saya pernah baca dari salah satu tabloid, dikatakan kalau karbu vakum pada scorpio bikin tarikan motor jadi telat / kurang responsif dibanding karbu biasa (pd umumnya), trs pada waktu turun gigi, motor cenderung kehilangan tenaga (tenaga drop).
ada yg punya solusinya nggak? misal nggak ada solusinya, apa mungkin lebih baik ganti karbu?
misalkan terpaksa ganti karbu.. karbu apa yg sesuai? dan penyesuaian apa saja yg diperlukan?
terimakasih sebelumnya
salam
karbu vakum scorpio?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
emang berapa sich main jet ama pilotnya tuh motor scorpio coba naikin 1 step contoh yach pada satria f150 main jet 110 naikin 1 step jadinya 112 sedangkan pilotnya 12,5 naikin 1 step jadi 15, lalu set mur anginnya tutup ke arah jarum jam lalu buka perlahan-lahan kearah berlawanan jarum jam, bila suara motor udah menjerit itulah batas campuran gas dengan anginnya awas jgn dibuka sampe abisss ya cari sampe batas motor menjerit ..heheheh silakan dicoba
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
sebenarnya seberepa sih telatnya?
nggak sampe sekian detik kan
yg dimaksud telat tuh maksudnya kenaikan rpm tidak seiring dengan plintiran gas
soalnya plintiran tuas gas di kabu vakum fungsinya nge-buka valve di ujung karbu sehingga terdapat perbedaan tekanan, nah tekanan ini yg bikin vakum itu bekerja, makin besar tekanannya makin gede jarum skep keangkat
mustinya ini adalah suatu keunggulan dibanding karu konvensional lainnya
memang karbu ini nggak cocok buat balapan, karena kurang responsip, karbu ini cocok dipasang buat motor turing yg bukan buat kebut2an
tergantung mo pake paan
kalo mo responsip dan boros yah pake karbu biasa ajah (bukan vakum) kan ada tuh karbu balap model krbu kotak atau lainnya
cuman emang ntuh motor mo dipake balapan tiap hari ......
buat bung archapada,
solusinya udah bener tuh dengan ganti jetting di karbu, cuman ini susahnya karbu vakum, kudu test and ride, palagi soalan set angin, caranya bukan dengan maen gas, soalnya nggak bakal pas,
mesin kudu mati, puter tiap 1/4 putaran mulai dari 1 putaran full, lalu dibawa jalan dan begitu seterusnya sampe terasa pas sesuai yg dimauin
nggak sampe sekian detik kan
yg dimaksud telat tuh maksudnya kenaikan rpm tidak seiring dengan plintiran gas
soalnya plintiran tuas gas di kabu vakum fungsinya nge-buka valve di ujung karbu sehingga terdapat perbedaan tekanan, nah tekanan ini yg bikin vakum itu bekerja, makin besar tekanannya makin gede jarum skep keangkat
mustinya ini adalah suatu keunggulan dibanding karu konvensional lainnya
memang karbu ini nggak cocok buat balapan, karena kurang responsip, karbu ini cocok dipasang buat motor turing yg bukan buat kebut2an
tergantung mo pake paan
kalo mo responsip dan boros yah pake karbu biasa ajah (bukan vakum) kan ada tuh karbu balap model krbu kotak atau lainnya
cuman emang ntuh motor mo dipake balapan tiap hari ......
buat bung archapada,
solusinya udah bener tuh dengan ganti jetting di karbu, cuman ini susahnya karbu vakum, kudu test and ride, palagi soalan set angin, caranya bukan dengan maen gas, soalnya nggak bakal pas,
mesin kudu mati, puter tiap 1/4 putaran mulai dari 1 putaran full, lalu dibawa jalan dan begitu seterusnya sampe terasa pas sesuai yg dimauin
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
terimakasih tanggapannya..
oo jadi ini memang karakteristik dari karbu vacum yah?! sebenarnya masi banyak yang mau saya tanya..
tolong dong yang sudah lama pakai scorpio.. kasi saran2 yg mungkin perlu diganti/set ulang selain filter bahanbakar. terus terang saya belum lama pakai scorpio.
