"Misteri" Seri Low End (J,E) Innova dan Penggantinya

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

"Misteri" Seri Low End (J,E) Innova dan Penggantinya

Post by alamsandiwijaya »

Permisi om,saya user baru si SM. Salam kenal [emoji4] . Mohon maaf kalau ada salah kata. Maklum buat Theard pertama kali.

Sehubung seri J,E di Innova di "suntik mati" di All New Kijang Innova. Kira-Kira pengganti seri low end innova ini yg tepat apa?
1.Sienta
2. All New Avanza Veloz
Pendapatnya juga

Jadi Kecewa juga seri J,E Innova harus berakhir dengan "tragis" padahal Seri J,E yang sebelum GNKI aja fitunya lebih kopongan drpada tokisul LGX sekalipun. Pas GNKI fitunya bertambah dan sampai di kasih SRS Airbag. Padahal gak semua orang mampu beli Innova Seri G bahkan seri Q sekalipun.

Begitu seri G ANKI yg "Seri Laris" aja jadi seri bawah dengan fiturnya jauh di bawah seri V dan Q. Pemutar A/C aja masih model "Kompor",Immoblizer di hilangkan (pas di gnki fl aja ada) di ganti sama yg agak gimmick kyk knee airbag. Masa kalah sama papanja,lio,xenia,angl,R3,dkk aja ada immoblizer. Malu sama gogon R yang semua trim di kasih immoblizer . SRS Airbag aja cukup,plus ABS+EBD+Immoblizer. Kalau ANKI G pakai A/C model tipe V yg seri lama aja biar gak kesan "murahan"
Toh Innova kan gak buat "raja setan jalan" ngapin kasih airbag knee di Seri ANKI seri G ,pasnya di ganti dengan immoblizer.

Mohon di luruskan [emoji4]
Maaf kalau theardnya agak hancur
No Bully
Sama-sama menghargai pendapat
Maaf kalau sedikit gak nyambung dan oot

Bukan Hater Triple Elips ,Perusuh,sales brand lain

Sent from my D5322 using Tapatalk
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re:

Post by egibaio »

kok ane rasa harusnya segmen ini diisi astra dengan panther baru ya
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re:

Post by alamsandiwijaya »

egibaio wrote:kok ane rasa harusnya segmen ini diisi astra dengan panther baru ya
Panther baru ? Gak mungkin hehehehehe
Bukannya Isuzu Indonesia pernah ngaku kalau panther susah buat panther baru. Kan panther buat pasar lokal,sama beberapa negara,bukan kayak kijang ipah yg jadi IMV products dan diekspor sampai timur tengah. so. isuzu jepang gak terlibat. CMIIW
Tapi mau Panther baru mah malah kesan hilang mesin yg melegenda dan sanggup pake solar busuk pertamina.
Tapi suatu saat panther baru bisa terwujud,dan bisa pake solar busuk pertamina meski dah common rail
[emoji4]
Panther it's legend engine


Sent from my D5322 using Tapatalk
Last edited by alamsandiwijaya on Sat Dec 26, 2015 12:21, edited 2 times in total.
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re:

Post by brekeledan »

Saya rasa immobilizer itu salah satu senjata buat Facelift selanjutnya dan nanti baru keluar seri dibawahnya lagi, entah sebutannya E atau J, tanpa immobilizer. Haha
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re:

Post by alamsandiwijaya »

brekeledan wrote:Saya rasa immobilizer itu salah satu senjata buat Facelift selanjutnya dan nanti baru keluar seri dibawahnya lagi, entah sebutannya E atau J, tanpa immobilizer. Haha
Mungkin buat FL kedepannya
Tapi "seandainya" ipah E sama J keluar lagi gimana dengan sienta dan veloz? Bisa kepepet harganya
Kayak ipah gnki fl yg J aja dah mepet harganya sama veloz yg kononnha fiturnya lengkap
TAM tukang naikin harga. Tapi perubahan gak seberapa
At least pembelajaran buat TAM juga

Sent from my D5322 using Tapatalk
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: "Misteri" Seri Low End (J,E) Innova dan Penggantinya

