Tanya istilah2 reviewer mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ecoy »

Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3215
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by walid_007 »

Singkat saja dari saya, semua nya bisa terasa klo udah pengalaman dan punya jam terbang memiliki/ setidaknya mencoba berbagai macam jenis/tipe mobil.
engine roaring!
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4634
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by Profith83 »

ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Coba bantu jelasin, mungkin salah
Handling. artinya kita hande mobil itu enak misalnya mobil diajak sig sag bisa langsung misal dalam kecepatan 40-60 KM/jam alias mobil tidak seperti susah diajak belok

Fun to Drive? nah in biasanya yang gas di towel dikit dia jalan pelan ditowel sedang juga larinya sedang, pedal gas sampai lantai ini mobil langsung melesat TANPA LAG

Firm? biasanya mobil jenis sport atau 2 baris

Selip transmisi? misalnya RPM naik keceng tetapi mobil naiknya dikit ---> belum pernah alami

Transmisi AT jadul dan modern, yang jadul kalau ganti gigi bunyi jedak, kalau yang modern tidak bunyi sama sekali dan sangat minim hentakan
beda lagi kalau CVT, tidak ada hentakan sama sekali

Body roll? rasa seperti badan atas kita yang didorong
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: RE: Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ecoy »

walid_007 wrote:Singkat saja dari saya, semua nya bisa terasa klo udah pengalaman dan punya jam terbang memiliki/ setidaknya mencoba berbagai macam jenis/tipe mobil.
Mobil yg pernah bawa xeli, avania, 4tuner vnt, spin matik. Pernah bw jarak dekat doank (gk bs koment klo ini) innova bensin, taruna oxy, sedan jadul wkt kursus.

Menurut saya klo nyetir boring kecuali d tol krn jalan biasa agak ramai jd gk mungkin sampe rpm 5k. Xeli n avania sih memang pernah bw hmpir redline krn butuh speed, klo yg lainnya blm pernah bw sampe rpm 5k



walid_007 wrote:Singkat saja dari saya, semua nya bisa terasa klo udah pengalaman dan punya jam terbang memiliki/ setidaknya mencoba berbagai macam jenis/tipe mobil.
Mobil yg pernah bawa xeli, avania, 4tuner vnt, spin matik. Pernah bw jarak dekat doank (gk bs koment klo ini) innova bensin, taruna oxy, sedan jadul wkt kursus.

Menurut saya klo nyetir boring kecuali d tol krn jalan agak ramai jd gk mungkin sampe rpm 5k.





Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by Rakean »

IMHO, istilah fum to drive masih agak subjektif menurut saya, gak hanya sekedar dari tarikan mobil yg responsif atau gimana, tapi kesukaan reviewer sama mobil itu sendiri..

Misal saya suruh review mobil sport Ferrari, saya bisa bilang gak enak nyetir nya, pendek dan tenggelam (karena saya gak suka mobil sedan), terus saya suruh review mitsubishi fuso super great. Saya akan bilang ini kendaraan fun to drive, enak, besar, bisa bully mobil2 kecil (soalnya saya suka kendaraan yang besaaar)
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by maskopat »

ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
1. handling bagus biasanya dilakukan dengan test slalom/zigzag. pengukuran dilakukan dengan tercepat melawati cone2 tersebut.

2. fun to drive. biasanya berhubungan dengan good handling disertai dengan kemampuan sliding yang gampang dikoreksi oleh driver.

3. firm berhubungan dengan kekakuan suspensi. yang oke kalo tidak diikuti dengan rebound yang bagus (tidak mental2). nah kalo harsh kira2 seperti naik gerobak yang gak pake suspensi lewat di jalan berbatu halus... gredek gredek... :big_grin:

4. slip transmisi kalo di manual biasanya kopling digantung (setengah tekan) tujuannya untuk menaikkan putaran mesin tapi torsi masih tersalurkan ke roda penggerak. kalo di metik mirip2, tapi yang ngatur sudah ecu.

5. transmisi AT jadul itu seperti matik VNT. yang modern cvt, twinclutch, pdk. beberapa orang salah kaprah metik yang ada manual disebut modern kek di Dakar. padahal yaaa sama2 aja dengan matik di VNT tapi bedanya ada manual mode.

