Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 29 Sep 2017, 18:02
Location: Bandung

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by piraku »


ChZ wrote:
piraku wrote: ↑25 Feb 2020, 15:52

Bukannya emg yg disebut traction control itu mengatur torsi ya? Kalau open diff biasa kan emg kalau roda sebelah hilang traksi dan sebelah lagi dapet traksi, karena ga ada yg ngatur otomatis torsi malah disalurkan ke roda yg bebas atau roda yg hilang traksi, alhasil mobil diem aja karena bukannya nyalurkan ke roda yg dapet traksi malah ke roda yg stuck. Tp kalau ada traction control, saat terdeteksi ada roda yg hilang traksi otomatis dilakukan braking pada roda yg hilang traksi sehingga torsi lari ke roda yg dapet traksi. Bukannya lsd pun prinsip kerjanya mirip gitu ya? Beda lagi sama diff lock yg bener bener kunci roda kanan kiri sehingga rotasi bener bener persis, torsi pun 50:50. Cuma ya emg open diff < TCS < LSD < diff lock untuk off road.
CMIIW jg, masih awam hehe.
Nah itu yg saya bilang tergantung systemnya om hehehe tiap mobil tcsnya beda beda. TCS di mbl2 generik jadi 1 ama modul ABS, jd fungsinya sebatas melakukan pengreman individual. Rekayasa sistem pengereman.

"Torsi lari ke roda yg dpt traksi" itu skenario yg terjadi klw mobilnya punya LSD oom. TCS itu sistem elektronik, sementara LSD itu barang mekanisnya. Di otomotif elektronik itu hanya supplementary. Di opendiff g ada komponen yg bisa "ngelock" roda sisi sebelahnya utk berputar.

Klw opendiff bisa split torque hanya bermodal TCS, ngga perlu repot bikin LSD atau locking diff oom... Hehehe.

TCS di mobil dengan opendiff spt sedan yg non offroad use itu hanya membantu reduksi oversteer/understeer dgn ngerem roda di salah satu sisi oom.
Maksud saya jg gitu ko om TCS ga akan bisa lock roda kanan kiri karena emg ga ada locker nya. Tp kalau kasusnya mau lolos dari sebelah roda yg stuck, cuma butuh roda sebelah lagi yg dapet traksi biar mobil gerak. Locker/diff lock kan cuma memastikan torsi ga lari semua ke roda yg least resistance/roda yg stuck, jadi torsi bisa kebagi rata dan roda yg punya traksi kebagian torsi. Karena open diff kelemahannya disitu, torsi malah disalurkan ke roda yg stuck/spin karena least resistance, sedangkan roda yg punya traksi malah dianggurin dan diem aja.
Sedangkan kalau ada TCS dia otomatis brake roda yg ga dapet traksi, alhasil torsi lari ke roda yg punya traksi karena ga di brake jadi least resistance.

Jadi memang akhirnya tetep ga akan bisa lock kanan kiri supaya seimbang. Mungkin roda yg stuck di kunci supaya torsi lari ke roda satu lagi yg ada traksi. CMIIW
User avatar
privatemember
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 04 Mar 2020, 08:13
Location: Java Island

Post by privatemember »

1. SUV ladder frame berbasis pikap (Fortuner/MU-X/Pajero Sport dkk) > Posisi duduk kayak jongkok di baris manapun, dibuat mejeng kondangan juga memalukan kalau turun/naik mobil (udah kayak turun dari perahu susahnya saking tingginya lantai kabin dari tanah), imej arogan di jalanan (heran, di tol yang paling ngotot ngebut tanpa takut keguling bukannya sedan, malah SUV ginian -,,-), radius putar terlalu besar.
Bahkan jika saya tinggal di pedalaman/medannya sulit, mending pakai Jimny (jika bukan orkay) atau LC80/100/200 / Patrol Y61/Y62 deh (jika orkay) πŸ˜…

2. Merek amerika dan cina > di era/tahun yang sama pasti paling boros BBM dibanding pesaing korea/jepang/eropa.

Selain itu, dari luxury brand sampai LCGC saya malah lebih sudi memilikinya :big_peace:
Last edited by privatemember on 05 Mar 2020, 16:03, edited 1 time in total.
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 04 Jul 2019, 23:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by AdmiralPhantom »

