Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Mar 01, 2016 3:55
Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Salam Kenal para suhu di Seraya Motor...
Saya langsung to the point aja ya ...
Saya punya Innova Diesel Matic2007, odometer saat ini sekitar 95 ribu km, dan saat ini lagi mengalami "masalah" berikut :
1. Di pagi hari, kalo distater langsung nyala, TAPI mesin cuma nyala sekitar 2 detik aja, terus mati lagi
2. Untuk hidupin mesin lagi, harus di stater panjang, biasanya 2x stater panjang baru hidup
3. Setelah nyala, maka seharian itu stater mesin normal saja seperti biasa, tidak pernah susah stater lagi
4. Ke esokan harinya, maka gejala di No. 1 dan 2 akan selalu terulang kembali
Perawatan yang sudah dilakukan :
1. Ganti Filter Solar + FIlter Udara
2. PURGING Liqui Moly
3. Oli + Filter Oli belum lama diganti ( sekitar 1.000 km )
4. AKi juga belum lama diganti ( sekitar 4 bulan )
Apakah ada suhu-suhu disini yang pernah mengalami hal seperti saya ?
Kira-kira apanya ya yang harus diganti / diperbaiki ?
Mobil rencana mau saya bawa ke bengkel, tapi takut orang bengkel maen suruh ganti ini itu, padahal belum tentu itu masalahnya...
Makanya saya bertanya di forum ini, supaya tidak sesat di jalan dan tidak ditipu "oknum bengkel" ... hehehe...
Terima kasih untuk inputan nya ya suhu....
Saya langsung to the point aja ya ...
Saya punya Innova Diesel Matic2007, odometer saat ini sekitar 95 ribu km, dan saat ini lagi mengalami "masalah" berikut :
1. Di pagi hari, kalo distater langsung nyala, TAPI mesin cuma nyala sekitar 2 detik aja, terus mati lagi
2. Untuk hidupin mesin lagi, harus di stater panjang, biasanya 2x stater panjang baru hidup
3. Setelah nyala, maka seharian itu stater mesin normal saja seperti biasa, tidak pernah susah stater lagi
4. Ke esokan harinya, maka gejala di No. 1 dan 2 akan selalu terulang kembali
Perawatan yang sudah dilakukan :
1. Ganti Filter Solar + FIlter Udara
2. PURGING Liqui Moly
3. Oli + Filter Oli belum lama diganti ( sekitar 1.000 km )
4. AKi juga belum lama diganti ( sekitar 4 bulan )
Apakah ada suhu-suhu disini yang pernah mengalami hal seperti saya ?
Kira-kira apanya ya yang harus diganti / diperbaiki ?
Mobil rencana mau saya bawa ke bengkel, tapi takut orang bengkel maen suruh ganti ini itu, padahal belum tentu itu masalahnya...
Makanya saya bertanya di forum ini, supaya tidak sesat di jalan dan tidak ditipu "oknum bengkel" ... hehehe...
Terima kasih untuk inputan nya ya suhu....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Kuras tangki mngkn perlu om..mampet di filter screen dalemnya..cmiiw
2015 - 2KD
2024 - K15B
2024 - K15B
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Kedengaran seperti kurang supplysolar ya om, coba pagi2 sebelum start, dipompa dulu filter solarnya sampai pejal...kalau langsung bisa nyala normal brarti selama mesin mati semalan ada kemungkinan solar mengalir balik ke tangki, penyebabnya mungkin ada bocor halus di selang2 solar atau rumah filter..
Mungkin teman2 yg lbh ahli bisa menambahkan....
Colek om turbo....
Mungkin teman2 yg lbh ahli bisa menambahkan....
Colek om turbo....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Kalo mesin dingin kadang suka gitu kok om...
Kalo masalahnya bukan karena dingin..
Coba om baca dibuku manual tentang pompa solar. Yang keisi air atau anginan siapa tau akibat anginan solar susah masuk.... Coba pompa" aja pakek tangan pompanya sampe pejal..
kalo gak bersihin fuel pumpyaaa, kalo gak kuras tangki. Bersihin injector pakek cara italian tune up.... ajak mobil jalan lalu gas rata lantai sesekali... main di rpm tinggi..
Cmiiw yaaa
Kalo masalahnya bukan karena dingin..
Coba om baca dibuku manual tentang pompa solar. Yang keisi air atau anginan siapa tau akibat anginan solar susah masuk.... Coba pompa" aja pakek tangan pompanya sampe pejal..
kalo gak bersihin fuel pumpyaaa, kalo gak kuras tangki. Bersihin injector pakek cara italian tune up.... ajak mobil jalan lalu gas rata lantai sesekali... main di rpm tinggi..
Cmiiw yaaa
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
perawatan dari baru gimana ?
udah kuras tangki ?
kondisi glow plug gimana ?
udah kuras tangki ?
kondisi glow plug gimana ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Dec 27, 2015 7:49
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Dicoba, pada pagi hari sebelum start di pompa dulu pompa solarnya sampai padat, kemudian dicoba start, kalau mesin tidak mati lagi, berarti ada kebocoran halus selang sedot solar dari tangki ke filter solar.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Mar 01, 2016 3:55
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Tangki memang belom dikuras.. nanti coba dikuras deh..dieselman228 wrote:Kuras tangki mngkn perlu om..mampet di filter screen dalemnya..cmiiw
shale shaker wrote:Kedengaran seperti kurang supplysolar ya om, coba pagi2 sebelum start, dipompa dulu filter solarnya sampai pejal...kalau langsung bisa nyala normal brarti selama mesin mati semalan ada kemungkinan solar mengalir balik ke tangki, penyebabnya mungkin ada bocor halus di selang2 solar atau rumah filter..
