Tanya istilah2 reviewer mobil
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Tanya istilah2 reviewer mobil
Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3215
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Singkat saja dari saya, semua nya bisa terasa klo udah pengalaman dan punya jam terbang memiliki/ setidaknya mencoba berbagai macam jenis/tipe mobil.
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4634
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Coba bantu jelasin, mungkin salahecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Handling. artinya kita hande mobil itu enak misalnya mobil diajak sig sag bisa langsung misal dalam kecepatan 40-60 KM/jam alias mobil tidak seperti susah diajak belok
Fun to Drive? nah in biasanya yang gas di towel dikit dia jalan pelan ditowel sedang juga larinya sedang, pedal gas sampai lantai ini mobil langsung melesat TANPA LAG
Firm? biasanya mobil jenis sport atau 2 baris
Selip transmisi? misalnya RPM naik keceng tetapi mobil naiknya dikit ---> belum pernah alami
Transmisi AT jadul dan modern, yang jadul kalau ganti gigi bunyi jedak, kalau yang modern tidak bunyi sama sekali dan sangat minim hentakan
beda lagi kalau CVT, tidak ada hentakan sama sekali
Body roll? rasa seperti badan atas kita yang didorong
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: RE: Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Mobil yg pernah bawa xeli, avania, 4tuner vnt, spin matik. Pernah bw jarak dekat doank (gk bs koment klo ini) innova bensin, taruna oxy, sedan jadul wkt kursus.walid_007 wrote:Singkat saja dari saya, semua nya bisa terasa klo udah pengalaman dan punya jam terbang memiliki/ setidaknya mencoba berbagai macam jenis/tipe mobil.
Menurut saya klo nyetir boring kecuali d tol krn jalan biasa agak ramai jd gk mungkin sampe rpm 5k. Xeli n avania sih memang pernah bw hmpir redline krn butuh speed, klo yg lainnya blm pernah bw sampe rpm 5k
Mobil yg pernah bawa xeli, avania, 4tuner vnt, spin matik. Pernah bw jarak dekat doank (gk bs koment klo ini) innova bensin, taruna oxy, sedan jadul wkt kursus.walid_007 wrote:Singkat saja dari saya, semua nya bisa terasa klo udah pengalaman dan punya jam terbang memiliki/ setidaknya mencoba berbagai macam jenis/tipe mobil.
Menurut saya klo nyetir boring kecuali d tol krn jalan agak ramai jd gk mungkin sampe rpm 5k.
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
IMHO, istilah fum to drive masih agak subjektif menurut saya, gak hanya sekedar dari tarikan mobil yg responsif atau gimana, tapi kesukaan reviewer sama mobil itu sendiri..
Misal saya suruh review mobil sport Ferrari, saya bisa bilang gak enak nyetir nya, pendek dan tenggelam (karena saya gak suka mobil sedan), terus saya suruh review mitsubishi fuso super great. Saya akan bilang ini kendaraan fun to drive, enak, besar, bisa bully mobil2 kecil (soalnya saya suka kendaraan yang besaaar)
Misal saya suruh review mobil sport Ferrari, saya bisa bilang gak enak nyetir nya, pendek dan tenggelam (karena saya gak suka mobil sedan), terus saya suruh review mitsubishi fuso super great. Saya akan bilang ini kendaraan fun to drive, enak, besar, bisa bully mobil2 kecil (soalnya saya suka kendaraan yang besaaar)
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
1. handling bagus biasanya dilakukan dengan test slalom/zigzag. pengukuran dilakukan dengan tercepat melawati cone2 tersebut.ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
2. fun to drive. biasanya berhubungan dengan good handling disertai dengan kemampuan sliding yang gampang dikoreksi oleh driver.
3. firm berhubungan dengan kekakuan suspensi. yang oke kalo tidak diikuti dengan rebound yang bagus (tidak mental2). nah kalo harsh kira2 seperti naik gerobak yang gak pake suspensi lewat di jalan berbatu halus... gredek gredek...