Post by alamsandiwijaya »

Btw,apakah sienta buat pengganti ipah seri e sama J,tapi desain mobil roti tawar?
Kijang makin gak terjangkau. Tapi jaman makin canggih dan gak bisa "stuck" dengan metode jaman dulu yang serba mudah dan murah

Sent from my D5322 using Tapatalk
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re:

Post by FRD »

jawabnya ada di nmr 1, sienta... yap, mobil ini udah fix masuk indo pertengahan 2016
:big_smoking:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re:

Post by ricz »

Dulu innova gen 1 pertama kali keluar kan cuma ada type E G ama V...

Biar kesannya upclass ya di gen ini dikasi type G V ama Q... Plg di minor change berikutnya ditambahkan type E...

Gw pribadi sih ga yakin sienta bs melapis segmen ipah E ama J... Soalnya itu mbl kelasnya Freed koq dipaksa ngelapis kelas MPV ladder frame...

Malah jd lebi penasaran Isuzu RU30 yg akan meluncur taon dpn...
2021 Fortuner VRZ
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: RE: Re:

Post by egibaio »

alamsandiwijaya wrote:
egibaio wrote:kok ane rasa harusnya segmen ini diisi astra dengan panther baru ya
Panther baru ? Gak mungkin hehehehehe
Bukannya Isuzu Indonesia pernah ngaku kalau panther susah buat panther baru. Kan panther buat pasar lokal,sama beberapa negara,bukan kayak kijang ipah yg jadi IMV products dan diekspor sampai timur tengah. so. isuzu jepang gak terlibat. CMIIW
Tapi mau Panther baru mah malah kesan hilang mesin yg melegenda dan sanggup pake solar busuk pertamina.
Tapi suatu saat panther baru bisa terwujud,dan bisa pake solar busuk pertamina meski dah common rail
[emoji4]
Panther it's legend engine


Sent from my D5322 using Tapatalk
yes saya tau ga mungkin terjadi wkwk. cuma berandai2 dengan harga innova melambung dan jd ada price range yang ditinggalkan alangkah bagusnya kalau diisi sebuah produk yang udah punya nama jg

sayangnya kok isuzu gak melihat potensi ini
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re:

Post by Turboman »

Tunggu aja middle MPV yg akan keluar di Q1 tahun depan
* Bukan ajakan Beli *
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Re:

Post by ginting »

Turboman wrote:Tunggu aja middle MPV yg akan keluar di Q1 tahun depan
Dugaan saya :
1. Sienta
2. Veloz, yg spin off dari papanjah dan dikuatkan differensiasinya.
gak kayak skrg yg mdh mixed.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re:

Post by ilhami »

Kalau pasar meminta nanti juga keluar..tunggu aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re:

Post by Turboman »

Kalo dugaan ane si middle MPV tetap pakai RWD dgn ladder frame atau semi monokok

Kalo harapan banyak orang sih = Ipah yg skg lahir kembali, dgn wujud beda tapi platform sama, mesin pake 2KD basic or Gasoline di luar 1TR / smaller size (kalo enggak dia bisa gigit pasar ANKI)

Tapi dugaan lain = Basis Vanzah digembungin / di stretch......ini yg lebih mungkin, krn cost-nya lebih rendah....trus mungkin kasih mesin cc aboove 1500

Sienta mau dijadikan mobil fleet / rental gitu ? Kalo di Singapore sih bisa.......

Biasa si TAM kan hobby nya dari dulu bikin kabar simpang siur.......mungkin supaya manuvernya gak gampang dibaca kompetitor
* Bukan ajakan Beli *
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re:

Post by alamsandiwijaya »

FRD wrote:jawabnya ada di nmr 1, sienta... yap, mobil ini udah fix masuk indo pertengahan 2016
Apa gak lama tuh pertengahan 2016? Ntar ada Freed terbaru aja...
ricz wrote:Dulu innova gen 1 pertama kali keluar kan cuma ada type E G ama V...

Biar kesannya upclass ya di gen ini dikasi type G V ama Q... Plg di minor change berikutnya ditambahkan type E...