Mungkin teman2 yg lbh ahli bisa menambahkan....
Colek om turbo....
Saya sudah coba sarannya dan .... IT WORKS...andyjaya5758 wrote:Dicoba, pada pagi hari sebelum start di pompa dulu pompa solarnya sampai padat, kemudian dicoba start, kalau mesin tidak mati lagi, berarti ada kebocoran halus selang sedot solar dari tangki ke filter solar.
Mesin bisa lanngsung start dan tidak mati-mati lagi....
Berarti ada kebocoran halus ya di saluran solarnya ?
Perawatan dari baru :Turboman wrote:perawatan dari baru gimana ?
udah kuras tangki ?
kondisi glow plug gimana ?
- Rutin Purging tiap 25.000 - 30.000 km
- Aditif solar ( tidak selalu pakai )
- Tangki belum dikuras
Cara ngecek Glow Pug nya gimana ya, Om Turbo ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Gila dr 2007 sampe skg belum pernah kuras tangki.....ckckckck......
Kuras cepetan tuh boss, filter screen di fuel sender-nya pasti dah mampat !
Kuras tangki di BeRes juga bisa, mestinya biaya gak sampe 200 rb
Ipah 2KD - 2006 saya aja udah 2X kuras tangki....setiap 70 - 80 rb Km
Kuras cepetan tuh boss, filter screen di fuel sender-nya pasti dah mampat !
Kuras tangki di BeRes juga bisa, mestinya biaya gak sampe 200 rb
Ipah 2KD - 2006 saya aja udah 2X kuras tangki....setiap 70 - 80 rb Km
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Dec 27, 2015 7:49
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Coba cek selang solar yang sering di lepas pasang waktu purging, juga cek rumahnya, barangkali ada yang retak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
fuel line ada yang leak tuh kemungkinannya coba di cek deh ada rembesan ga diantara pipa dan injectornya..biasanya disitu yg bocor. innova d4d gue dulu jg pernah bocor...
bisa di confirm pake scanner yg bisa nyambung ke toyota... dulu gue service di beres mereka KEKEUH gak mau colok scanner.. katanya kl gak ada engine check light ngapain di colok... akhirnya gue nemu bengkel non-beres yg scannernya support toyota... dan di scan deh.. (dan akhirnya gue punya jg kabel dan software buat di pc).. ada juga koq service manual buat 2KD/1KD diagnosa2 nya.. parameter2 yg normal itu brp, cara ngeceknya gimana.. dkk... udah lama ga punya innova sih jd gue dah lupa deh itu dapetnya dimana...
ini ada bbrp foto tampilannya
bisa di confirm pake scanner yg bisa nyambung ke toyota... dulu gue service di beres mereka KEKEUH gak mau colok scanner.. katanya kl gak ada engine check light ngapain di colok... akhirnya gue nemu bengkel non-beres yg scannernya support toyota... dan di scan deh.. (dan akhirnya gue punya jg kabel dan software buat di pc).. ada juga koq service manual buat 2KD/1KD diagnosa2 nya.. parameter2 yg normal itu brp, cara ngeceknya gimana.. dkk... udah lama ga punya innova sih jd gue dah lupa deh itu dapetnya dimana...
ini ada bbrp foto tampilannya
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Jul 27, 2018 23:52
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Innova diesel 2011
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Selamat pagi,
Sy ingin bertanya, ipah diesel mt sy td malam tiba2 mati sendiri seperti kehabisan solar, padahal d indikator 1 kotak lagi. Sy coba start sambil d pompa bisa hidup tapi setelah 100 meter mati total n d pompa juga gak ada ngeluarkan solar lagi. Sy isi sampai setengah tangki, baru bisa hidup ni ipah nya, masalahnya dmn ya suhu2, indikator lampu habis minyak blom hidup tapi kok bisa kehabisan solar ya, n tenaganya drop. Mohon pencerahan suhu2 sxan,
Sy ingin bertanya, ipah diesel mt sy td malam tiba2 mati sendiri seperti kehabisan solar, padahal d indikator 1 kotak lagi. Sy coba start sambil d pompa bisa hidup tapi setelah 100 meter mati total n d pompa juga gak ada ngeluarkan solar lagi. Sy isi sampai setengah tangki, baru bisa hidup ni ipah nya, masalahnya dmn ya suhu2, indikator lampu habis minyak blom hidup tapi kok bisa kehabisan solar ya, n tenaganya drop. Mohon pencerahan suhu2 sxan,
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Sep 18, 2022 17:45
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: mobil
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
bisa dijekaskan bagian mana selang solar yang bocor ??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1662
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Innova Diesel Susah Start di Pagi Hari
Klo saat mesin dingin susah. Perkiraan saya di glow plug. Mesin diesel butuh ini untuk memanaskan ruang bakar.
Coba waktu start tahan dulu d posisi ACC 10-15detikan. Setelah itu starter
Coba waktu start tahan dulu d posisi ACC 10-15detikan. Setelah itu starter
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C