(Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rachmanmoss
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 22, 2016 15:15

(Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by Rachmanmoss »

Selamat Pagi Dan salam kenal rekan SMers

Maaf bukannya mau bikin trit baru dan tidak.mah baca trit sebelumnya.cm saya pengen fokus ke problem vantrend saya.
To the point
Saya baru ngangkat Vantrend 1993.masih belum PW PS.
Kesan pertama starter mobil langsung jreng.ngakunya dinamo starter diganti copotan mercy (ga tau tipe apa).
Trus saklar kunci starter dibuat lagi (bawaanya kayaknya ga fungsi.jd yang baru dibuat kayak dicantolin kabel gitu). So far starteran ga masalah.
-Untuk indikator nyala ini yang saya agak bingung. Indikator aki pas mobil jalan masih nyala.ubek2 google blgnya ada trouble sama dinamo ampere ?.kalau pas jalan malam lampu redup2 ga jelas.in case VT saya.lampu headlamp dan dim terang terus. Cuma klakso mati (kabelnya dicabut). In case VT saya apa dinamo ampere bermasalah ?.baca2 di forum dan blog VT dinamo ampere bisa subtitute sama zebra / espass.tapi yang tahun berapa dan apa plug and play ga perlu modif apa2 ?
- AC mati.saya bawa ke ahli AC pas di cek kompresor ngorok.oke lah saya ganti baru merk 'nyinden'. Belum di cek lg selang2 nya.dryer atau parts AC lainnya.saya inapkan VT nya biar bs hidup dan dingin
- Kaki kaki..ya spt masalah utama VT.kaki belakang ga bunyi ato oblak.saya rasa aman.kaki depan berisik klontang2 pas di jalan.cm ni mobil narik ke kanan terus kalau saya lepas setir.mungkin sudah waktunya betulin onderstel.joint kopel yah ?.katanya bisa subtitute joint kopel espass jg ?.apa plug and play ?.
-mesin oke.kering dan sepenglihat saya ga ada rembes2 an.diajak lari di tol bs nyentuh 100.cm.ndak berani lebih mengingat kaki2 depan oblak dan indikator aki nyala terus

Posisi saya di Surabaya.

Nah yang mau saya tanyakan
1.untuk indikator aki nyala terus.apa saya harus ganti ?.subtitute dengan espass apa plug and play?
2.masalah kaki juga sama apa bisa subtitute espass dan plug and play?.bengkel onderstell rekomended di sby yang bagus dan harga miring dimana yah ?
3.masalah kabel dan kelistrikan.semrawut.ada jumper sana sini.saya mau rapikan saja dan buang kabel sekiranya ga dibutuhkan.ahli kabel dan kelistrikan area surabaya dmn yg bagus dan agak miring harganya ?.

Sekian dulu
Mohon bantuan rekan SMers
Secara saya ga seberapa ngerti ilmu permesinan dan permobilan.
Terima kasih
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: (Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by solar_kerosen »

coba bawa ke beres mazda bro , tanya kira kira berapa biayanya ? :wkkk: :mky_01: :mky_02:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: (Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by dsign1990 »

jangan lah , bisa2 abis biaya setengah harga mblnya
mending cari thread vantrend di kaskus/modcom atau buka milis Dan web clubnya ( kalau ada )
kalau bisa nemu nomor kontak anggota klub Di milis tsb enak banget tuh buat tanya2, asal nggak nemu yg nyambi jualan part aja , suka nakutin ujung2nya yg beginian mah
tapi masalah onderstel & kelistrikan sih gak usah ke spesialis merk , masalah ginian saya pernah kejadian Di BMW tua saya yg bisa diselesein sama spesialis umum ( bkn merk tertentu ) tinggal nanya2 teman / tetangga aja
Rachmanmoss
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 22, 2016 15:15

Re: (Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by Rachmanmoss »

dsign1990 wrote:jangan lah , bisa2 abis biaya setengah harga mblnya
mending cari thread vantrend di kaskus/modcom atau buka milis Dan web clubnya ( kalau ada )
kalau bisa nemu nomor kontak anggota klub Di milis tsb enak banget tuh buat tanya2, asal nggak nemu yg nyambi jualan part aja , suka nakutin ujung2nya yg beginian mah
tapi masalah onderstel & kelistrikan sih gak usah ke spesialis merk , masalah ginian saya pernah kejadian Di BMW tua saya yg bisa diselesein sama spesialis umum ( bkn merk tertentu ) tinggal nanya2 teman / tetangga aja
Iya bro kalo bawa ke beres mazda pasti abis banyak