1. EV ato "mobil" listrik. Karena gak ada rasa mobilnya, menurut ane malah mirip hape dikasih roda. Suaranya juga gak indah dikuping gw, macam bor dokter gigi dan juga gw kaga suka design grille dan muffler dummy nya. :off_no:

2. Mobil China dan Korea. Kurang sreg aja sama brandnya entah kenapa.

3. LCGC. Bukan sombong atau gengsi, tapi karena stereotype bad driver sangat melekat pada mobil ini.

(No offense bagi owner ke-3 mobil yg ane sebutkan diatas) :big_peace:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by rendr »

POS VETT wrote: ↑01 Oct 2016, 19:14 Kategori mobil yang dihindari seperti penyakit

- Econobox
- Household-appliance type
- Wrong wheel drive
- Yang pakai CVT (Continuously Variable Transmission)
- Minivan/MPV

Kalau SUV masih dipilih-pilih. Pikap itu yang susah, karena gw cinta aspek praktis dan kegunaannya tapi benci driving dynamics-nya.

Sekarang ini 80% mobil2 gw masuk kategori 2-seater, RWD, transmisi manual, bobot relatif ringan, dan ceper.
Wah sama om..

Saya jg menghindari semua mobil CVT....
:big_peace:
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21409
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Turboman »

Kalo saya sih produk yang gak akan saya beli tergantung dari :
- Tahun kapan kita memutuskan mau beli produk tsb
- Bagaimana karakteristik produk yg masuk shopping list kita pada saat kita mau beli

Dunia ini selalu berubah

30 - 25 tahun yg lalu semua orang ditanya kalo belii TV pasti bilang pilihannya sekitar SONY / PANASONIC / TOSHIBA.......skg TV merek2 tsb apa kabarnya ?

20 tahun lalu HP paling bergengsi di Indo = NOKIA Communicator.........skg kemana kabarnya ?

Zaman akan selalu berubah...........






apshwn
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 597
Joined: 14 Oct 2016, 05:42

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by apshwn »

kalo saya gak akan beli LCGC karena gak kuat batin harus diisi BBM premium sesuai saran pemerintah
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by kompresorz »

Turboman wrote: ↑05 Mar 2020, 22:39 Kalo saya sih produk yang gak akan saya beli tergantung dari :
- Tahun kapan kita memutuskan mau beli produk tsb
- Bagaimana karakteristik produk yg masuk shopping list kita pada saat kita mau beli

Dunia ini selalu berubah

30 - 25 tahun yg lalu semua orang ditanya kalo belii TV pasti bilang pilihannya sekitar SONY / PANASONIC / TOSHIBA.......skg TV merek2 tsb apa kabarnya ?

20 tahun lalu HP paling bergengsi di Indo = NOKIA Communicator.........skg kemana kabarnya ?

Zaman akan selalu berubah...........
zaman berubah orang pun berubah....

dulu ababil fans sedan mercedes,lambo,ferari..pintu 2 lah pokoe....

liat dijalan gak ada rasa...ambyar...

skrg fans gerobak angkot... gak susahin diri...:big_weee:

:ngacir:
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 519
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ngalih »

Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by kompresorz »

cvt durabilitinya kurang om....startnya jg agak lemot...

tapi soal irit sih bagus...

jakarta medan gw jalan ampir 16 jam selama 3 hari...kena tuh cvt...

skrg masuk D bodi nyundul...setelah jalan sih normal...

gak bisa di servis...

krn kawan owner bmw anugrah bilang pake aja sampe mokat baru ganti ya udahlah sikat blehhh....


mknya pernah libas f30 pakein manual....wong noting to lose..biar ancur sekalian tuh transmisi... :big_biglaugh:


maklum alpad klo masuk manual beuhhhhh bus lintas sumatera tengah malam... :big_weee:


:ngacir:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5817
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by evolution21 »

ngalih wrote: ↑06 Mar 2020, 07:07 Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
kalo saya karena terasa membosankan, penyaluran tenaga terlalu linier, meski kenceng tp feelnya ga kenceng, n suka muncul dengung kl kickdown

tp balik lg ke selera, banyak jg kok yg suka karakter cvt
kebetulan aja dilingkungan sm banyak yg ga cocok

di keluarga saya, saya n istri ga suka cvt, tp ortu suka cvt naik xtrail betah.



Btw kalo pertanyaan ini muncul 10 tahun lalu, saya bakal masukin merk peugeot, soalnya pernah ngerasain gampang banget overheat
tp saat ini ane ada rasa kepengen beli tuh merk prancis
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 13 Feb 2020, 09:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by kandlcorp »

ini personal opinion kan?
duo av/xe, gatau kenapa istri sm gw ga demen aja.. walaupun keluarga istri toyotong minded
sama lcgc, kyknya rapuh aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

ngalih wrote: ↑06 Mar 2020, 07:07 Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
dulu saya jg termasuk yang cukup anti CVT...

tapi melihat perkembangan sekarang... gimana mau menghindari transmisi CVT... mobil AT sudah mulai punah. Pelan-pelan mobil mainstream ya ganti CVT semua.

Terus ngerasain CVT sekarang jg udah beda sama CVT jamannya Jazz GD3 dulu atau Xtrail T31 dulu (ngga berlaku buat wuling yah)... malah kadang sy abis kebiasa pake CVT pindah ke transmisi AT, memang respon awal lebih kontan, tapi kadang kalo dapet AT di mobil generik yang TCU transmisinya begok atau yang powernya pas-pasan... mending pake CVT tapi powernya gede.

CVT sendiri "rasa" nya beda-beda, sama spt AT dan DCT tiap merek yang "rasa" nya jg beda-beda. IMHO bilang AT atau DCT better than CVT udah ga relevan, semua serba komputer, kekurangan di powertrain bisa direduksi dengan fine tuning yang bagus di software... beberapa DCT yang ga fine tuned malah bikin stress daripada AT atau CVT yang fine-tuned.

kmrn kejar-kejaran ama golf MK6 tuned by GIAC tuning stage 1+ pake civic FK CVT tuned juga... assume power imbang 200hp-an, hrs diakui gw kedodoran di awal karena CVT respon awalnya jelek dan turbo lag (Golf MK6 TSI dualcharger jg jadi ketolong supercharger, doi udah ganti downpep non-CC gw belom). Tp begitu sampe RPM menengah gw baru bisa ngimbangin... berasa kedodorannya kalo sama-sama tarikan dari nol...

yang paling saya gedek itu yang sok sok anti CVT tapi test drive atau punya mobilnya aja nggak pernah.
Last edited by ChZ on 06 Mar 2020, 10:01, edited 3 times in total.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1468
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Herman7103 »

evolution21 wrote:
ngalih wrote: ↑06 Mar 2020, 07:07 Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
kalo saya karena terasa membosankan, penyaluran tenaga terlalu linier, meski kenceng tp feelnya ga kenceng, n suka muncul dengung kl kickdown

tp balik lg ke selera, banyak jg kok yg suka karakter cvt
kebetulan aja dilingkungan sm banyak yg ga cocok

di keluarga saya, saya n istri ga suka cvt, tp ortu suka cvt naik xtrail betah.



Btw kalo pertanyaan ini muncul 10 tahun lalu, saya bakal masukin merk peugeot, soalnya pernah ngerasain gampang banget overheat
tp saat ini ane ada rasa kepengen beli tuh merk prancis
Untuk matic CVT di mobil, saya pribadi cukup senang karena iritnya itu dgn driving style saya "" cocok "", always achived FC above 15 Km per liter dan selama 6 tahun pemakaian sampai sekarang perpindahan gearnya masih smooth (halus) tanpa kendala. Saya yakin matic CVT bisa tahan lama asal pergantian oli CVT nya menggunakan oli CVT yg direkomendasi pabrikan lebih cepat waktunya dibanding yg direkomendasikan manual book nya serta driving style nya halus. Untuk matic CVT di motor terbukti tahan banting rupanya karena punya saya dari tahun 2003 sampai sekarang matic CVT nya belum pernah ada problem selama pemakaian 17 tahun, dgn pergantian oli CVT standar pabrikan.
:glodak:
HR15DE 2014
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3409
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: ↑06 Mar 2020, 09:57
ngalih wrote: ↑06 Mar 2020, 07:07 Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
dulu saya jg termasuk yang cukup anti CVT...

tapi melihat perkembangan sekarang... gimana mau menghindari transmisi CVT... mobil AT sudah mulai punah. Pelan-pelan mobil mainstream ya ganti CVT semua.

