Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi Sepeda Motor

Untuk tipe - tipe motor lainnya.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Riders002
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jul 27, 2016 2:56

Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi Sepeda Motor

Post by Riders002 »

Fungsi dari fuelfump di sepeda motor injeksi sangat lah penting terus gimana sih perawatan nya biar tetap aman dan gak cepet rusak? ini nih caranya...

Image

pergunakan kualitas bahan bakar yang baik sob. trus periksa di 3/4 bulan keadaan tangki bahan bakar apakah bersih/tercemar air. nah untuk pengecekan tekanan bahan bakar lo perlu ke bengkel resmi nih. apakah tekanan pompa bensin std atau dibawah std. Gejala yang terjadi pabila tekanan bahan bakar berkurang adalah motor selalu kosong pas ditarikan awal dan tengah selalu mau diurut.

gitu kira-kira solusinya, kalo lo punya tips perawatan Fuel Pump Injeksi lo bisa tambahin di komen sob :big_grin:


Salam saudara satu aspal
#unityteam
Last edited by imsus2c on Fri Sep 23, 2016 7:26, edited 1 time in total.
Reason: perjelas judul
EricSanjaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Thu Jan 23, 2014 5:56

Re: Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi

Post by EricSanjaya »

Thanks om infonya

Sent from my BBA100-2 using Seraya Motor mobile app
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 666
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi

Post by quyquy »

Kalo ane mah jng keseringan nunggu bensin ampe di level E alias empty.

Amannya tiap 1/2 tangki isi lagi sampe full tank. Dijamin awet itu fuel pump nya.

Paling tidak, kalo uda 1/4 cepet2 isi full tank lgi dah.
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi

Post by Hanggar »

Kalau mobil jarang dipake atau sering ngendon di garasi sebaiknya tanki BBM always FULL. Menghindari udara di dalam tangki yg mengembun saat udara dingin dan menjadi air di dalam tangki yg ujung2nya menimbulkan karat. Kecuali mobil2 yg tanki BBM nya terbuat dari bahan fiber/sejenisnya yg anti karat => tinggal masukin aditif water removal utk menjaga/mengurangi kadar air di tangki.

Kalau mobil nya saban hari wira-wiri resikonya lebih kecil karena rotasi BBM nya lebih cepat. Terutama sekali sih yaa memastikan BBM yg kita beli bagus kualitas atau beli di SPBU terpercaya.

Juga selalu cek kondisi filter BBM (ada yg diluar dan ada yg didalem tangki) . . . kalo byk kotoran/debu brarti tangki mulai tercemar dan perlu dikuras utk perawatan jangka panjang. Saya pernah bikin satu fuel pump mwek Walbro mampet/rusak gara2 kotoran/rontokan karat dari tangki mobil . . . hahahaha.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi

Post by daftar »

kalo saya baca tips dari TS solusinya pergi ke bengkel resmi ya :big_grin:
:ngacir:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi

Post by b8099ok »

Itu memonitor kinerja, bukan merawat. Beda arti tu 2 kata.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi

Post by marmut »

periksa fuel pressure ngapain ke bengkel? belum tentu mekanik beres di indo ngerti dan punya alatnya. bikin aja sendiri, beli pressure gauge sama selang hi pressure dan dirakit sendiri. anytime butuh atau ada temen butuh bisa langsung pasang.
mau dipasang permanen di kendaraan juga bisa.
Riders002
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jul 27, 2016 2:56

Re: Ini Cara Merawat Fuel Pump Injeksi

Post by Riders002 »

daftar wrote:kalo saya baca tips dari TS solusinya pergi ke bengkel resmi ya :big_grin:
gak harus ke bengkel resmi kok bro, bengkel biasa juga boleh. mungkin bagus ke mekanik yang kenal/udah terbukti bagus, lebih bagus lagi kalo emang mekanik emang yg biasa megang motor kita :big_peace:
b8099ok wrote:Itu memonitor kinerja, bukan merawat. Beda arti tu 2 kata.
dikoreksi aja kalo ada kata-kata yang salah bro :big_deal:
marmut wrote:periksa fuel pressure ngapain ke bengkel? belum tentu mekanik beres di indo ngerti dan punya alatnya. bikin aja sendiri, beli pressure gauge sama selang hi pressure dan dirakit sendiri. anytime butuh atau ada temen butuh bisa langsung pasang.
mau dipasang permanen di kendaraan juga bisa.
makasih tambahannya bro :big_deal: