Terjebak Macet di Jalan Tol???
- Santai aja... kalau perlu rebahin jok dan molor dulu satu sesi... (maksudnya kalau ketemu Rest Area loh ya...)
- Bila ada Janji, telp ke pihak YBS nyatakan keterlambatan atau sekalian Re-schedule janji.
- Nyalakan Radio, sukur - sukur dapet info kemacetan di tol atau setidaknya ada hiburan ga kesepian apalagi kalau nyetir sendirian.
- Paling asik setel Musik kesukaan dan joget ria sendiri dalam mobil... Manfaatnya??? Selain menghibur diri bisa juga menghibur orang lain yang melihat aksi anda.... Percayalah... Hal - hal baik dan keceriaan itu biasanya menular...
Agar terhindar dari Macet di tol???
- Jangan nyetir dan menggunakan Jalan Tol... (Ini paling efektif... jaminan uang kembali)... Selama anda masih mau menyetir apalagi di Ibu kota... maka macet itu adalah paketan tak terpisahkan...
- Berangkat jauh lebih awal dan pulang jauh lebih larut...
- Nyalain GPS buat milih - milih jalur... Kalau jam nya macet ini mah ga ngefek karena jalanan "Merah" semua...
Mau pindah Jalur pas macet???
Saran saya mending tidak usah pindah jalur karena berdasarkan pengalaman bedanya ga bakalan jauh... Memaksa pindah jalur untuk maju satu atau dua mobil cuma memperparah kondisi kemacetan (Boleh percaya boleh tidak) dan itu merupakan bukti ketidaksabaran dan keegoisan pengemudi. Kenapa? Pada saat pindah jalur di tol saat macet... berarti kita sudah memakan jatahnya orang lain buat jalan... Sabar saja sedikit, akan tiba jatahnya kita buat jalan dan biasanya ga beda jauh ama lane sebelah yang uda jalan Kecuali.... Macetnya kelamaan trus pengemudi mobil sebelah ketiduran dan mobil depannya uda jalan nah... itu boleh dah pindah jalur.
Kalau benar - benar harus pindah jalur??? (Misal ada tabrakan beruntun atau Trailer Keguling di depan seperti di Film2 Action Hollywood)
Mau pindah jalur dengan aman dan efektif???
- Pastikan jarak anda aman untuk masuk (jarak mobil di lane sebelah cukup luas) L
- Langsung "banting" stir anda dengan sedikit "nyodok" sehingga bonet mobil anda dalam sepersekian detik sudah "memakan" 1/2 - 3/4 jalur sebelah...
- Baru nyalakan Sein atau "ngasi Tangan" (kalau sein nya kebetulan mati)
*Lakukan hanya dalam kondisi yang benar - benar diperlukan* *Resiko Tanggung Sendiri*
Menyalakan Sein dulu sebelum memutar stir terbukti sangat tidak efektif karena mendadak mobil di lane sebelah bahkan yang jauh di belakang anda akan jadi "terburu2", punya kepentingan, Gas Pol dan berusaha menutupi jalan anda...
* Selamat datang di negeri BarBar dimana pengguna jalannya masih menganut konsep "Senang Liat Orang Susah... Susah Liat Orang Senang"*
Just IMHO based on pengalaman seorang sopir kampung, Mohon maaf bila ada kata - kata yang kurang berkenan...
*Salam*