Terus ngerasain CVT sekarang jg udah beda sama CVT jamannya Jazz GD3 dulu atau Xtrail T31 dulu (ngga berlaku buat wuling yah)... malah kadang sy abis kebiasa pake CVT pindah ke transmisi AT, memang respon awal lebih kontan, tapi kadang kalo dapet AT di mobil generik yang TCU transmisinya begok atau yang powernya pas-pasan... mending pake CVT tapi powernya gede.

CVT sendiri "rasa" nya beda-beda, sama spt AT dan DCT tiap merek yang "rasa" nya jg beda-beda. IMHO bilang AT atau DCT better than CVT udah ga relevan, semua serba komputer, kekurangan di powertrain bisa direduksi dengan fine tuning yang bagus di software... beberapa DCT yang ga fine tuned malah bikin stress daripada AT atau CVT yang fine-tuned.

kmrn kejar-kejaran ama golf MK6 tuned by GIAC tuning stage 1+ pake civic FK CVT tuned juga... assume power imbang 200hp-an, hrs diakui gw kedodoran di awal karena CVT respon awalnya jelek dan turbo lag (Golf MK6 TSI dualcharger jg jadi ketolong supercharger, doi udah ganti downpep non-CC gw belom). Tp begitu sampe RPM menengah gw baru bisa ngimbangin... berasa kedodorannya kalo sama-sama tarikan dari nol...

yang paling saya gedek itu yang sok sok anti CVT tapi test drive atau punya mobilnya aja nggak pernah.
Dulu yg tak rasake ya sama ko, anti cvt. Slh satunya kepengaruh dr youtuber yg ngomong anti cvt (padahal sekarang malah pake crv turbo ha ha ha), sama pernah nyetir odyssey RC cvt ne yang begitulah itu. Cuma sekarang, liat perkembangan sama tuning cvt dah jauh lbh baik.

Conto di jazz GK, itu mobil lbh easy to drive oriented. Ndak enak si terutama di feeling setir kyk kapas, cuma power deliverynya jauh jauhhhh lebih enak dibanding GE matic (tau lah honda 5sp at gimana hahaha). Sekarang jg udah ada crv turbo, yg larinya nek di tol kyk setan = tuning cvtnya jauh lbh bagus. Sampek di jazz gd ya tuningan cvt ne udah oke buat sekedar mobile dalem kota. Kemarin jg naik gocar dpt proton preve, itu cvt+turbo tp jg dah cukup refined
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1196
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by adityabp »

Herman7103 wrote: ↑06 Mar 2020, 10:00
evolution21 wrote:
ngalih wrote: ↑06 Mar 2020, 07:07 Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
kalo saya karena terasa membosankan, penyaluran tenaga terlalu linier, meski kenceng tp feelnya ga kenceng, n suka muncul dengung kl kickdown

tp balik lg ke selera, banyak jg kok yg suka karakter cvt
kebetulan aja dilingkungan sm banyak yg ga cocok

di keluarga saya, saya n istri ga suka cvt, tp ortu suka cvt naik xtrail betah.



Btw kalo pertanyaan ini muncul 10 tahun lalu, saya bakal masukin merk peugeot, soalnya pernah ngerasain gampang banget overheat
tp saat ini ane ada rasa kepengen beli tuh merk prancis
Untuk matic CVT di mobil, saya pribadi cukup senang karena iritnya itu dgn driving style saya "" cocok "", always achived FC above 15 Km per liter dan selama 6 tahun pemakaian sampai sekarang perpindahan gearnya masih smooth (halus) tanpa kendala. Saya yakin matic CVT bisa tahan lama asal pergantian oli CVT nya menggunakan oli CVT yg direkomendasi pabrikan lebih cepat waktunya dibanding yg direkomendasikan manual book nya serta driving style nya halus. Untuk matic CVT di motor terbukti tahan banting rupanya karena punya saya dari tahun 2003 sampai sekarang matic CVT nya belum pernah ada problem selama pemakaian 17 tahun, dgn pergantian oli CVT standar pabrikan.
IMHO, jgn bandingin CVT motor ama mobil donk.
CVT motor bisa ganti belt-nya doank. CVT mobil, bisa gak?
:big_bored:
Ini blom bicara konstruksinya loh.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by kompresorz »

alpad gw baru 26 ribu kena cvt...

kalo bilang cvt gak boleh dibawa kebut bla bla bla....lu main sepeda aja...

