Knalpot dibawah jok??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
valve
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50

Knalpot dibawah jok??

Post by valve »

Kalo knalpot endurance STandarD,, dimodif biar bisa ke kolong sepatbor, bisa ngurangin kualitas nggak

kualitas disini:
1) Performance
2) tampilan (tapi ini mah kan relatif, yang ngerjain bagus apa nggak)

Keuntungannya knalpot model gini apa seeh??
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

keuntungannya lebih stabil pas nikung...gaya bantingnya lebih kecil
kekurangan...lekukan jd lebih banyak...teorinya sih klo lekukan lebih berarti gas buang kebuang lebih lama..tapi cbr &R1 baru semuanya juga knalpot kolong....??
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Knalpot kolong itu lebih banyak pengaruh ke ground clearance, jadi motor juga bisa lebih miring lagi. Terus, selain itu juga gaya.

Tapi, jeleknya knalpot kayak gini itu dia lebih banyak lekukannya, jadi juga gas buang jadi kurang lancar. Terus, ada juga masalah berat. Kalo knalpot kolong itu kan lebih pnajang dari yang bukan kolong, sehingga tambah berat juga.

Kalo misalnya CBR150 mau dipasangin knalpot kolong, mengenai performancenya kemungkinan besar berubah, soalnya desain saluran gas buangnya juga berubah, sehingga volume udaranya juga berubah. Nah, kalo udah gini, supaya performancenya tetap sama, harus pakai alat yang namanya "flow bench". Alat ini bisa dipake untuk mengukur volume udara yang keluar/masuk, dan udah jadi salah satu alat standar performance tuning di luar. Cuma, di sini gw rasa belon ada yang punya.

Nah, kalo volume gas buangnya bisa sama walaupun pipanya dipanjangin, ya karakter mesinnya kemungkinan besar bisa sama.
Image