6. body roll itu kalo pas dibelokan mobil terasa mau ngeguling.

cmiiauw....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ChZ »

ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
uhm perrtanyaannya lumayan sulit2... saya coba jelasin pake bahasa saya sendiri yah

1. Handling itu seperti namanya, pengendalian, biasanya bergantung pada setting suspensi, sasis, steering. Jadi maksudnya handling bagus itu gimana? Om kalau pernah nyetir gokart, ya handling yang bagus itu ya macem gokart itu. Mobilnya nurut kalau dibelokin (bokongnya nggak kemana-mana waktu belok), setirnya berat dan akurat sehingga arah mobil mudah diprediksi. Ini berkaitan erat dengan (6) Body roll. Mobil dengan body roll besar otomatis sulit untuk dikendalikan.

2. Sebenernya saya agak kurang setuju kalau fun to drive itu subjektif. Memang setiap orang bisa mengartikan fun dalam arti yang berbeda - beda. Tapi coba nyetir minibus macam Alphard yang berat, nggak lincah, nggak bisa lari, body roll besar. Where is the fun in that? :mky_01: Bandingin sama nyetir Subaru WRX STi dengan mesin 2.5 Turbo yang kenceng ditoel dikit ngibrit kesetanan, transmisi manual 6-speed, suara knalpot yang garang.... Plus karena AWD bisa diajak "gila" di trek pasir atau salju... Pasti kerasa "fun" nya kan? Dan mobil yang fun to drive belom tentu punya handling bagus, karena kebanyakan driver akan lebih menyukai oversteer. Umumnya mobil yang dibilang "fun to drive" itu punya resep Front engine-rear wheel drive, distribusi bobot sempurna (mendekati 50:50) dengan kokpit penumpang dan mesin berada tepat di tengah axle roda depan dan axle roda belakang.

3. Yang ini ngomongin bantingan... Sebetulnya intinya sama - sama : keras. Tapi keras dalam arti yang berbeda. Kalau firm itu keras tapi rasanya mantab, nggak terlalu limbung, tapi ya nggak terlalu keras juga. Kalau harsh, itu keras yang udah dalam taraf "TERLALU" sampe bikin penumpang mau mual dan atit pinggang.

4. Slip transmisi itu jeda waktu dari RPM mulai naik sampe speed ikutan naik. Kadang terutama di mobil automatic kan kita sering menjumpai fenomena mobil di gaspol RPMnya naik duluan sementara beberapa saat kemudian speed baru naik. Nah itu namanya slip.

5. AT jadul : 4-speed, 5-speed pun sekarang sudah considered as "Jadul". Intinya yang tergolong "jadul" itu rata - rata conventional AT dengan perbandingan gigi sedikit. Karena apa dibilang jadul? Ya karena udah lama aja teknologinya.... :mky_01: Sebenernya CVT juga bisa dibilang jadul, tapi karena CVT ini perkembangannya luas jadi sulit kalau mau ngomong jadul juga. Yang modern itu sekarang DualClutch macem punya VW dan Porsche.

6. Ngetes body roll? Seperti namanya, "roll"... coba mobilnya dibelokin jalan sekitar 40 - 60 km/h.... kerasa ada kayak mau keguling nggak? Nah itu body roll.... :mrgreen: maka nya di nomer (1) saya bilang mobil body roll besar itu sulit dikendalikan... ya coba aja bawa mobil macem Avanza atau Innova buat zig-zag kecepatan tinggi kan mana enak :mrgreen: Istilahnya ini, stability. Jadi mobil dengan less bodyroll itu lebih stabil. Tapi jangan salah, it has nothing to do with BOBOT MOBIL. Banyak yang salah kaprah mobil berat = stabil. Yang bener tergantung center of gravity nya dimana, plus setup suspensi nya gimana, bukan bobotnya. Mobil eropa macem BMW itu stabil BUKAN KARENA BERAT, tapi karena distribusi bobotnya 50:50 dan titik gravitasi rendah. Buktinya Harrier lebih berat dari CR-V juga nggak lebih stabil dari CR-V.