4. slip transmisi kalo di manual biasanya kopling digantung (setengah tekan) tujuannya untuk menaikkan putaran mesin tapi torsi masih tersalurkan ke roda penggerak. kalo di metik mirip2, tapi yang ngatur sudah ecu.
5. transmisi AT jadul itu seperti matik VNT. yang modern cvt, twinclutch, pdk. beberapa orang salah kaprah metik yang ada manual disebut modern kek di Dakar. padahal yaaa sama2 aja dengan matik di VNT tapi bedanya ada manual mode.
6. body roll itu kalo pas dibelokan mobil terasa mau ngeguling.
cmiiauw....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 16794
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
uhm perrtanyaannya lumayan sulit2... saya coba jelasin pake bahasa saya sendiri yahecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
1. Handling itu seperti namanya, pengendalian, biasanya bergantung pada setting suspensi, sasis, steering. Jadi maksudnya handling bagus itu gimana? Om kalau pernah nyetir gokart, ya handling yang bagus itu ya macem gokart itu. Mobilnya nurut kalau dibelokin (bokongnya nggak kemana-mana waktu belok), setirnya berat dan akurat sehingga arah mobil mudah diprediksi. Ini berkaitan erat dengan (6) Body roll. Mobil dengan body roll besar otomatis sulit untuk dikendalikan.
2. Sebenernya saya agak kurang setuju kalau fun to drive itu subjektif. Memang setiap orang bisa mengartikan fun dalam arti yang berbeda - beda. Tapi coba nyetir minibus macam Alphard yang berat, nggak lincah, nggak bisa lari, body roll besar. Where is the fun in that?

3. Yang ini ngomongin bantingan... Sebetulnya intinya sama - sama : keras. Tapi keras dalam arti yang berbeda. Kalau firm itu keras tapi rasanya mantab, nggak terlalu limbung, tapi ya nggak terlalu keras juga. Kalau harsh, itu keras yang udah dalam taraf "TERLALU" sampe bikin penumpang mau mual dan atit pinggang.
4. Slip transmisi itu jeda waktu dari RPM mulai naik sampe speed ikutan naik. Kadang terutama di mobil automatic kan kita sering menjumpai fenomena mobil di gaspol RPMnya naik duluan sementara beberapa saat kemudian speed baru naik. Nah itu namanya slip.
5. AT jadul : 4-speed, 5-speed pun sekarang sudah considered as "Jadul". Intinya yang tergolong "jadul" itu rata - rata conventional AT dengan perbandingan gigi sedikit. Karena apa dibilang jadul? Ya karena udah lama aja teknologinya....

6. Ngetes body roll? Seperti namanya, "roll"... coba mobilnya dibelokin jalan sekitar 40 - 60 km/h.... kerasa ada kayak mau keguling nggak? Nah itu body roll....


Tenang aja om... saya sesama reviewer kadang juga susah memahami... makanya saya males pake istilah aneh - aneh...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
nah makan nya um, tergantung fun to drive dalam aspek apa dulu... soalnya kata2 fun to drive itu terlalu general bagi saya..ChZ wrote:uhm perrtanyaannya lumayan sulit2... saya coba jelasin pake bahasa saya sendiri yahecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
2. Sebenernya saya agak kurang setuju kalau fun to drive itu subjektif. Memang setiap orang bisa mengartikan fun dalam arti yang berbeda - beda. Tapi coba nyetir minibus macam Alphard yang berat, nggak lincah, nggak bisa lari, body roll besar. Where is the fun in that?Bandingin sama nyetir Subaru WRX STi dengan mesin 2.5 Turbo yang kenceng ditoel dikit ngibrit kesetanan, transmisi manual 6-speed, suara knalpot yang garang.... Plus karena AWD bisa diajak "gila" di trek pasir atau salju... Pasti kerasa "fun" nya kan? Dan mobil yang fun to drive belom tentu punya handling bagus, karena kebanyakan driver akan lebih menyukai oversteer. Umumnya mobil yang dibilang "fun to drive" itu punya resep Front engine-rear wheel drive, distribusi bobot sempurna (mendekati 50:50) dengan kokpit penumpang dan mesin berada tepat di tengah axle roda depan dan axle roda belakang.
Tenang aja om... saya sesama reviewer kadang juga susah memahami... makanya saya males pake istilah aneh - aneh...
makan nya kalo baca review mobil2 gitu di forum. ada kata2 "mobil ini sangat fun to drive.." kalo saya baca nya "fun to drive dala arti apa?"

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
kalo saya yang sulit ngebayangin itu understeer & oversteer.
secara definisi tau tapi ngebayangin susah, bawa mobil apa aja kalo mau belok ya belok aja ga pernah ngerasain understeer / oversteer maklum mungkin gyroscope badan perlu di kalibrasi

secara definisi tau tapi ngebayangin susah, bawa mobil apa aja kalo mau belok ya belok aja ga pernah ngerasain understeer / oversteer maklum mungkin gyroscope badan perlu di kalibrasi