Gw pribadi sih ga yakin sienta bs melapis segmen ipah E ama J... Soalnya itu mbl kelasnya Freed koq dipaksa ngelapis kelas MPV ladder frame...

Malah jd lebi penasaran Isuzu RU30 yg akan meluncur taon dpn...
Tapi innova terbaru seri G gak ada kesan upclass,masa pengatur a/c aja masih model "kompor" sama aja kayak innova G awal,facelit 1,GNKI,GNKI FL. Kalau pengatur a/c kayak tipe V seri lama lebih cocok
Turboman wrote:Kalo dugaan ane si middle MPV tetap pakai RWD dgn ladder frame atau semi monokok

Kalo harapan banyak orang sih = Ipah yg skg lahir kembali, dgn wujud beda tapi platform sama, mesin pake 2KD basic or Gasoline di luar 1TR / smaller size (kalo enggak dia bisa gigit pasar ANKI)

Tapi dugaan lain = Basis Vanzah digembungin / di stretch......ini yg lebih mungkin, krn cost-nya lebih rendah....trus mungkin kasih mesin cc aboove 1500

Sienta mau dijadikan mobil fleet / rental gitu ? Kalo di Singapore sih bisa.......

Biasa si TAM kan hobby nya dari dulu bikin kabar simpang siur.......mungkin supaya manuvernya gak gampang dibaca kompetitor
Rata-rata mobil kayak sienta gak pake RWD,maupun sasis ladder frame kayak ipah maupun duo kembar pake sasis semi monokok. Pasti monokok kayak Nav1. Masa mobil compact kayak sienta pake RWD,bisa gak maximal tuh. Freed aja FWD.


Sent from my D5322 using Tapatalk
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re:

Post by kunaskun »

di dunia ini yang masih develop RWD MPV ya tinggal Indonesia kayanya ya? negara lain mana ada yang mau MPV jadi2an segede avanza. mendingan double cab sekalian biar murah tapi bisa buat dagang. ini faktor sulitnya toyota, jualan avanza aja karena joint brg daihatsu, rebrand doang.

tebakan si masih ga yakin Sienta, palingan ya Veloz dibikin versi gedean lagi, tinggal gedein mesin, beres d. kaya Jazz dipress jadi Brio, disuntik silikon jadi Mobilio d, ditinggiin dikit jadi BRV, dimewahin potong buntut jadi HRV. Nah masa Avanza ga bisa digituin?.

atau amit2 nongol lagi Innova...
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re:

Post by dimassn25 »

Entah kenapa pasar mpv diatas lmpv kurang seger dan terbukti udah makan korban (carens dan orlando), padahal masih ada kelas suv compact 7 seater(rush terios brv) yang peminatnya banyak. Daripada keluarin sienta yang belum tentu laku (kayak penjualan freed yang gabisa dibilang bagus) mending kembangin rush entah dikasih keyless smart key atau ac digital atau mesin diesel buat nemenin brv tipe perstige. Dan kebayang kan kalo rush pake mesin diesel 1.5 renault duster (dan menurut saya renault daripada jual mobil mending jual mesin diesel ke toyota). Dan dengan harga 270-290 menurut saya masuk akal kalo rush udah banyak fitur+mesin diesel
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re:

Post by Turboman »

Kalo mau bikin Rush Diesel si T udah punya mesin 1.4 - D4 D sejak lama.......tinggal disesuaikan dgn kondisi lokal aja
* Bukan ajakan Beli *
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re:

Post by lemonadelovers »

Mungkin J n E ditahan dulu keluarnya sambil liat respon pasar.. Klo dikeluarin skg pilihan terlalu banyak n harganya bsa beti sama pelos.. Harga skg naik tinggi bsa jadi buat bahan diskon kedepannya coz pas ipah ini keluar usd jg lg tinggi..

Btw skg ipah bensin vs diesel manteb diesel ya coz dulu mesin bensin menang HP kalah d torsi n diesel sebaliknya, tp skg HP n torsi semuanya menang diesel
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re:

Post by ChZ »

Saya kok mau ketawa liat tingkahnya TAM belakangan ini...