Tadi beresin ac nya.ganti kompresor.adeemm banget menggigil
Pake jalan jalan.ngeliatin temperature mesin naik tapi ga nyentuh setengah.kondisi jalan lumayan padat.
Pas pulang parkir tiba2 di dalam mesin bunyi mendesis kayaknya kompresor bocor.freon keluar semua.
Padahal kompresor baru...
Kenapa bisa gitu ya ?.apa karena kepanasan ?.soalnya dr bengkel ac nya udah wanti2 kipas radiator kok muternya kurang banter.ngefek ke sistem ac nya nanti
Besok rencana tak balikin ke bengkel AC biar di cek lagi apa penyebabnya.
Terduga tersangka kipas radiator yang kurang kenceng.extra fan muter jadi ga masalah kayaknya.

Tinggal dinamo ampere ini...bisa tekor aki gan...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11053
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: (Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by marmut »

1. periksa dulu pengisiannya pakai ampere meter. kalau cuma carbon brush/kul yang sudah pendek, nggak perlu ganti 1 unit alternator. biaya jadi lebih murah.
kalaupun mau ganti alternator, jangan terpaku dengan "punya mobil x" atau "punya mobil anu". yang utama adalah bracket sama persis dan kemampuan menghasilkan listrik (amper) minimal sama dengan yang lama. masalah soket kabel bisa diakalin, nggak perlu dipermasalah.

2. kenapa harus punya espass? apa disana ngga ada parts vantrend?
mobil ini paling gampang rusak bushing idler arm dan pitman arm-nya karena "hanya" dari plastik tipis. harganya nggak terlalu mahal.
setir narik kanan ngga ada urusan dengan joint koppel cak..... koppel stang gunanya meneruskan daya dari gearbox ke roda belakang.

kalo setir narik ke satu sisi coba diperiksa tekanan angin ban, kondisi ball joint, bushing arm, sampai geometri roda (spooringan).

semoga membantu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11053
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: (Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by marmut »

solar_kerosen wrote:coba bawa ke beres mazda bro , tanya kira kira berapa biayanya ? :wkkk: :mky_01: :mky_02:
kenapa nggak kasih saran mobilnya dikiloin trus beli biante atau mazda 8?
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: (Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by nyotnyet »

Kaki2 coba bawa ke pjs om...deket ubaya sana...panjang jiwo spring...dateng pagi2 ya, karna selalu rame...
Rapikan kabel saya di mulyosari sana dulu waktu benerin kijang kapsul...tp masalah murah/mahal itu relatif ya om...

Soul Red zoom zoom
Rachmanmoss
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 22, 2016 15:15

Re: (Help) mazda Vantrend dan probelamtikanya

Post by Rachmanmoss »

marmut wrote:1. periksa dulu pengisiannya pakai ampere meter. kalau cuma carbon brush/kul yang sudah pendek, nggak perlu ganti 1 unit alternator. biaya jadi lebih murah.
kalaupun mau ganti alternator, jangan terpaku dengan "punya mobil x" atau "punya mobil anu". yang utama adalah bracket sama persis dan kemampuan menghasilkan listrik (amper) minimal sama dengan yang lama. masalah soket kabel bisa diakalin, nggak perlu dipermasalah.

2. kenapa harus punya espass? apa disana ngga ada parts vantrend?
mobil ini paling gampang rusak bushing idler arm dan pitman arm-nya karena "hanya" dari plastik tipis. harganya nggak terlalu mahal.
setir narik kanan ngga ada urusan dengan joint koppel cak..... koppel stang gunanya meneruskan daya dari gearbox ke roda belakang.

kalo setir narik ke satu sisi coba diperiksa tekanan angin ban, kondisi ball joint, bushing arm, sampai geometri roda (spooringan).

semoga membantu.
Wah terima kasih infonya.coba nanti saya periksakan dinamo ampere nya. Rada ngeri jg kalau harus ganti baru. Semoga tidak ada kerusakan parah.

Untuk setiran tekanan angin ban normal.kalau saya perhatikan dari depan dan samping memang ga simetris antara roda depan dan belakang.
Selain onderstel juga perlu spooring rupanya vantrend ini

Rencana masang power steering.tapi setelah urusan kaki beres dulu.
Saya coba jalan kan saran saran master disini dulu.
Dan coba main ke PJS nya juga

Terima kasih sebelumnya