Tenang aja om... saya sesama reviewer kadang juga susah memahami... makanya saya males pake istilah aneh - aneh... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by Rakean »

ChZ wrote:
ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
uhm perrtanyaannya lumayan sulit2... saya coba jelasin pake bahasa saya sendiri yah


2. Sebenernya saya agak kurang setuju kalau fun to drive itu subjektif. Memang setiap orang bisa mengartikan fun dalam arti yang berbeda - beda. Tapi coba nyetir minibus macam Alphard yang berat, nggak lincah, nggak bisa lari, body roll besar. Where is the fun in that? :mky_01: Bandingin sama nyetir Subaru WRX STi dengan mesin 2.5 Turbo yang kenceng ditoel dikit ngibrit kesetanan, transmisi manual 6-speed, suara knalpot yang garang.... Plus karena AWD bisa diajak "gila" di trek pasir atau salju... Pasti kerasa "fun" nya kan? Dan mobil yang fun to drive belom tentu punya handling bagus, karena kebanyakan driver akan lebih menyukai oversteer. Umumnya mobil yang dibilang "fun to drive" itu punya resep Front engine-rear wheel drive, distribusi bobot sempurna (mendekati 50:50) dengan kokpit penumpang dan mesin berada tepat di tengah axle roda depan dan axle roda belakang.


Tenang aja om... saya sesama reviewer kadang juga susah memahami... makanya saya males pake istilah aneh - aneh... :mrgreen:
nah makan nya um, tergantung fun to drive dalam aspek apa dulu... soalnya kata2 fun to drive itu terlalu general bagi saya..

makan nya kalo baca review mobil2 gitu di forum. ada kata2 "mobil ini sangat fun to drive.." kalo saya baca nya "fun to drive dala arti apa?" :mky_02:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by daftar »

kalo saya yang sulit ngebayangin itu understeer & oversteer.
secara definisi tau tapi ngebayangin susah, bawa mobil apa aja kalo mau belok ya belok aja ga pernah ngerasain understeer / oversteer maklum mungkin gyroscope badan perlu di kalibrasi :ungg: :mky_01:
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ChZ »

Rakean wrote:
nah makan nya um, tergantung fun to drive dalam aspek apa dulu... soalnya kata2 fun to drive itu terlalu general bagi saya..

makan nya kalo baca review mobil2 gitu di forum. ada kata2 "mobil ini sangat fun to drive.." kalo saya baca nya "fun to drive dala arti apa?" :mky_02:
Menurut saya secara terminologi kata aja udah fun to "drive", berarti mobil yang "asik" untuk "disetir".

Dan menurut saya ideal example nya ya go-kart... Mobil yang makin mendekati feeling gokart berarti makin fun. Gitu aja :mrgreen:
daftar wrote:kalo saya yang sulit ngebayangin itu understeer & oversteer.
secara definisi tau tapi ngebayangin susah, bawa mobil apa aja kalo mau belok ya belok aja ga pernah ngerasain understeer / oversteer maklum mungkin gyroscope badan perlu di kalibrasi :ungg: :mky_01:
Biasanya kalo mau mengerti rasanya under/oversteer itu dengan belokin mobil sambil digaspol. Karena makin tinggi kecepatan traksi roda pasti makin berkurang. Kalo traksi kurang terjadilah under/oversteer itu. Ini kenapa ban itu sangat berperan... :mrgreen:

Tapi ngelakuin stunt kayak gitu di dalam kota kan bahaya, jadi wajar aja kalau om sulit ngebayangin.... :mrgreen:

Kalo mau iseng, coba cari lahan kosong dan eksperimen sendiri... dengan resiko sendiri tentunya :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by octafiantos »

Understeer gampang kok mau rasain efeknya. Bawa aja trek kaya Puncak yang udah turun ke arah Cianjur atau Cikampek arah Bandung. Bawa mobil fwd lebih beraasa samplenya yang mesinnya berat kaya v6. Setir slightly di atas flow rata rata aja, itu udah berasa pas nikung mobil mulai ga nurut hidungnya maunya nyelonong. Setir maunya diputer lebih dari biasanya.