HPM udah kapok main di kelas "tanggung" dengan Freed, sekarang keluarin Mobilio buat main di kelas bawahnya. TAM malah jual Sienta yang merupakan lawannya Freed dan kelas "nanggung" juga. Lebih mewah dari Avanza, tapi lebih kecil dari Innova.

Mereka kok malah sekarang ngincernya kelas "tanggung"... Padahal udah survey membuktikan itu NAV-1 dan Etios Valco yang kelas nanggung juga mati. Jelas - jelas mereka sendiri malah bunuh NAV-1 dengan keluarin Innova Q dengan harga setingkat NAV-1 dan kelengkapan yang lebih "wah".

RAV4 yang jelas - jelas bisa lawan CR-V justru nggak dimasukin.... Malah pilih lawan Pasport. Tadi siang sempet ada obrolan di WA ... Kenapa orang Indon masih pada pilih CR-V... karena practically musuhnya CR-V apa sih? CX-5? Merek kurang "dipandang". X-Trail? Image nya boros dan rewel. GV? Produk terlupakan. Tucson dan Sportage? ATPMnya ada usaha ngejual barangnya?

Mungkin TAM mulai kelimpungan "posisi" nya digerogotin brand yang sudah established? Makanya yang diincer brand yang nggak terlalu "diliat" orang Indonesia such as Mazda, Nissan, Mitsubishi... atau malah ini strategi bagi - bagi pasar antara TAM dan HPM? Karena jualan mobil makin susah jadi dibagi - bagi pasarnya?

Menurut saya gap harga Avanza Veloz 1.5 baru dan Innova G entry level sudah cukup sempit... range nya 230 - 280juta... Juga orang untuk operasional lebih pilih Avanza karena lebih ekonomis... Jadi nggak perlu Innova trim dibawah G, wong Avanza nya juga sudah mewah...

Innova E dan J mau dikurang - kurangin apa nya lagi om? Innova E dan J yang dulu juga nggilani, sun visor sampe cuma dikasih sebelah doang di tipe J... Innova G dan V lawas aja gap nya beda sekali om... Saya naik Innova V itu kekedapannya lebih baik dari CR-V sekalipun... Innova G? Macem Avanza peredamannya... Gimana tipe E dan tipe J..... :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: "Misteri" Seri Low End (J,E) Innova dan Penggantinya

Post by alamsandiwijaya »

BTW,Etios gak laku karena gak ada maticnya

TAM terkadang "lucu" banget. Main di segmen "nanggung" kayak NAV-1 aja sampe di suntik mati dan isi rangenya oleh Innova Q. Gak Kapok?
Sampe masukin Sienta masuk Indonesia.Gak lihat Freed yang "dihajar" oleh BRV,HRV,sama Mobilio. Isunya Freed di suntik mati. Serena,Biante aja gak laku juga. Mau kayak Carens yang berujung tragis pas jual kembalinya drpada innova bensin non euro maupun tokisul 2.000 cc? Toh sebelum ANKI aja nav-1 kalah laku sama ipah v diesel a/t yang jadul nav-1. Maticnya nav-1 dah valvematic,ipah lama v matic mah dah di pake sama tokisul matic.

Ntar ada stagment gini
"sienta untuk perkotaan" bukan buat perang keluar kota
"Avanza untuk kondisi perjalanan di Indonesia"

Tapi GNKI FL seri E sama G beda tipis loh om. Kalau J masih ada jauh

Innova,Avanza lebih pas buat "mobil perang"

Lebih baik RAV-4
Verso juga boleh lawan sama spin diesel

Sent from my D5322 using Tapatalk
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: "Misteri" Seri Low End (J,E) Innova dan Penggantinya

Post by alamsandiwijaya »

Image

Atau gak "Kijang Kapsul Reborn"
Tapi mesin kayak innova ,safety ditingkatin,plat bodi setebal dulu,abs,ebd,immoblizer,per daun,diesel common rail,prestionir belt

"Beli murah,jual tinggi" :ngacir


Btw, Yg MPV kayak orlando, gitu gak laku. Aneh juga. Carens pas jamannya laku,begitu di jual langsung nangis. Toh Innova aja laku di Indonesia karena "KIJANG" coba Innova doank? Pasti gak laku. Wkwkwkwkwkwk

Sent from my D5322 using Tapatalk
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: "Misteri" Seri Low End (J,E) Innova dan Penggantinya

Post by alamsandiwijaya »

Tokisul pas awal keluar 27 jt. Setelah krismn jadi ratusan juta?
Harga segitu bener gak?

