Toyota raih Superbrand

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Toyota raih Superbrand

Post by mpoezz »

Toyota raih Superbrand

(28/07/2005) - Toyota berhasil meraih dua penghargaan bergengsi yang ditujukan kepada merek-merek yang mempunyai brand image terbaik. Kedua penghargaan tersebut adalah Indonesian Best Brand Award (IBBA) 2005 dan Superbrands Indonesia 2005/2006.

INDONESIAN BEST BRAND AWARD

Toyota menerima penghargaan IBBA 2005 untuk keempat kalinya dalam kategori otomotif non sedan, pada tanggal 22 Juli 2005 yang bertempat di Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta. Tahun ini, Toyota juga menerima penghargaan “Indonesia Golden Brand”, yaitu penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang selama tiga tahun berturut-turut (2003-2005) menduduki peringkat pertama IBBA di kategorinya. Demikian rilis Toyota Astra Motor.

Penghargaan IBBA diberikan oleh Majalah SWA Sembada dan lembaga riset pemasaran MARS yang penyelenggaraannya telah memasuki tahun yang keempat. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap merek-merek paling bernilai dari hasil survei terhadap sejumlah kategori produk di lima kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan).

Untuk memilih pemenang pada setiap kategori, dilakukan survei terhadap 4100 responden dengan mengukur 6 variabel penilaian. Adapun variabel-variabel tersebut meliputi; popularitas merek (brand awareness), popularitas iklan (ad awareness), persepsi kualitas (perceived quality), kepuasan (satisfaction), penguasaan pasar (market share) dan gain index.

Tahun ini, Toyota memperoleh penghargaan IBBA pada kategori non sedan dengan nilai (brand value) 101,0 mengalahkan merek-merek lain yaitu Isuzu Panther (14,6), Mitsubishi (14,5), Suzuki Carry (11,9), dan Daihatsu Zebra (6,4).

Adapun penghargaan IBBA 2005 untuk kategori otomotif sedan jatuh kepada BMW dengan brand value (45,4) menggantikan Toyota yang berhasil menempati posisi pertama di kategori ini pada tahun 2004 yang lalu. Posisi kedua untuk kategori ini (IBBA 2005) di raih oleh Toyota dengan nilai brand value 34.0.

SUPERBRANDS AWARD

Toyota kembali menerima penghargaan bergengsi Superbrands 2005/2006 untuk yang kedua kalinya pada tanggal 26 Juli 2005, bertempat di Hard Rock Café.

“Superbrands” adalah penghargaan yang diberikan kepada brand-brand yang telah sukses membangun brand dan juga memiliki kualitas dan performa yang baik.

Toyota merupakan salah satu brand yang berhasil lolos dalam penyeleksian ketat yang dilakukan oleh Lembaga Superbrand International yang bekerjasama dengan MarkPlus & Co dan Synovate Indonesia sejak bulan April 2005 yang lalu.

Adapun penilaian ini dilakukan oleh tim khusus Indonesia Superbrand Council, yang ditunjuk langsung oleh Superbrands Organization dan terdiri dari pakar-pakar dalam bidang merek dan media. Adapun kriteria pemilihan untuk melakukan seleksi adalah market dominance, longevity, customer loyalty, overall market acceptance dan goodwill.

“Kedua penghargaan ini akan semakin memacu semangat kerja kami untuk tetap konsisten dalam mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan kami, baik dalam hal kualitas produk kami maupun dalam hal pelayanan after sales kami yang sudah terpercaya. Penghargaan yang diterima oleh Toyota terutama yang berkaitan dengan brand, membuktikan bahwa nama Toyota benar-benar telah dipercayai oleh masyarakat Indonesia, oleh karena itu pada kesempatan ini, atas nama Toyota saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Toyota”, ujar Bapak Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.