-
- SM Specialist
- Posts: 16794
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Menurut saya secara terminologi kata aja udah fun to "drive", berarti mobil yang "asik" untuk "disetir".Rakean wrote:
nah makan nya um, tergantung fun to drive dalam aspek apa dulu... soalnya kata2 fun to drive itu terlalu general bagi saya..
makan nya kalo baca review mobil2 gitu di forum. ada kata2 "mobil ini sangat fun to drive.." kalo saya baca nya "fun to drive dala arti apa?"
Dan menurut saya ideal example nya ya go-kart... Mobil yang makin mendekati feeling gokart berarti makin fun. Gitu aja

Biasanya kalo mau mengerti rasanya under/oversteer itu dengan belokin mobil sambil digaspol. Karena makin tinggi kecepatan traksi roda pasti makin berkurang. Kalo traksi kurang terjadilah under/oversteer itu. Ini kenapa ban itu sangat berperan...daftar wrote:kalo saya yang sulit ngebayangin itu understeer & oversteer.
secara definisi tau tapi ngebayangin susah, bawa mobil apa aja kalo mau belok ya belok aja ga pernah ngerasain understeer / oversteer maklum mungkin gyroscope badan perlu di kalibrasi![]()

Tapi ngelakuin stunt kayak gitu di dalam kota kan bahaya, jadi wajar aja kalau om sulit ngebayangin....

Kalo mau iseng, coba cari lahan kosong dan eksperimen sendiri... dengan resiko sendiri tentunya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Understeer gampang kok mau rasain efeknya. Bawa aja trek kaya Puncak yang udah turun ke arah Cianjur atau Cikampek arah Bandung. Bawa mobil fwd lebih beraasa samplenya yang mesinnya berat kaya v6. Setir slightly di atas flow rata rata aja, itu udah berasa pas nikung mobil mulai ga nurut hidungnya maunya nyelonong. Setir maunya diputer lebih dari biasanya.
Tinggal dibalik pake mobil yang distribusinya separo separo, apa aja. Dirasain lebih nurut ngga buat belok. Ga usah dicoba oversteenya tapi, dibayangin aja kalo dibelokin lebih banyak dari mintanya. Dibelokin setir diputer lebih dari biasa kira kira gimana efeknya, melintir nggak. Kenapa jangan dicoba karena koreksinya lebih susah kalo ga biasa. Understeer di jalan bisa dikoreksi dengan ngerem, oversteer kalo direm dadakan bahaya. Dikonter stirnya kalo kebanyakan juga bahaya.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Tinggal dibalik pake mobil yang distribusinya separo separo, apa aja. Dirasain lebih nurut ngga buat belok. Ga usah dicoba oversteenya tapi, dibayangin aja kalo dibelokin lebih banyak dari mintanya. Dibelokin setir diputer lebih dari biasa kira kira gimana efeknya, melintir nggak. Kenapa jangan dicoba karena koreksinya lebih susah kalo ga biasa. Understeer di jalan bisa dikoreksi dengan ngerem, oversteer kalo direm dadakan bahaya. Dikonter stirnya kalo kebanyakan juga bahaya.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Thanks atas responnya.
Klo feedback setir itu maksudnya gmn?bagaimana yg minim feedback mana yg nggak?
Saya klo nyetir ya nyetir aja yg penting bs lari, bisa belok, gk terlalu mentul2 yg bikin mual, kedap. Gk kepikiran fun to drive, setir minim feedback.
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Klo feedback setir itu maksudnya gmn?bagaimana yg minim feedback mana yg nggak?
Saya klo nyetir ya nyetir aja yg penting bs lari, bisa belok, gk terlalu mentul2 yg bikin mual, kedap. Gk kepikiran fun to drive, setir minim feedback.
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
@mod CHz iya nih mungkin perlu tempat kosong untuk mencoba segala manuver ya biar bisa ngerasain bedanya,
kalau nyetir mobil RWD mungkin pernah, jadi pas digas/ akselerasi dan mau sedikit belok setir mobil jadi kayak gak nurut itu oversteer ya.
kalo pas jalan kelok2 di pegunungan sih improvisasi aja biasanya kalo belok tajam langsung main kopling & rem jadi nggak ada engine brake, lebih kerasanya di body roll kalo bawa mobil besar kayak innova
kalau nyetir mobil RWD mungkin pernah, jadi pas digas/ akselerasi dan mau sedikit belok setir mobil jadi kayak gak nurut itu oversteer ya.
kalo pas jalan kelok2 di pegunungan sih improvisasi aja biasanya kalo belok tajam langsung main kopling & rem jadi nggak ada engine brake, lebih kerasanya di body roll kalo bawa mobil besar kayak innova


-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Nubie coba jawab ya...ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk

1. Handling seperti yang sudah diuraikan... Semua aspek di mobil akan diperhitungkan, termasuk mesin, transmisi, dan braking. Mobil menurut saat belok, ke empat roda menancap erat di tarmac, bisa drift dikit2, mesin memberikan power dengan baik dan ga boyo, transmisi mampu mengolah torsi bukannya selip ke mana2, dan rem juga sanggup bekerja dengan baik tanpa perlu bantuan tembok untuk berhenti. Hampir semua aspek enjinering mobil akan memberikan kontribusi ke handling. Kecuali wood panel, leather seats, tombol setir, tweeter, dst dst....