Tinggal dibalik pake mobil yang distribusinya separo separo, apa aja. Dirasain lebih nurut ngga buat belok. Ga usah dicoba oversteenya tapi, dibayangin aja kalo dibelokin lebih banyak dari mintanya. Dibelokin setir diputer lebih dari biasa kira kira gimana efeknya, melintir nggak. Kenapa jangan dicoba karena koreksinya lebih susah kalo ga biasa. Understeer di jalan bisa dikoreksi dengan ngerem, oversteer kalo direm dadakan bahaya. Dikonter stirnya kalo kebanyakan juga bahaya.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ecoy »

Thanks atas responnya.

Klo feedback setir itu maksudnya gmn?bagaimana yg minim feedback mana yg nggak?

Saya klo nyetir ya nyetir aja yg penting bs lari, bisa belok, gk terlalu mentul2 yg bikin mual, kedap. Gk kepikiran fun to drive, setir minim feedback.




Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by daftar »

@mod CHz iya nih mungkin perlu tempat kosong untuk mencoba segala manuver ya biar bisa ngerasain bedanya,
kalau nyetir mobil RWD mungkin pernah, jadi pas digas/ akselerasi dan mau sedikit belok setir mobil jadi kayak gak nurut itu oversteer ya.

kalo pas jalan kelok2 di pegunungan sih improvisasi aja biasanya kalo belok tajam langsung main kopling & rem jadi nggak ada engine brake, lebih kerasanya di body roll kalo bawa mobil besar kayak innova :D
:ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by madcat015 »

ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Nubie coba jawab ya... :mky_01:

1. Handling seperti yang sudah diuraikan... Semua aspek di mobil akan diperhitungkan, termasuk mesin, transmisi, dan braking. Mobil menurut saat belok, ke empat roda menancap erat di tarmac, bisa drift dikit2, mesin memberikan power dengan baik dan ga boyo, transmisi mampu mengolah torsi bukannya selip ke mana2, dan rem juga sanggup bekerja dengan baik tanpa perlu bantuan tembok untuk berhenti. Hampir semua aspek enjinering mobil akan memberikan kontribusi ke handling. Kecuali wood panel, leather seats, tombol setir, tweeter, dst dst.... :ngacir:

2. Fun to drive... Apabila mobil tersebut membuat driver tersenyum. Entah mw nyetir pelan, macet, ngebut, atau lagi drift. Sangat subyektif. Ada yang suka fun to drive dan mengeksplorasi mobil secara keseluruhan, ada yang suka fun to drive dalam garis lurus di drag strip tapi terguling di tikungan, ada yang suka fun to have a driver macam MPV2 gambot. Belum lagi kalau kena driver cewe, fun to drive itu mobil bisa jalan sendiri sementara mereka berdandan di mobil.

3. Suspensi. Nuff said... Terlalu empuk, mobil mengayun... Terlalu keras, mobil macam gerobak. Yang bagus adalah kompromi keduanya. Harus pake sihir dikit2 untuk dapat meracik suspensi yang memberikan kenyamanan saat ketemu jalan jelek dan memberikan kestabilan saat cruise di tol. Belum lagi harus perhitungkan rebound atau respon suspensi untuk kembali ke posisi semula. Jika terlalu reaktif, siap2 sakit pinggang. Jika terlalu malas, siap2 terkocok dalam mobil.

4 dan 5, sudah jelas oleh postingan di atas ane...

6. Body roll... terkait dengan suspensi dan akhirnya handling. Intinya seberapa besar kecenderungan mobil untuk miring dan terguling.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ChZ »

ecoy wrote:Thanks atas responnya.

Klo feedback setir itu maksudnya gmn?bagaimana yg minim feedback mana yg nggak?

Saya klo nyetir ya nyetir aja yg penting bs lari, bisa belok, gk terlalu mentul2 yg bikin mual, kedap. Gk kepikiran fun to drive, setir minim feedback.




Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Feedback setir itu ya kalau om pernah pegang gokart, kerasa kan setirnya berat banget, tapi mantab sekali dipegangnya, gerakan rodanya bisa dirasain? Nah itu feedback setir. Gimana itu gerakan roda bisa kita rasakan secara "real" via setir...

Kalo P/S jaman sekarang kebanyakan feedbacknya sudah minim karena banyak pake EPS... Cuma masih ada yang pake model HPAS (Hydraulic Power Assist System) macem Nissan New Teana.

Ya intinya kalo ngomong handling, steering... go-kart feel itu jadi acuan penting, sampe drive mode SPORT di MINI pake istilah "go-kart feel" segala... padahal New MINI nggak ada gokart gokartnya dibandingin Mini yang original... Mini jadul feelnya bener bener kayak gokart...

Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
abud1985
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jan 15, 2016 16:40

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by abud1985 »

ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Newbie sr pgn ikut komen...

1. Handling, singkatnya gmn mobil nurut sama apa yg kita mau, di gas lgsg lari, belok sesuai perintah setir, direm brenti sesuai perkiraan dll makin mobil sesuai apa yg kita perintahkan handlingya makin oke

2. Fun to drive ya bner bner harafiah, menyenangkan untuk di setir, yang pada tiap org subyektif, tp pada intinya mobil menyenangkan untuk disetir ya seperti kata mod Chz untuk yang ngejer performa bakal seneng ama mobil yg mendekati gokart, tp buat yg ngejer kenyamanan mobil yg enak dibawa santai itu yg paling fun. Klo ane sih respon mesin paling enak itu carry extra (st100 ya klo ga salah) paling nyaman e2000, tp palng fun sampe skrg ans gx, berdasarkan pengalaman mobil yg pernah disetirin

3. Firm itu kasur spring bed, harsh itu dipan kayu klo lembut kasur busa... Kira2 kaya klo kita ngelemparin badan ke 3 permukaan itu... Hehehe

4. Selip transmisi sih ya selip, digas tapi responnya kaya nunggu... Br ada tarikanmya

5. Dah dijelasin diatas, ga bs ane jelasin lebih jelas... Hehehe

6. Body roll, klo pernah bawa mobil kotak kaya apv, luxio, dkk, dan belok dengan kecepatan lumayan sampe refleks ngangkat kaki dr pedal gas krn takut keguling, nah itu brarti dah ngerasain body roll :upss:
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by omenRoo »

madcat015 wrote:
ecoy wrote:Met malam suhu reviewer SM, newbie yg cupu mau tanya istilah yg di maksud saat suhu2 SM nulis report ttg tes drive mobil:
1. Handling?bs tau bagus nggaknya gmn?
2. Fun to drive?maksudnya gmn?
3. Firm, harsh (tentang suspensi)?
4. Selip transmisi?
5. Beda transmisi AT jadul n AT modern?(segi fisik kah?)
6. Body roll?nyobain nya gmn?dulu pernah d setirin sepupu bw 4tuner belok kec tinggi (gk tau brp) sampe ban berdecit keluar asapnya.

Kyknya klo reviewer SM bahasanya Top Gear semua.

Terima kasih

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
Nubie coba jawab ya... :mky_01:

1. Handling seperti yang sudah diuraikan... Semua aspek di mobil akan diperhitungkan, termasuk mesin, transmisi, dan braking. Mobil menurut saat belok, ke empat roda menancap erat di tarmac, bisa drift dikit2, mesin memberikan power dengan baik dan ga boyo, transmisi mampu mengolah torsi bukannya selip ke mana2, dan rem juga sanggup bekerja dengan baik tanpa perlu bantuan tembok untuk berhenti. Hampir semua aspek enjinering mobil akan memberikan kontribusi ke handling. Kecuali wood panel, leather seats, tombol setir, tweeter, dst dst.... :ngacir:

2. Fun to drive... Apabila mobil tersebut membuat driver tersenyum. Entah mw nyetir pelan, macet, ngebut, atau lagi drift. Sangat subyektif. Ada yang suka fun to drive dan mengeksplorasi mobil secara keseluruhan, ada yang suka fun to drive dalam garis lurus di drag strip tapi terguling di tikungan, ada yang suka fun to have a driver macam MPV2 gambot. Belum lagi kalau kena driver cewe, fun to drive itu mobil bisa jalan sendiri sementara mereka berdandan di mobil.