gmn ceritanya lintas sumatera bawanya alon2 asal kelonan...

emang gak perlu salip...

emang durabilitinya payah...lemah pake syahwat...


di auto 2000 gw liat cvt alpad gw dibongkar dalamnya gimana....sabuk kecil n halus...

yah ngejar efisiensi aja...

yang msh awet krn bawanya jarak dekat aja dalam kota atau jalan lurus lancar aja... :big_weee:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by FU27 »

Sekarang agak gak bisa ngomong CVT ga enak, AT enak. Karena saya ngerasain juga, pernah coba mobil temen, Focus 2013 yang dah tiptronic, maticnya lelet banget, gesit HRV kemana2.

Dari mobil2 mainstream (100-300jtan) yang pernah saya cobain, masih paling enak CVT nya H sih. Halus, irit.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

erwinign wrote: ↑06 Mar 2020, 10:11
Dulu yg tak rasake ya sama ko, anti cvt. Slh satunya kepengaruh dr youtuber yg ngomong anti cvt (padahal sekarang malah pake crv turbo ha ha ha), sama pernah nyetir odyssey RC cvt ne yang begitulah itu. Cuma sekarang, liat perkembangan sama tuning cvt dah jauh lbh baik.

Conto di jazz GK, itu mobil lbh easy to drive oriented. Ndak enak si terutama di feeling setir kyk kapas, cuma power deliverynya jauh jauhhhh lebih enak dibanding GE matic (tau lah honda 5sp at gimana hahaha). Sekarang jg udah ada crv turbo, yg larinya nek di tol kyk setan = tuning cvtnya jauh lbh bagus. Sampek di jazz gd ya tuningan cvt ne udah oke buat sekedar mobile dalem kota. Kemarin jg naik gocar dpt proton preve, itu cvt+turbo tp jg dah cukup refined
kalo ada yang bilang gw biased krn suka honda...

dulu pertama ngerasain CVT enak bkn honda tapi justru Nissan... Xtronic gen 2 di Teana L33. lalu Elgrand V6 3.5 ... Honda br kerasa CVT enak di Mobilio malah.

wah abis ambil CRV bro? heheheheh. CRV Turbo si enak banget cocok buat skrg tol udah nyambung semua. Powernya gede, CVTnya dari cruising kalo mau nyalip tinggal tambah gas ga pake mikir.

kmrn ngobrol ama ko Dalvin CK motorsport... gw bilang kok top end powernya tetep enak Civic gw... dia jg ngakuin kalo Civic enaknya CVT power ngisi terus tp kalo soal respon dan sensasi accel emang enak Golf.
FU27 wrote: ↑06 Mar 2020, 10:25 Sekarang agak gak bisa ngomong CVT ga enak, AT enak. Karena saya ngerasain juga, pernah coba mobil temen, Focus 2013 yang dah tiptronic, maticnya lelet banget, gesit HRV kemana2.

Dari mobil2 mainstream (100-300jtan) yang pernah saya cobain, masih paling enak CVT nya H sih. Halus, irit.
Focus 2013 seingat ane malah DCT um. the cursed powersh*t transmission :ngacir:

makanya muncul Focus 1.5 Ecoboost balik lagi ke 6AT. Ford Powersh*t udah terkenal transmisi busuk emang :mky_07:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: ↑06 Mar 2020, 09:57
ngalih wrote: ↑06 Mar 2020, 07:07 Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
dulu saya jg termasuk yang cukup anti CVT...

tapi melihat perkembangan sekarang... gimana mau menghindari transmisi CVT... mobil AT sudah mulai punah. Pelan-pelan mobil mainstream ya ganti CVT semua.

Terus ngerasain CVT sekarang jg udah beda sama CVT jamannya Jazz GD3 dulu atau Xtrail T31 dulu (ngga berlaku buat wuling yah)... malah kadang sy abis kebiasa pake CVT pindah ke transmisi AT, memang respon awal lebih kontan, tapi kadang kalo dapet AT di mobil generik yang TCU transmisinya begok atau yang powernya pas-pasan... mending pake CVT tapi powernya gede.