2. Fun to drive... Apabila mobil tersebut membuat driver tersenyum. Entah mw nyetir pelan, macet, ngebut, atau lagi drift. Sangat subyektif. Ada yang suka fun to drive dan mengeksplorasi mobil secara keseluruhan, ada yang suka fun to drive dalam garis lurus di drag strip tapi terguling di tikungan, ada yang suka fun to have a driver macam MPV2 gambot. Belum lagi kalau kena driver cewe, fun to drive itu mobil bisa jalan sendiri sementara mereka berdandan di mobil.
3. Suspensi. Nuff said... Terlalu empuk, mobil mengayun... Terlalu keras, mobil macam gerobak. Yang bagus adalah kompromi keduanya. Harus pake sihir dikit2 untuk dapat meracik suspensi yang memberikan kenyamanan saat ketemu jalan jelek dan memberikan kestabilan saat cruise di tol. Belum lagi harus perhitungkan rebound atau respon suspensi untuk kembali ke posisi semula. Jika terlalu reaktif, siap2 sakit pinggang. Jika terlalu malas, siap2 terkocok dalam mobil.
4 dan 5, sudah jelas oleh postingan di atas ane...
6. Body roll... terkait dengan suspensi dan akhirnya handling. Intinya seberapa besar kecenderungan mobil untuk miring dan terguling.
Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 16794
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Feedback setir itu ya kalau om pernah pegang gokart, kerasa kan setirnya berat banget, tapi mantab sekali dipegangnya, gerakan rodanya bisa dirasain? Nah itu feedback setir. Gimana itu gerakan roda bisa kita rasakan secara "real" via setir...ecoy wrote:Thanks atas responnya.
Klo feedback setir itu maksudnya gmn?bagaimana yg minim feedback mana yg nggak?
Saya klo nyetir ya nyetir aja yg penting bs lari, bisa belok, gk terlalu mentul2 yg bikin mual, kedap. Gk kepikiran fun to drive, setir minim feedback.
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Kalo P/S jaman sekarang kebanyakan feedbacknya sudah minim karena banyak pake EPS... Cuma masih ada yang pake model HPAS (Hydraulic Power Assist System) macem Nissan New Teana.
Ya intinya kalo ngomong handling, steering... go-kart feel itu jadi acuan penting, sampe drive mode SPORT di MINI pake istilah "go-kart feel" segala... padahal New MINI nggak ada gokart gokartnya dibandingin Mini yang original... Mini jadul feelnya bener bener kayak gokart...
Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Jan 15, 2016 16:40
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Newbie sr pgn ikut komen...ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
1. Handling, singkatnya gmn mobil nurut sama apa yg kita mau, di gas lgsg lari, belok sesuai perintah setir, direm brenti sesuai perkiraan dll makin mobil sesuai apa yg kita perintahkan handlingya makin oke
2. Fun to drive ya bner bner harafiah, menyenangkan untuk di setir, yang pada tiap org subyektif, tp pada intinya mobil menyenangkan untuk disetir ya seperti kata mod Chz untuk yang ngejer performa bakal seneng ama mobil yg mendekati gokart, tp buat yg ngejer kenyamanan mobil yg enak dibawa santai itu yg paling fun. Klo ane sih respon mesin paling enak itu carry extra (st100 ya klo ga salah) paling nyaman e2000, tp palng fun sampe skrg ans gx, berdasarkan pengalaman mobil yg pernah disetirin
3. Firm itu kasur spring bed, harsh itu dipan kayu klo lembut kasur busa... Kira2 kaya klo kita ngelemparin badan ke 3 permukaan itu... Hehehe
4. Selip transmisi sih ya selip, digas tapi responnya kaya nunggu... Br ada tarikanmya
5. Dah dijelasin diatas, ga bs ane jelasin lebih jelas... Hehehe
6. Body roll, klo pernah bawa mobil kotak kaya apv, luxio, dkk, dan belok dengan kecepatan lumayan sampe refleks ngangkat kaki dr pedal gas krn takut keguling, nah itu brarti dah ngerasain body roll

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?madcat015 wrote:Nubie coba jawab ya...ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.
Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.
Terima kasih
Sent from my GT-N7100 using Tapatalk![]()
1. Handling seperti yang sudah diuraikan... Semua aspek di mobil akan diperhitungkan, termasuk mesin, transmisi, dan braking. Mobil menurut saat belok, ke empat roda menancap erat di tarmac, bisa drift dikit2, mesin memberikan power dengan baik dan ga boyo, transmisi mampu mengolah torsi bukannya selip ke mana2, dan rem juga sanggup bekerja dengan baik tanpa perlu bantuan tembok untuk berhenti. Hampir semua aspek enjinering mobil akan memberikan kontribusi ke handling. Kecuali wood panel, leather seats, tombol setir, tweeter, dst dst....![]()
2. Fun to drive... Apabila mobil tersebut membuat driver tersenyum. Entah mw nyetir pelan, macet, ngebut, atau lagi drift. Sangat subyektif. Ada yang suka fun to drive dan mengeksplorasi mobil secara keseluruhan, ada yang suka fun to drive dalam garis lurus di drag strip tapi terguling di tikungan, ada yang suka fun to have a driver macam MPV2 gambot. Belum lagi kalau kena driver cewe, fun to drive itu mobil bisa jalan sendiri sementara mereka berdandan di mobil.
3. Suspensi. Nuff said... Terlalu empuk, mobil mengayun... Terlalu keras, mobil macam gerobak. Yang bagus adalah kompromi keduanya. Harus pake sihir dikit2 untuk dapat meracik suspensi yang memberikan kenyamanan saat ketemu jalan jelek dan memberikan kestabilan saat cruise di tol. Belum lagi harus perhitungkan rebound atau respon suspensi untuk kembali ke posisi semula. Jika terlalu reaktif, siap2 sakit pinggang. Jika terlalu malas, siap2 terkocok dalam mobil.
4 dan 5, sudah jelas oleh postingan di atas ane...
6. Body roll... terkait dengan suspensi dan akhirnya handling. Intinya seberapa besar kecenderungan mobil untuk miring dan terguling.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Bantu jawab ya...1704MX wrote:
om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
Slalom test om. Biasanya di batas kemampuan ban akan berdecit, serta understeer (mobil susah buat dibelokin) atau oversteer (pantat mobil ngebuang). CMIIW
Btw ane boleh ikutan nanya nggak?
Chassis flexing itu apa? Cara ngerasain chassis flexing itu gimana? Thanks...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Dec 08, 2015 3:20
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
klo diketik kayaknya susah jelasinnya, coba tonton videonya om fitra eri otodriver yg lg review di youtube... mangga dipraktekin1704MX wrote:om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
jadi ini intinya... sip sipChZ wrote:Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
thanks om spoonful & ken39. sejauh ini ngetes mobil cuma gaspol doang.. pengen nambah skill dikit
-
- SM Specialist
- Posts: 16794
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
Hehehe btul... silahkan liat videonya fitra eri di channel oto driver... menurut saya itu metode paling tepat untuk ngetes sebuah mobil.ken39 wrote:klo diketik kayaknya susah jelasinnya, coba tonton videonya om fitra eri otodriver yg lg review di youtube... mangga dipraktekin1704MX wrote:om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
jadi ini intinya... sip sipChZ wrote:Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja...hahahahahhaa
Since cuma mas fitra yang punya bekgron jurnalistik dan juga punya pengalaman di balapan. Isi videonya paling runtut, paling jelas, dan bahasanya juga paling mudah dimengerti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Tanya istilah2 reviewer mobil
udah nonton semua video di channel oto driver, tapi kok masih kurang ya, kebanyakan bahas fitur tp driving skillnya sedikit sekali pertunjukannya.ChZ wrote:Hehehe btul... silahkan liat videonya fitra eri di channel oto driver... menurut saya itu metode paling tepat untuk ngetes sebuah mobil.ken39 wrote:klo diketik kayaknya susah jelasinnya, coba tonton videonya om fitra eri otodriver yg lg review di youtube... mangga dipraktekin1704MX wrote:om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
jadi ini intinya... sip sipChZ wrote:Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja...hahahahahhaa
Since cuma mas fitra yang punya bekgron jurnalistik dan juga punya pengalaman di balapan. Isi videonya paling runtut, paling jelas, dan bahasanya juga paling mudah dimengerti.
om fitra eri asalnya dari autobild ya? belum cek video autobild sih. boleh tunjukin video mana yg nunjukin skill2 nya dlm mereview?