3. Suspensi. Nuff said... Terlalu empuk, mobil mengayun... Terlalu keras, mobil macam gerobak. Yang bagus adalah kompromi keduanya. Harus pake sihir dikit2 untuk dapat meracik suspensi yang memberikan kenyamanan saat ketemu jalan jelek dan memberikan kestabilan saat cruise di tol. Belum lagi harus perhitungkan rebound atau respon suspensi untuk kembali ke posisi semula. Jika terlalu reaktif, siap2 sakit pinggang. Jika terlalu malas, siap2 terkocok dalam mobil.

4 dan 5, sudah jelas oleh postingan di atas ane...

6. Body roll... terkait dengan suspensi dan akhirnya handling. Intinya seberapa besar kecenderungan mobil untuk miring dan terguling.
om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
Spoonful
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by Spoonful »

1704MX wrote:
om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
Bantu jawab ya...
Slalom test om. Biasanya di batas kemampuan ban akan berdecit, serta understeer (mobil susah buat dibelokin) atau oversteer (pantat mobil ngebuang). CMIIW

Btw ane boleh ikutan nanya nggak?
Chassis flexing itu apa? Cara ngerasain chassis flexing itu gimana? Thanks...
User avatar
ken39
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue Dec 08, 2015 3:20

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ken39 »

1704MX wrote:om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
klo diketik kayaknya susah jelasinnya, coba tonton videonya om fitra eri otodriver yg lg review di youtube... mangga dipraktekin
ChZ wrote:Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja... :mrgreen:
jadi ini intinya... sip sip :big_smoking: hahahahahhaa
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by omenRoo »

thanks om spoonful & ken39. sejauh ini ngetes mobil cuma gaspol doang.. pengen nambah skill dikit
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by ChZ »

ken39 wrote:
1704MX wrote:om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
klo diketik kayaknya susah jelasinnya, coba tonton videonya om fitra eri otodriver yg lg review di youtube... mangga dipraktekin
ChZ wrote:Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja... :mrgreen:
jadi ini intinya... sip sip :big_smoking: hahahahahhaa
Hehehe btul... silahkan liat videonya fitra eri di channel oto driver... menurut saya itu metode paling tepat untuk ngetes sebuah mobil.

Since cuma mas fitra yang punya bekgron jurnalistik dan juga punya pengalaman di balapan. Isi videonya paling runtut, paling jelas, dan bahasanya juga paling mudah dimengerti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Tanya istilah2 reviewer mobil

Post by omenRoo »

ChZ wrote:
ken39 wrote:
1704MX wrote:om kucing, teknik2 yg dipake buat ngetes handling sekaligus bodyroll gimana? kok ane ngeri ya kalo banting setir gitu, takut jungkirbalik mobilnya. gimana caranya biar tau batas kemampuan si mobil meliuk2?
klo diketik kayaknya susah jelasinnya, coba tonton videonya om fitra eri otodriver yg lg review di youtube... mangga dipraktekin
ChZ wrote:Memang sebaiknya nggak dipikirkan kok om... yang penting mobilnya enak aja... :mrgreen:
jadi ini intinya... sip sip :big_smoking: hahahahahhaa
Hehehe btul... silahkan liat videonya fitra eri di channel oto driver... menurut saya itu metode paling tepat untuk ngetes sebuah mobil.

Since cuma mas fitra yang punya bekgron jurnalistik dan juga punya pengalaman di balapan. Isi videonya paling runtut, paling jelas, dan bahasanya juga paling mudah dimengerti.
udah nonton semua video di channel oto driver, tapi kok masih kurang ya, kebanyakan bahas fitur tp driving skillnya sedikit sekali pertunjukannya.
om fitra eri asalnya dari autobild ya? belum cek video autobild sih. boleh tunjukin video mana yg nunjukin skill2 nya dlm mereview?