CVT sendiri "rasa" nya beda-beda, sama spt AT dan DCT tiap merek yang "rasa" nya jg beda-beda. IMHO bilang AT atau DCT better than CVT udah ga relevan, semua serba komputer, kekurangan di powertrain bisa direduksi dengan fine tuning yang bagus di software... beberapa DCT yang ga fine tuned malah bikin stress daripada AT atau CVT yang fine-tuned.

kmrn kejar-kejaran ama golf MK6 tuned by GIAC tuning stage 1+ pake civic FK CVT tuned juga... assume power imbang 200hp-an, hrs diakui gw kedodoran di awal karena CVT respon awalnya jelek dan turbo lag (Golf MK6 TSI dualcharger jg jadi ketolong supercharger, doi udah ganti downpep non-CC gw belom). Tp begitu sampe RPM menengah gw baru bisa ngimbangin... berasa kedodorannya kalo sama-sama tarikan dari nol...

yang paling saya gedek itu yang sok sok anti CVT tapi test drive atau punya mobilnya aja nggak pernah.
Berarti itu, oknum nya belum pernah coba / punya honda generasi CVT yg dah pakai HCF-2.
CVT generasi 2 punya honda (yg pk CVTF HCF-2), tetap lbh enak dibanding honda dgn AT Torque-C 5 speed sekalipun

contoh:
- mobilio CVT vs Freed AT (yah emg gak sekelas, tp at least sama2 MPV) :big_biglaugh:
- jazz GK5 CVT vs Jazz GE8 AT
lebih enak cvt di tol atau rute dalkot.

:ngacir:
*Colek me if I'm wrong
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by FU27 »

ChZ wrote: ↑06 Mar 2020, 10:39
Focus 2013 seingat ane malah DCT um. the cursed powersh*t transmission :ngacir:

makanya muncul Focus 1.5 Ecoboost balik lagi ke 6AT. Ford Powersh*t udah terkenal transmisi busuk emang :mky_07:
Transmisinya cuma 4 speed. Entah AT atau DCT. Tahun di plat sih 2013, apa mobil 2012 yak. Platnya UAA
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: ↑06 Mar 2020, 11:10
Berarti itu, oknum nya belum pernah coba / punya honda generasi CVT yg dah pakai HCF-2.
CVT generasi 2 punya honda (yg pk CVTF HCF-2), tetap lbh enak dibanding honda dgn AT Torque-C 5 speed sekalipun

contoh:
- mobilio CVT vs Freed AT (yah emg gak sekelas, tp at least sama2 MPV) :big_biglaugh:
- jazz GK5 CVT vs Jazz GE8 AT
lebih enak cvt di tol atau rute dalkot.

:ngacir:
setuju...

5AT di FD2 vs CVT di FK4, gw meragukan kewarasannya kalo bilang lebih enak transmisi 5AT nya FD2...

5AT nya FD ama FB aja lebih cekatan FB. FD2 AT tuh kalo VTEC nya belum masuk kagak enak... low end khas mesin K nya Honda : lemot. dipadu ama transmisi 5-speed nya yang panjang-panjang.

Honda yang udh pake HCF-2, Nissan Xtronic gen-2 juga termasuk yang enak... Toyota kelas Yaris Sienta yang agak errr... sayang batumakam mesinnya impoten semua.

kalo dibilang ngga fun, gw di tol sering having fun kok, lari-lari sore di tol dari cruise terus bejek gas, ngga struggle dengan power delivery, yg bilang jambakannya ga kerasa antara terbiasa bawa MPV/SUV turbodiesel modifan atau bawa VW ber-DSG yang udah dioprek juga.

Gw tiap sore mau ke gym sering cornering kenceng di komplek perumahan mainin gas belokin setir sampe ban belakang skidding... masa ngga fun sih kayak gitu?

Paling di corner exit aja rada tricky. CVT nya Civic mesti jaga momentum gas biar ngga drop boost, kalo udah drop boost naikinnya aduhai lamanya :mky_01: begitu boost masuk larinya kek dikejer setan ini mobil :ngacir:
FU27 wrote: ↑06 Mar 2020, 11:32

Transmisinya cuma 4 speed. Entah AT atau DCT. Tahun di plat sih 2013, apa mobil 2012 yak. Platnya UAA
modelnya masih yang lampu belakang memanjang di bagasi apa udah yang rada kekinian um?

kalo yang 2013 harusnya yg gen 3, seingat ane yang 1.6 MT dan 2.0 AT nya 6 speed.