masalah yang sering saya dapat :
1. motor sering kali mati. misal pada saat lampu merah / biasanya pada saat penurunan RPM, jarum takometernya ndak berhenti di 1000, tapi terus turun sampai mesin mati sendiri. (padahal saya set di 1000)
2. tarikannya kurang responsif (kl dilihat dari kepuasan komentar2 diatas mungkin masalah ini karena saya yang kurang lihai bawanya)
3. shock belakang yang terlalu 'empuk' dan spt kurang tinggi (apalagi jika dipakai bonceng). apa mungkin bisa di stel tinggi rendahnya dan keras lembutnya shock
4. sekadang ada letupan keras di knalpot. (hal ini terjadi jarang2).
tolong dong kasi masukan.
terima kasih sebelumnya
oo jadi ini memang karakteristik dari karbu vacum yah?! sebenarnya masi banyak yang mau saya tanya..
tolong dong yang sudah lama pakai scorpio.. kasi saran2 yg mungkin perlu diganti/set ulang selain filter bahanbakar. terus terang saya belum lama pakai scorpio.
masalah yang sering saya dapat :
1. motor sering kali mati. misal pada saat lampu merah / biasanya pada saat penurunan RPM, jarum takometernya ndak berhenti di 1000, tapi terus turun sampai mesin mati sendiri. (padahal saya set di 1000)
2. tarikannya kurang responsif (kl dilihat dari kepuasan komentar2 diatas mungkin masalah ini karena saya yang kurang lihai bawanya)
3. shock belakang yang terlalu 'empuk' dan spt kurang tinggi (apalagi jika dipakai bonceng). apa mungkin bisa di stel tinggi rendahnya dan keras lembutnya shock
4. sekadang ada letupan keras di knalpot. (hal ini terjadi jarang2).
tolong dong kasi masukan.
terima kasih sebelumnya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
1. motor sering kali mati. misal pada saat lampu merah / biasanya pada saat penurunan RPM, jarum takometernya ndak berhenti di 1000, tapi terus turun sampai mesin mati sendiri. (padahal saya set di 1000)
ganti pilot jetnya naik 1 step,.. ohyach STD untuk langsam motor 1200-1400 jadii jangan Rpm 1000..
4. sekadang ada letupan keras di knalpot. (hal ini terjadi jarang2).
ya itu stelan gasnya bro Boomz coba dech 1400-1200
2. tarikannya kurang responsif (kl dilihat dari kepuasan komentar2 diatas mungkin masalah ini karena saya yang kurang lihai bawanya)
coba perbesar lubang valve dan papas piano klepnya(piano klep apaa yach lupa aku nama umunya..)
3. shock belakang yang terlalu 'empuk' dan spt kurang tinggi (apalagi jika dipakai bonceng). apa mungkin bisa di stel tinggi rendahnya dan keras lembutnya shock
di tambahin plat sesuaikan dengan yg anda ingin kan..ato ganti shocknya
ganti pilot jetnya naik 1 step,.. ohyach STD untuk langsam motor 1200-1400 jadii jangan Rpm 1000..
4. sekadang ada letupan keras di knalpot. (hal ini terjadi jarang2).
ya itu stelan gasnya bro Boomz coba dech 1400-1200
2. tarikannya kurang responsif (kl dilihat dari kepuasan komentar2 diatas mungkin masalah ini karena saya yang kurang lihai bawanya)
coba perbesar lubang valve dan papas piano klepnya(piano klep apaa yach lupa aku nama umunya..)
3. shock belakang yang terlalu 'empuk' dan spt kurang tinggi (apalagi jika dipakai bonceng). apa mungkin bisa di stel tinggi rendahnya dan keras lembutnya shock
di tambahin plat sesuaikan dengan yg anda ingin kan..ato ganti shocknya
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
Bro Boomz standarnya Scorpio udah kenceng kok, stel klepnya cari mekanik/bengkel yg oke. Bisa liat postingan ttg bengkel khusus scorpio di thread bengkel yg disticky.
