Kebijakan industri otomotif pada APM yg punya pabrik vs APM impor murni

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Kebijakan industri otomotif pada APM yg punya pabrik vs APM impor murni

Post by Turboman »

as subject

Sebetulnya pada setiap negara adalah hal yg lumrah utk lebih memproteksi produk2 yg dihasilkan industri dalam negeri (PMDN / PMA) ketimbang yg import murni, agar persh besar mau investasi di negara tsb

Tapi utk di Indonesia, pabrikan mobil yg ada semua adalah PMA, nggak ada yg merek domestik asli.

Demikian juga di Thailand.

di Thailand mobil2 buatan negara ASEAN lain juga sulit utk bisa berkompetisi melawan mobil2 yg buatan lokal (walau sesama merek Jepun), data penjualan mobil2 di Thai dr merek dan type bisa diliat di headlightmag.com

Now Indonesia

Awal tahun 2016 muncul "korban" 1 APM

Baca2 berbagai opini publik, nggak sedikit yg berpendapat bahwa hal tsb mungkin saja terkait kebijakan proteksi thd APM yg punya pabrik di Indonesia (kata orang2 lhoo ya). Selain APM tsb juga gak punya jenis produk yg "purely local taste"......I very agree with meneer NR.

Dan yang lucu nya di Indonesia juga APM besar dan kuat nggak pernah ada kasus, semua mulus, berbeda dgn di negara lain, merek besar otomotif biasanya pernah kena denda / penalty atau sering ada recall besar2-an, di kita recall jarang bgt or sesekali ada silent recall.

Bagaimana menurut pendapat kawan2 ?

Monggo........
* Bukan ajakan Beli *
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Kebijakan industri otomotif Indonesia antara APM yg punya pabrik vs impor murni

Post by martinnn »

kanzen aja merek lokal dan asli indon juga disuntik mampus...

apalagi bicara roda 4 ... mobil listrik dahlan iskan aja disuntik mampus juga

yah mungkin memang cuma dikasih jatah produksi mobil buggy dan mobil golf saja


mendingan itu mobnas, rebadge aja dari proton , kasih nama wayang auto indonesia

proton exora rebadge jadi ramayana
proton wija rebadge jadi pandawa
proton preve jadi whateverlah

lalu bkin mou mobil dinas pemerintahan harus pake wayang auto ini.... pabrik minta hibah tanah dari swasta


50% shortcut to have our own national car
:big_biglaugh:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Kebijakan industri otomotif pada APM yg punya pabrik vs APM impor murni

Post by g4ndalf »

APM omzet gede, budget buat ngelobi juga gede.... gitu aja sih menurut saya.

Bicara otomotif Indonesia, tak lepas dari Jepang. Buat yg sudah pernah merasakan 'servis' persh Jepang tentu tau, orang Jepang itu kalau menjamu tamunya nggak tanggung2. Kalau tamu VIP nggak pernah mereka kasih tiket ekonomi, selalu business. Dan org Jepang itu sopaaannn sekali, lain sama bule, kalo bule ada kesan sombong2nya. Nah, menurut saya 'lobi' inilah yg berpotensi 'membiaskan' pandangan para lawmakers. IMHO, servis persh2 Jepang yg all out ini sangat 'membuai' itulah kenapa berjaya di Indonesia.

Padahal waktu menjajah Indonesia, Jepang itu kejamnya jauhhh lebih kejam ketimbang Belanda. Tapi agaknya elit kita sudah lupa atau tdk mau tau. But this is history.

Anyway, IMHO persh2 bule cenderung saklek, mereka fokus ke deal, nggak fokus ke hal2 yg plus2 gitu. Karena quite frankly, it's bordering on graft. Inget gak kasus persh Inggris yg ketangkep krn korupsi nyogok org dalem Pertamina. Di Jepang gak bakal ketauan... Rapett kaya perawan kalo di sana... wkwkwk

Nah, untuk kereta cepat, Jepun kalah sama China, ini babak baru. Mungkin China lebih 'gila' lagi lobinya.... hehehe
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kebijakan industri otomotif pada APM yg punya pabrik vs APM impor murni

Post by kunaskun »

Turboman wrote:as subject

Sebetulnya pada setiap negara adalah hal yg lumrah utk lebih memproteksi produk2 yg dihasilkan industri dalam negeri (PMDN / PMA) ketimbang yg import murni, agar persh besar mau investasi di negara tsb

Tapi utk di Indonesia, pabrikan mobil yg ada semua adalah PMA, nggak ada yg merek domestik asli.

Demikian juga di Thailand.

di Thailand mobil2 buatan negara ASEAN lain juga sulit utk bisa berkompetisi melawan mobil2 yg buatan lokal (walau sesama merek Jepun), data penjualan mobil2 di Thai dr merek dan type bisa diliat di headlightmag.com

Now Indonesia

Awal tahun 2016 muncul "korban" 1 APM

Baca2 berbagai opini publik, nggak sedikit yg berpendapat bahwa hal tsb mungkin saja terkait kebijakan proteksi thd APM yg punya pabrik di Indonesia (kata orang2 lhoo ya). Selain APM tsb juga gak punya jenis produk yg "purely local taste"......I very agree with meneer NR.

Dan yang lucu nya di Indonesia juga APM besar dan kuat nggak pernah ada kasus, semua mulus, berbeda dgn di negara lain, merek besar otomotif biasanya pernah kena denda / penalty atau sering ada recall besar2-an, di kita recall jarang bgt or sesekali ada silent recall.

Bagaimana menurut pendapat kawan2 ?

Monggo........
kan udah rahasia umum pabrikan gede itu asosiasinya kaya kartel :big_peace:

sisanya? indo ya mesin duit uda itu aja. kapan lagi bikin pabrik jualan pasti jalan ratusan ribu unit setahun. ga diganggu kiri kanan pula. bisnis hampir ga ada persaingan.

lagian indo tiap ganti presiden or menteri ganti pejabat. ya ngapain cape2 bikin merek sendiri. ada merek sendiri kaya ada yg mau beli aja, di indo kan lucu, sana teriak cinta produk lokal sini ga mau beli produk lokal ga keren maunya import :big_peace:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kebijakan industri otomotif pada APM yg punya pabrik vs APM impor murni

Post by newrubble »

ini bicara

siapa dagang pakai warung (masak on site) vs siapa dagang asongan (modal kaki, shoulder n teriak teriak)

coba diliat .... siapa yg duluan brangkat haji?
coba diliat .... siapa yg cepat ganti profesi?
veyvez
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50

Re: Kebijakan industri otomotif pada APM yg punya pabrik vs APM impor murni

Post by veyvez »

Kalo toyota honda.. Mrk menyesuaikan dgn masyarakat sini.. Contoh avanza mobilio. Ford tdk. Mereka main impor sj apa yg dianggap bakal laku.

Btw om rubble, itu maksudnya kalo tukang sate yg jalan bisa pesen tanpa tomat, pedes, dll?
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"

biar cepat asal selamat~
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kebijakan industri otomotif pada APM yg punya pabrik vs APM impor murni

Post by newrubble »

whatever ..namanya juga ke(tidak)bijakan govt in informal state/republic

gerak sesuai wind direction n fruit season

isinya smua org lab ... keen to experiment n u r all just a bunch of their rabbits (not to say ... white mouses)...

selain di indo mana ada tempat lain public officials punya academic title MBA ... adanya MPA

tempat lain .... apa ada public service yg bisa dijadi business commodity?

sy tdk bicara black african failed states ya