kalo yang 2012 mungkin aja 4AT berarti masih yang generasi sebelumnya... CMIIW.
Last edited by ChZ on 06 Mar 2020, 11:58, edited 2 times in total.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by rendr »

kompresorz wrote: ↑06 Mar 2020, 10:21 alpad gw baru 26 ribu kena cvt...

kalo bilang cvt gak boleh dibawa kebut bla bla bla....lu main sepeda aja...

gmn ceritanya lintas sumatera bawanya alon2 asal kelonan...

emang gak perlu salip...

emang durabilitinya payah...lemah pake syahwat...


di auto 2000 gw liat cvt alpad gw dibongkar dalamnya gimana....sabuk kecil n halus...

yah ngejar efisiensi aja...

yang msh awet krn bawanya jarak dekat aja dalam kota atau jalan lurus lancar aja... :big_weee:
Wakakakakakak mantap om kompre...

Ane trauma ama CVT sejak T31 temen baru bawa jalan 3 taun udh mrotol.. untung msh bisa claim, kalo ga 80jeti siapa yg mau bayarin...

Kok malah kite yg diatur ama mobil...

Kalo biasa bawa ZF8speed pasti lain cerita...
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2239
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by PRBS »

ChZ wrote: ↑06 Mar 2020, 09:57
ngalih wrote: ↑06 Mar 2020, 07:07 Kenapa si CVT kurang diminati? Maklum ndak punya mobil/motor cvt
yang paling saya gedek itu yang sok sok anti CVT tapi test drive atau punya mobilnya aja nggak pernah.
i feel u.. hahahaha

paling gedek sama yg anti CVT tapi ternyata ga punya unitnya atau baru sekali test drive (itu juga yakin test drivenya jarak dekat paling keliling dealer etc).. terus merasa cvt paling hina..

sama kek ngerasa ags bobrok tapi ternyata ga pernag nyoba or punya unitnya.. (ags emang ga sebagus at converter atau cvt tapi ga seburuk itu sih)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11415
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by ChZ »

PRBS wrote: ↑06 Mar 2020, 11:59
i feel u.. hahahaha

paling gedek sama yg anti CVT tapi ternyata ga punya unitnya atau baru sekali test drive (itu juga yakin test drivenya jarak dekat paling keliling dealer etc).. terus merasa cvt paling hina..

sama kek ngerasa ags bobrok tapi ternyata ga pernag nyoba or punya unitnya.. (ags emang ga sebagus at converter atau cvt tapi ga seburuk itu sih)
kaum sok ngaku petrolhead sejati tim mendang-mending yang gw yakin jam terbang nyetirnya masih rendah banget dan makan mentah-mentah omongan reviewer yutub (yang sama nggak ngerti mobilnya juga)... ya iyalah rata-rata bocah umur 10-17 taun :mky_07:

gw gakpapa sih orang bilang jelek / ga suka tapi point out dong dimana jeleknya... jangan asal bacot ngomong ga suka / jelek tp belum pernah coba :mky_07: :mky_06:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Mobil-mobil Yang Smers tidak akan Beli

Post by Suryaputra »

rendr wrote: ↑06 Mar 2020, 11:56
kompresorz wrote: ↑06 Mar 2020, 10:21 alpad gw baru 26 ribu kena cvt...

kalo bilang cvt gak boleh dibawa kebut bla bla bla....lu main sepeda aja...

gmn ceritanya lintas sumatera bawanya alon2 asal kelonan...

emang gak perlu salip...

emang durabilitinya payah...lemah pake syahwat...


di auto 2000 gw liat cvt alpad gw dibongkar dalamnya gimana....sabuk kecil n halus...

yah ngejar efisiensi aja...

yang msh awet krn bawanya jarak dekat aja dalam kota atau jalan lurus lancar aja... :big_weee:
Wakakakakakak mantap om kompre...

Ane trauma ama CVT sejak T31 temen baru bawa jalan 3 taun udh mrotol.. untung msh bisa claim, kalo ga 80jeti siapa yg mau bayarin...

Kok malah kite yg diatur ama mobil...

Kalo biasa bawa ZF8speed pasti lain cerita...
Zf 8 speed sih lain cerita hahahah
Mazda skyactiv AT jg enak.
Lockup nya cepet. Gak perlu nunggu di top gear.

Beda sm matic torque-C jepang pada umumnya :ngacir:
*Colek me if I'm wrong
Post Reply