Ttg knalpot nembak liat ke situs resmi yamaha ada tipsnya:
http://www.yamaha-motor.co.id/tips-deta ... ID_TIPS=20
ini aku copy paste di sini:
Oh iya untuk SZ pertama2 keluar filter bensin ada masalah coba dilihat ada titik biru ga di bawah, kalo udah biru berarti filter bensin udah versi revisi. Kalo merah coba diklaim, filter bensin yg merah supply bensin ke karbu-nya seret jadi mesin masih suka mati2.
OK met pake SZ, ikut gabung ke mailing list Yamaha Scorpio Bro:
[email protected]
Ttg knalpot nembak liat ke situs resmi yamaha ada tipsnya:
http://www.yamaha-motor.co.id/tips-deta ... ID_TIPS=20
ini aku copy paste di sini:
Kalo mau nunggingin scorpio bisa beli connecting rod (rod arm) hasil bikinan anak2 YSC or di bengkel ACI juga ada. Atau bisa ke bengkel Paul Motor Depok di sono juga bikin.Menghindari suara nembak Scorpio
Menghindari Suara Nembak dari knalpot Scorpio..!!!
Bagi pemilik motor Scorpio, terkadang akan terdengar suara meledak di knalpot saat mengurangi kecepatan dengan melepas gas. Hal ini bisa terjadi pada motor 4 Tak 1 cylinder dengan volume mesin diatas 150cc. Nembak di knalpot utamanya adalah karena kegagalan pembakaran di ruang bakar sehingga gas yang tidak terbakar tadi akan terbakar dengan sendirinya saat berada di ruang knalpot. Tidak terbakar disebabkan dari campuran yang terlalu miskin. Dan jika volume mesin semakin besar, maka efek timbulnya gas tidak terbakar tadi juga semakin besar.
Untuk mengurangi gejala suara nembak dari motor Scorpio Anda, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan ;
1. Saat mengurangi kecepatan tutuplah handle gas secara perlahan, jangan langsung menutupnya dengan cara mendadak. Atau bisa sesekali melakukan meâ€Âracing†1 kali saat putaran mesin turun. Penutupan secara mendadak akan meningkatkan tingkat kevakuman di saluran Hisap yang tinggi, sehingga kadar campuran menjadi berubah secara tiba-tiba.
2. Stel putaran Pilot Screw (bahasa Bengkelnya : Stelan Angin), sesuai Standar. Untuk Motor ber CC besar seperti Scorpio, Putaran Pilot Screw yang dianjurkan adalah antara 3 – 3,5 putaran.
3. Stel Celah Klep sesuai standart. Stelan Klep yang tidak tepat (terlalu rapat), dapat memicu timbulnya suara ledakan dari knalpot. Celah Klep Standar untuk Scorpio adalah : - Hisap = 0.08 mm, Buang = 0,13 mm.
4. Periksa kevakuman di saluran Hisap (In manifold) dan Buang (Ex Manifold). Kevakuman yang tidak baik pada saluran Hisap dan Buang dapat mengakibatkan kadar campuran terganggu sehingga memicu timbulnya ledakan di saluran knalpot.
5. Periksa celah busi. Celah busi standar untuk Scorpio adalah 0.6 – 0.7 mm, mesin 4 Tak ber CC besar seperti Scorpio celahnya harus lebih rapat dari motor 4 Tak ber CC sedang atau kecil. Untuk itu jaga dan usahakan celah businya agar tidak melewati standart.
6. Jaga Oktan Bensin. Usahakan untuk selalu mengisi bensin Scorpio anda ditempat SPBU kepercayaan. Yang anda yakinkan bahwa SPBU tersebut tidak mencampur bensinnya dengan minyak tanah, air dan lainnya. Karena perubahan nilai oktan bensin yang digunakan dapat memicu timbulnya ledakan, bensin yang digunakan cukup premium saja.
Oh iya untuk SZ pertama2 keluar filter bensin ada masalah coba dilihat ada titik biru ga di bawah, kalo udah biru berarti filter bensin udah versi revisi. Kalo merah coba diklaim, filter bensin yg merah supply bensin ke karbu-nya seret jadi mesin masih suka mati2.
OK met pake SZ, ikut gabung ke mailing list Yamaha Scorpio Bro:
[email protected]
Warte nur Balde