Sent from my D5322 using Tapatalk
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re:

Post by FRD »

alamsandiwijaya wrote:Tokisul pas awal keluar 27 jt. Setelah krismn jadi ratusan juta?
Harga segitu bener gak?

Sent from my D5322 using Tapatalk
murah banget om harga segitu hahahahah, eyang saya beli kapsul 1.8 LGX MT gress taun 97 (pas baru launching dan sampe skrg masih ada) aja kena 45jt kok... entah ya kalo harga tipe LX-SX nya berapa...
:big_smoking:
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Re:

Post by dimassn25 »

ChZ wrote:Saya kok mau ketawa liat tingkahnya TAM belakangan ini...

HPM udah kapok main di kelas "tanggung" dengan Freed, sekarang keluarin Mobilio buat main di kelas bawahnya. TAM malah jual Sienta yang merupakan lawannya Freed dan kelas "nanggung" juga. Lebih mewah dari Avanza, tapi lebih kecil dari Innova.

Mereka kok malah sekarang ngincernya kelas "tanggung"... Padahal udah survey membuktikan itu NAV-1 dan Etios Valco yang kelas nanggung juga mati. Jelas - jelas mereka sendiri malah bunuh NAV-1 dengan keluarin Innova Q dengan harga setingkat NAV-1 dan kelengkapan yang lebih "wah".

RAV4 yang jelas - jelas bisa lawan CR-V justru nggak dimasukin.... Malah pilih lawan Pasport. Tadi siang sempet ada obrolan di WA ... Kenapa orang Indon masih pada pilih CR-V... karena practically musuhnya CR-V apa sih? CX-5? Merek kurang "dipandang". X-Trail? Image nya boros dan rewel. GV? Produk terlupakan. Tucson dan Sportage? ATPMnya ada usaha ngejual barangnya?

Mungkin TAM mulai kelimpungan "posisi" nya digerogotin brand yang sudah established? Makanya yang diincer brand yang nggak terlalu "diliat" orang Indonesia such as Mazda, Nissan, Mitsubishi... atau malah ini strategi bagi - bagi pasar antara TAM dan HPM? Karena jualan mobil makin susah jadi dibagi - bagi pasarnya?

Menurut saya gap harga Avanza Veloz 1.5 baru dan Innova G entry level sudah cukup sempit... range nya 230 - 280juta... Juga orang untuk operasional lebih pilih Avanza karena lebih ekonomis... Jadi nggak perlu Innova trim dibawah G, wong Avanza nya juga sudah mewah...

Innova E dan J mau dikurang - kurangin apa nya lagi om? Innova E dan J yang dulu juga nggilani, sun visor sampe cuma dikasih sebelah doang di tipe J... Innova G dan V lawas aja gap nya beda sekali om... Saya naik Innova V itu kekedapannya lebih baik dari CR-V sekalipun... Innova G? Macem Avanza peredamannya... Gimana tipe E dan tipe J..... :e-wall:
Untuk rentang harga veloz-kijang lebih bagus dikuatin di rush aja, walaupun bukan mpv tapi 7 seater dan lebih menjanjikan ngeliat penjualannya, untuk sekelas crv kan kalo harga forty beda2 tipis jadi kalo rav4 dimasukin dikelas itu malah jadi saling makan pasar, inget ga kasus hpm antara civic fd 2.0 vs accord termurah? Terus hrv vs city? Walaupun beda segmen tapi terbukti saling makan pasarnya. Dan untuk etios sih no comment, emang lebih cocok jadi taxi walaupun di daerah penjualannya masih oke
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re:

Post by b8099ok »

Pilus diesel kyknya menarik,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat: