknya avanza ane dulu malah disuruh A2K ganti pas km 50K
Dan ganti lagi di 100K bertepatan dengan ganti belt dll
Nah ini.. standar bengkel resmi itu agak rancu. Masa' ganti oli matik tiap 40ribu 50ribu.

Kalau ngga pernah ganti oli matik terus tau - tau dikuras itu malah menurut saya berisiko loh... Pernah saya diceritain SA nya Honda, Stream kuras oli matik malah ngga bisa jalan... ngadat matiknya.

Kalau regularly changed tiap 10k sih nggak perlu dikuras juga nggapapa... Dikuras lebih baik.

Tapi kalo ngikutin pedoman bengkel resmi ya kayaknya perlu dikuras... Lha bengkel resmi mintanya 40k... saya si ngeri kalau intervalnya sejauh itu.

Malah menurut saya jangan ngikutin pedoman kilometer, service apapun. Rutin aja... di Indonesia kan mobilnya kerja keras, apalagi transmisi yang komponen bergeraknya banyak sekali.

di buku pedoman yaris emg disaranin 100k atau 60 bulan (5tahun) utk penggantian minyak transmisi otomatis.
utk pemeriksaan nya setiap 40k / 24 bulan

klo pengendaraan kecepatan tinggi terus menerus (80% atau lebih dari kecepatan maksimum) selama lebih dari 2 jam (bahasa di buku manual)
periksa stiap 40k / 24 bulan
ganti setiap 80k / 48 bulan

Malah menurut saya jangan ngikutin pedoman kilometer, service apapun. Rutin aja... di Indonesia kan mobilnya kerja keras, apalagi transmisi yang komponen bergeraknya banyak sekali.
klo ane malah mobil uda 4 tahun, KM baru 50k. rutin service berkala setiap 6 bulan sekali ga liat kilometer nya om
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by brintanizer »

amfibi wrote:GD3 sama GD8 ... harus diganti per 20rb km, dan hukumnya wajib ga boleh dilanggar ... Dulu GD8 ane yg item pas 25rb belom ganti, maticnya langsung sendat2 ngelag (odo mobil saat itu 25k) :mky_03:

Yang GD8 silver skrg kan cvtnya udah geter2 pas masuk R, di pemakaian 15k udah ga enak CVTFnya, jadi harus dipercepet deh gantinya (& sekali ganti honda cvtf kena 370) ... :ungg:
Masi pelihara gd3 om . Problem di saya juga begitu . Matic nya nyendat2 . Karena udah ga tahan ya dijual lah padahal kalo normal matic nya alus bgt . Lbh alus drpd ge8 ( cvt vs matic konvesional ) :mky_01:
- apple, banana, & grape -
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by iybam »

amfibi wrote:
iybam wrote:mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
Mobilnya mobil apa om ?

Kalo mobil eropa suka dibilang oli atf nya bisa ampe lifetime, padahal mahh lifetime yg dimaksud tuh bertahan ampe transmisinya rusak butuh OH di odometer 1xx.[cencored] :mky_07: (jadi penggantian atf tetep diperlukan sebenernya)
Ane sihh mendingan dipercepat aja interval penggantian atfnya, drpd ke depannya amsyong wkwk...
nissan march sama serena c26 om..
service sih selalu diberes karena masih garansi, march odo udah 30k dan c26 17k-an. sejauh ini yg march belum pernah ada penggantian oli matic pas service rutin, apa perlu saya ganti/kuras sekarang? odo sih masih 30k lebih bbrp ratus km.
nah yang serena apa perlu juga saya ganti/kuras pas service 20k nanti?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by amfibi »

brintanizer wrote:
amfibi wrote:GD3 sama GD8 ... harus diganti per 20rb km, dan hukumnya wajib ga boleh dilanggar ... Dulu GD8 ane yg item pas 25rb belom ganti, maticnya langsung sendat2 ngelag (odo mobil saat itu 25k) :mky_03:

Yang GD8 silver skrg kan cvtnya udah geter2 pas masuk R, di pemakaian 15k udah ga enak CVTFnya, jadi harus dipercepet deh gantinya (& sekali ganti honda cvtf kena 370) ... :ungg:
Masi pelihara gd3 om . Problem di saya juga begitu . Matic nya nyendat2 . Karena udah ga tahan ya dijual lah padahal kalo normal matic nya alus bgt . Lbh alus drpd ge8 ( cvt vs matic konvesional ) :mky_01:
Nyendat2nya pas odo mobil udh brp KM om ?
Iyah alus bgt emang, walaupun bikin mobil berasa lambaaat bgt pdhl kenceng + suara nguuuUUUU :mky_07:
iybam wrote:
amfibi wrote:
iybam wrote:mau tanya om-om sekalian..
mobil saya beres-nya nyaranin 100rb km baru kuras, apa bener oli matic-nya bisa tahan sampe odo sejauh itu?
Mobilnya mobil apa om ?

Kalo mobil eropa suka dibilang oli atf nya bisa ampe lifetime, padahal mahh lifetime yg dimaksud tuh bertahan ampe transmisinya rusak butuh OH di odometer 1xx.[cencored] :mky_07: (jadi penggantian atf tetep diperlukan sebenernya)
Ane sihh mendingan dipercepat aja interval penggantian atfnya, drpd ke depannya amsyong wkwk...
nissan march sama serena c26 om..
service sih selalu diberes karena masih garansi, march odo udah 30k dan c26 17k-an. sejauh ini yg march belum pernah ada penggantian oli matic pas service rutin, apa perlu saya ganti/kuras sekarang? odo sih masih 30k lebih bbrp ratus km.
nah yang serena apa perlu juga saya ganti/kuras pas service 20k nanti?
Yang serena ane ga tau deh berapa, tapi berhubung serena kan CVT tuh, sebaiknya dipercepat aja penggantian CVTFnya karna nih transmisi least reliable dibanding geared AT... Toh ga ada ruginya juga hehehe (paling rugi di dompet sedikit lah :upss: )

Nah kalo march terusin aja ampe 40k :mky_01:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by amfibi »

octafiantos wrote:Atf eropa/zf memang sebut nama olinya lifetime fill om fib. Tapi zf sendiri keluarin rilis yang dimaksud lifetime, 60k miles eq 100k km. Ga cuma oli matik sih, transmisi zf manual juga isinya lifetime dengan speknya. Gardan sama, semua spek asalnya long life 60k miles.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Iyah wkwkwk, cuma orang suka salah kaprah aja dikira lifetime = ga perlu diganti selamanya :mky_03:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by ak4ng »

Kl baru d angkut mobil nya, lebih baik sgera kuras metik nya biar tenang dan terukur umur oli metik nya, jgn sampe kaya saya 2thn di gaspol eh dtahun ke 3 jebol :big_bored: , pemilik sebelumnya g pernah perwatan oli metik :e-naughty:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bro bagi tips perawatan mobil matic+cara berkendaranya

Post by aspsilver »

dedesupriayi wrote:Bro kasih ilmu nya dong cara bawa mbil matic yg benar and perawatannya.mobil ane vios matic 2005.makasih bro

Sent from my SM-G920F using Tapatalk

Mas merawat dan mengendarai mobil matic sama seperti manual koq.

bedanya matic pindah gigi sendiri.

matic tidak perlu perawatan khusus.

keluarga saya sudah pakai mobil matic sejak 1992, saya pribadi sudah pakai mobil matic sejak 2004 dan sejak 2005 kami tidak punya mobil manual lagi, dengan berbagai merek dan tipe, Jepang maupun eropa.
ada mobil matic yang saya piara 17 th, dan akhirnya saya jual, dapat harga tinggi karena kondisi baik.
sisanya saya pakai selama dibawah 10 th, gak pernah rusak transmisinya.
kuras oli, ada yang saya kuras ada yang gak.
ganti oli sesuai interval di buku, gak pernah lebih awal.

mercedes benz dengan 7G-tronic, gak ada cara lain untuk ganti oli matic tanpa di kuras.


P parkir , ya untuk parkir. mau rem tangan dulu kek atau pindah p dulu sama aja. saya pribadi sih tarik rem tangan dulu. tapi temen2 saya di USA yang moblnya matic, gak pernah tarik rem tangan, mau tanjakan atau apapun, kenyataannya mobil nya gak rusak walaupun ratusan rb km, Mazda 3, dan Suzuki Forenza (disini Chevy Optra)

R reverse, buat mundur.

N Netral, ya netral, seperti posisi netral di mobil manual

D Drive, ini posisi berkendara normal, pada posisi ini mobil akan oper dari gigi 1 sampai 4-5-6-7-8-9 (tergantung mobil matic anda berapa speed) (vios 2005 4 speed, artinya mobil akan oper sampai gigi 4, tergatnung kecepatan)

di beberapa mobil matic dengan tombil over drive, bila anda di posisi D, dan tombol OFF artinya hanya akan oper sampai gigi 3 (bila 4 speed), bila tombol O/D dipencet (biasanya lampu di dashborad akan mati) artinya dia akan oper sampai gigi 4 (4 speed)

D3, D2, drive 2 drive 3, diposisi ini mobil akan oper sampai gigi 2 atau 3, tergantung dari posisi tuas.

L, 1, low, posisi gigi 1. mobil akan manteng di gigi 1.


untuk berkendara normal selalu pakai posisi D dengan tombol over drive On (bila ada), kenapa disini paling efisien mobilnya. alias irit BBM.
kalau mau mendahului ada fasilitas kick down, kalo pedal gas di tekan dalam, maka gear akan otomatis turun 1 atau 2, untuk akselerasi, setelah kecepatan yang diinginkan tercapai, lepas dikit gasnya, maka gear akan oper naik lagi.

kalo di tanjakan yang curam, maka boleh lah di oper ke gigi dibawahnya.

kalo anda berasa kick down lelet, ya di pindahkan aja tuasnya.

gak bakalan rusak koq, karena kalo kecepatannya gak cocok, maka gear gak akan masuk. misalnya anda jalan 100 km/jam, trus masuk L, maka gigi gak akan pindah ke L. paling di tuasnya lampunya kedip2 sampai gigi tersebut masuk.


kalo cerita2 mobil matic matic nya jebol, tuh biasanya karena salah ganti spesifikasi oli matic.
kalo cuma gak diganti doang, paling selip2. dan kasar, gak sampe jebol.

gak ada tuh di kuras trus jebol, sebelum dikuras juga sudah ada masalah.


pake matic enak mas, apalagi di kota besar yang macet.
saya sih dah gak mau naik manual lagi.

manual sih menyenangkan, tapi buat week end aja.